Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
sesame
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: 29 Jun 2020, 23:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Vario 125

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by sesame »

chain90s wrote: 24 Mar 2024, 22:11
sahabatq8 wrote: 24 Mar 2024, 14:32 :big_blushing:
chain90s wrote: 24 Mar 2024, 14:07 Siangg om om semua,

Mau tanya kalau gonta ganti merek oli motor itu apakah bisa menyebabkan penumpukkan kerak atau endapan dimesin ya?
Motor saya Honda Scoopy 2013 biasa pakai oli shell ax7 10w40 (selama 2 tahun) aman2 aja, trus mulai coba2 merek lain spt:

1. Bardahl XTC Scooter 10W30 ini juga enak enteng tarikan
2. AGIP I ride 10W30 (disini motor terasa hilang performa, berat tarikan trs beberapa kali mati sendiri mesinnya saat dijalan)
3. PTT Chalanger Matic 10W30 (disini parah banget penurunannya, beberapa kali hilang kompresi sampai dipancing pakai oli biar hidup), padahal ini baru seminggu ganti oli
4. Terakhir Naik visco di Bardahl XTC Scooter 10W40 sekalian service, eh lagi ditest drive after service sama mekaniknya ngerasain noh hilang kompresi lagi katanya kemungkinan aus pistonnya padahal knalpot gak ngebul sama sekali.

Pertanyaannya:
1. Apakah solusinya hanya turun mesin dan skir klepndan ganti piston kit, atau bisa menggunakan treatment yg lain ya supaya kompresi membaik (misal penggunaan carb cleaner macam yamalube gtu atau redline).
2. Kalau mau gonta ganti merek apa harus ritual flushing dulu?

Mohon pencerahannya om2 semua
Ganti oli gak masalah, gak perlu flushing

1. Bisa aja, tapi kyk luka di plester cuma temporary fix aja gak jadi bagus seperti semula

Kalo piston aus, oli yang terakhir² dipake mungkin jelek pelumasannya. Dulu dulu kan fine aja?
Hmm gitu ya om, ok deh tar THR klo ada sisa ane budgetin buat turun mesin (service berat) karena motor mungkin sudah capek hehe

Nah niatnya om klo mesin udh sehat lagi ane tertarik pakai oli mobil 5W30 yg full sintetis. Itu utk daily 1500km / 3 bulan cukupan om? (Asumsi dengan 70% lancar 30% macet)
om, motor udah jalan brp KM? bisa jadi udh minta turun mesin kl udh odo KM gede..

Vario 125 LED 2015 saya, udh hampir 58rb KM dan suka gonta-ganti oli (sering pake oli2 mobil 5w30) ga ada masalah, belakangan ganti oli sekitar per 2000-2500km (sekitar 2-3 bulan) dan cek ketinggian oli per 1000km siapa tau ada penurunan oli (biasanya kejadian kl lg pake oli motor aja)..
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: 15 Jun 2022, 16:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Supersedan »

Izin bertanya karena dirumah baru ada pcx 160cc.
Terakhir punya motor tahun 2005, jadi gak paham permotoran.

Ini motor cuma dipake anter anak sekolah, senin - jumat. Gak dipake tiap hari anter jemput juga, terkadang bisa buat anter aja, karena kalo siang cuaca bener2 panas kasian bocilnya.
Itung2annya sehari semisal dipakai buat anter jemput PP 20km, seringnya ya cuma 10km (cuma buat anter sekolah aja).

Sekarang km masih under 200km, lg cari oli kira2 ada yg bisa dipakai sampai 1 tahun dengan router harian yg seperti itu? (Amsoil ss / revanol apakah bisa?, abis liat2 group oli di fb tapi masih takut salah :big_peace: )
Cara bawa motornya sih super kalem, bbm pake pertamax turbo.

Terima kasih.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9632
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

Supersedan wrote: 01 Apr 2024, 11:00 Izin bertanya karena dirumah baru ada pcx 160cc.
Terakhir punya motor tahun 2005, jadi gak paham permotoran.

Ini motor cuma dipake anter anak sekolah, senin - jumat. Gak dipake tiap hari anter jemput juga, terkadang bisa buat anter aja, karena kalo siang cuaca bener2 panas kasian bocilnya.
Itung2annya sehari semisal dipakai buat anter jemput PP 20km, seringnya ya cuma 10km (cuma buat anter sekolah aja).

Sekarang km masih under 200km, lg cari oli kira2 ada yg bisa dipakai sampai 1 tahun dengan router harian yg seperti itu? (Amsoil ss / revanol apakah bisa?, abis liat2 group oli di fb tapi masih takut salah :big_peace: )
Cara bawa motornya sih super kalem, bbm pake pertamax turbo.

Terima kasih.
max paling 6 bulan

karena oli skutik sistemnya dikocok, bukan dipompa dan circulate spt oli mobil,
jadi sekeraton2 dan semahal2nya oli, lwt 6 bulan juga udah resiko.

oli mainstream umurnya 2-3 bln aja
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1489
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by MSU »

Supersedan wrote: 01 Apr 2024, 11:00 Izin bertanya karena dirumah baru ada pcx 160cc.
Terakhir punya motor tahun 2005, jadi gak paham permotoran.

Ini motor cuma dipake anter anak sekolah, senin - jumat. Gak dipake tiap hari anter jemput juga, terkadang bisa buat anter aja, karena kalo siang cuaca bener2 panas kasian bocilnya.
Itung2annya sehari semisal dipakai buat anter jemput PP 20km, seringnya ya cuma 10km (cuma buat anter sekolah aja).

Sekarang km masih under 200km, lg cari oli kira2 ada yg bisa dipakai sampai 1 tahun dengan router harian yg seperti itu? (Amsoil ss / revanol apakah bisa?, abis liat2 group oli di fb tapi masih takut salah :big_peace: )
Cara bawa motornya sih super kalem, bbm pake pertamax turbo.

Terima kasih.
bbm pertabo di motor standard ni apa ga overspec om?
ati2 kasus fuel dilution malah tar oli-nya jadi cepat rusak
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: 15 Jun 2022, 16:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Supersedan »

Suryaputra wrote: 01 Apr 2024, 11:11
Supersedan wrote: 01 Apr 2024, 11:00 Izin bertanya karena dirumah baru ada pcx 160cc.
Terakhir punya motor tahun 2005, jadi gak paham permotoran.

Ini motor cuma dipake anter anak sekolah, senin - jumat. Gak dipake tiap hari anter jemput juga, terkadang bisa buat anter aja, karena kalo siang cuaca bener2 panas kasian bocilnya.
Itung2annya sehari semisal dipakai buat anter jemput PP 20km, seringnya ya cuma 10km (cuma buat anter sekolah aja).

Sekarang km masih under 200km, lg cari oli kira2 ada yg bisa dipakai sampai 1 tahun dengan router harian yg seperti itu? (Amsoil ss / revanol apakah bisa?, abis liat2 group oli di fb tapi masih takut salah :big_peace: )
Cara bawa motornya sih super kalem, bbm pake pertamax turbo.

Terima kasih.
max paling 6 bulan

karena oli skutik sistemnya dikocok, bukan dipompa dan circulate spt oli mobil,
jadi sekeraton2 dan semahal2nya oli, lwt 6 bulan juga udah resiko.

oli mainstream umurnya 2-3 bln aja
Okok 6 bulan aja ya berarti.
Ini oli bawaan pabrik enaknya ganti sampai km brp ya, gatel mau ganti olinya. Tapi motor rutenya pendek2 :lol:
MSU wrote: 01 Apr 2024, 11:49
Supersedan wrote: 01 Apr 2024, 11:00 Izin bertanya karena dirumah baru ada pcx 160cc.
Terakhir punya motor tahun 2005, jadi gak paham permotoran.

Ini motor cuma dipake anter anak sekolah, senin - jumat. Gak dipake tiap hari anter jemput juga, terkadang bisa buat anter aja, karena kalo siang cuaca bener2 panas kasian bocilnya.
Itung2annya sehari semisal dipakai buat anter jemput PP 20km, seringnya ya cuma 10km (cuma buat anter sekolah aja).

Sekarang km masih under 200km, lg cari oli kira2 ada yg bisa dipakai sampai 1 tahun dengan router harian yg seperti itu? (Amsoil ss / revanol apakah bisa?, abis liat2 group oli di fb tapi masih takut salah :big_peace: )
Cara bawa motornya sih super kalem, bbm pake pertamax turbo.

Terima kasih.
bbm pertabo di motor standard ni apa ga overspec om?
ati2 kasus fuel dilution malah tar oli-nya jadi cepat rusak
Dulu pas suka oprek2 mesin mobil kompresi 12 keatas saya isi pertabo.
Pas liat spec pcx 160cc 12:1 saya pikir cocoknya di pertabo juga :big_peace:
Mohon koreksinya kalau salah om hehe
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1396
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by AbdulHakim »

om,
motor vario 2017 saya udah hampir 3 bulan sejak ganti oli pake Repsol GXR Platinum nya j*sutra baru mencapai 250km, perlu ganti oli kah?
kalo rasanya siy masih enak, licin, suara mesin halus, minim getaran.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9632
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: 01 Apr 2024, 13:19 om,
motor vario 2017 saya udah hampir 3 bulan sejak ganti oli pake Repsol GXR Platinum nya j*sutra baru mencapai 250km, perlu ganti oli kah?
kalo rasanya siy masih enak, licin, suara mesin halus, minim getaran.
6 bln gpp klo jarang pakai.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by rakyatwkwkland »

MSU wrote: 01 Apr 2024, 11:49
Supersedan wrote: 01 Apr 2024, 11:00 Izin bertanya karena dirumah baru ada pcx 160cc.
Terakhir punya motor tahun 2005, jadi gak paham permotoran.

Ini motor cuma dipake anter anak sekolah, senin - jumat. Gak dipake tiap hari anter jemput juga, terkadang bisa buat anter aja, karena kalo siang cuaca bener2 panas kasian bocilnya.
Itung2annya sehari semisal dipakai buat anter jemput PP 20km, seringnya ya cuma 10km (cuma buat anter sekolah aja).

Sekarang km masih under 200km, lg cari oli kira2 ada yg bisa dipakai sampai 1 tahun dengan router harian yg seperti itu? (Amsoil ss / revanol apakah bisa?, abis liat2 group oli di fb tapi masih takut salah :big_peace: )
Cara bawa motornya sih super kalem, bbm pake pertamax turbo.

Terima kasih.
bbm pertabo di motor standard ni apa ga overspec om?
ati2 kasus fuel dilution malah tar oli-nya jadi cepat rusak
Ini valid gak sih kalo BBM ketinggian oktan bisa bikin fuel dilution?

Ane juga suka liat nih orang komentar begini. Tapi sayangnya kok kata2 begini hanya keluar kalau pembahasannya motor ya? Jarang gitu yang bahas BBM ketinggian oktan di mobil. Apa hanya berlaku motor saja? Apa berlaku di mobil juga?

Ane soalnya hobi ngisiin shell super di honda supra fit nih. Liat komentar begitu mayan bikin kepikiran juga. Udah berlangsung beberapa tahun si tp untungnya motornya gada masalah.

Sempet juga sekali baca komentar seorang netizen yang kira2 bilang begini :

"Kalau emang bener BBM ketinggian oktan bisa bikin fuel dilution, user motor2 jadul di malaysia gimana tuh? Di sana kan BBM rata2 oktan tinggi, 95 ke atas. Nyatanya gapernah denger yg aneh2 dari sana..."

yang bikin ane mikir lagi, iya juga ya. Di malay malah user2 bebek itu tergolong masih banyak. User bebek jadul kaya supra bapack dan honda astrea juga masih suka banyak keliaran. BBM di sono setau ane emang ga ada yang oktannya serendah pertalite. RON 92 ane krg tahu ada gak, tp wkt itu ane naik taksi di sana pun liat supirnya isi bensin ya RON 95 karena kl gasalah RON 95 aja masih subsidi. Gapernah denger komentar netijen malay mengenai fuel dilution gara2 oktan ketinggian si...
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1489
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by MSU »

rakyatwkwkland wrote: 01 Apr 2024, 16:15
MSU wrote: 01 Apr 2024, 11:49
Supersedan wrote: 01 Apr 2024, 11:00 Izin bertanya karena dirumah baru ada pcx 160cc.
Terakhir punya motor tahun 2005, jadi gak paham permotoran.

Ini motor cuma dipake anter anak sekolah, senin - jumat. Gak dipake tiap hari anter jemput juga, terkadang bisa buat anter aja, karena kalo siang cuaca bener2 panas kasian bocilnya.
Itung2annya sehari semisal dipakai buat anter jemput PP 20km, seringnya ya cuma 10km (cuma buat anter sekolah aja).

Sekarang km masih under 200km, lg cari oli kira2 ada yg bisa dipakai sampai 1 tahun dengan router harian yg seperti itu? (Amsoil ss / revanol apakah bisa?, abis liat2 group oli di fb tapi masih takut salah :big_peace: )
Cara bawa motornya sih super kalem, bbm pake pertamax turbo.

Terima kasih.
bbm pertabo di motor standard ni apa ga overspec om?
ati2 kasus fuel dilution malah tar oli-nya jadi cepat rusak
Ini valid gak sih kalo BBM ketinggian oktan bisa bikin fuel dilution?

Ane juga suka liat nih orang komentar begini. Tapi sayangnya kok kata2 begini hanya keluar kalau pembahasannya motor ya? Jarang gitu yang bahas BBM ketinggian oktan di mobil. Apa hanya berlaku motor saja? Apa berlaku di mobil juga?

Ane soalnya hobi ngisiin shell super di honda supra fit nih. Liat komentar begitu mayan bikin kepikiran juga. Udah berlangsung beberapa tahun si tp untungnya motornya gada masalah.

Sempet juga sekali baca komentar seorang netizen yang kira2 bilang begini :

"Kalau emang bener BBM ketinggian oktan bisa bikin fuel dilution, user motor2 jadul di malaysia gimana tuh? Di sana kan BBM rata2 oktan tinggi, 95 ke atas. Nyatanya gapernah denger yg aneh2 dari sana..."

yang bikin ane mikir lagi, iya juga ya. Di malay malah user2 bebek itu tergolong masih banyak. User bebek jadul kaya supra bapack dan honda astrea juga masih suka banyak keliaran. BBM di sono setau ane emang ga ada yang oktannya serendah pertalite. RON 92 ane krg tahu ada gak, tp wkt itu ane naik taksi di sana pun liat supirnya isi bensin ya RON 95 karena kl gasalah RON 95 aja masih subsidi. Gapernah denger komentar netijen malay mengenai fuel dilution gara2 oktan ketinggian si...
Nah di mobil sy jg hampir ga pernah dengar om...
Cuma bbrp kali baca artikel oli mesin motor warna berubah jd mirip bensinnya
Kalo dipikir2 apa mungkin kalo di mesin mobil timing pengapian bisa berubah lebih lebar rangenya...sementara di motor lebih terbatas (ga ada anti knock sensor)...
Mesti tunggu master2 komen ni
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by rakyatwkwkland »

MSU wrote: 01 Apr 2024, 20:28
rakyatwkwkland wrote: 01 Apr 2024, 16:15
MSU wrote: 01 Apr 2024, 11:49

bbm pertabo di motor standard ni apa ga overspec om?
ati2 kasus fuel dilution malah tar oli-nya jadi cepat rusak
Ini valid gak sih kalo BBM ketinggian oktan bisa bikin fuel dilution?

Ane juga suka liat nih orang komentar begini. Tapi sayangnya kok kata2 begini hanya keluar kalau pembahasannya motor ya? Jarang gitu yang bahas BBM ketinggian oktan di mobil. Apa hanya berlaku motor saja? Apa berlaku di mobil juga?

Ane soalnya hobi ngisiin shell super di honda supra fit nih. Liat komentar begitu mayan bikin kepikiran juga. Udah berlangsung beberapa tahun si tp untungnya motornya gada masalah.

Sempet juga sekali baca komentar seorang netizen yang kira2 bilang begini :

"Kalau emang bener BBM ketinggian oktan bisa bikin fuel dilution, user motor2 jadul di malaysia gimana tuh? Di sana kan BBM rata2 oktan tinggi, 95 ke atas. Nyatanya gapernah denger yg aneh2 dari sana..."

yang bikin ane mikir lagi, iya juga ya. Di malay malah user2 bebek itu tergolong masih banyak. User bebek jadul kaya supra bapack dan honda astrea juga masih suka banyak keliaran. BBM di sono setau ane emang ga ada yang oktannya serendah pertalite. RON 92 ane krg tahu ada gak, tp wkt itu ane naik taksi di sana pun liat supirnya isi bensin ya RON 95 karena kl gasalah RON 95 aja masih subsidi. Gapernah denger komentar netijen malay mengenai fuel dilution gara2 oktan ketinggian si...
Nah di mobil sy jg hampir ga pernah dengar om...
Cuma bbrp kali baca artikel oli mesin motor warna berubah jd mirip bensinnya
Kalo dipikir2 apa mungkin kalo di mesin mobil timing pengapian bisa berubah lebih lebar rangenya...sementara di motor lebih terbatas (ga ada anti knock sensor)...
Mesti tunggu master2 komen ni
Nah ya bisa jadi juga sie. Jd di boil toleransinya lebih besar ya.

Yg ane tau salah satu yg rawan fuel dilution itu kalo perjalanan jarak2 pendek doang itu konon katanya rawan jadi penyumbang fuel dilution. Terus kalo gasalah kalo mesin dingin2 starter langsung greng jalan itu kl gasalah katanya juga bisa nyumbang fuel dilution.

Tapi ya ndak papa lah. Motor ane berhubung bebek butut yang kalo dijual juga udah ngga ada harganya, ane jadiin kelinci percobaan aja. Rajin2 ane isi kerang super. Rusak toh tinggal buang :mky_04: Ngisi di kerang enaknya ga antri dan ada fasilitas isi angin gretong, mengingat motor ane masih pake ban dalem yang anginnya cepet abisnya.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by lemonadelovers »

ada efek negatif gak ya oli skutik pakai 0w20?
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9632
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking dan Pemilihan Oli Motor

Post by Suryaputra »

lemonadelovers wrote: 01 Apr 2024, 23:48 ada efek negatif gak ya oli skutik pakai 0w20?
Ini klo konteksnya di lineup yg sama,
Contoh:
- PFG 0w20
- PFG 5w30
- PFG 5w40

0w20 biasanya flash point lebih rendah, dan (noack) penguapan lbh tinggi.

Klo beda brand, ya lain cerita yaa :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post