b0ku wrote: Tue May 27, 2025 2:56
mibe + billy = dungu
gwa quotes ini jalah, yang lain panjangxlebarxtinggi semua hehe
tapi gwa mayoritas sepakat sih terlebih opini suhu @ChZ. dimana emang dijaman billy ini kaia sekadar lewat doang aja ini brand jujur
kalo dari saya sih simple kesalahan honda skrg :
1. produk nanggung nan labil ; wrv n brv dah ngerti susah jualan diskonnya cman 10 juta mentok padahal wrv itu skrg satu2nya produk honda yang bisa "heads on heads" , brio ? cashcow dan platform lama orang dah mulai bosen dan perlahan melirik agya yang ternyata jauh lebih irit di 3 cylindernya
2. telat ngikutin jaman masih aja percaya ama unibody platform G_CON ACE yang keren.......di tahun 2010s dimana yang lain udah pake scalable platform ala TNGA bikin driving experience krg engaged
3. salam satu dashboard+powertrain yah walaupun akhirnya L15zf jadi DOHC tetep aja masih belum bisa kasih sesuatu yang "wah"
4. pricing issue terutama produk global ama regional terlalu disparitas tinggi
5. desain jelek, jujur ini yang ngedesain kaia orang yang terlalu "teratur"
6. visi perusahaan (atau CEO/CFO) gak kompak; kaia honda jepun bilangnya all in EV, america bilang mixed, EU fleksibel, ASPAC ICE focused based ditambah mixed. beda ama toyota yang dipimpin mbah akio (lagi disiapin daisuke anaknya buat next CEO) dimana mau dari ujung eropa ampe australia mereka pake jargon "multipathway solution"
kalo dari saya , masih sabar tunggu PF2 (global platform dev. dari india, desain thai+jepun) notabene ini bisa mixed (ICE,HEV,ma EV) walaupun gwa bilang agak sangat terlambat sekali karena nanti 2027 baru masuk market
