syafimsa wrote:wah himpian saya dari sma ini om, heavy breathingOmnibus wrote:Skrg sih sdh males ... pengennya sih punya dulu rumah yg garasinya besar ... nanti diisi lengkap dgn scissors lifter (yg rata lantai kl ga dipake) dan shop air buat pneumatic tools. Lantai semua di coating polyurethane warna hijau muda. Lighting yg terang. Exhaust trunk buat buang asap knalpot keluar. Sdh itu beli tool box+chest yg drawernya pake roller bearing dan wall cabinet Snap-on ... isinya ga harus snap-on, saya suka stahlwille buat wrench, Ko-ken buat ratchet/socket, KTC utk yg lainnya. Ada area workshop lengkap dgn work table ... ada mesin drilling, lathe, milling, welding, cutting semua merk bonafide. Dan yg paling penting ... full a/c dan full music.
Mau upgrade tinggal tambah dynometer ...
Soalnya dulu pernah punya bengkel yg pake lifter dan shop air. Beda banget lah auranya dan ga capek ... fun aja
Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
alat-alat nggak lengkap, bahan-bahan untuk bersih-bersih mahal tapi cuma kepakai sedikit, waktu nggak ada, nggak ada "kernet" yang bantuin. ribet DIY sekarang.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11328
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Mau tiap hari dicuci jg ga rusak asal pakai metode 2-bucket yg benar ... di utube ada. Sabun yg sy plg cocok itu zymol botol biru muda besar, bisa buat setaunan.1704MX wrote:DIY paling nyuci mobil, poles dikit2. karena udh gak sanggup liat mobil digosok2 dari kolong naik ke body dgn alat yg sama di cucian mobil. ya sekalian olahraga deh. saking demen liat mobil bersih, pernah 3 hari sekali nyuci mobil, padahal debuan doang. ini ngerusak gak sih?
kalo ganti oli blom berani, takut kececeran di lantai, bingung juga buangnya oli bekasnya kemana..
di mobil lama, air filter pake k&n, less maintenance.
Ini trick urus oli bekas yg ga pernah fail dan minimum oil spill ... a million dollar trick nih ...
Pakai baskom yg bentuknya setengah bola (jgn yg ngotak dasarnya tp ngebulat) utk tampung oli bekasnya yg keluar dr mesin. Oli bekas nanti dimasukin ke botol bekas oli baru yg sdh kosong ... caranya ambil botol bekas aqua 600ml potong di bagian tengahnya pakai cutter jadi terbelah 2 bagian. Yg ada mulut botol dijadikan corong buat masukin oli ke botol dan yg 1/2 bagian lainnya jd gayungnya. Nanti sisa oli di baskom yg tinggal sedikit dilap pakai koran bekas. Selamat belajar kotor2an .. !
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 59
- Joined: Sat May 23, 2015 7:40
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Salut member2 SM pada kelas berat semua DIY mobilnya. Jd minder.
Level DIY saya masih sekedar cuci mobil (tanpa wax or poles), nambah wiper fluid, jumping accu mati, bongkar pasang ban, ganti lampu2 yg putus, udah. [FLUSHED FACE]
Level DIY saya masih sekedar cuci mobil (tanpa wax or poles), nambah wiper fluid, jumping accu mati, bongkar pasang ban, ganti lampu2 yg putus, udah. [FLUSHED FACE]
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Selama masih bisa, DIY aja:
Motor ZX130: bongkar bodi, lampu, cek/tambah/ganti oli2+filter, stel rem, stel rantai, carbu cleaning, stel AFR/idle, cek/stel/ganti busi, kuras tangki bensin, ganti kiprok/cdi,dll
Mobil Corona TT132: cek/tambah oli mesin-rem-kopling & fluida di ruang mesin, kuras radiator, stel AFR/idle karbu + carbu clean, stel headlamp, cek/stel/ganti busi,dll
Mobil Volvo 940: cek/tambah fluida mesin-matic-PS-Rem-coolant-wiper, bersihin Mass Air Flow +stel AFR, Throttle Body, Idle Air Control, ganti bohlam & lamp assy, dll
Untuk cuci+detailing, selama punya kendaraan sendiri mungkin 90% cuci sendiri..cuci di carwash bisa dihitung jari..
Motor ZX130: bongkar bodi, lampu, cek/tambah/ganti oli2+filter, stel rem, stel rantai, carbu cleaning, stel AFR/idle, cek/stel/ganti busi, kuras tangki bensin, ganti kiprok/cdi,dll
Mobil Corona TT132: cek/tambah oli mesin-rem-kopling & fluida di ruang mesin, kuras radiator, stel AFR/idle karbu + carbu clean, stel headlamp, cek/stel/ganti busi,dll
Mobil Volvo 940: cek/tambah fluida mesin-matic-PS-Rem-coolant-wiper, bersihin Mass Air Flow +stel AFR, Throttle Body, Idle Air Control, ganti bohlam & lamp assy, dll
Untuk cuci+detailing, selama punya kendaraan sendiri mungkin 90% cuci sendiri..cuci di carwash bisa dihitung jari..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
- Cek/Ganti busi.
- Nambah air wiper.
- Nambah oli
- Kuras radiator sethn sekali.
- Ganti radiator.
- Ganti filer AC.
Dulu pengen bener ganti oli DIY, cuma males ngolongnya Tapi semenjak beli oli gratis ganti oli, dah gak pengen lagi ganti oli sendiri
- Nambah air wiper.
- Nambah oli
- Kuras radiator sethn sekali.
- Ganti radiator.
- Ganti filer AC.
Dulu pengen bener ganti oli DIY, cuma males ngolongnya Tapi semenjak beli oli gratis ganti oli, dah gak pengen lagi ganti oli sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Wah, bisa stel AFR DIY. Punya alat buat cek emisi om?didietkeren wrote:Selama masih bisa, DIY aja:
Motor ZX130: bongkar bodi, lampu, cek/tambah/ganti oli2+filter, stel rem, stel rantai, carbu cleaning, stel AFR/idle, cek/stel/ganti busi, kuras tangki bensin, ganti kiprok/cdi,dll
Mobil Corona TT132: cek/tambah oli mesin-rem-kopling & fluida di ruang mesin, kuras radiator, stel AFR/idle karbu + carbu clean, stel headlamp, cek/stel/ganti busi,dll
Mobil Volvo 940: cek/tambah fluida mesin-matic-PS-Rem-coolant-wiper, bersihin Mass Air Flow +stel AFR, Throttle Body, Idle Air Control, ganti bohlam & lamp assy, dll
Untuk cuci+detailing, selama punya kendaraan sendiri mungkin 90% cuci sendiri..cuci di carwash bisa dihitung jari..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11029
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
kalau sudah biasa, telinga dan hidung pun bisa jadi alat cek emisi.adityabp wrote:Wah, bisa stel AFR DIY. Punya alat buat cek emisi om?didietkeren wrote:Selama masih bisa, DIY aja:
Motor ZX130: bongkar bodi, lampu, cek/tambah/ganti oli2+filter, stel rem, stel rantai, carbu cleaning, stel AFR/idle, cek/stel/ganti busi, kuras tangki bensin, ganti kiprok/cdi,dll
Mobil Corona TT132: cek/tambah oli mesin-rem-kopling & fluida di ruang mesin, kuras radiator, stel AFR/idle karbu + carbu clean, stel headlamp, cek/stel/ganti busi,dll
Mobil Volvo 940: cek/tambah fluida mesin-matic-PS-Rem-coolant-wiper, bersihin Mass Air Flow +stel AFR, Throttle Body, Idle Air Control, ganti bohlam & lamp assy, dll
Untuk cuci+detailing, selama punya kendaraan sendiri mungkin 90% cuci sendiri..cuci di carwash bisa dihitung jari..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Waduh, mesti diendus ya om? Ngeri ah.marmut wrote:kalau sudah biasa, telinga dan hidung pun bisa jadi alat cek emisi.adityabp wrote:Wah, bisa stel AFR DIY. Punya alat buat cek emisi om?didietkeren wrote:Selama masih bisa, DIY aja:
Motor ZX130: bongkar bodi, lampu, cek/tambah/ganti oli2+filter, stel rem, stel rantai, carbu cleaning, stel AFR/idle, cek/stel/ganti busi, kuras tangki bensin, ganti kiprok/cdi,dll
Mobil Corona TT132: cek/tambah oli mesin-rem-kopling & fluida di ruang mesin, kuras radiator, stel AFR/idle karbu + carbu clean, stel headlamp, cek/stel/ganti busi,dll
Mobil Volvo 940: cek/tambah fluida mesin-matic-PS-Rem-coolant-wiper, bersihin Mass Air Flow +stel AFR, Throttle Body, Idle Air Control, ganti bohlam & lamp assy, dll
Untuk cuci+detailing, selama punya kendaraan sendiri mungkin 90% cuci sendiri..cuci di carwash bisa dihitung jari..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Karbu kerasa dari getaran mesin,tes akselerasi & tentu cek kondisi busi setelah pemakaian agak jauh.adityabp wrote:Waduh, mesti diendus ya om? Ngeri ah.marmut wrote:kalau sudah biasa, telinga dan hidung pun bisa jadi alat cek emisi.adityabp wrote:
Wah, bisa stel AFR DIY. Punya alat buat cek emisi om?
Injeksi cek kondisi busi + bau gas buang + kerasa di akselerasi..
Bau dari gas buang juga bisa jadi parameter..kalau bau bensin lebih kentara dari biasa..trus cek busi lebih banyak hitam jelaga..bisa jadi stelan terlalu boros/kaya bensin. Kalau busi terlalu putih, berarti terlalu miskin/lean ..biasanya getaran mesin juga lebih besar...
Asal jangan kelamaan lah hirup gas buang..sekilas aja...agak jauh ... bahaya kalo lama2..
Pas ada kesempatan uji emisi mobil.. Corona tahun 1981 & Volvo tahun 1994 masih lulus, dapet stikernya juga.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 759
- Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Mirip motor ya.. kalo businya dah merah bata warnanya berarti dah bagus.didietkeren wrote:Karbu kerasa dari getaran mesin,tes akselerasi & tentu cek kondisi busi setelah pemakaian agak jauh.adityabp wrote:Waduh, mesti diendus ya om? Ngeri ah.marmut wrote:
kalau sudah biasa, telinga dan hidung pun bisa jadi alat cek emisi.
Injeksi cek kondisi busi + bau gas buang + kerasa di akselerasi..
Bau dari gas buang juga bisa jadi parameter..kalau bau bensin lebih kentara dari biasa..trus cek busi lebih banyak hitam jelaga..bisa jadi stelan terlalu boros/kaya bensin. Kalau busi terlalu putih, berarti terlalu miskin/lean ..biasanya getaran mesin juga lebih besar...
Asal jangan kelamaan lah hirup gas buang..sekilas aja...agak jauh ... bahaya kalo lama2..
Pas ada kesempatan uji emisi mobil.. Corona tahun 1981 & Volvo tahun 1994 masih lulus, dapet stikernya juga.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
Current: Z20 NLP C140
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Mirip.. sama aja prinsipnya ..merah bata atau abu2 juga cukup.. cuma untuk mobil injeksi, nyetelnya beda2.. di mobil saya (tanpa sensor O2) ada stelan di MAF.. mobil injeksi dengan sensor O2 mungkin harus pake "piggyback" yang bisa distel/program..silentIm2 wrote:Mirip motor ya.. kalo businya dah merah bata warnanya berarti dah bagus.didietkeren wrote:Karbu kerasa dari getaran mesin,tes akselerasi & tentu cek kondisi busi setelah pemakaian agak jauh.adityabp wrote:
Waduh, mesti diendus ya om? Ngeri ah.
Injeksi cek kondisi busi + bau gas buang + kerasa di akselerasi..
Bau dari gas buang juga bisa jadi parameter..kalau bau bensin lebih kentara dari biasa..trus cek busi lebih banyak hitam jelaga..bisa jadi stelan terlalu boros/kaya bensin. Kalau busi terlalu putih, berarti terlalu miskin/lean ..biasanya getaran mesin juga lebih besar...
Asal jangan kelamaan lah hirup gas buang..sekilas aja...agak jauh ... bahaya kalo lama2..
Pas ada kesempatan uji emisi mobil.. Corona tahun 1981 & Volvo tahun 1994 masih lulus, dapet stikernya juga.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
DIY itu punya kepuasan tersendiri gimana gitu ya...
Itu Car Guy nya barat2 sono suka tuh sama DIY..
Malahan katanya "if your boyfriend didnt know how to change oil, congratulation you have a girlfriend"
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Itu Car Guy nya barat2 sono suka tuh sama DIY..
Malahan katanya "if your boyfriend didnt know how to change oil, congratulation you have a girlfriend"
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Car Is My Life
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Thu Dec 19, 2013 23:54
- Location: In my little shell
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Aku sih iyes to DIY....berbekal referensi dari web/buku manual tentunya.
Plusnya DIY:
-kenal mobil lebih dekat (makin cinta yeee :p )
-tahu apa yang jadi kelemahan/kelebihannya
-kalau ada apa-apa bisa langsung handle troublenya
-muyah, pakai tenaga sendiri
-petrolhead banget
Minesnya DIY:
-waktu, waktu dan waktu
-tangan kotor/luka
tapi kepuasannya itu lho..hehe kayak hasil karya sendiri. Selama ini kalu bisa dikerjain sendiri ya hayuk.
Pengalaman berkesan selama ini:
Paling susah : bypass transmission cooler 1KZTE, gergaji pipa sambil mandi oli transmisi dah, anget-anget gitu.
Paling gampang: cuci mobil :p
Paling pusing: masang dual oil catch tank, tempat di engine bay minim banget.
Paling seru: benerin pipa intercooler di pit sentul, kerasa resing resing gitu :p
Happy DIY...!!! jangan lupa berdoa dan berbekal service manual atau referensi forum biar joss dan lancar.
Plusnya DIY:
-kenal mobil lebih dekat (makin cinta yeee :p )
-tahu apa yang jadi kelemahan/kelebihannya
-kalau ada apa-apa bisa langsung handle troublenya
-muyah, pakai tenaga sendiri
-petrolhead banget
Minesnya DIY:
-waktu, waktu dan waktu
-tangan kotor/luka
tapi kepuasannya itu lho..hehe kayak hasil karya sendiri. Selama ini kalu bisa dikerjain sendiri ya hayuk.
Pengalaman berkesan selama ini:
Paling susah : bypass transmission cooler 1KZTE, gergaji pipa sambil mandi oli transmisi dah, anget-anget gitu.
Paling gampang: cuci mobil :p
Paling pusing: masang dual oil catch tank, tempat di engine bay minim banget.
Paling seru: benerin pipa intercooler di pit sentul, kerasa resing resing gitu :p
Happy DIY...!!! jangan lupa berdoa dan berbekal service manual atau referensi forum biar joss dan lancar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
di negara yang menghargai manusia, ongkos tenaga mahal.mpvfreak wrote:DIY itu punya kepuasan tersendiri gimana gitu ya...
Itu Car Guy nya barat2 sono suka tuh sama DIY..
Malahan katanya "if your boyfriend didnt know how to change oil, congratulation you have a girlfriend"
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
teman saya beli plastik film sedan $100, minta pasang di workshop tanpa tanya. ongkosnya sejam $70, chargenya 2 jam untuk lepas dan pasang.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: Mon Feb 15, 2016 14:47
Re: RE: Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Besok owe berangkat deh digaji gocap sejam 1 taun beli mobil apa ya di indo?octafiantos wrote:di negara yang menghargai manusia, ongkos tenaga mahal.mpvfreak wrote:DIY itu punya kepuasan tersendiri gimana gitu ya...
Itu Car Guy nya barat2 sono suka tuh sama DIY..
Malahan katanya "if your boyfriend didnt know how to change oil, congratulation you have a girlfriend"
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
teman saya beli plastik film sedan $100, minta pasang di workshop tanpa tanya. ongkosnya sejam $70, chargenya 2 jam untuk lepas dan pasang.
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Car Is My Life
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 301
- Joined: Mon Nov 09, 2009 9:03
- Location: Batavia
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Masih suka DIY buat benerin hal hal kecil, ganti oli, filter dsb, wiper, baut2 kendor ama bunyi2an interior, copot-pasang stopper waktu masih ababil ceper hehe, pengen juga tune up tapi belom sempet belajar
Prestasi paling gede cuma pernah ganti shock e39 berdua temen hehe
Prestasi paling gede cuma pernah ganti shock e39 berdua temen hehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 538
- Joined: Sun May 03, 2015 0:48
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Anak jaman sekarang parah2, kmren sy abis pecah ban trus yaudah saya ganti di tengah hutan di parakan, cerita ke temen2 cewe, pertanyaannya malah "lu bisa ganti ban sendiri ?"
haduh capek deh, ternyata anak cewe usia kuliahan yg tiap harinya bawa mobil gapaham sama sekali gimana caranya ganti ban....
Ada lagi temen ane cowo, bawa mobil ke bengkel pintu gara2 pintu gabisa dibuka dr dalem, ternyata cuma childlock doang aktif, ada lagi anak klub mbl kaga tau dipstik oli itu benda apaan...
Saya DIY masih byk yg belum bs, tp kalo yg simple2 sekedar rawat harian atau emergency ya menurut sy kudu bisa lah
haduh capek deh, ternyata anak cewe usia kuliahan yg tiap harinya bawa mobil gapaham sama sekali gimana caranya ganti ban....
Ada lagi temen ane cowo, bawa mobil ke bengkel pintu gara2 pintu gabisa dibuka dr dalem, ternyata cuma childlock doang aktif, ada lagi anak klub mbl kaga tau dipstik oli itu benda apaan...
Saya DIY masih byk yg belum bs, tp kalo yg simple2 sekedar rawat harian atau emergency ya menurut sy kudu bisa lah
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 45
- Joined: Tue Feb 16, 2016 0:33
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
yupz.. hal2 basic buat emergency harus bisa. jgn cuma bawa..isi bensin..parkir. gw sendiri sering nemenin bokap semenjak sd buat ganti ban yg bocor..buka baut2 nya..pasang dongkrak..ngangkat ban yg beratnya nauzubileh (masi bocah sd waktu itu). dan kalo ada lampu2 yg putus, bokap cuma beli lampunya dan gua yg masang. sama pernah ganti klakson hella..bokap minta gua yg pasang..
tapi dlm hal detailing2 mobil malah gw sendiri yang ngerawat mbil bokap tapi cuma sekedar cuci, waxing, poles2 interior, dll. jujur karena hal2 tadi, gua jd punya rasa sayang sama mobil itu..meskipun bokap yg bawa terus tiap hari
tapi dlm hal detailing2 mobil malah gw sendiri yang ngerawat mbil bokap tapi cuma sekedar cuci, waxing, poles2 interior, dll. jujur karena hal2 tadi, gua jd punya rasa sayang sama mobil itu..meskipun bokap yg bawa terus tiap hari
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
waktu kuliah ane udah sering DIY pada mobil katana jadul ane...maklum duit saku terbatas.....dan bondo nekat..
1. Ganti timing belt katana yg putus....sukses , ini kubah combustionnya gedhe, jadi gak bentur valve.....walau awalnya loncat 1 gigi....suara mesin halus...starter lebih mudah...tapi tenaga ngempos....akhirnya bongkar lagi...
2. ganti crossjoint katana.....pake palu...pernah gotrinya hilang satu..jadi tetap geter.....
3. stel kelp katana...
4. ganti platina...
yg mudah2 dan pakai kunci kecil....kalau yg susah2 dan kunci gaban seperti laher roda, atau kampas kopling sih ane ogah.......
sekarang, males diy...pake bengkel langganan...maklum mobilnya bukan jadul lagi...
1. Ganti timing belt katana yg putus....sukses , ini kubah combustionnya gedhe, jadi gak bentur valve.....walau awalnya loncat 1 gigi....suara mesin halus...starter lebih mudah...tapi tenaga ngempos....akhirnya bongkar lagi...
2. ganti crossjoint katana.....pake palu...pernah gotrinya hilang satu..jadi tetap geter.....
3. stel kelp katana...
4. ganti platina...
yg mudah2 dan pakai kunci kecil....kalau yg susah2 dan kunci gaban seperti laher roda, atau kampas kopling sih ane ogah.......
sekarang, males diy...pake bengkel langganan...maklum mobilnya bukan jadul lagi...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Tue Sep 07, 2010 11:33
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
saat ganti laher baru, grease yang ada di laher langsung diganti yang bagus saja om pake yg hi-temp, hi-speed, semoga bisa lebih awet lahernya.silentIm2 wrote:
Wah kalo truk saya senasib gan.. Paling ngenes kalo truk baru pulang..., ini laher as gardan baru pasang 1 bulan sudah kemakan.., lampu sudah mati/ konslet sana sini.. Baut roda patah..
Lebih capek ngurusin truk daripada alat berat.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
saya sering DIY om karena ngirit dan saya orangnya bosenan kalo nunggu.
Pengalaman dulu nambal ban tubles sendiri malah bannya jadi benjol..1 minggu dipake dengan rasa waswas sepanjang jalan..terpaksa beli baru..
tapi sekarang dah bisa nambal sendiri dan lebih bagus dari tambalan pinggir jalan
Pengalaman dulu nambal ban tubles sendiri malah bannya jadi benjol..1 minggu dipake dengan rasa waswas sepanjang jalan..terpaksa beli baru..
tapi sekarang dah bisa nambal sendiri dan lebih bagus dari tambalan pinggir jalan
Ceban Me if I'm Wrong..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Saya hobby diy terutama di sektor kelistrikan n audio. Pasang kunci rahasia multiswitch di motor n pasang sub di mobil sih ud biasa.
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
Sent from my LG-D855 using Tapatalk
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Wed Nov 11, 2015 7:16
- Daily Vehicle: BMW
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Sy termasuk yg suka DIY selama peralatan memadai, kalau sdh tidak memungkinkan perbaikan2 dgn peralatan di rumah, baru bawa ke bengkel. Bbrp pengalaman diy selama ini dgn e36 '94:
- Ganti bohlamp sein, foglamp
- Pasang angel eyes
- Ngelancarin power window yg seret
- Ganti ban
- Ganti/bersih busi
- Ganti/bersih filter udara
- Ganti air radiator
- Ganti oli power steering
- Bersihin MAF
- Bersihin ICV, ini yg paling susah bongkarnya
- Bersihin interior (vacum clean,detailing dll)
- Cuci exterior 1x seminggu
- Detailing 6bulan sekali (clay, polish, wax)
Yg masih belum bisa lakukan sendiri itu ganti oli mesin, transmisi + gardan, karena dirumah ga ada jackstand, kudu ngolong dan bingung oli bekas mau dibawa kemana
- Ganti bohlamp sein, foglamp
- Pasang angel eyes
- Ngelancarin power window yg seret
- Ganti ban
- Ganti/bersih busi
- Ganti/bersih filter udara
- Ganti air radiator
- Ganti oli power steering
- Bersihin MAF
- Bersihin ICV, ini yg paling susah bongkarnya
- Bersihin interior (vacum clean,detailing dll)
- Cuci exterior 1x seminggu
- Detailing 6bulan sekali (clay, polish, wax)
Yg masih belum bisa lakukan sendiri itu ganti oli mesin, transmisi + gardan, karena dirumah ga ada jackstand, kudu ngolong dan bingung oli bekas mau dibawa kemana
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Masihkah anda lakukan DIY pada mobil anda?
Sebagian DIY yang pernah dilakukan.
Biasanya buat dokumentasi forum, tapi sebagian masih kececer belum sempet kompilasi.
Carbon clean pake DCS.
Injektor repair, sekalian bersihin semua injektor.
Ganti seal busi dan gasket cover klep.
Busi rembes dan basah. Partnya kurang bagus, belum setahun rembes halus juga.
Biasanya buat dokumentasi forum, tapi sebagian masih kececer belum sempet kompilasi.
Carbon clean pake DCS.
Injektor repair, sekalian bersihin semua injektor.
Ganti seal busi dan gasket cover klep.
Busi rembes dan basah. Partnya kurang bagus, belum setahun rembes halus juga.
Kavling kosong, bisa dikridit.