Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by haristk7 »

ada 2 dokumen rahasia yang bego nya kok bisa bocor ke publik..

- aircraft maintenance log book
- manifest

:frm_bang_head:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
dizco
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Thu Sep 29, 2016 11:10
Location: Sleman

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by dizco »

haristk7 wrote: Tue Oct 30, 2018 13:44 ada 2 dokumen rahasia yang bego nya kok bisa bocor ke publik..

- aircraft maintenance log book
- manifest

:frm_bang_head:
di era media sosial, konten adalah segalanya

implikasi urusan belakang
Si ego certiorem faciam, mihi tu delendus eris
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

haristk7 wrote:
Turboman wrote: Tue Oct 30, 2018 9:03 Selama ini sy juga berpikir kejadian S Musi akibat pilot suicide

Ternyata rudder ngunci yah ??

trus pas dibuka.....buatan Parker Haniffin lagi kah ??

edan deh..........

Business is still business....
ah yakin ? dapet data darimana om ? 737 si MI itu dapet yang produksi udah versi paling update setelah ada rudder issue (PCU) di 737 series

coba itu jelasin suara klik matiin FDR yang terekam di CVR itu maksudnya apa kalo rudder issue ? kok PCU yang ditemukan karena diduga biang keladinya ketemu dan dalam keadaan sehat ?
Lha itu artikel yg dikasi EOR24

Nih

https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1

Coba dibaca ampe abis om

Menurut om apakah itu benar atau Hoax ?

Sebab saya dulu nonton di ACI (Air C Inv) disebutkan pilot suicide.....sampe saya baca rumor konon ada dugaan si Pilot gara2 kalah maen Saham

Monggo jelaskan ke kita2 yg awam deh om

So sementara ini saya jadi makin nyaman naek kereta......2 minggu lalu baru coba naek Argo Anggrek JKT - SUB

wkwkwkwkwkwk


Last edited by Turboman on Tue Oct 30, 2018 14:16, edited 1 time in total.
crest
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Sun Sep 29, 2013 13:59

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by crest »

SPH wrote: Mon Oct 29, 2018 13:22
carl wrote: Mon Oct 29, 2018 11:48 Kira2 SMers ada yang tahu, apakah Low Cost Carrier punya standar maintenance pesawat yang sama dengan Flag Carrier? Soalnya saya pernah denger cerita dari pilot flag carrier kalo maintenance LCC itu gak seketat flag carrier....
Enggak ada cerita gitu om, semuanya sama untuk kebutuhan basic. Bedanya lcc sama flag carrier itu cuman di pemanis aja seperti in flight meal dkk. Kalau sampai ada perbedaan berarti regulatornya yang gak bener karena acuannya sama kok aturan dari dgcanya.

Btw tidak menjamin pesawat yang sangat baru bebas defect karena ikutnya itu bathtub curve bukan linear

saya habis lihat wawancara di salah 1 tv swasta pagi ini, ada pengamat dari Bali perempuan lupa namanya, dia bilang cost utk menerbangkan pesawat rata2 $10.000 dgn kurs sekarang jadi skitar 150.000.000 dan kala dibagi 180 penumpang ketemu 8xx.[cencored], katanya harga tiket lcc sekarang kurang masuk akal :big_bored: kira2 bisa kasih info hrg tiket pesawat yg jatuh ini, disebutkan juga pemilik nya di malaysia komennya malah mengakui kalo maskapainya terburuk tapi anda tidak punya pilihan :big_childish:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by haristk7 »

Turboman wrote: Tue Oct 30, 2018 14:16
Nih

https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1

Coba dibaca ampe abis om

Menurut om apakah itu benar atau Hoax ?

Sebab saya dulu nonton di ACI (Air C Inv) disebutkan pilot suicide.....sampe saya baca rumor konon ada dugaan si Pilot gara2 kalah maen Saham

Monggo jelaskan ke kita2 yg awam deh om

So sementara ini saya jadi makin nyaman naek kereta......2 minggu lalu baru coba naek Argo Anggrek JKT - SUB

wkwkwkwkwkwk
kalo memangnya failed of PCU, bikin rudder nya ngejeplak ke satu sisi dan menyebabkan nosedive, kenapa auto throttle sempat disconnect sebelum (kalo memang dikatakan) rudder ngejeplak dan indikator engine at full power pas impact ? setau saya ketika pesawat meluncur deras ke bawah, manuver recovernya throttle dibuat idle..

sepengetahuan om GFS yang kebetulan pernah bicara langsung dengan beliau, beliau bilang
The NTSC chairman at the time, recently passed away, taking the secrets with him. Interesting guy to talk to while he was alive. He knew that the results of the investigation would be used for litigation and other trials (it wasn't covered by our law to not be used for anything other than safety investigation, at that time), so he refused to conclude that it was suicide, and he also refused to conclude that it was a PCU fault. There were heavy political pressures for the investigation to conclude either way.
https://www.airliners.net/forum/viewtopic.php?t=566291
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

haristk7 wrote:
Turboman wrote: Tue Oct 30, 2018 14:16
Nih

https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1

Coba dibaca ampe abis om

Menurut om apakah itu benar atau Hoax ?

Sebab saya dulu nonton di ACI (Air C Inv) disebutkan pilot suicide.....sampe saya baca rumor konon ada dugaan si Pilot gara2 kalah maen Saham

Monggo jelaskan ke kita2 yg awam deh om

So sementara ini saya jadi makin nyaman naek kereta......2 minggu lalu baru coba naek Argo Anggrek JKT - SUB

wkwkwkwkwkwk
kalo memangnya failed of PCU, bikin rudder nya ngejeplak ke satu sisi dan menyebabkan nosedive, kenapa auto throttle sempat disconnect sebelum (kalo memang dikatakan) rudder ngejeplak dan indikator engine at full power pas impact ? setau saya ketika pesawat meluncur deras ke bawah, manuver recovernya throttle dibuat idle..

sepengetahuan om GFS yang kebetulan pernah bicara langsung dengan beliau, beliau bilang
The NTSC chairman at the time, recently passed away, taking the secrets with him. Interesting guy to talk to while he was alive. He knew that the results of the investigation would be used for litigation and other trials (it wasn't covered by our law to not be used for anything other than safety investigation, at that time), so he refused to conclude that it was suicide, and he also refused to conclude that it was a PCU fault. There were heavy political pressures for the investigation to conclude either way.
https://www.airliners.net/forum/viewtopic.php?t=566291
Mantap

Thx utk informasi nya [emoji106]
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »



Bijaksana [emoji106]
cumanyupir
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Feb 18, 2017 5:32

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by cumanyupir »

haristk7 wrote: Tue Oct 30, 2018 13:44 ada 2 dokumen rahasia yang bego nya kok bisa bocor ke publik..

- aircraft maintenance log book
- manifest

:frm_bang_head:
Informasi manifes dari media (yg kemungkinan besar adalah release resmi pihak berwenang) malah merupakan foto kertas manifes penumpang.

http://news.detik.com/read/2018/10/29/1 ... i-karawang
User avatar
Angular
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Mon Nov 02, 2015 2:06

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Angular »

Turboman wrote: Tue Oct 30, 2018 5:15 Utk kasus PK - LQP ini saya malah kasihan dgn pihak JT

Kalo keyakinan saya pribadi, pesawat nya ada kemungkinan cacat dari pabriknya (mungkin yah)

DISCLAIMER ON

Tetep gimanapun better nunggu hasil KNKT
Saya koq sepikiran dengan Om turbo. Ibarat baru 2 bulan, pesawat masih sangat kinyis-kinyis. Mngkin cacat produk. Kira2 apa pernah ada kasus seblumnya pesawat sangat baru mengalami kecelakaan besar seperti ini ?
Btw saham boeing sampai anjlok 6% krn kasus jatuhnya max 8 ini.

*Tetap nunggu KNKT*
Last edited by Angular on Wed Oct 31, 2018 0:54, edited 1 time in total.
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Bulgogi »

Angular wrote::off_ladies:
Turboman wrote: Tue Oct 30, 2018 5:15 Utk kasus PK - LQP ini saya malah kasihan dgn pihak JT

Kalo keyakinan saya pribadi, pesawat nya ada kemungkinan cacat dari pabriknya (mungkin yah)

DISCLAIMER ON

Tetep gimanapun better nunggu hasil KNKT
Saya koq sepikiran dengan Om turbo. Ibarat baru 2 bulan, pesawat masih sangat kinyis-kinyis. Mngkin cacat produk. Kira2 apa pernah ada kasus seblumnya pesawat sangat baru mengalami kecelakaan besar seperti ini ?
Btw saham boeing sampai anjlok 6% krn kasus jatuhnya max 8 ini.

*Tetap nunggu KNKT*
Bisa dibilang 737 max 8 ini pesawat sejuta umat dr boeing, mirip xpander lah, baru launch 2 thn udh 4 ribu order.. smp skrng pun masih inden..

Ini yg ngeri ngeri sedap, dikhawatirkan banyak standar perakitan yg kelewat karena kejar target..


*Tetap tunggu KNKT

User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Bulgogi »

EOR24 wrote:
sammyjimun wrote: Tue Oct 30, 2018 7:06 Kira -kira Boeing nurunin tim investigasi sendiri atau ngikut KNKT/NTSB ya?
Kalo Boeing atau NTSB ikut turun, kok saya malah apatis terhadap hasil nya.

Gara2 baca tulisan dari eks Ketua KNKT yg menyelidiki kasus SilkAir ini

https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
Serem jg pas tau faktanya..

Boeing cara mainnya kotor jg ya..

Apa bisa kita simpulkan semua unit boeing itu bobrok semua? Adakah yg masih bisa dipercaya?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by ilhami »

Jangan terlalu berspekulasi apalagi menjelek-jelekkan satu pihak. Pesawat di desain sangat reliable, kecelakaan pesawat itu bukan cuma 1 faktor, tapi serangkaian kesalahan dan antisipasi yang salah dari berbagai faktor.
- mesin satu rusak, masih bisa takeoff
- mesin keduanya rusak, masih bisa landing di air, contoh landing sungai hudson
- flap, rudder, elevator rusak, masih ada mitigasi nya. dan biasanya ada catatan perawatan sebelum nya yang diabaikan/ salah penanggulangan
- baterai lithium: itu sudah kasus lama, pencegahannya sudah lapis macam-macam.

tanpa ada bukti blackbox jangan menarik kesimpulan
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Kaleng »

gimana update proses pencarian korban ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

Bulgogi wrote:
EOR24 wrote:
sammyjimun wrote: Tue Oct 30, 2018 7:06 Kira -kira Boeing nurunin tim investigasi sendiri atau ngikut KNKT/NTSB ya?
Kalo Boeing atau NTSB ikut turun, kok saya malah apatis terhadap hasil nya.

Gara2 baca tulisan dari eks Ketua KNKT yg menyelidiki kasus SilkAir ini

https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
Serem jg pas tau faktanya..

Boeing cara mainnya kotor jg ya..

Apa bisa kita simpulkan semua unit boeing itu bobrok semua? Adakah yg masih bisa dipercaya?
ya gak begitu juga lah

Ya namanya produk buatan manusia, tak ada gading yg tak retak,

kadang cacat produk ada yg tersembunyi / butuh bertahun2 utk ketemu spt Vertikal rudder actuator 737 lama yg buatan Parker Haniffin........itu butuh bertahun2 utk find out.......baru ketahuan setelah ada test oleh NTSB saat actuator didinginkan pake semburan Nitrogen cair, lalu actuator bekerja dgn minyak hidrolik yang agak panas...... dan kemudian macet.......gotcha

Saat di atas 30.000 feet suhu luar kan bisa - 40 deg C, perbedaan suhu di cruising altitude & ground inilah........

737 = pesw sejuta umat, setiap 5 detik di seluruh dunia ada 737 yang TO / landing

Rasio antara yg celaka VS jumlah orang yang dibawa terbang dgn total jarak jutaan km.......tetap persentasi yg celaka amat sgt kecil sekali

dibanding si Triple engine - Mc Donnel Douglas DC 10 yg notorius itu........en skg byk dipake utk cargo malah gak pernah dengar ada kasus lagi........wekekekkeke



EOR24
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Wed Jan 24, 2018 3:08

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by EOR24 »

haristk7 wrote: Tue Oct 30, 2018 14:46
Turboman wrote: Tue Oct 30, 2018 14:16
Nih

https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1

Coba dibaca ampe abis om

Menurut om apakah itu benar atau Hoax ?

Sebab saya dulu nonton di ACI (Air C Inv) disebutkan pilot suicide.....sampe saya baca rumor konon ada dugaan si Pilot gara2 kalah maen Saham

Monggo jelaskan ke kita2 yg awam deh om

So sementara ini saya jadi makin nyaman naek kereta......2 minggu lalu baru coba naek Argo Anggrek JKT - SUB

wkwkwkwkwkwk
kalo memangnya failed of PCU, bikin rudder nya ngejeplak ke satu sisi dan menyebabkan nosedive, kenapa auto throttle sempat disconnect sebelum (kalo memang dikatakan) rudder ngejeplak dan indikator engine at full power pas impact ? setau saya ketika pesawat meluncur deras ke bawah, manuver recovernya throttle dibuat idle..

sepengetahuan om GFS yang kebetulan pernah bicara langsung dengan beliau, beliau bilang
The NTSC chairman at the time, recently passed away, taking the secrets with him. Interesting guy to talk to while he was alive. He knew that the results of the investigation would be used for litigation and other trials (it wasn't covered by our law to not be used for anything other than safety investigation, at that time), so he refused to conclude that it was suicide, and he also refused to conclude that it was a PCU fault. There were heavy political pressures for the investigation to conclude either way.
https://www.airliners.net/forum/viewtopic.php?t=566291
Nais info om :big_exellent:

Yang saya tangkap dari artikel soal SilkAir sih bukan soal penyebab asli kenapa pesawat jatuh, lebih kepada penurunan tingkat kepercayaan saya terhadap rilis resmi hasil investigasi biro keselamatan yang satu negara dengan produsen pesawat. Bisa jadi fakta dikaburkan karena ada bussiness atau political issues yang lebih diutamakan. Meskipun technical issues nya (semoga) tetap diperbaiki oleh si produsen pesawat.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by adityabp »

Sekedar pemikiran sotoy.
Kalau menurut data flightradar kan kecepatan jatuh (vertikal speed minus) si PK-LQP cukup besar ya sebelum hilang.
Kenapa gak ada May Day dari pilot ya?
Apakah pilot merasa pesawat tidak sdg jatuh?
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by vipere »

jadi bingung nih, bahasa nya ketinggian. jadi penasaran, sebenernya pilotnya silk air itu bunuh diri apa gak ya ? hehe
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Bulgogi »

Turboman wrote:
Bulgogi wrote:
EOR24 wrote: Kalo Boeing atau NTSB ikut turun, kok saya malah apatis terhadap hasil nya.

Gara2 baca tulisan dari eks Ketua KNKT yg menyelidiki kasus SilkAir ini

https://news.detik.com/berita/2538225/t ... gai-musi/1
Serem jg pas tau faktanya..

Boeing cara mainnya kotor jg ya..

Apa bisa kita simpulkan semua unit boeing itu bobrok semua? Adakah yg masih bisa dipercaya?
ya gak begitu juga lah

Ya namanya produk buatan manusia, tak ada gading yg tak retak,

kadang cacat produk ada yg tersembunyi / butuh bertahun2 utk ketemu spt Vertikal rudder actuator 737 lama yg buatan Parker Haniffin........itu butuh bertahun2 utk find out.......baru ketahuan setelah ada test oleh NTSB saat actuator didinginkan pake semburan Nitrogen cair, lalu actuator bekerja dgn minyak hidrolik yang agak panas...... dan kemudian macet.......gotcha

Saat di atas 30.000 feet suhu luar kan bisa - 40 deg C, perbedaan suhu di cruising altitude & ground inilah........

737 = pesw sejuta umat, setiap 5 detik di seluruh dunia ada 737 yang TO / landing

Rasio antara yg celaka VS jumlah orang yang dibawa terbang dgn total jarak jutaan km.......tetap persentasi yg celaka amat sgt kecil sekali

dibanding si Triple engine - Mc Donnel Douglas DC 10 yg notorius itu........en skg byk dipake utk cargo malah gak pernah dengar ada kasus lagi........wekekekkeke
Siyap om turbo..

Orang awam kaya saya sgt concern dgn reputasi merk.. apalagi ini nyangkut soal nyawa, sekali ada tragedi kadang saya hindari merk ybs..

Ini boeing kan unitnya masif juga di pake maskapai murah (saya kalo travel selalu pake yg murah), kalo problemnya di rakitan pesawat rasanya tidak ada maskapai yg sanggup mencegah kejadian kaya gini..


*Hanya opini, tetap tunggu KNKT*
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

Sama om Bulgogi

per saat ini juga saya mau hindari 737 MAX sementara waktu.......sampe semua ada kejelasan........wkwkwkwkwkw

787 dulu battery problem.....gak fatal

A380 - RR Trent 900 problem.......hampir fatal, tapi untung RTB dgn selamat (Qantas)

jujur aja saya sgt kaget setelah browse2 ternyata 737 MAX pernah di Grounded waktu 2017........mengingatkan saya kpd MD DC 10 (kasus pintu cargo dll)

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

Mantap



Helloooo Boeeiinggggg..........

[emoji39]
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

Ribbeck Law VS Boeing (Asiana Air case)

https://www.chicagobusiness.com/article ... iana-crash

AP) — A Chicago law firm says it has taken steps to sue aircraft manufacturer Boeing Co. on behalf of 83 people who were aboard the Asiana Airlines flight that crash-landed in San Francisco earlier this month, claiming in a court filing that the crash might have been caused by a mechanical malfunction of the Boeing 777's auto throttle.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

adityabp wrote:Sekedar pemikiran sotoy.
Kalau menurut data flightradar kan kecepatan jatuh (vertikal speed minus) si PK-LQP cukup besar ya sebelum hilang.
Kenapa gak ada May Day dari pilot ya?
Apakah pilot merasa pesawat tidak sdg jatuh?
Better tunggu data CVR & FDR dr Black Box
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by adityabp »

Turboman wrote: Wed Oct 31, 2018 4:39
adityabp wrote:Sekedar pemikiran sotoy.
Kalau menurut data flightradar kan kecepatan jatuh (vertikal speed minus) si PK-LQP cukup besar ya sebelum hilang.
Kenapa gak ada May Day dari pilot ya?
Apakah pilot merasa pesawat tidak sdg jatuh?
Better tunggu data CVR & FDR dr Black Box
Hehehe, tiba2x aja inget kasus Adam Air yg jatuh di selat sulawesi gara2x pilot/kopolit/engineer sibuk ngoprek salah satu device sampai gak sadar kalau pesawat sdh miring.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by adityabp »

Jadi pengen tau komentarnya om NR.
:mky_03:
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by martinnn »

pesawat itu diasuransikan gak ya
:big_biglaugh: