Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 931
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Tue Jul 01, 2025 2:29
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 23:14
Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 15:33

Di bbrp artikel
std dexos ini above and beyond API
Krn lebih ketat juga.

https://www.cadencepetroleum.com/blog/w ... dexos-oil/
https://www.chevronlubricants.com/en_us ... -here.html

Jd klopun api rilis api sq, dexos pasti akan di depan juga dgn Gen 4 nya.

Mulai dari Dexos 1 gen1 (umumnya) longer drain juga
https://www.caltex.com/my/motorists/sup ... ledge.html

Makanya ketika ada adnoc dgn dex1 gen3, only 100k seliter
lgs gassss :big_biglaugh:
iya mbah 2027 dexos 4
https://www.fuelsandlubes.com/fli-artic ... gen-4-oil/
iya dia bilang essentially sama spt ILSAC atau API, cuma limitnya lbh ketat.

dia bisa klaim longer drain, krn deposit control dan viscocity stability jg better berarti.
that's why oli entry-level std Dexos, relatif lbh mahal dibanding oli entry API/ILSAC :mky_01:
well atleast penasaran dari API SQ dulu gimana perfomanya hehe, karena disono used oil perfomanya diklaim lebih bagus ama extended fuel effeciencies hehe :big_peace:

betul banget. selain karena lisensi by GM juga kali yak makanya lebih mahal :big_grin:
ivanaldie
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Mon Sep 18, 2017 6:25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by ivanaldie »

kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 10:39
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57 Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.

Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).

Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.

Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
sretauku sejak dipegang eurokars gaboleh deh. stick PTT
Setelah cek sana sini dan tanya2 ke forum2 facebook...ternayata Beres Mazda Bintaro, dan Fatmawati boleh bawa oli sendiri.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2592
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:06
Suryaputra wrote: Tue Jul 01, 2025 2:29
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 23:14
iya mbah 2027 dexos 4
https://www.fuelsandlubes.com/fli-artic ... gen-4-oil/
iya dia bilang essentially sama spt ILSAC atau API, cuma limitnya lbh ketat.

dia bisa klaim longer drain, krn deposit control dan viscocity stability jg better berarti.
that's why oli entry-level std Dexos, relatif lbh mahal dibanding oli entry API/ILSAC :mky_01:
well atleast penasaran dari API SQ dulu gimana perfomanya hehe, karena disono used oil perfomanya diklaim lebih bagus ama extended fuel effeciencies hehe :big_peace:

betul banget. selain karena lisensi by GM juga kali yak makanya lebih mahal :big_grin:
Sekarang oli yang saya pake katanya formulasinya udah sama dengan yang api SQ. Botolnya masih SP tapi gak ada perubahan katanya dengan yang SQ. Kalo produk produk Q8 lain saya liat masih SP.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12785
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Tue Jul 01, 2025 8:37
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:06
Suryaputra wrote: Tue Jul 01, 2025 2:29

iya dia bilang essentially sama spt ILSAC atau API, cuma limitnya lbh ketat.

dia bisa klaim longer drain, krn deposit control dan viscocity stability jg better berarti.
that's why oli entry-level std Dexos, relatif lbh mahal dibanding oli entry API/ILSAC :mky_01:
well atleast penasaran dari API SQ dulu gimana perfomanya hehe, karena disono used oil perfomanya diklaim lebih bagus ama extended fuel effeciencies hehe :big_peace:

betul banget. selain karena lisensi by GM juga kali yak makanya lebih mahal :big_grin:
Sekarang oli yang saya pake katanya formulasinya udah sama dengan yang api SQ. Botolnya masih SP tapi gak ada perubahan katanya dengan yang SQ. Kalo produk produk Q8 lain saya liat masih SP.
Ya berarti dah exceed klausul SQ
Iya lah, dari jaman label sn plus, udh bisa long drain up to 14rb km

sy coba, jaman Api sn kyukyu 0w20 aja bs 9-10rb km :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1668
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by t105erd »

ivanaldie wrote: Tue Jul 01, 2025 7:48
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 10:39
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57 Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.

Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).

Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.

Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
sretauku sejak dipegang eurokars gaboleh deh. stick PTT
Setelah cek sana sini dan tanya2 ke forum2 facebook...ternayata Beres Mazda Bintaro, dan Fatmawati boleh bawa oli sendiri.
om maaf mau tanya oot, beres mazda mana yg masih banyak di sambangi sama mazda2 lama, atau beres mazda paling "senior" di jakarta buat mazda lama. thx
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 931
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by kayukayuthe5th »

sahabatq8 wrote: Tue Jul 01, 2025 8:37
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:06
Suryaputra wrote: Tue Jul 01, 2025 2:29

iya dia bilang essentially sama spt ILSAC atau API, cuma limitnya lbh ketat.

dia bisa klaim longer drain, krn deposit control dan viscocity stability jg better berarti.
that's why oli entry-level std Dexos, relatif lbh mahal dibanding oli entry API/ILSAC :mky_01:
well atleast penasaran dari API SQ dulu gimana perfomanya hehe, karena disono used oil perfomanya diklaim lebih bagus ama extended fuel effeciencies hehe :big_peace:

betul banget. selain karena lisensi by GM juga kali yak makanya lebih mahal :big_grin:
Sekarang oli yang saya pake katanya formulasinya udah sama dengan yang api SQ. Botolnya masih SP tapi gak ada perubahan katanya dengan yang SQ. Kalo produk produk Q8 lain saya liat masih SP.
oh iya mbah? yah berarti ga sesignifikan SN ke SP dong :big_bored:
Suryaputra wrote: Tue Jul 01, 2025 9:19
sahabatq8 wrote: Tue Jul 01, 2025 8:37
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:06
well atleast penasaran dari API SQ dulu gimana perfomanya hehe, karena disono used oil perfomanya diklaim lebih bagus ama extended fuel effeciencies hehe :big_peace:

betul banget. selain karena lisensi by GM juga kali yak makanya lebih mahal :big_grin:
Sekarang oli yang saya pake katanya formulasinya udah sama dengan yang api SQ. Botolnya masih SP tapi gak ada perubahan katanya dengan yang SQ. Kalo produk produk Q8 lain saya liat masih SP.
Ya berarti dah exceed klausul SQ
Iya lah, dari jaman label sn plus, udh bisa long drain up to 14rb km

sy coba, jaman Api sn kyukyu 0w20 aja bs 9-10rb km :big_biglaugh:
kyueit emang ga bohong dari harganya :big_exellent:
ivanaldie wrote: Tue Jul 01, 2025 7:48
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 10:39
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57 Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.

Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).

Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.

Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
sretauku sejak dipegang eurokars gaboleh deh. stick PTT
Setelah cek sana sini dan tanya2 ke forum2 facebook...ternayata Beres Mazda Bintaro, dan Fatmawati boleh bawa oli sendiri.
fatmawati skrg boleh ya?
kalo skrg boleh wah ok juga tuh hoho.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2592
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 21

Post by sahabatq8 »

kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 12:43
sahabatq8 wrote: Tue Jul 01, 2025 8:37
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:06
well atleast penasaran dari API SQ dulu gimana perfomanya hehe, karena disono used oil perfomanya diklaim lebih bagus ama extended fuel effeciencies hehe :big_peace:

betul banget. selain karena lisensi by GM juga kali yak makanya lebih mahal :big_grin:
Sekarang oli yang saya pake katanya formulasinya udah sama dengan yang api SQ. Botolnya masih SP tapi gak ada perubahan katanya dengan yang SQ. Kalo produk produk Q8 lain saya liat masih SP.
oh iya mbah? yah berarti ga sesignifikan SN ke SP dong :big_bored:
Suryaputra wrote: Tue Jul 01, 2025 9:19
sahabatq8 wrote: Tue Jul 01, 2025 8:37

Sekarang oli yang saya pake katanya formulasinya udah sama dengan yang api SQ. Botolnya masih SP tapi gak ada perubahan katanya dengan yang SQ. Kalo produk produk Q8 lain saya liat masih SP.
Ya berarti dah exceed klausul SQ
Iya lah, dari jaman label sn plus, udh bisa long drain up to 14rb km

sy coba, jaman Api sn kyukyu 0w20 aja bs 9-10rb km :big_biglaugh:
kyueit emang ga bohong dari harganya :big_exellent:
ivanaldie wrote: Tue Jul 01, 2025 7:48
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 10:39
sretauku sejak dipegang eurokars gaboleh deh. stick PTT
Setelah cek sana sini dan tanya2 ke forum2 facebook...ternayata Beres Mazda Bintaro, dan Fatmawati boleh bawa oli sendiri.
fatmawati skrg boleh ya?
kalo skrg boleh wah ok juga tuh hoho.
Iya. SN ke SP itu gede lompatannya. Mobil flat tappet aja yang pake SM SN masalah karena Zddp lebih rendah pas dikasih SP (biasanya banyak magnesium) bagus wearnya.

Tapi gak tau sih sebelumnya kalo yang D1 FE 0w20 API SP kan udah saya coba sendiri 12rb km. Yang Special FE 0w20 (formulasi API SQ) ini mau saya coba push ke 15rb km. Seharusnya dengan harga yang lumayan jauh, kualitasnya jg lebih baik.