Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
ada 2 dokumen rahasia yang bego nya kok bisa bocor ke publik..
- aircraft maintenance log book
- manifest
- aircraft maintenance log book
- manifest
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 407
- Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
- Location: Sleman
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
di era media sosial, konten adalah segalanya
implikasi urusan belakang
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Lha itu artikel yg dikasi EOR24haristk7 wrote:ah yakin ? dapet data darimana om ? 737 si MI itu dapet yang produksi udah versi paling update setelah ada rudder issue (PCU) di 737 series
coba itu jelasin suara klik matiin FDR yang terekam di CVR itu maksudnya apa kalo rudder issue ? kok PCU yang ditemukan karena diduga biang keladinya ketemu dan dalam keadaan sehat ?
Nih
https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
Coba dibaca ampe abis om
Menurut om apakah itu benar atau Hoax ?
Sebab saya dulu nonton di ACI (Air C Inv) disebutkan pilot suicide.....sampe saya baca rumor konon ada dugaan si Pilot gara2 kalah maen Saham
Monggo jelaskan ke kita2 yg awam deh om
So sementara ini saya jadi makin nyaman naek kereta......2 minggu lalu baru coba naek Argo Anggrek JKT - SUB
wkwkwkwkwkwk
Last edited by Turboman on Tue Oct 30, 2018 14:16, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Sun Sep 29, 2013 13:59
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
SPH wrote: ↑Mon Oct 29, 2018 13:22Enggak ada cerita gitu om, semuanya sama untuk kebutuhan basic. Bedanya lcc sama flag carrier itu cuman di pemanis aja seperti in flight meal dkk. Kalau sampai ada perbedaan berarti regulatornya yang gak bener karena acuannya sama kok aturan dari dgcanya.
Btw tidak menjamin pesawat yang sangat baru bebas defect karena ikutnya itu bathtub curve bukan linear
saya habis lihat wawancara di salah 1 tv swasta pagi ini, ada pengamat dari Bali perempuan lupa namanya, dia bilang cost utk menerbangkan pesawat rata2 $10.000 dgn kurs sekarang jadi skitar 150.000.000 dan kala dibagi 180 penumpang ketemu 8xx.[cencored], katanya harga tiket lcc sekarang kurang masuk akal kira2 bisa kasih info hrg tiket pesawat yg jatuh ini, disebutkan juga pemilik nya di malaysia komennya malah mengakui kalo maskapainya terburuk tapi anda tidak punya pilihan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
kalo memangnya failed of PCU, bikin rudder nya ngejeplak ke satu sisi dan menyebabkan nosedive, kenapa auto throttle sempat disconnect sebelum (kalo memang dikatakan) rudder ngejeplak dan indikator engine at full power pas impact ? setau saya ketika pesawat meluncur deras ke bawah, manuver recovernya throttle dibuat idle..Turboman wrote: ↑Tue Oct 30, 2018 14:16
Nih
https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
Coba dibaca ampe abis om
Menurut om apakah itu benar atau Hoax ?
Sebab saya dulu nonton di ACI (Air C Inv) disebutkan pilot suicide.....sampe saya baca rumor konon ada dugaan si Pilot gara2 kalah maen Saham
Monggo jelaskan ke kita2 yg awam deh om
So sementara ini saya jadi makin nyaman naek kereta......2 minggu lalu baru coba naek Argo Anggrek JKT - SUB
wkwkwkwkwkwk
sepengetahuan om GFS yang kebetulan pernah bicara langsung dengan beliau, beliau bilang
https://www.airliners.net/forum/viewtopic.php?t=566291The NTSC chairman at the time, recently passed away, taking the secrets with him. Interesting guy to talk to while he was alive. He knew that the results of the investigation would be used for litigation and other trials (it wasn't covered by our law to not be used for anything other than safety investigation, at that time), so he refused to conclude that it was suicide, and he also refused to conclude that it was a PCU fault. There were heavy political pressures for the investigation to conclude either way.
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Mantapharistk7 wrote:kalo memangnya failed of PCU, bikin rudder nya ngejeplak ke satu sisi dan menyebabkan nosedive, kenapa auto throttle sempat disconnect sebelum (kalo memang dikatakan) rudder ngejeplak dan indikator engine at full power pas impact ? setau saya ketika pesawat meluncur deras ke bawah, manuver recovernya throttle dibuat idle..Turboman wrote: ↑Tue Oct 30, 2018 14:16
Nih
https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
Coba dibaca ampe abis om
Menurut om apakah itu benar atau Hoax ?
Sebab saya dulu nonton di ACI (Air C Inv) disebutkan pilot suicide.....sampe saya baca rumor konon ada dugaan si Pilot gara2 kalah maen Saham
Monggo jelaskan ke kita2 yg awam deh om
So sementara ini saya jadi makin nyaman naek kereta......2 minggu lalu baru coba naek Argo Anggrek JKT - SUB
wkwkwkwkwkwk
sepengetahuan om GFS yang kebetulan pernah bicara langsung dengan beliau, beliau bilang
https://www.airliners.net/forum/viewtopic.php?t=566291The NTSC chairman at the time, recently passed away, taking the secrets with him. Interesting guy to talk to while he was alive. He knew that the results of the investigation would be used for litigation and other trials (it wasn't covered by our law to not be used for anything other than safety investigation, at that time), so he refused to conclude that it was suicide, and he also refused to conclude that it was a PCU fault. There were heavy political pressures for the investigation to conclude either way.
Thx utk informasi nya [emoji106]
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Sat Feb 18, 2017 5:32
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Informasi manifes dari media (yg kemungkinan besar adalah release resmi pihak berwenang) malah merupakan foto kertas manifes penumpang.
http://news.detik.com/read/2018/10/29/1 ... i-karawang
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 83
- Joined: Mon Nov 02, 2015 2:06
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Saya koq sepikiran dengan Om turbo. Ibarat baru 2 bulan, pesawat masih sangat kinyis-kinyis. Mngkin cacat produk. Kira2 apa pernah ada kasus seblumnya pesawat sangat baru mengalami kecelakaan besar seperti ini ?
Btw saham boeing sampai anjlok 6% krn kasus jatuhnya max 8 ini.
*Tetap nunggu KNKT*
Last edited by Angular on Wed Oct 31, 2018 0:54, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Bisa dibilang 737 max 8 ini pesawat sejuta umat dr boeing, mirip xpander lah, baru launch 2 thn udh 4 ribu order.. smp skrng pun masih inden..Angular wrote:Saya koq sepikiran dengan Om turbo. Ibarat baru 2 bulan, pesawat masih sangat kinyis-kinyis. Mngkin cacat produk. Kira2 apa pernah ada kasus seblumnya pesawat sangat baru mengalami kecelakaan besar seperti ini ?
Btw saham boeing sampai anjlok 6% krn kasus jatuhnya max 8 ini.
*Tetap nunggu KNKT*
Ini yg ngeri ngeri sedap, dikhawatirkan banyak standar perakitan yg kelewat karena kejar target..
*Tetap tunggu KNKT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Serem jg pas tau faktanya..EOR24 wrote:Kalo Boeing atau NTSB ikut turun, kok saya malah apatis terhadap hasil nya.sammyjimun wrote: ↑Tue Oct 30, 2018 7:06 Kira -kira Boeing nurunin tim investigasi sendiri atau ngikut KNKT/NTSB ya?
Gara2 baca tulisan dari eks Ketua KNKT yg menyelidiki kasus SilkAir ini
https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
Boeing cara mainnya kotor jg ya..
Apa bisa kita simpulkan semua unit boeing itu bobrok semua? Adakah yg masih bisa dipercaya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2284
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Jangan terlalu berspekulasi apalagi menjelek-jelekkan satu pihak. Pesawat di desain sangat reliable, kecelakaan pesawat itu bukan cuma 1 faktor, tapi serangkaian kesalahan dan antisipasi yang salah dari berbagai faktor.
- mesin satu rusak, masih bisa takeoff
- mesin keduanya rusak, masih bisa landing di air, contoh landing sungai hudson
- flap, rudder, elevator rusak, masih ada mitigasi nya. dan biasanya ada catatan perawatan sebelum nya yang diabaikan/ salah penanggulangan
- baterai lithium: itu sudah kasus lama, pencegahannya sudah lapis macam-macam.
tanpa ada bukti blackbox jangan menarik kesimpulan
- mesin satu rusak, masih bisa takeoff
- mesin keduanya rusak, masih bisa landing di air, contoh landing sungai hudson
- flap, rudder, elevator rusak, masih ada mitigasi nya. dan biasanya ada catatan perawatan sebelum nya yang diabaikan/ salah penanggulangan
- baterai lithium: itu sudah kasus lama, pencegahannya sudah lapis macam-macam.
tanpa ada bukti blackbox jangan menarik kesimpulan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
gimana update proses pencarian korban ya?
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
ya gak begitu juga lahBulgogi wrote:Serem jg pas tau faktanya..EOR24 wrote:Kalo Boeing atau NTSB ikut turun, kok saya malah apatis terhadap hasil nya.sammyjimun wrote: ↑Tue Oct 30, 2018 7:06 Kira -kira Boeing nurunin tim investigasi sendiri atau ngikut KNKT/NTSB ya?
Gara2 baca tulisan dari eks Ketua KNKT yg menyelidiki kasus SilkAir ini
https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
Boeing cara mainnya kotor jg ya..
Apa bisa kita simpulkan semua unit boeing itu bobrok semua? Adakah yg masih bisa dipercaya?
Ya namanya produk buatan manusia, tak ada gading yg tak retak,
kadang cacat produk ada yg tersembunyi / butuh bertahun2 utk ketemu spt Vertikal rudder actuator 737 lama yg buatan Parker Haniffin........itu butuh bertahun2 utk find out.......baru ketahuan setelah ada test oleh NTSB saat actuator didinginkan pake semburan Nitrogen cair, lalu actuator bekerja dgn minyak hidrolik yang agak panas...... dan kemudian macet.......gotcha
Saat di atas 30.000 feet suhu luar kan bisa - 40 deg C, perbedaan suhu di cruising altitude & ground inilah........
737 = pesw sejuta umat, setiap 5 detik di seluruh dunia ada 737 yang TO / landing
Rasio antara yg celaka VS jumlah orang yang dibawa terbang dgn total jarak jutaan km.......tetap persentasi yg celaka amat sgt kecil sekali
dibanding si Triple engine - Mc Donnel Douglas DC 10 yg notorius itu........en skg byk dipake utk cargo malah gak pernah dengar ada kasus lagi........wekekekkeke
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Nais info omharistk7 wrote: ↑Tue Oct 30, 2018 14:46kalo memangnya failed of PCU, bikin rudder nya ngejeplak ke satu sisi dan menyebabkan nosedive, kenapa auto throttle sempat disconnect sebelum (kalo memang dikatakan) rudder ngejeplak dan indikator engine at full power pas impact ? setau saya ketika pesawat meluncur deras ke bawah, manuver recovernya throttle dibuat idle..Turboman wrote: ↑Tue Oct 30, 2018 14:16
Nih
https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
Coba dibaca ampe abis om
Menurut om apakah itu benar atau Hoax ?
Sebab saya dulu nonton di ACI (Air C Inv) disebutkan pilot suicide.....sampe saya baca rumor konon ada dugaan si Pilot gara2 kalah maen Saham
Monggo jelaskan ke kita2 yg awam deh om
So sementara ini saya jadi makin nyaman naek kereta......2 minggu lalu baru coba naek Argo Anggrek JKT - SUB
wkwkwkwkwkwk
sepengetahuan om GFS yang kebetulan pernah bicara langsung dengan beliau, beliau bilang
https://www.airliners.net/forum/viewtopic.php?t=566291The NTSC chairman at the time, recently passed away, taking the secrets with him. Interesting guy to talk to while he was alive. He knew that the results of the investigation would be used for litigation and other trials (it wasn't covered by our law to not be used for anything other than safety investigation, at that time), so he refused to conclude that it was suicide, and he also refused to conclude that it was a PCU fault. There were heavy political pressures for the investigation to conclude either way.
Yang saya tangkap dari artikel soal SilkAir sih bukan soal penyebab asli kenapa pesawat jatuh, lebih kepada penurunan tingkat kepercayaan saya terhadap rilis resmi hasil investigasi biro keselamatan yang satu negara dengan produsen pesawat. Bisa jadi fakta dikaburkan karena ada bussiness atau political issues yang lebih diutamakan. Meskipun technical issues nya (semoga) tetap diperbaiki oleh si produsen pesawat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Sekedar pemikiran sotoy.
Kalau menurut data flightradar kan kecepatan jatuh (vertikal speed minus) si PK-LQP cukup besar ya sebelum hilang.
Kenapa gak ada May Day dari pilot ya?
Apakah pilot merasa pesawat tidak sdg jatuh?
Kalau menurut data flightradar kan kecepatan jatuh (vertikal speed minus) si PK-LQP cukup besar ya sebelum hilang.
Kenapa gak ada May Day dari pilot ya?
Apakah pilot merasa pesawat tidak sdg jatuh?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1063
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
jadi bingung nih, bahasa nya ketinggian. jadi penasaran, sebenernya pilotnya silk air itu bunuh diri apa gak ya ? hehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Siyap om turbo..Turboman wrote:ya gak begitu juga lahBulgogi wrote:Serem jg pas tau faktanya..EOR24 wrote: Kalo Boeing atau NTSB ikut turun, kok saya malah apatis terhadap hasil nya.
Gara2 baca tulisan dari eks Ketua KNKT yg menyelidiki kasus SilkAir ini
https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
Boeing cara mainnya kotor jg ya..
Apa bisa kita simpulkan semua unit boeing itu bobrok semua? Adakah yg masih bisa dipercaya?
Ya namanya produk buatan manusia, tak ada gading yg tak retak,
kadang cacat produk ada yg tersembunyi / butuh bertahun2 utk ketemu spt Vertikal rudder actuator 737 lama yg buatan Parker Haniffin........itu butuh bertahun2 utk find out.......baru ketahuan setelah ada test oleh NTSB saat actuator didinginkan pake semburan Nitrogen cair, lalu actuator bekerja dgn minyak hidrolik yang agak panas...... dan kemudian macet.......gotcha
Saat di atas 30.000 feet suhu luar kan bisa - 40 deg C, perbedaan suhu di cruising altitude & ground inilah........
737 = pesw sejuta umat, setiap 5 detik di seluruh dunia ada 737 yang TO / landing
Rasio antara yg celaka VS jumlah orang yang dibawa terbang dgn total jarak jutaan km.......tetap persentasi yg celaka amat sgt kecil sekali
dibanding si Triple engine - Mc Donnel Douglas DC 10 yg notorius itu........en skg byk dipake utk cargo malah gak pernah dengar ada kasus lagi........wekekekkeke
Orang awam kaya saya sgt concern dgn reputasi merk.. apalagi ini nyangkut soal nyawa, sekali ada tragedi kadang saya hindari merk ybs..
Ini boeing kan unitnya masif juga di pake maskapai murah (saya kalo travel selalu pake yg murah), kalo problemnya di rakitan pesawat rasanya tidak ada maskapai yg sanggup mencegah kejadian kaya gini..
*Hanya opini, tetap tunggu KNKT*
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Sama om Bulgogi
per saat ini juga saya mau hindari 737 MAX sementara waktu.......sampe semua ada kejelasan........wkwkwkwkwkw
787 dulu battery problem.....gak fatal
A380 - RR Trent 900 problem.......hampir fatal, tapi untung RTB dgn selamat (Qantas)
jujur aja saya sgt kaget setelah browse2 ternyata 737 MAX pernah di Grounded waktu 2017........mengingatkan saya kpd MD DC 10 (kasus pintu cargo dll)
per saat ini juga saya mau hindari 737 MAX sementara waktu.......sampe semua ada kejelasan........wkwkwkwkwkw
787 dulu battery problem.....gak fatal
A380 - RR Trent 900 problem.......hampir fatal, tapi untung RTB dgn selamat (Qantas)
jujur aja saya sgt kaget setelah browse2 ternyata 737 MAX pernah di Grounded waktu 2017........mengingatkan saya kpd MD DC 10 (kasus pintu cargo dll)
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Mantap
Helloooo Boeeiinggggg..........
[emoji39]
Helloooo Boeeiinggggg..........
[emoji39]
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Ribbeck Law VS Boeing (Asiana Air case)
https://www.chicagobusiness.com/article ... iana-crash
AP) — A Chicago law firm says it has taken steps to sue aircraft manufacturer Boeing Co. on behalf of 83 people who were aboard the Asiana Airlines flight that crash-landed in San Francisco earlier this month, claiming in a court filing that the crash might have been caused by a mechanical malfunction of the Boeing 777's auto throttle.
https://www.chicagobusiness.com/article ... iana-crash
AP) — A Chicago law firm says it has taken steps to sue aircraft manufacturer Boeing Co. on behalf of 83 people who were aboard the Asiana Airlines flight that crash-landed in San Francisco earlier this month, claiming in a court filing that the crash might have been caused by a mechanical malfunction of the Boeing 777's auto throttle.
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 21992
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Better tunggu data CVR & FDR dr Black Boxadityabp wrote:Sekedar pemikiran sotoy.
Kalau menurut data flightradar kan kecepatan jatuh (vertikal speed minus) si PK-LQP cukup besar ya sebelum hilang.
Kenapa gak ada May Day dari pilot ya?
Apakah pilot merasa pesawat tidak sdg jatuh?
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
Hehehe, tiba2x aja inget kasus Adam Air yg jatuh di selat sulawesi gara2x pilot/kopolit/engineer sibuk ngoprek salah satu device sampai gak sadar kalau pesawat sdh miring.Turboman wrote: ↑Wed Oct 31, 2018 4:39Better tunggu data CVR & FDR dr Black Boxadityabp wrote:Sekedar pemikiran sotoy.
Kalau menurut data flightradar kan kecepatan jatuh (vertikal speed minus) si PK-LQP cukup besar ya sebelum hilang.
Kenapa gak ada May Day dari pilot ya?
Apakah pilot merasa pesawat tidak sdg jatuh?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?
Jadi pengen tau komentarnya om NR.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang
pesawat itu diasuransikan gak ya