
Kemungkinan besar kronologi teknisnya begini:

1. Tabrakan merusak charging port atau komponen kelistrikan depan
Wuling Air EV punya charging port di bagian tengah depan, tepat di bawah logo.
Saat menabrak mobil lain (Innova), area tersebut sangat mungkin mengalami tekanan atau robekan.
Kabel HV (high voltage) dari port ke OBC (On-Board Charger) bisa terjepit atau putus, dan insulasi rusak.

2. Hujan deras membuat air masuk ke konektor/kabel rusak
Air bisa merembes masuk ke kabel yang sudah terbuka karena benturan.
Biasanya aman, tapi jika segel pelindung rusak dan air menyentuh kabel listrik 300-400V, itu sangat berbahaya.

3. Korsleting listrik akibat air + logam + tegangan tinggi
Jika logam atau air hujan menyentuh bagian konektor charging rusak, akan terjadi:
Arus pendek (short circuit)
Peningkatan suhu ekstrem
Bahkan loncatan api (arc flash) jika grounding rusak

4. Terjadi kebakaran dari komponen kelistrikan depan
Karena area itu juga berdekatan dengan komponen plastik, isolator, dan karet, api dengan cepat menyebar.
Jika sempat mengalir ke baterai, bisa terjadi thermal runaway β api makin besar.

Mengapa sistem pengaman tidak langsung mencegah?
Mobil EV modern punya sistem pemutus arus, tapi:
Jika kerusakan terlalu mendadak (misalnya kabel langsung bersentuhan karena benturan), proteksi tidak sempat aktif.
Kalau air masuk bukan melalui charging port resmi, tapi dari retakan atau sobekan kabel HV, deteksi kelembapan gagal.
Setelah benturan, semua sistem bisa error, termasuk proteksi relay utama.

Pelajaran penting dari kasus ini:
Wuling Air EV tetap aman selama tidak mengalami kerusakan fisik serius.
Setelah tabrakan di bagian depan, apalagi di tengah hujan:
Jangan nyalakan kendaraan.
Jangan lakukan charging.
Segera putus arus listrik (lepas konektor HV jika memungkinkan β hanya oleh teknisi).
Derek ke bengkel resmi Wuling secepatnya.
Bahkan mobil listrik yang aman pun tetap bisa terbakar jika kombinasi berikut terjadi:
Tabrakan β kerusakan fisik
Hujan deras β air masuk sistem listrik
Charging atau masih ada arus aktif β korslet β kebakaran