tak pikir malah sejenis penyakit mata........Izark wrote:tadinya tak pikir wuling itu sejenis rawon........
Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 930
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Penikmat roti tawar beroda
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Sayang banget kalo Spin disuntik mati gara" pabrik tutup
padahal diliat dari quality, techology,ride spin menang jauh dibanding sodara jepunnya
padahal diliat dari quality, techology,ride spin menang jauh dibanding sodara jepunnya
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
http://oto.detik.com/read/2015/02/27/14 ... kuasaannya
Seorang sumber yang dikutip Reuters mengatakan, meski tidak langsung, GM akan menggandeng mitra barunya dari Tiongkok SAIC Motor Corp akan kembali memproduksi mobil di Indonesia.
Perusahaan patungan itu memproduksi mobil yang tidak menggunakan embel-embel nama Wuling, sebuah merek yang dikenal sebagai andalan SAIC Motor.
Perusahaan tersebut akan membangun pabrik di dekat Jakarta, dan tidak tertarik untuk mengambil alih pabrik milik GM di Pondok Ungu, Bekasi, yang akan ditutup itu.
Seorang sumber yang dikutip Reuters mengatakan, meski tidak langsung, GM akan menggandeng mitra barunya dari Tiongkok SAIC Motor Corp akan kembali memproduksi mobil di Indonesia.
Perusahaan patungan itu memproduksi mobil yang tidak menggunakan embel-embel nama Wuling, sebuah merek yang dikenal sebagai andalan SAIC Motor.
Perusahaan tersebut akan membangun pabrik di dekat Jakarta, dan tidak tertarik untuk mengambil alih pabrik milik GM di Pondok Ungu, Bekasi, yang akan ditutup itu.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu May 17, 2012 16:30
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
trus pabrik yang di pondok ungu itu jadi apa? lahan tidur? kalo nutup pabrik trus buka pabrik baru bukannya malah jadi rugi dua kali ya... kenapa GM-SAIC gak pake itu pabrik aja biar hemat... paling cuman perlu penyesuaian dikit...
mau nulis apa ya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
betul kata um izark
agak ga masuk akal
bisa jadi itu cuma lip service saja, untuk menenangkan suasana
rencana aslinya chevy tidak di pubblish
agak ga masuk akal
bisa jadi itu cuma lip service saja, untuk menenangkan suasana
rencana aslinya chevy tidak di pubblish
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Bukti chevy gak kuat bersaing di market lmpv , padahal spin not bad , tapi gak tau biaya srvice dan spare partnya
Hadeeh , makin bnyak aja merk" cina jualan di indo , itu nissan serena cungkwo gak laku dan gak jelas marketingnya
Hadeeh , makin bnyak aja merk" cina jualan di indo , itu nissan serena cungkwo gak laku dan gak jelas marketingnya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Sat Feb 21, 2015 13:59
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Sayang banget, padahal naksir sama spin dengan transmisi triptoniknya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Serena cungkwok yg unit stok2nya ngejogrok di AlSut ituuugrandis_GT wrote:Bukti chevy gak kuat bersaing di market lmpv , padahal spin not bad , tapi gak tau biaya srvice dan spare partnya
Hadeeh , makin bnyak aja merk" cina jualan di indo , itu nissan serena cungkwo gak laku dan gak jelas marketingnya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Thu Nov 06, 2014 1:23
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Izark wrote:tadinya tak pikir wuling itu sejenis rawon........
Tadinya malah saya kira produsen farmasi
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 375
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Ditutupnya pabrik di Indonesia ini bisa jadi isyarat Chevrolet menyerah. Produk bagus2 tetapi brand belum cukup kuat dan belum dikenal masyarakat. Coba bayangkan Chevrolet baru muncul selama 3 tahun mau langsung laris. Maunya semua cepat, pabrik jadi, produksi jalan, barang laris, untung banyak bisa balik modal.
Padahal untuk membangun brand image dibutuhkan kesabaran dan waktu lama (setidaknya 10 tahun) seperti Honda dan Toyota yang sudah eksis sejak 1980. Beginilah jadinya kalo businessman tapi masih short-term thinking tidak punya knowledge Business/Management memadai. Pikirnya rugi sebentar 1-2 tahun langsung tutup. Tidak punya wawasan goodwill/brand equity.
Contoh lagi seperti ini ya Shell. Banyak SPBU Shell ditutup ramai2 di Surabaya karena dianggap tidak laku. Beberapa bulan kemudian subsidi dicabut dan banyak yang isi Pertamax Plus. Kalo masih ada Shell mestinya V-Power laris manis.
Padahal untuk membangun brand image dibutuhkan kesabaran dan waktu lama (setidaknya 10 tahun) seperti Honda dan Toyota yang sudah eksis sejak 1980. Beginilah jadinya kalo businessman tapi masih short-term thinking tidak punya knowledge Business/Management memadai. Pikirnya rugi sebentar 1-2 tahun langsung tutup. Tidak punya wawasan goodwill/brand equity.
Contoh lagi seperti ini ya Shell. Banyak SPBU Shell ditutup ramai2 di Surabaya karena dianggap tidak laku. Beberapa bulan kemudian subsidi dicabut dan banyak yang isi Pertamax Plus. Kalo masih ada Shell mestinya V-Power laris manis.
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE
Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE
Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
ya ada cara lain si sebetulnya, nempelin aja indomobil group, kalau dah mulai limbung seperti nissan suzuki ya tinggal cabut atau kaya mazda dulu bangun sendiri, brand image sudah ada tinggal terusin aja.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 375
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Yah gitulah marketing N*n & D*n pegangannya cuma majalah A*d dan car of the year award-awardangrandis_GT wrote:Hadeeh , makin bnyak aja merk" cina jualan di indo , itu nissan serena cungkwo gak laku dan gak jelas marketingnya
Belum lagi marketing gratisan modal facebook/youtube ala C*t Indonesia, kapan majunya brand C*t di sini...
Current
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE
Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
13' FB20B | 13' VQ37VHR | 19' 3ZR-FAE
Past
97' D13B | 00' B20Z2 | 09' L15A | 11' R18A1 | 12' QR25DE
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Mungkin Chevy lagi galau, trus wuling-wuling.
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Surprising news.
Secara Chevrolet Spin sejauh ini jadi backbone mereka selain Captiva yang diproduksi di Thailand. Konon katanya pabrik di Thailand juga ditutup dan penjualan Aveo/Sonic berhenti. Entah gimana Captiva.
Mungkin nilai investasinya gak sebanding dengan volume penjualan Spin yang pas-pasan. Ya make sense sih kalo struggle begitu berat, nyasarnya pasar yang udah gemuk, pemainnya established semua (Toyota-Daihatsu, Suzuki, Honda, Nissan). Sementara nggak ada major breakthrough kecuali mesin dieselnya *yang juga nggak dipasarin dengan serius padahal potensinya besar*.
Secara Chevrolet Spin sejauh ini jadi backbone mereka selain Captiva yang diproduksi di Thailand. Konon katanya pabrik di Thailand juga ditutup dan penjualan Aveo/Sonic berhenti. Entah gimana Captiva.
Mungkin nilai investasinya gak sebanding dengan volume penjualan Spin yang pas-pasan. Ya make sense sih kalo struggle begitu berat, nyasarnya pasar yang udah gemuk, pemainnya established semua (Toyota-Daihatsu, Suzuki, Honda, Nissan). Sementara nggak ada major breakthrough kecuali mesin dieselnya *yang juga nggak dipasarin dengan serius padahal potensinya besar*.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7370
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
wuling itu imbalanced eye focus
opthamology term: strabismus
kalo ini salah, benar kan saja
btw factory closedown ini satu bukti hanya major (japs) brands yg sanggup in-business in inefficient, multi-tax, low compliance small market...knp sy sebut small krn market potentiality yg jauh lbh besar drpd real market absorbent
satu hal yg mnrt sy kurang tepat adalah bikin market spec indo dg brasil sbg mirror nya...hrs nya india (brasil lbh cocok di samakan dg south african krn kedua nya adalah negara negara yg punya first&third world character secara bersamaan (blended)
smg lbh byk lagi yg pergi spy govt.indo tau bhw dgn inefficiency n multi tax policies indo tdk menarik lg u major investment shg pohon duit semakin berkurang
opthamology term: strabismus
kalo ini salah, benar kan saja
btw factory closedown ini satu bukti hanya major (japs) brands yg sanggup in-business in inefficient, multi-tax, low compliance small market...knp sy sebut small krn market potentiality yg jauh lbh besar drpd real market absorbent
satu hal yg mnrt sy kurang tepat adalah bikin market spec indo dg brasil sbg mirror nya...hrs nya india (brasil lbh cocok di samakan dg south african krn kedua nya adalah negara negara yg punya first&third world character secara bersamaan (blended)
smg lbh byk lagi yg pergi spy govt.indo tau bhw dgn inefficiency n multi tax policies indo tdk menarik lg u major investment shg pohon duit semakin berkurang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Wed Nov 20, 2013 5:53
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Gampang sekali menyerah nih GM padahal perusahaan besar lebih dari 75thn menjadi pabrikan NO:1 dunia. investasi $150jt utk mengaktifkan pabrik lama terlalu berani harusnya belajar dari sodara senegaranya ford yg blm mau buat pabrik di sini tetapi mendatangkan unit CBU dan fokus pada penjualan dan after sales service terlebih dahulu padahal sdh 15thn.
soal spin mungkin gm gk akan lepas tangan soal sparepart,service tapi mungkin dealer2 gm diprediksi byk yg tutup gk heran dimana penjualan menurun ditambah penutupan pabrik.ini jg terjadi di pabrikan jepang juga merk Sisusi byk dealer yg tutup karena penjualan menurun padahal pabriknya msh eksis.
soal spin mungkin gm gk akan lepas tangan soal sparepart,service tapi mungkin dealer2 gm diprediksi byk yg tutup gk heran dimana penjualan menurun ditambah penutupan pabrik.ini jg terjadi di pabrikan jepang juga merk Sisusi byk dealer yg tutup karena penjualan menurun padahal pabriknya msh eksis.
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
kalau saya sih melihatnya berbeda yahnewrubble wrote: smg lbh byk lagi yg pergi spy govt.indo tau bhw dgn inefficiency n multi tax policies indo tdk menarik lg u major investment shg pohon duit semakin berkurang
Justru pada situasi yang kurang kondusif, dimana banyak pemain yg belum masuk / nggak mau masuk, siapa yg duluan masuk atau yg bertahan, nanti pada saat situasi lebih baik, yg udah duluan exist posisinya ada di gerbong paling depan
kalo di saham dikenal "Buy on Rumour, Sell on News" (Rumour = masih dlm situasi yg belum pasti)
Sekitar sebulan terakhir iseng2 browse liat2 harga tanah di Labuan Bajo di internet......itu yg pada mau jual pasang harganya elelelelelellee.....gila2-an maneh......mengingat lokasi geografisnya, runway airport Komodo mau di extend ? Baru rencana......kapan realisasinya ya gak tahu
Tapi kalo nanti airportnya kalo udah bisa didaratin 737 / A320 dgn lancar yah.....yg udah masuk duluan menang telak dah..........saat ini aja di sana udah banyak dikuasain para spekulan dr kota besar
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Btw manuver GM yang lgs "Cut" pada project yg kurang untung apakah terkait dengan :
http://www.usatoday.com/story/money/car ... t/4043607/
mereka punya kewajiban sgt besar thd para kreditor yg dulu menyelamatkan mereka
Jadi mungkin program mereka bagaimana utk "main yg berbuah cepat" aja, kalo project2 yg mereka harus "napas panjang" dulu mending di Cut aja en alihkan dana ke project2 yg bisa "berbuah dengan cepat"
CMIIW
http://www.usatoday.com/story/money/car ... t/4043607/
mereka punya kewajiban sgt besar thd para kreditor yg dulu menyelamatkan mereka
Jadi mungkin program mereka bagaimana utk "main yg berbuah cepat" aja, kalo project2 yg mereka harus "napas panjang" dulu mending di Cut aja en alihkan dana ke project2 yg bisa "berbuah dengan cepat"
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3691
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Serena Cungkwograndis_GT wrote:Bukti chevy gak kuat bersaing di market lmpv , padahal spin not bad , tapi gak tau biaya srvice dan spare partnya
Hadeeh , makin bnyak aja merk" cina jualan di indo , itu nissan serena cungkwo gak laku dan gak jelas marketingnya
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7370
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
yg duluan masuk n bertahan blm tentu ada di first row n sy pernah buktikan dulu pt mmi saat awal y2k mrk mau pegang dealership chain AR jauh sblm garansindo dg share portion 50:50 dg AR global
saat AR global liat iinvestment regime indo yg tdk bagus n mrk pullout maka selesai sdh smua
direct investment tdk sama dg portfolio investment krn ada component yg namanya longterm scheme apalagi klao direct itu blended with speculation
dulu sy pernah diminta govt indo ttg LTDC di lombok punya tomi n mrkbtanya bagus diapakan n ssdh sy liat bgt byk land speculation sy advice spy tdk usah lanjut n bgt cancel maka land price rontok spt domino flip
saat AR global liat iinvestment regime indo yg tdk bagus n mrk pullout maka selesai sdh smua
direct investment tdk sama dg portfolio investment krn ada component yg namanya longterm scheme apalagi klao direct itu blended with speculation
dulu sy pernah diminta govt indo ttg LTDC di lombok punya tomi n mrkbtanya bagus diapakan n ssdh sy liat bgt byk land speculation sy advice spy tdk usah lanjut n bgt cancel maka land price rontok spt domino flip
Turboman wrote:
kalau saya sih melihatnya berbeda yah
Justru pada situasi yang kurang kondusif, dimana ...
g duluan masuk atau yg bertahan, nanti pada saat situasi lebih baik, yg udah duluan exist posisinya ada di
kalo di saham dikenal "Buy on Rumour, Sell on News" (Rumour = masih dlm situasi yg belum pasti)
Sekitar sebulan terakhir iseng2 browse liat2 harga tanah di Labuan Bajo di internet......itu yg pada mau jual pasang harganya elelelelelellee.....gila2-an maneh......mengingat lokasi geografisnya, runway airport Komodo mau di extend ? Baru rencana......kapan realisasinya ya gak tahu
Tapi kalo nanti airportnya kalo udah bisa didaratin 737 / A320 dgn lancar yah.....yg udah masuk duluan menang telak dah..........saat ini aja di sana udah banyak dikuasain para spekulan dr kota besar
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 785
- Joined: Sat May 17, 2014 23:11
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Sepertinya Mazda Indo layak dicontoh sebagai brand yang berhasil comeback.
Tulang punggung penjualan ada di hatchback mini MPV Mazda2.
Brand image, after sales, resale value, ada di tangan Jazz dan Yaris.
Kebetulan om Jonfis sangat pelit fitur dan jualannya mahal.
Disitu Mazda2 ambil celah.
Chevi Aveo walau ganteng tapi fiturnya biasa aja, begitu pula performa dan built quality-nya.
Low MPV Mazda VX1 gagal total.
Harusnya pabrikan yg blm kuat gak usah coba-coba maen disini kl gak punya produk yg bnr2 bagus-sempurna.
Spin juga gak kuat lawan Mobilio RS yg ganteng dan irit.
SUV medium Mazda CX5 bisa berbicara karena Skyactiv-nya.
Branding teknologi global Skyactiv sangat menjual karena terbukti irit dan performanya bagus.
Chevy gak punya faktor itu di Captiva.
Pada akhirnya faktor utama dari kegagalan Chevy ya karena gak punya produk yang spesial.
Mereka punya produk bagus, tapi gak spesial.
Kl saya disana, mungkin dari awal jualan Spin Diesel semua tanpa varian bensin.
Sasar konsumen dengan paradigma dan bukti diesel dari dulu irit, yang modern makin irit dan powerful.
Sasar marketnya Panther yg sdh ditinggalkan pesaing.
Tanamkan dlm benak masyarakat:
Spin itu LMPV super irit, diesel modern, gak kluarin asap hitam.
Itu yang dijadikan pembeda dan selling point.
Apalagi pesaing blm ada yg brani lauching diesel disini.
Tulang punggung penjualan ada di hatchback mini MPV Mazda2.
Brand image, after sales, resale value, ada di tangan Jazz dan Yaris.
Kebetulan om Jonfis sangat pelit fitur dan jualannya mahal.
Disitu Mazda2 ambil celah.
Chevi Aveo walau ganteng tapi fiturnya biasa aja, begitu pula performa dan built quality-nya.
Low MPV Mazda VX1 gagal total.
Harusnya pabrikan yg blm kuat gak usah coba-coba maen disini kl gak punya produk yg bnr2 bagus-sempurna.
Spin juga gak kuat lawan Mobilio RS yg ganteng dan irit.
SUV medium Mazda CX5 bisa berbicara karena Skyactiv-nya.
Branding teknologi global Skyactiv sangat menjual karena terbukti irit dan performanya bagus.
Chevy gak punya faktor itu di Captiva.
Pada akhirnya faktor utama dari kegagalan Chevy ya karena gak punya produk yang spesial.
Mereka punya produk bagus, tapi gak spesial.
Kl saya disana, mungkin dari awal jualan Spin Diesel semua tanpa varian bensin.
Sasar konsumen dengan paradigma dan bukti diesel dari dulu irit, yang modern makin irit dan powerful.
Sasar marketnya Panther yg sdh ditinggalkan pesaing.
Tanamkan dlm benak masyarakat:
Spin itu LMPV super irit, diesel modern, gak kluarin asap hitam.
Itu yang dijadikan pembeda dan selling point.
Apalagi pesaing blm ada yg brani lauching diesel disini.
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
Berarti kasus yg AR Global itu mah termasuk yang "nggak mampu bertahan" atuh um........gugur di tengah jalan......hehehehnewrubble wrote:yg duluan masuk n bertahan blm tentu ada di first row n sy pernah buktikan dulu pt mmi saat awal y2k mrk mau pegang dealership chain AR jauh sblm garansindo dg share portion 50:50 dg AR global
saat AR global liat iinvestment regime indo yg tdk bagus n mrk pullout maka selesai sdh smua
direct investment tdk sama dg portfolio investment krn ada component yg namanya longterm scheme apalagi klao direct itu blended with speculation
dulu sy pernah diminta govt indo ttg LTDC di lombok punya tomi n mrkbtanya bagus diapakan n ssdh sy liat bgt byk land speculation sy advice spy tdk usah lanjut n bgt cancel maka land price rontok spt domino flip
Ya banyak sii ATPM jatuh bangun.......Fiat & Alfa Romeo dulu berjaya era 70 an trus ngilang.......Fiat masuk2 lagi dgn Astra dgn Uno-nya, gak berhasil, ilang lagi.......skg masuk lagi dgn Garansindo gak ngerti juga gimana........hehehe
Trus Subaru juga era 70 an pernah jaya......trus ilang.......trus Motor Image bawa lagi...eeee skg kenak kasus pajak pulak......ckckckckckckck
VW juga dulu jaya en sempet ilang lama.......
Fiat, Subaru & Alfa Romeo ya pasti um NR kenal dgn para owner ATPM-nya.....heehhehehe
Kalo saya pribadi salut dgn para ATPM / Perusahaan2 yang dari zaman dulu terus exist hingga hari ini, "susah - senang" terus dilewatin dgn konsisten & tidak mudah menyerah.......saya ingat bagaimana dulu saham ASII yg drop saat munculnya Timor sbg MobNas......ee abis itu badai KrisMon, saham ASII sempat di bawah 300 perak th 98, saat ini saham ASII bernilai 78.000 an (jika dihitung tanpa stock split).......
Ya sih land speculation ya para pemain biasanya udah pada siap dgn resiko-nya.......kayak Teluk Naga dulu juga udah banyak yg ambil, en gak ada progress entah gimana tuh yg udah pada beli lahan....juga di Jonggol.....wkwkwkwkwkw
Tapi memang yg namanya bisnis ya perlu sebuah keberanian juga si..........
*Sekedar opini pribadi ajah*
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Usai Indonesia, GM Juga Tutup Pabrik Chevrolet di Thailand
Usai Indonesia, GM Juga Tutup Pabrik Chevrolet di Thailand
http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... i-thailand
Nahhh....jadi jelaslah sudah, memang sudah policy mereka dan bukan akibat tidak kondusifnya iklim investasi dimana pabrik2 mereka berada
saya pribadi sgt setuju dgn yg um newrubble katakan bahwa semestinya utk develop mobil di Indonesia, mereka harus benchmarking ke India instead of Brazil
IMO
http://otomotif.news.viva.co.id/news/re ... i-thailand
Nahhh....jadi jelaslah sudah, memang sudah policy mereka dan bukan akibat tidak kondusifnya iklim investasi dimana pabrik2 mereka berada
saya pribadi sgt setuju dgn yg um newrubble katakan bahwa semestinya utk develop mobil di Indonesia, mereka harus benchmarking ke India instead of Brazil
IMO
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
IMO kesalahan besar Chevy itu Spin Diesel ga ada yg A/T, makanya varian diesel kurang laku sampe tahun lalu mau di-stop; sama bangku row 2 yang ga bisa recline/ slide (padahal ini urusan gampang buat chevy).andrijet wrote: Kl saya disana, mungkin dari awal jualan Spin Diesel semua tanpa varian bensin.
Sasar konsumen dengan paradigma dan bukti diesel dari dulu irit, yang modern makin irit dan powerful.
Sasar marketnya Panther yg sdh ditinggalkan pesaing.
Tanamkan dlm benak masyarakat:
Spin itu LMPV super irit, diesel modern, gak kluarin asap hitam.
Itu yang dijadikan pembeda dan selling point.
Apalagi pesaing blm ada yg brani lauching diesel disini.
Dari awal launch 2013 sudah bisa diprediksi nasibnya bakal suram, soalnya tahun 2014 muncul mobilio, terbukti tahun 2013 terjual 18.416 unit (padahal baru mulai jualan pada Q3 2013) dan di 2014 hanya 7.475 unit (http://oto.detik.com/read/2015/02/27/18 ... pin#bigpic). Jangankan Spin, GL aja yang bertahun-tahun laku di Indonesia langsung keok sama Mobilio.
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pabrik GM di Indonesia akhirnya ditutup pada akhir Juni 2015 mendatang
nah setuju sekali, kesalahan branding Spin adalah, yang ditonjolin bukan apa yang spesial dari Spin itu sendiri.andrijet wrote: SUV medium Mazda CX5 bisa berbicara karena Skyactiv-nya.
Branding teknologi global Skyactiv sangat menjual karena terbukti irit dan performanya bagus.
Chevy gak punya faktor itu di Captiva.
Pada akhirnya faktor utama dari kegagalan Chevy ya karena gak punya produk yang spesial.
Mereka punya produk bagus, tapi gak spesial.
Kl saya disana, mungkin dari awal jualan Spin Diesel semua tanpa varian bensin.
Sasar konsumen dengan paradigma dan bukti diesel dari dulu irit, yang modern makin irit dan powerful.
Sasar marketnya Panther yg sdh ditinggalkan pesaing.
Tanamkan dlm benak masyarakat:
Spin itu LMPV super irit, diesel modern, gak kluarin asap hitam.
Itu yang dijadikan pembeda dan selling point.
Apalagi pesaing blm ada yg brani lauching diesel disini.
Spin punya varian diesel tapi marketingnya payah, mesin diesel gak pernah disebut sebagai selling pointnya, malah gimmick nggak penting dan aksesoris geje di Spin Activ doang yang ditonjolin, itupun Spin Activ cuma dikasih varian bensin.
Space? Spin kalah telak sama Mobilio dan Avanza, reliability jelas kalah sama Avanza, aftersales apalagi babak belur Chevy. Apa yang bagus dari Spin? Mesin bensin 1.5 Liter dengan suara yang enak dan transmisi 6-speed, siapa yang butuh itu di LMPV? Okelah kalau ane dan modcing yang belom berkeluarga mungkin pilih Spin, tapi kalau yang udah berkeluarga? Only few of them focused on this. Jok baris kedua nggak enak, tipis. Row 3 sempit, Chevrolet lagi. Mereka di Amrik besar, di Indonesia bagi sebagian orang awam, Chevrolet tuh merek apa ya?
Branding diesel mereka hampir berhasil di Captiva Diesel, sayangnya aftersales berantakan dan reliability produk kurang bagus bikin Captiva pelan-pelan ditinggalkan.
Produk bagus tapi gak spesial, sama kayak yang dialami Mitsubishi dengan Mirage, OS, dan PasSport. Babak belur dihajar kompetitor sampe obral diskon walaupun baru launching. Untungnya mereka bisa survive dengan penjualan fleetnya (L300, Tisoss, Colt Diesel).
Suzuki masih lumayan survive karena produknya simple, reliable, dan value for money. Nissan udah mulai ngap-ngapan, GL, March,Juke,X-Trail hancur dibabat rival-rivalnya. Duo pabrikan Korea ? Mampus, harga mahal gak ketulungan, Aftersales belum teruji, gak inovatif, menang desain thok. China? Matek.
Kesalahan beberapa merek "aneh" di Indonesia adalah berpikir bahwa Indonesia cuma Jakarta dan Surabaya thok. Padahal banyak masyarakat di luar Jakarta dan Surabaya yang belom terbuka sama merek-merek aneh. Harus dikasih "rangsangan" biar tertarik. Ya kan, pabrikan manapun research nya di Jakarta, Jakarta, Jakarta lagi. Ngga pernah kan ada pabrikan research nya di pelosok yang penduduknya ngerti mobil cuma Avanza dan Kijang?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7