Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16844
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Wed Jun 25, 2025 9:53
Ane blg pengaruh ekonomi yg lg gonjang ganjing kaya saat ini jg mbah. Semua orang sedang prepare for the worst, belanja2 dikurangin. Kalopun bener2 butuh beli mobil untuk saat ini pasti akan milih yg paling efisien. Nostalgia dan fanatisme harus punya mobil merk japs or euro dikesampingkan dulu in the name of efficiency. Sampe yg sekelas alphard buyer aja berpindah ke denza yg saya rasa >50% pembeli denza pasti mampu beli alphard walaupun emang harganya lumayan jauh.
Urusan 8-10 thn lg durabilitynya gimana, harga baterenya brp blm dipikirin sekarang.



Ngomongin low quality product ane agak kurang setuju kalo dibilang japs fanatik dengan quality mbah. Kalo mereka fanatik dengan quality ga bakalan keluar sih mbl2 lcgc. Inopah si rangga yg kemaren kita ngomongin di WAG aja bahkan ga ada airbag walaupun emang dah tua sih. Tp circa 2010an kan airbag bukan sesuatu yg wah wah amat :big_biglaugh:
Justru menurut ane sebenernya pabrikan japs berperan besar “membiasakan” rakyat wakanda nelen low quality products. Berpuluh2 tahun rakyat sini dibiasain disuruh beli mbl yg lebih mahal (relatives dibanding harga diluar, ya walaupun sebagian besar karena tax sih) dgn kualitas relatif lebih rendah trus sunat sana sini lagi, termasuk si H tegak ini yg dari jaman dulu terkenal tajam pisau sunatnya. 10 thn lalu si ciarpih gen 4 aja harga 400 jt DRL disunat, padahal housingnya ada. Lampu doang loh. Blm kalo ngomongin specified problem macem transmisi jedug, rangka motor patah yg penyelesaiannya malah konsumen disuruh diedukasi. Sadar ga sadar gini2an disebagian orang menimbulkan ketidakpuasan terpendam TAPI selama ini ga ada pilihan ya mau gamau ditelen, butuh mbl ya mau gamau beli produk kaya gitu.

Nah sekarang tiba2 kayak dapet angin segar dikasih pilihan mbl macem2, harga masuk kantong, teknologi canggih, dibungkus affordable luxury macem leather seats, double glass etc etc yg pabrikan jepang kasihnya pelit banget. Mungkin memang wah dikulitnya doang. Tp sebagian besar consumer ga akan detail liatin mobil nengok ke kolong kaki2nya gmn, cari tau structural integritynya gimana dll dll. Yg penting nih duit gw 400-500 jt dah dapet mbl yg joknya lapis kulit alus, door panel soft touch, kedap karena double glass. Drpd beli mopang harga sama, kalah mewah, musti isi bensin lg. Pasti dgn gini sebagian besar orang berpaling jg.

At least sekarang2 ini nyobain dulu aja. Masalah aftersales gimana ga dipikirin. Toh aftersales mopang jg ga bagus2 amat. Claim garansi bunyi2 paling dijawab “emang bawaan mobil pak”.

Overall saya rasa tetep quality mopang sementara ini masih diatas mobcin, tp pinter2an nyari selera konsumen mau yg gimana, gimmicks yg menjual, dan tau selera pasar saya rasa produsen china dah sejajar ma japs atau mungkin dah ngelewatin.

Just my 2 cents :big_peace:
pembeli alphard geser ke denza itu kayaknya faktor gage dan toh disupirin juga. di semarang gak terlalu wah kok denza d9. new alphardnya jauh lebih banyak.

yah kalo japs yang sekarang mah jangan dibilang lah, <500juta dapet spek prindavan.

maksudnya selama ini bar for low quality itu kan barang china. jadi ketika mereka bisa produksi bagusan dikit akan dianggep bagus, karena selama ini dianggep low quality products. coba kita liat barang jepang sekarang kan kecewa karena udah pernah ngalamin tuh sejelek jeleknya mopang 90an tetep aja lebih bagus rasanya. liat yang sekarang rasanya downgrade, karena bar for qualitynya dulu bagus.

tapi ya namanya CBU ke CKD udah pasti downgrade, pabrikan kan mau cut cost serendah mungkin apalagi dibebani pajak segebong dgn daya beli yang cuma mampu beli brio kan kesian juga dari pov produsen.

nah aftersales jepang yang harusnya bagus aja dimari begitu, jangan harep sama yang lain, H miring aja viral terus.

kebetulan tempat yang paling ideal buat "dumping" ya emang south east asia :big_biglaugh: govtnya gampang dikibulin. ya mo percaya gak percaya narasinya berimbang aja, di negara asalnya itu merek 3 hurup udah terekspos busuknya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

NEXT GEN HONDA CITY confrimed build by PF2 , menandakan dimulainya "lokalisasi" honda regional ASPAC dari Thai ke India
https://www.rushlane.com/honda-to-boost ... 25213.html
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12835
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:07 NEXT GEN HONDA CITY confrimed build by PF2 , menandakan dimulainya "lokalisasi" honda regional ASPAC dari Thai ke India
https://www.rushlane.com/honda-to-boost ... 25213.html
Sy salfok mbah
Lihat fotonya koq honda pilot
*ah hanya ilustrasi


Jd expektasinya ketinggian dah :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6458
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by b0ku »

kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:07 NEXT GEN HONDA CITY confrimed build by PF2 , menandakan dimulainya "lokalisasi" honda regional ASPAC dari Thai ke India
https://www.rushlane.com/honda-to-boost ... 25213.html
ya kalo cvt mulu ya bocen lah :big_biglaugh:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Tue Jul 01, 2025 4:41
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:07 NEXT GEN HONDA CITY confrimed build by PF2 , menandakan dimulainya "lokalisasi" honda regional ASPAC dari Thai ke India
https://www.rushlane.com/honda-to-boost ... 25213.html
Sy salfok mbah
Lihat fotonya koq honda pilot
*ah hanya ilustrasi


Jd expektasinya ketinggian dah :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ga mbah soalnya city next gen, BRV next gen, ma New WR-V 2nd gen (elevates kaianya disuntik mati sih digantiin) ini
pilot masuk ggwa sembah honda mah wkwkwk
b0ku wrote: Tue Jul 01, 2025 4:58
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:07 NEXT GEN HONDA CITY confrimed build by PF2 , menandakan dimulainya "lokalisasi" honda regional ASPAC dari Thai ke India
https://www.rushlane.com/honda-to-boost ... 25213.html
ya kalo cvt mulu ya bocen lah :big_biglaugh:
feeling gwa cvt sih tetep cman moga2 pake steel kaia toyota, hyundai gitu masa masih pake baja :big_bored:
mkamil
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by mkamil »

kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 5:31
Suryaputra wrote: Tue Jul 01, 2025 4:41
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:07 NEXT GEN HONDA CITY confrimed build by PF2 , menandakan dimulainya "lokalisasi" honda regional ASPAC dari Thai ke India
https://www.rushlane.com/honda-to-boost ... 25213.html
Sy salfok mbah
Lihat fotonya koq honda pilot
*ah hanya ilustrasi


Jd expektasinya ketinggian dah :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ga mbah soalnya city next gen, BRV next gen, ma New WR-V 2nd gen (elevates kaianya disuntik mati sih digantiin) ini
pilot masuk ggwa sembah honda mah wkwkwk
b0ku wrote: Tue Jul 01, 2025 4:58
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:07 NEXT GEN HONDA CITY confrimed build by PF2 , menandakan dimulainya "lokalisasi" honda regional ASPAC dari Thai ke India
https://www.rushlane.com/honda-to-boost ... 25213.html
ya kalo cvt mulu ya bocen lah :big_biglaugh:
feeling gwa cvt sih tetep cman moga2 pake steel kaia toyota, hyundai gitu masa masih pake baja :big_bored:
steel kan baja om, mungkin maksudnya steel belt atau steel chain ya 🙏🏽

http://hppm.co.id/steel-belt.php
IMG_8872.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

mkamil wrote: Tue Jul 01, 2025 6:23
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 5:31
Suryaputra wrote: Tue Jul 01, 2025 4:41

Sy salfok mbah
Lihat fotonya koq honda pilot
*ah hanya ilustrasi


Jd expektasinya ketinggian dah :big_biglaugh: :big_biglaugh:
ga mbah soalnya city next gen, BRV next gen, ma New WR-V 2nd gen (elevates kaianya disuntik mati sih digantiin) ini
pilot masuk ggwa sembah honda mah wkwkwk
b0ku wrote: Tue Jul 01, 2025 4:58

ya kalo cvt mulu ya bocen lah :big_biglaugh:
feeling gwa cvt sih tetep cman moga2 pake steel kaia toyota, hyundai gitu masa masih pake baja :big_bored:
steel kan baja om, mungkin maksudnya steel belt atau steel chain ya 🙏🏽

http://hppm.co.id/steel-belt.php

IMG_8872.jpeg
iya maksude ane steel belt ama steel chain (maklum lagi abis shift malam) :big_biglaugh:
Montero
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Wed Feb 01, 2017 13:13

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Montero »

Akhirnya kejadian di dealer deket kantor ane, Honda Trip*tra Bekasi gugur juga.

Bertahan hampir 10 tahun, tumbang sama Cherry (confirmed diganti brand itu) yang umurnya baru seumur jagung disini.

Gokil sih C ini, di Bekasi dealernya udah ada 3 under 10 km. Bener-bener diluar dugaan ane, yang dulunya brand china dipandang remeh sekarang hype luar biasa. Jangankan mobil, dulu motor china aja orang udah ilfeel ngeliatnya, apalagi disuruh beli.
picker83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: Tue Sep 25, 2018 6:03
Location: jakarta
Daily Vehicle: ford fiesta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by picker83 »

brand chery brani kasih uang pengganti kalo ganti jd merek dia - -"
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11851
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by Omnibus »

ga nyangka. :big_biglaugh:


farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3121
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by farizfsa »

Omnibus wrote: Sun Jul 06, 2025 17:10 ga nyangka. :big_biglaugh:


kek mobil perancis aja honda pake wet belt :big_biglaugh:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4396
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ginting »

ChZ wrote: Tue May 27, 2025 2:20 tapi serius emang bingung dengan price positioning H sih. as a loyal customer ya.

technically yang masih works itu brio dan HRV aja. BRV dan WRV tanpa diskon nggak works. mahal banget.

product portfolionya nggak seksi juga. brandingnya mulai luntur.

what bugs me the most, as a loyal H customer and fan :

merhatiin gak sejak om billy yang pegang kayaknya enthusiast justru makin ditinggalkan? core difference H dan BMW yang sama-sama krisis identitas : BMW nggak pernah ninggalin enthusiast. CCI tetap solid dan disupport ATPM. pernah ngga liat estilo atau genio nongkrong di beres H? kalo E36 di depan dealer BMW, umum banget. user E series masih gak alergi sama bengkel resmi karena support banget.

event macem JTC gitu makin jarang. dulu jaman om john peace event event motorsport dan modifikasi itu didominasi H. OMR masih ada nggak sih? jangan2 udah gak jalan karena city hatchback performanya gak se menggembirakan jazz. dulu H indo kan kayak ford di amrik, win on sunday sell on monday. makanya bocil pada demen beli jazz karena berasa beli mobil balap budget. jazz disuntik mati ganti city HB (mahal lagi) itu first nail in the coffin.

yang ngeselin kenapa malah ikutan game nya pabrikan lain jual fitur fitur fitur honda sensing WTF ? none H user cared about this, we want something that can be stupidly fast, fun in corners, and reliable. kalau sudah tau pengguna mayoritasnya di luar jakarta, jualan H sensing beda 50 juta hanya waste of time dan waste of resource, mending stocknya dialihkan ke non-sensing.

apa di mata kalian honda masih identik dengan motorsport? saya ragu. padahal pride pengguna honda itu mobilnya punya heritage motorsport yang kental.

dulu denger H luncurin apa bakal jadi game changer. sekarang? civic baru ? gak menarik. menurut saya udah final nail in the coffin karena harga 7xx juta dan only hybrid. where is the fun in that.

civic, CRV, diposisikan jadi "premium product". premium product = limited supply. artinya too d*mn expensive, low discount, dan artinya you gak pede import qty gede ini unit sehingga harga per unitnya mahal. mau battle sama china yang main qty dumping ya jelas kalah.

ya sudahlah biar jual unit CBU aja jadi atpm macem subaru dan mazda gitu. portfolio dibenahi.

ga usah maksain jual produk low end yang nggak profit juga. hajar aja jual civic ke atas tapi high spec jangan disunat sunat. keluarin civic turbo manual sekalian biar enthusiast berduit mau ngambil. dan jangan lupa datengin tuh club-club kasih support buat dateng ke bengkel resmi, support spare parts kalo perlu import aja sekalian aksesoris JDM jama 90s. cash cow yang menggiurkan itu.

dalam kondisi digempur oleh merk Cungkok ini saya kok melihat Suzuki lumayan berhasil mengambil segment orang2 yang gak butuh gengsi (baca : merk suzuki identic ama carry pickup sayur atau angkot), anti CVT club dan irit dan murah.. dengan cara launching FronX yg keren secara tampilan.
saya juga kepincut ganti Ayla 1.2 ke fronx.

sedikit banyak ini juga akan menggerus pasar Honda Brio dan WRV dan mobilio dan BRV yg harganya beririsan.
fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 450
Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by fansdiesel »

Brand yapan uda cuan Dari tahun 70an sampe 2010an

Jaman itu motor idm masi barang2 busuk semua disaat Malaysia Thailand Singapore itu motornya keren keren Disini flagshipnya Masih Honda tiger wkwkwkwk
mahesoo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 135
Joined: Mon Sep 01, 2014 22:29

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by mahesoo »

Ya kalau boleh jujur enthusiast kayak kita di forum ini jumlahnya ya kecil banget dibanding populasi umum plusss gak semua enthusiasts duitnya banyak hahaha. Saya suka banget sama mobil tapi apa daya mobil2 jepun yang fun to drive harganya udah di luar range saya.

To be fair kita harus liat dari kacamata orang lain juga. Suka gak suka daya beli di indonesia emang rendah dan kalau liat ATPM jepun yang tiap tahun harga naik dengan kualitas seadanya ya lama-lama gak terjangkau juga, dan voila tiba2 mobcin datang dengan harga yang oke dengan fitur dan build qualitynya cukup oke (gimana mayoritas orang gak ngiler dengan harga sama dengan mopang tapi dapat interior lebih mewah fitur bejibun dst, buat beberapa orang it matters loh)

Jadi ya buat kita enthusiast kita ngomongin rasa berkendara, chassis, ya gak sakah karena buat kita itu yang matters, tapi POV mayoritas masyarakat umum juga gak salah mereka cuma pengen uang mereka yang mereka cari dengan susah payah bisa sapat mobil yang nyaman, fitur kekinian (jangan lupa yang beli skrng mayoritas millenials dan gen Z mereka besar dengan teknologi, buat mereka ini salah satu kriteria wajib)

Jadi ya cuma beda POV aja sih, gak ada salah satu pihak yang bener, harusnya tugasnya produsen mau pilih market yang mana mau jual volume ya harga jangan mahal2 dong, kalau mau enthusiasts ya kualitas dan rasa berkendara pilihan utama, kalau mau dua duanya ya produsen harus balance artinya value for moneynya harus tinggi.


Honda ini dia bingung mau nyasar yang mana, menurut saya sebagai masyarakat yang ekonominya pas pasan ya mahal dan emang build qualitynya kacau sih (bising, kualitas plastik berasa murahnya) walaupun emang dikendarainnya enak, beres juga gak bagus2 amat dan terlalu variasi pelayanannya antara satu dealer dengan dealer lain beda jauh sama auto2000 nya toyota.

Tapi mau market enthusiasts juga ya itu sesuai komen om ChZ gak masuk juga. Jadi ya wajar kalau di indo lama2 kalah bersaing, cuma ini HRV hybrid baru positioningnya lumayan oke sih harusnya bisa lah bersaing.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2638
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by darrelund »

Omnibus wrote: Sun Jul 06, 2025 17:10 ga nyangka. :big_biglaugh:


mobil segede itu dikasih 1000cc :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2638
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by darrelund »

mahesoo wrote: Thu Jul 10, 2025 1:50 Ya kalau boleh jujur enthusiast kayak kita di forum ini jumlahnya ya kecil banget dibanding populasi umum plusss gak semua enthusiasts duitnya banyak hahaha. Saya suka banget sama mobil tapi apa daya mobil2 jepun yang fun to drive harganya udah di luar range saya.

To be fair kita harus liat dari kacamata orang lain juga. Suka gak suka daya beli di indonesia emang rendah dan kalau liat ATPM jepun yang tiap tahun harga naik dengan kualitas seadanya ya lama-lama gak terjangkau juga, dan voila tiba2 mobcin datang dengan harga yang oke dengan fitur dan build qualitynya cukup oke (gimana mayoritas orang gak ngiler dengan harga sama dengan mopang tapi dapat interior lebih mewah fitur bejibun dst, buat beberapa orang it matters loh)

Jadi ya buat kita enthusiast kita ngomongin rasa berkendara, chassis, ya gak sakah karena buat kita itu yang matters, tapi POV mayoritas masyarakat umum juga gak salah mereka cuma pengen uang mereka yang mereka cari dengan susah payah bisa sapat mobil yang nyaman, fitur kekinian (jangan lupa yang beli skrng mayoritas millenials dan gen Z mereka besar dengan teknologi, buat mereka ini salah satu kriteria wajib)

Jadi ya cuma beda POV aja sih, gak ada salah satu pihak yang bener, harusnya tugasnya produsen mau pilih market yang mana mau jual volume ya harga jangan mahal2 dong, kalau mau enthusiasts ya kualitas dan rasa berkendara pilihan utama, kalau mau dua duanya ya produsen harus balance artinya value for moneynya harus tinggi.


Honda ini dia bingung mau nyasar yang mana, menurut saya sebagai masyarakat yang ekonominya pas pasan ya mahal dan emang build qualitynya kacau sih (bising, kualitas plastik berasa murahnya) walaupun emang dikendarainnya enak, beres juga gak bagus2 amat dan terlalu variasi pelayanannya antara satu dealer dengan dealer lain beda jauh sama auto2000 nya toyota.

Tapi mau market enthusiasts juga ya itu sesuai komen om ChZ gak masuk juga. Jadi ya wajar kalau di indo lama2 kalah bersaing, cuma ini HRV hybrid baru positioningnya lumayan oke sih harusnya bisa lah bersaing.
bener, mocin dateng di waktu & tempat yg tepat

mocin itu cendrung ngejer apa yg keliatan mata dulu, gimana cara bisa bikin love at first sight, makanya gak ada tuh narasi untung besar ap gmn, padahal klo dilihat dari njkb+pajak sampe OTR, timpangnya jg jauh sama kyk mopang :big_biglaugh: , kyk T8 CSH aja njkb setengahnya CX5, ga sampe stengahnya CRV

urusan onderstel belakangan, toh mungkin mrk tau patokan mobil nyamannya org sini itu truk berkabin makanya cuek aja

gak salah, cuma beda prioritas aja
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16844
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

darrelund wrote: Thu Jul 10, 2025 2:25 bener, mocin dateng di waktu & tempat yg tepat

mocin itu cendrung ngejer apa yg keliatan mata dulu, gimana cara bisa bikin love at first sight, makanya gak ada tuh narasi untung besar ap gmn, padahal klo dilihat dari njkb+pajak sampe OTR, timpangnya jg jauh sama kyk mopang :big_biglaugh: , kyk T8 CSH aja njkb setengahnya CX5, ga sampe stengahnya CRV

urusan onderstel belakangan, toh mungkin mrk tau patokan mobil nyamannya org sini itu truk berkabin makanya cuek aja

gak salah, cuma beda prioritas aja
mocin lagi butuh dumping di saat ada market yang mau nerima :big_biglaugh:

bayangin semudah itu sampe belum ada pabrik aja dikasi insentif.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

farizfsa wrote: Mon Jul 07, 2025 4:44
Omnibus wrote: Sun Jul 06, 2025 17:10 ga nyangka. :big_biglaugh:


kek mobil perancis aja honda pake wet belt :big_biglaugh:
makanya 1.0t gajadi dimasukin indo. doi keinspirasi ama ecoboost sebenrnya mesin kompak tenaga gede cman yah gitu reliabilitti ampas. makanya ada petisi ditarik kan kapan hari itu jadi "best engine fo the year"
darrelund wrote: Thu Jul 10, 2025 2:25
mahesoo wrote: Thu Jul 10, 2025 1:50 Ya kalau boleh jujur enthusiast kayak kita di forum ini jumlahnya ya kecil banget dibanding populasi umum plusss gak semua enthusiasts duitnya banyak hahaha. Saya suka banget sama mobil tapi apa daya mobil2 jepun yang fun to drive harganya udah di luar range saya.

To be fair kita harus liat dari kacamata orang lain juga. Suka gak suka daya beli di indonesia emang rendah dan kalau liat ATPM jepun yang tiap tahun harga naik dengan kualitas seadanya ya lama-lama gak terjangkau juga, dan voila tiba2 mobcin datang dengan harga yang oke dengan fitur dan build qualitynya cukup oke (gimana mayoritas orang gak ngiler dengan harga sama dengan mopang tapi dapat interior lebih mewah fitur bejibun dst, buat beberapa orang it matters loh)

Jadi ya buat kita enthusiast kita ngomongin rasa berkendara, chassis, ya gak sakah karena buat kita itu yang matters, tapi POV mayoritas masyarakat umum juga gak salah mereka cuma pengen uang mereka yang mereka cari dengan susah payah bisa sapat mobil yang nyaman, fitur kekinian (jangan lupa yang beli skrng mayoritas millenials dan gen Z mereka besar dengan teknologi, buat mereka ini salah satu kriteria wajib)

Jadi ya cuma beda POV aja sih, gak ada salah satu pihak yang bener, harusnya tugasnya produsen mau pilih market yang mana mau jual volume ya harga jangan mahal2 dong, kalau mau enthusiasts ya kualitas dan rasa berkendara pilihan utama, kalau mau dua duanya ya produsen harus balance artinya value for moneynya harus tinggi.


Honda ini dia bingung mau nyasar yang mana, menurut saya sebagai masyarakat yang ekonominya pas pasan ya mahal dan emang build qualitynya kacau sih (bising, kualitas plastik berasa murahnya) walaupun emang dikendarainnya enak, beres juga gak bagus2 amat dan terlalu variasi pelayanannya antara satu dealer dengan dealer lain beda jauh sama auto2000 nya toyota.

Tapi mau market enthusiasts juga ya itu sesuai komen om ChZ gak masuk juga. Jadi ya wajar kalau di indo lama2 kalah bersaing, cuma ini HRV hybrid baru positioningnya lumayan oke sih harusnya bisa lah bersaing.
bener, mocin dateng di waktu & tempat yg tepat

mocin itu cendrung ngejer apa yg keliatan mata dulu, gimana cara bisa bikin love at first sight, makanya gak ada tuh narasi untung besar ap gmn, padahal klo dilihat dari njkb+pajak sampe OTR, timpangnya jg jauh sama kyk mopang :big_biglaugh: , kyk T8 CSH aja njkb setengahnya CX5, ga sampe stengahnya CRV

urusan onderstel belakangan, toh mungkin mrk tau patokan mobil nyamannya org sini itu truk berkabin makanya cuek aja

gak salah, cuma beda prioritas aja
nganu mbah momentumnya "dibuat" tepat ada juga campur-tangan "pengu.........." [emo-police]

masa import bisa bebas pajak gapake TKDN makanya SoKor pada kapok ama kita. ini lagi nego ama CATL :mky_04:

yah balek ke honda. CEO ama exco plus directornya aja pada plinplan yawe gini ini sih kalo japan corps. pake ala2 europe CEO+president jadi satu wkwkwkwk emang harus asian value kaia toyota "ada chairman ato SC". honda niatnya mungkin kedepan global model EHEV macem civic dsb upmarket nebeng masda, dibawah 500 pake PF2 platform dari india. niatnya dari thai devt. murah harga murah ternyata bahan baku di thai itu mahal jadi gak bisa cut-cost gede plus desainer thailand ini agak2 mabuk tomyum come on 2020s masih pake audio tanem plus dashboards jarum2 :big_bored:
Last edited by kayukayuthe5th on Thu Jul 10, 2025 3:52, edited 1 time in total.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Thu Jul 10, 2025 2:43
darrelund wrote: Thu Jul 10, 2025 2:25 bener, mocin dateng di waktu & tempat yg tepat

mocin itu cendrung ngejer apa yg keliatan mata dulu, gimana cara bisa bikin love at first sight, makanya gak ada tuh narasi untung besar ap gmn, padahal klo dilihat dari njkb+pajak sampe OTR, timpangnya jg jauh sama kyk mopang :big_biglaugh: , kyk T8 CSH aja njkb setengahnya CX5, ga sampe stengahnya CRV

urusan onderstel belakangan, toh mungkin mrk tau patokan mobil nyamannya org sini itu truk berkabin makanya cuek aja

gak salah, cuma beda prioritas aja
mocin lagi butuh dumping di saat ada market yang mau nerima :big_biglaugh:

bayangin semudah itu sampe belum ada pabrik aja dikasi insentif.
ya ini juga salah satu mereka mau banting harga.

dan bikin negara lain eneg invest di negara +62 :mky_01:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16844
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

kayukayuthe5th wrote: Thu Jul 10, 2025 3:37
ya ini juga salah satu mereka mau banting harga.

dan bikin negara lain eneg invest di negara +62 :mky_01:
bahkan saking banting bantingannya, di negara asalnya udah banyak banget sesama pemaen yang protes. terutama sama si merek B yang beneran dilindungi pemerintahnya ampe utang supplier aja molor up to 9 months, dan itu surat utang bisa dijadiin jaminan buat suppliernya ambil kredit lagi.

segitu powerfulnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Thu Jul 10, 2025 3:40
kayukayuthe5th wrote: Thu Jul 10, 2025 3:37
ya ini juga salah satu mereka mau banting harga.

dan bikin negara lain eneg invest di negara +62 :mky_01:
bahkan saking banting bantingannya, di negara asalnya udah banyak banget sesama pemaen yang protes. terutama sama si merek B yang beneran dilindungi pemerintahnya ampe utang supplier aja molor up to 9 months, dan itu surat utang bisa dijadiin jaminan buat suppliernya ambil kredit lagi.

segitu powerfulnya.
yang "keliatan" baru merk B, cman kaianya merk G itu ok sih secara RnD agak respect doi kasih multipowertrain devt waktu shanghai auto show kemaren :big_exellent:
tapi lagi2 emang kalo oversubsidised sih gini emang "kelemahannya"

cman tetep aja sih mungkin bener kaia trumps. kita liat aja waktu EV ga disubsidi lagi
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16844
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by ChZ »

kayukayuthe5th wrote: Thu Jul 10, 2025 3:54
yang "keliatan" baru merk B, cman kaianya merk G itu ok sih secara RnD agak respect doi kasih multipowertrain devt waktu shanghai auto show kemaren :big_exellent:
tapi lagi2 emang kalo oversubsidised sih gini emang "kelemahannya"

cman tetep aja sih mungkin bener kaia trumps. kita liat aja waktu EV ga disubsidi lagi
kalo GWM saya si sebenernya ngerasa itu merek wajar yah cara jualannya. gak tau deh kalo dumping, cuma kesan saya gak dumping karena price-range nya wajar dan nggak cut price terus menerus macem B.

itu GWM ORA aja harganya wajar buat spek begitu.

ya GWM dan SAIC group lah ya kayaknya yang masih bener cara jualannya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 974
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mitra Dealer Honda mulai berguguran

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Thu Jul 10, 2025 4:03
kayukayuthe5th wrote: Thu Jul 10, 2025 3:54
yang "keliatan" baru merk B, cman kaianya merk G itu ok sih secara RnD agak respect doi kasih multipowertrain devt waktu shanghai auto show kemaren :big_exellent:
tapi lagi2 emang kalo oversubsidised sih gini emang "kelemahannya"

cman tetep aja sih mungkin bener kaia trumps. kita liat aja waktu EV ga disubsidi lagi
kalo GWM saya si sebenernya ngerasa itu merek wajar yah cara jualannya. gak tau deh kalo dumping, cuma kesan saya gak dumping karena price-range nya wajar dan nggak cut price terus menerus macem B.

itu GWM ORA aja harganya wajar buat spek begitu.

ya GWM dan SAIC group lah ya kayaknya yang masih bener cara jualannya.
so far masih "wajar"

GMW grup gede soalnya n RnD kerasa kok dari 2016an kalo SAIC mah jelas lah wong bekingannya GM plus ada MG kan sekarng plus dia grup gede banget (GM-SAIC-WULING-baojun-MG) :big_smile]