Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16731
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

gwsecretc wrote: Tue May 27, 2025 4:31
Honda sekarang kebanyakan line up nanggung kayak brv wrv, city hatchback. Dulu jaman sebelum duo gajah suv ladderframe viral, punya mobil honda udah berasa wow (waktu itu era crv gen 1-3).
itulah sekarang kita liat honda produknya malah lebih identik ke barang-barang murahan tapi mahal ini kan. ya nggak jelek produknya, tapi masa downgrade coy.

lack of quality control juga udah isu sendiri. saya baru di spill orang kalo H itu spareparts vendornya gak konsisten kualitasnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16731
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

faizzz wrote: Tue May 27, 2025 5:59
Semoga beliau main ke forum ini, udah dikasih saran gratis dari salah satu Hondaisme

Di kota saya masih ada 2 Dealer. tapi yang dipajang unit2 lama, ga laku2 wkwk
saya as a loyal fans sangat peduli dengan nasib brand kesukaan saya ini oom. semoga oom yusak billy baca. berbenah, jual aja unit CBU tapi lengkapin equipmentnya jangan kayak sekarang serba tanggung. gandeng influenza buat adain trackday balikin H jadi merek yang identik dengan balapan. F1 boleh keluar-masuk tapi branding ini jangan sampe lepas.

dan jujur sudut pandang saya ni ngerasa enthusiast belakangan gak dapet tempat, pasar enthusiast H lawas dan mobil baru H itu udah kayak beda alam.
Ibet wrote: Tue May 27, 2025 6:24
saya mau nyalahin peraturan cbu ev free tax itu,
bener - bener ngejek pabrik yg sudah existing, invest, dan bikin local job di sini
read : honda hyundai wuling toyodai etc

tapi disisi lain ada 3 pabrik baru muncul -> vinfast, byd, aion
ini juga investment walau baru SOP 01/26
ini saya juga dapet spill, Hyundai itu pantesan dia marah, marketnya terganggu sekali. creta-stargazer gak works. dia barusan bangun pabrik dll, tapi penjualan ritelnya seret literally seret, layu sebelum berkembang.

big picturenya, ini yang bikin FDI makin susah dan yang masuk hanya investor yang mau buang barang. uncertainty proses ini, bayangin orang nanya Hyundai gimana invest di wakanda, dia ngamuk ngamuk, mana investor pasti cek berita kan, lebih parah lagi.

ya jelas yang lain auto gak jadi invest.
Last edited by ChZ on Tue May 27, 2025 7:32, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Miracle9000
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Tue May 17, 2016 4:16

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Miracle9000 »

kayaknya kalo buat enthusiast, pada pindah main BMW deh. sarap aja civic harga 700jt. udah dapet G20 itu. kalo mau irit ya F30 LCI. apalagi mesin BMW B series sangat oprekable. selesai sudah honda.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16731
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

Miracle9000 wrote: Tue May 27, 2025 7:29 kayaknya kalo buat enthusiast, pada pindah main BMW deh. sarap aja civic harga 700jt. udah dapet G20 itu. kalo mau irit ya F30 LCI. apalagi mesin BMW B series sangat oprekable. selesai sudah honda.
bener banget. dan keliatan ATPM BMW lebih menghargai enthusiast.

kapan terakhir liat ferio/genio satu kompi nongkrong di dealer H?

kalo E36/E46 ampe E30 sih sering banget. bimmerfest juga diadain rutin.

saya kalo H makin gurem dan partnya makin susah, kayaknya mau pindah cari G30 seri-5 aja lah buat daily. walaupun berkaca dari nissan sih kayaknya masih survive aftersalesnya. model barunya aja yang gurem.

di kota saya grup yang pegang H (mandalatama) bahkan udah melebarkan sayap ke GWM dan MG. to my surprise kemaren liat GWM di mall dibilang ini grupnya mandalatama ko, sama kayak waktu coba MG4, dibilang masih grupnya mandalatama.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1532
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Pugman »

ChZ wrote: Tue May 27, 2025 7:18
gwsecretc wrote: Tue May 27, 2025 4:31
Honda sekarang kebanyakan line up nanggung kayak brv wrv, city hatchback. Dulu jaman sebelum duo gajah suv ladderframe viral, punya mobil honda udah berasa wow (waktu itu era crv gen 1-3).
itulah sekarang kita liat honda produknya malah lebih identik ke barang-barang murahan tapi mahal ini kan. ya nggak jelek produknya, tapi masa downgrade coy.

lack of quality control juga udah isu sendiri. saya baru di spill orang kalo H itu spareparts vendornya gak konsisten kualitasnya.
Nah kalau lihat kondisi begini, saya malah jadi salut sama strategi Mazda yang shifting ke konsumen yang lebih atas, produk murah macam Mazda 2 bahkan seperti dibuat tenggelam sendiri.
New CRV Hybrid yang tembus 800jtn saat launching beneran bikin saya mikir keras, Honda punya nyali sebesar itu disini.

Pendekatan Mazda saya pikir lebih soft tidak ambil resiko bikin harga CX-5 jadi ga masuk akal, meskipun kasih CX-60 yang harganya juga gila 1,1M juga, tapi atleast dia adalah produk yang berbeda.. apalagi Mazda juga lebih ga malu-malu lagi memperlihatkan adaptasi produk EV china untuk gantikan Mazda 6.
:big_blushing:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16731
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

Pugman wrote: Tue May 27, 2025 7:47
Nah kalau lihat kondisi begini, saya malah jadi salut sama strategi Mazda yang shifting ke konsumen yang lebih atas, produk murah macam Mazda 2 bahkan seperti dibuat tenggelam sendiri.
New CRV Hybrid yang tembus 800jtn saat launching beneran bikin saya mikir keras, Honda punya nyali sebesar itu disini.

Pendekatan Mazda saya pikir lebih soft tidak ambil resiko bikin harga CX-5 jadi ga masuk akal, meskipun kasih CX-60 yang harganya juga gila 1,1M juga, tapi atleast dia adalah produk yang berbeda..
:big_blushing:
sebenernya saya membaca bos-bos ATPM H ini kayak gagal membaca value brandnya sendiri. mereka ngira dirinya adalah lawan Toyota, rebutan kue di pasar yang gemuk, jualan LCGC LMPV.

coba stay konsisten dari dulu gak usah jualan produk di bawah Jazz, gak usah merasa terganggu sama adanya LCGC. stay true aja di jalannya pasti fans akan menghargai, kayak fans mazda atau subaru ke brandnya.

ya salahnya enthusiast dilempar jauh-jauh sih, nggak didengerin. demi profit malah ngorbanin core value brandnya. nggak punya sub-brand pula. ya akhirnya main brand jadi korban. yang punya sub-brand macem Nissan aja gagal.

Toyota-Daihatsu pinter orang tau calya ya aslinya Daihatsu, tapi di satu sisi beli Calya dapet gengsi Toyota walaupun rakitan daihatsu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3922
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kendibocor »

Mirip2 di thai kok. Di thai jg yg penjualan mopang yg masih tumbuh positif cuman toyota. Mopang laen ancur2an semua. Gw pernah ntn dokumenternya di yutub, mobcin buka disana dari petinggi sampe buruh bwat pabriknya dicaplok mobcin semua. Mereka berani ngegaji lebih gede sampe 1,5x lipat. Showroom2 honda jg mopang dah ganti jd mobcin semua terutama byd.

Menurut gw ini circle yg muter aja sih ditambah stagnansi ekonomi terutama di wakanda. Dulu mopang berjaya karena ga semua orng bisa beli mobil yurop, sekarang ya berputar orng2 jg dah ga mampu lg beli mopang idaman mereka disaat mobcin ngasih alternatif lain yg lebih menarik secara overall package. Sweet spot price range harga mobil yg bisa disupport ekonomi indo tetep aja kisaran 200-400jt ga berubah dari 10 thn lalu. 10 thn lalu 400 jt dapet crv, sekarang harga crv 2x lipat. Ya gimana gamau babak belur. Brio masih jd cashcow honda disini tp mau brp lamau lg ngandelin brio doang. HRV saya gatau penjualannya brp tp kayaknya kehajar signifikan sama berbagai mobcin yg keluar di price range yg sama.

Petrolhead2 yg dulu menyumbang signifikan model2 kayak civic segala ya udah bubar antara ga mampu beli civic 600-700 jt atau sekalian nambahin dikit lg naek kelas ke entry level merc apa biem. Konsumen mainstream yang maen di level 300-500an sebagian besar pasti ke moblis kalo di kota besar.
Jaman dulu orang2 dikasi produk downgrade dari global market terima2 aja, pilihan ga banyak. Ngondah terlena cuan gede mulu. Jaman sekarang dengan akses informasi dah dimana2 dan makin banyak pilihan ya ga bisa ngandelin nama besar doang tp tetep nyediain produk low quality tp mo cuan gede.
Gw dlu masih kuliah n awal2 kerja jg masih dibeliin mbl maunya cuman honda, toyota hampir ga pernah jd pertimbangan. Tp terakhir beli crv gen 4, parah si kualitasnya. DRL disunat, interior sebanding ma plastik letoy2, kaki2 grodakan ga karuan, ngecat ada yg overspray, karet seal pintu mengok2 ga nutup gap dengan sempurna. Ya udah sejak saat itu dah gamau lg nyari honda baru.
misterco
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue May 27, 2025 6:13
Location: Surabaya

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by misterco »

timbermaniac123 wrote: Tue May 27, 2025 6:22 Jangan lupa, dokter2an ikut menyumbang sebagian besar efek tumbangnya honda di indonesia :big_biglaugh:

Tapi separah2 nya penboy H. Masih lebih parah penboynya toyota. Zenix banyak masalah, tapi tetep ga ngaruh ke penjualan zenix.
Ini sih, orang-orang sini tuh gampang banget kena fearmongering. Yang paling kerasa sih yang seumuran saya (20-25) banyak banget yang mendewakan chinese cars sampe fanatik buta (pake bilang resale value gapenting padahal itu lumayan penting sih apalagi in this economy & buat mobil pertama juga). Padahal saya coba tiggo cross rasa disetirnya masih dibawah raize/wrv. Mesinnya lemot rasanya cuma menang gimmick.
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by rechtmasta »

Baru mau ngangkat ini, saya yang sebenernya seneng banget sama merk H tegak ini, udah yakin dari tahun lalu nih merk di Indonesia bakal abis sih.

Kalau menurut saya era kehancuran Honda di Indonesia dimulai ketika trio Brio, Mobilio dan BRV mengaspal di jalanan. Karena penjualan (sangat) bagus untuk segmen tersebut, Honda seakan jadi lupa jati dirinya, dan sombong setinggi langit. Product R&D udah mulai ga dipeduliin, BQ (jangan tanya), pricing (kyknya yang buat pricing, nentuinnya sambil mabok kecubung) plus after sales service yang mahal edun untuk harga jasanya.

Honda merasa cukup dengan emblem H tegak, semua akan beres, padahal itu pemikiran khas dai Nippon yang kolot, yang bikin negaranya terlanda badai stagnansi sekarang ini. Akhirnya batu nisan (no pun intended) untuk Honda di Indonesia tampaknya mulai tertancap, kalau mereka ga segera bebernah diri secara total.

In my humble opinion, generasi emas Honda terkahir adalah City Type Z, JazzGE8, CRV Gen2, Civic FD2.

So sad...tapi lagi-lagi, ini menasbihkan, kalau hanya mengandalkan brand dan terlalu menganggap tinggi diri sendiri tanpa mau berbenah, siap-siap saja untuk hilang. Sudah banyak contohnya, tinggal memilih saja, mau belajar atau tunggu tanggal kematian saja.
User avatar
Always35
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Jan 10, 2016 15:10
Daily Vehicle: NC1W

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Always35 »

Lineup Honda Indonesia gak semenarik dulu, hanya ditopang Brio sama HRV. Mau gamau Honda harus naik ke segmen setara Mazda/Subaru, gak bisa disamain ToyoDai, Suzuki sama Mitsu yg masih ketolong lineup LCV/Heavy Duty.
---From Moving Forward to Drive your Ambition---

2019 Mitsubishi Xpander NC1W 4A91 M/T
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

b0ku wrote: Tue May 27, 2025 2:56 mibe + billy = dungu :ngacir:
gwa quotes ini jalah, yang lain panjangxlebarxtinggi semua hehe :mky_01:
tapi gwa mayoritas sepakat sih terlebih opini suhu @ChZ. dimana emang dijaman billy ini kaia sekadar lewat doang aja ini brand jujur

kalo dari saya sih simple kesalahan honda skrg :
1. produk nanggung nan labil ; wrv n brv dah ngerti susah jualan diskonnya cman 10 juta mentok padahal wrv itu skrg satu2nya produk honda yang bisa "heads on heads" , brio ? cashcow dan platform lama orang dah mulai bosen dan perlahan melirik agya yang ternyata jauh lebih irit di 3 cylindernya
2. telat ngikutin jaman masih aja percaya ama unibody platform G_CON ACE yang keren.......di tahun 2010s dimana yang lain udah pake scalable platform ala TNGA bikin driving experience krg engaged
3. salam satu dashboard+powertrain yah walaupun akhirnya L15zf jadi DOHC tetep aja masih belum bisa kasih sesuatu yang "wah"
4. pricing issue terutama produk global ama regional terlalu disparitas tinggi
5. desain jelek, jujur ini yang ngedesain kaia orang yang terlalu "teratur"
6. visi perusahaan (atau CEO/CFO) gak kompak; kaia honda jepun bilangnya all in EV, america bilang mixed, EU fleksibel, ASPAC ICE focused based ditambah mixed. beda ama toyota yang dipimpin mbah akio (lagi disiapin daisuke anaknya buat next CEO) dimana mau dari ujung eropa ampe australia mereka pake jargon "multipathway solution"

kalo dari saya , masih sabar tunggu PF2 (global platform dev. dari india, desain thai+jepun) notabene ini bisa mixed (ICE,HEV,ma EV) walaupun gwa bilang agak sangat terlambat sekali karena nanti 2027 baru masuk market :big_bored:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

rechtmasta wrote: Tue May 27, 2025 9:51 Baru mau ngangkat ini, saya yang sebenernya seneng banget sama merk H tegak ini, udah yakin dari tahun lalu nih merk di Indonesia bakal abis sih.

Kalau menurut saya era kehancuran Honda di Indonesia dimulai ketika trio Brio, Mobilio dan BRV mengaspal di jalanan. Karena penjualan (sangat) bagus untuk segmen tersebut, Honda seakan jadi lupa jati dirinya, dan sombong setinggi langit. Product R&D udah mulai ga dipeduliin, BQ (jangan tanya), pricing (kyknya yang buat pricing, nentuinnya sambil mabok kecubung) plus after sales service yang mahal edun untuk harga jasanya.

Honda merasa cukup dengan emblem H tegak, semua akan beres, padahal itu pemikiran khas dai Nippon yang kolot, yang bikin negaranya terlanda badai stagnansi sekarang ini. Akhirnya batu nisan (no pun intended) untuk Honda di Indonesia tampaknya mulai tertancap, kalau mereka ga segera bebernah diri secara total.

In my humble opinion, generasi emas Honda terkahir adalah City Type Z, JazzGE8, CRV Gen2, Civic FD2.

So sad...tapi lagi-lagi, ini menasbihkan, kalau hanya mengandalkan brand dan terlalu menganggap tinggi diri sendiri tanpa mau berbenah, siap-siap saja untuk hilang. Sudah banyak contohnya, tinggal memilih saja, mau belajar atau tunggu tanggal kematian saja.
alo dari gwa fk8, jazz gk5 masih ok sih dimana saat itu CEO hachigo masih mixed-powertrain oriented diganti mibe ealah gajelas ternyata :mky_01:
xfraps
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by xfraps »

wajar, bikin mobil kualitas gerobaque :big_biglaugh:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 783
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

Pugman wrote: Tue May 27, 2025 7:47
ChZ wrote: Tue May 27, 2025 7:18
gwsecretc wrote: Tue May 27, 2025 4:31
Honda sekarang kebanyakan line up nanggung kayak brv wrv, city hatchback. Dulu jaman sebelum duo gajah suv ladderframe viral, punya mobil honda udah berasa wow (waktu itu era crv gen 1-3).
itulah sekarang kita liat honda produknya malah lebih identik ke barang-barang murahan tapi mahal ini kan. ya nggak jelek produknya, tapi masa downgrade coy.

lack of quality control juga udah isu sendiri. saya baru di spill orang kalo H itu spareparts vendornya gak konsisten kualitasnya.
Nah kalau lihat kondisi begini, saya malah jadi salut sama strategi Mazda yang shifting ke konsumen yang lebih atas, produk murah macam Mazda 2 bahkan seperti dibuat tenggelam sendiri.
New CRV Hybrid yang tembus 800jtn saat launching beneran bikin saya mikir keras, Honda punya nyali sebesar itu disini.

Pendekatan Mazda saya pikir lebih soft tidak ambil resiko bikin harga CX-5 jadi ga masuk akal, meskipun kasih CX-60 yang harganya juga gila 1,1M juga, tapi atleast dia adalah produk yang berbeda.. apalagi Mazda juga lebih ga malu-malu lagi memperlihatkan adaptasi produk EV china untuk gantikan Mazda 6.
:big_blushing:
mazda2 karena emang hatchback trends udah fades out sih di akhir 2010s digantiin CUV, dan mazda bakal bikin CX-30 next nanti thi buriram plants tahun depan. next gen mazda2 n mazda3 sih spekulasi joint forces ama toyota di next yaris ama corolla
ini juga udah gwa bahas mending next time sih honda untuk global products sekalian aja upscaling kaia mazda. 800 juta crv aduh tapi finishing kaia gitu ogah sih, yang mayan kalo gwa liat accords itupun aja kalo disuruh milih mending ambil g30 aja sekalian dah.

yes mazda itu pinter karena mereka tau branding mereka premium luxury , nah honda ini cman pengen untung dari global souths mulu tapi gamau updates ama kebutuhan skrg ingat mereka kepedean dimana merk SoKoR maupun cina lagi naik2nya. kalo masih kolot kaia mibe gini yah susah juga :big_cry:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 728
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by carlzeiss »

Gimana ga sepi, servis jutaan, dpt nya cuman snek kecil doang , itu pun yang boleh refill yg snek kiloannya (kuping gajah, sumpia ) kalah banget ssma merk sebelah
- yang kenceng kalah sama yang wet look
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 973
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by zonepublic »

Saya pernah nonton konpers public expose tahunan H jepang di yutub resminya H jepang ketika dia beberin omzet dan keuntungan perusahaan ,H indonesia kan memang jadi sapi perah penjualan honda global saat ini karena memang secara penjualan H indonesia paling besar omzet dan kuantitinya dibanding daerah lain,mana dilernya swasta pula yang pegang,tiap kota beda pemilik,bahkan 1 kota aja bisa beda pemilik jadi baik pemilik diler sampai principal morotin profitnya gede
Kalau soal kualitas honda disini panik ngikutin kompetitornya si T,jadi mau ga mau dia ngikutin
Kenapa ga main model unggulan seperti nissan yang ga jual LCGC? Ya kalo cuma main kelas atas kaya nissan ya berat ,endingnya bangkrut seperti nissan
Kalo soal penurunan signifikan honda di Indo,puncaknya salam 1 dasbor,salam 1 mesin di 2016 ,tapi benar sejak jaman lcgc tahun 2013 mulai memperluas segmen ke berbagai kalangan sampai melar2in body,saat brio cbu harga mulai dinilai terlalu mahal sampai tidak terjangkau,bahkan pengguna awal/ex user jazz aja ogah pindah ke brio 1.3 cbu thailand sampai dijual diskon 60juta dari otr 185 juta,kalau awal mula penurunan kualitas honda ya sejak era civic ferio berakhir,ketika tahun 2001 era civic ES ketika era fun to drive berakhir ketika double wishbone ditinggalkan,signifikan sekali itu perubahan rasa fun to drive handling khas honda yang hilang menjadi hambar
Screenshot_20250527_212821.jpg
https://www.youtube.com/live/mfjRwoMzaU ... n3QXTcdBai

Update press con public expose keuangan honda principal
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by zonepublic on Tue May 27, 2025 14:28, edited 6 times in total.
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1395
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kenop »

carlzeiss wrote: Tue May 27, 2025 12:20 Gimana ga sepi, servis jutaan, dpt nya cuman snek kecil doang , itu pun yang boleh refill yg snek kiloannya (kuping gajah, sumpia ) kalah banget ssma merk sebelah
Ini serius dapet nya kayak gini? Kayak di suzuki dong :ungg:

Di plaza toyota kl servis ada makan beratnya (nasi goreng / nasi uduk / nasi kuning), kopi (pake excelso) dan teh boleh refill sampe kembung :big_biglaugh:
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by rechtmasta »

kayukayuthe5th wrote: Tue May 27, 2025 11:11
rechtmasta wrote: Tue May 27, 2025 9:51 Baru mau ngangkat ini, saya yang sebenernya seneng banget sama merk H tegak ini, udah yakin dari tahun lalu nih merk di Indonesia bakal abis sih.

Kalau menurut saya era kehancuran Honda di Indonesia dimulai ketika trio Brio, Mobilio dan BRV mengaspal di jalanan. Karena penjualan (sangat) bagus untuk segmen tersebut, Honda seakan jadi lupa jati dirinya, dan sombong setinggi langit. Product R&D udah mulai ga dipeduliin, BQ (jangan tanya), pricing (kyknya yang buat pricing, nentuinnya sambil mabok kecubung) plus after sales service yang mahal edun untuk harga jasanya.

Honda merasa cukup dengan emblem H tegak, semua akan beres, padahal itu pemikiran khas dai Nippon yang kolot, yang bikin negaranya terlanda badai stagnansi sekarang ini. Akhirnya batu nisan (no pun intended) untuk Honda di Indonesia tampaknya mulai tertancap, kalau mereka ga segera bebernah diri secara total.

In my humble opinion, generasi emas Honda terkahir adalah City Type Z, JazzGE8, CRV Gen2, Civic FD2.

So sad...tapi lagi-lagi, ini menasbihkan, kalau hanya mengandalkan brand dan terlalu menganggap tinggi diri sendiri tanpa mau berbenah, siap-siap saja untuk hilang. Sudah banyak contohnya, tinggal memilih saja, mau belajar atau tunggu tanggal kematian saja.
alo dari gwa fk8, jazz gk5 masih ok sih dimana saat itu CEO hachigo masih mixed-powertrain oriented diganti mibe ealah gajelas ternyata :mky_01:
Kalo FK8, iya sih masih okelah. Cuma justru pas GK5 ini nih saya mulai ilfil sama Honda Indonesia. Rem belakang diganti jadi teromol, dengan alesan lebih cocok buat perkotaan Bilang aja biar cuan-nya lebih tebel sih...

Buat saya kalau produsen udah mulai bersilat lidah sampai dengan menyunat fitur penting di sebuah mobil produksinya, udah sangat red flag.
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1108
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by qushay20019 »

ChZ wrote: Tue May 27, 2025 2:20
apa di mata kalian honda masih identik dengan motorsport?
Sebagai user product ahond CBU Thai NIK 2007 & CKD NIK 2017, ane ngerasa jurang kematian ahond, khususnya di wakanda, adalah cutting too many corners dari kualitas barang jualan.

Jadi buat menjawab pertanyaan bro ChZ, produk Honda gak identik sama sama motorsport. Produk honda (khususnya buatan HPM) identik dgn BQ yg terlalu rendah; gak worth untuk price point yg mereka minta. Alias cuma jualan emblem aja. Lama2 org identikkan ahond dgn mobil berisik, kaki2 lemah cepet bunyi2 yg ujung2nya org gak ngerasa dapet kemewahan yg dijanjikan dari pricelist nya.
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ExorT »

Pricing policy Honda Indonesia ini bosok dan ngeselin.

Bener-bener cuman mikirin short term sesaat.

Yang paling ngeselin harga all new HRV tahun 2022 kemarin pas launching.

Indentnya 2 bulan. Tapi dalam 2 bulan indent itu 2 kali naik harga. 5 juta dan 10 juta.

Agak too much milking profit dan jebakan ke calon customernya. Apalagi ini ke customer loyalis (barisan peng-indent di awal launching).

=====

Kalau Mazda Indo, semoga dengan kegagalan CX-60 dan CRV bisa buat mereka melek. Dan nanti harga next gen CX-5 kenaikan harganya wajar.
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by DrivingPotato »

Percayalah, dealer jual LCGC sekarang itu pada rugi karena perang diskon. Hard truth yg orang-orang ga tahu. Harga ATPMnya udah gila.
Jual rugi 1jt per unit Agya
Jual rugi 2jt per unit Avanza
dst
Demi kejar market share & mereka akan retain di service nya.

Segmen yg price sensitive, jadi backbone nya Honda, jelas berat

Toyota lakuin yg sama, tp rasanya masih ketolong segmen lain yg profit: raja jalan tol :big_smoking:

Yg varian produknya ga banyak aja kalau miss-management bisa bangkrut.
Contoh aja Mer*eka M*tor, dealer Toyota di Bandung. Dua duanya tutup. Satu diambil alih tunas, jadi Tunas Kiaracondong.

Automotive sector bener2 declining, dan yang tersambar paling kencang ya yg ga punya ekosistem kuat
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 867
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by mobilover »

Sesuai dugaan, Honda akan terus declining market sharenya kegerus merek china sampai di titik mereka mau gak mau main pakai cara Mazda / Subaru. Jual CBU premium dan spesifik main di niche brandnya yaitu fun motorsport. Sepertinya honda jepang blm mau nyerah dan mau develop platform baru dari india? Tapi kl dari pengamatan skrg sih sudah menuju ke arah sana yah. Honda = new Mazda
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3922
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kendibocor »

rechtmasta wrote: Tue May 27, 2025 13:02
Kalo FK8, iya sih masih okelah. Cuma justru pas GK5 ini nih saya mulai ilfil sama Honda Indonesia. Rem belakang diganti jadi teromol, dengan alesan lebih cocok buat perkotaan Bilang aja biar cuan-nya lebih tebel sih...

Buat saya kalau produsen udah mulai bersilat lidah sampai dengan menyunat fitur penting di sebuah mobil produksinya, udah sangat red flag.
Sebenernya si ngondah soal sunat2an dah dari jaman dlu om, makanya terkenal kan si jonpeace pisau sunatnya tajem bener. Dulu konsumen ga banyak pilihan. Kalo ga demen toyota ya mau gamau honda. Sijuki, daihatsu segala kadang dianggap merk jepang “kelas 2”. Mazda ga bisa maen volume gede jd ga dianggap lawan sepadan. Batumakam ya cuman seketika doang ngegoyang dengan xtrail n livina.

Yg gamau toyota kaya saya dlu ya mau gamau harus nerimo ngondah, tp sekarang uda ga bs lagi jualan model begitu caranya. Pilihan dah banyak. Tp ternyata sampe crv gen baru pun yg harga dah 800 jeti denger2 tetep aja ada hal2 recehan yg disunat.
mobilover wrote: Tue May 27, 2025 15:53 Sesuai dugaan, Honda akan terus declining market sharenya kegerus merek china sampai di titik mereka mau gak mau main pakai cara Mazda / Subaru. Jual CBU premium dan spesifik main di niche brandnya yaitu fun motorsport. Sepertinya honda jepang blm mau nyerah dan mau develop platform baru dari india? Tapi kl dari pengamatan skrg sih sudah menuju ke arah sana yah. Honda = new Mazda
Mazda masih ada yg point plus dijual om, dengan dia cbu setidaknya BQ masih terjaga, ga asal nyunat fitur bahkan dari 10 thn lalu CX5 dan mazda 2 dah hampir full feature dibanding ngodah toyota. Trus jg ga perlu pusing target produksi karena emang bukan ckd. Makanya mereka sales ga gitu gede ya santai dan survive2 aja disini. Udah gitu malah diliat2 sekarang mazda brandingnya bertahun2 cukup tepat nempatin mereka di posisi mid-luxury mopang dibawah lexus. Si ngondah susah mau branding jd luxury mopang, masih berantem di segmen lcgc tp mau harga model laen lebih mahal drpd sesama jepang dengan BQ yg malah searoma dengan adek2 lcgcnya. Ya kabur pada semua ke pilihan laen.

Yg jelek dari mazdut cuman mesinnya aja gitu2 doang. Tp setidaknya jelas mana yg dikasih mesin 1.5 mana yg 2.0 mana yg 2.5. Lha si ngondah kasih mesin hajar kabeh 1.5. Dibedain turbo non turbo doang. Baru belakangan masukin 2.0 hybrid tp itu jg di accord yg volume penjualannya kecil sekali.
Jenson
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 586
Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Jenson »

Ini ahond naga2 bangkrutnya sadly uda kecium dari EU juga. Salesnya cenderung biasa aja, turun terus.

Buat HPM, kalo baca post ini, saatnya tobat. Kalo berani pricing hrv hybrid cmn naik maks 10jutaan dr price list. More than that buang momentum lagi.

Jadi inget jaman jon peace, varian lebih banyak, konsumen jadi lebih banyak pilihan. Coba launch varian CRV 2.0 type s sama e, harga start 499 buat s mt, - 599 buat e cvt. Harusmya laris itu baranf
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3289
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Salvanost »

Hondanya mahal... fiturnya dikit...
Pertamaxnya busuk...

Tahun depan EV dibawah 300juta masuk