perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 13 Feb 2011, 10:55

berhubung bagian pertama udah cukup banyak halamannya, mk ane buatkan bagian keduanya.....

ayo temen2, bagi yg punya masalah aki ato pernah mengalami hal2 yg berhubungan ama aki (bukan aki2).... silahkan share disene.... siapa tau bisa bermanfaat ........ :mrgreen:

ini bagian pertamanya http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... an+thd+aki

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10358
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul » 13 Feb 2011, 11:10

nah, berhubung ane ga batesin aki untuk apa, jadi masalah seputaran aki, baik aki mobil, aki spd mtr dll silahkan aja........

pertama ane mau share aki di spd mtr......

beberapa hari yg lalu, saat ane bepergian naik spd mtr, tiba2 mesinnya mau mati.....termasuk lampu2 juga yg ada di speedo meter......bingung kenapa ....... selidik punya selidik, ternyata penyakitnya ada pada kepala akinya yg udah kotor n bergaram, padahal aki mtr tsb berjenis aki kering lohhhhh...... langsung aja ane bersihkan kepala akinye n mtr bisa berfungsi normal kembali.....

Disini menunjukkan klo perawatan aki tetap diperlukan wlp sdh memakai aki kering......

smoga bermanfaat..........

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by poeticmind » 13 Feb 2011, 11:25

aki kering atau MF, oom? kalo MF mah emang kayak aki basah kan... kalo aki kering kayak batere senter juga ya? lama2 keluar tuh putih2...
paling aman pake tenaga gayuh, oom... sepedah. :upss:
Image

User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9501
Joined: 10 May 2008, 19:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by doq » 13 Feb 2011, 12:00

motor apaan oom sjamsul??
kok segitu nya efek ke mesin ampe mati sgala??
stau sy fungsi aki di motor ga sesignifikan kaya d mobil :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE » 13 Feb 2011, 13:58

Koh sjam...skg di seputaran pengikat aki ane ada kerak putih...apa itu krn lobang hawa aki ngeluarin hawa korosif ya?cmiiw....skg keraknya banyak juga tersebar di tpt laen...haduh
Oiya, ane pake aki MF rocket..kamsia oom

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16425
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Hansen » 13 Feb 2011, 16:08

Mobil yg mana nih jemb? :e-think:
Image

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE » 13 Feb 2011, 16:25

T31 siong

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3102
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio » 13 Feb 2011, 16:47

ZombiEE wrote:Koh sjam...skg di seputaran pengikat aki ane ada kerak putih...apa itu krn lobang hawa aki ngeluarin hawa korosif ya?cmiiw....skg keraknya banyak juga tersebar di tpt laen...haduh
Oiya, ane pake aki MF rocket..kamsia oom

ane juga begitu tuh, di kijang kapsul bokap ane. kyknya sih karena tutup lubang aki yang ada celah itu bro, jadi uapnya kemana2. paling skrg ini ane olesin gemuk aja di tempat yang ada serbuk putih, dengan sebelumnya di bersihin dulu serbuk putihnya.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3102
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio » 13 Feb 2011, 16:56

@ Prop Sjamsul : kalo Fog lamp perlu tambah relay gk ya?? ane make yang 100 watt.
tapi setau ane sih biasanya kalo mobil yang udah ada fog lamp dari pabrik, udah di kasih relay. kira2 perlu nambah relay lagi gk ya prop?
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE » 13 Feb 2011, 17:04

Nah...itu dia...ane sangsi sama lobang hawa itu....apa krn kualitas aki?atau karena apa?nah loh.....

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3102
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio » 13 Feb 2011, 17:17

ZombiEE wrote:Nah...itu dia...ane sangsi sama lobang hawa itu....apa krn kualitas aki?atau karena apa?nah loh.....
sangsinya gimana bos???
kalo lobang hawa itu ya mank harus ada, kalo gk ya uap yang di dalam gk bisa keluar donk, malah denger2 kalo ampe hawanya gk bisa keluar bisa meledak tuh aki.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE » 13 Feb 2011, 17:38

Nah...dr pengalaman saya terdahulu, ini pertama x saya jumpa, ada juga yg blg titik point ground sering mau begitu kejadiannya.....
Sangsi kualitas aki nya kurang baik, jd hawanya nyebar terlalu kuat?tak tau lah ane...‎​​メίίメίίメίί‎​​メίίメίίメίί

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3102
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio » 13 Feb 2011, 17:41

kalo kgk, ya bagian kap mesin yang tepat berada diatas aki, dilapis aja, pake flinkote atau sejenisnya yang teballl bangt. begitu juga dengan dudukan kai dan besi pegangannya.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE » 13 Feb 2011, 17:43

Punya ane malah bagian di bawah aki yg berkerak putih...haiz..no clue

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16425
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Hansen » 13 Feb 2011, 17:59

btw koq cepet amet ente ganti akinya si T31 jemb? :e-think:
Image

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE » 13 Feb 2011, 18:45

Baru 2 hari aje uda ane ganti...‎​​メίίメίίメίί‎​​メίίメίίメίί

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16542
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by DOHC » 13 Feb 2011, 18:56

sama bang jemb... di lipina ane jg gt... yg bagian kepala aki ama atas2 nya bersih ga ada apa... tapi bagian bawah aki ama tatakan nya penuh kerak putih2... bahkan besi2 yg deket bagian tatakan aki tsb ampe karat korosif sgala... lebi gila nya lagi ampe kena ke selang CSC nya tuh... untung ga ampe bocor tuh selang... binggung ane bisa kaya gt....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16425
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Hansen » 13 Feb 2011, 19:06

kenapa diganti jemb? :e-think:
Image

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE » 13 Feb 2011, 19:24

Ane malas rawat, jadi ganti MF siong:)
Selang csc tuh apa chiong?ane punya sampe bwh tatakan kerak semua...haiz

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16542
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by DOHC » 13 Feb 2011, 19:27

concentric slave cylinder... selang yg buat ngedorong pelat kopling... pengganti selang baja di mobil2 manual konvensional bang.... bawah tatakan ane jg kerak ama karatan smua... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16425
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Hansen » 13 Feb 2011, 19:57

jiahh aki bawaannya dibuang jemb? sayang banget, mendingan bawa sini... :big_weee: :big_weee: :big_weee:

soalnya punya ane juga baru aja ganti aki, gantinya pake GS MF (hitam)
Image

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3102
Joined: 21 May 2009, 19:38

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by m4rio » 13 Feb 2011, 20:50

coba ja apake tatakan aki yang plastik tuh. paling2 kalo kemakan juga plastiknya duluan, begitu plastiknya mau bolong, ganti lagi ma yang baru tatakan plastiknya.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!

User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: 05 Oct 2007, 22:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by poeticmind » 13 Feb 2011, 23:40

ZombiEE wrote:Nah...itu dia...ane sangsi sama lobang hawa itu....apa krn kualitas aki?atau karena apa?nah loh.....
lobang apa, jemb?!! :e-shifty:
Image

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ZombiEE » 13 Feb 2011, 23:41

Mgkn ga ada ngaruh nya mar...baru x ini ane jumpa ada penyakit begituan....
@chiong: wah..bahaya ga itu?jd cara penanggulangan gimana chiong?
@siong: ane tukar tambah siong...masih dikira aki baru punya ane...‎​​メίίメίίメίί‎​​メίίメίίメίί

User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16425
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Hansen » 13 Feb 2011, 23:43

ZombiEE wrote:@siong: ane tukar tambah siong...masih dikira aki baru punya ane...‎​​メίίメίίメίί‎​​メίίメίίメίί
jadi total nombok berapa jemb buat aki barunya? :ungg:
Image

Post Reply