Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Pugman »

Menurut saya kalau ada tol, justru drivernya yang kuat atau tidak dan harus jaga stamina. Saya pernah Purworejo - Jakarta hanya 10 jam termasuk istirahat 1 jam. Waktu itu tol Cipali masih dibangun jadi lewat Pantura. Waktu itu saya berangkat jam 3 sore smp jakarta jam 1 malam jadi cikampek sampai jakarta bisa cruising di 130 - 150. Menurut saya pemilihan waktu perjalanan juga penting.

Malah saya pernah Jakarta - Pati PP tol Cipali jg blm ada, dari Jakarta tuh mobil udah jalan dari jam 4 pagi antar sodara ke bandara-cijantung habis itu ke atrium senen, jam 4 sore dari senen bablas ke Pati, sampai Pati jam 5 pagi, tidur bentar, sarapan, cuci mobil hbs itu jam 9 pagi balik jakarta lagi, padahal waktu itu motor starter lg problem kadang bisa kadang nggak, jadi mesin itu ga pernah mati. Kalau terpaksa matiin mesin, cari tempat lega, jadi kalau starter ngadat tinggal dorong..hehe inilah enaknya mobil manual.

:big_slap:
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by edward »

Betul,yg harus di kuatirkan ternyata bukan mobilnya-tapi driver nya.
Pengalaman saya kemaren balik dr jawa timur,pas nyampe brebes dan masuk tol cipali udah keburu malam ..dan sepanjang cipali yg lengang malah ngantuk banget..jadinya tiap kali ketemu rest area langsung mlipir,nglurusin kaki,cuci muka dan tancap lagi--dan kadang saking ngantuknya malah tidur dulu di rest area smb pasang alarm 30 mnt-45mnt biar ga kebablasan..
alhasil dari madiun jam 8pagi-nyampe bogor jam 3dini hari krn kebanyakan mampir rest area-bahkan sempat tdr dulu di rest area cibubur hahaha

Tol yg panjang baik rame macet maupun yg sepi dan lengang sama2 punya potensi membosankan dan membahayakan bagi pengemudi yg ngantuk...

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
anrico17
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
Location: Laptop dan Rumah
Daily Vehicle: Disetirin

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by anrico17 »

Ortu baru aj balik dari tur keliling europ (ane tak ikut, lg jdi maba), ktny disana supir bus (ataupun truk) wajib berenti di rest area kalo udh jalan 2 jem nonstop... Dan sehari cuma boleh drive 10 jem (alias 5 shift nyetir) istirahat nya pun mesti brp menit gt gk boleh asal ke toilet 5 menit trs jalan lg.... Ktny kyk ada timerny gt yng nyambung entah kemana jdi gk bisa boong...

Kalo disini, yah sopir bus kalo masih melek jalan terus... Asal dia gk laper ato gk kebelet...

Bagi yng pernah ke erop ato tinggal disana, mungkin bisa jelasin lbh dalem?
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat

L15Z6, 4N15
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: RE: Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Koddy »

anrico17 wrote:Ortu baru aj balik dari tur keliling europ (ane tak ikut, lg jdi maba), ktny disana supir bus (ataupun truk) wajib berenti di rest area kalo udh jalan 2 jem nonstop... Dan sehari cuma boleh drive 10 jem (alias 5 shift nyetir) istirahat nya pun mesti brp menit gt gk boleh asal ke toilet 5 menit trs jalan lg.... Ktny kyk ada timerny gt yng nyambung entah kemana jdi gk bisa boong...

Kalo disini, yah sopir bus kalo masih melek jalan terus... Asal dia gk laper ato gk kebelet...

Bagi yng pernah ke erop ato tinggal disana, mungkin bisa jelasin lbh dalem?
Dibalik setirnya ada kaya chart buat rekam speed dan waktu yang digunakan selama bus itu dipake jalan. Itu harus dipasang dan tiap hari dipake diganti oleh drivernya. Karena kalau ada pemeriksaan, driver punya data itu sebagai data dia melanggar atau tidak. Jadi kelihatan juga kalau driver ngebut diatas 100 ada data yang ga bisa dia elakkan. Dan 1 bus tanggung jawab 1 driver. Kalau disini? Sopir 1, kenek 1, sopir cadangan 1, sopir tembak 1 [emoji13]
Yang paling penting, itu bus dan truck harus di lane paling kiri dan speed harus diatas 60km/h. Realitanya? Cek aja sendiri pas tanjakan Cipularang atau tol Gombel.... ngeden 30-40km/h [emoji29] Pelan itu membahayakan dan pasti overload muatan, tapi kenapa cuma yang speeding yang dirazia? Padahal lebih mudah menindak yang terlalu pelan, cukup paksa buang aja muatannya.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by sintoni »

Pugman wrote:Menurut saya kalau ada tol, justru drivernya yang kuat atau tidak dan harus jaga stamina. Saya pernah Purworejo - Jakarta hanya 10 jam termasuk istirahat 1 jam. Waktu itu tol Cipali masih dibangun jadi lewat Pantura. Waktu itu saya berangkat jam 3 sore smp jakarta jam 1 malam jadi cikampek sampai jakarta bisa cruising di 130 - 150. Menurut saya pemilihan waktu perjalanan juga penting.

Malah saya pernah Jakarta - Pati PP tol Cipali jg blm ada, dari Jakarta tuh mobil udah jalan dari jam 4 pagi antar sodara ke bandara-cijantung habis itu ke atrium senen, jam 4 sore dari senen bablas ke Pati, sampai Pati jam 5 pagi, tidur bentar, sarapan, cuci mobil hbs itu jam 9 pagi balik jakarta lagi, padahal waktu itu motor starter lg problem kadang bisa kadang nggak, jadi mesin itu ga pernah mati. Kalau terpaksa matiin mesin, cari tempat lega, jadi kalau starter ngadat tinggal dorong..hehe inilah enaknya mobil manual.

:big_slap:
Heh, jadi dari jam 4 subuh antar sodara ke airport sampe besoknya balik jakarta mesin mobil sama sekali ga mati om?

Kalah2in le mans 24 jam sih. Wkwkwkwk.
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Mamang555 »

Enak sekarang tol sudah tembus sampai Brebes timur. Keluar dikit belok kanan udah kelihatan Tegal
Andai tol udah nembus ke Semarang, wah enak banget tuh. Sampe sono dari Jakarta kalo lancar bisa 6-7 jam aja.

Saya juga baru aja mudik libur idul adha kemarin ke Malang
Dan baru kali itu jalan non stop langsung ke TKP. Selama ini biasanya stop dulu di Jateng (semarang biasanya) untuk nginep istirahat
Berangkat masih seminggu sebelum hari H, estimasi saya jalanan kosong. Ehh macet parah 4 jam di Cikarang karena ada kecelakaan.
Padahal berangkat jam setengah 2 dini hari
Tapi tembus juga sih ke Surabaya sekitar 20 jam. Lepas CIkarang sampe brexit lancar jaya
Baliknya juga sekitar 20 jam tapi sudah start dari Malang

Istirahat lumayan banyak tapi rata2 hanya 5-10 menit (toilet dan basuh muka aja)
Istirahat yang agak lama sekitar 2x (sarapan pagi dan makan siang menjelang sore sekalian shalat)
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Pugman »

sintoni wrote:
Pugman wrote:Menurut saya kalau ada tol, justru drivernya yang kuat atau tidak dan harus jaga stamina. Saya pernah Purworejo - Jakarta hanya 10 jam termasuk istirahat 1 jam. Waktu itu tol Cipali masih dibangun jadi lewat Pantura. Waktu itu saya berangkat jam 3 sore smp jakarta jam 1 malam jadi cikampek sampai jakarta bisa cruising di 130 - 150. Menurut saya pemilihan waktu perjalanan juga penting.

Malah saya pernah Jakarta - Pati PP tol Cipali jg blm ada, dari Jakarta tuh mobil udah jalan dari jam 4 pagi antar sodara ke bandara-cijantung habis itu ke atrium senen, jam 4 sore dari senen bablas ke Pati, sampai Pati jam 5 pagi, tidur bentar, sarapan, cuci mobil hbs itu jam 9 pagi balik jakarta lagi, padahal waktu itu motor starter lg problem kadang bisa kadang nggak, jadi mesin itu ga pernah mati. Kalau terpaksa matiin mesin, cari tempat lega, jadi kalau starter ngadat tinggal dorong..hehe inilah enaknya mobil manual.

:big_slap:
Heh, jadi dari jam 4 subuh antar sodara ke airport sampe besoknya balik jakarta mesin mobil sama sekali ga mati om?

Kalah2in le mans 24 jam sih. Wkwkwkwk.
Bukan Om, itu starter kadang bisa, kadang ga bisa.. Nah pas dijakarta aman2 aja, ketahuan itu pas sampe semarang isi bensin, ga mau di start. Saya kira Aki, ternyata dijumper pake aki mobil lain ga hidup, fix ini mah motor starternya..
:big_dunno:
Yowes semarang-Pati ga mati mesin, sampe Pati di rumah Om cari parkir yang lega biar bisa dorong.. Nah dari Pati-jakarta yang mesin ga mati tapi Kalo berhenti kap mesin dibuka, sugesti aja biar agak dingin hahaha... :frm_bang_head:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Pugman »

edward wrote:Betul,yg harus di kuatirkan ternyata bukan mobilnya-tapi driver nya.
Pengalaman saya kemaren balik dr jawa timur,pas nyampe brebes dan masuk tol cipali udah keburu malam ..dan sepanjang cipali yg lengang malah ngantuk banget..jadinya tiap kali ketemu rest area langsung mlipir,nglurusin kaki,cuci muka dan tancap lagi--dan kadang saking ngantuknya malah tidur dulu di rest area smb pasang alarm 30 mnt-45mnt biar ga kebablasan..
alhasil dari madiun jam 8pagi-nyampe bogor jam 3dini hari krn kebanyakan mampir rest area-bahkan sempat tdr dulu di rest area cibubur hahaha

Tol yg panjang baik rame macet maupun yg sepi dan lengang sama2 punya potensi membosankan dan membahayakan bagi pengemudi yg ngantuk...
Yang bikin ga ngantuk itu Kalo ada yang bisa diajak jogging ya Om...? Hahaha...
:big_peace:
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by paidjho »

Bicara masalah ngantuk, saya paling gak tahan saat nyetir di tol jam 2-3 sore & jam 1-4 pagi... Tiap orang bisa beda2 sih...

Image
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by edward »

Pugman wrote:
edward wrote:Betul,yg harus di kuatirkan ternyata bukan mobilnya-tapi driver nya.
Pengalaman saya kemaren balik dr jawa timur,pas nyampe brebes dan masuk tol cipali udah keburu malam ..dan sepanjang cipali yg lengang malah ngantuk banget..jadinya tiap kali ketemu rest area langsung mlipir,nglurusin kaki,cuci muka dan tancap lagi--dan kadang saking ngantuknya malah tidur dulu di rest area smb pasang alarm 30 mnt-45mnt biar ga kebablasan..
alhasil dari madiun jam 8pagi-nyampe bogor jam 3dini hari krn kebanyakan mampir rest area-bahkan sempat tdr dulu di rest area cibubur hahaha

Tol yg panjang baik rame macet maupun yg sepi dan lengang sama2 punya potensi membosankan dan membahayakan bagi pengemudi yg ngantuk...
Yang bikin ga ngantuk itu Kalo ada yang bisa diajak jogging ya Om...? Hahaha...
:big_peace:
Nganu..
sama kayak om F272 itu..klo keluar kota saya seringnya di temani ama sekretaris pribadi hehehe
Ga cuma bisa diajak jogging,tapi juga bisa disuruh nabokin pipi kalo lagi merasa ngantuk pas nyetir .. :wkkk:

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by daftar »

dieselman228 wrote:kemarn long wiken, pake mobil perang ipah d4d manual, di cipali sampe keluar pejagan panteng 100-120 km/jam nah kalau di manual krn rasio giginya amburadul jadi ini udah di 3000-3500 batasnya 4300..udah tinggi dan di tahan sekitar 2-3 jam...begitu keluar pejagan, mobil berasa enteng...jadi sepertinya aman" sj kalau kondisi mobil sehat baik modif atau standar...lari kencang, sirkulasi panas lancar, anginnya seger... :mky_07:
saya juga gatau kenapa mobil yang suka digeber2 di RPM tinggi tarikan jadi enteng ya, apa rpm tinggi membuat pembakaran jadi lebih panas & membakar karbon2 yg ada di mesin ya (jadi mirip habis di carbon clean gitu) :big_think:
:ngacir:
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by edward »

Makanya di sebut "Italian Tune Up" dg di geber di jalan kosong-lbh murah drpd carbon clean..hehehe

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7367
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by newrubble »

sy percaya kalo tollroad sdh dr ujung ke ujung malah smua macet krn tiap pinggir jalan yg di lewatin pasti abis di bikin real estate residential maupun offices n shop.mall ....

arterial road di samping kiri kanan akan warna warna ijo biru merah (angkot)

sy yakin tdk ada yg bs overspeed
rudyzanetti
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Oct 13, 2015 18:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by rudyzanetti »

drivernya lah yg pasti ancur... apalagi kalo emg tol terus2an.
tol emg enak bikin waktu tempuh singkat. tapi bosennya itu lho... :mky_05:
pengalaman pribadi kl liburan sering pulkam. jogja-bandar jaya lampung tengah. nyupir sendirian. kl normal bs tembus kurang dr 24 jam.
jalur pasti ambil jalur selatan. jogja- cileunyi sih masih seger. tp stelah masuk tol dalkot jkt ampe merak mulai kerasa remuk nih badan gara2 bosen.
mungkin capeknya lebih berasa kali ya kl kegiatan pas nyetirnya monoton. :mky_01:
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by dieselman228 »

daftar wrote:
dieselman228 wrote:kemarn long wiken, pake mobil perang ipah d4d manual, di cipali sampe keluar pejagan panteng 100-120 km/jam nah kalau di manual krn rasio giginya amburadul jadi ini udah di 3000-3500 batasnya 4300..udah tinggi dan di tahan sekitar 2-3 jam...begitu keluar pejagan, mobil berasa enteng...jadi sepertinya aman" sj kalau kondisi mobil sehat baik modif atau standar...lari kencang, sirkulasi panas lancar, anginnya seger... :mky_07:
saya juga gatau kenapa mobil yang suka digeber2 di RPM tinggi tarikan jadi enteng ya, apa rpm tinggi membuat pembakaran jadi lebih panas & membakar karbon2 yg ada di mesin ya (jadi mirip habis di carbon clean gitu) :big_think:

bisa jadi om, dan kalau rpm tinggi itu hasil pembakaran ga sempet nempel di top piston udah keburu keluar imho :wkkk: :wkkk:
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ransyah1234 »

Mamang555 wrote: Padahal berangkat jam setengah 2 dini hari
Tapi tembus juga sih ke Surabaya sekitar 20 jam. Lepas CIkarang sampe brexit lancar jaya
Baliknya juga sekitar 20 jam tapi sudah start dari Malang

Istirahat lumayan banyak tapi rata2 hanya 5-10 menit (toilet dan basuh muka aja)
Istirahat yang agak lama sekitar 2x (sarapan pagi dan makan siang menjelang sore sekalian shalat)
Dulu circa 2006 kalau naik kramat djati berangkat dari malang jam 13.30 sampai di bandung jam 5.30an (16 jam)..itu udah lewat stpdn jatinangor yg jalannya kelok2

Saya bingung sampe sekarang..dulu ga ada tol cipali..bis juga ga kenceng2 amat (selalu disusulin pahala kencana n lorena malang-bdg yg berangkat lebih telat di daerah lamongan tepi laut) kok bisa secepet itu ya.

Saya berulang kali jakarta malang nyetir sendiri saya hitung effective time (minus berhenti2 istirahat) 17-18 jam lho

Apa ini artinya jalanan makin macet parah jadi avg speed bis jaman dulu lebih kenceng daripada saya bawa mobil sendiri?

Well..ga apple to apple sih..atau ada yang tau jkt-malang or bdg-malang naik bis skrg berapa lama?
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by grandscenic »

Jika judulnya digeber terus menerus, maksudnya non stop kali ya.. bukan berarti ngebut2an.
Ada yg tau sudah berapa kilometer jalan tol di Indonesia yg sudah tersambung,, sudah lebih dari 500km?
Klo TS nya bilang qta bahas Mobil nya, udah banyak yg sharing pengalamannya dg mobilnya selama balasan atau puluhan jam, dan Mobil2 keliatan skrg sudah relatif jauh lebih baik.. yg penting terawat.

Klo saya pribadi, klopun jalan tol sudah tersambung dr Merak sampe ujung jawa Timur, atau 'mungkin' dr lampung sampe bali.. saya sudah gak antusias untuk bawa Mobil, utk jarak yg terlalu jauh.. saya lebih pilih naik transportasi umum, pesawat atau kereta, nanti di Kota Tujuan sewa Mobil saja.
Mungkin bagi sebagian orang, driving jarak jauh adalah hal yg menyenangkan, saya skrg ini msh antusias utk driving paling jarak sekitar 250km.. itupun sudah PP.. he he.
Etme Bulma Dünyası
DLM1392
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Fri Sep 23, 2016 4:38

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by DLM1392 »

slapnuts wrote:
limaues wrote:
iwidiyanto wrote:Setahu saya jalan toll yang banyak lampu hanya di wilayah dalam kota, Jagorawi saja gelap kok, lampu2 jalan hanya di deket2 gerbang toll saja.
iya juga, di negara tetangga KL-Johor juga minim penerangan, padahal tol 300++km. dan lumayan sepi jalan nya..

hehehe jadi inget diatas ada yg bilang "jalan nya lagi aja yg salah" :mky_02:
Karena memang di peraturannya untuk jalan tol luar kota tidak mengharuskan penerangan di semua tempat kecuali Simpang Susun, Gerbang Tol dll berbeda dengan Tol Dalam Kota yang wajib full penerangan.

Kalau sudah biasa driving jalan luar kota pasti ga terlalu kaget, toh juga jalan tol cikampek banyak beberapa titik yang tanpa penerangan hanya terbantu dengan cahaya karena aktivitas sekitarnya (pabrik, rumah dll), berlaku juga untuk tol Palikanci, Tol Pejagan-Kanci, Semarang-Bawen hanya di daerah tertentu saja penerangan diberikan. Tol Cipali terlihat sangat gelap karena daerah sekitar kebanyakan masih hutan dan tak ada kegiatan manusia. Maka sering heran dengan orang-orang yang protes tol cipali gelap dsb karena mereka jarang cruising luar kota dan menganggap semua tol luar kota harus seterang tol dalam kota :big_think:

Jangankan cipali, purbaleunyi dari ic buahbatu sampai gerbang tol cileunyi PJU cuma ada di sekitaran KM 149-151 :mky_07: :mky_07:
DLM1392
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Fri Sep 23, 2016 4:38

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by DLM1392 »

adty wrote:
iwidiyanto wrote:sy h-1, depok ke jogja 14 jam pake brenti2 krn bw kluarga, start jm 6 pagi, sampai rmh sleman jogja 19.45. jagorawi-jorr-japek-cipali exit kertajati - kadipaten - majqlengka - cikijing - ciamis - banjar - cilacap -jalur daendels - wates - slemaj
Jalur daendels pantai selatan om? Situasi skrg masih sepi dan jalannya masih hancur ga om?



Waktu lewat sana mei kemarin hancur iya, tapi udah rame (banyakan bis) :mky_07:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting »

ransyah1234 wrote:
Mamang555 wrote: Padahal berangkat jam setengah 2 dini hari
Tapi tembus juga sih ke Surabaya sekitar 20 jam. Lepas CIkarang sampe brexit lancar jaya
Baliknya juga sekitar 20 jam tapi sudah start dari Malang

Istirahat lumayan banyak tapi rata2 hanya 5-10 menit (toilet dan basuh muka aja)
Istirahat yang agak lama sekitar 2x (sarapan pagi dan makan siang menjelang sore sekalian shalat)
Dulu circa 2006 kalau naik kramat djati berangkat dari malang jam 13.30 sampai di bandung jam 5.30an (16 jam)..itu udah lewat stpdn jatinangor yg jalannya kelok2

Saya bingung sampe sekarang..dulu ga ada tol cipali..bis juga ga kenceng2 amat (selalu disusulin pahala kencana n lorena malang-bdg yg berangkat lebih telat di daerah lamongan tepi laut) kok bisa secepet itu ya.

Saya berulang kali jakarta malang nyetir sendiri saya hitung effective time (minus berhenti2 istirahat) 17-18 jam lho

Apa ini artinya jalanan makin macet parah jadi avg speed bis jaman dulu lebih kenceng daripada saya bawa mobil sendiri?

Well..ga apple to apple sih..atau ada yang tau jkt-malang or bdg-malang naik bis skrg berapa lama?
Karena LALU LINTAS berubah pesat tiap tahun oom...

Tahukah anda bahwa REKOR ngebut dari Jakarta ke Surabaya naek Motor itu belum terpecahkan dari 1932 sampai sekarang ???

Rekor touring motor Jakarta – Surabaya via Bandung tercatat atas nama Gerrit de Raadt yang berhasil menempuh jarak 845 km dalam waktu 10 jam 1 menit pada tanggal 18 Agustus 1932. Harus lewat Bandung mungkin karena satu-satunya jalur yang bisa dilalui adalah jalan Daendels.

Terserah katau orang sdh ada sekarang motor kencang spt Ninja RR, Versys, Yamaha Moge, dll..
BUktinya belum ada yang bisa pecahin itu rekor kecuali jalanan ditutup dulu.

Ini beritanya :



Ternyata Rekor Waktu Tempuh Jakarta-Surabaya Naik Motor Belum Terpecahkan Sejak 1932
Diposkan Oleh:Redaksi 2 0 Komentar

LAMPUNG7NEWS
Lampung7News | Kalau anda termasuk orang yang punya hobby touring sepeda motor, saya punya dua pertanyaan: berapa kilometer jarak terjauh anda dan berapa lama perjalanan itu ditempuh?

OK, apapun jawabanmu saya menantang anda untuk menempuh Jakarta – Surabaya dalam waktu 10 jam. Mampu? Dengan kondisi infrastruktur dan kepadatan lalu lintas saat ini, saya kok pesimis ya. Hampir mustahil.

Kenapa sih nantang 10 jam? Dalam sejarah Angka ini berdasarkan satu-satunya rekor yang pernah saya baca. Yup! sepanjang pengetahuan saya, rekor touring motor Jakarta – Surabaya via Bandung tercatat atas nama Gerrit de Raadt yang berhasil menempuh jarak 845 km dalam waktu 10 jam 1 menit pada tanggal 18 Agustus 1932. Harus lewat Bandung mungkin karena satu-satunya jalur yang bisa dilalui adalah jalan Daendels.
Kalau kita bagi jarak dengan waktu tempuh, de Raadt berhasil mencapai kecepatan rata-rata sekitar 84,5 km/jam. Gila juga ya. Rata-rata lho itu. Bener-bener perlu stamina dan motor yang prima.

Kalau ditelisik lebih jauh, dari catatan yang ada, ternyata memang ada semacam perlombaan rekor waktu tempuh Batavia – Soerabaja di awal abad ke-20. Gerrit de Raadt memulai kompetisi ini dengan mengumumkan rekor 20 jam 45 menit di atas motor Reading Standard. Sepuluh hari setelahnya, Frits Sluijmers dan Wim Wygchel yang secara bergantian menunggangi motor Excelsior memperbaiki rekor dengan catatan waktu 20 jam 24 menit. (Red)
Sumber : anginlalu.com
BERITA LAINNYA :
Bachtiar Basri menyerahan KUA dan PPAS kepada Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedy Afrizal.
2016 APBD PROVINSI LAMPUNG NAIK 13.71 PERSEN
Posted: 11/11/2015
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1056
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by michaelgiri93 »

Imho kalo lewat tol mau 500 km selama bawanya stabil di kecepatan 100-120 dan pakenya gigi tinggi saya rasa gak ada masalah, kan kalo jalan kecepatan segitu mesin temperatur stabil karena dapet sirkulasi udara yang stabil, konsumsi bbm pasti lebih ngirit, kaki2 pun gak jadi masalah karena setau saya tol jalannya gak ada tembel2an
Kalo kecepatan cruising gak ada akselerasi ekstrim, rem ekstrim, gak nikung macam di sirkuit, ban dan rem pun pasti aman2 aja
Kalo mobil yang emang dirancang untuk cruising saya rasa gak ada masalah, macam papanza cenia ke atas, sedan, bahkan city car dan lcgc pun kayaknya masi oke2 aja kalo cuma lari 100 120, namun mobil yang gak bisa di ajak stabil kecepatan tinggi itu yang jadi masalah
Contoh: suzuki carry 1.0 yg karbu, saya pernah bawa ke 120 ngos2an apalagi kalo pake ac, beh parah banget, stir gak stabil, jarak bebasnya istimewa sekali, tapi entah kalo mobil itu gak sehat ya..
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
boostedgang
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: Fri Sep 30, 2016 1:26

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by boostedgang »

Turboman wrote:Utk mobil2 yg maticnya 5 AT / lebih akan sgt terasa benefitnya saat long haul trip

Spt ANKI Desel matic......lari 120, RPM cuman 2000

jadi santai bgt
VNT 4AT juga 100kmh cmn 1800rpm :mky_02:
dooweeqee
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Wed Oct 05, 2016 7:57

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by dooweeqee »

Klo ayla, karimun estilo,, 100 kpj udah mentok, rasanya udah kyk terbang tuh mobil
Tapi kalo aveo, 135 kpj senyap banget, cuma butuh spooring aja,,
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by coklatMetalik »

Toyota K Series

120kmpj = 3500 RPM @ gear 5
:mky_06:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
satrialiar69
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 322
Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by satrialiar69 »

edward wrote:
Pugman wrote:
edward wrote:Betul,yg harus di kuatirkan ternyata bukan mobilnya-tapi driver nya.
Pengalaman saya kemaren balik dr jawa timur,pas nyampe brebes dan masuk tol cipali udah keburu malam ..dan sepanjang cipali yg lengang malah ngantuk banget..jadinya tiap kali ketemu rest area langsung mlipir,nglurusin kaki,cuci muka dan tancap lagi--dan kadang saking ngantuknya malah tidur dulu di rest area smb pasang alarm 30 mnt-45mnt biar ga kebablasan..
alhasil dari madiun jam 8pagi-nyampe bogor jam 3dini hari krn kebanyakan mampir rest area-bahkan sempat tdr dulu di rest area cibubur hahaha

Tol yg panjang baik rame macet maupun yg sepi dan lengang sama2 punya potensi membosankan dan membahayakan bagi pengemudi yg ngantuk...
Yang bikin ga ngantuk itu Kalo ada yang bisa diajak jogging ya Om...? Hahaha...
:big_peace:
Nganu..
sama kayak om F272 itu..klo keluar kota saya seringnya di temani ama sekretaris pribadi hehehe
Ga cuma bisa diajak jogging,tapi juga bisa disuruh nabokin pipi kalo lagi merasa ngantuk pas nyetir .. :wkkk:
sama nih kalo saya sedang trip sama istri.
kalo ngantuk saya selalu minta ditabokin pipi saya
:big_slap:

pas ketemu rest area, wajib singgah sebentar