Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
iybam wrote:kebetulan lagi ada niat ambil vario nih, kira-kira mending ambil mana yah? vario 125/150? terutama FC-nya, kalo model sih hampir sama yah..
jarak yang bakal ditempuh kurleb 40km per hari rute setengah nanjak (jalur puncak).. suka pinjem punya mertua vario 110 kalo ditanjakan muter gas harus rada dalem jd boross
125 ISS om, paling irit dibandingkan yang lain
sama 150 juga cuma beda 2-3 hp, ga terlalu signifikan bedanya, kecuali top speed 150 lebih gede
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
iybam wrote:kebetulan lagi ada niat ambil vario nih, kira-kira mending ambil mana yah? vario 125/150? terutama FC-nya, kalo model sih hampir sama yah..
jarak yang bakal ditempuh kurleb 40km per hari rute setengah nanjak (jalur puncak).. suka pinjem punya mertua vario 110 kalo ditanjakan muter gas harus rada dalem jd boross
125 ISS om, paling irit dibandingkan yang lain
sama 150 juga cuma beda 2-3 hp, ga terlalu signifikan bedanya, kecuali top speed 150 lebih gede
iya nih setelah baca2 kebelakang mending ambil 125 yah, mayan beda 3 juta selisihnya buat dandanin hehe..
ada saran ugrade cvt Vario pekgo pakai apa aja...
Rencana pakai kampas ganda sps dan ganti per cvt 1500 rpm
Ada tambahan?
Biar enak jalan, cvt standart buat badan oversize
Ky sy sungguh kurang enteng..
Nb ane ga niat ubah spek mesin kalo cvt dan pengapian
pernahmiskin wrote:ada saran ugrade cvt Vario pekgo pakai apa aja...
Rencana pakai kampas ganda sps dan ganti per cvt 1500 rpm
Ada tambahan?
Biar enak jalan, cvt standart buat badan oversize
Ky sy sungguh kurang enteng..
Nb ane ga niat ubah spek mesin kalo cvt dan pengapian
ganti pulleynya om..sama rollernya dientengin lagi kalo tarikan kurang kenceng..tapi efeknya top speed agak berkurang klo roller smakin enteng
pernahmiskin wrote:ada saran ugrade cvt Vario pekgo pakai apa aja...
Rencana pakai kampas ganda sps dan ganti per cvt 1500 rpm
Ada tambahan?
Biar enak jalan, cvt standart buat badan oversize
Ky sy sungguh kurang enteng..
Nb ane ga niat ubah spek mesin kalo cvt dan pengapian
ganti pulleynya om..sama rollernya dientengin lagi kalo tarikan kurang kenceng..tapi efeknya top speed agak berkurang klo roller smakin enteng
siap om...
Thanks sarannya..
Sangat membantu
Jangan menghina kalau masih bisa di hina
Jangan merendahkan kalau masih bisa di rendahkan
Jangan sok kaya, kalau masih punya hutang
sucahyo wrote:kalau pingin ok, jangan pakai oli AHM.
bener tuh
Pake scorpio pake oli ATPM malah gampang panas dan kasar mesinnya enakan pake top1
Pake supra 125R dan yang 125 helm in malah enak pake federal/ top 1 lebih halus dan gampang dingin
sucahyo wrote:kalau pingin ok, jangan pakai oli AHM.
bener tuh
Pake scorpio pake oli ATPM malah gampang panas dan kasar mesinnya enakan pake top1
Pake supra 125R dan yang 125 helm in malah enak pake federal/ top 1 lebih halus dan gampang dingin
sucahyo wrote:kalau pingin ok, jangan pakai oli AHM.
bener tuh
Pake scorpio pake oli ATPM malah gampang panas dan kasar mesinnya enakan pake top1
Pake supra 125R dan yang 125 helm in malah enak pake federal/ top 1 lebih halus dan gampang dingin
Jangan pakai top1, mungkin memang lebih halus dan dingin, tapi merek top 1 terkenalnya bikin kerak di mesin dan bisa merusak seal yang bikin knalpot ngebul.
cuma bisa komen dikit, pemilik ayla/agya pada bilang tenaga ayla / agya ada di rpm 4000, di mobil saya tenaga masih tetap terasa walau di rpm lebih dari itu. analisa pakai video juga mengindikasikan itu, analisa video itu simple, tinggal dihitung percepatan dari 80 ke 90 vs 100 ke 110. kelihatan banget bagi yang tarikan atasnya ngempos.
Menurut saya bila ayla/agya nya yang lain tenaganya cuma mumpuni di rpm 4000, maka mesinnya bermasalah atau modifnya salah. karena itu tidak sesuai dengan spesifikasi resmi (tenaga mestinya top di rpm 6000, bukan 4000) dan pengalaman saya pribadi. entah mengapa itu bisa terjadi. yang penting ayla saya kalau di jalan tarikannya enak.
tambahan mengapa saya tidak menyarankan pakai oli AHM. Sebelumnya isinya oplosan oli bawaan ditambah valvoline. Suara mesin jadi halus, saat idle sekalipun. Setelah oli sepeda motor Honda Beat saya di isi ulang dengan oli AHM MPX2, suara mesin jadi kasar banget setelah 400km. Tarikan juga nggak enak. lalu langsung ganti dengan valvoline. suara langsung lebih senyap dan tenaga jadi enak. Oli tersebut saya pakai juga ke Ayla .
sayangnya oli valvoline langka, jadi silahkan coba yang lain asal jangan oli AHM, top 1, dst. kalau kepepet, meding oli pertamina saja.
nflfrs705 wrote:Om cahyo, jadi penasaran saya ganti oli selain merek AHM, berhubung disini valvoline mahal, mau pake shell atau federal bagus mana?
disini valvoline cuma 35 ribu. malah lebih mahal MPX2.
Saya tidak begitu yakin sama kualitas oli federal. Pernah coba dan tidak puas. Oli AHM juga selain buatan idemitsu juga ada buatan federal juga. kodenya kelihatan dibelakang ada kata FED. kalau buatan idemitsu tulisannya IDE.
rekomendasi saya sementara adalah Shell AX7, atau kalau punya mobil HX7. Ini karena yang repsol walau jauh lebih mendingan daripada AHM, rasanya masih kurang greng. Kalau Castrol rasanya cuma tahan 1500km an. Dulu pernah coba federal kerasa nggak enak di 500km an.
Kalau ada uang, pakai yang full synthetic. tapi jauhi oli yang keruh / nggak bening.
Thanks sarannya om om... Kalo vario 125 sih keknya milih yg non ISS aja ya... Takutnya motor stater ato aki rawan jebol klo mati-idup trus mesinnya... *maklum pemikiran jadul
Kalo tenaga gitu sih gak trll penting, nyali jadi ciut klo bawa motor kencang2
Cuma kadang2 suka lapar mata klo ngeliat warna hitam doffnya vario 150
Sama om... ane juga dah ambil yg 125 non iss...
Secara tanya2 rekan yg udah punya matic honda, terus pas dia ke beres banyak yg iss udah pada rusak pdhl baru 1,5 tahun. Biaya penggantiannya 1,5 jeti...
Sorry no offense...
Thanks sarannya om om... Kalo vario 125 sih keknya milih yg non ISS aja ya... Takutnya motor stater ato aki rawan jebol klo mati-idup trus mesinnya... *maklum pemikiran jadul
Kalo tenaga gitu sih gak trll penting, nyali jadi ciut klo bawa motor kencang2
Cuma kadang2 suka lapar mata klo ngeliat warna hitam doffnya vario 150
Sama om... ane juga dah ambil yg 125 non iss...
Secara tanya2 rekan yg udah punya matic honda, terus pas dia ke beres banyak yg iss udah pada rusak pdhl baru 1,5 tahun. Biaya penggantiannya 1,5 jeti...
Sorry no offense...
ISS rusak sih tergantung pemakaiannya apik apa kasar om, saya di rumah ada vario 125 iss, sampe sekarang item yang udah diganti baru accu sama filter udara aja. Total udah keluar sekitar 550 ribu selama kepemilikan motor ini dari 2013, mencakup ganti accu, filter udara, klakson hella, sama headlamp xenon. ISS dan lain lain masih sehat, odo read per hari ini 27164 km
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
sucahyo wrote:
tambahan mengapa saya tidak menyarankan pakai oli AHM. Sebelumnya isinya oplosan oli bawaan ditambah valvoline. Suara mesin jadi halus, saat idle sekalipun. Setelah oli sepeda motor Honda Beat saya di isi ulang dengan oli AHM MPX2, suara mesin jadi kasar banget setelah 400km. Tarikan juga nggak enak. lalu langsung ganti dengan valvoline. suara langsung lebih senyap dan tenaga jadi enak. Oli tersebut saya pakai juga ke Ayla .
sayangnya oli valvoline langka, jadi silahkan coba yang lain asal jangan oli AHM, top 1, dst. kalau kepepet, meding oli pertamina saja.
MPX2 itu mineral based, apa sudah coba SPX2 buntut 30 katanya sih fully synthetic?
shale shaker wrote:MPX2 itu mineral based, apa sudah coba SPX2 buntut 30 katanya sih fully synthetic?
Saya lebih memilih oli mineral yang bagus dari pada sintetik jelek. Nggak bisa dibilang murahan karena harga bisa jadi lebih mahal. Mahal tapi jelek.
Menurut saya mineral dan sintentik itu beda di base oilnya saja, sementara kualitas aditif tetap bergantung pada merek. saya lebih memilih mineral dengan aditif bagus daripada oli yang harganya mahal karena ngejar sintetiknya saja sementara aditifnya ngawur.
AHM itu beli oli dari pabrik lain lalu dikemas ulang. repotnya sepertinya cari murahnya dan bukan kualitas. Contoh, SPX 1 pernah pakai buatan repsol lalu ganti jadi buatan federal: https://dolanotomotif.com/2015/06/14/te ... psol-lagi/
Kalau maunya full sintetik SPX, mengapa nggak coba yang langsung dari pabrik aslinya, repsol / federal?
saya nggak mau ambil resiko coba oli sintentik dari merek yang oli mineralnya jelek. kalau racikannnya jelek, mau pakai bahan dasar lebih mahal ya tetap jelek.
Numpang nyampah dlu di trid ini... Jadi setelah galau berkepanjangan antara mau Vario 125 ato 150 bahkan pengen motor yg lebih murah utk pemakaian nubie selama 4 taon kuliah di Bandung (semoga sih ga meleset prediksinya amin ) maka kemaren nubie putuskan kandidatnya yaitu Vario 125 ama 150 (brand new)
Kenapa ga seken? Karena kemaren nubie iseng ngecek olx dan jalan2 ke showroom motor bekas, kondisi unitnya semua ga sesuai dengan ekspektasi nubie... Dan karena beda sedikit aja ama baru (gw salut bgt ama resalenya motor Honda) maka nubie putuskan beli baru aja... Nah karena kebetulan ada temen yg mau bantu ngurusin pembeliannya , maka tekad makin bulat utk membeli baru...
Nah, galaunya ga sampe disini aja... Selanjutnya adalah milih tipe, nubie pengennya sih 150 tapi ga cocoknya di warna (FYI, warna black doff ama putih di vario 150 udah ditambahin aksen merah yg nubie gasuka)... Setelah galau dan mikir2 bbrp hari maka diputusin utk ambil 125 aja... Karena selisih 3 juta dipikir2 lebih worth it utk dispend buat biaya makan newbie selama sebulan (malum anak kost
Dan unit pario 125 nya kemaren sore udah datang, dan nubie ucapkan terima kasih banyak utk om tante bro sist yg udah bantu sharing & diskusi semasa nubie yg rebek ini galau mau ambil motor....
ricz wrote:Dan unit pario 125 nya kemaren sore udah datang, dan nubie ucapkan terima kasih banyak utk om tante bro sist yg udah bantu sharing & diskusi semasa nubie yg rebek ini galau mau ambil motor....
Kalau mau halus mesinnya wajib ganti oli. Jangan pakai bawaan, baik gardan ataupun mesin. Pakai enduro racing atau pertamina fastron techno saja. atau konsultasi di grup long drain interval community.
Kalau nggak ganti, beberapa ratus km sudah kasar suaranya.
ricz wrote:Dan unit pario 125 nya kemaren sore udah datang, dan nubie ucapkan terima kasih banyak utk om tante bro sist yg udah bantu sharing & diskusi semasa nubie yg rebek ini galau mau ambil motor....
Kalau mau halus mesinnya wajib ganti oli. Jangan pakai bawaan, baik gardan ataupun mesin. Pakai enduro racing atau pertamina fastron techno saja. atau konsultasi di grup long drain interval community.
Kalau nggak ganti, beberapa ratus km sudah kasar suaranya.
Katanya vario klo dikasih oli gardan yamaha sm oli mesin shell ax7 jd leboh enak, bener ga?
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati
ricz wrote:Dan unit pario 125 nya kemaren sore udah datang, dan nubie ucapkan terima kasih banyak utk om tante bro sist yg udah bantu sharing & diskusi semasa nubie yg rebek ini galau mau ambil motor....
Kalau mau halus mesinnya wajib ganti oli. Jangan pakai bawaan, baik gardan ataupun mesin. Pakai enduro racing atau pertamina fastron techno saja. atau konsultasi di grup long drain interval community.
Kalau nggak ganti, beberapa ratus km sudah kasar suaranya.
Ini mmg udah ada gejala agak kasar om... Pdhl gw baru pake 60 kman...
Numpang nyampah dlu di trid ini... Jadi setelah galau berkepanjangan antara mau Vario 125 ato 150 bahkan pengen motor yg lebih murah utk pemakaian nubie selama 4 taon kuliah di Bandung (semoga sih ga meleset prediksinya amin ) maka kemaren nubie putuskan kandidatnya yaitu Vario 125 ama 150 (brand new)
Kenapa ga seken? Karena kemaren nubie iseng ngecek olx dan jalan2 ke showroom motor bekas, kondisi unitnya semua ga sesuai dengan ekspektasi nubie... Dan karena beda sedikit aja ama baru (gw salut bgt ama resalenya motor Honda) maka nubie putuskan beli baru aja... Nah karena kebetulan ada temen yg mau bantu ngurusin pembeliannya , maka tekad makin bulat utk membeli baru...
Nah, galaunya ga sampe disini aja... Selanjutnya adalah milih tipe, nubie pengennya sih 150 tapi ga cocoknya di warna (FYI, warna black doff ama putih di vario 150 udah ditambahin aksen merah yg nubie gasuka)... Setelah galau dan mikir2 bbrp hari maka diputusin utk ambil 125 aja... Karena selisih 3 juta dipikir2 lebih worth it utk dispend buat biaya makan newbie selama sebulan (malum anak kost
Dan unit pario 125 nya kemaren sore udah datang, dan nubie ucapkan terima kasih banyak utk om tante bro sist yg udah bantu sharing & diskusi semasa nubie yg rebek ini galau mau ambil motor....
Selamat atas motor barunya .. ISS apa bukan?
daily user of a japanese..
nikmatilah selagi masih bisa dinikmati