Share: Lightweight/bobot kendaraan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Share: Lightweight/bobot kendaraan
Malam SM ers
Share donk om lightweight/bobot kg kendaraany di rmh ato any opini mengenai lightweight ideal itu spt apa?
Sdkt preface..
======
Persepsi kita thd mbl yg diinginkan sering didasarkan pd what other people hv said. Pun dg spec or number behindnya.
Disadari/tdk ..spt terperangkap di dunia dmn dimana horse power means everything. And culturally benar jg sihh. Banyak yg bs sbt dg pasti horsepower mbl nya, tp cm sedikit yg tau bobot mbl nya. Car people tend to put far, far to much emphasis on horsepower and not nearly enough on weight. Even di dunia supercar (most there are heavy)
A lot of ego in the car world, and having a car with massive horsepower, that's most of the time unusable on street, some seen as masculine things, while lightweight car seen as feminime, even though they are often way more fun.
Bukannya ndak happy punya big hp, but kadang personaly kita sendiri feels lbh enjoy n have a lot more fun di mbl yg weight less, syukur2 dpt rwd dah
=======
Ntah bener demikian yg dirasakan.....
Ato ada/tdk nya direct benefit dr lightweight yg dimaksud....
Share donk om lightweight/bobot kg kendaraany di rmh ato any opini mengenai lightweight ideal itu spt apa?
Sdkt preface..
======
Persepsi kita thd mbl yg diinginkan sering didasarkan pd what other people hv said. Pun dg spec or number behindnya.
Disadari/tdk ..spt terperangkap di dunia dmn dimana horse power means everything. And culturally benar jg sihh. Banyak yg bs sbt dg pasti horsepower mbl nya, tp cm sedikit yg tau bobot mbl nya. Car people tend to put far, far to much emphasis on horsepower and not nearly enough on weight. Even di dunia supercar (most there are heavy)
A lot of ego in the car world, and having a car with massive horsepower, that's most of the time unusable on street, some seen as masculine things, while lightweight car seen as feminime, even though they are often way more fun.
Bukannya ndak happy punya big hp, but kadang personaly kita sendiri feels lbh enjoy n have a lot more fun di mbl yg weight less, syukur2 dpt rwd dah
=======
Ntah bener demikian yg dirasakan.....
Ato ada/tdk nya direct benefit dr lightweight yg dimaksud....
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1278
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
filosofi ringan sudah menjadi motto Lotus selama ini kan, dan sukses mghasilkan mobil yang seru walau hp kecil.
Buat indo yang mesinnya biasanya kecil, ngurangin bobot jadi cara cost effective bikin mobil lebih gesit dan hemat. Terutama unsprung weight yah...
Buat indo yang mesinnya biasanya kecil, ngurangin bobot jadi cara cost effective bikin mobil lebih gesit dan hemat. Terutama unsprung weight yah...
Smileage lebih penting dari mileage
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Honda HR-V 1.8 CVT : 1.3XXkg, 139HP / 169Nm
Honda Civic 1.8 AT : 1.3xx kg, 141HP / 174Nm
Mitsubishi Outlander Sport : 1.4xx kg, 150HP / 190Nm
Toyota Avanza Veloz AT : 1.1xx kg, 104HP / errr lupa .... 13x Nm sepertinya.
Suzuki Ertiga GL AT : 1.2xx kg, 92HP/130Nm.
Toyota Harrier 240G AT : 1.7xx kg, 160HP / lupa.
Banyakan lupa angka torsi malah
Ini loh kenapa saya dari dulu paling gak setuju kalau dibilang fun to drive itu relatif... Kalo fun to drive relatif, ya kenapa harus repot-repot engineering mikir susah-susah? Kenapa sih BMW sampe mempertahankan pake penggerak RWD yang kuno dan gak efisien di sedan-sedan sportnya lalu harus repot mikir bobot sasisnya harus seringan apa karena RWD sendiri pasti lebih berat dari FWD. Kok kesannya BMW itu "bodoh" karena mempersulit diri sendiri dengan design layout RWD sehingga harus mikir keras cara ngurangin bobot sasis. Kenapa gak bikin BMW M3 atau M4 FWD aja? Kan enak, irit, ringan... fun to drive kan relatif jd bodo amat.
Se relatif-relatifnya, tetep ada standar yang jelas kalau selama ini mobil yang dibilang "fun" itu mobil yang ringan. Itu pasti dan gak bisa diganggu gugat. BMW M3 CSL, Mazda MX-5, Honda Civic Type-R, Honda S2000, dll.... Gak ada kan yang bilang minibus segede Alphard itu "fun to drive" ? Minta diketawain sama semua petrolhead elu bilang Alphard fun to drive.
Core element dari fun to drive ya lightweight. Responsive steering itu juga pasti imbas dari bobot yang ringan. Dengan lightweight mau pasang 4-silinder 180-200hp pun cukup gak perlu mesin dengan massive 600hp V8 yang boros dan mostly gak akan kepake under normal driving. Torque & horsepower masif itu akan lebih fun dinikmati di lintasan lurus panjang 400meter.
Contoh pabrikan yang menerapkan prinsip yang ini adalah Mazda di MX-5 terbaru, roughly HPnya malah gak nambah dari present MX-5 NC. Tapi bobotnya berkurang 100kg.
Contoh pabrikan yang punya prinsip kebalik adalah Toyota dengan Kijang Innova. Yes nambah 50hp dan 100Nm, tapi bobotnya juga nambah 200kg bo'.....
Tapi saya juga gak setuju kalau orang bilang "alah horsepower gak penting" .... atau sok sok an bilang "torque iz everything" ... Krn kedua hal ini saling berkaitan. No massive horsepower without torque and rev. Karena prinsipnya hp = torque x rev. Makanya knp Diesel torque gede2 hpnya kecil2, dan bensin torque kecil2 hpnya malah gede-gede....
Honda Civic 1.8 AT : 1.3xx kg, 141HP / 174Nm
Mitsubishi Outlander Sport : 1.4xx kg, 150HP / 190Nm
Toyota Avanza Veloz AT : 1.1xx kg, 104HP / errr lupa .... 13x Nm sepertinya.
Suzuki Ertiga GL AT : 1.2xx kg, 92HP/130Nm.
Toyota Harrier 240G AT : 1.7xx kg, 160HP / lupa.
Banyakan lupa angka torsi malah
Ini loh kenapa saya dari dulu paling gak setuju kalau dibilang fun to drive itu relatif... Kalo fun to drive relatif, ya kenapa harus repot-repot engineering mikir susah-susah? Kenapa sih BMW sampe mempertahankan pake penggerak RWD yang kuno dan gak efisien di sedan-sedan sportnya lalu harus repot mikir bobot sasisnya harus seringan apa karena RWD sendiri pasti lebih berat dari FWD. Kok kesannya BMW itu "bodoh" karena mempersulit diri sendiri dengan design layout RWD sehingga harus mikir keras cara ngurangin bobot sasis. Kenapa gak bikin BMW M3 atau M4 FWD aja? Kan enak, irit, ringan... fun to drive kan relatif jd bodo amat.
Se relatif-relatifnya, tetep ada standar yang jelas kalau selama ini mobil yang dibilang "fun" itu mobil yang ringan. Itu pasti dan gak bisa diganggu gugat. BMW M3 CSL, Mazda MX-5, Honda Civic Type-R, Honda S2000, dll.... Gak ada kan yang bilang minibus segede Alphard itu "fun to drive" ? Minta diketawain sama semua petrolhead elu bilang Alphard fun to drive.
Core element dari fun to drive ya lightweight. Responsive steering itu juga pasti imbas dari bobot yang ringan. Dengan lightweight mau pasang 4-silinder 180-200hp pun cukup gak perlu mesin dengan massive 600hp V8 yang boros dan mostly gak akan kepake under normal driving. Torque & horsepower masif itu akan lebih fun dinikmati di lintasan lurus panjang 400meter.
Contoh pabrikan yang menerapkan prinsip yang ini adalah Mazda di MX-5 terbaru, roughly HPnya malah gak nambah dari present MX-5 NC. Tapi bobotnya berkurang 100kg.
Contoh pabrikan yang punya prinsip kebalik adalah Toyota dengan Kijang Innova. Yes nambah 50hp dan 100Nm, tapi bobotnya juga nambah 200kg bo'.....
Tapi saya juga gak setuju kalau orang bilang "alah horsepower gak penting" .... atau sok sok an bilang "torque iz everything" ... Krn kedua hal ini saling berkaitan. No massive horsepower without torque and rev. Karena prinsipnya hp = torque x rev. Makanya knp Diesel torque gede2 hpnya kecil2, dan bensin torque kecil2 hpnya malah gede-gede....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
menyimak sabda para suhu...
*sambil nyeruput kopi jahe
*sambil nyeruput kopi jahe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Saya ga begitu mikir bobot kendaraan.
Ada beberapa piaraan yang saya tahu perkiraan bobotnya. Katana, 780kg apa 790kg, ga sampe 800kg. Ada yang tahu ban Katana mompanya berapa? Yang bener 20-22/25. Pada mompa 30-32 kan? Udah kebablasan 50% dari yang diminta, jangan salahin Katana kalo kaya gerobak hahaha. Rating load ban Katana umumnya 650kg per sisi, pompa sesuai yang diminta aja, kalo keliatan kempes banget ya pompa 22 atau 25.
E30, karena mesinnya langka (di luar ga populer mesin M40, banyakan M10, M42, M20) jadi agak susah ambil data.
Sekitar 1100kg, mobilnya ringan. E36 320i, perkiraan 1250kg karena perlengkapan beda beda antar negara. Di Indonesia banyak yang disunat, paling kentara airbag 2 biji itu berarti ada 2 kantong balon dan modul. Sisanya enteng, immobilizer, OBC, opsi cruise control. 328i sekitar 1350kg.
Kijang Super ga tau sama sekali.
Cuma nebak, di atas 1050. Itu berat Avanza gen 1, sementara Kijang Super mobil jadul, masih pake sasis, blok juga lebih besar dan besi. Avanza pasti lebih canggih logamnya, udah kenal material alloy. Teknologi full pressed bodynya juga belum sehebat era 2000.
Ada beberapa piaraan yang saya tahu perkiraan bobotnya. Katana, 780kg apa 790kg, ga sampe 800kg. Ada yang tahu ban Katana mompanya berapa? Yang bener 20-22/25. Pada mompa 30-32 kan? Udah kebablasan 50% dari yang diminta, jangan salahin Katana kalo kaya gerobak hahaha. Rating load ban Katana umumnya 650kg per sisi, pompa sesuai yang diminta aja, kalo keliatan kempes banget ya pompa 22 atau 25.
E30, karena mesinnya langka (di luar ga populer mesin M40, banyakan M10, M42, M20) jadi agak susah ambil data.
Sekitar 1100kg, mobilnya ringan. E36 320i, perkiraan 1250kg karena perlengkapan beda beda antar negara. Di Indonesia banyak yang disunat, paling kentara airbag 2 biji itu berarti ada 2 kantong balon dan modul. Sisanya enteng, immobilizer, OBC, opsi cruise control. 328i sekitar 1350kg.
Kijang Super ga tau sama sekali.
Cuma nebak, di atas 1050. Itu berat Avanza gen 1, sementara Kijang Super mobil jadul, masih pake sasis, blok juga lebih besar dan besi. Avanza pasti lebih canggih logamnya, udah kenal material alloy. Teknologi full pressed bodynya juga belum sehebat era 2000.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Belom perna nimbang.... tar klo sempet ke pabrik sebelah kebetulan pny timbangan yg biasa buat nimbang truk batubara..
Tp apa yg sy rasakan secara awam .. mobil yg abot naikan ny lebih enak drpd yg ringan2 biasany gelodak an.. kyk ngebandingin jazz yg 1 ton ma lexus yg 2 ton ponakan sy masi tk ja tau mana yg lebi enak
Klo bicara fun it fully relativeness di sini ya.. kecuali tinggal di spore sana... di indo kan macet...jalan rusak.. belum polisi tidur... naik ke parkiran mall gundukanya tinggi (klo ceper pasti gasruk) .. makanya naik suv lebi "fun" peduli setan dengan jalan yg ada.. coba klo pk sedan pasti masi miring sana miring sini walopun by logic fact sedan pasti lebi fun dari suv..
Tp apa yg sy rasakan secara awam .. mobil yg abot naikan ny lebih enak drpd yg ringan2 biasany gelodak an.. kyk ngebandingin jazz yg 1 ton ma lexus yg 2 ton ponakan sy masi tk ja tau mana yg lebi enak
Klo bicara fun it fully relativeness di sini ya.. kecuali tinggal di spore sana... di indo kan macet...jalan rusak.. belum polisi tidur... naik ke parkiran mall gundukanya tinggi (klo ceper pasti gasruk) .. makanya naik suv lebi "fun" peduli setan dengan jalan yg ada.. coba klo pk sedan pasti masi miring sana miring sini walopun by logic fact sedan pasti lebi fun dari suv..
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Honda Jazz vs Lexus.... Hahahaha....
1 independent 1 torsion beam.... Dari jok aja lebih tebel Lexus.... Shockbreaker Lexus juga bukan Showa(k) CKD yang harganya ratusan ribu... Kalo bandingin Honda Jazz sama Kijang Innova saja masih masuk logika saya. Jazz sama Lexus bo.... 1 Lexus RX270 bisa buat beli 4 unit Honda Jazz buat Uber
Gak sekalian Agya sama S-Class atau Rolls-Royce... bayi blm lahir aja tau bedanya.... LOL.
Honda CR-V juga glodakan walaupun berat....
1 independent 1 torsion beam.... Dari jok aja lebih tebel Lexus.... Shockbreaker Lexus juga bukan Showa(k) CKD yang harganya ratusan ribu... Kalo bandingin Honda Jazz sama Kijang Innova saja masih masuk logika saya. Jazz sama Lexus bo.... 1 Lexus RX270 bisa buat beli 4 unit Honda Jazz buat Uber
Gak sekalian Agya sama S-Class atau Rolls-Royce... bayi blm lahir aja tau bedanya.... LOL.
Honda CR-V juga glodakan walaupun berat....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7370
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
langit giat itu apa ya? sy masih ingin tau apa krn mrk masih tdk mampu bikin EV/ hybrid tanpa bayar royalty sehingga apapun metalized tdk mrk pakai?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Kijang Kapsul LGX 1,8 EFI MT, 1370 kg. (menurut data disini http://ilmuiman.web.id/kijang/tayang.ph ... 01spek.htm)
Kalo Kijang Super kyknya beratnya tergantung mood tukang karoseri, lagi pengen tempel dempul banyak atau dikit aja
Kalo Kijang Super kyknya beratnya tergantung mood tukang karoseri, lagi pengen tempel dempul banyak atau dikit aja
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Innova diesel 1,5 ton? Kurleb lah ya, hasil googling kondisi standar 102hp/260Nm ga ada fun2nya, nyaman iya.
Kondisi sekarang 190hp/450Nm, dan ganti shock, underbrace dkk, ga senyaman ori, tp menurut saya jadi lebih fun to drive (walaupun tetep lebih fun cx5 sih) hahahaha
Kondisi sekarang 190hp/450Nm, dan ganti shock, underbrace dkk, ga senyaman ori, tp menurut saya jadi lebih fun to drive (walaupun tetep lebih fun cx5 sih) hahahaha
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3146
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Sy bandingkan it kan sesuai topic berat ...bukan harga mobilnya
Ya jadi kan tida apa kan klo sy baningkan carry pu yg gada 1 ton dgn jazz itu... dan karena core element mobil fun it adalah light jelas carry pu lebi ok la....
Ha ha ha
Ya jadi kan tida apa kan klo sy baningkan carry pu yg gada 1 ton dgn jazz itu... dan karena core element mobil fun it adalah light jelas carry pu lebi ok la....
Ha ha ha
engine roaring!
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
cityZ sx8 VTEC M/T... bobot cuman 950 kg... power 115 hp/14an Nm.... bandingin ama jazz ge8 bobot 1050an kl ga salah... power 120hp/148 Nm... scara teori kasar banding2an data di atas... mustinya berimbang... tp kl pas bawa sendiri, berasa city lebi napak...
4 wheel independent suspension plus front rear stabilizer nya ngaruh banget...
#cabut dl ahh.... bentar lg si mods kucing meong pasti dateng nehh...
4 wheel independent suspension plus front rear stabilizer nya ngaruh banget...
#cabut dl ahh.... bentar lg si mods kucing meong pasti dateng nehh...
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: RE: Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
I approve, mod klep!DOHC wrote:cityZ sx8 VTEC M/T... bobot cuman 950 kg... power 115 hp/14an Nm.... bandingin ama jazz ge8 bobot 1050an kl ga salah... power 120hp/148 Nm... scara teori kasar banding2an data di atas... mustinya berimbang... tp kl pas bawa sendiri, berasa city lebi napak...
4 wheel independent suspension plus front rear stabilizer nya ngaruh banget...
#cabut dl ahh.... bentar lg si mods kucing meong pasti dateng nehh...
SX-8 punya torsi 144nm at 4500rpm... Tapi tuh enjin bisa dihajar sampe lewat redline... And haz no problem...
Yes, GE lebih berat. Dan benar, krn perbedaan suspensi, SX-8 kerasa lebih napak dibanding GE... Full independent won't lie...
Ahhhh, i miss that old sedan. Barusan ane liat di BPN, masih mulus, std ting2, no dent, suara halus, nopol ttp sama... Praise the Lord, dia berada di tangan nonik cakep yg sayang sama dia... Cuman ketambahan satu stiker segaban di rear windshield: Army of Cat.
BTT, M8 full load 2250kg, kosong 1750kg, 203nm @3500rpm...
Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Datsun 620 1500cc long, 945 kg (menurut buku kir)coklatMetalik wrote:Kijang Kapsul LGX 1,8 EFI MT, 1370 kg. (menurut data disini http://ilmuiman.web.id/kijang/tayang.ph ... 01spek.htm)
Kalo Kijang Super kyknya beratnya tergantung mood tukang karoseri, lagi pengen tempel dempul banyak atau dikit aja
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5703
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Seperti Chris ngmg, bobot mobil ini menurut ane itu faktor paling penting untuk buat mobil fun to drive.
Mobil ringan bisa akselerasi lebih baik, bisa belok lebih baik, bisa ngerem lebih baik.
Baru setelah bobot itu ngmg sasis, mesin, transmisi, dll.
Tapi paling penting bobot.
Saya lebih prefer naik mobil ringan dengan tenaga segitulah daripada mobil bertenaga kingkong tapi bobot kingkong pula. Pasti lebih fun kalo dibawa dijalanan biasa atau di track. Fun loh ya bukan cepat, kalo mau cepat harus ada hitung2annya lg.
Mobil ringan bisa akselerasi lebih baik, bisa belok lebih baik, bisa ngerem lebih baik.
Baru setelah bobot itu ngmg sasis, mesin, transmisi, dll.
Tapi paling penting bobot.
Saya lebih prefer naik mobil ringan dengan tenaga segitulah daripada mobil bertenaga kingkong tapi bobot kingkong pula. Pasti lebih fun kalo dibawa dijalanan biasa atau di track. Fun loh ya bukan cepat, kalo mau cepat harus ada hitung2annya lg.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Bro sin, R35 termasuk mobil yg super berat utk kelasnya. Plus super gambot. Bobot dia 1745kg vs 1600kg di 991 Turbo. Dan dua mobil ini bbrp tahun jadi rival kuat di Nurburgring.
Mungkin analogi sama spt ilmu roket ya. Mw power gede: pasang mesin lebih gede: mesin gede butuh bahan bakar lebih banyak: bahan bakar banyak lebih berat: bobot berat berarti butuh power gede... Akhirnya infinite
Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Mungkin analogi sama spt ilmu roket ya. Mw power gede: pasang mesin lebih gede: mesin gede butuh bahan bakar lebih banyak: bahan bakar banyak lebih berat: bobot berat berarti butuh power gede... Akhirnya infinite
Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
gw punya freed bobot 1400kg corneringnya lebih enak di banding ge8 gw yg cuma 1000kg karena berat jd lebih napak gripnya lebihvberasa kesimpulannya enteng jg musti di imbangin dengan suspensi yg bagus
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Yang ada di rumah sekarang:
2002 Chevrolet Corvette Z06 (C5) sekitar 3080 lbs (data dari yang 2003) - 405 HP, 400 ft-lbs
2008 Chevrolet Corvette Z06 (C6) sekitar 3150 lbs - 505 HP, 475 ft-lbs
2011 Nissan 370Z (Z34) sekitar 3400 lbs - 332 HP, 270 ft-lbs
2016 GMC Sierra 1500 (K2) SLT 4x4 Crew Cab Standard Bed 5.3l V8 8-speed sekitar 5800 lbs - 355 HP, 380 ft-lbs
"Fun to drive" itu sangat kualitatif dan subyektif, tidak ada patokan hanya satu dan tidak bisa diukur. Gw biasanya cuma senyum2 saja kalau ada yang meng-agung2-kan soal lightweight karena yang jadi patokan gw pribadi berbeda ukurannya. Jaman sekarang, kalau tidak ada kemungkinan besar mati atau celaka besar, tidak ada daya tariknya alias tidak keluar adrenalinnya.
Yang berpendapat "it's more fun to drive a slow car fast" belum pernah coba "to drive a stupid-fast car very fast". To me, a slow car is boring, whether it's driven fast or slow.
2002 Chevrolet Corvette Z06 (C5) sekitar 3080 lbs (data dari yang 2003) - 405 HP, 400 ft-lbs
2008 Chevrolet Corvette Z06 (C6) sekitar 3150 lbs - 505 HP, 475 ft-lbs
2011 Nissan 370Z (Z34) sekitar 3400 lbs - 332 HP, 270 ft-lbs
2016 GMC Sierra 1500 (K2) SLT 4x4 Crew Cab Standard Bed 5.3l V8 8-speed sekitar 5800 lbs - 355 HP, 380 ft-lbs
"Fun to drive" itu sangat kualitatif dan subyektif, tidak ada patokan hanya satu dan tidak bisa diukur. Gw biasanya cuma senyum2 saja kalau ada yang meng-agung2-kan soal lightweight karena yang jadi patokan gw pribadi berbeda ukurannya. Jaman sekarang, kalau tidak ada kemungkinan besar mati atau celaka besar, tidak ada daya tariknya alias tidak keluar adrenalinnya.
Yang berpendapat "it's more fun to drive a slow car fast" belum pernah coba "to drive a stupid-fast car very fast". To me, a slow car is boring, whether it's driven fast or slow.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Sebetulnya intinya bikin mobil adalah.... Efficient.sintoni wrote:Seperti Chris ngmg, bobot mobil ini menurut ane itu faktor paling penting untuk buat mobil fun to drive.
Mobil ringan bisa akselerasi lebih baik, bisa belok lebih baik, bisa ngerem lebih baik.
Baru setelah bobot itu ngmg sasis, mesin, transmisi, dll.
Tapi paling penting bobot.
Saya lebih prefer naik mobil ringan dengan tenaga segitulah daripada mobil bertenaga kingkong tapi bobot kingkong pula. Pasti lebih fun kalo dibawa dijalanan biasa atau di track. Fun loh ya bukan cepat, kalo mau cepat harus ada hitung2annya lg.
Efficient bukan selalu irit, maksudny Efficient adalah efisien penggunaan energinya. Hampir seluruh tenaga mobil itu "kepake". That's why pabrikan selalu berlomba - lomba bikin ringan mobil... Ya kecuali Toyota sih... Bikin berat mobil... LOL. Selain ringan juga harus balanced.
Efisiensi yang bisa dilakukan yang lain, tentu saja Engine. Setelah engine, lanjut ke gearbox.
Ini jawaban kenapa 'sih Mazda gak masukin engine masif V6 atau V8 ke dalam MX-5, or Honda S2000 kenapa pake 2000cc 4-silinder yang bisa rev sampe 9k RPM padahal Honda punya mesin V6 di masa itu.
Karena gak efisien. Mobil sekecil itu gak perlu V8, waste of energy. Pengembangannya juga waste of money.
And guess what? Porsche 911 still considered as a fun car compared to R35.... Penyebabnya adalah letak mesin di belakang axle roda belakang yang bikin mobil ini gampang sekali nge-slide....madcat015 wrote:Bro sin, R35 termasuk mobil yg super berat utk kelasnya. Plus super gambot. Bobot dia 1745kg vs 1600kg di 991 Turbo. Dan dua mobil ini bbrp tahun jadi rival kuat di Nurburgring.
Mungkin analogi sama spt ilmu roket ya. Mw power gede: pasang mesin lebih gede: mesin gede butuh bahan bakar lebih banyak: bahan bakar banyak lebih berat: bobot berat berarti butuh power gede... Akhirnya infinite
Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Prinsip yang sama digunakan Toyota buat bikin Kijang Innova baru... LOL.... extra 200kg, need extra 50HP & 100Nm....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 430
- Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Kayaknya hampir setiap mobil kalo ganti generasi pasti nambah berat, apalagi mobil yang mainstream. Pengecualian buat mx5 nd, terus seri 7 kalo gak salah juga tambah enteng, itu doang yang gua tau.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
kadang bikin mobil enteng gampang, copotin aja semua komponen berat pake aluminum, tapi tar dijalan malah ga enak, chassis twist lah, chassis deformed lah, tambahin d sway bar cs, eh malah tambah berat, nambah2in komponen buat ngerakit, malah jadi mahal ongkos rakitnya, ya balik lagi d ke besi, tetep berat, cuma ga perlu tambah2 sway bar cs. jadi bingung d :p
saya si percaya, emang kalau itu mobil dirancang dari awal buat dipake enak ya ga musti enteng juga. kadang enteng juga perlu misal buat ngejer power to weight ratio lebih baik karena pake mesin lebih kecil biar ngejer efisiensi nah mesin lebih kecil bisa dipakein turbo? bener hp torsi nambah tapi tetep ada sedikit lagi, kurang fun dong. jadilah dientengin jadi lag-nya ga terlalu berasa karena beban awal sudah lebih ringan. a
saya si percaya, emang kalau itu mobil dirancang dari awal buat dipake enak ya ga musti enteng juga. kadang enteng juga perlu misal buat ngejer power to weight ratio lebih baik karena pake mesin lebih kecil biar ngejer efisiensi nah mesin lebih kecil bisa dipakein turbo? bener hp torsi nambah tapi tetep ada sedikit lagi, kurang fun dong. jadilah dientengin jadi lag-nya ga terlalu berasa karena beban awal sudah lebih ringan. a
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26923
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
kl mau enteng, ban serep copotin, kursi smua copotin kcuali kursi driver, doortrim copotin smua termasuk peredam... itu ngurangin bobot signifikan banget loh...
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Pake mesin ama sasis aja, trus pake helm...kaya bus kalo belom dipasang bodynya itu loh
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Sun Apr 19, 2015 8:38
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
sya tertarik untuk berkomentar mengenai light weight : fun 2 drive .
teman saya bercerita dia pernah mengendarai bmw e36 320i manual membandingkan dengan great corrola 1.6 manual. menurut dia lebih stabil dan fun 2 drive bmw ktny lbh enak dan pede saat ngebut maupun berbelok (meliak liuk)
perbandingan nya berat bmw e36 320i 1560kg dengan hp 148
toyota great corrola 1.6 berat 1052kg dengan hp 90
dengan weight ratio e36 0.095 (148/1560) vs 0.086 (90/1052)
dia bercerita ktnya kalo berat vs ringan ketika d dorong maka bobot yg berat berjalan lebih jauh di baandingkan dengan bobot yang ringan teori nya kalau tidak salah momentum .
jd saya berpikir bahwa ringan tidak selalu fun 2 drive .
bagaimana tanggapan para sepuh di sini ?
maaf kalau tidak membandingkan secara apple to apple dan jgn d hujat ya maklum newbie hanya tertarik menyimak pendapat sepuh di sini
teman saya bercerita dia pernah mengendarai bmw e36 320i manual membandingkan dengan great corrola 1.6 manual. menurut dia lebih stabil dan fun 2 drive bmw ktny lbh enak dan pede saat ngebut maupun berbelok (meliak liuk)
perbandingan nya berat bmw e36 320i 1560kg dengan hp 148
toyota great corrola 1.6 berat 1052kg dengan hp 90
dengan weight ratio e36 0.095 (148/1560) vs 0.086 (90/1052)
dia bercerita ktnya kalo berat vs ringan ketika d dorong maka bobot yg berat berjalan lebih jauh di baandingkan dengan bobot yang ringan teori nya kalau tidak salah momentum .
jd saya berpikir bahwa ringan tidak selalu fun 2 drive .
bagaimana tanggapan para sepuh di sini ?
maaf kalau tidak membandingkan secara apple to apple dan jgn d hujat ya maklum newbie hanya tertarik menyimak pendapat sepuh di sini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2030
- Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
- Daily Vehicle: LGX
Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan
Anu...
Mnurut saya lbh baik samakan persepsi dulu yg dimaksud fun to drive ini bgmn? Jujur sampe skrg saya sndiri blom paham ini maksudnya gmn...
Kalo maksudnya fun = menyenangkan ya banyak faktornya. Contohnya misalnya kalo udh terlanjur ada ikatan psikologis antara supir & mobilnya, sejelek apapun itu mobil mungkin supirnya sih senang2 aja, toh udh terlanjur cinta sama mobilnya....
Jd tulung jelasken fun to drive yg dibahas disini mksdnya gmn. Supaya newbie kyk ane gk bingung ....
Mnurut saya lbh baik samakan persepsi dulu yg dimaksud fun to drive ini bgmn? Jujur sampe skrg saya sndiri blom paham ini maksudnya gmn...
Kalo maksudnya fun = menyenangkan ya banyak faktornya. Contohnya misalnya kalo udh terlanjur ada ikatan psikologis antara supir & mobilnya, sejelek apapun itu mobil mungkin supirnya sih senang2 aja, toh udh terlanjur cinta sama mobilnya....
Jd tulung jelasken fun to drive yg dibahas disini mksdnya gmn. Supaya newbie kyk ane gk bingung ....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82