Serba Serbi Ban Part 2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
k4sus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 18 Sep 2012, 18:56

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by k4sus » 22 Aug 2019, 07:48

DOHC wrote:
20 Aug 2019, 18:25
k4sus wrote:
20 Aug 2019, 06:24
skult wrote:
12 Aug 2019, 11:36
Halo om2, minta saran ban hrv 1.8.. Udh 3 tahun 80k km, pgn ban yg lbh silent dr oem.. Google2 ketemu michelin primacy 4.. Ada kah yg lbh baik di price point sgt?
Hankook S1 Noble 2 pun bagus.. Empuk dan senyap.
Harganya 1jtan

Cuma yg perlu diperhatikan, di ban hankook ini untuk type tertentu side wall nya hanya 1 ply. Agak riskan kalau untuk dipakai untuk mobil yg sering bawa barang berat.
Ane pake ini noble s2 di hrv ane, kekurangan nya cuman satu, cepet abis kembang nya jalan 50 rebu aj ud ampir kena TWI sisa nya sehh ok
Bener, ban ini relative lebih cepet botak.
Tapi prinsip ane sih, setiap 3 tahun atau 4 tahun ganti ban karena lewat dari itu sangat riskan kecepatan tinggi di tol.
Jadi selama bisa bertahan di 3-4 tahun buat ane gak masalah.

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 840
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by evanbngdor » 22 Aug 2019, 09:00

Givrun wrote:
21 Aug 2019, 22:16
evanbngdor wrote:
21 Aug 2019, 09:45

Kalau untuk kondisi kalimantan mungkin om bisa pertimbangkan ukuran 215/60R17, biasanya ukuran itu emang seri-seri nya ban SUV, kayak BS Dueler, Savero SUV juga ada ukuran itu deh kayaknya Om
bsa pake 215/60r17 ya ? Per msh standard
Bisa om, 235/55R17 jg masih masuk kok, asal diatur aja setelah spooringnya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

MSU
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by MSU » 22 Aug 2019, 09:04

kebetulan dalam waktu dekat mau gantikan ban kijang efi..
sebelumnya pake Dunlop SP touring T1..cuma ternyata udah ga diproduksi lagi...skrg ada-nya SP touring R1
mungkin ada review yang pernah pake ban ini?
mobil dipake sehari2 ama bini..sekali2 dipake keluar kota via tol

farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1110
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by farizfsa » 22 Aug 2019, 10:18

k4sus wrote:
22 Aug 2019, 07:48
DOHC wrote:
20 Aug 2019, 18:25
k4sus wrote:
20 Aug 2019, 06:24


Hankook S1 Noble 2 pun bagus.. Empuk dan senyap.
Harganya 1jtan

Cuma yg perlu diperhatikan, di ban hankook ini untuk type tertentu side wall nya hanya 1 ply. Agak riskan kalau untuk dipakai untuk mobil yg sering bawa barang berat.
Ane pake ini noble s2 di hrv ane, kekurangan nya cuman satu, cepet abis kembang nya jalan 50 rebu aj ud ampir kena TWI sisa nya sehh ok
Bener, ban ini relative lebih cepet botak.
Tapi prinsip ane sih, setiap 3 tahun atau 4 tahun ganti ban karena lewat dari itu sangat riskan kecepatan tinggi di tol.
Jadi selama bisa bertahan di 3-4 tahun buat ane gak masalah.
ane pake hankook ventus noble s2 ini udh 2x, satu di C200 satu di 520d so far blm kecewa sama ban ini, dari segi harga dan kualitas. empuk, senyap dan cukup nge grip.

kalo 50rb udh kena twi ya nurut ane mayan lah drpd toyo t1r ane sebelumnya yang 30rban km udah kelar.
BMW 520d F10 2014
Toyota Camry 2.5V XV50 2012

S3r1
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: 12 Sep 2017, 08:28
Location: Cikarang
Daily Vehicle: Jazz

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by S3r1 » 22 Aug 2019, 13:04

farizfsa wrote:
22 Aug 2019, 10:18
k4sus wrote:
22 Aug 2019, 07:48
DOHC wrote:
20 Aug 2019, 18:25


Ane pake ini noble s2 di hrv ane, kekurangan nya cuman satu, cepet abis kembang nya jalan 50 rebu aj ud ampir kena TWI sisa nya sehh ok
Bener, ban ini relative lebih cepet botak.
Tapi prinsip ane sih, setiap 3 tahun atau 4 tahun ganti ban karena lewat dari itu sangat riskan kecepatan tinggi di tol.
Jadi selama bisa bertahan di 3-4 tahun buat ane gak masalah.
ane pake hankook ventus noble s2 ini udh 2x, satu di C200 satu di 520d so far blm kecewa sama ban ini, dari segi harga dan kualitas. empuk, senyap dan cukup nge grip.

kalo 50rb udh kena twi ya nurut ane mayan lah drpd toyo t1r ane sebelumnya yang 30rban km udah kelar.
Jarak tempuh ban mgkn bisa dilihat dari treadwear rating nya (UTQG rating), walau mmg relatif dari masing2 produsen.
Hankook Noble S2 rating 500, bisa jalan 50k.
Toyo T1R rating 280, bisa jalan 30k.
Lagi coba BS Alenza SUV ukuran 235/55R19 rating 300 (ini ada di ban nya), moga2 bisa tahan 40k.
Cuma info rating ini jarang muncul ya, harus rajin cari info dari luar. Mgkn info tsb belum jadi standard ya...
Untuk CX5, lagi penasaran sama Geolandar G055 yang rating nya di atas 500/600. Blm ketemu ban ini di sini.

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3973
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kompresorz » 22 Aug 2019, 19:40

tadi mau ganti dueler...krn kembangnya halus beda dengan TRD pernah liat dijalan akhirnya balik dunlop...tpaksa beli 1 krn pakein serep...kuat nih ban pdhl saya bawa mobil gubrak gabruk...sampe 52 ribuan KM...harganya 1.342.000...
Screenshot_20190822-193640_Gallery.jpg
Screenshot_20190822-193632_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba » 22 Aug 2019, 20:07

kompresorz wrote:
22 Aug 2019, 19:40
tadi mau ganti dueler...krn kembangnya halus beda dengan TRD pernah liat dijalan akhirnya balik dunlop...tpaksa beli 1 krn pakein serep...kuat nih ban pdhl saya bawa mobil gubrak gabruk...sampe 52 ribuan KM...harganya 1.342.000...

Screenshot_20190822-193640_Gallery.jpg
Screenshot_20190822-193632_Gallery.jpg
Haha....the one and only, Lautan Ban
Image
Image

SAP
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 26 Jan 2017, 05:10

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by SAP » 30 Aug 2019, 18:40

Halo om* sekalian.
rencana dalam waktu dekat akan ganti ban jazz gk5 (ukuran std 185/55r16), budget max 1jt/ban.
ban yang masuk radar
-Dunlop LM704
-Turanza T005a
-Hankook ventus s1 noble 2 (ukuran naik jadi 195/55r16, efeknya naik lebar tapak ban apa ya ?)
-Continental CC6

dari 4 pilihan yang masuk radar, point utama yang dicari hening sama empuk, pembandingnya ban bawaan turanza ER370.
mohon sarannya suhu* mana yang paling worth :big_exellent:

Terima Kasih

zzzprince
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: 05 Dec 2016, 01:38

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by zzzprince » 31 Aug 2019, 17:32

Butuh saran ban ukuran 175/65 R15

Ban eko2 an buat ukuran segitu yg worthy merk apa ya?

Champiro eco, ecopia, enasave?
Buat pemakaian harian, dan cari yg minim road noise dari 3 pilihan tsb. Sekalian tokonya daerah surabaya dan sekitarnya :big_blushing:

benteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 22 Jan 2010, 00:57

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by benteng » 31 Aug 2019, 22:03

SAP wrote:Halo om* sekalian.
rencana dalam waktu dekat akan ganti ban jazz gk5 (ukuran std 185/55r16), budget max 1jt/ban.
ban yang masuk radar
-Dunlop LM704
-Turanza T005a
-Hankook ventus s1 noble 2 (ukuran naik jadi 195/55r16, efeknya naik lebar tapak ban apa ya ?)
-Continental CC6

dari 4 pilihan yang masuk radar, point utama yang dicari hening sama empuk, pembandingnya ban bawaan turanza ER370.
mohon sarannya suhu* mana yang paling worth :big_exellent:

Terima Kasih
Pilih continental, masih pakai yang cc5, sudah 25 k km, tapak masih 3 mm diatas twi, hening dan empuk.
Pemakaian sudah lebih 4 tahun, dan karet mulai sedikit mengeras.

Tapak dan dinding lunak, tidak cocok buat yang suka manuver cepat di tikungan.

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16770
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by DOHC » 01 Sep 2019, 17:58

kl ukuran ban kelas generik (e.g. utk klas lmpv, lcgc, ampe mpv) bsa coba lirik yokohama cdrive2.. seinget ane harga nya sdikit dibawah turanza tp kualitas not bad, di ipah ane dl pake ampe 50 rebu km kembang masi ok, empuk ok, grip jg ok..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

aabx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 283
Joined: 09 Nov 2009, 16:03
Location: Batavia

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by aabx » 14 Sep 2019, 12:33

Image

Saya yang kudet atau emang baru, bulan2 lalu kategori premium hanya diisi oleh pemain2 lama (bridgestone michelin dkk). Barusan lihat nambah 1 pemain, Hankook pindah dari midrange/eco jadi premium tires. Ada yang punya infonya?

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba » 14 Sep 2019, 13:27

aabx wrote:
14 Sep 2019, 12:33
-cut-

Saya yang kudet atau emang baru, bulan2 lalu kategori premium hanya diisi oleh pemain2 lama (bridgestone michelin dkk). Barusan lihat nambah 1 pemain, Hankook pindah dari midrange/eco jadi premium tires. Ada yang punya infonya?
Setau saya sejak 2016 hankook gencar coba naik levek. Bisa dilihat ban2nya selalu peringkat 1-5 (rata2) di level ADAC n yg mirip2.

Merc kalau ga salah mulai pake hankook as oem juga.

Saya juga lg incer hankook Ventus Prime3. Tunggu kembang ban skarang tinggi 4mm jadi 3mm baru mau ganti.
Image
Image

akbarfit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: 02 Jul 2010, 22:23

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by akbarfit » 14 Sep 2019, 17:02

Review Singkat Ban Hankook Dynapro AT-m (RF10)
X-Trail T30 2007
(Sep 2019)

235/70 R16
Price to date : 995ribu

Bermula liat di salah satu thread group dari Russia tentang opsi penggantian ban x-trail, awalnya saya mau ganti ke ring velg yang lebih besar... Sudah dapat pilihan replika vellfire gen awal yang palang jari-jari banyak atau eks oem Grand Vitara 2.4 palang 7. Karena suatu dan lain hal, lebih tepatnya budget cekak, potensi kena omel provost, fit and proper velg baru ke hub mobil dan malas simpan velg bawaan... Walhasil yasudahlah diputuskan untuk ganti ban baru saja menggunakan velg bawaan.

Lihat-lihat proporsi mobil dengan ban.. Ah... Rasanya kok kurus banget ya (ditambah sudah termakan alurnya)... Coba sih cari ukuran yang lebih besar tapi masih proporsional dan nggak menyalahi/lompat diameter ban supaya tidak mengacaukan bacaan speedo.

Kandidat ban dengan budget mepet dan doa unlimited awalnya jatuh di ukuran dan tipe:

215/70 R16 HT
225/70 R16 HT
235/70 R16 AT

Browsing-browsing lah ke website toko ban yang representatif dan lengkap... Cek cek harga... Cek cek motif...
Sambil cari juga gambar X-Trail dengan ukuran-ukuran ban tersebut.

Akhirnya ketemulah gambar ini :
Image

Baca-baca sedikit, katanya hanya slight rubbing alias gesrek fender dikit..
Kok motifnya bagus, bannya bisa keliatan kotak dan full mengisi ruang fender, diputuskan pake ukuran 235/70 R16

Sekedar intermezzo,
Terios punya ukuran bawaan ban 215/65R16 , Dunlop ST20 yang mana juga bawaan Rush, dan X-Trail T30, hanya saja beda speed rating.
Rush punya ukuran bawaan ban 235/60R16

Hasil pengukuran menggunakan kalkulator ban salah satu website toko velg menunjukkan diameter luar ban 215/65 dengan 235/60 ring 16 yang sama persis. Maka dari itu, saya pede dan yakin bisa naik profil ke 235/70R16.

Perjuangan mencari ban ini sungguh lah amat menyiksa :e-snooty: :e-snooty:
Seluruh toko ban di Malang Raya tidak punya stok ukuran ini. Cari-cari di toko online, kesulitan pengiriman barang.
Akhirnya saya mencari ukuran parallel 225 dan 235 diatas, mana yang didapat itu yang diambil. Ternyata tidak semudah itu sodara-sodara, saya telpon ke berbagai toko ban di Surabaya, hasilnya? NEGATIF.

Sudah ukuran sulit, merk nya pun bikin pengen misuh.
HAN*OOOOOOKKK!!!!! :frm_snipper:

Coba lagi cari dan tanya-tanya ke teman untuk merk lain.... Dapet merk Forceum tapi masih mikir lagi...😫

Telpon lagi ke toko ban yang disupport promo oleh merk Han*ook 🤯 ini....
Dapat 4pcs di kota Batu, tapi tahun 2018. Harga lebih murah dari website online, tapi saya agak kurang sreg di tahun pembuatan, karena selama ini mobil saya gak pernah habis alur, mesti habis tahun krn kurang jauh mainnya 🤣
Karena kesibukan, akhirnya urusan ban saya pending. Setelah beberapa saat, saya ada kesempatan utk tugas di Surabaya, saya iseng coba cari lagi dan telpon dealer resmi ban merk Han*ook ini ternyata dapat 4pcs tahun 2019 di Madju Ban Mulyosari Surabaya, harganya juga selisih +-100ribu an... Langsung tanpa babibu sambil gresek2 kantong doraemon :mky_01: berharap ada alat pengganda uang atau isi tabungan yang nyelip didalam sana :mky_03: :mky_04:

Dipasanglah 4pcs ban baru ini, sambil dibawa pulang ke Malang untuk test ride sejauh +-100km

Ban ini punya letter blok putih dan hitam, tinggal pilih sisi mana yang mau ditaruh luar.

Impresi ban Hankook Dynapro AT-m

Noise :
Hampir sama seperti ban lama, sedikit lebih senyap karena beda kembangan AT baru vs HT terpakai mau habis, jadi tidak obyektif.
Di beton tetap bisa meredam suara dengan baik.
Di jalan aspal jauh lebih senyap daripada ban lawas saya. Meski diatas 80kmh sayup-sayup bising ban AT mulai terasa.

Comfort :
Lari 80-100km/h sudah terasa limbung, ada kemungkinan karakter xtrail yang soft, dan tinggi ban yang selisih lebih tinggi dari sebelumnya. Terasa lebih empuk dengan tekanan 34psi, kemungkinan karena selisih tinggi ban juga.

Dry Road :
Ban baru, ya harusnya daya cengkram lebih baik.

Wet Road :
Tidak ketemu jalan basah


Secara estetika, ban ini punya shoulder block yang mengkotak, cocok untuk membuat karakter mobil lebih mengkotak.
Secara value, dengan merk Hankook dan kualitasnya berbanding harga sudah baik.

Ternyata, saat belok patah kiri, sedikit rubbing mulai terdengar di depan.
Saat belok patah kanan, sudah pasti rubbing. Kira-kira mulai 85% belok sudah kena inner fender. Solusi bisa tunggu ban mulai terpakai dan berdoa baik-baik saja fendernya, atau roll fender besinya

Demikian review ini.

Image
Image
Image
Image
Image
Image
DoctorJDM

Human that can humanize human is the best human.

spherical
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 23 May 2019, 22:27

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by spherical » 15 Sep 2019, 00:00

Teman2 mau tanya untuk ban Camry 2011:
- pingin silent michelin primacy 4 sepertinya yg ideal yah buat 215/55/17? Primacy 3st udah discontinue kah?
- dimana cari toko yang recommended yah di jaksel untuk toko yg stok bannya “fresh” aka gak banyak yg produksi tahun lama?

Makasih teman2..

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by josomba » 15 Sep 2019, 22:12

spherical wrote:
15 Sep 2019, 00:00
Teman2 mau tanya untuk ban Camry 2011:
- pingin silent michelin primacy 4 sepertinya yg ideal yah buat 215/55/17? Primacy 3st udah discontinue kah?
- dimana cari toko yang recommended yah di jaksel untuk toko yg stok bannya “fresh” aka gak banyak yg produksi tahun lama?

Makasih teman2..
Permaisuri....deket2 blok M situ.
Image
Image

spherical
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 23 May 2019, 22:27

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by spherical » 17 Sep 2019, 14:17

Siaap - udah kontak juga mereka ready ban nya - mdh2an weekend ini bisa ganti deh dari Turanza asli bawaannya.

Thanks teman2

Rudyroe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: 04 Sep 2016, 07:14

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Rudyroe » 18 Sep 2019, 10:26

Dear agan SMers semua..
Mumpung lagi ada topik ttg ban, ane mw nanya nich..
Ane pake Ford Everest 2015, pake ban 265/50 R20 masih bawaan pabrik. Ban Goodyear SUV Efficient Grip.
Kemaren dari sumbar ke riau lewat jalan rusak jam 9 malam ban kiri depan ane kempes pas setelah ngantem lubang.. kayaknya bibir lubangnya tajem. Terpaksa malem2 ganti ban.. mana bawa keluarga lengkap dan ada bayi lagi.. Bannya blm ane bawa ke tempat tambel ban, jadi belum tau apakah bocor atw sobek.

Ane jadi kepikiran mau ganti ke ban pacul (M/T) kalo udh waktunya ganti ban nanti.. biar lebih pede kalo lewat jalan lubang, apalagi yg lubangnya satu2 tapi di tengah2 jalan mulus.. lagi enak2 kenceng tiba2 ada lubang kan bahaya bgt tuch..

Ane pake ban yg tipis gini (karena diameter velg yg gede), jadi was2 kalo lewat lubang. Dulu jg pernah ampe penyok velgnya.

Mohon sarannya agan2 semua, kalo pake M/T apakah jadi ngga bisa kenceng2 lagi kalo di jalan aspal/tol? Terutama kalo lagi hujan di jalan aspal apakah jadi lebih gampang slip atw tergelincir?
Atau pake ban A/T aja ya.. aman ga ya kalo ngantem lubang?
Kalo ban H/T itu tebel ga ya daging tapaknya?

Terima kasih sebelumnya

tesna
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 17 Mar 2005, 16:01
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by tesna » 18 Sep 2019, 18:11

Rudyroe wrote:
18 Sep 2019, 10:26
Dear agan SMers semua..
Mumpung lagi ada topik ttg ban, ane mw nanya nich..
Ane pake Ford Everest 2015, pake ban 265/50 R20 masih bawaan pabrik. Ban Goodyear SUV Efficient Grip.
Kemaren dari sumbar ke riau lewat jalan rusak jam 9 malam ban kiri depan ane kempes pas setelah ngantem lubang.. kayaknya bibir lubangnya tajem. Terpaksa malem2 ganti ban.. mana bawa keluarga lengkap dan ada bayi lagi.. Bannya blm ane bawa ke tempat tambel ban, jadi belum tau apakah bocor atw sobek.

Ane jadi kepikiran mau ganti ke ban pacul (M/T) kalo udh waktunya ganti ban nanti.. biar lebih pede kalo lewat jalan lubang, apalagi yg lubangnya satu2 tapi di tengah2 jalan mulus.. lagi enak2 kenceng tiba2 ada lubang kan bahaya bgt tuch..

Ane pake ban yg tipis gini (karena diameter velg yg gede), jadi was2 kalo lewat lubang. Dulu jg pernah ampe penyok velgnya.

Mohon sarannya agan2 semua, kalo pake M/T apakah jadi ngga bisa kenceng2 lagi kalo di jalan aspal/tol? Terutama kalo lagi hujan di jalan aspal apakah jadi lebih gampang slip atw tergelincir?
Atau pake ban A/T aja ya.. aman ga ya kalo ngantem lubang?
Kalo ban H/T itu tebel ga ya daging tapaknya?

Terima kasih sebelumnya
ban apapun klo hantem lobang kecepatan tinggi ya tetep bisa benjol karena serat baja nay ya sama2 aja. Mungkin kalau ban yang lebih tebal cenderung aman terhadap velg, tetapi tetep bisa jadi BENJOL alias serat baja yang ada di dalem karet ban nya bisa putus.

saya sih tergantung keadaan, kalau seringnya lewat offroad ya ban m/t, karena kalau dipake di jalan bagus ini ban super berisik dan lebih cepet habis.

btw, everest R20 kan profil ban nya masih cukup tebal ya, profil 50 dari 265 itu tergolong tebal loh, velg bisa penyok?

or downsize velg, ganti ban profil lebih tebal deh rasanya lebih manusiawi buat harian dibandingkan pakai m/t

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2072
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by kunaskun » 18 Sep 2019, 21:24

Rudyroe wrote:
18 Sep 2019, 10:26
Dear agan SMers semua..
Mumpung lagi ada topik ttg ban, ane mw nanya nich..
Ane pake Ford Everest 2015, pake ban 265/50 R20 masih bawaan pabrik. Ban Goodyear SUV Efficient Grip.
Kemaren dari sumbar ke riau lewat jalan rusak jam 9 malam ban kiri depan ane kempes pas setelah ngantem lubang.. kayaknya bibir lubangnya tajem. Terpaksa malem2 ganti ban.. mana bawa keluarga lengkap dan ada bayi lagi.. Bannya blm ane bawa ke tempat tambel ban, jadi belum tau apakah bocor atw sobek.

Ane jadi kepikiran mau ganti ke ban pacul (M/T) kalo udh waktunya ganti ban nanti.. biar lebih pede kalo lewat jalan lubang, apalagi yg lubangnya satu2 tapi di tengah2 jalan mulus.. lagi enak2 kenceng tiba2 ada lubang kan bahaya bgt tuch..

Ane pake ban yg tipis gini (karena diameter velg yg gede), jadi was2 kalo lewat lubang. Dulu jg pernah ampe penyok velgnya.

Mohon sarannya agan2 semua, kalo pake M/T apakah jadi ngga bisa kenceng2 lagi kalo di jalan aspal/tol? Terutama kalo lagi hujan di jalan aspal apakah jadi lebih gampang slip atw tergelincir?
Atau pake ban A/T aja ya.. aman ga ya kalo ngantem lubang?
Kalo ban H/T itu tebel ga ya daging tapaknya?

Terima kasih sebelumnya
ini yang salah jalannya, bukan ban atau peleknya [emo-yesno]

ban M/T di highway? jalan dalkot ujan aja sudah susah. apalagi highway.

osbertc0ol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by osbertc0ol » 18 Sep 2019, 22:47

Memang Gut yer kalah sih om untuk medan jakarta... ganti ban merk B aja om... kalo mau yg kuat ya beli yg A/T..
M/T jgn om berisik kaya tawon, ga cocok lah dalkot..

nizamuddinaulia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: 18 Apr 2018, 13:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by nizamuddinaulia » 18 Sep 2019, 23:09

Givrun wrote:
21 Aug 2019, 09:36
Salam om2 skalian

lagi bingung milih ban buat Innova 2kd at. Up rim size 17" ban skrg pake sp touring R1 rim 15.. cukup puas pake ini. .

prefer size 215/55/r17
hasil browse pilihan mengerucut kepada
- LM704 kalau dapat produksi terbaru
- GT savero SUV juga kalau dapat produksi terbaru

Mungkin kedua ban ini berbeda range harga atau peruntukan , ane kurang ngerti dan masih gelap juga soal harga. ilmu perban an ane masih nil.

gt savero ane masukin Pengalaman terbanyak pakai ban GT karna background ane yg kelola fleet. Selain faktor ketersediaan , durabilitas berbanding harga nya ok utk kondisi jalan kalimantan , domisili ane.

Ane ada baca d forum otomotif philipine
Mereka lebih prefer savero suv daripada yokohama lokal (made in philipine) . Cross check dgn pernyataan pihak gt radial . 70% utk import.

gmn menurut agan skalian, sbaiknya ane pilih yg mana?
Savero 215/60 R17 aja om
Saya pake di Mitsu OS
Odo dah jalan 20K
Kesannya empuk dan bikin irit
Secara EU tyre rating nya RR nya C, wet performance ny C
Dueler E sama F (padahal lebih mahal 500 rebu)
Kalo standar UTQG 380 A A, tp kayaknya kurang pas secara standar itu ga bs dibandingin antar brand
Kembangan awet, buat belah air bagus. Tadinya pake bawaan dueler. Awet sih, cuma berisik.
Cocok buat yang mau comfort tapi ga terlalu ngejar performance

iwing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1206
Joined: 23 Feb 2016, 09:09

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by iwing » 19 Sep 2019, 09:02

Rudyroe wrote:
18 Sep 2019, 10:26
Dear agan SMers semua..
Mumpung lagi ada topik ttg ban, ane mw nanya nich..
Ane pake Ford Everest 2015, pake ban 265/50 R20 masih bawaan pabrik. Ban Goodyear SUV Efficient Grip.
Kemaren dari sumbar ke riau lewat jalan rusak jam 9 malam ban kiri depan ane kempes pas setelah ngantem lubang.. kayaknya bibir lubangnya tajem. Terpaksa malem2 ganti ban.. mana bawa keluarga lengkap dan ada bayi lagi.. Bannya blm ane bawa ke tempat tambel ban, jadi belum tau apakah bocor atw sobek.

Ane jadi kepikiran mau ganti ke ban pacul (M/T) kalo udh waktunya ganti ban nanti.. biar lebih pede kalo lewat jalan lubang, apalagi yg lubangnya satu2 tapi di tengah2 jalan mulus.. lagi enak2 kenceng tiba2 ada lubang kan bahaya bgt tuch..

Ane pake ban yg tipis gini (karena diameter velg yg gede), jadi was2 kalo lewat lubang. Dulu jg pernah ampe penyok velgnya.

Mohon sarannya agan2 semua, kalo pake M/T apakah jadi ngga bisa kenceng2 lagi kalo di jalan aspal/tol? Terutama kalo lagi hujan di jalan aspal apakah jadi lebih gampang slip atw tergelincir?
Atau pake ban A/T aja ya.. aman ga ya kalo ngantem lubang?
Kalo ban H/T itu tebel ga ya daging tapaknya?

Terima kasih sebelumnya
kalo masih sering di aspal, jangan M/T om. btw pakai dari merk bridgestone aja, terkenal tangguh itu

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 8804
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by ChZ » 19 Sep 2019, 12:21

Review singkat

Falken Ziex ZE914 EcoRun.
Size : 225/45/18

Berawal dari niatan untuk bikin Cibo ane makin ganteng dengan upsize 1". Sebenernya udah ganti velg HSR tapi ukuran 17 krn sayang ban standarnya (Yokohama Advan dB euy...). Ukuran 215/50/17 Tapi sekarang ya bosen juga tampang mobil gitu-gitu aja.

Browsing di internet, nemu velg replika AMG 18" bekas beserta ban. Modelnya cakep dan masuk. Ya udah, hari Minggu kemarin digantilah.

Image

Masalah utamanya adalah di ban...

Pertama, dapet nya ban Accelera PHI. Pengalaman dengan ban merk lokal seperti Achilles / Accelera selama ini nggak pernah pleasant. Terutama urusan noise. Ditambah browsing internet ternyata Accelera seri ini memang di-branding sebagai "ultra high performance" (UHP) Tyres.

Image

Kedua, review soal ban ini di tyrereviews.co.uk bisa dibilang agak kurang... jadi udah gripnya pas-pasan, noisenya ampun-ampunan... ini juga ane buktikan sendiri. Perjalanan daily commute ke kantor bahkan lewat aspal baru aja bunyinya sungguh berisik. I have nothing against local brands, tapi ban seperti Achilles / Accelera ini sepertinya ban yang memang diperuntukkan buat kontes - gede-gedean atau lebar lebaran velg, main fitment, karena nyaris semua ukuran "aneh" mereka selalu available. Beda dengan merk lokal seperti GT Radial yang memang reviewnya cukup positif di beberapa pengguna.

Ketiga, ukuran bannya belang. Ini ketauan waktu ane nanya-nanya harga ban di salah satu tyre shop. Mbak pegawai toko bannya nanya ukuran ane dengan pede bilang "225/45/18". Lalu simbaknya bilang "225 apa 215 mas ? ini 215". Lah :frm_bang_head: lalu dia pindah ke belakang "ini 225 mas". Lho, belang ? Lebih mengagetkan lagi waktu dia pindah ke kiri belakang "ini 215 juga mas"... lalu depan kiri 225.... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head: pantes stance mobil ini keliatan aneh. Jarak ruang roda kanan-kiri nya nggak sama semua.

Image

Image

Tanya-tanyalah toko ban cari referensi... maksud hati pengen ban yang "keren" macem Conti atau Michelin... tapi overbudget dan overkill juga buat harian. Dapetlah disodorin 3 pilihan :
- Dunlop Direzza DZ101,
- Falken Ziex ZE914 EcoRun
- Bridgestone Techno Sports - produk baru BS, sayang waktu di telpon langsung auto di eliminasi karena dibilang stok kosong

Image

H-1 mau ganti ban hati mantap memilih Dunlop Direzza DZ101, pertama brand nya familier, kedua seri Direzza ini bikin penasaran karena selama ini blom pernah liat mobil pake ini... rata-rata ya SP Sport yang begitulah. Ketiga, harganya value for money sekali. 750 ribu per pcs. Padahal ini kelas ban performance seharusnya.

Image

Hari-H, sampe ke toko ban... "Direzza nya tinggal 1 pc" :e-wall:

Ya udah tidak ada pilihan lain : Falken Ziex ZE914 EcoRun. Sehari sebelumnya emang punya feeling ini ban kayaknya bagus, lalu ban ini juga kelasnya "premium touring summer tyre" sehingga lebih safe bet untuk urusan noise. Ban ini menggantikan Falken Ziex ZE912 dan ZE914 (tidak ada EcoRun nya).

Image

Image

baca review, lalu pengalaman dengan ban Falken Sincera yang murah di Civic FB dan Avanza juga dulu cukup enak. Minjem istilah anak milenial sekarang : jodoh nggak kemana.

Image

Pertama keluar setelah terpasang emang terasa sekali ban ini lebih ke comfort. Rasa "membal" nya empuk, tidak harsh. Padahal itu tekanan anginnya ngaco (baru cek td pagi, belakang kanan 45 kiri 36 depan 35 semua :frm_bang_head: ini yang ngisi angin mimpi apa sih, pantes tarikan enteng banget dan feel setirnya ringan banget).

Image

Image

Melewati jalur sehari-hari, di awal terasa agak berisik, masih break-in, tapi begitu sudah jalan seharian, baru terasa ini ban tenang sekali rasanya. Moment terbaik ya waktu lewat jalan aspal mulus yang baru ditambal, suuuuuuuuueeeeeennnnyyyaaaappp. Beda dengan PHI yang lewat jalan aspal baru aja gruduggruduggrudug. Kedapnya nyaris menyamai Advan dB waktu baru.

Sore masuk tol ngetes, keluar gerbang tol langsung melesat gaspol. Untuk kelas ban yang bukan performa, gripnya terasa superb. Bahkan dibanding PHI yang di-branding ban performa. Gak salah ternyata seorang rekan SMer yang respon ke ane via DM instagram bilang "gripnya mirip Potenza RE080 bawaan Yaris telor"... ternyata beneran.

Lucunya kalo ane gaspol dari gerbang tol biasanya lampu VSC nyala waktu jarum RPM sudah sampe 4k - 5k - baik di Yoko Advan dB maupun Accelera PHI, ini VSC nyala di awal, tapi minim skid, begitu kecepatan naik malah ban terasa lebih mencengkeram.

Kelemahan ban ini kalo menurut beberapa orang adalah wet grip, tapi itu blom ane buktikan, masih blom musim hujan :mky_01:

Image
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

Rudyroe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: 04 Sep 2016, 07:14

Re: Serba Serbi Ban Part 2

Post by Rudyroe » 19 Sep 2019, 13:00

tesna wrote:
18 Sep 2019, 18:11
Rudyroe wrote:
18 Sep 2019, 10:26
Dear agan SMers semua..
Mumpung lagi ada topik ttg ban, ane mw nanya nich..
Ane pake Ford Everest 2015, pake ban 265/50 R20 masih bawaan pabrik. Ban Goodyear SUV Efficient Grip.
Kemaren dari sumbar ke riau lewat jalan rusak jam 9 malam ban kiri depan ane kempes pas setelah ngantem lubang.. kayaknya bibir lubangnya tajem. Terpaksa malem2 ganti ban.. mana bawa keluarga lengkap dan ada bayi lagi.. Bannya blm ane bawa ke tempat tambel ban, jadi belum tau apakah bocor atw sobek.

Ane jadi kepikiran mau ganti ke ban pacul (M/T) kalo udh waktunya ganti ban nanti.. biar lebih pede kalo lewat jalan lubang, apalagi yg lubangnya satu2 tapi di tengah2 jalan mulus.. lagi enak2 kenceng tiba2 ada lubang kan bahaya bgt tuch..

Ane pake ban yg tipis gini (karena diameter velg yg gede), jadi was2 kalo lewat lubang. Dulu jg pernah ampe penyok velgnya.

Mohon sarannya agan2 semua, kalo pake M/T apakah jadi ngga bisa kenceng2 lagi kalo di jalan aspal/tol? Terutama kalo lagi hujan di jalan aspal apakah jadi lebih gampang slip atw tergelincir?
Atau pake ban A/T aja ya.. aman ga ya kalo ngantem lubang?
Kalo ban H/T itu tebel ga ya daging tapaknya?

Terima kasih sebelumnya
ban apapun klo hantem lobang kecepatan tinggi ya tetep bisa benjol karena serat baja nay ya sama2 aja. Mungkin kalau ban yang lebih tebal cenderung aman terhadap velg, tetapi tetep bisa jadi BENJOL alias serat baja yang ada di dalem karet ban nya bisa putus.

saya sih tergantung keadaan, kalau seringnya lewat offroad ya ban m/t, karena kalau dipake di jalan bagus ini ban super berisik dan lebih cepet habis.

btw, everest R20 kan profil ban nya masih cukup tebal ya, profil 50 dari 265 itu tergolong tebal loh, velg bisa penyok?

or downsize velg, ganti ban profil lebih tebal deh rasanya lebih manusiawi buat harian dibandingkan pakai m/t
Iya Oom.. velg ane pernah penyok.. kayaknya setelah ngantem lobang dan anginnya dalem ban lagi kurang kayaknya.
Btw kemaren sore udh ta' bawa ke bengkel ban.. ternyata sobek samping, karena kurang angin terus ngantem lobang, jadinya ban kejepit velg dgn aspal dech.. ini makanya ane pengen cari yg tebelan.. 55 atw 60 kali ya..
Tapi kalo velgnya tetep pake R20, diameter luar ban/roda jadi membesar ya.. spido & odo jadi ngga akurat dan jadi lebih boros bbm ya?

Post Reply