Share: Lightweight/bobot kendaraan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by jivos »

Malam SM ers

Share donk om lightweight/bobot kg kendaraany di rmh ato any opini mengenai lightweight ideal itu spt apa?

Sdkt preface..
======
Persepsi kita thd mbl yg diinginkan sering didasarkan pd what other people hv said. Pun dg spec or number behindnya.

Disadari/tdk ..spt terperangkap di dunia dmn dimana horse power means everything. And culturally benar jg sihh. Banyak yg bs sbt dg pasti horsepower mbl nya, tp cm sedikit yg tau bobot mbl nya. Car people tend to put far, far to much emphasis on horsepower and not nearly enough on weight. Even di dunia supercar (most there are heavy)

A lot of ego in the car world, and having a car with massive horsepower, that's most of the time unusable on street, some seen as masculine things, while lightweight car seen as feminime, even though they are often way more fun.

Bukannya ndak happy punya big hp, but kadang personaly kita sendiri feels lbh enjoy n have a lot more fun di mbl yg weight less, syukur2 dpt rwd dah :mky_03:

=======

Ntah bener demikian yg dirasakan.....
Ato ada/tdk nya direct benefit dr lightweight yg dimaksud....
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by pendoli »

filosofi ringan sudah menjadi motto Lotus selama ini kan, dan sukses mghasilkan mobil yang seru walau hp kecil.

Buat indo yang mesinnya biasanya kecil, ngurangin bobot jadi cara cost effective bikin mobil lebih gesit dan hemat. Terutama unsprung weight yah...
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by ChZ »

Honda HR-V 1.8 CVT : 1.3XXkg, 139HP / 169Nm
Honda Civic 1.8 AT : 1.3xx kg, 141HP / 174Nm
Mitsubishi Outlander Sport : 1.4xx kg, 150HP / 190Nm
Toyota Avanza Veloz AT : 1.1xx kg, 104HP / errr lupa .... 13x Nm sepertinya.
Suzuki Ertiga GL AT : 1.2xx kg, 92HP/130Nm.
Toyota Harrier 240G AT : 1.7xx kg, 160HP / lupa.

Banyakan lupa angka torsi malah :big_slap:

Ini loh kenapa saya dari dulu paling gak setuju kalau dibilang fun to drive itu relatif... Kalo fun to drive relatif, ya kenapa harus repot-repot engineering mikir susah-susah? Kenapa sih BMW sampe mempertahankan pake penggerak RWD yang kuno dan gak efisien di sedan-sedan sportnya lalu harus repot mikir bobot sasisnya harus seringan apa karena RWD sendiri pasti lebih berat dari FWD. Kok kesannya BMW itu "bodoh" karena mempersulit diri sendiri dengan design layout RWD sehingga harus mikir keras cara ngurangin bobot sasis. Kenapa gak bikin BMW M3 atau M4 FWD aja? Kan enak, irit, ringan... fun to drive kan relatif jd bodo amat.

Se relatif-relatifnya, tetep ada standar yang jelas kalau selama ini mobil yang dibilang "fun" itu mobil yang ringan. Itu pasti dan gak bisa diganggu gugat. BMW M3 CSL, Mazda MX-5, Honda Civic Type-R, Honda S2000, dll.... Gak ada kan yang bilang minibus segede Alphard itu "fun to drive" ? Minta diketawain sama semua petrolhead elu bilang Alphard fun to drive.

Core element dari fun to drive ya lightweight. Responsive steering itu juga pasti imbas dari bobot yang ringan. Dengan lightweight mau pasang 4-silinder 180-200hp pun cukup gak perlu mesin dengan massive 600hp V8 yang boros dan mostly gak akan kepake under normal driving. Torque & horsepower masif itu akan lebih fun dinikmati di lintasan lurus panjang 400meter.

Contoh pabrikan yang menerapkan prinsip yang ini adalah Mazda di MX-5 terbaru, roughly HPnya malah gak nambah dari present MX-5 NC. Tapi bobotnya berkurang 100kg.
Contoh pabrikan yang punya prinsip kebalik adalah Toyota dengan Kijang Innova. Yes nambah 50hp dan 100Nm, tapi bobotnya juga nambah 200kg bo'.....

Tapi saya juga gak setuju kalau orang bilang "alah horsepower gak penting" .... atau sok sok an bilang "torque iz everything" ... Krn kedua hal ini saling berkaitan. No massive horsepower without torque and rev. Karena prinsipnya hp = torque x rev. Makanya knp Diesel torque gede2 hpnya kecil2, dan bensin torque kecil2 hpnya malah gede-gede....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11029
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by marmut »

menyimak sabda para suhu...

*sambil nyeruput kopi jahe
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by octafiantos »

Saya ga begitu mikir bobot kendaraan.
Ada beberapa piaraan yang saya tahu perkiraan bobotnya. Katana, 780kg apa 790kg, ga sampe 800kg. Ada yang tahu ban Katana mompanya berapa? Yang bener 20-22/25. Pada mompa 30-32 kan? Udah kebablasan 50% dari yang diminta, jangan salahin Katana kalo kaya gerobak hahaha. Rating load ban Katana umumnya 650kg per sisi, pompa sesuai yang diminta aja, kalo keliatan kempes banget ya pompa 22 atau 25.

E30, karena mesinnya langka (di luar ga populer mesin M40, banyakan M10, M42, M20) jadi agak susah ambil data.
Sekitar 1100kg, mobilnya ringan. E36 320i, perkiraan 1250kg karena perlengkapan beda beda antar negara. Di Indonesia banyak yang disunat, paling kentara airbag 2 biji itu berarti ada 2 kantong balon dan modul. Sisanya enteng, immobilizer, OBC, opsi cruise control. 328i sekitar 1350kg.

Kijang Super ga tau sama sekali.
Cuma nebak, di atas 1050. Itu berat Avanza gen 1, sementara Kijang Super mobil jadul, masih pake sasis, blok juga lebih besar dan besi. Avanza pasti lebih canggih logamnya, udah kenal material alloy. Teknologi full pressed bodynya juga belum sehebat era 2000.
Kavling kosong, bisa dikridit.
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by walid_007 »

Belom perna nimbang.... tar klo sempet ke pabrik sebelah kebetulan pny timbangan yg biasa buat nimbang truk batubara..

Tp apa yg sy rasakan secara awam .. mobil yg abot naikan ny lebih enak drpd yg ringan2 biasany gelodak an.. kyk ngebandingin jazz yg 1 ton ma lexus yg 2 ton ponakan sy masi tk ja tau mana yg lebi enak

Klo bicara fun it fully relativeness di sini ya.. kecuali tinggal di spore sana... di indo kan macet...jalan rusak.. belum polisi tidur... naik ke parkiran mall gundukanya tinggi (klo ceper pasti gasruk) .. makanya naik suv lebi "fun" peduli setan dengan jalan yg ada.. coba klo pk sedan pasti masi miring sana miring sini walopun by logic fact sedan pasti lebi fun dari suv..
engine roaring!
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by ChZ »

Honda Jazz vs Lexus.... Hahahaha....

1 independent 1 torsion beam.... Dari jok aja lebih tebel Lexus.... Shockbreaker Lexus juga bukan Showa(k) CKD yang harganya ratusan ribu... Kalo bandingin Honda Jazz sama Kijang Innova saja masih masuk logika saya. Jazz sama Lexus bo.... 1 Lexus RX270 bisa buat beli 4 unit Honda Jazz buat Uber :big_biglaugh:

Gak sekalian Agya sama S-Class atau Rolls-Royce... bayi blm lahir aja tau bedanya.... LOL.

Honda CR-V juga glodakan walaupun berat....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7370
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by newrubble »

langit giat itu apa ya? sy masih ingin tau apa krn mrk masih tdk mampu bikin EV/ hybrid tanpa bayar royalty sehingga apapun metalized tdk mrk pakai?
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by coklatMetalik »

Kijang Kapsul LGX 1,8 EFI MT, 1370 kg. (menurut data disini http://ilmuiman.web.id/kijang/tayang.ph ... 01spek.htm)

Kalo Kijang Super kyknya beratnya tergantung mood tukang karoseri, lagi pengen tempel dempul banyak atau dikit aja :ngacir:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by nyotnyet »

Innova diesel 1,5 ton? Kurleb lah ya, hasil googling kondisi standar 102hp/260Nm ga ada fun2nya, nyaman iya.

Kondisi sekarang 190hp/450Nm, dan ganti shock, underbrace dkk, ga senyaman ori, tp menurut saya jadi lebih fun to drive (walaupun tetep lebih fun cx5 sih) hahahaha

Soul Red zoom zoom
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by walid_007 »

Sy bandingkan it kan sesuai topic berat ...bukan harga mobilnya

Ya jadi kan tida apa kan klo sy baningkan carry pu yg gada 1 ton dgn jazz itu... dan karena core element mobil fun it adalah light jelas carry pu lebi ok la....

Ha ha ha
engine roaring!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by DOHC »

cityZ sx8 VTEC M/T... bobot cuman 950 kg... power 115 hp/14an Nm.... bandingin ama jazz ge8 bobot 1050an kl ga salah... power 120hp/148 Nm... scara teori kasar banding2an data di atas... mustinya berimbang... tp kl pas bawa sendiri, berasa city lebi napak...

4 wheel independent suspension plus front rear stabilizer nya ngaruh banget...

#cabut dl ahh.... bentar lg si mods kucing meong pasti dateng nehh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: RE: Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by madcat015 »

DOHC wrote:cityZ sx8 VTEC M/T... bobot cuman 950 kg... power 115 hp/14an Nm.... bandingin ama jazz ge8 bobot 1050an kl ga salah... power 120hp/148 Nm... scara teori kasar banding2an data di atas... mustinya berimbang... tp kl pas bawa sendiri, berasa city lebi napak...

4 wheel independent suspension plus front rear stabilizer nya ngaruh banget...

#cabut dl ahh.... bentar lg si mods kucing meong pasti dateng nehh...
I approve, mod klep! :big_cat:

SX-8 punya torsi 144nm at 4500rpm... Tapi tuh enjin bisa dihajar sampe lewat redline... And haz no problem...

Yes, GE lebih berat. Dan benar, krn perbedaan suspensi, SX-8 kerasa lebih napak dibanding GE... Full independent won't lie... :big_love:

Ahhhh, i miss that old sedan. Barusan ane liat di BPN, masih mulus, std ting2, no dent, suara halus, nopol ttp sama... Praise the Lord, dia berada di tangan nonik cakep yg sayang sama dia... Cuman ketambahan satu stiker segaban di rear windshield: Army of Cat. :big_cat:

BTT, M8 full load 2250kg, kosong 1750kg, 203nm @3500rpm... :big_slap:

Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by coklatMetalik »

coklatMetalik wrote:Kijang Kapsul LGX 1,8 EFI MT, 1370 kg. (menurut data disini http://ilmuiman.web.id/kijang/tayang.ph ... 01spek.htm)

Kalo Kijang Super kyknya beratnya tergantung mood tukang karoseri, lagi pengen tempel dempul banyak atau dikit aja :ngacir:
Datsun 620 1500cc long, 945 kg (menurut buku kir)
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by sintoni »

Seperti Chris ngmg, bobot mobil ini menurut ane itu faktor paling penting untuk buat mobil fun to drive.

Mobil ringan bisa akselerasi lebih baik, bisa belok lebih baik, bisa ngerem lebih baik.

Baru setelah bobot itu ngmg sasis, mesin, transmisi, dll.

Tapi paling penting bobot.

Saya lebih prefer naik mobil ringan dengan tenaga segitulah daripada mobil bertenaga kingkong tapi bobot kingkong pula. Pasti lebih fun kalo dibawa dijalanan biasa atau di track. Fun loh ya bukan cepat, kalo mau cepat harus ada hitung2annya lg.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by madcat015 »

Bro sin, R35 termasuk mobil yg super berat utk kelasnya. Plus super gambot. Bobot dia 1745kg vs 1600kg di 991 Turbo. Dan dua mobil ini bbrp tahun jadi rival kuat di Nurburgring.

Mungkin analogi sama spt ilmu roket ya. Mw power gede: pasang mesin lebih gede: mesin gede butuh bahan bakar lebih banyak: bahan bakar banyak lebih berat: bobot berat berarti butuh power gede... Akhirnya infinite :big_slap:

Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
Obey the mahakitteh. :big_cat:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4204
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by b0ku »

gw punya freed bobot 1400kg corneringnya lebih enak di banding ge8 gw yg cuma 1000kg karena berat jd lebih napak gripnya lebihvberasa kesimpulannya enteng jg musti di imbangin dengan suspensi yg bagus :ngacir:
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by POS VETT »

Yang ada di rumah sekarang:

2002 Chevrolet Corvette Z06 (C5) sekitar 3080 lbs (data dari yang 2003) - 405 HP, 400 ft-lbs
2008 Chevrolet Corvette Z06 (C6) sekitar 3150 lbs - 505 HP, 475 ft-lbs
2011 Nissan 370Z (Z34) sekitar 3400 lbs - 332 HP, 270 ft-lbs
2016 GMC Sierra 1500 (K2) SLT 4x4 Crew Cab Standard Bed 5.3l V8 8-speed sekitar 5800 lbs - 355 HP, 380 ft-lbs

"Fun to drive" itu sangat kualitatif dan subyektif, tidak ada patokan hanya satu dan tidak bisa diukur. Gw biasanya cuma senyum2 saja kalau ada yang meng-agung2-kan soal lightweight karena yang jadi patokan gw pribadi berbeda ukurannya. Jaman sekarang, kalau tidak ada kemungkinan besar mati atau celaka besar, tidak ada daya tariknya alias tidak keluar adrenalinnya.

Yang berpendapat "it's more fun to drive a slow car fast" belum pernah coba "to drive a stupid-fast car very fast". To me, a slow car is boring, whether it's driven fast or slow.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by ChZ »

sintoni wrote:Seperti Chris ngmg, bobot mobil ini menurut ane itu faktor paling penting untuk buat mobil fun to drive.

Mobil ringan bisa akselerasi lebih baik, bisa belok lebih baik, bisa ngerem lebih baik.

Baru setelah bobot itu ngmg sasis, mesin, transmisi, dll.

Tapi paling penting bobot.

Saya lebih prefer naik mobil ringan dengan tenaga segitulah daripada mobil bertenaga kingkong tapi bobot kingkong pula. Pasti lebih fun kalo dibawa dijalanan biasa atau di track. Fun loh ya bukan cepat, kalo mau cepat harus ada hitung2annya lg.
Sebetulnya intinya bikin mobil adalah.... Efficient.

Efficient bukan selalu irit, maksudny Efficient adalah efisien penggunaan energinya. Hampir seluruh tenaga mobil itu "kepake". That's why pabrikan selalu berlomba - lomba bikin ringan mobil... Ya kecuali Toyota sih... Bikin berat mobil... LOL. Selain ringan juga harus balanced.

Efisiensi yang bisa dilakukan yang lain, tentu saja Engine. Setelah engine, lanjut ke gearbox.

Ini jawaban kenapa 'sih Mazda gak masukin engine masif V6 atau V8 ke dalam MX-5, or Honda S2000 kenapa pake 2000cc 4-silinder yang bisa rev sampe 9k RPM padahal Honda punya mesin V6 di masa itu.

Karena gak efisien. Mobil sekecil itu gak perlu V8, waste of energy. Pengembangannya juga waste of money.
madcat015 wrote:Bro sin, R35 termasuk mobil yg super berat utk kelasnya. Plus super gambot. Bobot dia 1745kg vs 1600kg di 991 Turbo. Dan dua mobil ini bbrp tahun jadi rival kuat di Nurburgring.

Mungkin analogi sama spt ilmu roket ya. Mw power gede: pasang mesin lebih gede: mesin gede butuh bahan bakar lebih banyak: bahan bakar banyak lebih berat: bobot berat berarti butuh power gede... Akhirnya infinite :big_slap:

Sent from my A0001 using Seraya Motor mobile app
And guess what? Porsche 911 still considered as a fun car compared to R35.... Penyebabnya adalah letak mesin di belakang axle roda belakang yang bikin mobil ini gampang sekali nge-slide....

Prinsip yang sama digunakan Toyota buat bikin Kijang Innova baru... LOL.... extra 200kg, need extra 50HP & 100Nm....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by rajapb »

Kayaknya hampir setiap mobil kalo ganti generasi pasti nambah berat, apalagi mobil yang mainstream. Pengecualian buat mx5 nd, terus seri 7 kalo gak salah juga tambah enteng, itu doang yang gua tau.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by kunaskun »

kadang bikin mobil enteng gampang, copotin aja semua komponen berat pake aluminum, tapi tar dijalan malah ga enak, chassis twist lah, chassis deformed lah, tambahin d sway bar cs, eh malah tambah berat, nambah2in komponen buat ngerakit, malah jadi mahal ongkos rakitnya, ya balik lagi d ke besi, tetep berat, cuma ga perlu tambah2 sway bar cs. jadi bingung d :p

saya si percaya, emang kalau itu mobil dirancang dari awal buat dipake enak ya ga musti enteng juga. kadang enteng juga perlu misal buat ngejer power to weight ratio lebih baik karena pake mesin lebih kecil biar ngejer efisiensi nah mesin lebih kecil bisa dipakein turbo? bener hp torsi nambah tapi tetep ada sedikit lagi, kurang fun dong. jadilah dientengin jadi lag-nya ga terlalu berasa karena beban awal sudah lebih ringan. a
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by DOHC »

kl mau enteng, ban serep copotin, kursi smua copotin kcuali kursi driver, doortrim copotin smua termasuk peredam... itu ngurangin bobot signifikan banget loh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by nyotnyet »

Pake mesin ama sasis aja, trus pake helm...kaya bus kalo belom dipasang bodynya itu loh

Soul Red zoom zoom
yozhuaa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Sun Apr 19, 2015 8:38

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by yozhuaa »

sya tertarik untuk berkomentar mengenai light weight : fun 2 drive .

teman saya bercerita dia pernah mengendarai bmw e36 320i manual membandingkan dengan great corrola 1.6 manual. menurut dia lebih stabil dan fun 2 drive bmw ktny lbh enak dan pede saat ngebut maupun berbelok (meliak liuk)

perbandingan nya berat bmw e36 320i 1560kg dengan hp 148
toyota great corrola 1.6 berat 1052kg dengan hp 90

dengan weight ratio e36 0.095 (148/1560) vs 0.086 (90/1052)

dia bercerita ktnya kalo berat vs ringan ketika d dorong maka bobot yg berat berjalan lebih jauh di baandingkan dengan bobot yang ringan teori nya kalau tidak salah momentum .

jd saya berpikir bahwa ringan tidak selalu fun 2 drive .

bagaimana tanggapan para sepuh di sini ?

maaf kalau tidak membandingkan secara apple to apple dan jgn d hujat ya maklum newbie hanya tertarik menyimak pendapat sepuh di sini

:mky_01:
:big_peace:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Share: Lightweight/bobot kendaraan

Post by coklatMetalik »

Anu...
Mnurut saya lbh baik samakan persepsi dulu yg dimaksud fun to drive ini bgmn? Jujur sampe skrg saya sndiri blom paham ini maksudnya gmn...

Kalo maksudnya fun = menyenangkan ya banyak faktornya. Contohnya misalnya kalo udh terlanjur ada ikatan psikologis antara supir & mobilnya, sejelek apapun itu mobil mungkin supirnya sih senang2 aja, toh udh terlanjur cinta sama mobilnya....

Jd tulung jelasken fun to drive yg dibahas disini mksdnya gmn. Supaya newbie kyk ane gk bingung ....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82