Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
User avatar
PengamatDunia
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 19 May 2016, 22:46

Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by PengamatDunia »

Mari kita ambil contoh Toyota Yaris. Seperti kita ketahui Yaris diproduksi di dua negara yaitu Perancis dan Thailand. Yaris yang diproduksi di Perancis ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar USA dan Eropa, sedangkan yang diproduksi di Thailand untuk memenuhi pasar Asia, termasuk Indonesia.

Keanehan yang sangat tidak masuk akal yang terjadi adalah harga jual Yaris (produksi Perancis) di USA jauh lebih murah dibandingkan dengan harga Yaris (produksi Thailand) di Indonesia. Bila kita melihat dari 2 faktor :
1. Biaya produksi (biaya tenaga kerja)
Disini saya asumsikan material yang dipakai sama, maka biaya tenaga kerja Thailand (Bath) jauh lebih murah dibandingkan biaya tenaga kerja Perancis (Euro).
2. Biaya pengiriman
Secara logika karena pengiriman dari Perancis ke USA melalui kapal membutuhkan waktu lebih lama (berminggu2) dibandingkan pengiriman dari Thailand ke Indonesia yang hanya membutuhan 1-2 hari sehingga biaya pengiriman ke Indonesia jauh lebih murah.

Jadi seharusnya harga Yaris (produksi Thailand) yang dijual di Indonesia bisa jauh lebih murah dari pada harga yang dipasarkan saat ini. Belum lagi soal spesifiaksi dan fitur yang ditanamkan di dalamnya yang telah disunat habis2an. Yaris (produksi Perancis) yang dipasarkan di Eropa dan USA sudah mengusung fitur cruise control (menjaga kestabilan kecepatan) dan audio control di steernya sedangkan yang dipasarkan di Indonesia SAMA SEKALI tidak terdapat fitur ini (baik di kelas tertinggi nya sekalipun)

Perlu diketahui penjualan mobil di USA tahun 2015 sekitar 17,470 juta jauh lebih banyak dibandingkan di Indonesia yang cuman 1 juta unit saja. Meskipun demikian keuntungan penjualan mobil di Indonesia jauh melebihi keuntungan penjualan di USA. Hebat bukan, seharusnya para sales mobil di Indonesia diberi penghargaan dan komisi 100 x lipat dari yang sekarang krn berprestasi mampu menjual barang dgn harga setinggi langit dan laku keras.

http://blog.caranddriver.com/boom-we-lo ... year-ever/
http://marketeers.com/article/penjualan ... un-16.html

Saya yakin anda pasti akan menyangganya dengan 3 hal ini
1. “Mobil dijual mahal saja masih membuat jalanan macet apalagi kalau di jual harga normal”
2. “Kalau bisa dijual dengan harga sangat tinggi (MUAHAL) kenapa harus dijual dgn harga normal”
3. “Harga mobil di Singapura lebih mahal dari Indonesia loh”

Tanggapan saya:
Saya balik bertanya sejak kapan mobil di Indonesia murah??? Dari tahun 1800 jalanan masih lenggang, tidak banyak bangunan gedung2 bertingkat, harga mobil sudah selangit, Dulu alasannya masih build-up, sekarang sudah CKD bahkan sudah ada didirikan pabrik di Indonesia harganya malah jauh lebih mahal.

Yang benar ini adalah akibat kesalahan pola pikir pemerintah masa lalu yang terlalu SERAKAH dan berpikir pendek (jangka 5 tahun). Jika benar anggota2 DPR itu study banding di negara2 maju (USA, etc) sudah barang tentu mata mereka melihat betapa lebar dan rapi tata kota disana. Sebab mereka sudah memikirkannya untuk pembangunan jangka 100-200 tahun kedepan.
Berbeda dengan negara Indonesia yang hanya memikirkan kepentingan perut perorangan waktu itu saja sehingga semua aset dijual supaya mendapatkan uang (dijadikan property dll). Tetapi sudah menjadi rahasia umum, bila DPR melakukan study banding BUKAN mencari yg terbaik tetapi mencari celah2 supaya bisa mendatangkan pendapatan negara (yang bisa mereka korupsi, bancakan), mereka MENCEKIK dan MENINDAS dengan KEHAUSAN akan KESERAKAHAN dan KETAMAKAN yang luar biasa. Inilah penjajahan modern yang tidak disadari dan masih berlangsung bak lingkaran setan.

Bila 20 tahun lalu mereka bisa membodohi dan mengkadali rakyat dengan menjual harga tinggi sebab saat itu tidak adanya informasi (dulu tidak ada akses internet).
Sangat berbeda dgn jaman millenium ini. Bila ingin membadingkan jangan partial, tetapi bandingkan secara proporsional. Sudakah transportasi umum di Indonesia memenuhi standart seperti di Singapura baik dari segi keamanan, kenyamanan, kebersihan, ketepatan waktu operasional?
Bandingkan pula kerapian tata kota, pendapatan perkapita rakyat Singapura, serta tujuan adanya regulasi harga mobil mahal di Singapura.

Bahkan lebih ironisnya lagi, bila pemerintah USA saat ini sedang gencar2nya mensosialisikan mobil ramah lingkungan (Hybrid) memakai tenaga baterai dengan cara memberikan diskon supaya masyarakat USA beralih ke Hybrid. Berbeda dgn pemerintah Indonesia yang katanya “mendukung ramah lingkungan” malah mengeluarkan regulasi baru yang kembali MENCEKIK rakyatnya dengan mengenakan PAJAK BARANG MEWAH karena bermesin ganda (BBM dan Baterai), agar tidak terlalu mutlak disalahkan pemerintah HANYA mendukung LCGC, padahal inipun masih belum ramah lingkungan krn masih menggunakan BBM yang masih menimbulkan polusi udara.

http://otomotif.kompas.com/read/2015/11 ... .Indonesia
https://www.semisena.com/7003/mau-tau-s ... abnya.html

Catatan:
Perlu diketahui polusi asap dari sisa pembakaran berdampak pada pemanasan global. Efek dari pemasan global ini bukan saja Indonesia saja tetapi dunia. Jangan kuatir rakyat Indonesia sudah pasti akan merasakan langsung dampaknya karena keBODOHAN dan keDUNGUan serta keTOLOLAN krn keMALASAN, keCUEKannya dalam menyikapi permasalahan yang ada disekitarnya.

Yang lebih mencengangkan dan Gila nya lagi, harga2 otomotif baik mobil dan motor di Indoensia mengalami kenaikan 3-4 x per tahun tanpa alasan yang jelas dan masuk akal. Harga mobil naik 2,5 – 5 juta per 3-4 bulan dan motor 250 ribu-350 ribu per 3-4 perbulan. Hal ini hanya terjadi di negara Indonesia saja.
Prilak serta pola pikir konsumen Indonesia sudah terbaca oleh produsen baik itu sektor otomotif dan property. Konsumen Indonesia ini suka sekali akan GAYA HIDUP, dan termakan oleh iklan yang ditiupkan sales "Ini kesempatan lagi diskon bila tidak beli sekarang bulan depan (tahun depan) harganya naik loh.."
Walaupun BBM saat ini sudah tidak murah krn sudah tidak mendapat subsidi tetap saja harga jual mobil di Indonesia semakin tinggi dan tetap dibeli bahkan dgn cara yg semakin mudah yakni KREDIT.

https://myfamilyaccounting.wordpress.co ... an-kredit/
http://finance.detik.com/read/2014/04/0 ... -bbm-murah

Perlu saya beritahukan, kenapa roda ekonomi Indonesia 2015-2016 akhir2 ini seret, macet dan lesu, bila saudara jeli ternyata salah satu penyebabnya adalah KETAMAKAN dan KESERAKAHAN penjual bidang otomotif (mobil khususnya) dan property.
Logikanya misalkan anda memiliki uang senilai 430 juta lalu dibelikan mobil Toyota Innova Q Diesel seharga 430 juta. Uang itu hanya masuk dikantong satu orang saja. Itu baru satu orang yang membeli mobil Innova bila ada 1 juta orang yang membeli mobil, silakan hitung sendiri saja. Bila dikaitkan dengan Panama Paper, ada sekitar 3000 trilyun rupiah yang tersimpan disana, itulah dana2 kekayaan akibat KESERAKAHAN dan KETAMAKAN segelintir orang Indonesia. Tidaklah heran jika perputaran uang di negara Indonesia kian tahun tambah seret, seperti mobil tanpa oli pelumas, tinggal tunggu waktu saja kehancurannya.

Seandainya Innova ini dijual dengan harga normal (harga pantas) yaitu 220 juta
Tersisa uang 210 juta yang bisa dipakai untuk kebutuhan yang lain, bisa untuk kebutuhan rumah tangga (belanja, sayur, susu, uang sekolah, uang buku, seragam, pulsa, baju, tas, sepatu,celana dll, makan2 bersama keluarga, beli ini itu.. dll) dan bisa buat bisnis yang lain dan sisanya masih bisa ditabung. Jadi sisa uang 210 juta ini bisa tersebar ke banyak pihak (perputarannya melibatkan banyak orang) akibatny roda ekonomi menjadi lancar.

Jadi kesimpulannya, pemerintah TIDAK INGIN rakyat Indonesia bisa memiliki, menaikin serta menikmati mobil layak dengan harga pantas. Intinya kita ini dijajah bangsa saudara setanah air sendiri, betapa menyakitkannya.

Bila saudara ingin menikmati mobil degan harga normal, mari kompak memboikot pembelian mobil BARU, sampai tercapai harga normal (discount minimal 50% dari harga yg berlaku saat ini ATAU dibawah harga MSRP USA, dengan spesifiaksi dan fitur yg sama). Saya berani jamin bila kita kita semua kompak maka dalam waktu ± 5 tahun, kita akan bisa menikmati memiliki mobil dgn harga pantas.

Semoga wacana ini bisa membuka mata saudaraku sebangsa dan setanah air untuk lebih bijak dalam membeli mobil dan property di Indonesia

Dibawah ini saya sajikan perbandigan harga jual beberapa type mobil yang disukai oleh konsumen Indonesia yang harganya luar biasa super mahal dan mencekik.

ImageImageImage

Baik mobil Camry, Accord, Altis bukanlah mobil mewah seperti yang sudah dipikirkan (ditanamkan) selama ini. Karyawan toko, buruh di USA sana bisa membeli mobil2 ini dalam kurun waktu tidak sampai 1 tahun. Jadi mobil2 ini banyak berseliweran disana, jd bukanlah mewah.
ImageImageImage

Seharusnya sudah bisa naik Mercy... eeeeh...harus puas naik Camry atau Accrod :big_bored:
ImageImageImage

Ini yang paling parah.... Innova mana Kereeen....... anak kecil aja tau...pilih Nissan 370Z donk... :big_love:
Image

Kalau mobil sekelas Camry & Accrod saja sudah tembus 500-700 juta, bisa kebanyang kah mobil seperti ini bila masuk Indonesia jadi berapa ? :big_bored: perkiraan saya tembus 5 Milyar rupiah.... dan gak bakalan masuk Indo :big_biglaugh:
Image Image
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7239
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by newrubble »

nak / dik / mas / mba

idup dinegara miskin itu bagi citizens nya .... bukan bagi tourists ya ...... dimanapun utk items yg dianggap luxury lbh mahal drpd kalo citizens itu dipindahkan ke negara kaya

turunlah dari atap metromini .... bahaya itu n cara pegang megaphone nya terbalik

silakan ke negara sy kalo idup mu mau brubah (tanya yg lain kalo mau tau sy ada dimana) tapi kalo sdh memutuskan u stay di indo .... sy tdk heran ...... majority bgt ..... bahkan punya passport pun mostly mrk blm pernah
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1235
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by mr_mytplx »

Pindah Singapore y om Rubble.

Ups.... harga mobil di singapore kan lebih mahal daripada di indo. wkwkwkwk.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: 09 Nov 2014, 22:35

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by daftar »

trit yang sangat bagus (niat), saya apresiasi deh TS nya.,
Buat saya, harga mobil mahal kan salahsatunya karena Pajak yang berlapis2,, saya sendiri berandai2 jika pengenaan pajak tsb dikurangi tentu uang yang muter di masyarakat akan bisa lebih banyak ketimbang ditangan pemerintah,
saya percaya masyarakat jauh pinter muterin duitnya untuk menggerakkan perekonomian ketimbang uang itu dipegang sama pemerintah,

Contoh, pemprov yang dianggap paling bersih (sorry untuk fanboys) DKI jakarta. 2-3 tahun lalu menggenjot PAD dan Pajak2 jadi hampir 2x lipat dari rezim sebelumnya, pencapaian yang sekilas Wow. Tetapi dari uang yang collected banyak dari rakyat itu ternyata yang terealisasi dalam APBD cuman sedikit sekali (apapun alasannya), ini kan jadi uang yang tidak produktif, gampangnya: Kenapa tarik duit dari masyarakat gede2an kalau uangnya gak diputerin lagi (disimpen sama pemerintah), mending biar uang ada di masyarakat kalo pemerintah ga bisa belanjain.

Sama halnya dengan pajak2 di industri otomoif, buat apa tarik pajak besar2 kalau kondisi Infrastruktur, kualitas BBM, perlindungan konsumen, transportasi publik tidak ada peningkatan, mending uangnya diputerin masyarakat sendiri to?

:big_childish:
:ngacir:
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1513
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by dsign1990 »

wah itu sih bukan salah ATPM nya om
cek deh harga faktur ( khususnya mobil CKD ) masih logis kok
harusnya om teriak2 nya ke menperin , menkeu lalu me Menko nya

lumayan juga ya ada gerakan boikot beli mobil buat nunggu diskon fantastis Honda Dan Toyota ala Proton / Peugeot dapet Mobil NIK 3-4 tahun ke belakang heheheheheehehehe
shoepatu
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 290
Joined: 24 Sep 2014, 22:13

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by shoepatu »

mr_mytplx wrote:Pindah Singapore y om Rubble.

Ups.... harga mobil di singapore kan lebih mahal daripada di indo. wkwkwkwk.
Om rubble di tanah es
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2836
Joined: 17 Aug 2015, 13:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by martinnn »

mobil itu kebutuhan, gimana mau boikot...selama transport masal gak beres :big_bored: :big_bored: :big_bored: :mky_06: :mky_06: :mky_06: :mky_06:
Morv.co.id ( Brand marketing Agency & Production House )
Astha Jaya Indo ( Distributor of NANOLITE LED Lamp, interior and Lighting Designer )

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281288415145
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1039
Joined: 30 Aug 2015, 19:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
Daily Vehicle: Civic FD2

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by fizrmen »

hmmm isi post menarik... tp sy msh gatau tujuannya apa ni ya secara ni TS msh visitor ada potensial kaset rusak, sy skeptis bgt kalo trit beginian
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
stiffler
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 134
Joined: 27 May 2015, 12:07

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by stiffler »

tuh nak, dik, mas, mba, dengerin kata om di atas
enjoy the party aja ya


:ngacir:
narji
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: 15 Mar 2014, 16:36

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by narji »

di Malay juga harga mobil lebih mahal.. baca komen2 di Paultan banyak yg protes..
User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by b8099ok »

newrubble wrote:nak / dik / mas / mba

idup dinegara miskin itu bagi citizens nya .... bukan bagi tourists ya ...... dimanapun utk items yg dianggap luxury lbh mahal drpd kalo citizens itu dipindahkan ke negara kaya

turunlah dari atap metromini .... bahaya itu n cara pegang megaphone nya terbalik

silakan ke negara sy kalo idup mu mau brubah (tanya yg lain kalo mau tau sy ada dimana) tapi kalo sdh memutuskan u stay di indo .... sy tdk heran ...... majority bgt ..... bahkan punya passport pun mostly mrk blm pernah
Om NR, koq tau dia lg diatas metromini? Kyknya td ane liat dia di atas bajaj dah,... Dan keknya megaponnya diemut,... :big_slap:
Tune and drive! :big_love:
b0ku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1159
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by b0ku »

jaman gw kul di singapore jazz 1300cc aja harganya ud 300jtan belom + tetek bengek pajak yg laen waktu itu SGD 5000 :ngacir:

adek gw beli accord taon 2000 di us harganya cuma 2000usd = 20jtan insurancenya sebulan 5jt mau tinggal di us???? :ngacir:
User avatar
b8099ok
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 2794
Joined: 18 Nov 2009, 11:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by b8099ok »

Wih, mbah b0ku belajar resingnya di singapore,... Ngerikkk :ngacir:
Tune and drive! :big_love:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1343
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by iwing »

om udah tau belum rasio hutang negara ini dibanding negara yang om sebutin..?? negara ini masih dalam batas aman lho bahkan jauh lebih aman. negara yang om sebutin itu (misal USA) malah 'agak bahaya'. eh malah oot

btw kalo saya lebih milih harga kebutuhan pokok (perut) yang lebih terjangkau dibanding kebutuhan lain seperti mobil
nflfrs705
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: 06 May 2015, 13:32

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by nflfrs705 »

Yah, beginilah nasib Indonesia sekarang yang dibelit belit dengan pajak ini itu.

Di negara lain mobil hybrid pajaknya dimurahin karena dianggap berkontribusi dlm pelestarian lingkungan (hybrid car makes less emission)
Disini pajaknya justru naik sekian persen karena dianggap punya dua mesin. Kan kurang masuk akal toh

Kalau mau merasakan murahnya mobil, silahkan mampir ke negaranya om NR atau om pos vett

Apalagi di UK: beli mobil second sekelas RX7/3000GT/S2000 bisa dapet seharga Avanza: rata2 sports car second hand disana itu bisa £5000 (rp 100 mil)
Last edited by nflfrs705 on 20 May 2016, 09:30, edited 1 time in total.
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13575
Joined: 29 Nov 2012, 15:52
Location: Surabaya

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by madcat015 »

Hmmm... Salah besar jika dikatakan uang 430jt tsb masuk hanya ke 1 (satu) kantong...

Ane pernah nyebur ke ATPM otomotif... Economic multiplier nya banyak sekali.

Saat mobil di pabrik, bahan baku sudah pake partner lokal. Berapa banyak supplier yg terlibat dalam pembuatan mobil? Puluhan. Masing2 punya karyawan, punya supplier lg...

Saat mobil di diler. Belum apa2 uda keluar duid utk perusahaan transport dan asuransi. Bank jg kecipratan dgn dealer financing. Salon dan tukang poles jg dapat order. Belum perusahaan percetakan.

Saat pameran. Tambah banyak yg menerima duid. Vendor tempat, adv company, SPG agency, dll.

Saat di tangan pembeli? Tempat cuci mobil, aksesoris, pom bensin, tukang parkir, jual jimat, you name it.


Pemikiran hanya 1 pihak yg menerima benefit itu benar2 dangkal.

Yg patut disalahkan adalah adalah pemerintah dgn ketidakbecusan nya mengurus sistem transport lokal, benefit tax payer, iklim bisnis, dll..
Obey the mahakitteh. :big_cat:

Image

Image << Panic button for mere miserable mortals
bediesel77
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 16 Mar 2016, 15:01

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by bediesel77 »

Apresiasi buat TS... :frm_salut:

Emang klo dipikir "keterlaluan" bgt harga2 mobil disini... USA dg purchasing power sedemikian kuat harga mobilnya aja lbh murah dari kita.... :e-wall:

Hrsnya goverment bisa lindungi rakyatnya bkn mlh persulit birokrasi n uber2 tax :big_bored:
Whitevalentine
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: 16 Oct 2013, 22:27

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by Whitevalentine »

Melihat posting2 om NR, kadang terbersit keinginan pindah ke negara maju, tapi kadang juga terfikir, mau kerja apa disana?
Kalo di indo kan sudah ada usaha toko
Kalo ke US pasti jadi employee
Kemajuan atau kemunduran ?
User avatar
Omnibus
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6262
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by Omnibus »

Saya cuma mau bilang...




Welcome to SM.. hope u enjoy ur stay here! :big_peace:




Mengenai harga mobil yg mahal, terima aja utk sementara...(sampai waktu yg tdk terhingga)
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1343
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by iwing »

saya bukan nya gak peduli soal harga mobil ini, cuma memang gak terlalu peduli aja alias cuek. saya justru sangat jengkel sama urusan pajak. ada aja akal-akalan pemerintah ini. pajak ini pajak itu terkait pendapatan :big_slap:

alhasil laporan SPT banyak yang 'diakalin' :mky_01:
kendibocor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 585
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by kendibocor »

Kalo mo banding2in sama negara laen ga bakal ada puasnya. Contoh di UK, harga mbl 2nd setau ane murah bgt. Tp om harus beli lahan parkir sendiri disana yg harganya bahkan bisa lebih mahal drpd mobilnya.
Di indo om parkir pinggir jalan cuman 5000

Selama masih tinggal di indo ya coba puas lah dgn kondisi skrng. Mau beli mobil sesuaikan budget, bukan sesuaikan gengsi, kita mo koar2 apa ga akan berubah regulasi sektor otomotif karena bukan merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Ga pernah jg kan ada demo minta trn harga mobil macem demo sembako.

Atau bener kata om rubble, pindah ke negara yg lebih murah saja harga mblnya
User avatar
PengamatDunia
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 19 May 2016, 22:46

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by PengamatDunia »

daftar wrote:trit yang sangat bagus (niat), saya apresiasi deh TS nya.,
Buat saya, harga mobil mahal kan salahsatunya karena Pajak yang berlapis2,, saya sendiri berandai2 jika pengenaan pajak tsb dikurangi tentu uang yang muter di masyarakat akan bisa lebih banyak ketimbang ditangan pemerintah, saya percaya masyarakat jauh pinter muterin duitnya untuk menggerakkan perekonomian ketimbang uang itu dipegang sama pemerintah,
....................
:big_childish:
Terima kasih atas apresiasinya, Rakayat Indoensia itu memang pintar2 tapi sayangnya tidak berdaya bila menghadapi rezim yg sudah berkuasa mengikat, mengkerdilkan, serta merubah dan menanamkan pola pikir dan mengkotak selama puluhan tahun.
Ironisnya lagi banyak orang pintar dan cerdas yang tidak care karena apa, karena bangsa ini sendiri yang mengkondisikan pola pikir mereka.
dsign1990 wrote:wah itu sih bukan salah ATPM nya om
cek deh harga faktur ( khususnya mobil CKD ) masih logis kok harusnya om teriak2 nya ke menperin , menkeu lalu me Menko nya lumayan juga ya ada gerakan boikot beli mobil buat nunggu diskon fantastis Honda Dan Toyota ala Proton / Peugeot dapet Mobil NIK 3-4 tahun ke belakang heheheheheehehehe
Saya pun pernah bertanya juga masalah ini, jawabannya "harga yang tertulis (faktur) ini di kecilkan supaya pengenaan nilai pajaknya menjadi kecil" tetapi jawaban ini menurut saya adalah [cencored] (mereka bisa menipu rakyat yg tidak jeli)
Coba anda pikir, apakah mereka bisa mengkadali DirjenPAJAK ? apakah BEAcukai tidak tahu harga yang sebenarnya ?
bukankah itu potensial loss bagi pendapatan negara. Dalam tulisan diatas saya sengaja tidak mencatut badan tertentu dan perseorangan, hal itu akan terlihat jelas sendiri bila anda jeli.
Akan tetapi karena anda sudah mencatut dan menjustice maka ijinkan saya memberikan pandangan dalam bentuk

pertanyaan tuk direnungkan
Apakah dalam hal ini ATPM tidak ikut terlibat dalam menikmati keuntungan hasil penjualan yang FANTASTIS.
Apakah ATPM tidak bisa mengajukan perlawanan untuk tidak menyetujui pajak mobil 125% (krn dianggap barang mewah) misal dengan negosiasi bila perlu memberitahukan kepada seluruh rakyat Indonesia akan fakta yang Gila dan sangat mencengankan ini.
Apakah kreteria mobil mewah itu?
martinnn wrote:mobil itu kebutuhan, gimana mau boikot...selama transport masal gak beres :big_bored:

:big_bored: :big_bored: :mky_06: :mky_06: :mky_06: :mky_06:
Naah...sudah molai mikirkan...
Kenapa selama ini Transportasi umum (masal) sengaja dibuat tidak beres dan tidak pernah diberiperhatian untuk dibereskan. coba pikir apakah negara Indonesia baru merdeka tahun lalu ???
Jawabannya jelas karena tujuannya cuman SATU supaya rakyat DIPAKSA membeli mobil atau motor dengan harga yang menCEKIK
fizrmen wrote:hmmm isi post menarik... tp sy msh gatau tujuannya apa ni ya secara ni TS msh visitor ada potensial kaset rusak, sy skeptis bgt kalo trit beginian
Terima kasih atas appresiasinya. mmm saya pun skeptis bila bro fizrmen akan ikut dalam mengkampanyekan (menyuarakan) fakta ini ke masyarakat apalagi turut mem-boikot, jangan2 bro firzmen ikutan menikmati penderitaan saudara sebangsa. :big_think:
Bila teman2 seraya motor jeli, tujuan saya posting ini sudah saya tulis diatas. Ekonomi Indonesia saat ini sudah diambang yang berbahaya karena KESERAKAHAN dan KETAMAKAN segelintir orang (bila pemerintah memberikan fakta yang sebaliknya bhkan mengatakan lebih baik dari Krismon 1997, skali lagi adalah kebohongan & pembodohan publik)
narji wrote:di Malay juga harga mobil lebih mahal.. baca komen2 di Paultan banyak yg protes..
Inilah pola pikir yang ditanamkan rezim, slalu melihat yang lebih buruk.
Di India pun haga Innova juga selangit (tetapi masih lebih murah daripada Indoensia)
Bila ingin suatu yang baik maka mulailah lihat hal2 yang baik
makanya nasihat itu selalu berbunyi "contohlah yang baik" "lihatlah yang berkelakuan baik" dll
Jadi jika bangsa ini ingin benar2 maju dan sejahtera dan makmur, aman sentosa, mulailah melihat dan mencohtoh negara2 maju.
Konyolnya rakyat Indoensia ini telah ditipu oleh wakil2 rakyat yang 'katanya' study banding tapi hasilnya NOL bagi rakyatnya.
iwing wrote:om udah tau belum rasio hutang negara ini dibanding negara yang om sebutin..?? negara ini masih

dalam batas aman lho bahkan jauh lebih aman. negara yang om sebutin itu (misal USA) malah 'agak bahaya'. eh
malah oot btw kalo saya lebih milih harga kebutuhan pokok (perut) yang lebih terjangkau dibanding kebutuhan lain seperti mobil
Inilah salah satu propaganda politik Indonesia yang sudah tertanam, bro iwing salah satu pewaris yang sudah membuktikan diforum ini.
Propaganda ny "Asal bisa makan, cukup sudah..." yang lebih parah "Asal bisa ngerokok, tidak makan tidak apa" Pengusasa Rezim tahu bahkan paham, bahwa yang dibutuhkan rakyat indonesia ini makan dan minum saja.
Selama kebutuhan itu tercukupi tidak akan terjadi revolusi (baca:perbaikan)
Rezim ini pun sadar.., bila cuman dikasi makan tok, lama2 rakyat juga bosen, lalu mulailah dimasukan mainan,
tidak lain yaitu Gadget, jadi habis kenyang rakyatnya bisa bermain, kalau capai ya tidur, lalu bangun, makan lagi :D. Inilah mental dan pola pikir peMALAS yang mengHANCURKan yang sengaja ditanamkan Rezim ini.

Benar, Negara Indoensia pun dibangun dari hutang akan tetapi bedanya Indonesia hanya memakai hanya sebagian kecil (katakanlah 5%) sisanya dibuat untuk kepentingan kekakyaan penguasa, hasilnya sudah barang tentu anda liat dan nikmati sekarang ini. Sementara USA menggunakan jauh lebih banyak Ratio hutang bukanlah tolok ukur mutlak makmur tidaknya suatu bangsa. bro sendiri yang notabene org awam saja bisa menilai berbahaya, apakah bro pikir Pejabat yang duduk di pemerintahan tidak bisa melihat itu bahkan lebih dalam, namun ironisnya saat USA tahu bahwa membutuh dana besar untuk membayar hutang, Pejabat RI dgn sekena udelnya sendiri 'membagi'kan emas nya (freeport) dan emas hitamnya (blok cepu) padahal itu aset kekayaan dan milik rakyat Indonesia.
User avatar
PengamatDunia
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 19 May 2016, 22:46

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by PengamatDunia »

madcat015 wrote:Hmmm... Salah besar jika dikatakan uang 430jt tsb masuk hanya ke 1 (satu) kantong...

Ane pernah nyebur ke ATPM otomotif... Economic multiplier nya banyak sekali.

Saat mobil di pabrik, bahan baku sudah pake partner lokal. Berapa banyak supplier yg terlibat dalam pembuatan mobil? Puluhan. Masing2 punya karyawan, punya supplier lg...

Saat mobil di diler. Belum apa2 uda keluar duid utk perusahaan transport dan asuransi. Bank jg kecipratan dgn dealer financing. Salon dan tukang poles jg dapat order. Belum perusahaan percetakan.

Saat pameran. Tambah banyak yg menerima duid. Vendor tempat, adv company, SPG agency, dll.

Saat di tangan pembeli? Tempat cuci mobil, aksesoris, pom bensin, tukang parkir, jual jimat, you name it.


Pemikiran hanya 1 pihak yg menerima benefit itu benar2 dangkal.

Yg patut disalahkan adalah adalah pemerintah dgn ketidakbecusan nya mengurus sistem transport lokal, benefit tax payer, iklim bisnis, dll..
Hallo Bro madcat, disini saya tidak mencari pembenaran, disini saya hanya mengungkapkan kebenaran fakta2 di dunia.
jadi yang saya maksud 430 juta masuk kekantong satu orang ya jangan di telan bulat2 sperti masuk ke kantong pak BOS tetapi lebih kepada selisih prosentase harga yang besar. Maka nya saya memberi penjelasan dengan gambaran dibawahnya bila harga innova NOMALnya 220 juta saja vs 430 juta dimana diasumsikan semua yang bro madcat bilang tadi berlaku pula untuk Innova yang 220 juta, masih tersisa 210 juta. Semoga penjelasan singkat ini bisa memuaskan :big_smile]
spartacus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: 13 Jan 2016, 10:26

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by spartacus »

setuju sama om @madcat015 yang intinya, harga mobil jadi mahal karena faktor produksi (manpower, assembly, parts outsource, dsb) + keuntungan bisnis + marketing cost (riset perilaku konsumen + iklan + event promosi) + pajak (mobil masih dianggap barang mewah, kecuali mobil2 LCGC) + brand value (immeasurable, tergantung perusahaannya mau menetapkan value ini kaya gimana dan berapa).

Kalau mau dibawa ke arah politik, mungkin benar juga kemauan politik untuk buat kebijakan soal harga mobil belum terlalu keliatan, Tapi gimana jadinya kalau kebijakan pembelian mobil dibuat kaya sing? Kalau mau beli mobil mesti ada COE yang harganya bisa 500an juta dan harga mobilnya dinaikan lebih tinggi dari sekarang? Karena kalau soal transportasi, concern yang jadi sorotan kan jumlah pertumbuhan mobil/motor yang gak sebanding dengan pertumbuhan jalan. Bisa aja kebijakannya kearah situ, tujuan TS malah gak tercapai.

Namuuuunn, misalnya nih misalnya rencana TS berhasil, 5 tahun terjadi boikot pembelian mobil baru (entah gimana ceritanya). Terus penjualan mobil jadi lesu, apakah pasti harganya diturunkan sampai level yang TS mau? setengahnya misalnya?

Belum tentu. Yang ada malah pengurangan pegawai dan pemutusan rantai suplai dari supplier parts/assembly.

Atau, kalau saya mencoba untuk optimis, bisa saja jadi banyak diskon di harga mobil atau harga parts (ini sih yang penting juga, biar cost of ownership jadi turun). Ini sepertinya sekarang lebih relevan, keadaan ekonomi sekarang kan membuat daya beli masyarakat menurun, makanya beberapa produsen banyak program diskon.

Atau penambahan lini baru mobil yang harganya lebih rendah. Ini masalah strategi sih, kalau Innova diturunkan harganya setengahnya, ada efek dimana orang berpikir bahwa Innova produk gak laku dan sangat overpriced yang imbas ke brandnya toyota juga. Jadi mending kasih lini produk baru dan Innova tetap premium. Mungkin om2 yang lebih ahli di bidang ekonomi bisa koreksi kalau saya salah ya, ini soalnya dulu dijelasin juga sama temen2 ekonomi dan marketing hahaha
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 490
Joined: 26 Aug 2013, 12:50

Re: Membongkar Kebohongan Harga Mobil di Indonesia

Post by patrickstar »

Urip iku sajatine mung sawang-sinawang
Santai dijalan, nikmati hidup.
Post Reply