
EV's Safety?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1235
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: EV's Safety?
mana nih om ChZ kudu cobain seal facelift, siapa tau impresinya jd kyk mg4 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1527
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: EV's Safety?
Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..kayukayuthe5th wrote: Mon May 19, 2025 5:36feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.mobilover wrote: Mon May 19, 2025 4:02Cara pemerintah buat achieve 2 hal sih. Nambah pemasukan pajak + dorong adaptasi EV supaya lbh banyak beredar dgn insentif pajak murahtimbermaniac123 wrote: Mon May 19, 2025 3:26 Btw ini 2025, pkb sama progresif naik gila2an ya. Jimny 5d mobil ke 4 kena 18.5 juta cuy. Tahun lalu masih 13 jutaan. PBB juga naik nya hampir 2x lipet ya. Negara butuh dana buat program MBG kali yak. Ga heran Denza cukup laris jualan nya. Pada udah males bayar pajak.
Byd seagull kayanya bisa laris manis kaya kacang goreng kalau harganya 250jt.
Sy jg males bayar pajak secara kebanyakan jg gak balik ke kita juga. Ditilep sana sini tinggal sisa dikit yg balik. Gmn orang mau semangat bayar kl gak ada timbal baliknya
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah![]()
Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 774
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety?
timbermaniac123 wrote: Wed May 21, 2025 8:48Makanya beli mocin ya gitu. Taun depan mungkin udah keluar lagi yang major interior facelift + 800v + lidar. Abis itu setelah liat penjualan phev tiggo 8 csh dapat respon positif, taunya hype phev, baru keluarin seal dmi. Dan kemudian pasang slogan eperti tiggo 8 "the best hybrid better than ev"



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1393
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: EV's Safety?
Pajak dan anti gage nya yg takut keburu ikutan mobil ICEPugman wrote: Wed May 21, 2025 10:00Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..kayukayuthe5th wrote: Mon May 19, 2025 5:36feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.mobilover wrote: Mon May 19, 2025 4:02
Cara pemerintah buat achieve 2 hal sih. Nambah pemasukan pajak + dorong adaptasi EV supaya lbh banyak beredar dgn insentif pajak murah
Sy jg males bayar pajak secara kebanyakan jg gak balik ke kita juga. Ditilep sana sini tinggal sisa dikit yg balik. Gmn orang mau semangat bayar kl gak ada timbal baliknya
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah![]()
Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
![]()

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12627
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety?
Gak lgs koqkenop wrote: Wed May 21, 2025 10:18Pajak dan anti gage nya yg takut keburu ikutan mobil ICEPugman wrote: Wed May 21, 2025 10:00Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..kayukayuthe5th wrote: Mon May 19, 2025 5:36
feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah![]()
Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
![]()
![]()
Tp perlahan bs jadi direduce gradually
Ujung2nya buat support makan bergizi gratis
Kan yg beli moblis berduit juga

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 774
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety?
kaianya ya, selagi masih si :itu: aman2 aja om. negonya kenceng, tappi bisa aja karena emang regulasi global kaianya EV dah dikurang2i insentifnyaPugman wrote: Wed May 21, 2025 10:00Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..kayukayuthe5th wrote: Mon May 19, 2025 5:36feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.mobilover wrote: Mon May 19, 2025 4:02
Cara pemerintah buat achieve 2 hal sih. Nambah pemasukan pajak + dorong adaptasi EV supaya lbh banyak beredar dgn insentif pajak murah
Sy jg males bayar pajak secara kebanyakan jg gak balik ke kita juga. Ditilep sana sini tinggal sisa dikit yg balik. Gmn orang mau semangat bayar kl gak ada timbal baliknya
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah![]()
Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
![]()
yang gwa takut sih charging tax sih.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 619
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: EV's Safety?
Kalo kurangin insentif buat tambal fiskal urut2annya kayaknya gini. Buat nambal fiskal pusat :
Bea Masuk 50%, semua EV yg. CBU kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
PPnBM 15%, semua EV kena tanpa kecuali (kecuali pake skema TKDN)
PPN 10%, semua EV CKD kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
Nah, baru masuk pajak daerah, ada 2 :
BBNKB mobil baru, kalo pake TKDN lagi2 yg slamet Hyundai, Wuling & BYD
STNK : basis emisi, ini semua EV kena, kalo naik-pun, level Ioniq cuma sejuta tahun 2021 kemaren.
Kesimpulan : kalo dicabut, harga pada naik, terus jualan turun drastis, itu produsen yg. cuma perakitan doang macam Aion, Chery, MG, Geely pada minggat gak ya ?, secara mereka kan gak ada ATPM. Dealer juga pake dealer palugada.
Bea Masuk 50%, semua EV yg. CBU kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
PPnBM 15%, semua EV kena tanpa kecuali (kecuali pake skema TKDN)
PPN 10%, semua EV CKD kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
Nah, baru masuk pajak daerah, ada 2 :
BBNKB mobil baru, kalo pake TKDN lagi2 yg slamet Hyundai, Wuling & BYD
STNK : basis emisi, ini semua EV kena, kalo naik-pun, level Ioniq cuma sejuta tahun 2021 kemaren.
Kesimpulan : kalo dicabut, harga pada naik, terus jualan turun drastis, itu produsen yg. cuma perakitan doang macam Aion, Chery, MG, Geely pada minggat gak ya ?, secara mereka kan gak ada ATPM. Dealer juga pake dealer palugada.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: EV's Safety?
Terakhir denger2 seal performance yang versi lama dijual dibawah 600... bearti disc lebih drpd yg minggu kemarin 100jt. Beda 1 minggu bisa beda disc 30 juta. Masa yg premium 500 juta setelah disc ?
Bearti bener kaya di thailand yg waktu itu disc bisa nembus 150 juta... gimana ya peeasaan yang baru ambil di sebelum lebaran ga ada disc...
Bearti bener kaya di thailand yg waktu itu disc bisa nembus 150 juta... gimana ya peeasaan yang baru ambil di sebelum lebaran ga ada disc...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12627
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety?
Yah gmn yaaatimbermaniac123 wrote: Wed May 21, 2025 14:17 Terakhir denger2 seal performance yang versi lama dijual dibawah 600... bearti disc lebih drpd yg minggu kemarin 100jt. Beda 1 minggu bisa beda disc 30 juta. Masa yg premium 500 juta setelah disc ?
Bearti bener kaya di thailand yg waktu itu disc bisa nembus 150 juta... gimana ya peeasaan yang baru ambil di sebelum lebaran ga ada disc...
Over supply
Over capacity
Lower demand
Higher warehouse cost
Bakarrr
Jgn2 ntar bisa buy 1 get 1 free

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1527
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: EV's Safety?
Udah gitu BYD Indonesia masih aja sok pede ga mau kasih diskon.Suryaputra wrote: Wed May 21, 2025 14:43Yah gmn yaaatimbermaniac123 wrote: Wed May 21, 2025 14:17 Terakhir denger2 seal performance yang versi lama dijual dibawah 600... bearti disc lebih drpd yg minggu kemarin 100jt. Beda 1 minggu bisa beda disc 30 juta. Masa yg premium 500 juta setelah disc ?
Bearti bener kaya di thailand yg waktu itu disc bisa nembus 150 juta... gimana ya peeasaan yang baru ambil di sebelum lebaran ga ada disc...
Over supply
Over capacity
Lower demand
Higher warehouse cost
Bakarrr
Jgn2 ntar bisa buy 1 get 1 free
![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1527
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: EV's Safety?
Kalau dah banyak juga lama² di Cut lah itu.. kaya ga apal Konoha aja..kenop wrote: Wed May 21, 2025 10:18Pajak dan anti gage nya yg takut keburu ikutan mobil ICEPugman wrote: Wed May 21, 2025 10:00Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..kayukayuthe5th wrote: Mon May 19, 2025 5:36
feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah![]()
Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
![]()
![]()

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1527
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: EV's Safety?
Rasanya memang beresiko seh kalau insentif² dicabut, penyerapan EV bakal melambat, produsen kecil yang masih punya lineup ICE atau Hybrid mungkin akan lebih bertahan sedang yang pure EV mungkin agak seret. Masalahnya toko sebelah yang udah bangun pabrik pasti ga terima yang impor dapat banyak keringanan sementara mereka belum balik modal. Toko sebelahnya lagi yang belum serius ke EV lebih gerah lagi, akhirnya sekarang lobi supaya Hybrid juga bisa dapat keringanan yang lebih serius.Bibieight wrote: Wed May 21, 2025 13:56 Kalo kurangin insentif buat tambal fiskal urut2annya kayaknya gini. Buat nambal fiskal pusat :
Bea Masuk 50%, semua EV yg. CBU kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
PPnBM 15%, semua EV kena tanpa kecuali (kecuali pake skema TKDN)
PPN 10%, semua EV CKD kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
Nah, baru masuk pajak daerah, ada 2 :
BBNKB mobil baru, kalo pake TKDN lagi2 yg slamet Hyundai, Wuling & BYD
STNK : basis emisi, ini semua EV kena, kalo naik-pun, level Ioniq cuma sejuta tahun 2021 kemaren.
Kesimpulan : kalo dicabut, harga pada naik, terus jualan turun drastis, itu produsen yg. cuma perakitan doang macam Aion, Chery, MG, Geely pada minggat gak ya ?, secara mereka kan gak ada ATPM. Dealer juga pake dealer palugada.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1527
- Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39
Re: EV's Safety?
Charging Tax kayaknya tinggal nunggu waktu aja seh Hehehe..kayukayuthe5th wrote: Wed May 21, 2025 10:39kaianya ya, selagi masih si :itu: aman2 aja om. negonya kenceng, tappi bisa aja karena emang regulasi global kaianya EV dah dikurang2i insentifnyaPugman wrote: Wed May 21, 2025 10:00Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..kayukayuthe5th wrote: Mon May 19, 2025 5:36
feeeling gwa; kalo dah kepala 3 wholesalenya ntar juga ada wacana pajak buat EV juga -unpopular opinion- gwa setuju, mungkin ntar alasannya yah pemeilharan infrastruktur dsb.
kan rakyat jadi "mitra" mbah bukan warga , jadi yah selagi ada "peluang" gaspol mbah![]()
Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
![]()
yang gwa takut sih charging tax sih.![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6335
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
ya suatu hari nasibnya bisa kek evergrande tiba2x dhuaaaar....... ud di peringatin juga sama GMT sama persis kek waktu evergrande.....Suryaputra wrote: Wed May 21, 2025 14:43Yah gmn yaaatimbermaniac123 wrote: Wed May 21, 2025 14:17 Terakhir denger2 seal performance yang versi lama dijual dibawah 600... bearti disc lebih drpd yg minggu kemarin 100jt. Beda 1 minggu bisa beda disc 30 juta. Masa yg premium 500 juta setelah disc ?
Bearti bener kaya di thailand yg waktu itu disc bisa nembus 150 juta... gimana ya peeasaan yang baru ambil di sebelum lebaran ga ada disc...
Over supply
Over capacity
Lower demand
Higher warehouse cost
Bakarrr
Jgn2 ntar bisa buy 1 get 1 free
![]()
mana si POOH juga kabarnya mau kolaps lagi......

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6335
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
MG4 pure mechanical kalo ini dari sistem elektronik fellnya bakalan gak bisa ngalahin MG4 karena basis chasisnya emang gak bagusctopher7 wrote: Wed May 21, 2025 9:43 mana nih om ChZ kudu cobain seal facelift, siapa tau impresinya jd kyk mg4![]()

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 363
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: EV's Safety?
nambahin om : Vinfast, start 2026 di subangBibieight wrote: Wed May 21, 2025 13:56 Kalo kurangin insentif buat tambal fiskal urut2annya kayaknya gini. Buat nambal fiskal pusat :
Bea Masuk 50%, semua EV yg. CBU kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
PPnBM 15%, semua EV kena tanpa kecuali (kecuali pake skema TKDN)
PPN 10%, semua EV CKD kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
Nah, baru masuk pajak daerah, ada 2 :
BBNKB mobil baru, kalo pake TKDN lagi2 yg slamet Hyundai, Wuling & BYD
STNK : basis emisi, ini semua EV kena, kalo naik-pun, level Ioniq cuma sejuta tahun 2021 kemaren.
Kesimpulan : kalo dicabut, harga pada naik, terus jualan turun drastis, itu produsen yg. cuma perakitan doang macam Aion, Chery, MG, Geely pada minggat gak ya ?, secara mereka kan gak ada ATPM. Dealer juga pake dealer palugada.
skenario yang bakal seru kalo januari 2026 insentif (tax cut) dicabut
apakah pabrikan mopang bakal jumawa lagi? hahaha
tapi insentif mobil hybrid perlu sih, dan paksa mopang bikin hev range msrp 250-350 jt
tetep bisa jualan bensin
atau coba kasih insentif jualan ev di luar pulau jawa, jadi ga kejadian lagi ngantri bensin di bpp kaya kemaren
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6335
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
gak yakin di cabut jualan seret fomo fomo gini musti launch produk baru 2-3 bulan sekali biar keliatan jualannya kenceng itu aja ngandelin angka wholesales bukan retailIbet wrote: Thu May 22, 2025 1:12
nambahin om : Vinfast, start 2026 di subang
skenario yang bakal seru kalo januari 2026 insentif (tax cut) dicabut
apakah pabrikan mopang bakal jumawa lagi? hahaha
tapi insentif mobil hybrid perlu sih, dan paksa mopang bikin hev range msrp 250-350 jt
tetep bisa jualan bensin
atau coba kasih insentif jualan ev di luar pulau jawa, jadi ga kejadian lagi ngantri bensin di bpp kaya kemaren

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Tue Sep 25, 2018 6:03
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: ford fiesta
Re: EV's Safety?
minggat ga sih kecil kmgknn krn mereka da setor bank guarantee atas subsidi bea masuk, ppn & ppnbm sejumlah nilai unit yg mereka ajuin fasilitas dengan kewajiban ckd sejumlah unit yg sama dgn spek yang sama atau di atasnyaBibieight wrote: Wed May 21, 2025 13:56 Kalo kurangin insentif buat tambal fiskal urut2annya kayaknya gini. Buat nambal fiskal pusat :
Bea Masuk 50%, semua EV yg. CBU kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
PPnBM 15%, semua EV kena tanpa kecuali (kecuali pake skema TKDN)
PPN 10%, semua EV CKD kena. Yg. selamet yg TKDN tinggi (Hyundai, BYD, Wuling, sisanya cuma assembler di Handal).
Nah, baru masuk pajak daerah, ada 2 :
BBNKB mobil baru, kalo pake TKDN lagi2 yg slamet Hyundai, Wuling & BYD
STNK : basis emisi, ini semua EV kena, kalo naik-pun, level Ioniq cuma sejuta tahun 2021 kemaren.
Kesimpulan : kalo dicabut, harga pada naik, terus jualan turun drastis, itu produsen yg. cuma perakitan doang macam Aion, Chery, MG, Geely pada minggat gak ya ?, secara mereka kan gak ada ATPM. Dealer juga pake dealer palugada.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 619
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: EV's Safety?
Bener juga sih, cuma masalahnya apakah semua merk Cungkuo pada ajuin level fasilitas sekelas BYD gak, sempat denger kabar simpang siurnya kan BYD pasang bank garansi 20an T, ini mending bikin pabrik daripada ilang. Kalo cuma pasang borg 1-5T bisa rawan, soalnya bikin pabrik gak cukup duit 2-3T.picker83 wrote: Thu May 22, 2025 2:00
minggat ga sih kecil kmgknn krn mereka da setor bank guarantee atas subsidi bea masuk, ppn & ppnbm sejumlah nilai unit yg mereka ajuin fasilitas dengan kewajiban ckd sejumlah unit yg sama dgn spek yang sama atau di atasnya
Terus kalo semua pada bikin pabrik, kalo satu pabrik butuh 2000-3000 orang (Youngdie Cikarang 2000an), emang mudah cari skilled labor sampe 10-15.000 orang dalam waktu 2 tahun. Orang butuh kerja di Indonesia boooaaaanyoooaaaakkkk... tapi yg bisa kerja di otomotif belun tentu.
Njait baju ama ngerakit mobil beda banget lho skill-nya, I5 saya tu unit ke 21, jalan 100 km tau2 mogok, derek ke bengkel, ternyata steker high voltage-nya ndak klik, jadi kena getaran lama2 longgar... ini pabrikan Korea, bayangin pabrikan Cungkuo



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6335
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: EV's Safety?
mobilnya CKD bisa jadi separo labournya CBU omBibieight wrote: Thu May 22, 2025 3:37
Bener juga sih, cuma masalahnya apakah semua merk Cungkuo pada ajuin level fasilitas sekelas BYD gak, sempat denger kabar simpang siurnya kan BYD pasang bank garansi 20an T, ini mending bikin pabrik daripada ilang. Kalo cuma pasang borg 1-5T bisa rawan, soalnya bikin pabrik gak cukup duit 2-3T.
Terus kalo semua pada bikin pabrik, kalo satu pabrik butuh 2000-3000 orang (Youngdie Cikarang 2000an), emang mudah cari skilled labor sampe 10-15.000 orang dalam waktu 2 tahun. Orang butuh kerja di Indonesia boooaaaanyoooaaaakkkk... tapi yg bisa kerja di otomotif belun tentu.
Njait baju ama ngerakit mobil beda banget lho skill-nya, I5 saya tu unit ke 21, jalan 100 km tau2 mogok, derek ke bengkel, ternyata steker high voltage-nya ndak klik, jadi kena getaran lama2 longgar... ini pabrikan Korea, bayangin pabrikan Cungkuo![]()
![]()
![]()

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Tue Sep 25, 2018 6:03
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: ford fiesta
Re: EV's Safety?
tahap awal bisa pakai jahit baju di handal ,impor KD parts dr cungkuo, sisanya ban, labour etc itu da bisa kejar local content 40%, ini info saya dengar lgsg dari bos nya handal. untuk BYD mereka mulai produksi di desember 2025 kalo ga ada halangan.Bibieight wrote: Thu May 22, 2025 3:37Bener juga sih, cuma masalahnya apakah semua merk Cungkuo pada ajuin level fasilitas sekelas BYD gak, sempat denger kabar simpang siurnya kan BYD pasang bank garansi 20an T, ini mending bikin pabrik daripada ilang. Kalo cuma pasang borg 1-5T bisa rawan, soalnya bikin pabrik gak cukup duit 2-3T.picker83 wrote: Thu May 22, 2025 2:00
minggat ga sih kecil kmgknn krn mereka da setor bank guarantee atas subsidi bea masuk, ppn & ppnbm sejumlah nilai unit yg mereka ajuin fasilitas dengan kewajiban ckd sejumlah unit yg sama dgn spek yang sama atau di atasnya
Terus kalo semua pada bikin pabrik, kalo satu pabrik butuh 2000-3000 orang (Youngdie Cikarang 2000an), emang mudah cari skilled labor sampe 10-15.000 orang dalam waktu 2 tahun. Orang butuh kerja di Indonesia boooaaaanyoooaaaakkkk... tapi yg bisa kerja di otomotif belun tentu.
Njait baju ama ngerakit mobil beda banget lho skill-nya, I5 saya tu unit ke 21, jalan 100 km tau2 mogok, derek ke bengkel, ternyata steker high voltage-nya ndak klik, jadi kena getaran lama2 longgar... ini pabrikan Korea, bayangin pabrikan Cungkuo![]()
![]()
![]()
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12627
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: EV's Safety?
Di indonesiah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 619
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: EV's Safety?
Naah yang masalah kan begitu kedepan TKDN naik, begitu diatas 50% minimal harus tambah welding, naik lagi stamping, naik lagi body in white. Bisa ndak perlu invest kalo pake jalur batere, body in white tetep impor tapi battery cell+battery pack lokal. Cuma ini tergantung ama pabrik CATL ama Gotion yg bikin LFP, pabrik LG Chem kan NMC, udah gitu kalo LFP kan susah dipush-nya, soalnya prekursor katoda-nya kan impor.picker83 wrote: Thu May 22, 2025 4:41 tahap awal bisa pakai jahit baju di handal ,impor KD parts dr cungkuo, sisanya ban, labour etc itu da bisa kejar local content 40%, ini info saya dengar lgsg dari bos nya handal. untuk BYD mereka mulai produksi di desember 2025 kalo ga ada halangan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 774
- Joined: Wed May 03, 2017 10:30
- Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT
Re: EV's Safety?
besar kemungkinan iya. karena negara luar udah mulai godok nih, setelah kurangin insentif ; nerapin pajak jalan ; baur deh charging taxPugman wrote: Wed May 21, 2025 15:36Charging Tax kayaknya tinggal nunggu waktu aja seh Hehehe..kayukayuthe5th wrote: Wed May 21, 2025 10:39kaianya ya, selagi masih si :itu: aman2 aja om. negonya kenceng, tappi bisa aja karena emang regulasi global kaianya EV dah dikurang2i insentifnyaPugman wrote: Wed May 21, 2025 10:00
Kemarin lihat dimana gitu, insentif pajak rendah untuk impor CBU EV akan dihentikan 2026 termasuk insentif harga, tapi mudah-mudahan aja seh belum..hehe..
Makanya kemarin saya jadi nekat beli EV, takut pajaknya keburu di Cut
![]()
yang gwa takut sih charging tax sih.![]()

-
- SM Specialist
- Posts: 16719
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: EV's Safety?
tetep aja meskipun EV kan tetep bayar PPNBM omtimbermaniac123 wrote: Mon May 19, 2025 3:26 Btw ini 2025, pkb sama progresif naik gila2an ya. Jimny 5d mobil ke 4 kena 18.5 juta cuy. Tahun lalu masih 13 jutaan. PBB juga naik nya hampir 2x lipet ya. Negara butuh dana buat program MBG kali yak. Ga heran Denza cukup laris jualan nya. Pada udah males bayar pajak.
Byd seagull kayanya bisa laris manis kaya kacang goreng kalau harganya 250jt.

kalo PKB kebijakan pemda sih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7