Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
iya dia bilang essentially sama spt ILSAC atau API, cuma limitnya lbh ketat.
dia bisa klaim longer drain, krn deposit control dan viscocity stability jg better berarti.
that's why oli entry-level std Dexos, relatif lbh mahal dibanding oli entry API/ILSAC
well atleast penasaran dari API SQ dulu gimana perfomanya hehe, karena disono used oil perfomanya diklaim lebih bagus ama extended fuel effeciencies hehe
betul banget. selain karena lisensi by GM juga kali yak makanya lebih mahal
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57
Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.
Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).
Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.
Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
sretauku sejak dipegang eurokars gaboleh deh. stick PTT
Setelah cek sana sini dan tanya2 ke forum2 facebook...ternayata Beres Mazda Bintaro, dan Fatmawati boleh bawa oli sendiri.
iya dia bilang essentially sama spt ILSAC atau API, cuma limitnya lbh ketat.
dia bisa klaim longer drain, krn deposit control dan viscocity stability jg better berarti.
that's why oli entry-level std Dexos, relatif lbh mahal dibanding oli entry API/ILSAC
well atleast penasaran dari API SQ dulu gimana perfomanya hehe, karena disono used oil perfomanya diklaim lebih bagus ama extended fuel effeciencies hehe
betul banget. selain karena lisensi by GM juga kali yak makanya lebih mahal
Sekarang oli yang saya pake katanya formulasinya udah sama dengan yang api SQ. Botolnya masih SP tapi gak ada perubahan katanya dengan yang SQ. Kalo produk produk Q8 lain saya liat masih SP.
iya dia bilang essentially sama spt ILSAC atau API, cuma limitnya lbh ketat.
dia bisa klaim longer drain, krn deposit control dan viscocity stability jg better berarti.
that's why oli entry-level std Dexos, relatif lbh mahal dibanding oli entry API/ILSAC
well atleast penasaran dari API SQ dulu gimana perfomanya hehe, karena disono used oil perfomanya diklaim lebih bagus ama extended fuel effeciencies hehe
betul banget. selain karena lisensi by GM juga kali yak makanya lebih mahal
Sekarang oli yang saya pake katanya formulasinya udah sama dengan yang api SQ. Botolnya masih SP tapi gak ada perubahan katanya dengan yang SQ. Kalo produk produk Q8 lain saya liat masih SP.
Ya berarti dah exceed klausul SQ
Iya lah, dari jaman label sn plus, udh bisa long drain up to 14rb km
sy coba, jaman Api sn kyukyu 0w20 aja bs 9-10rb km
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57
Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.
Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).
Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.
Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
sretauku sejak dipegang eurokars gaboleh deh. stick PTT
Setelah cek sana sini dan tanya2 ke forum2 facebook...ternayata Beres Mazda Bintaro, dan Fatmawati boleh bawa oli sendiri.
om maaf mau tanya oot, beres mazda mana yg masih banyak di sambangi sama mazda2 lama, atau beres mazda paling "senior" di jakarta buat mazda lama. thx
iya dia bilang essentially sama spt ILSAC atau API, cuma limitnya lbh ketat.
dia bisa klaim longer drain, krn deposit control dan viscocity stability jg better berarti.
that's why oli entry-level std Dexos, relatif lbh mahal dibanding oli entry API/ILSAC
well atleast penasaran dari API SQ dulu gimana perfomanya hehe, karena disono used oil perfomanya diklaim lebih bagus ama extended fuel effeciencies hehe
betul banget. selain karena lisensi by GM juga kali yak makanya lebih mahal
Sekarang oli yang saya pake katanya formulasinya udah sama dengan yang api SQ. Botolnya masih SP tapi gak ada perubahan katanya dengan yang SQ. Kalo produk produk Q8 lain saya liat masih SP.
oh iya mbah? yah berarti ga sesignifikan SN ke SP dong
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:06
well atleast penasaran dari API SQ dulu gimana perfomanya hehe, karena disono used oil perfomanya diklaim lebih bagus ama extended fuel effeciencies hehe
betul banget. selain karena lisensi by GM juga kali yak makanya lebih mahal
Sekarang oli yang saya pake katanya formulasinya udah sama dengan yang api SQ. Botolnya masih SP tapi gak ada perubahan katanya dengan yang SQ. Kalo produk produk Q8 lain saya liat masih SP.
Ya berarti dah exceed klausul SQ
Iya lah, dari jaman label sn plus, udh bisa long drain up to 14rb km
sy coba, jaman Api sn kyukyu 0w20 aja bs 9-10rb km
ivanaldie wrote: Mon Jun 30, 2025 9:57
Mobil saya CX5 tahun 2021 di KM 26 ribuan dan sudah waktunya ganti oli (kelebihan 1 bulan dan 1000 km dari seharusnya). Pada penggantian oli di periode sebelumnya dikarenakan terpaksa karena kesibukan kerja di luar kota dan karena gak ketemu jadwal yang pas di Beres, saya ganti oli di salah satu bengkel dengan menggunakan P*t performace super synthetic 0w20 di km 15,500. karena oli p*t ini adalah yang paling "murah" diantara oli-oli lain yang ditawarkan bengkel tersebut. Sebelum-sebelumnya, saya selalu taat ganti oli di Beres dan pake Oli MGO.
Kemarin pagi saya cek oli di dipstick, dan surprisingly setelah pemakaian hampir 11 ribu km oli malah tidak berkurang alias tetap berada di level max pada dipstick. Saya kurang paham perhitungan lab untuk pemakaaian oli seperti TBN dan sebagainya, tapi sebagai orang awam saya takjub karena saya merasa peguapannya sangat minim (menurut penarawangan mata awam saya).
Nah, kegalauan saya adalah, apakah saya kembali ke jalan yang benar pake oli MGO di Beres, atau tetap bermigrasi menggunakan oli P*t ini? selain itu masalahnya, saya gak tau apakah ada Beres mazdut yang bisa bawa oli sendiri.
Mohon masukan suhu-suhu oli SMers
sretauku sejak dipegang eurokars gaboleh deh. stick PTT
Setelah cek sana sini dan tanya2 ke forum2 facebook...ternayata Beres Mazda Bintaro, dan Fatmawati boleh bawa oli sendiri.
fatmawati skrg boleh ya?
kalo skrg boleh wah ok juga tuh hoho.
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 01, 2025 4:06
well atleast penasaran dari API SQ dulu gimana perfomanya hehe, karena disono used oil perfomanya diklaim lebih bagus ama extended fuel effeciencies hehe
betul banget. selain karena lisensi by GM juga kali yak makanya lebih mahal
Sekarang oli yang saya pake katanya formulasinya udah sama dengan yang api SQ. Botolnya masih SP tapi gak ada perubahan katanya dengan yang SQ. Kalo produk produk Q8 lain saya liat masih SP.
oh iya mbah? yah berarti ga sesignifikan SN ke SP dong
Sekarang oli yang saya pake katanya formulasinya udah sama dengan yang api SQ. Botolnya masih SP tapi gak ada perubahan katanya dengan yang SQ. Kalo produk produk Q8 lain saya liat masih SP.
Ya berarti dah exceed klausul SQ
Iya lah, dari jaman label sn plus, udh bisa long drain up to 14rb km
sy coba, jaman Api sn kyukyu 0w20 aja bs 9-10rb km
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 10:39
sretauku sejak dipegang eurokars gaboleh deh. stick PTT
Setelah cek sana sini dan tanya2 ke forum2 facebook...ternayata Beres Mazda Bintaro, dan Fatmawati boleh bawa oli sendiri.
fatmawati skrg boleh ya?
kalo skrg boleh wah ok juga tuh hoho.
Iya. SN ke SP itu gede lompatannya. Mobil flat tappet aja yang pake SM SN masalah karena Zddp lebih rendah pas dikasih SP (biasanya banyak magnesium) bagus wearnya.
Tapi gak tau sih sebelumnya kalo yang D1 FE 0w20 API SP kan udah saya coba sendiri 12rb km. Yang Special FE 0w20 (formulasi API SQ) ini mau saya coba push ke 15rb km. Seharusnya dengan harga yang lumayan jauh, kualitasnya jg lebih baik.