Dirtbike Lovers, Pojok Motor Ban Pacul baik Odong2, Trail Lokal, atau CBU

Untuk tipe - tipe motor lainnya.

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 639
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Dirtbike Lovers, Pojok Motor Ban Pacul baik Odong2, Trail Lokal, atau CBU

Post by silentIm2 »

Dirtbike, atau motor trail, adalah motor yang didesain untuk melahap medan tanah dan batu. Dilengkapi ban berdiameter besar, velg aluminium dengan ruji baja, dan berat yang relatif ringan, memudahkan rider melewati rintangan alam.

Sekilas motor trail itu yang penting pakai ban tahu, ground clearance tinggi, padahal ada beberapa jenis motor trail, tergantung di mana motor itu dipakai.

Cross
Motor cross adalah jenis motor trail untuk balap di arena cross. Di Indonesia, balap cross juga dikenal sebagai grass track. Untuk motor CBU atau SE (Special Engine), mesinnya ada yang 125 - 250cc 2 tak, atau 250cc 4 tak - 450cc 4 tak. Namun karena motor CBU mahal, di Indonesia motor trail lokal maupun modif juga umum dipakai.

Karena motor cross untuk balap, maka fokus rancangan pabrik biasanya untuk tenaga RPM atas. Ban umumnya diameter 21" depan dan 19" belakang. Transmisi juga diracik untuk balap, biasanya 5 percepatan dengan rasio rapat2 untuk akselerasi tinggi. Mesin 1 silinder, 2 tak atau 4 tak. Kalau mesinnya masih karburator, terkadang tidak dilengkapi aki, kelistrikan murni dari kiprok mesin. Umumnya juga tidak dilengkapi starter motor, alias starter engkol saja. Suspensi keras dengan travel panjang supaya tidak jebol saat mendarat dari jumping. Tentunya tidak dilengkapi lampu, klakson, dan spion karena bukan motor jalan raya.Tangki bensin dari plastik tanpa kunci. Tidak ada stand motor. Semua serba minimalis untuk mengejar bobot yang ringan.

Contoh motorcross:
KTM 250 sx 2 tak
Image

yamaha YZ 125 2 tak
Image

CRF 250 R 4 tak
Image

Enduro
Jenis motor trail enduro adalah motor yang dipakai untuk menjelajah off road. Motor ini dirancang untuk menjelajah medan super berat, yang seringkali membutuhkan kecepatan rendah-sedang, dan kontrol gas dan kopling serta posisi badan yang akurat. Hal ini membuat motor jenis cross kurang cocok dipakai enduro.

Ban motor enduro berukuran 21" depan dan 18" belakang. transmisi 5 atau 6 speed dengan rasio lebar, untuk torsi melimpah di gigi 1-2. Mesin 1 silinder, 2 tak atau 4 tak dilengkapi motor starter. Mesinnya juga dirancang untuk lebih bertorsi di RPM bawah. Suspensi lebih empuk dari motor cross. Umumnya dilengkapi stand motor dan lampu depan, namun tidak dilengkapi lampu rating dan rem. Juga tidak dilengkapi dengan spion, klakson dan kunci kontak (starter tombol saja).

Contoh motor enduro:
KTM EXC 300 TPI
Image

Husqvarna TE 300i
Image

Yamaha YZ 125X dan YZ 250 FX
Image
Image

Motor enduro ga melulu mesin berperforma tinggi. Ada juga dengan mesin yang performanya lebih rendah dan suspensi lebih sederhana untuk mengejar harga lebih murah.

Kawasaki KLX 140 dan KLX 230R
Image
Image

Dual sport
Jenis motor dual sport memiliki konstruksi seperti motor enduro, tapi dilengkapi kelengkapan legal untuk jalan raya. Biasanya agar lebih reliable, performanya lebih rendah dari versi enduro. Kiprok juga lebih besar untuk mendukung daya aksesori tambahan. Tangki bensin dari plat baja seperti motor umumnya. Maka dari itu bobot motor dual sport lebih berat. Ban menggunakan ban dual purpose yang legal di jalan raya (SNI), karena ban full knobby (ban tahu) itu bukan dipakai untuk jalan raya. Rasio gir juga dikecilkan supaya top speed lebih tinggi, tapi mengorbankan torsi bawah. Suduk rake lebih kecil daripada versi enduro untuk memudahkan handling jalan raya. Makanya motor dual sport dalam kondisi standar kurang mampu melahap medan enduro.

Contoh: kawasaki KLX 150, KLX 230, dan KLX 250.
Image
Image
Image

Adventure
Jenis motor adventure umumnya memiliki mesin murni untuk jalan raya, tidak ada DNA motor trail di jenis motor ini. Peruntukannya lebih untuk touring daripada offroad. Motor ini dilengkapi body dan fairing untuk pelindung angin dan kenyamanan di kecepatan tinggi. Karena bobotnya yang berat dan penuh fairing plastik, motor ini hanya sanggup untuk off road ringan meskipun punya tenaga di atas motor trail, kecuali skill ridernya dewa.

BMW R1200GS
Image

Honda Africa Twin
Image

Kawasaki Versys-X 250
Image

Trial
Jenis motor ini digunakan untuk olahraga trial. Trial mengadu keseimbangan dan ketangkasan rider melewati rintangan tanpa kaki menyentuh tanah. Rider biasa melakukan gerakan akrobatik dalam melewati rintangan tersebut pada level pro. Mereka akan mengkombinasi tehnik wheelie, stoppie, loncat, dan mendarat dari tempat tinggi untuk melewatinya, tanpa sekalipun memijak.

Untuk itu bobot motor trial harus sangat ringan. Ciri khas motor ini tidak mempunyai sadel. Motornya juga memiliki tangki yang super kecil, hanya muat 2 liter. Bobotnya hanya sekitar 50 kg. Suspensi super empuk dan ban juga khusus jenis trial.

Beberapa atlet papan atas World Enduro Championship memiliki latar belakang trial, seperti Graham Jarvis, Cody Webb dan Mario Roman.

gasgas txt
Image

Odong odong
Odong odong ini istilah motor trail modif di Indonesia. Karena harga motor trail standar dealer itu tidak terjangkau atau performanya kurang memuaskan, maka penghobi trail odong-odong suka membangun motor trail sendiri. Bengkel membuat / las frame sendiri atau membeli frame replika. Mesinnya bisa ambil copotan mesin RX King, GL/ Megapro/ Tiger, Scorpio, atau Ninja 2 tak. Kaki kaki biasa ambil limbah SE / CBU. Ada juga yang tukar mesin standar KLX dengan mesin Ninja.

Ninja trail
Image

Supermoto
Supermoto adalah ubahan dari motor trail dengan menggunakan ban motor sport berdiameter 17".

KLX Supermoto
Image

12HIS
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: Dirtbike Lovers, Pojok Motor Ban Pacul baik Odong2, Trail Lokal, atau CBU

Post by 12HIS »

Akhirnya ada juga yang bikin thread Diet Bike😍
Oh iya kelas cross country mana um? Pabrikan Eropa biasanya cross country plek dengan Enduro ditambah pernak pernik khusus jalan raya : headlight, taillamp, horn dll. Beda dengan pabrikan Jepang kelas Enduro yang cenderung konservatif.

Dulu ada pabrikan lokal yang dr anak2 trabas udah paham : Diablo 230 X, pabrik di Semarang, speknya gahar dibanding motor pabrikan Jepang di Indonesia yang udah siap pake trabas

Ada yang lucu pas bahas GasGas ternyata beda dengan GasGaz yang di Pasuruan, ini anak-anak trabas juga banyak yang belum tau🀣

dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1419
Joined: 28 May 2015, 07:12

Re: Dirtbike Lovers, Pojok Motor Ban Pacul baik Odong2, Trail Lokal, atau CBU

Post by dsign1990 »

Adventure favorit ane hehehehe
Paling ngarep YIMm jualan XTZ250lander disini, soalnya CRF rally terlalu offroad dan versys X 250 terlalu onroad
Apalagi khas yamaha suka gebrak2 harga kalau dia jualan XTZ ini harganya mungkin kisaran kepala 4 saja
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 639
Joined: 02 Feb 2015, 10:47

Re: Dirtbike Lovers, Pojok Motor Ban Pacul baik Odong2, Trail Lokal, atau CBU

Post by silentIm2 »

12HIS wrote: ↑
21 Jun 2020, 02:59
Akhirnya ada juga yang bikin thread Diet Bike😍
Oh iya kelas cross country mana um? Pabrikan Eropa biasanya cross country plek dengan Enduro ditambah pernak pernik khusus jalan raya : headlight, taillamp, horn dll. Beda dengan pabrikan Jepang kelas Enduro yang cenderung konservatif.

Dulu ada pabrikan lokal yang dr anak2 trabas udah paham : Diablo 230 X, pabrik di Semarang, speknya gahar dibanding motor pabrikan Jepang di Indonesia yang udah siap pake trabas

Ada yang lucu pas bahas GasGas ternyata beda dengan GasGaz yang di Pasuruan, ini anak-anak trabas juga banyak yang belum tau🀣
Iya beda, yang gasgas made in Spain, yg satu made in Pasuruan. Sayang kayaknya kurang promo atau gimana, saya juga jadi suka lupa ada Gazgas, yang terngiang kalo trail lokal selalu Viar. Kalo saya ga terlanjur punya KLX 250 bekas, mending Gazgas GZ2, lebih enteng 120 kg dan lebih bertenaga 24 hp.

Image

Viar 250 SE, motor enduro lokal made in Semarang, rangka aluminum juga.
Image

Seandainya dulu Kawasaki habis stop produksi Ninja 2 tak, dialihkan produksinya bikin motor enduro non street legal 2 tak pake mesin Ninja 150.

Soalnya rata2 orang seneng motor 2 tak untuk trail.

12HIS
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: Dirtbike Lovers, Pojok Motor Ban Pacul baik Odong2, Trail Lokal, atau CBU

Post by 12HIS »

silentIm2 wrote: ↑
21 Jun 2020, 15:44
12HIS wrote: ↑
21 Jun 2020, 02:59
Akhirnya ada juga yang bikin thread Diet Bike😍
Oh iya kelas cross country mana um? Pabrikan Eropa biasanya cross country plek dengan Enduro ditambah pernak pernik khusus jalan raya : headlight, taillamp, horn dll. Beda dengan pabrikan Jepang kelas Enduro yang cenderung konservatif.

Dulu ada pabrikan lokal yang dr anak2 trabas udah paham : Diablo 230 X, pabrik di Semarang, speknya gahar dibanding motor pabrikan Jepang di Indonesia yang udah siap pake trabas

Ada yang lucu pas bahas GasGas ternyata beda dengan GasGaz yang di Pasuruan, ini anak-anak trabas juga banyak yang belum tau🀣
Iya beda, yang gasgas made in Spain, yg satu made in Pasuruan. Sayang kayaknya kurang promo atau gimana, saya juga jadi suka lupa ada Gazgas, yang terngiang kalo trail lokal selalu Viar. Kalo saya ga terlanjur punya KLX 250 bekas, mending Gazgas GZ2, lebih enteng 120 kg dan lebih bertenaga 24 hp.

Image

Viar 250 SE, motor enduro lokal made in Semarang, rangka aluminum juga.
Image

Seandainya dulu Kawasaki habis stop produksi Ninja 2 tak, dialihkan produksinya bikin motor enduro non street legal 2 tak pake mesin Ninja 150.

Soalnya rata2 orang seneng motor 2 tak untuk trail.
Gazgas emang lebih senyap promonya, tp masih mending dari Diablo itu. Masalah klasik di dunia penjualan begini, ASS. Memang motor yang cocok buat yg hobi doyan ngoprek dan bongkar sendiri.

Jadi ingat Viar Cross X 230 GT, itu mesin familiar di Honda GL Pro kapasitas di gedein, harga murah meriah. Kalo pabrikan Jepang mana ada rangka aluminium kelas Enduro di harga Viar :big_bored:

Wadaw mesin Ninja 2 tak? Mungkin Kawasaki punya pertimbangan lain um, belajar dr kasus Ninja RR Mono yg pake basis mesin KLX 250 walaupun mapping mesin beda tapi high end power kurang berkarakter sesuai genrenya

EOR24
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: 24 Jan 2018, 10:08

Re: Dirtbike Lovers, Pojok Motor Ban Pacul baik Odong2, Trail Lokal, atau CBU

Post by EOR24 »

12HIS wrote: ↑
21 Jun 2020, 23:18
silentIm2 wrote: ↑
21 Jun 2020, 15:44
12HIS wrote: ↑
21 Jun 2020, 02:59
Akhirnya ada juga yang bikin thread Diet Bike😍
Oh iya kelas cross country mana um? Pabrikan Eropa biasanya cross country plek dengan Enduro ditambah pernak pernik khusus jalan raya : headlight, taillamp, horn dll. Beda dengan pabrikan Jepang kelas Enduro yang cenderung konservatif.

Dulu ada pabrikan lokal yang dr anak2 trabas udah paham : Diablo 230 X, pabrik di Semarang, speknya gahar dibanding motor pabrikan Jepang di Indonesia yang udah siap pake trabas

Ada yang lucu pas bahas GasGas ternyata beda dengan GasGaz yang di Pasuruan, ini anak-anak trabas juga banyak yang belum tau🀣
Iya beda, yang gasgas made in Spain, yg satu made in Pasuruan. Sayang kayaknya kurang promo atau gimana, saya juga jadi suka lupa ada Gazgas, yang terngiang kalo trail lokal selalu Viar. Kalo saya ga terlanjur punya KLX 250 bekas, mending Gazgas GZ2, lebih enteng 120 kg dan lebih bertenaga 24 hp.

Image

Viar 250 SE, motor enduro lokal made in Semarang, rangka aluminum juga.
Image

Seandainya dulu Kawasaki habis stop produksi Ninja 2 tak, dialihkan produksinya bikin motor enduro non street legal 2 tak pake mesin Ninja 150.

Soalnya rata2 orang seneng motor 2 tak untuk trail.
Gazgas emang lebih senyap promonya, tp masih mending dari Diablo itu. Masalah klasik di dunia penjualan begini, ASS. Memang motor yang cocok buat yg hobi doyan ngoprek dan bongkar sendiri.

Jadi ingat Viar Cross X 230 GT, itu mesin familiar di Honda GL Pro kapasitas di gedein, harga murah meriah. Kalo pabrikan Jepang mana ada rangka aluminium kelas Enduro di harga Viar :big_bored:

Wadaw mesin Ninja 2 tak? Mungkin Kawasaki punya pertimbangan lain um, belajar dr kasus Ninja RR Mono yg pake basis mesin KLX 250 walaupun mapping mesin beda tapi high end power kurang berkarakter sesuai genrenya
Diablo 230X bukan nya masih ada om baru nya?emang sih ga pernah ada promosi dsb. Sejujurnya ane ngidam berat diablo 230x buat gantiin KLX 150 utk trabasan. Apalagi harganya yg masih oke bgt. Dibandingin sama GPX250 yg harganya udah sampe kepala 5 :big_dunno:

BQ nya sih yg belum ketauan, nyari review di yutup masih dikit.

12HIS
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: 27 Feb 2018, 10:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: IsuzuPantherSmartTurbo

Re: Dirtbike Lovers, Pojok Motor Ban Pacul baik Odong2, Trail Lokal, atau CBU

Post by 12HIS »

EOR24 wrote: ↑
22 Jun 2020, 08:32
12HIS wrote: ↑
21 Jun 2020, 23:18
silentIm2 wrote: ↑
21 Jun 2020, 15:44


Iya beda, yang gasgas made in Spain, yg satu made in Pasuruan. Sayang kayaknya kurang promo atau gimana, saya juga jadi suka lupa ada Gazgas, yang terngiang kalo trail lokal selalu Viar. Kalo saya ga terlanjur punya KLX 250 bekas, mending Gazgas GZ2, lebih enteng 120 kg dan lebih bertenaga 24 hp.

Image

Viar 250 SE, motor enduro lokal made in Semarang, rangka aluminum juga.
Image

Seandainya dulu Kawasaki habis stop produksi Ninja 2 tak, dialihkan produksinya bikin motor enduro non street legal 2 tak pake mesin Ninja 150.

Soalnya rata2 orang seneng motor 2 tak untuk trail.
Gazgas emang lebih senyap promonya, tp masih mending dari Diablo itu. Masalah klasik di dunia penjualan begini, ASS. Memang motor yang cocok buat yg hobi doyan ngoprek dan bongkar sendiri.

Jadi ingat Viar Cross X 230 GT, itu mesin familiar di Honda GL Pro kapasitas di gedein, harga murah meriah. Kalo pabrikan Jepang mana ada rangka aluminium kelas Enduro di harga Viar :big_bored:

Wadaw mesin Ninja 2 tak? Mungkin Kawasaki punya pertimbangan lain um, belajar dr kasus Ninja RR Mono yg pake basis mesin KLX 250 walaupun mapping mesin beda tapi high end power kurang berkarakter sesuai genrenya
Diablo 230X bukan nya masih ada om baru nya?emang sih ga pernah ada promosi dsb. Sejujurnya ane ngidam berat diablo 230x buat gantiin KLX 150 utk trabasan. Apalagi harganya yg masih oke bgt. Dibandingin sama GPX250 yg harganya udah sampe kepala 5 :big_dunno:

BQ nya sih yg belum ketauan, nyari review di yutup masih dikit.
Masih om, emang rada senyap promonya. Ane tau juga dr blog motor trabasan. Untuk harga sih main di kepala 3 kayaknya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

Post Reply