EV6 AWD winter road trip review (2780km)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

EV6 AWD winter road trip review (2780km)

Post by vincewonk »

di jakarta cukup banyak Ioniq 5 bertebaran di jalanan, tapi saya jarang banget liat EV6.

Jadi bulan kemarin saya berkesempatan bawa EV6 AWD road trip cukup jauh dan hampir muterin 1 negara korsel. totalnya 2780km.
Surprisingly ga ada range anxiety dan takut ga sampai, karena infra mereka sangat bagus. charger mereka paling pelan itu sekarang di kisaran 25kwh biasanya di apartemen lama. di highway paling pelan kisaran 125 dan sekarang kebanyakan malah sudah 350kw. sering saya tinggal kencing sebentar 15-20 menit udah cukup banget dari 30% ke 85%. dan jumlahnya di beberapa rest area sangat banyak, ada yang bahkan 50 charging station.

Exterior:
menurut saya ini mobil kayaknya desainernya comot2 dari beberapa mobil. dari angle tertentu mirip jaguar i pace, ada rasa2 lancia juga. rasanya lebih genuine dan unique saudara kembarnya si ioniq 5 khususnya di bagian lampu. ground clearancenya sekilas lumayan tinggi, tapi baterenya nongol kebawah. saya suka bgt desain pilar C dan lampu belakangnya, depannya generic sih.

dan saya jg bingung kenapa ga ada wiper belakang di EV6 ini, beberapa kali saya jujur nyetir di winter dan rear visibilitynya jadi busuk karena kotor. saya beberapa kali sisipan dengan EV6 GT line disini dan bener ganteng kalau velgnya gede, unit saya 19 inch dan jujur agak sedikit kecil kelihatannya.
yang agak menyulitkan lagi mobil ini agak lebar ke belakang dan beneran lebar, saya berkali2 di kota seperti busan daegu dan seoul kesulitan buka tutup pintu karena space parkirnya sempit. masuk gang ya lebih urut dada lagi.

handle pintu juga beberapa kali parkir outdoor semalaman, karena flush susah untuk dibuka. come on car manufacturer! form over function please!

Interior
Jujur agak mengecewakan bagian ini dibanding Ioniq 5, headroomnya didepan sangat mengenaskan buat saya yang 182. kursinya terlalu tinggi bahkan di posisi terendah. untungnya saya kebantu dengan sunroof yang selalu saya buka. di belakang headroomnya juga lagi2 mengenaskan, dan lucunya kursi depannya terlalu pendek juga jadi kaki susah masuk, bahkan ketika diset posisi tertinggi. apalagi di kursi kiri saya yang saya set paling rendah. oklah legroomnya melimpah dan 3 org dewasa duduk belakang juga lebar. joknya sebenarnya enak, tapi headrestnya terlalu maju dan mennonjol keluar, bikin ga enak pas dipakai roadtrip. bahkan ketika disetel paling mundur pun masih kurang ke belakang. bikin leher sakit.
bagasinya sebenarnya lega, tapi karena desain pilar cnya yang melengkung, jadinya ga bisa muat barang terlalu banyak. untungnya kursinya bs diadjust kemiringannya dan sangat membantu. saran saya kalau anda perlu bagasi ekstra, pilih yang 2wd lumayan "frunk"nya besar bs muat koper kabin

ada satu yang bener2 saya benci dari adjustment steering wheelnya, ketika diset paling rendah setirnya dan hasilnya saya ga bs liat panel displaynya karena tertutup setir. lebih busuk lagi pas kita sein kiri kanan dan kameranya keluar.

panel acnya jujur menyebalkan karena touch sensitive dan ada harus pindah2 untuk set antara ac dan headunit. sering sekali ketika saya nyetir jadi salah setting. tapi jujur tuas transmisinya saya lebih suka ev6 drpd ioniq sistem rotary. floating center consolenya juga bagus dan bagasi dibawahnya bisa muat jacket winter saya.

hal terakhir yang saya tidak suka, visibilitas pilar Anya parah, pilar C? lupakan saja. :big_peace:
kaca belakangnya juga benar2 susah ngintip dan pada akhirnya saya lebih suka pakai kamera belakang, dan cukup mudah diakses via tombol di sbelah tuas transmisi.
Attachments
WhatsApp Image 2024-01-18 at 11.51.50.jpeg
WhatsApp Image 2024-01-13 at 06.55.09.jpeg
WhatsApp Image 2024-01-13 at 06.49.12.jpeg
WhatsApp Image 2024-01-13 at 06.49.12 (1).jpeg
WhatsApp Image 2024-01-12 at 16.05.51.jpeg
Last edited by vincewonk on 06 Feb 2024, 18:36, edited 1 time in total.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: EV6 AWD winter road trip review (2780km)

Post by vincewonk »

Handling:

ini yang plus dari EV6, entah kenapa setup suspensinya pas banget dan ga terlalu lembut spt ioniq 5. bahkan steering racknya juga lebih direct dan responsif daripada ioniq 5. nikung2 rasanya lebih responsif dan ringan, agile gtu. tapi tetap nyaman ya, gak keras. jelas saya pilih ini dan menurut saya balancenya dapat, responsif fun to drive ada dan masih nyaman.

yang saya suka, kalibrasi awd systemnya juga bagus, masih bisa drift2 ringan di salju tapi ketika perlu tanjakan dia bisa otomatis hidup sesuai mode yg dipilih. misal di mode snow dia akan konservatif dan lebih cepat hidup awdnya (by default dia rwd). tapi ketika di sport dia ga akan tau2 bikin mobilnya understeer pas kita lagi mau having fun. jujur saya belum pernah coba ioniq 5 dual motor, tp kalibrasi awdnya kia hyundai lumayan. dulu saya jg pernah pakai DM AWD.

yang cukup saya notice ketika kena sidewind, EV6 jauh lebih anteng daripada ioniq 5. wind noisenya juga lebih minim, sepertinya bentuknya mempengaruhi disini berhubungan dengan aerodinamikanya.

performancenya sih mirip2. misal brake accel.

Conclusion:
EV6 bukan sama persis seperti ioniq 5, saya yakin orang yang cuma baca brosur dan katanya katanya akan vonis sama. faktanya berbeda

- Visibility nol besar, pilar A busuk, C apalagi, kaca belakang omg, banyak blindspot
- pas desain panel speedo displaynya mereka lupa mungkin ada setir itu bulat.
- headlamp entah kenapa agak weak dibanding ioniq 5, tapi anehnya seinnya terang ev6 kemana2.
- interior spacenya dikorbankan design luarnya. bagasi kecil, headroom busuk.
- touch sensitive aircon panel
- headrest jok terlalu kedepan, bikin sakit leher
- kursi depan terlalu tinggi, tapi kursi belakang kurang tinggi (support pahanya tidak ok), lantai tinggi (khas EV)

+ handling driving feelnya superior dibanding ioniq 5, balancenya pas
+ desain belakangnya bagus dan iconic. bisa membantu driver lain mengira2 lebarnya
+ panel interior yang bahannya lebih premium
+ displaynya gak terpisah dan nyambung dari kiri ke kanan, lebih seamless
+ floating center consolenya ok dan bikin storagenya banyak
+ rotary transmission knob
+ terasa lebih sunyi dan high speed stabilitynya lebih bagus daripada ioniq 5.

dengan segala kekurangannya saya tetap pilih EV6 daripada ioniq 5, apalagi disini EV6 lebih murah hampir 30jt rupiah untuk spek yang sama.
Attachments
WhatsApp Image 2024-02-06 at 18.08.10.jpeg
WhatsApp Image 2024-02-06 at 18.08.11.jpeg
WhatsApp Image 2024-02-06 at 18.08.11 (1).jpeg
WhatsApp Image 2024-02-06 at 18.08.12.jpeg
WhatsApp Image 2024-02-06 at 18.08.12 (1).jpeg
WhatsApp Image 2024-01-22 at 19.04.48.jpeg
WhatsApp Image 2024-01-22 at 18.14.11.jpeg
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: EV6 AWD winter road trip review (2780km)

Post by faizzz »

Mantappp,
Ditunggu cerita roadtrip selanjutnya...
Di sana ioniq 5 dan 6 di range berapaan kalau di kurs ke IDR? Apa ada insentif pajak juga?
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: EV6 AWD winter road trip review (2780km)

Post by vincewonk »

faizzz wrote: 06 Feb 2024, 20:56 Mantappp,
Ditunggu cerita roadtrip selanjutnya...
Di sana ioniq 5 dan 6 di range berapaan kalau di kurs ke IDR? Apa ada insentif pajak juga?
Ga sampai 500jtan ioniq 5 mirip2 ini jg. 2wd basic.
Ioniq 6 sekitar 650 700.
Insentifnya justru yg menarik disc tol 70% parkir 50% di parkir pemerintah.
Tax udah hampir ga ada. Dulu 2016 saya py ioniq ev 1st gen, itu sampai asuransi pun disc dan pajak nyaris ga bayar. Skrg sudah banyak bgt mobil listrik
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1866
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: EV6 AWD winter road trip review (2780km)

Post by darrelund »

keknya emg secara positioning kia itu diatas dikitnya hyundai ya? secara desain dan handlingnya lebi berani kia dibanding hyundai

cuma entah mereka enjinir mrk sama atau ndak

emang si klo in person, EV6 lebih ngena secara emosional :big_biglaugh:
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: EV6 AWD winter road trip review (2780km)

Post by vincewonk »

darrelund wrote: 12 Feb 2024, 08:57 keknya emg secara positioning kia itu diatas dikitnya hyundai ya? secara desain dan handlingnya lebi berani kia dibanding hyundai

cuma entah mereka enjinir mrk sama atau ndak

emang si klo in person, EV6 lebih ngena secara emosional :big_biglaugh:
Kia disini lebih murah drpd Hyundai om. makanya waktu itu sehabis atoz, hyundai ga punya mobil kecil lagi dan segmen itu dioper ke kia dengan morning/picanto.

jujur buat saya yg tinggal sini, agak bingung liat harga kia koq premium banget. ini juga yg menjelaskan kenapa sorento jauh lebih laku drpd TM disini.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1866
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: EV6 AWD winter road trip review (2780km)

Post by darrelund »

vincewonk wrote: 12 Feb 2024, 14:45 Kia disini lebih murah drpd Hyundai om. makanya waktu itu sehabis atoz, hyundai ga punya mobil kecil lagi dan segmen itu dioper ke kia dengan morning/picanto.

jujur buat saya yg tinggal sini, agak bingung liat harga kia koq premium banget. ini juga yg menjelaskan kenapa sorento jauh lebih laku drpd TM disini.
bisa gitu ya dahal barangnya sama :big_biglaugh:

btw...

pingin nanya, krn um tinggal disana

mang bener ya um, klo masyarakat sana lebi prefer mobkas karena lebi murah? soalnya kapan lalu lihat di yutub begitu :big_peace:
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: 27 Dec 2007, 02:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: EV6 AWD winter road trip review (2780km)

Post by vincewonk »

darrelund wrote: 12 Feb 2024, 22:11
vincewonk wrote: 12 Feb 2024, 14:45 Kia disini lebih murah drpd Hyundai om. makanya waktu itu sehabis atoz, hyundai ga punya mobil kecil lagi dan segmen itu dioper ke kia dengan morning/picanto.

jujur buat saya yg tinggal sini, agak bingung liat harga kia koq premium banget. ini juga yg menjelaskan kenapa sorento jauh lebih laku drpd TM disini.
bisa gitu ya dahal barangnya sama :big_biglaugh:

btw...

pingin nanya, krn um tinggal disana

mang bener ya um, klo masyarakat sana lebi prefer mobkas karena lebi murah? soalnya kapan lalu lihat di yutub begitu :big_peace:
nope, sekarang kebanyakan orang sini justru sekarang trendnya long term rent. mereka anti sama mobil bekas sbenernya.
long term rent disenangi soalnya simpel. cuma bayar tiap bulan cover semuanya kecuali bensin, tiap 2-3thn tuker mobil baru.

beberapa tahun lalu khususnya pas covid iya,skrg ekonominya tambah parah kemampuan beli mobil bekasnya makin ciut. :big_peace:
Ivan123
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: 29 Jan 2020, 22:42

Re: EV6 AWD winter road trip review (2780km)

Post by Ivan123 »

Kia Vs Hyundai emang gtu. Liat aja Sportage sama Tucson, sayal ebih milih sportage drpada Tucson, jauh kmana mana. Hehe
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1106
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: EV6 AWD winter road trip review (2780km)

Post by Zaxis »

Di sini kia dipegang importir umum jadi jual mahal
Keenakan jualan kery sama lohan
Showroom aja gado², ada Nissan Kia citroen yadea
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post