30% per 5 tahun kecil om sebagai bungasatriakarisma wrote: Wed Jun 11, 2025 9:32aatau beli usd fisik sekalian gimana Om?Salvanost wrote: Wed Jun 11, 2025 9:10Emang eropah sama Jepun mahal aja omwell wrote: Mon Jun 09, 2025 3:27 menurut saya bukan untungnya yg kebanyakan tapi nilai rupiahnya semakin mengecil (inflasi kebesaran).
awalnya sy pribadi tdk terlalu tertarik dengan mobil cina, namun habis coba ckp amaze ternyata mbl cina sekarang ini kualitasnya bagus, tidak sedikit yang diatas jepang pny.
Coba bandingin sama hp aja...
Tapi betul om inflasi itu nyata
Gara2 2x perang ya empot2an rupiah
Di prank tariff pula
Kita selama 5 tahun kedepan anggap aja inflasi 30% rupiah jebol 20.000 keatas
Buat persiapan aja, sama mikir barang2 apa aja yg masih dikonversi dari harga dollar
Contoh emas
mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3302
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3947
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??
Terlepas dari datanya bener apa kagak, ada survey yg bilang gaji Rp 18-23jt itu cuman didapet 10%an populasi. Ya bisa jd sih penghasilan diatas 20jt dah dibilang super kaya terlepas dr 20jt/bln itu sekarang ga banyak kasih ruang bergerak jg, apalagi keluarga yg dah punya anak yang hidup layak (hidup layak ya bukan anak dibikin buat disuruh ngamen dijalanan)darrelund wrote: Tue Jun 10, 2025 6:54bukan dari BPS oom datanyaZaxis wrote: Tue Jun 10, 2025 2:50 Banyak orang victim mentality
Mana ada orang miskin bisa beli tiket pesawat apalagi punya mobil
Makan aja kadang ga cukup
https://www.kompas.com/tren/read/2025/0 ... kapita-per![]()
20jt/mo dibilang standar super kaya sih kebangetan
Yg lebih sedihnya cuman dengan punya asset >100k usd ternyata dah masuk top 1 percentage di indo lho

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2630
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??
naaah itukendibocor wrote: Fri Jun 13, 2025 1:46
Terlepas dari datanya bener apa kagak, ada survey yg bilang gaji Rp 18-23jt itu cuman didapet 10%an populasi. Ya bisa jd sih penghasilan diatas 20jt dah dibilang super kaya terlepas dr 20jt/bln itu sekarang ga banyak kasih ruang bergerak jg, apalagi keluarga yg dah punya anak yang hidup layak (hidup layak ya bukan anak dibikin buat disuruh ngamen dijalanan)
Yg lebih sedihnya cuman dengan punya asset >100k usd ternyata dah masuk top 1 percentage di indo lho![]()
klo mau bikin data harusnya factor in tanggungan & status dia utk tau dia betulan kaya / ndak, makanya aneh jg tuh data
single/ married
anak 0 1 2 3 4 etc etc
spt di perpajakan kan ada rangenya, PTKP single 0 tanggungan ya beda sama married 2 anak
yg oe bold itu ngenes siy mbah, bayangin aja dari 270jt populasi, sales per annum bmw level ribuan unit. 1% aja ga nyampe

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3947
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??
Sebenernya gawsa ributin kaya apa nggak sih mbah, kaya apa nggak kan relatif. Ada orng yg beli lambo cash ngerasa blm kaya, ada yg beli bmw 2nd kredit dah ngerasa tajir. Tergantung persepsi masing2.darrelund wrote: Fri Jun 13, 2025 2:22 naaah itu
klo mau bikin data harusnya factor in tanggungan & status dia utk tau dia betulan kaya / ndak, makanya aneh jg tuh data
single/ married
anak 0 1 2 3 4 etc etc
spt di perpajakan kan ada rangenya, PTKP single 0 tanggungan ya beda sama married 2 anak
yg oe bold itu ngenes siy mbah, bayangin aja dari 270jt populasi, sales per annum bmw level ribuan unit. 1% aja ga nyampe![]()
Kalo saya pribadi sih ga perlu pusing kaya/tidak, yg penting berkecukupan aja. Mau beli rumah cukup duitnya, mau beli mbl cukup duitnya, mau jalan2 hiling2 cukup duitnya…….

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2630
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??
setuju jg mbah, gak maksud gimana, oe refer ke "kaya" yg ada di data tsbkendibocor wrote: Fri Jun 13, 2025 2:35
Sebenernya gawsa ributin kaya apa nggak sih mbah, kaya apa nggak kan relatif. Ada orng yg beli lambo cash ngerasa blm kaya, ada yg beli bmw 2nd kredit dah ngerasa tajir. Tergantung persepsi masing2.
Kalo saya pribadi sih ga perlu pusing kaya/tidak, yg penting berkecukupan aja. Mau beli rumah cukup duitnya, mau beli mbl cukup duitnya, mau jalan2 hiling2 cukup duitnya…….![]()

naah cukup kan relatip jg tuh mbah


makanya sulit data ginian klo dari awal ud di kotak"in. mending lihat buying / spending power, average spending sebulan brp, ato apa kek, kyknya lebih representatip drpd "kaya / nggak"
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Jan 10, 2025 1:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: ANGL HWS 2014 - Zenix V HV
Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??
Om2, ijin nimbrung diskusi di forum ini. Ini murni pendapat pribadi saya yang saya rasakan pribadi dan tanpa data2 valid or bawa2 referensi apapun ya.
1. ada yang merasa harga mobil kemahalan, harusnya jauh lebih murah
2. ada yang merasa bensin kemahalan, harusnya jauh lebih murah
3. ada yang merasa pajak kendaraan kemahalan, harusnya lebih murah.
Kebetulan saya lahir dan besar di sub-urban, jadi sejak sekolah setiap hari merasakan macet yg makin kesini makin-makinan. ke kantor gantian aja sesuai agenda, kadang bawa mobil kadang motor, kalau meeting di tempat yg jalur MRT/LRT saya naik public transport.
kalau ketiga diatas terwujud, akan semacet apa lagi jakarta? berarti makin banyak orang yg bisa memiliki dan memakai mobil kan harapan yg berpikir 3 hal td adalah "harusnya?"
saya masih pada pemikiran, transportasi pribadi itu memang tidak seharusnya dimiliki oleh semua orang dan saya belum bisa sampai pada pemikiran bahwa mobil adalah kebutuhan dasar, karena sudah ada public transport. kalau bicara kesediaan public transport, sektor swasta pasti akan menyediakan kalau demandnya benar2 ada. ada yg namanya angkot, omprengan dsb.
CMIWW cordially ya.
1. ada yang merasa harga mobil kemahalan, harusnya jauh lebih murah
2. ada yang merasa bensin kemahalan, harusnya jauh lebih murah
3. ada yang merasa pajak kendaraan kemahalan, harusnya lebih murah.
Kebetulan saya lahir dan besar di sub-urban, jadi sejak sekolah setiap hari merasakan macet yg makin kesini makin-makinan. ke kantor gantian aja sesuai agenda, kadang bawa mobil kadang motor, kalau meeting di tempat yg jalur MRT/LRT saya naik public transport.
kalau ketiga diatas terwujud, akan semacet apa lagi jakarta? berarti makin banyak orang yg bisa memiliki dan memakai mobil kan harapan yg berpikir 3 hal td adalah "harusnya?"
saya masih pada pemikiran, transportasi pribadi itu memang tidak seharusnya dimiliki oleh semua orang dan saya belum bisa sampai pada pemikiran bahwa mobil adalah kebutuhan dasar, karena sudah ada public transport. kalau bicara kesediaan public transport, sektor swasta pasti akan menyediakan kalau demandnya benar2 ada. ada yg namanya angkot, omprengan dsb.
CMIWW cordially ya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4389
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: mobil sekarang naik kelas?atau ATPM ambil untungnya kebanyakan??
Kadang, kalau saya melihat harga mobil di LN, lalu saya bandingkan dengan harga mobil di Batam yang FTZ yang jauh lbh murah, lalu bandingkan dengan harga mobil di NKRI ini, rasanya seperti ikhlas gak ikhlas.ChZ wrote: Mon Jun 02, 2025 7:58nah berujung ke prinsipal merek merek ini takut barang gak diserap pasar karena market +62 ya dari dulu segini-segini aja. prinsipal gimanapun kan pasti tanya market growth gimana. diancam cabut kalo gak growth, ya pemegang kepentingannya keder. pendekatannya = transum nggak dikembangin, kasih insentif EV, bla bla bla. pendekatannya business oriented. tipikal govt +62 dari zaman dulu kala.lexnic wrote: Mon Jun 02, 2025 7:43
klo mnurut saya, semua mslh dsini gara2 nilai tukar rupiah yg lemah & gagalnya pemerintah dlm nyediain transportasi umum yg layak (bukan cuma sekedar bisa dinaikin aja).
transportasi umum yg layak paling cuma di kota2 besar aja, itu jga gk semua kota ada. sekelas transjakarta ato KRL aja pas rush hour mnurut saya gk nyaman sama skali. cuma pejabat2 itu mana pernah ngerasain naik bgtuan, wong ada fasilitas patwal & plat sakti.
EV mnurut saya cuma pindahin masalah dri 1 titik ke titik lain. ok lah polusi udara di perkotaan bisa berkurang, tapi gmana dgn polusi udara di area skitar pembangkit listrik (trutama pembangkit listrik yg msh pake batu bara ato diesel)? yg saya heran, apa dasarnya ngasih kebijakan subsidi pajak buat EV klo jatuhnya malah jdi subsidi yg gk tepat sasaran dan ujung2nya malah nambahin kemacetan.
sehingga jurusnya kredit dimurahin sebisa mungkin. udah sistemik ini mah. istilahnya penjualan kita sebenernya aktual menurun, sekarang keliatan banyak karena kredit mobil makin gampang.
nah ilusi "udara bersih" itu juga bikin pemerataan makin sulit kan. krn polutannya harus end up somewhere. kek yang ane bilang itu, luar jawa itu cuma jadi tempat eksploitasi manusia, lingkungan, dan buang sampah akhirnya. nambang dimana, buang polutan dimana. pokoknya ilusi udara bersih aja dulu di jakarta.
orang-orang itu kabur kemana? ke jawa lagi. ke jakarta mainly, dan ada juga nyebar ke kota-kota lain.
cari penghidupan di sana. di kampungnya udah gak ada harapan. makin kesini makin sering kok liat orang dari timur mau kerja jadi apapun.
kok rasanya dari semua proses dr Hulu sampai hilir mobil diterima oleh konsumen, yg cuan banyak adalah pemerintah.
oleh karen itu kadang saya mikir gausah beli mobil baru lagi, tapi kalau semua berpikir demikian, nanti industry otomotif jadi kollaps dong...