Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
dhany760
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 16 Jan 2020, 21:25
Location: Tulungagung
Daily Vehicle: Innova Diesel V MT

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by dhany760 »

Turboman wrote:
15 Jan 2020, 10:56
Ngasi additip anti oxidant ke BioDiesel itu harusnya tugas produsen BioDiesel

bukan kita
berarti kayak primo nitro diesel rekomended ya om? soalnya kan ada parafin nya juga
dan kalau dibandingkan dengan PSDK dan PTT DFC lebih rekomended mana?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20499
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Turboman »

dhany760 wrote:
Turboman wrote:
15 Jan 2020, 10:56
Ngasi additip anti oxidant ke BioDiesel itu harusnya tugas produsen BioDiesel

bukan kita
berarti kayak primo nitro diesel rekomended ya om? soalnya kan ada parafin nya juga
dan kalau dibandingkan dengan PSDK dan PTT DFC lebih rekomended mana?
additip apa aja bebas asal bentuk Liquid & ada MSDS

Biasa additip solar ada zat
- Detergent
- Cetane boost (EHN 2)
- Zat pelumas nya


dhany760
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 16 Jan 2020, 21:25
Location: Tulungagung
Daily Vehicle: Innova Diesel V MT

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by dhany760 »

Turboman wrote:
17 Jan 2020, 10:47
additip apa aja bebas asal bentuk Liquid & ada MSDS

Biasa additip solar ada zat
- Detergent
- Cetane boost (EHN 2)
- Zat pelumas nya
Oke om....
Untuk takaran PSDK sesuai anjuran om Turbo kan biar optimal 200ml = 50 L (min. 150ml = 50 L)
Kalau PTT DFC takaran optimalnya berapa ya? Aku cari2 kok belum nemu
Top

utrid
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: 31 Jan 2019, 14:15

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by utrid »

ginting wrote:
05 Jan 2020, 22:55
Suryaputra wrote:Di ACE Hardware

Image

Image
Saya dua hari lalu beli di ACE sumarecon bekasi 3 botol.
Saya isi 1/3 botol utk full tank
Numpang nanya om2x,

Aditif diatas apakah ada kadaluarsanya ? :big_think:
Baik yg masih blm dibuka (tersegel rapi) atau yg sdh dibuka tp tertutup rapat.
Bukan soal masalah harganya, tapi ingin tahu msh bisa dipakai atau tidak.
Secara habis bongkar gudang dan menemukan aditif diatas (estimasi tersimpan 4-5 thn).

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20499
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Turboman »

dhany760 wrote:
Turboman wrote:
17 Jan 2020, 10:47
additip apa aja bebas asal bentuk Liquid & ada MSDS

Biasa additip solar ada zat
- Detergent
- Cetane boost (EHN 2)
- Zat pelumas nya
Oke om....
Untuk takaran PSDK sesuai anjuran om Turbo kan biar optimal 200ml = 50 L (min. 150ml = 50 L)
Kalau PTT DFC takaran optimalnya berapa ya? Aku cari2 kok belum nemu
Top
1 kaleng utk 50 - 70 L kalo B30

wkwkwkwk

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3792
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by ginting »

utrid wrote:
21 Jan 2020, 14:58
ginting wrote:
05 Jan 2020, 22:55
Suryaputra wrote:Di ACE Hardware

Image

Image
Saya dua hari lalu beli di ACE sumarecon bekasi 3 botol.
Saya isi 1/3 botol utk full tank
Numpang nanya om2x,

Aditif diatas apakah ada kadaluarsanya ? :big_think:
Baik yg masih blm dibuka (tersegel rapi) atau yg sdh dibuka tp tertutup rapat.
Bukan soal masalah harganya, tapi ingin tahu msh bisa dipakai atau tidak.
Secara habis bongkar gudang dan menemukan aditif diatas (estimasi tersimpan 4-5 thn).
waduh, saya gak hafal oom.
mungkin bisa cek ada expiry date atau tidak.
kalau tidak ada, maka silahkan oom beli 1 botol yg baru lalu cium dan bandingkan dengan botol yg lama. kalau masih sama baunya dan sama phisical appearance (warna, gumpal atau kagak) maka harusnya aman.

arnold911
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: 08 Oct 2019, 13:07
Daily Vehicle: Toyota Fortuner VNT 2013

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by arnold911 »

Turboman wrote:
15 Jan 2020, 01:17
Aneka zat penting pada additive Solar utk keperluan penggunaan pada B20 / B30

Karena BioDiesel FAME ini sgt mudah teroksidasi dan bikin endapan, maka berikut zat zat penting yang diperlukan guna mendukung kinerja mesin Diesel

Yang paling dasar adalah zat Detergent & dispersant, yg biasa tertulis di MSDS di antaranya :
- Cyclo paraffin
- Napthalene
- senyawa Aromatic tertentu (sbg solvent juga)
- Mineral spirit / Stoddard solvent
- Senyawa Succinimide

Biasanya di berbagai additip solar bentuk liquid ada zat2 tsb (mininal salah 1 nya)

Ada lagi additip solar yang mengandung zat zat BioDiesel Antioxidant, biasanya senyawa senyawa Phenol spt DTBP / BHT / BHA / TBHQ dll, additip jenis ini berguna jika BioDiesel disimpan dalam jangka panjang, agar FAME nya tidak mudah teroksidasi

FAME = Fatty Acid Methyl Ester

Catatan :
Terkecuali BioDiesel Hydrogenated alias Renewable Diesel itu gak perlu macam2 additip krn struktur nya ISO PARAFFIN C15 - 18 sifatnya Stabil

Demikian sharing & monggo utk lengkapi tulisan di atas jika ada dirasa ada yg kurang







images%20-%202020-01-15T005615.759.jpeg
Om turbo mw nanya donk dengan muncul nya B30 gmn nih ? Ada step2 khusus spy performance mesin selalu terjaga ? Katanya bikin tenaga mesin kurang oke ..

Trs gmn spy aman utk injektor ? Selain sering ganti filter solar ? Apa perlu di mix dgn DexLite ?

Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: 27 Sep 2012, 04:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Leonhart »

arnold911 wrote:
23 Jan 2020, 00:55
Turboman wrote:
15 Jan 2020, 01:17
Aneka zat penting pada additive Solar utk keperluan penggunaan pada B20 / B30

Karena BioDiesel FAME ini sgt mudah teroksidasi dan bikin endapan, maka berikut zat zat penting yang diperlukan guna mendukung kinerja mesin Diesel

Yang paling dasar adalah zat Detergent & dispersant, yg biasa tertulis di MSDS di antaranya :
- Cyclo paraffin
- Napthalene
- senyawa Aromatic tertentu (sbg solvent juga)
- Mineral spirit / Stoddard solvent
- Senyawa Succinimide

Biasanya di berbagai additip solar bentuk liquid ada zat2 tsb (mininal salah 1 nya)

Ada lagi additip solar yang mengandung zat zat BioDiesel Antioxidant, biasanya senyawa senyawa Phenol spt DTBP / BHT / BHA / TBHQ dll, additip jenis ini berguna jika BioDiesel disimpan dalam jangka panjang, agar FAME nya tidak mudah teroksidasi

FAME = Fatty Acid Methyl Ester

Catatan :
Terkecuali BioDiesel Hydrogenated alias Renewable Diesel itu gak perlu macam2 additip krn struktur nya ISO PARAFFIN C15 - 18 sifatnya Stabil

Demikian sharing & monggo utk lengkapi tulisan di atas jika ada dirasa ada yg kurang







images%20-%202020-01-15T005615.759.jpeg
Om turbo mw nanya donk dengan muncul nya B30 gmn nih ? Ada step2 khusus spy performance mesin selalu terjaga ? Katanya bikin tenaga mesin kurang oke ..

Trs gmn spy aman utk injektor ? Selain sering ganti filter solar ? Apa perlu di mix dgn DexLite ?

Mgkin additivenya ditambah
Dan pastinya ganti filter solar lebih sering
Mgkin 3-4 bulan sekali udah ganti

Btw dexlite sama aja kyk biosol om b30 jg dia ntar

Mgkin mix dengan pertadex lbh masuk akal

dhany760
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 16 Jan 2020, 21:25
Location: Tulungagung
Daily Vehicle: Innova Diesel V MT

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by dhany760 »

Turboman wrote:
21 Jan 2020, 16:55
1 kaleng utk 50 - 70 L kalo B30

wkwkwkwk
Jadi nya kurleb 1 kaleng untuk fulltank b30 ya....

Oke2 makasih infonya om...

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3010
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by sintoni »

Redline CSFC sama Amsoil PI kalau harga mirip2 mending mana ya?

Ane liat ukuran juga mirip.

Untuk bersihin saluran bahan bakar aja sih.

User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1326
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Suryaputra »

sintoni wrote:
29 Jan 2020, 21:27
Redline CSFC sama Amsoil PI kalau harga mirip2 mending mana ya?

Ane liat ukuran juga mirip.

Untuk bersihin saluran bahan bakar aja sih.
amsoil PI untuk performance improver dan maintain fuel line sampai injector dan ruang bakar bersih.

klo RL fokus untuk bersihin / maintain fuel line - injector + ruang bakar bersih + lubricate upper piston.

coba ajah dua2nya.

dosis awal stgh botol untuk tangki 30-40 liter,
selanjutnya 1-2ml per 1 liter pertamax untuk tetap jaga ruang bakar bersih.

klo pk pertalite or bbm subsidi, yah lebihin lah dosisnya dikit.
*Colek Me if I'm Wrong

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3010
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by sintoni »

Suryaputra wrote:
29 Jan 2020, 22:02
sintoni wrote:
29 Jan 2020, 21:27
Redline CSFC sama Amsoil PI kalau harga mirip2 mending mana ya?

Ane liat ukuran juga mirip.

Untuk bersihin saluran bahan bakar aja sih.
amsoil PI untuk performance improver dan maintain fuel line sampai injector dan ruang bakar bersih.

klo RL fokus untuk bersihin / maintain fuel line - injector + ruang bakar bersih + lubricate upper piston.

coba ajah dua2nya.

dosis awal stgh botol untuk tangki 30-40 liter,
selanjutnya 1-2ml per 1 liter pertamax untuk tetap jaga ruang bakar bersih.

klo pk pertalite or bbm subsidi, yah lebihin lah dosisnya dikit.
Ini bensin campur2 Premium kadang Pertalite sih om.

Mungkin lgsg tuang 1 botol aja kali ya.

User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1326
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Suryaputra »

sintoni wrote:
29 Jan 2020, 22:08
Suryaputra wrote:
29 Jan 2020, 22:02
sintoni wrote:
29 Jan 2020, 21:27
Redline CSFC sama Amsoil PI kalau harga mirip2 mending mana ya?

Ane liat ukuran juga mirip.

Untuk bersihin saluran bahan bakar aja sih.
amsoil PI untuk performance improver dan maintain fuel line sampai injector dan ruang bakar bersih.

klo RL fokus untuk bersihin / maintain fuel line - injector + ruang bakar bersih + lubricate upper piston.

coba ajah dua2nya.

dosis awal stgh botol untuk tangki 30-40 liter,
selanjutnya 1-2ml per 1 liter pertamax untuk tetap jaga ruang bakar bersih.

klo pk pertalite or bbm subsidi, yah lebihin lah dosisnya dikit.
Ini bensin campur2 Premium kadang Pertalite sih om.

Mungkin lgsg tuang 1 botol aja kali ya.
iya itu bbm minim aditif soalnya.. hahaha :mky_01:
*Colek Me if I'm Wrong

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1374
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by josomba »

sintoni wrote:
29 Jan 2020, 21:27
Redline CSFC sama Amsoil PI kalau harga mirip2 mending mana ya?

Ane liat ukuran juga mirip.

Untuk bersihin saluran bahan bakar aja sih.
Kalau butt-o-meter owe untuk tarikan dan intip combust chamber pake boroscope, lebih bersih redline ya.

Ni taun lalu pernah bandingin
20200130_060655-picsay.jpg
Awalnya full carbon, kasi redline 20-30% area menipis karbonnya. Tapi pas abis liquimoly jetronic d toda, jd jauh lebi bersih lg (ini 2 bulan sesudah pake redline). Yg gambar habis dr toda ntuh piston lg naik (males owe puter2 turunin), moon maap jd zoom banget.

Yg abis pake amsoil lupa foto
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image

dhany760
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 16 Jan 2020, 21:25
Location: Tulungagung
Daily Vehicle: Innova Diesel V MT

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by dhany760 »

Permisi....

Mau tanya, kira2 antar aditif buat solar apa bisa dicampur ya? Soalnya kemarin saya barusan beli PTT DFC buat 2KD, tapi ternyata pas bongkar2 lemari nemu Norival Diesel yg belum kepakai...
Kepikiran mau saya campur antara PTT DFC + Norival diesel, tapi untuk takarannya kira2 ada yg tau masing2 berapa gitu?

Thanks

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3010
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by sintoni »

Suryaputra wrote:
29 Jan 2020, 22:36

iya itu bbm minim aditif soalnya.. hahaha :mky_01:
Makasih om. Hehe.
josomba wrote:
30 Jan 2020, 06:10

Kalau butt-o-meter owe untuk tarikan dan intip combust chamber pake boroscope, lebih bersih redline ya.

Ni taun lalu pernah bandingin
20200130_060655-picsay.jpg
Awalnya full carbon, kasi redline 20-30% area menipis karbonnya. Tapi pas abis liquimoly jetronic d toda, jd jauh lebi bersih lg (ini 2 bulan sesudah pake redline). Yg gambar habis dr toda ntuh piston lg naik (males owe puter2 turunin), moon maap jd zoom banget.

Yg abis pake amsoil lupa foto
Hmm itu cuma pake 1 botol RL aja om?

User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1374
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by josomba »

sintoni wrote:
30 Jan 2020, 10:22

Hmm itu cuma pake 1 botol RL aja om?
Iyes itu masukin 1 botol RL di kondisi tangki sisa 1/3, pake jalan sekitaran 200km terus cek lg
Image

Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: 01 Mar 2018, 13:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Boeds »

sintoni wrote:Redline CSFC sama Amsoil PI kalau harga mirip2 mending mana ya?

Ane liat ukuran juga mirip.

Untuk bersihin saluran bahan bakar aja sih.
Kalo di ertiga 2012, amsoil jauh lebih nendang dibanding redline.
Dosis 1/2 botol utk full tank 45L.

Sekarang nurunin ke 1/3 botol, masih lumayan kerasa. Harusnya buat maintain saja sudah cukup.

Amsoil lagi diskon 20%, harganya selisih dikit sama redline.
Kalo saya, akan pilih amsoil.
Btw, kemarim lihat amsoil di ace jauh lebih bening, mungkin stok baru masuk

IMG-20200130-WA0005.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1326
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Suryaputra »

Boeds wrote:
30 Jan 2020, 11:43
sintoni wrote:Redline CSFC sama Amsoil PI kalau harga mirip2 mending mana ya?

Ane liat ukuran juga mirip.

Untuk bersihin saluran bahan bakar aja sih.
Kalo di ertiga 2012, amsoil jauh lebih nendang dibanding redline.
Dosis 1/2 botol utk full tank 45L.

Sekarang nurunin ke 1/3 botol, masih lumayan kerasa. Harusnya buat maintain saja sudah cukup.

Amsoil lagi diskon 20%, harganya selisih dikit sama redline.
Kalo saya, akan pilih amsoil.
Btw, kemarim lihat amsoil di ace jauh lebih bening, mungkin stok baru masuk


IMG-20200130-WA0005.jpg
ya beda tujuan.
yg satu performance improver.
yg satu buat bersihin.

gak bs dapat dua2nya dalam satu paket.
untuk bersihin, si amsoil PI belum tentu sebagus redline.
dan sebaliknya jg gtu.

jd ini aditif sebetulnya gak apple to apple :ungg:

imho, klo buat naikin performa, mending selisihnya bisa buat upgrade bbm RON 90 ke RON 92.
atau RON 92 ke bbm ron 95 or 98 pertaturbo.
lbh berasa efeknya.

dan udh pakai bbm bagus dikasih redline.
jadi dah sepaket :ngacir:
*Colek Me if I'm Wrong

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3010
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: Yaris

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by sintoni »

Suryaputra wrote:
30 Jan 2020, 12:30
Boeds wrote:
30 Jan 2020, 11:43
sintoni wrote:Redline CSFC sama Amsoil PI kalau harga mirip2 mending mana ya?

Ane liat ukuran juga mirip.

Untuk bersihin saluran bahan bakar aja sih.
Kalo di ertiga 2012, amsoil jauh lebih nendang dibanding redline.
Dosis 1/2 botol utk full tank 45L.

Sekarang nurunin ke 1/3 botol, masih lumayan kerasa. Harusnya buat maintain saja sudah cukup.

Amsoil lagi diskon 20%, harganya selisih dikit sama redline.
Kalo saya, akan pilih amsoil.
Btw, kemarim lihat amsoil di ace jauh lebih bening, mungkin stok baru masuk


IMG-20200130-WA0005.jpg
ya beda tujuan.
yg satu performance improver.
yg satu buat bersihin.

gak bs dapat dua2nya dalam satu paket.
untuk bersihin, si amsoil PI belum tentu sebagus redline.
dan sebaliknya jg gtu.

jd ini aditif sebetulnya gak apple to apple :ungg:

imho, klo buat naikin performa, mending selisihnya bisa buat upgrade bbm RON 90 ke RON 92.
atau RON 92 ke bbm ron 95 or 98 pertaturbo.
lbh berasa efeknya.

dan udh pakai bbm bagus dikasih redline.
jadi dah sepaket :ngacir:
Ane bandingin keduanya soalnya emang harganya lagi mirip om.

Terus jg soalnya baca2 kalau keduanya punya kandungan PEA, nah karena itu jadi tergelitik mau beli salah satu buat dipake di mobil ane begitu.

Walau sama2 ada kandungan PEA, pengen tahu worthed yang mana, secara bisa beda di aditif lain kan. Hehe.

Lebih pengen cari aditif yang bersih2nya lebih bagus. Hehe.

User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1326
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Suryaputra »

sintoni wrote:
30 Jan 2020, 14:53
Suryaputra wrote:
30 Jan 2020, 12:30
Boeds wrote:
30 Jan 2020, 11:43
Kalo di ertiga 2012, amsoil jauh lebih nendang dibanding redline.
Dosis 1/2 botol utk full tank 45L.

Sekarang nurunin ke 1/3 botol, masih lumayan kerasa. Harusnya buat maintain saja sudah cukup.

Amsoil lagi diskon 20%, harganya selisih dikit sama redline.
Kalo saya, akan pilih amsoil.
Btw, kemarim lihat amsoil di ace jauh lebih bening, mungkin stok baru masuk


IMG-20200130-WA0005.jpg
ya beda tujuan.
yg satu performance improver.
yg satu buat bersihin.

gak bs dapat dua2nya dalam satu paket.
untuk bersihin, si amsoil PI belum tentu sebagus redline.
dan sebaliknya jg gtu.

jd ini aditif sebetulnya gak apple to apple :ungg:

imho, klo buat naikin performa, mending selisihnya bisa buat upgrade bbm RON 90 ke RON 92.
atau RON 92 ke bbm ron 95 or 98 pertaturbo.
lbh berasa efeknya.

dan udh pakai bbm bagus dikasih redline.
jadi dah sepaket :ngacir:
Ane bandingin keduanya soalnya emang harganya lagi mirip om.

Terus jg soalnya baca2 kalau keduanya punya kandungan PEA, nah karena itu jadi tergelitik mau beli salah satu buat dipake di mobil ane begitu.

Walau sama2 ada kandungan PEA, pengen tahu worthed yang mana, secara bisa beda di aditif lain kan. Hehe.

Lebih pengen cari aditif yang bersih2nya lebih bagus. Hehe.
iya harga emg mirip, om.
cuman RL lbh banyak 90 ml-an kan hahahaha.

klo di mobilio saya, dah nyoba macam2 aditif bbm, bedanya gak terasa scr butt-meter dgn RL CFSC.
namun krn formulasinya untuk fokus maintenance daleman mesin bersih & isinya 443ml cukup banyak, jd saya pilih RL.

lbh berasa klo sy pakai RON 98 vs RON 92 wkwkwkwkwkw.
apalagi harga masih under 10rb :mrgreen:

trus tuang 1ml RL / 1 liter pertaturbo, mantulll :ngacir:

____________________________________________________________________________________

btw buat referensi yg galau milih RL CFSC or AMS PI : https://www.bobistheoilguy.com/forums/u ... /1191253/2
*Colek Me if I'm Wrong

Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: 01 Mar 2018, 13:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Boeds »

Suryaputra wrote:
Boeds wrote:
30 Jan 2020, 11:43
sintoni wrote:Redline CSFC sama Amsoil PI kalau harga mirip2 mending mana ya?

Ane liat ukuran juga mirip.

Untuk bersihin saluran bahan bakar aja sih.
Kalo di ertiga 2012, amsoil jauh lebih nendang dibanding redline.
Dosis 1/2 botol utk full tank 45L.

Sekarang nurunin ke 1/3 botol, masih lumayan kerasa. Harusnya buat maintain saja sudah cukup.

Amsoil lagi diskon 20%, harganya selisih dikit sama redline.
Kalo saya, akan pilih amsoil.
Btw, kemarim lihat amsoil di ace jauh lebih bening, mungkin stok baru masuk


IMG-20200130-WA0005.jpg
ya beda tujuan.
yg satu performance improver.
yg satu buat bersihin.

gak bs dapat dua2nya dalam satu paket.
untuk bersihin, si amsoil PI belum tentu sebagus redline.
dan sebaliknya jg gtu.

jd ini aditif sebetulnya gak apple to apple :ungg:

imho, klo buat naikin performa, mending selisihnya bisa buat upgrade bbm RON 90 ke RON 92.
atau RON 92 ke bbm ron 95 or 98 pertaturbo.
lbh berasa efeknya.

dan udh pakai bbm bagus dikasih redline.
jadi dah sepaket :ngacir:
Itu kan hanya namanya saja performa improver, bukan berarti kandungannya tanpa deterjen.
kalo lihat kandungan di label amsoil pi, jelas tertulis mengandung deterjen. Kemarin ada yg bandingin pds nya, PEA (deterjen kuat tahan suhu tinggi) di amsoil lebih banyak.
Google aja, ada gambaran kondisi deposit karbon di ruang bakar sebelum dan setelah aplikasi amsoil pi.

Ya, silahkan dicoba saja, belum tentu di kendaraan lain hasilnya sama. Tadi saya kan sudah bilang, itu kalo di ertiga 2012 yg saya pakai selama ini.

Mau pertamax atau bahkan pertamax turbo sekalipun ga bisa mengalahkan enaknya tarikan bbm premium saja + 1/2 botol amsoil pi di ertiga 2012 ane. Sudah dicoba. Kok bisa gitu? Ga tau juga... Image
Entah itu efek kondisi internal mesin yg lebih bersih atau memang ada kandungan lain yg mengimprove tarikannya...



User avatar
Suryaputra
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1326
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Suryaputra »

ya memang beda mesin, beda hasil.
lagipula untuk k14b ertiga gak butuh oktan tinggi, RON 90 aja udh cukup banget, tinggal tambah aditif deterjen.

cocok2an :ngacir:
*Colek Me if I'm Wrong

albertusac
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: 27 Feb 2018, 05:50

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by albertusac »

Turboman wrote:
17 Jan 2020, 10:47
dhany760 wrote:
Turboman wrote:
15 Jan 2020, 10:56
Ngasi additip anti oxidant ke BioDiesel itu harusnya tugas produsen BioDiesel

bukan kita
berarti kayak primo nitro diesel rekomended ya om? soalnya kan ada parafin nya juga
dan kalau dibandingkan dengan PSDK dan PTT DFC lebih rekomended mana?
additip apa aja bebas asal bentuk Liquid & ada MSDS

Biasa additip solar ada zat
- Detergent
- Cetane boost (EHN 2)
- Zat pelumas nya
om Turbo, PTT kan di MSDS nya ngawang2 tuh cuma 75:25 solar:aditif. Dan selama ini baru pakai PTT aja sih, apa ada lubricity improver-nya? Kok dirasa keset yah? :big_think:

Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 399
Joined: 01 Mar 2018, 13:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Boeds »

Betul om...cocok²an.

Besok saya mau coba ke ecotec turbo, spt apa responnya. Sudah stok amsoil 1 lusinan di rumah.

Saya pernah masukin 1/2 botol redline cfsc efeknya hampir ga kerasa. Padahal secara volume lebih banyak dr amsoil.
Mungkin di mesin lain bisa lebih nendang. Intinya harus nyobalah... kalo udah jadi kesimpulan, silahkan diteruskan cara yg sama.

Contoh lain, di trailblazer, pakai cn booster ga pernah cocok, ga terlalu ngerasa ada bedanya, yg ada mesin getar² lebih kasar. Tapi banyak jg yg suka/cocok.


Post Reply