DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 29 Nov 2004, 11:27

DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Post by p4nd4 » 13 Jul 2006, 09:36

Mesin rotari bikin motor lebih yahud & hemat bahan bakar

Perkembangan teknologi mesin bakar motor memang termasuk lambat dibandingkan mobil. Alasannya, dimensi motor menuntut mesin yang kompak dan ringan. Makanya, teknologi motor tak terlalu banyak berkembang.

Salah satu teknologi mobil yang mungkin bisa diaplikasikan pada motor adalah mesin rotari ciptaan Felix Wankel asal Jerman yang digunakan oleh mobil sport Mazda, yang terkenal dengan bentuknya yang kompak dan efisien.

Mesin berkapasitas 1.300 cc Mazda RX-8 hanya mengonsumsi seliter bensin untuk perjalanan delapan kilometer dengan tenaga yang dihasilkan setara dengan mesin konvensional berkapasitas 3.500 cc V6.

Wankel adalah insinyur yang bekerja di produsen sepeda motor Jerman, NSU pada 1950-an. Saat NSU meluncurkan produknya pada akhir 1959, mesin unik itu jadi rebutan seratus perusahaan mobil di dunia, termasuk Mazda.

Sayangnya, mesin rotari NSU atau Ro80 itu gagal karena haus oli serta bahan bakar dan lenyap karena NSU bangkrut.

Kini mesin rotari sukses dikembangkan oleh Mazda, pabrikan asal Hiroshima, Jepang lewat RX-7 dan RX-8 yang menggunakan dua rotor atau renesis yang lebih irit bahan bakar dan lebih bersih.

Kini teknologi ini dikembalikan pada motor oleh perusahaan RCV Engines Ltd. Untuk mendapatkan dimensi yang kecil, RCV hanya menggunakan satu busi untuk mesin prototipe 125 cc mereka.

Berkapasitas kecil

Menurut Manajer Direktur RCV Engines Ltd Eric Hill, dengan menggunakan teknologi ini bisa diperoleh motor dengan mesin berkapasitas kecil, tapi bertenaga besar, sehingga hemat bahan bakar.

Bersama timnya, Eric telah membuat simulasi mesin rotari 125 cc yang bisa menghasilkan tenaga hingga 12,5 tenaga kuda. Bandingkan dengan mesin konvensional berkapasitas sama yang hanya bisa menghasilkan 9 tenaga kuda.

Melihat hal tersebut, RCV Engines Ltd lantas mengembangkan mesin berkapasitas 49 cc yang dipergunakan untuk skuter dan 100 hingga 110 cc untuk motor bebek yang merupakan pangsa pasar terbesar di Asia dan Eropa.

Selain itu, RCV Engines Ltd juga telah mendesain teknologi katup silinder tertutup untuk menghindari percampuran minyak pelumas ke sistem pembakaran cylinder valve sealing system (CVSS).

SVCC menggunakan tiga ring penutup yaitu penutup aktif, geser, dan statis yang masing-masing berbeda ketebalannya, namun tahan terhadap tekanan dan kompresi pembakaran.

Sayangnya, RCV Engines tidak berhasil mencari solusi terhadap rendahnya engine brake yang dihasilkan mesinnya. Kita tahu engine brake bermanfaat untuk mengurangi laju kendaraan dengan menurunkan transmisi.

Rendahnya engine brake terjadi karena mesin rotari bekerja dengan gerak putar. Akibatnya, pengemudi harus sepenuhnya mengandalkan kinerja rem.

Menurut rencana, dalam waktu dekat mesin yang dirancang RCV Engines Ltd akan diproduksi secara massal oleh produsen motor asal Taiwan, Motive Power Industry (MPI). (Algooth Putranto)

http://www.bisnis.com/servlet/page?_pag ... _id=452598

p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 29 Nov 2004, 11:27

Post by p4nd4 » 13 Jul 2006, 09:45

Image

Image

ini gambar yang 49cc

p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 29 Nov 2004, 11:27

Post by p4nd4 » 13 Jul 2006, 09:51

Image

ini penempatan mesin di scooter...

info laen bisa di lihat di RCV Engines Motorcycle

cuman gw bingung liat mesin yang 125 cc kok bentuknya mirip dengan yang sekarang yahh...

truss emang kalo rotary masih pake cylinder nga ?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 19568
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Post by Turboman » 13 Jul 2006, 10:00

Mesin rotary wankel tidak menggunakan piston, melainkan rotor berbentuk segitiga melengkung serta chamber yg berbentuk seperti angka 8.

Sekarang ada 1 persh. independent yang mendisain mesin rotary spt wankel, tapi agak berbeda :


http://www.quasiturbine.com/ETheoryQTVersusWankel.htm

http://www.quasiturbine.com/

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3182
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough » 13 Jul 2006, 10:01

Ngomongin rotary engine, kayanya kurang afdol kalo nggak memasukkan gambar rotary engine-nya Mazda RX-8.

Image

Prinsip kerjanya seperti mainan gambar anak-anak yang kalo diputar menghasilkan gambar seperti bintang. :P

p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 29 Nov 2004, 11:27

Post by p4nd4 » 13 Jul 2006, 10:13

http://www.rcvengines.com/pdf_files/pr/ ... -jan06.pdf

dapat cara kerjanya nihh cuman gw ga ngerti mesin hehehe :P

dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: 21 Apr 2006, 11:33
Location: JAKARTA

Post by dado » 13 Jul 2006, 15:46

SOHC aja orang indonesia mah ribet apalagi Rotary.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI

User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 08 Nov 2005, 17:19
Location: Indonesia
Contact:

Post by budzaemon » 13 Jul 2006, 17:18

nambahin Bung Dado : SOHC aja mo blinya empot2an, DOHC ga ke beli, apalagi Rotary nabung ampe botak kali he3x.. <==lho kok curhat???

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3182
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough » 13 Jul 2006, 17:47

Cara kerja rotary engine-nya RX-8 bisa dilihat di sini: http://auto.howstuffworks.com/rotary-engine.htm

Dan flash-nya bisa dilihat di halaman berikutnya: http://auto.howstuffworks.com/rotary-engine1.htm

anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong » 13 Jul 2006, 20:45

budzaemon wrote:nambahin Bung Dado : SOHC aja mo blinya empot2an, DOHC ga ke beli, apalagi Rotary nabung ampe botak kali he3x.. <==lho kok curhat???


bukannya semua motor di Indonesia udah pake SOHC?

zepprut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: 09 Apr 2006, 18:05

Post by zepprut » 14 Jul 2006, 08:14

RCV yang dimaksud P4nd4 beda dengan mesin Rotary pada Mazda.

RCV = Rotary Cylinder Valve
Silinder/klep berputar buat buka/nutup port Hisap/buang, piston tetep bergerak naik/turun

Rotary pada mazda bikinan Bro Wankel = cuman piston yg berbentuk segitiga aja yang berputar

User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 08 Nov 2005, 17:19
Location: Indonesia
Contact:

Post by budzaemon » 14 Jul 2006, 08:36

anak_singkong wrote:
budzaemon wrote:nambahin Bung Dado : SOHC aja mo blinya empot2an, DOHC ga ke beli, apalagi Rotary nabung ampe botak kali he3x.. <==lho kok curhat???


bukannya semua motor di Indonesia udah pake SOHC?
iya Bro, karena itu maksud ane bli motor biasa aja empot2an, boro2 bli DOHC apalagi Rotary he3x...

p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 29 Nov 2004, 11:27

Post by p4nd4 » 14 Jul 2006, 10:43

nahh yoi yang bro zepprut bilang bener yang RCV ini masih pake piston...kalo pake piston emang masih disebut mesin rotary ?

trus dari gambar di atas yang 49cc kayanya ga pake piston toh ?
Kini mesin rotari sukses dikembangkan oleh Mazda, pabrikan asal Hiroshima, Jepang lewat RX-7 dan RX-8 yang menggunakan dua rotor atau renesis yang lebih irit bahan bakar dan lebih bersih.

Kini teknologi ini dikembalikan pada motor oleh perusahaan RCV Engines Ltd. Untuk mendapatkan dimensi yang kecil, RCV hanya menggunakan satu busi untuk mesin prototipe 125 cc mereka.
nah kalo perkembangan dari mesin RX-8 seharusnya ga pake piston lagi...makin bingung nih gw..

User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: 29 Jun 2004, 22:53

Post by jihad koplo » 18 Jul 2006, 01:38

mesin rotari lebih irit dari mesin piston? dan lebih bertenaga? torsinya??? dgn cara gerak yg berputar gitu...menurut saya lho, huhuhu torsinya kuat gak??
bgmn dgn mesin turbin,bukannya itu jg sdh diaplikasi di motor Y2K, dan terbukti powerfull bgt tp kok gak terus yaa????
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer

dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: 21 Apr 2006, 11:33
Location: JAKARTA

Post by dado » 19 Jul 2006, 15:17

klo menurut gw mesin rotary di indonesia masih merupakan barang asing, soalnya mobilnya aja masih harus impor alias mobil2 CBU, tp mesin rotary ini gw menurut gw pribadi sih sangat2 bagus cuman ngga tau deh bisa pake kapan???
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI

User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: 08 Sep 2004, 03:44

Post by yoyoyo » 10 Aug 2006, 19:25

salah satu mesin yg gw kagumi.
andai populasinya cukup tinggi dan banyak yg bisa servis, .. :(

*cita2 beli RX-8 secondhand mulus*
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya

p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: 29 Nov 2004, 11:27

Post by p4nd4 » 11 Aug 2006, 10:02

yoyoyo wrote:*cita2 beli RX-8 secondhand mulus*
same in here bro.... :shake-hand:

emang harganya kira-kira berapaan bro ?

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10237
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Post by ak4ng » 29 May 2011, 07:25

hidupkan dari kubur :big_smoking:


btw ada yg bisa jelasin g knp outputnya gde bgt,,,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: 16 Jun 2009, 15:17

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Post by jalu » 29 May 2011, 18:06

hooo...ini bahas ttg mesin ya......kirain bahas ttg momod chiong (DOHC) :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16913
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Post by DOHC » 29 May 2011, 22:10

ehemm.... :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:


yg pasti yg paling banyak dipake yahhh yg DOHC dibanding yg rotaryy... :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Post by imsus2c » 30 May 2011, 21:04

ak4ng wrote:hidupkan dari kubur :big_smoking:


btw ada yg bisa jelasin g knp outputnya gde bgt,,,,,
prinsip mudahnya gini,
untuk mesin piston "biasa", setiap 1 siklus piston di satu ruangnya, memuat 4 prinsip kerja pembakaran: Intake, Kompresi, Pembakaran dan Exhaust
untuk rotary, seolah olah ke-empat proses kerja tadi mempunyai "ruang" tersendiri, efeknya di satu siklus putaran rotor rotary, terjadi 3 putaran mesin
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10237
Joined: 15 Aug 2010, 14:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Post by ak4ng » 01 Jun 2011, 08:59

jarang bgt aplikasi mesin rotary ini ya?????
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR

User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: 11 Nov 2010, 22:07
Location: medhan

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Post by henz155 » 01 Jun 2011, 09:02

emank jarang kang,yg ane taw cm di mazda rx series
Image

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11058
Joined: 27 Nov 2010, 08:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Post by VanzMatic » 01 Jun 2011, 12:53

imsus2c wrote:
ak4ng wrote:hidupkan dari kubur :big_smoking:


btw ada yg bisa jelasin g knp outputnya gde bgt,,,,,
prinsip mudahnya gini,
untuk mesin piston "biasa", setiap 1 siklus piston di satu ruangnya, memuat 4 prinsip kerja pembakaran: Intake, Kompresi, Pembakaran dan Exhaust
untuk rotary, seolah olah ke-empat proses kerja tadi mempunyai "ruang" tersendiri, efeknya di satu siklus putaran rotor rotary, terjadi 3 putaran mesin
Silaken liat link ini..! Ini cara memahami enjin Rotary secara animated..
http://www.youtube.com/watch?v=6BCgl2uumlI
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "

User avatar
y_anjasrana
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 8727
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: DOHC ? sudah lewat sekarang ROTARY

Post by y_anjasrana » 02 Jun 2011, 11:51

mobil bermesin rotary = mobil bermesin 2 tak... boros....
kalu motor... no comment dah...
Accurate V5 Accounting System Consultant

Post Reply