Page 11 of 11

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Thu Nov 16, 2017 2:08
by marmut
Harchi wrote: Thu Nov 16, 2017 0:31 Nah berubung ngomongin manual, kira2 fgn duit max 150jt mobkas manual apa yg paling enak yg bisa dibeli? Klo ane sih kebayang accord cm
150 juta? banyak.... asalkan sehat, semua mobil dengan nilai segitu ya enak.

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Thu Nov 16, 2017 2:11
by sintoni
Harchi wrote: Thu Nov 16, 2017 0:31 Nah berubung ngomongin manual, kira2 fgn duit max 150jt mobkas manual apa yg paling enak yg bisa dibeli? Klo ane sih kebayang accord cm
Kalo ane kok nyaranin Civic FD ya om. Haha.

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Fri Nov 24, 2017 15:00
by gadjahalphien
Nyetir manual itu menyenangkan.

Baru aja angkat A3 - 8p yg 1.6 m/t.
Koplingnya enteng, ntah standar atau karena flywheelnya masih bermasalah.

Heppy make ini di jkt.
Kena macet ya resiko.

Tapi pengalaman minggu lalu make ni mobil di kemacetan, saat ini justru kaki kanan yg kemeng. Kaki kiri malah bugar.
Sama halnya tadi lewat bypass tj priok (jl basuki rahmat) sampe depan kokas macet lumayan seru.

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Fri Nov 24, 2017 22:51
by Jambangan
gadjahalphien wrote: Fri Nov 24, 2017 15:00 Nyetir manual itu menyenangkan.

Baru aja angkat A3 - 8p yg 1.6 m/t.
Koplingnya enteng, ntah standar atau karena flywheelnya masih bermasalah.

Heppy make ini di jkt.
Kena macet ya resiko.

Tapi pengalaman minggu lalu make ni mobil di kemacetan, saat ini justru kaki kanan yg kemeng. Kaki kiri malah bugar.
Sama halnya tadi lewat bypass tj priok (jl basuki rahmat) sampe depan kokas macet lumayan seru.
Wow
Dapat yg tahun brp om??
Saya baru tau Audi A3 manual masuk sini

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Fri Nov 24, 2017 23:13
by gadjahalphien
2004 om.

Di tokobagus masih ada 2 unit tuh,, 1.6 (M/t) dan 2.0 (at)

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Sat Nov 25, 2017 2:45
by pengendiesel
Sudah beberapa tahun ini full pake matic, dan setiap kali ada kesempatan bawa mobil manual...rasanya seperti hidup kembali :big_love:

Dan entah kenapa, kalau macet pake maticpun juga pegel nih kaki kanan :big_slap:

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Sat Nov 25, 2017 4:25
by martinnn
masih miara innova gen 1 mt dan pikajew 1.0 mt...fine fine aja diajak keliling jeketi

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Sat Nov 25, 2017 5:37
by daftar
mantaplah yang masih pake manual

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Sat Nov 25, 2017 8:06
by dieselman228
Hail manual!! Hari-hari pake innova d4d mt pp ckrg-jkt [emoji41][emoji41]

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Sat Nov 25, 2017 9:52
by Pugman
Manual ke Matic.. Hampir semua orang yang bisa pakai mobil manual bilang sesuatu yang tidak memberikan kesenangan dari sebuah kendaraan
Besok mesin konvensional akan mulai terganti dengan mesin listrik yang tidak ada suara, minim getaran juga mungkin tidak perlu transmisi karena diganti oleh inverter..

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Sat Nov 25, 2017 11:23
by Duvebriliant0
sehari hari bawa agya manual, macet macetan, selagi masih kuat manual selalu mengusahakan nyari mobil yang ada manualnya.. entar udah tua baru nyoba matic... :big_biglaugh:

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Sat Nov 25, 2017 11:32
by carl
kalo saya kebetulan agak takut bawa mobil matic. jadinya pake mobil manual terus, dan gak terlalu bisa metik..

gara2 kejadian tahun 2000an, mobil terjun dari gedung parkir gara2 gak biasa pake metik.. fenomenal banget kasusnya dulu, sampe2 Auto Bild bikin artikel kelayakan gedung parkir...

kayak kejadian jazz yang terjun dari salah satu itc, gara2 ibu2 gak terbiasa pake metik..

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Sun Nov 26, 2017 5:36
by classicrock
Pas bahas transmisi, mau nanya juga. Kemaren iseng liat Ignis yang dipajang di mal.

Transmisinya hanya ada R N D, tidak ada P. Pertanyaannya itu kalo parkir berarti hanya mengandalkan rem parkir gitu?

Maklum saya masih menganut gaya jadul, kalau matic saat parkir kan pasti di P plus rem parkir. Nah kalo manual, saya selalu rem parkir plus masuk gigi 1 atau R (tergantung mobil posisi menanjak atau menurun).

Nah gimana dengan si Ignis ini?

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Sun Nov 26, 2017 5:55
by adrevolution
classicrock wrote: Sun Nov 26, 2017 5:36 Pas bahas transmisi, mau nanya juga. Kemaren iseng liat Ignis yang dipajang di mal.

Transmisinya hanya ada R N D, tidak ada P. Pertanyaannya itu kalo parkir berarti hanya mengandalkan rem parkir gitu?

Maklum saya masih menganut gaya jadul, kalau matic saat parkir kan pasti di P plus rem parkir. Nah kalo manual, saya selalu rem parkir plus masuk gigi 1 atau R (tergantung mobil posisi menanjak atau menurun).

Nah gimana dengan si Ignis ini?
Ignis AMT basically manual yang koplingnya otomatis. Jadi parking pawl juga gak ada, kalo mau parkir jd spt manual ngandelin rem parkir. Tapi waktu pameran pernah saya coba2, dlm kondisi mesin mati shifter bisa digeser2 dari N ke R atau ke D (matic biasa at least harus dikontak kuncinya posisi ACC/ON dan injak rem baru bisa geser shifter) , jadi sepertinya bisa ditaro di R atau D plus rem tangan kalau untuk parkir nanjak.

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Sun Nov 26, 2017 9:56
by classicrock
adrevolution wrote:
classicrock wrote: Sun Nov 26, 2017 5:36 Pas bahas transmisi, mau nanya juga. Kemaren iseng liat Ignis yang dipajang di mal.

Transmisinya hanya ada R N D, tidak ada P. Pertanyaannya itu kalo parkir berarti hanya mengandalkan rem parkir gitu?

Maklum saya masih menganut gaya jadul, kalau matic saat parkir kan pasti di P plus rem parkir. Nah kalo manual, saya selalu rem parkir plus masuk gigi 1 atau R (tergantung mobil posisi menanjak atau menurun).

Nah gimana dengan si Ignis ini?
Ignis AMT basically manual yang koplingnya otomatis. Jadi parking pawl juga gak ada, kalo mau parkir jd spt manual ngandelin rem parkir. Tapi waktu pameran pernah saya coba2, dlm kondisi mesin mati shifter bisa digeser2 dari N ke R atau ke D (matic biasa at least harus dikontak kuncinya posisi ACC/ON dan injak rem baru bisa geser shifter) , jadi sepertinya bisa ditaro di R atau D plus rem tangan kalau untuk parkir nanjak.
O gitu tho om...hehehe makasih pencerahannya. Baru sekali soalnya liat yang model begitu.

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Mon Nov 27, 2017 1:11
by iwing
pengendiesel wrote: Sat Nov 25, 2017 2:45 Sudah beberapa tahun ini full pake matic, dan setiap kali ada kesempatan bawa mobil manual...rasanya seperti hidup kembali :big_love:

Dan entah kenapa, kalau macet pake maticpun juga pegel nih kaki kanan :big_slap:
sama nih om, saya juga pakai manual dan entah kenapa kaki kanan yang lebih sering merasa pegal. kaki kiri sih gak masalah. mungkin karena sering pindah pedal gas dan rem

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Mon Nov 27, 2017 2:11
by adityabp
carl wrote: Sat Nov 25, 2017 11:32 kalo saya kebetulan agak takut bawa mobil matic. jadinya pake mobil manual terus, dan gak terlalu bisa metik..

gara2 kejadian tahun 2000an, mobil terjun dari gedung parkir gara2 gak biasa pake metik.. fenomenal banget kasusnya dulu, sampe2 Auto Bild bikin artikel kelayakan gedung parkir...

kayak kejadian jazz yang terjun dari salah satu itc, gara2 ibu2 gak terbiasa pake metik..
Gak usah takut om.
Kalo misalnya suatu saat dapat kesempatan nyetir matik, cukup ingat 2 hal :
1. Mobil matik bisa merayap tanpa perlu injak gas. Cukup lepas rem. Jadi kalo baru mo jalan, mending lepas rem dulu dan biarkan mobil nggelinding beberapa saat.
2. Kaki kiri sebisa mungkin ditekuk trus masukin ke kolong kursi. Ini serius loh. Tujuannya biar kaki kiri gak spontan nginjek rem krn sdh terbiasa injek kopling. :mky_01:

Utk poin 1, yg agak susah kalo mo mundur. Krn kalo cuma lepas rem, mundurnya pelan banget. Towel gas dikit, mobil langsung narik. Bikin kaget. :mky_07:
Saya 5 hari nyetir matik, sampai hari terakhir masih agak kagok kalo mundur.

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Mon Nov 27, 2017 2:35
by Rakean
Sepinter2 otak komputer, masih lebih pinter otak manusia...

Manual FTW :big_exellent: :big_exellent:

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Mon Nov 27, 2017 4:17
by evanbngdor
Ane sih masih setia sama manual, urusan pegel sih relatif ya. Ane ngga pernah ngerasain kaki pegel sih, yg lebih kerasa justru bokong aja yg panas kalo kelamaan duduk.
:mky_01: :mky_01:

Sehari-hari pake ipah D4D manual. Konsumsi BBM nya bisa bikin senyum sesaat lah
:mky_02: :mky_02:

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Mon Nov 27, 2017 4:45
by dieselman228
evanbngdor wrote:Ane sih masih setia sama manual, urusan pegel sih relatif ya. Ane ngga pernah ngerasain kaki pegel sih, yg lebih kerasa justru bokong aja yg panas kalo kelamaan duduk.
:mky_01: :mky_01:

Sehari-hari pake ipah D4D manual. Konsumsi BBM nya bisa bikin senyum sesaat lah
:mky_02: :mky_02:
Wah wah mantap sesama pengguna ipah d4d manual hahahahaha

Bokong sama pinggang kalo saya om, mungkin di kantor juga banyakan duduknya

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Mon Nov 27, 2017 5:14
by jivos
Ke inget teriakan si tiff needell/fifth geared saat slh satu hot hatchbak AT di test speeding n slalom...... beresponse lelet n masuk ke gigi yg salah.

"give me a geared what i want! " :mky_06:

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Mon Nov 27, 2017 5:42
by evanbngdor
dieselman228 wrote: Mon Nov 27, 2017 4:45
evanbngdor wrote:Ane sih masih setia sama manual, urusan pegel sih relatif ya. Ane ngga pernah ngerasain kaki pegel sih, yg lebih kerasa justru bokong aja yg panas kalo kelamaan duduk.
:mky_01: :mky_01:

Sehari-hari pake ipah D4D manual. Konsumsi BBM nya bisa bikin senyum sesaat lah
:mky_02: :mky_02:
Wah wah mantap sesama pengguna ipah d4d manual hahahahaha

Bokong sama pinggang kalo saya om, mungkin di kantor juga banyakan duduknya
Hahaha. tp memang iritnya lumayan sih D4D manual, dibandingin D4D matic bedanya lumayan sih, sekitar 1-2km/liter bedanya.

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Mon Nov 27, 2017 7:19
by dieselman228
evanbngdor wrote:
dieselman228 wrote: Mon Nov 27, 2017 4:45
evanbngdor wrote:Ane sih masih setia sama manual, urusan pegel sih relatif ya. Ane ngga pernah ngerasain kaki pegel sih, yg lebih kerasa justru bokong aja yg panas kalo kelamaan duduk.
:mky_01: :mky_01:

Sehari-hari pake ipah D4D manual. Konsumsi BBM nya bisa bikin senyum sesaat lah
:mky_02: :mky_02:
Wah wah mantap sesama pengguna ipah d4d manual hahahahaha

Bokong sama pinggang kalo saya om, mungkin di kantor juga banyakan duduknya
Hahaha. tp memang iritnya lumayan sih D4D manual, dibandingin D4D matic bedanya lumayan sih, sekitar 1-2km/liter bedanya.
Kalau bbm ga terlalu sy perhatiin sih om sejauh ini biaya bbm ga bengkak gitu...

Cuma masalah pegel ajah tp biasa macet horor yg literally diem, kalau sambil jalan okeh sih..

Re: Manual Transmission, Clutching at the Edge of Existence

Posted: Mon Nov 27, 2017 7:34
by Tats
Dulu waktu baru bisa nyetir saya suka sekali m/t
Tapi sekarang jadi lebih suka a/t
Mungkin gara2 macetnya udah lumayan bikin males
Sekali2 aja nyetir manual itu pun untuk sekedar hiburan malam bagi saya