perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 13 Apr 2014, 10:34

doq wrote:Woooo ada oom wongcilik :D pakabar oom?
Waktu stater bunyi "keekkk.......keekkm" coba liat kap mesin deh, cucu nya lg ada deket situ ga manggil2 kakek nya? :e-think:

:ngacir:
ferrrr....ane off lg yahhh.....nanti klo ada yg manggil2 ane lg, tlg kasi kabar aja yahhh.....

:thanks:

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9501
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by doq » 13 Apr 2014, 11:16

Nick nya mesti diganti nih; sjamsul simatupang..........siang nalam tunggu panggilan :e-think: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator

User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: 17 Aug 2008, 08:01

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by wongcilik » 13 Apr 2014, 12:29

sjamsul wrote:
wongcilik wrote:Mohon pencerahan, para senior/expert, mas bro sjamsul and mas bro poeticmind :)

Ini tentang kabel apa saja yg terhubung di kutub positif dan negatif aki mobil Katana SJ410.
Waktu mobilnya aku panas-kan di pagi hari, mobilnya batuk batuk, aku pikir businya mungkin perlu diganti (memang sudah lama belum diganti),
kabel-kabel akinya aku lepas, karena mengganggu proses penggantian busi lama ke baru,
setelah memasang 4 buah busi yg baru (NGK BP 5 ES), kabel kabelnya aku pasangkan kembali ke aki-nya, tapi mesinnya tidak mau di-hidup-kan.

sepertinya aku lupa posisi penempatan kabel kabelnya yg benar, waktu di-start mesinnya bunyi kek.... kekkk...keeeek (normal, seperti biasanya, akinya juga aki baru), tapi mesinnya tidak mau hidup.

Help, kabel apa saja yg terhubung di kutub positif dan negatif aki mobil Katana SJ410 ?
kalau bisa, tolong disertakan photo-nya.
TERIMA KASIH BANYAK :bow:
allo mas bro...apa kabarnya nih.....

klo sebelumnya bisa idup ada kemungkinan terbalik pasang kabel akinya. Mas bro tinggal liat aja di penutup platina yg ada kabel businya, disitu tertulis urutan kabel busi....klo ga salah 1 4 3 2...Nah, angka2 ini menunjukkan posisi kabel tsb ke busi no brp aja gitu....

yg paling depan no 1....dst.....

Pada kabel positip aki....ada kabel yg disebut FLW (klo ga salah Fusible Link Wire)....coba periksa kabel ini apakah ada yg putus atau tidak...ciri2nya ada soket 1 lubang yg menghubungkan aki dg kabel tsb.....

Ada baiknya diliat2 dl masbro sebelum ane upload fotonya.....

Smoga bermanfaat.............(sambil kasi senyuman yg manis gituuuuu............)
Kabar baik mas bro sjamsul, sedang dalam masa penantian nich, nunggu laku-nya jual rumah saya, and akan langsung melanglang buana - entah kemana.

Sudah aku urutkan satu persatu mas bro, tiap angka di tutup platina (1, 3, 4, 2) aku cocokkan dengan urutan plug socket busi-nya, tidak ada yg salah colok.
kalau urutan 1, 2 3 dan 4 plug socket busi-nya, aku mulai dari arah KIRI.
(atau mungkin karena Katana itu buatan Jepang, urutan angkanya harus dimulai dari KANAN?).

kabel -kabel listriknya gak ada yg putus.

Informasi, busi-nya ke-empat2-nya aku ganti, dari DENSO W16EX-U menjadi NGK BP 5 ES.

Ma'kasih banyak mas bro sjamsul :)


doq wrote:Woooo ada oom wongcilik :D pakabar oom?
Waktu stater bunyi "keekkk.......keekkm" coba liat kap mesin deh, cucu nya lg ada deket situ ga manggil2 kakek nya? :e-think:
:ngacir:


halo mas bro, belum punya cucu, lha wong aku-nya ini masih perjaka kok wkwkwkwk :)

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 13 Apr 2014, 13:24

wongcilik wrote:


Kabar baik mas bro sjamsul, sedang dalam masa penantian nich, nunggu laku-nya jual rumah saya, and akan langsung melanglang buana - entah kemana.

Sudah aku urutkan satu persatu mas bro, tiap angka di tutup platina (1, 3, 4, 2) aku cocokkan dengan urutan plug socket busi-nya, tidak ada yg salah colok.
kalau urutan 1, 2 3 dan 4 plug socket busi-nya, aku mulai dari arah KIRI.
(atau mungkin karena Katana itu buatan Jepang, urutan angkanya harus dimulai dari KANAN?).

kabel -kabel listriknya gak ada yg putus.

Informasi, busi-nya ke-empat2-nya aku ganti, dari DENSO W16EX-U menjadi NGK BP 5 ES.

Ma'kasih banyak mas bro sjamsul :)
angka 1 dimulai dari depan atau paling deket ama radiator



smoga bermanfaat.........

User avatar
wongcilik
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: 17 Aug 2008, 08:01

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by wongcilik » 14 Apr 2014, 06:27

problem's solved,
ternyata bi*ng korek-nya terletak di pen-distribusi-an bahan bakarnya, selang out-put bahan bakar dari tanki "rusak" di-makan usia, "kebocoran" tsb membuat tekanan udara turun dan tidak stabil, sehingga "pompa-bensin" tidak bisa bekerja dengan baik.
jadi, waktu mobil-nya "batuk-batuk" kemarin, itu bukan karena ada busi-nya yg "tewas", melainkan karena terhenti-nya pasokan bahan bakar dari tanki ke karburator.
TERIMA KASIH BANYAK mas bro sjamsul :) :bow:

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 14 Apr 2014, 09:58

wongcilik wrote:problem's solved,
ternyata bi*ng korek-nya terletak di pen-distribusi-an bahan bakarnya, selang out-put bahan bakar dari tanki "rusak" di-makan usia, "kebocoran" tsb membuat tekanan udara turun dan tidak stabil, sehingga "pompa-bensin" tidak bisa bekerja dengan baik.
jadi, waktu mobil-nya "batuk-batuk" kemarin, itu bukan karena ada busi-nya yg "tewas", melainkan karena terhenti-nya pasokan bahan bakar dari tanki ke karburator.
TERIMA KASIH BANYAK mas bro sjamsul :) :bow:
sama2 mas bro wongcilik :)

oogway14
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 01 May 2014, 15:11

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by oogway14 » 01 May 2014, 18:34

halo om sjamsul .. ane mau tanya info ttg vitamin aki power batt nya nih, belinya dimana yah??
krn kebetulan ane mau ganti aki baru, searching ketemu threat ini .. jd lsg join utk tanya2 deh ..

thanks ya om sebelumnya ... :thanks:

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 02 May 2014, 11:45

oogway14 wrote:halo om sjamsul .. ane mau tanya info ttg vitamin aki power batt nya nih, belinya dimana yah??
krn kebetulan ane mau ganti aki baru, searching ketemu threat ini .. jd lsg join utk tanya2 deh ..

thanks ya om sebelumnya ... :thanks:
hallo juga bro oogway. beberapa waktu lalu sy liat di daerah kebayoran lama msh ada stok bro...

no tlpnya via pm yahhh

u r welcome bro... :)

oogway14
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 01 May 2014, 15:11

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by oogway14 » 02 May 2014, 13:13

ok sip om sjam .. thanks banget
cm di satu tempat itu aja yah om yg jual ?? :)
jaga2 om kalo misal kehabisan jd ada backup coba ditempat lain ... he he

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 07 May 2014, 20:21

oogway14 wrote:ok sip om sjam .. thanks banget
cm di satu tempat itu aja yah om yg jual ?? :)
jaga2 om kalo misal kehabisan jd ada backup coba ditempat lain ... he he
Urw bro

ane ga ngarti di tempat lain msh ada apa kaga bro...... :)

v-tec 125
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 12 Apr 2013, 05:46

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by v-tec 125 » 22 May 2014, 06:17

om sjamsul, mau tanya, saya liat di forum ka**us ada yg jual vitamin aki "dr.accu", ini sama dgn power batt gak yah
rencananya mau beli aki trus ditambah vit. aki biar aki panjang umur, aki yg sekarang GS HYbrid soak di umur 2,5tahun di mobil APV
kemarin pas aki lama mulai susah starter saya coba pake bubuk EDTA, tapi gak pengaruh aki tetep soak
makasih ya om

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 938
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by lemonadelovers » 27 May 2014, 22:57

klo dari pengalaman saya pribadi biar accu awet caranya gini:
- pasang kabel grounding tambahan minimal ke sasis/body, transmisi dan mesin
- pake aki basah yg bermerek
- terakhir ini yg penting: habis mobil dipake jalan sampe garasi rumah kap mesin dibuka biar hawa panasnya terbuang, musuh cell baterai adalah panas, dimana klo mobil habis dipake panasnya akan berkumpul d kap mesin, sedangkan klo dipake jalan panas mesin terbuang lewat samping/bawah mesin
hasilnya: aki bsa 5tahun dan cat dan sticker petunjuk perawatan/peringatan yang ada di dalam kap mesin tetep awet

abracadabra1983
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: 27 Apr 2014, 11:41

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by abracadabra1983 » 28 May 2014, 18:33

lemonadelovers wrote:klo dari pengalaman saya pribadi biar accu awet caranya gini:
- pasang kabel grounding tambahan minimal ke sasis/body, transmisi dan mesin
- pake aki basah yg bermerek
- terakhir ini yg penting: habis mobil dipake jalan sampe garasi rumah kap mesin dibuka biar hawa panasnya terbuang, musuh cell baterai adalah panas, dimana klo mobil habis dipake panasnya akan berkumpul d kap mesin, sedangkan klo dipake jalan panas mesin terbuang lewat samping/bawah mesin
hasilnya: aki bsa 5tahun dan cat dan sticker petunjuk perawatan/peringatan yang ada di dalam kap mesin tetep awet
Wah hebat banget om bisa 5 th ane pny paling lama 3,5 th uda tewas tuh accu.wkwkwkwk

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 15 Jun 2014, 12:29

v-tec 125 wrote:om sjamsul, mau tanya, saya liat di forum ka**us ada yg jual vitamin aki "dr.accu", ini sama dgn power batt gak yah
rencananya mau beli aki trus ditambah vit. aki biar aki panjang umur, aki yg sekarang GS HYbrid soak di umur 2,5tahun di mobil APV
kemarin pas aki lama mulai susah starter saya coba pake bubuk EDTA, tapi gak pengaruh aki tetep soak
makasih ya om
sy ga tau pastinya bro....tp yg paling penting adalah saat pertama kali beli aki, pastikan kondisi akinya full charge.....apalg dg jenis aki spt GS HYBRID....

Pada aki ini dr pabrikan emang sdh full charge, tp kita ga tau kapan aki sampai di tangan konsumen. Klo sdh beberapa bulan di toko penjual, ada baiknya aki disetroom ulang ampe full dan klo mau ditambahkan vitamin aki, ini saatnya sebelum aki keburu soak atau rusak......biasanya aki akan lbh panjang umurnya....

Smoga bermanfaat........ :)

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 16 Feb 2015, 22:54

hmmmm.... penampilan baru sm....msh pangling nihhh.... hehehe

User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14168
Joined: 06 Nov 2008, 16:28
Location: in your heart

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by maskopat » 17 Feb 2015, 09:36

sjamsul wrote:
v-tec 125 wrote:om sjamsul, mau tanya, saya liat di forum ka**us ada yg jual vitamin aki "dr.accu", ini sama dgn power batt gak yah
rencananya mau beli aki trus ditambah vit. aki biar aki panjang umur, aki yg sekarang GS HYbrid soak di umur 2,5tahun di mobil APV
kemarin pas aki lama mulai susah starter saya coba pake bubuk EDTA, tapi gak pengaruh aki tetep soak
makasih ya om
sy ga tau pastinya bro....tp yg paling penting adalah saat pertama kali beli aki, pastikan kondisi akinya full charge.....apalg dg jenis aki spt GS HYBRID....

Pada aki ini dr pabrikan emang sdh full charge, tp kita ga tau kapan aki sampai di tangan konsumen. Klo sdh beberapa bulan di toko penjual, ada baiknya aki disetroom ulang ampe full dan klo mau ditambahkan vitamin aki, ini saatnya sebelum aki keburu soak atau rusak......biasanya aki akan lbh panjang umurnya....

Smoga bermanfaat........ :)
pitamin aki tuh apa Prop?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 10 Mar 2015, 08:58

yg namanya pitamin itu buat aki spy sehat bro....tp ane sdh jarang liat sekarang..... :)

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3102
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio » 10 Mar 2015, 11:41

prop, mau nanya donk, katanya mobil ber cc kecil lebih baik ditambahkan grounding ya?? biar lampu dll gk redup redup pas dapet beban tiba2 ( AC misalnya ).
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sucahyo » 10 Mar 2015, 11:42

Selama disimpan / dipakai aki tidak boleh pernah tekor sampai kurang dari 11,5V. Bila aki disimpan dalam kondisi tekor, maka kapasitas akan berkurang. Jadi apabila aki mobil pernah tekor karena kelupaan mematikan lampu atau hal lain, besar kemungkinan aki akan mati mendadak dalam beberapa minggu. Sekali pernah tekor harus siap siap.

Dealer aki yang benar wajib mengecharge aki jualannya secara periodik.

Namun mengecharge juga sumber panas. Mengecharge dengan charger yang super cepat bisa mengurangi umur bila cellnya sampai panas. Jangan sampai overcharge juga, sebaiknya berhenti setelah 14.75V. Aki kering lebih rawan overcharge.

Bagi yang akinya sudah mulai soak, bisa dicoba radiant charger. Bisa google, atau coba karya saya:
http://freeenergyindonesia.proboards.co ... dalan-saya

Kalau aki sudah mulai soak, atau pakai komponen yang makan arus banyak, ada baiknya pasang alat pengecek voltase aki.

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sucahyo » 10 Mar 2015, 11:47

m4rio wrote:prop, mau nanya donk, katanya mobil ber cc kecil lebih baik ditambahkan grounding ya?? biar lampu dll gk redup redup pas dapet beban tiba2 ( AC misalnya ).
Kalau beban mendadak rasanya obatnya adalah voltage stabilizer atau kapasitor besar. Kalau masih standard grounding tidak terlalu perlu. Tapi grounding bisa mengurangi beban kelistrikan dengan mengurangi hambatan listrik. Masalahnya ruang mesin jadi banyak kabel. Kabel grounding daya hantarnya wajib lebih bagus dari bodi mobil. Idealnya tembaga atau kalau kabel mahal yang dilapisi perak atau emas.

outlaw
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: 14 Nov 2012, 08:46

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by outlaw » 11 Mar 2015, 09:04

sucahyo wrote:
m4rio wrote:prop, mau nanya donk, katanya mobil ber cc kecil lebih baik ditambahkan grounding ya?? biar lampu dll gk redup redup pas dapet beban tiba2 ( AC misalnya ).
Kalau beban mendadak rasanya obatnya adalah voltage stabilizer atau kapasitor besar. Kalau masih standard grounding tidak terlalu perlu. Tapi grounding bisa mengurangi beban kelistrikan dengan mengurangi hambatan listrik. Masalahnya ruang mesin jadi banyak kabel. Kabel grounding daya hantarnya wajib lebih bagus dari bodi mobil. Idealnya tembaga atau kalau kabel mahal yang dilapisi perak atau emas.
Ikut nanya om...dari pengalaman seorang teman yg sdh pasang/tambah kabel ground di mobilnya setelah di cek di S*D ternyata faktor riple voltase DC jd sktr 0,5V dibanding riple honda Freed standar yg 0,8V,saya jg tdk tahu pasti apakah benar pengaruh ke faktor riple,ini hanya dari testimoni dia saja...nah yg ditanyakan apakah faktor riple ini jg berpengaruh thd daya tahan/umur aki sendiri ?
Dan bagaimana jg pengaruhnya ke ECU serta beban listrik sistim lainya?

thanks in advanced

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sucahyo » 11 Mar 2015, 09:15

outlaw wrote:Ikut nanya om...dari pengalaman seorang teman yg sdh pasang/tambah kabel ground di mobilnya setelah di cek di S*D ternyata faktor riple voltase DC jd sktr 0,5V dibanding riple honda Freed standar yg 0,8V,saya jg tdk tahu pasti apakah benar pengaruh ke faktor riple,ini hanya dari testimoni dia saja...nah yg ditanyakan apakah faktor riple ini jg berpengaruh thd daya tahan/umur aki sendiri ?
Dan bagaimana jg pengaruhnya ke ECU serta beban listrik sistim lainya?

thanks in advanced
Ripple menurut saya lebih dibutuhkan untuk kestabilan kerja dari perangkat elektronik. Kalau dari umur aki, pengisian dengan metode pulse justru lebih memperpanjang umur aki daripada pengisian metode arus stabil.

Bisa dilihat infonya di:
www.mpoweruk.com/chargers.htm

Dari penelitian, mengecharge dengan pulse charging bisa 5 kali lebih cepat dan tidak membebani batre. Link penelitian silahkan disimak di:
http://freeenergyindonesia.proboards.co ... mungkinkah


Untuk audio ripple dapat mempengaruhi kualitas suara, untuk ECU dapat mempengaruhi keakuratan. kalau untuk lampu, mestinya no problem kecuali kalau bikin sakit mata/mengganggu. Tapi menurut saya walau tanpa modifikasi juga kerja audio dan ECU juga tidak masalah, asal akinya sehat.

Harusnya grounding (nambah kabel ground) tidak mempengaruhi ripple, yang lebih pengaruh adalah kapasitor / voltage stabilizer.

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 23 Mar 2015, 01:37

@bro sucahyo : Thanks sdh dibantu jawab... :)

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 23 Mar 2015, 01:53

sucahyo wrote:Selama disimpan / dipakai aki tidak boleh pernah tekor sampai kurang dari 11,5V. Bila aki disimpan dalam kondisi tekor, maka kapasitas akan berkurang. Jadi apabila aki mobil pernah tekor karena kelupaan mematikan lampu atau hal lain, besar kemungkinan aki akan mati mendadak dalam beberapa minggu. Sekali pernah tekor harus siap siap.
bro Sucahyo.....tanpa bermaksud yg negatip, cuma sekedar share aja ..... dg asumsi aki dlm keadaan baik, pernah tekor menurut hemat ane bukan penyebab aki mati. Pada kondisi spt ini tinggal dicharge aja aki akan normal kembali. Kata2 besar kemungkinan aki akan mati mendadak dlm beberapa minggu kurang tepat....istilah katanya adalah bisa bikin khawatir aja.....

smoga bermanfaat.....

sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: 19 Jan 2015, 08:46

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sucahyo » 23 Mar 2015, 09:14

sjamsul wrote:bro Sucahyo.....tanpa bermaksud yg negatip, cuma sekedar share aja ..... dg asumsi aki dlm keadaan baik, pernah tekor menurut hemat ane bukan penyebab aki mati. Pada kondisi spt ini tinggal dicharge aja aki akan normal kembali. Kata2 besar kemungkinan aki akan mati mendadak dlm beberapa minggu kurang tepat....istilah katanya adalah bisa bikin khawatir aja.....

smoga bermanfaat.....
Aki pernah tekor memang bukan penyebab utama aki mati, namun bila aki pernah tekor maka bisa dipastikan kapasitas akan berkurang, berlaku untuk aki basah namun lebih parah di aki kering. Ini sering di sharing di forum free energy, dimana eksperimen sangat bergantung pada penggunaan aki, mereka menggunakan aki tiap hari. Saya sendiri sudah pernah coba dan mengalami.

Berkurangnya kapasitas bisa saja tidak terdeteksi pada pemakaian biasa. Untuk saya, lebih baik jaga - jaga. Bila sekali aki pernah drop sampai habis, harus waspada.

Untuk mengembalikan kapasitas, aki bisa di rejuvenate /dihidupkan kembali dengan radiant, namun hasil jarang bisa 100%.

Ini tentu berbeda dengan aki yang dijual tanpa elektrolyte.

Post Reply