Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 965
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by vanosz »

Suryaputra wrote: Sun Mar 31, 2024 6:12
vanosz wrote: Sun Mar 31, 2024 1:36 bulan besok waktunya ganti oli nih gans,servis 20 ribu,gak tau nih dipake oli apaan,
yg penting oli asli aja,


mobil sih ugalan pindah jalur sambil lompat gan nguber 300,minimal 255 top sepet sekali keluar garasi getoh,redlin trs,pokoe tiap pindah jalur ngegas setir godek apalg klo belokan agak dalam dibejek setir mau balik arah,
jantung berasa jatuh trs nih,serrrr geli gitu ah,ditambah lagi cairan dikepala brasa mengalir,ky di klitikin geli gitu,

dr hari jumat nih ugal forever until time is troug,

dijalan bawah brp x lawan motor,lawan mobil kutu,

pokoe bnyk dah ah,


nih no foto hokkkkkkkssdhxhdhd omon omon,


ah mau rekues oli yg ada dibengkel klo ada yg lain,gak juga yah apa boleh buat,

padahal oli fastron juga gak apa,yg penting asli,


lamborgini racing aja pake fastron,


Screenshot_20240331_082307_Video Player.jpg
Screenshot_20240331_082443_Video Player.jpg
Screenshot_20240331_082519_Gallery.jpg
Screenshot_20240331_082528_Gallery.jpg

Screenshot_20240331_084004_Gallery.jpg
Keren Type-R nya mbah.
ngeriii dipollin sampai 267 kph :upss:


pk motul racing 0w20 dong :big_grin:
RS itu,

cuma modifan aja,


sbenarnya biasa aja,jalan ada 2 sambungan lompat aja jd cuma segitu,krn ada sedikit rem,maklum ban tipis itupun bunyi jeduk,

mobilnya juga anteng,walo setir godek klo pindah jalur dipencet pedal gas,khas fwd,


sbenarnya gak tertarik pake barang yang speknya mahal,

mubazir untuk peruntukannya,

main mobil itu harus coba yang spek biasa aja,krn itu sensasinya,

nanti yah ane mungkin mau repot,

ane minta orang bengkel auto 2000 tuang ke toples,bawa ke laboratorium,

sudah hampir 48 ribu nih fortuner 2.8 300 HP,

selalu dipencet pedal gas klo memungkinkan di tempel aja ke karpet,

maklum mau tes cek enjin,sampe skrg gak pernah muncul,
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 965
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by vanosz »

Suryaputra wrote: Sun Mar 31, 2024 6:12
vanosz wrote: Sun Mar 31, 2024 1:36 bulan besok waktunya ganti oli nih gans,servis 20 ribu,gak tau nih dipake oli apaan,
yg penting oli asli aja,


mobil sih ugalan pindah jalur sambil lompat gan nguber 300,minimal 255 top sepet sekali keluar garasi getoh,redlin trs,pokoe tiap pindah jalur ngegas setir godek apalg klo belokan agak dalam dibejek setir mau balik arah,
jantung berasa jatuh trs nih,serrrr geli gitu ah,ditambah lagi cairan dikepala brasa mengalir,ky di klitikin geli gitu,

dr hari jumat nih ugal forever until time is troug,

dijalan bawah brp x lawan motor,lawan mobil kutu,

pokoe bnyk dah ah,


nih no foto hokkkkkkkssdhxhdhd omon omon,


ah mau rekues oli yg ada dibengkel klo ada yg lain,gak juga yah apa boleh buat,

padahal oli fastron juga gak apa,yg penting asli,


lamborgini racing aja pake fastron,


Screenshot_20240331_082307_Video Player.jpg
Screenshot_20240331_082443_Video Player.jpg
Screenshot_20240331_082519_Gallery.jpg
Screenshot_20240331_082528_Gallery.jpg

Screenshot_20240331_084004_Gallery.jpg
Keren Type-R nya mbah.
ngeriii dipollin sampai 267 kph :upss:


pk motul racing 0w20 dong :big_grin:
RS itu,

cuma modifan aja,


sbenarnya biasa aja,jalan ada 2 sambungan lompat aja jd cuma segitu,krn ada sedikit rem,maklum ban tipis itupun bunyi jeduk,

mobilnya juga anteng,walo setir godek klo pindah jalur dipencet pedal gas,khas fwd,


sbenarnya gak tertarik pake barang yang speknya mahal,

mubazir untuk peruntukannya,

main mobil itu harus coba yang spek biasa aja,krn itu sensasinya,

nanti yah ane mungkin mau repot,

ane minta orang bengkel auto 2000 tuang ke toples,bawa ke laboratorium,

sudah hampir 48 ribu nih fortuner 2.8 300 HP,

selalu dipencet pedal gas klo memungkinkan di tempel aja ke karpet,

maklum mau tes cek enjin,sampe skrg gak pernah muncul,


oli mahal sih gak perlu dibahas gans,

harus berani main mobil gans,


rusak masih ada partnya,

krn itu hiburannya,

jangan ky robot,

orang bilang amsiol bagus,

semua ikut,


oli bnyk yg bagus yang dianggap biasa aja,dengan harga terjangkau,


tuh ane develop dimobil sendiri,


walo sekelas sport car juga ane cobain fastron klo ada,


santui aja,
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 965
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by vanosz »

yah dobel,eror nih,


ya sudahlah kopi mau abis,


mau tdur dah ah,maklum pulang pagi,tar jam 10 keliling ancol monas lagi,


ky lagu pance fondag,demi kau dan bidadari lainnya,
anggik88
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Feb 20, 2024 7:11
Location: Medan
Daily Vehicle: Vario 150_R3 2017

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by anggik88 »

Numpang tanya dong suhu-suhu di sini, maap kalo dopost sebelumnya,
Skrg pake oli Hx6 10-40, baca di post2 sebelumnya kok jadi agak kuatir kerja mesin bisa berat karena speknya masuk kasta rendahan wkwkw. Nah kalo ane gantimerk sama dengan spek 5-30, apa perlu banget di engine flush? ane agak ragu soalnya masalah engine flush ini. makasih banyak ya suhu-suhu
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

anggik88 wrote: Mon Apr 01, 2024 6:21 Numpang tanya dong suhu-suhu di sini, maap kalo dopost sebelumnya,
Skrg pake oli Hx6 10-40, baca di post2 sebelumnya kok jadi agak kuatir kerja mesin bisa berat karena speknya masuk kasta rendahan wkwkw. Nah kalo ane gantimerk sama dengan spek 5-30, apa perlu banget di engine flush? ane agak ragu soalnya masalah engine flush ini. makasih banyak ya suhu-suhu
Gak usah
Cukup tuang oli mesran murah, ketika tetes akhir oli lama.
Untuk buang oli lama yg ngendap di dasar oil pan.

Terus lgs ganti aja ke 5w30.
Sekalian ganti filter oli tiap ganti oli yaa.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

UOA Motul 913D 5w30

baru diinfo PIC, botol sampelnya belum ketemu di rute pengiriman dari cabang ke lab pusat :off_no:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
anggik88
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Tue Feb 20, 2024 7:11
Location: Medan
Daily Vehicle: Vario 150_R3 2017

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by anggik88 »

thanks om sarannya!

[/quote]

Gak usah
Cukup tuang oli mesran murah, ketika tetes akhir oli lama.
Untuk buang oli lama yg ngendap di dasar oil pan.

Terus lgs ganti aja ke 5w30.
Sekalian ganti filter oli tiap ganti oli yaa.
[/quote]
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 536
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Greenhunter »

Jasutra dan kirana berkah abadi sering ada promo untuk oli.
Tahun 2024 ini saya bbrp kali beli oli yang sedang murah itu, GXR platinum, mobil 1 super 5W30 dan rata rata dapatnya oli yg produksinya 2022. terakhir saya tanya jasutra oli matic mobil 1 dex VI yg dikirim nanti produksi tahun berapa ? dia gak mau jawab pertanyaan ini, jadi curiga ini oli lama juga yg akan dikirim. saya jadi ragu lagi untuk beli karena usia produksinya itu.
ada pendapat ttg oli matic dengan tahun produksi lama ?
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 850
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by well »

suhu,
apa ada yg pernah punya pengalaman sama dengan saya, saya baru ganti oli dengan bardahl xtc s9, ini kali yang kedua, bau uap oli yang keluar dr blow by gass berbeda dengan yang sebelumnya, baunya tidak sedap, tidak seperti oli S9 dan oli2 yg lainnya.
kebetulan blow by gas mobil 2kd saya dikeluarkan di bawah jd mudah tercium.
Oli sy beli tahun prod 2022, tokonya ambil dr distributor resmi.
apakah komposisinya berbeda?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Greenhunter wrote: Tue Apr 02, 2024 2:25 Jasutra dan kirana berkah abadi sering ada promo untuk oli.
Tahun 2024 ini saya bbrp kali beli oli yang sedang murah itu, GXR platinum, mobil 1 super 5W30 dan rata rata dapatnya oli yg produksinya 2022. terakhir saya tanya jasutra oli matic mobil 1 dex VI yg dikirim nanti produksi tahun berapa ? dia gak mau jawab pertanyaan ini, jadi curiga ini oli lama juga yg akan dikirim. saya jadi ragu lagi untuk beli karena usia produksinya itu.
ada pendapat ttg oli matic dengan tahun produksi lama ?
Klo oli matic gak rentan sludge ya, karena suhu kerjanya lbh rendah dan gak ada combustion di situ,

cuma klo expired / rusak, biasanya aditif basenya gak bonding lg :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 536
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Greenhunter »

Ini jawaban dari produsen oli mobil 1 untuk shelf life produk mereka.
Screenshot_20240402-104542_Yahoo Mail.jpg
Semoga membantu memberikan pencerahan
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Greenhunter wrote: Tue Apr 02, 2024 3:48 Ini jawaban dari produsen oli mobil 1 untuk shelf life produk mereka.
Screenshot_20240402-104542_Yahoo Mail.jpg

Semoga membantu memberikan pencerahan
yg sulit di sini

"kondisi suhu ruang yang stabil"

idealnya tuh kayak gini
The ideal temperature for oil stability is between 40°F and 85°F" / Min 5 - Max 30 C

klo kurang dr minimal atau lebih dr maximal, ya diskon aja umurnya
kocok sblm tuang?.... :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by RezPrat »

Greenhunter wrote: Tue Apr 02, 2024 3:48 Ini jawaban dari produsen oli mobil 1 untuk shelf life produk mereka.
Screenshot_20240402-104542_Yahoo Mail.jpg

Semoga membantu memberikan pencerahan
Yak bener, gak usah dibikin pusing nyimpan oli harus mesti d laboratory-control room segala macam. Selama d simpan d ruangan gak d jemur/d rendam cairan ikuti aja shelf life 60 bulan sesuai rekomendasi pabrikan.
Org2 d thread ini sering parno bgt...ntar nyimpan oli musti kudu pasang termometer, higrometer dan barometer segala. Pusing deh.... :big_think:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

RezPrat wrote: Tue Apr 02, 2024 9:48
Greenhunter wrote: Tue Apr 02, 2024 3:48 Ini jawaban dari produsen oli mobil 1 untuk shelf life produk mereka.
Screenshot_20240402-104542_Yahoo Mail.jpg

Semoga membantu memberikan pencerahan
Yak bener, gak usah dibikin pusing nyimpan oli harus mesti d laboratory-control room segala macam. Selama d simpan d ruangan gak d jemur/d rendam cairan ikuti aja shelf life 60 bulan sesuai rekomendasi pabrikan.
Org2 d thread ini sering parno bgt...ntar nyimpan oli musti kudu pasang termometer, higrometer dan barometer segala. Pusing deh.... :big_think:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by jdm86 »

Suryaputra wrote: Tue Apr 02, 2024 3:14
Greenhunter wrote: Tue Apr 02, 2024 2:25 Jasutra dan kirana berkah abadi sering ada promo untuk oli.
Tahun 2024 ini saya bbrp kali beli oli yang sedang murah itu, GXR platinum, mobil 1 super 5W30 dan rata rata dapatnya oli yg produksinya 2022. terakhir saya tanya jasutra oli matic mobil 1 dex VI yg dikirim nanti produksi tahun berapa ? dia gak mau jawab pertanyaan ini, jadi curiga ini oli lama juga yg akan dikirim. saya jadi ragu lagi untuk beli karena usia produksinya itu.
ada pendapat ttg oli matic dengan tahun produksi lama ?
Klo oli matic gak rentan sludge ya, karena suhu kerjanya lbh rendah dan gak ada combustion di situ,

cuma klo expired / rusak, biasanya aditif basenya gak bonding lg :big_biglaugh:
Masa om ? Kalau pantau di obd 2 monitor sih suhu kerja oli matic cvt untuk daerah macet kaya di jakarta berkisar antara 90⁰C sampai 100⁰C. Belum lagi kalau ga pernah ganti filter matic makin menjadi jadi deh suhunya.
2kdpelan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed May 13, 2020 15:29
Location: INDONESIA
Daily Vehicle: 2012 Fortuner VNT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by 2kdpelan »

vanosz wrote: Sun Mar 31, 2024 22:34 terkadang orang tuh kbanyakan udah ky ahli aja,


klo dibilang asli yah jalan dong pikirannya pasti oli juga baru,

masa dijelasin detail sih,

ky bocil aja,

klo main mobil tuh ada mobilnya buat uji,


bukan omon omon aja,


sama sama belajar,praktek,


tuh di fotoin mobilnya,

jangan omon omon mana foto mobilnya,


beuhhhh dijelasin lagi,


se pe do meter yah gans,

harusnya juga ngerti,

nah oli asli selain oli baru jangan omon lagi oli gardan buat mesin,


yah dipake aja logikanya,

mknya nih trit bginian diulang trs sampe kiamat,


gak mau belajar praktek,

Setau gw, lawan kata asli x palsu
Baru x bekas.

Jd asli belum tentu baru. CMIIW.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

jdm86 wrote: Tue Apr 02, 2024 10:42
Suryaputra wrote: Tue Apr 02, 2024 3:14
Greenhunter wrote: Tue Apr 02, 2024 2:25 Jasutra dan kirana berkah abadi sering ada promo untuk oli.
Tahun 2024 ini saya bbrp kali beli oli yang sedang murah itu, GXR platinum, mobil 1 super 5W30 dan rata rata dapatnya oli yg produksinya 2022. terakhir saya tanya jasutra oli matic mobil 1 dex VI yg dikirim nanti produksi tahun berapa ? dia gak mau jawab pertanyaan ini, jadi curiga ini oli lama juga yg akan dikirim. saya jadi ragu lagi untuk beli karena usia produksinya itu.
ada pendapat ttg oli matic dengan tahun produksi lama ?
Klo oli matic gak rentan sludge ya, karena suhu kerjanya lbh rendah dan gak ada combustion di situ,

cuma klo expired / rusak, biasanya aditif basenya gak bonding lg :big_biglaugh:
Masa om ? Kalau pantau di obd 2 monitor sih suhu kerja oli matic cvt untuk daerah macet kaya di jakarta berkisar antara 90⁰C sampai 100⁰C. Belum lagi kalau ga pernah ganti filter matic makin menjadi jadi deh suhunya.
Suhu 100C karena gesekan aja.
dibanding Suhu >100C karena dibakar dan kena gesekan, pasti beda rasanya :big_biglaugh:

klo CVT emang amannya ganti 2 thn sekali / 20rb km (max)
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Tue Apr 02, 2024 11:56
jdm86 wrote: Tue Apr 02, 2024 10:42
Suryaputra wrote: Tue Apr 02, 2024 3:14

Klo oli matic gak rentan sludge ya, karena suhu kerjanya lbh rendah dan gak ada combustion di situ,

cuma klo expired / rusak, biasanya aditif basenya gak bonding lg :big_biglaugh:
Masa om ? Kalau pantau di obd 2 monitor sih suhu kerja oli matic cvt untuk daerah macet kaya di jakarta berkisar antara 90⁰C sampai 100⁰C. Belum lagi kalau ga pernah ganti filter matic makin menjadi jadi deh suhunya.
Suhu 100C karena gesekan aja.
dibanding Suhu >100C karena dibakar dan kena gesekan, pasti beda rasanya :big_biglaugh:

klo CVT emang amannya ganti 2 thn sekali / 20rb km (max)
kalau misal kita pasang ATF cooler, kira2 rentang suhu nya di brp ya om jadinya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

si Toped lagi ada promo diskon barang (utk semua jenis barang di seller manapun)

saya perhatikan sejak tgl 2 Apr pas ada beli barang di Toped

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Wed Apr 03, 2024 1:02
Suryaputra wrote: Tue Apr 02, 2024 11:56
jdm86 wrote: Tue Apr 02, 2024 10:42

Masa om ? Kalau pantau di obd 2 monitor sih suhu kerja oli matic cvt untuk daerah macet kaya di jakarta berkisar antara 90⁰C sampai 100⁰C. Belum lagi kalau ga pernah ganti filter matic makin menjadi jadi deh suhunya.
Suhu 100C karena gesekan aja.
dibanding Suhu >100C karena dibakar dan kena gesekan, pasti beda rasanya :big_biglaugh:

klo CVT emang amannya ganti 2 thn sekali / 20rb km (max)
kalau misal kita pasang ATF cooler, kira2 rentang suhu nya di brp ya om jadinya?
Blm pernah coba mbah.

Cuma baiknya put lower expectation aja dari marketing claim :big_peace:

Let say spt oli, ada yg klaim 20rb km, tp nyata nya di lapangan 10rb km udh cukup lahh :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Wed Apr 03, 2024 3:31 si Toped lagi ada promo diskon barang (utk semua jenis barang di seller manapun)

saya perhatikan sejak tgl 2 Apr pas ada beli barang di Toped

CMIIW
Iya kmrn ada beli barang, dpt potongan 300rb an :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Wed Apr 03, 2024 4:05
iamwewe wrote: Wed Apr 03, 2024 1:02
Suryaputra wrote: Tue Apr 02, 2024 11:56

Suhu 100C karena gesekan aja.
dibanding Suhu >100C karena dibakar dan kena gesekan, pasti beda rasanya :big_biglaugh:

klo CVT emang amannya ganti 2 thn sekali / 20rb km (max)
kalau misal kita pasang ATF cooler, kira2 rentang suhu nya di brp ya om jadinya?
Blm pernah coba mbah.

Cuma baiknya put lower expectation aja dari marketing claim :big_peace:

Let say spt oli, ada yg klaim 20rb km, tp nyata nya di lapangan 10rb km udh cukup lahh :big_biglaugh:
wkwkwk jadi inget si oli yg lg sy pake ini. jadinya sy ganti di goceng aja deh bodo. kemarin iseng cabut dipstik juga udh mulai coklat km pemakaian 3rb bekas digeber jkt jogja :big_weee:
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by carlzeiss »

lg pake PTT Syntec Plus 5w-30 di 1TR , buat cari oli ekonomis sih rekomen bgt nih barang 280 rb / Galon ( 4 lt ) promo beli di marketplace toped di carka , gratis di gantiin pula pake cukup 5000km ganti, kmaren saya sempet sampe 7500 km belom item banget sih, cuman tarikan udh ga setokcer awal
:big_smile] :big_smile]
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9692
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Wed Apr 03, 2024 4:11
Suryaputra wrote: Wed Apr 03, 2024 4:05
iamwewe wrote: Wed Apr 03, 2024 1:02

kalau misal kita pasang ATF cooler, kira2 rentang suhu nya di brp ya om jadinya?
Blm pernah coba mbah.

Cuma baiknya put lower expectation aja dari marketing claim :big_peace:

Let say spt oli, ada yg klaim 20rb km, tp nyata nya di lapangan 10rb km udh cukup lahh :big_biglaugh:
wkwkwk jadi inget si oli yg lg sy pake ini. jadinya sy ganti di goceng aja deh bodo. kemarin iseng cabut dipstik juga udh mulai coklat km pemakaian 3rb bekas digeber jkt jogja :big_weee:
Gpp kok 7500 km klo sering luar kota.
coklat bukan indikasi jelek / udh gak layak pakai.

ada yg warna hitam pun setelah ditest lab, masih layak pakai dgn soot (jelaga) 0
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1787
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Wed Apr 03, 2024 5:08
iamwewe wrote: Wed Apr 03, 2024 4:11
Suryaputra wrote: Wed Apr 03, 2024 4:05
Blm pernah coba mbah.

Cuma baiknya put lower expectation aja dari marketing claim :big_peace:

Let say spt oli, ada yg klaim 20rb km, tp nyata nya di lapangan 10rb km udh cukup lahh :big_biglaugh:
wkwkwk jadi inget si oli yg lg sy pake ini. jadinya sy ganti di goceng aja deh bodo. kemarin iseng cabut dipstik juga udh mulai coklat km pemakaian 3rb bekas digeber jkt jogja :big_weee:
Gpp kok 7500 km klo sering luar kota.
coklat bukan indikasi jelek / udh gak layak pakai.

ada yg warna hitam pun setelah ditest lab, masih layak pakai dgn soot (jelaga) 0
Soot kalo di mesin direct injection bensin (terutama yang ada start stop) juga normal kok. Cuma biasa angkanya memang kecil, cuma beberapa ppm. Asal additive oli masih ok aman.

Kalo udah terlalu tinggi, lama lama daya lumas oli berkurang dan wear mulai bertambah, sering jd sludge jg.