[Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Moderators: avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 560
- Joined: 24 Dec 2013, 10:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
abis baca2 lagi, beda vigas dan CNG.
vigas itu cair, seperti LPG tapi untuk kendaraan. kalau CNG berupa gas ringan. jadi kalau ada kebocoran, CNG langsung terdispersi dan keluar ke udara bebas. kalau vigas dia akan ngumpul dibawah, jadi vigas tdk cocok untuk mobil yg disimpan di dalam ruangan kecil tertutup seperti garasi tertutup, dan juga bahaya kalau pas ada kebocoran ada api dibawah seperti puntung rokok yg masih nyala.
tapi enaknya vigas ini low pressure, jadi tabungnya ringan dan isinya bisa banyak, tdk seperti CNG yg tabungnya harus tebal (jadi berat) dan isinya juga dikit, cepat habis.
tapi ya kembali lagi ke keberlanjutan, sepertinya CNG masih lebih berjalan daripada si vigas. dan perhitungan balik modalnya memang harus untuk penggunaan km tinggi per bulannya krn invest di converter kit yg masih mahal dan resiko penggantian kit apabila ada kerusakan.
vigas itu cair, seperti LPG tapi untuk kendaraan. kalau CNG berupa gas ringan. jadi kalau ada kebocoran, CNG langsung terdispersi dan keluar ke udara bebas. kalau vigas dia akan ngumpul dibawah, jadi vigas tdk cocok untuk mobil yg disimpan di dalam ruangan kecil tertutup seperti garasi tertutup, dan juga bahaya kalau pas ada kebocoran ada api dibawah seperti puntung rokok yg masih nyala.
tapi enaknya vigas ini low pressure, jadi tabungnya ringan dan isinya bisa banyak, tdk seperti CNG yg tabungnya harus tebal (jadi berat) dan isinya juga dikit, cepat habis.
tapi ya kembali lagi ke keberlanjutan, sepertinya CNG masih lebih berjalan daripada si vigas. dan perhitungan balik modalnya memang harus untuk penggunaan km tinggi per bulannya krn invest di converter kit yg masih mahal dan resiko penggantian kit apabila ada kerusakan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 314
- Joined: 09 Apr 2020, 12:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
r1409 wrote: ↑09 Jan 2023, 11:50 abis baca2 lagi, beda vigas dan CNG.
vigas itu cair, seperti LPG tapi untuk kendaraan. kalau CNG berupa gas ringan. jadi kalau ada kebocoran, CNG langsung terdispersi dan keluar ke udara bebas. kalau vigas dia akan ngumpul dibawah, jadi vigas tdk cocok untuk mobil yg disimpan di dalam ruangan kecil tertutup seperti garasi tertutup, dan juga bahaya kalau pas ada kebocoran ada api dibawah seperti puntung rokok yg masih nyala.
tapi enaknya vigas ini low pressure, jadi tabungnya ringan dan isinya bisa banyak, tdk seperti CNG yg tabungnya harus tebal (jadi berat) dan isinya juga dikit, cepat habis.
tapi ya kembali lagi ke keberlanjutan, sepertinya CNG masih lebih berjalan daripada si vigas. dan perhitungan balik modalnya memang harus untuk penggunaan km tinggi per bulannya krn invest di converter kit yg masih mahal dan resiko penggantian kit apabila ada kerusakan.
CNG jadi program energi zero net emission kedepannya oleh pemerintah. Liat berita sih program kedepan beberapa kendaraan mau dikonversi ke CNG salah satunya motor. Truk distribusi bbm di plumpang kan udah beberapa dikonversi jadi DDF (diesel dual fuel) tuh sama pertamina. Pemasangan konverter di 1 truk butuh hampir 1 minggu tuh. Kedepannya pasti lebih cerah lah untuk CNG, karna sekarang PGN udah jadi satu dengan pertamina jadi Pertamina Gas Negara.. Bagian gasnya udah lebih rampinglah dipegang pgn.
Kitnya itu sebenernya bisa diservis asal beli yg merknya bagus, lifetimenya lama kok sampai ratusan ribu kilometer (ada sparepart untuk perawatan seperti seal, gasket dan filternya).
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 117
- Joined: 11 Jan 2016, 12:09
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Salut om,
sampeyan real Petrolhead,
real engineer,
dan risk taker,
harusnya bikin kursus, biar bisa di duplikasi ilmunya,
sehingga tumbuh lagi semangat clean energy selain EV
btw, lulusan teknik mana om? penasaran smgnt nguliknya tinggi...
sampeyan real Petrolhead,
real engineer,
dan risk taker,
harusnya bikin kursus, biar bisa di duplikasi ilmunya,
sehingga tumbuh lagi semangat clean energy selain EV
btw, lulusan teknik mana om? penasaran smgnt nguliknya tinggi...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 71
- Joined: 06 Dec 2017, 13:43
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: ANF
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
ada isue di sistem pendinginan mesin standar harus dimodifikasi juga?wicaksono99 wrote: ↑09 Jan 2023, 13:23r1409 wrote: ↑09 Jan 2023, 11:50 abis baca2 lagi, beda vigas dan CNG.
vigas itu cair, seperti LPG tapi untuk kendaraan. kalau CNG berupa gas ringan. jadi kalau ada kebocoran, CNG langsung terdispersi dan keluar ke udara bebas. kalau vigas dia akan ngumpul dibawah, jadi vigas tdk cocok untuk mobil yg disimpan di dalam ruangan kecil tertutup seperti garasi tertutup, dan juga bahaya kalau pas ada kebocoran ada api dibawah seperti puntung rokok yg masih nyala.
tapi enaknya vigas ini low pressure, jadi tabungnya ringan dan isinya bisa banyak, tdk seperti CNG yg tabungnya harus tebal (jadi berat) dan isinya juga dikit, cepat habis.
tapi ya kembali lagi ke keberlanjutan, sepertinya CNG masih lebih berjalan daripada si vigas. dan perhitungan balik modalnya memang harus untuk penggunaan km tinggi per bulannya krn invest di converter kit yg masih mahal dan resiko penggantian kit apabila ada kerusakan.
CNG jadi program energi zero net emission kedepannya oleh pemerintah. Liat berita sih program kedepan beberapa kendaraan mau dikonversi ke CNG salah satunya motor. Truk distribusi bbm di plumpang kan udah beberapa dikonversi jadi DDF (diesel dual fuel) tuh sama pertamina. Pemasangan konverter di 1 truk butuh hampir 1 minggu tuh. Kedepannya pasti lebih cerah lah untuk CNG, karna sekarang PGN udah jadi satu dengan pertamina jadi Pertamina Gas Negara.. Bagian gasnya udah lebih rampinglah dipegang pgn.
Kitnya itu sebenernya bisa diservis asal beli yg merknya bagus, lifetimenya lama kok sampai ratusan ribu kilometer (ada sparepart untuk perawatan seperti seal, gasket dan filternya).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 314
- Joined: 09 Apr 2020, 12:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Pemakai transportasi bbg kebanyakan disini hanya pemakai om, ada masalah di sistem bbgnya tinggal panggil teknisi yg masangnya trus setting ecu lewat laptop. Kit bbg memang termasuk investasi mahal & mungkin bisa dibilang eksklusif (penggunanya hanya tertentu doang), orang DIYer & pakai bbg ya bisa diitung jari disini jadi kalau mau duplikasi ilmu agak susah nyebarnya...
Teknisi bbg pun mereka kebanyakan (maaf) gak punya mobil atau tidak pakai dimobilnya sendiri. Rasa memilikinya udah pasti beda dengan kalau masang di kendaraan sendiri.. Kalau pakai di kendaraan sendiri pasti terasa dimana kurangnya & bisa diimprove dimana. Gak cuma disini, di india pun yg pengguna CNGnya lebih banyak disini pun teknisinya banyak yg ga ngerti permasalahan di sistem bbgnya... Kalau ada masalah pasti yg dicek cuma busi, koil, bersihin TB, ganti filter udara trus kalau mentok bilangnya emang udah begini ga bisa diapa2in.
Teknisi yang masang bbg di mobil saya untungnya dia memang kerjaan sehari2nya masang & servis kendaraan CNG termasuk pasang instalasi dedicated CNG (murni CNG tanpa bbm) di kendaraan truk besar. Instalasi dia udah diluar kepala lah untuk semua kendaraan.. Saya tinggal nyempurnain aja supaya lebih halus delivery tenaganya di kendaraan.
Lulusan kampus sebelah semanggi om.. Ngulik mah tergantung interest orangnya masing2, gak linier sama lulusan mananya
Untuk CNG ga ada om, soalnya ga perlu pakai warmer radiator untuk sistem bbgnya karna sudah bentuk gas. Beda dengan LPG yg gampang banget beku di sistem bbgnya jadi harus buat cabang sistem pendingin mobil sebagai warmer.bimzbim wrote: ↑11 Jan 2023, 11:52ada isue di sistem pendinginan mesin standar harus dimodifikasi juga?wicaksono99 wrote: ↑09 Jan 2023, 13:23r1409 wrote: ↑09 Jan 2023, 11:50 abis baca2 lagi, beda vigas dan CNG.
vigas itu cair, seperti LPG tapi untuk kendaraan. kalau CNG berupa gas ringan. jadi kalau ada kebocoran, CNG langsung terdispersi dan keluar ke udara bebas. kalau vigas dia akan ngumpul dibawah, jadi vigas tdk cocok untuk mobil yg disimpan di dalam ruangan kecil tertutup seperti garasi tertutup, dan juga bahaya kalau pas ada kebocoran ada api dibawah seperti puntung rokok yg masih nyala.
tapi enaknya vigas ini low pressure, jadi tabungnya ringan dan isinya bisa banyak, tdk seperti CNG yg tabungnya harus tebal (jadi berat) dan isinya juga dikit, cepat habis.
tapi ya kembali lagi ke keberlanjutan, sepertinya CNG masih lebih berjalan daripada si vigas. dan perhitungan balik modalnya memang harus untuk penggunaan km tinggi per bulannya krn invest di converter kit yg masih mahal dan resiko penggantian kit apabila ada kerusakan.
CNG jadi program energi zero net emission kedepannya oleh pemerintah. Liat berita sih program kedepan beberapa kendaraan mau dikonversi ke CNG salah satunya motor. Truk distribusi bbm di plumpang kan udah beberapa dikonversi jadi DDF (diesel dual fuel) tuh sama pertamina. Pemasangan konverter di 1 truk butuh hampir 1 minggu tuh. Kedepannya pasti lebih cerah lah untuk CNG, karna sekarang PGN udah jadi satu dengan pertamina jadi Pertamina Gas Negara.. Bagian gasnya udah lebih rampinglah dipegang pgn.
Kitnya itu sebenernya bisa diservis asal beli yg merknya bagus, lifetimenya lama kok sampai ratusan ribu kilometer (ada sparepart untuk perawatan seperti seal, gasket dan filternya).
Pakai bbg yg penting sistem radiator normal aja.. Setingan standarpun sudah cukup gak perlu modifikasi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2173
- Joined: 23 Jan 2008, 08:48
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
tabungnya boleh dipasang di atap mobil?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 314
- Joined: 09 Apr 2020, 12:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Tidak boleh om, sudah ada peraturan mentri perhubungan mengenai pemasangan komponen bbg di kendaraan. Semua sistem pengisian bahan bakar gas mengikuti jalurnya bahan bakar bawaan mobilnya. Jadi nilai keamanannya menyerupai/mirip standar bawaan mobil.
- maskopat
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14421
- Joined: 06 Nov 2008, 16:28
- Location: in your heart
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Gak apa2 Om, jelasin aja pake bahasa yang om biasa.. nambah2 ilmu utk yang lain..wicaksono99 wrote: ↑05 Jan 2023, 18:25Sebenernya banyak yg mau dilimpahkan isi kepala ini om.. Tapi panjang bener ngejelasinnya![]()
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
- r12qiSonH4ji
- SM Moderator
- Posts: 777
- Joined: 17 Jul 2014, 12:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Setuju sama om Kopat, silahkan dilanjut aja om Wicak, biar kayak ane dan om kopat ini ngerti dan nambah pengetahuanmaskopat wrote: ↑16 Jan 2023, 08:35Gak apa2 Om, jelasin aja pake bahasa yang om biasa.. nambah2 ilmu utk yang lain..wicaksono99 wrote: ↑05 Jan 2023, 18:25Sebenernya banyak yg mau dilimpahkan isi kepala ini om.. Tapi panjang bener ngejelasinnya![]()

---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 314
- Joined: 09 Apr 2020, 12:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Baiklah.. Mungkin pas ada yg bisa saya share langsung saya tulis aja disini ya om..r12qiSonH4ji wrote: ↑16 Jan 2023, 09:26Setuju sama om Kopat, silahkan dilanjut aja om Wicak, biar kayak ane dan om kopat ini ngerti dan nambah pengetahuanmaskopat wrote: ↑16 Jan 2023, 08:35Gak apa2 Om, jelasin aja pake bahasa yang om biasa.. nambah2 ilmu utk yang lain..wicaksono99 wrote: ↑05 Jan 2023, 18:25
Sebenernya banyak yg mau dilimpahkan isi kepala ini om.. Tapi panjang bener ngejelasinnya![]()
![]()
Kebetulan saya punya diagram pneumatik untuk sistem bbg. Atas untuk LPG bawah untuk CNG. Yang ngebedain LPG butuh coolant warmer pada reducernya karna LPG akan beku ketika laju alirnya sangat cepat. Reducernya cukup single stage karna tekanan LPG rendah hanya sekitar 10-20bar. Kalau CNG gak butuh coolant warmer karna CNG sudah dalam bentuk gas tapi perlu dual stage reducer karna tekanannya tinggi diatas 200bar sedangkan yg dibutuhkan hanya 2bar.
Kalau mau pasang bbg harus ngelubangin bagian intake manifold untuk dipasang jalur selang gas (semakin dekat dengan injektor bawaan mobil akan semakin sedikit power lossnya).
Diagram diatas termasuk sistem bbg sequential (yang paling advance karna semua sinkron dengan ECU mobil), dibawah itu ada sistem open loop & closed loop. Sistem sequential memang mahal tapi tenaga dan iritnya paling bagus, kebanyakan di forum bbg lokal maunya murah & mobil asal jalan pakai gas LPG jadi belilah alat mixer untuk genset dipasang di mobil.. Alatnya murah cuma kisaran 400rb tapi nyetingnya setengah mati, rpm bawah dapet rpm atasnya gak dapet begitu kebalikannya.. Dan buat mereka itu sesuatu yg irit padahal tidak demikian. Konsumsi LPG melon 1 tabung pernah pasang di geely panda bisa untuk 45km, itu boros banget.. Loh kenapa boros? 1 tabung LPG melon 3kg itu setara 6 liter bahan bakar bensin. Kalau pakai sistem sequential bisa dapet 2x lipat iritnya.
- Suryaputra
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7079
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: L15Z1
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
yg ribet ini implementasi, trial and error nyawicaksono99 wrote: ↑26 Jan 2023, 10:16Baiklah.. Mungkin pas ada yg bisa saya share langsung saya tulis aja disini ya om..r12qiSonH4ji wrote: ↑16 Jan 2023, 09:26Setuju sama om Kopat, silahkan dilanjut aja om Wicak, biar kayak ane dan om kopat ini ngerti dan nambah pengetahuan
![]()
Kebetulan saya punya diagram pneumatik untuk sistem bbg. Atas untuk LPG bawah untuk CNG.
IMG_20230119_124224.jpg
Yang ngebedain LPG butuh coolant warmer pada reducernya karna LPG akan beku ketika laju alirnya sangat cepat. Reducernya cukup single stage karna tekanan LPG rendah hanya sekitar 10-20bar. Kalau CNG gak butuh coolant warmer karna CNG sudah dalam bentuk gas tapi perlu dual stage reducer karna tekanannya tinggi diatas 200bar sedangkan yg dibutuhkan hanya 2bar.
Kalau mau pasang bbg harus ngelubangin bagian intake manifold untuk dipasang jalur selang gas (semakin dekat dengan injektor bawaan mobil akan semakin sedikit power lossnya).
Diagram diatas termasuk sistem bbg sequential (yang paling advance karna semua sinkron dengan ECU mobil), dibawah itu ada sistem open loop & closed loop. Sistem sequential memang mahal tapi tenaga dan iritnya paling bagus, kebanyakan di forum bbg lokal maunya murah & mobil asal jalan pakai gas LPG jadi belilah alat mixer untuk genset dipasang di mobil.. Alatnya murah cuma kisaran 400rb tapi nyetingnya setengah mati, rpm bawah dapet rpm atasnya gak dapet begitu kebalikannya.. Dan buat mereka itu sesuatu yg irit padahal tidak demikian. Konsumsi LPG melon 1 tabung pernah pasang di geely panda bisa untuk 45km, itu boros banget.. Loh kenapa boros? 1 tabung LPG melon 3kg itu setara 6 liter bahan bakar bensin. Kalau pakai sistem sequential bisa dapet 2x lipat iritnya.
krn fine tuningnya gak sembarangan ini.
terbaik mbah

*Colek me if I'm wrong
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: 28 Mar 2022, 09:33
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Vario
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
semalem lagi baca2 forum indihe tentang grand vitara yg mau launch disini
eh ternyata ada varian CNG nya ya





eh ternyata ada varian CNG nya ya





-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 314
- Joined: 09 Apr 2020, 12:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Iya ada om.. Di india mah banyak model yg sudah CNG, dari mobil murah sampai mid. SPBGnya juga banyakan disana dibanding disini tapi kebersihan CNGnya masih bersih disini.. Disana nyari alat2 bbg gampang, disini agak susah terutama alat buat majuin pengapiannya.

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 314
- Joined: 09 Apr 2020, 12:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Roadmap 300 Mobil Tangki Pertamina pakai DDF (Diesel Dual Fuel) di tahun 2025. 3 MT sudah diuji coba sukses diakhir tahun 2022 kemarin. Tahun ini target 89 MT
CNG cocok kan dikawinkan dengan diesel (Pertamina Dex), buat angkut sampe 24 ton juga kuat tuh truk tangki ... Murah, Irit, Bertenaga & ramah lingkungan anti ngebul2
Beberapa truk logistik jarak jauh milik swasta ada yg sudah pakai DDF, salah satunya karna kalau hanya ngandelin biosolar stoknya ga nentu & kuotanya terbatas sedangkan jarak tempuhnya dalam sehari melebihi kuota solarnya.. Jadi dengan tambahan CNG jarak tempuh lebih jauh, murah & jalur logistiknya melewati SPBG jadi aman.

CNG cocok kan dikawinkan dengan diesel (Pertamina Dex), buat angkut sampe 24 ton juga kuat tuh truk tangki ... Murah, Irit, Bertenaga & ramah lingkungan anti ngebul2

Beberapa truk logistik jarak jauh milik swasta ada yg sudah pakai DDF, salah satunya karna kalau hanya ngandelin biosolar stoknya ga nentu & kuotanya terbatas sedangkan jarak tempuhnya dalam sehari melebihi kuota solarnya.. Jadi dengan tambahan CNG jarak tempuh lebih jauh, murah & jalur logistiknya melewati SPBG jadi aman.

-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: 27 Aug 2020, 16:38
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
ijin gabung. baru makai mobil CNG, katanya OEM.
seneng aja karena harga cngnya murah 4500. bisa dapet 1:10.
tapi belum tau gimana cara merawatnya.
seneng aja karena harga cngnya murah 4500. bisa dapet 1:10.
tapi belum tau gimana cara merawatnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 314
- Joined: 09 Apr 2020, 12:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Pakai mobil apa om? OEM aftermarket atau bawaan pabrik? Setau saya bawaan pabrik hanya dimasukin model camry CNG disini dan hanya beberapa yg punya, city sedan CNG juga hanya dimasukin untuk riset BPPT. Mungkin bisa ditunjukin foto kitnya nanti coba saya liat kira2 merk apa..tehtawaranget wrote: ↑31 Jan 2023, 10:43 ijin gabung. baru makai mobil CNG, katanya OEM.
seneng aja karena harga cngnya murah 4500. bisa dapet 1:10.
tapi belum tau gimana cara merawatnya.
Untuk perawatan hanya pergantian filter low pressure & high pressure.
Yes murah, biasanya kalau udah ngerasain hematnya CNG males beli bensin kalau gak terpaksa gak ketemu SPBG.. Walaupun bensin tenaganya lebih padet.

-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: 27 Aug 2020, 16:38
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Corolla Altis CNG om.
Ngisi CNGnya colokannya di tempat bensin bukan di kap mesin.
Ngisi CNGnya colokannya di tempat bensin bukan di kap mesin.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 314
- Joined: 09 Apr 2020, 12:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Oh iya altis ada juga.. Rata2 OEMnya mobil pakai konkit bbg buatan italy kok. Filter low pressure di housingnya yg perlu diganti sih.. Kalau udh lama flownya suka nyendat2. Ada keluhan ga pas mode bbgnya om?tehtawaranget wrote: ↑31 Jan 2023, 14:53 Corolla Altis CNG om.
Ngisi CNGnya colokannya di tempat bensin bukan di kap mesin.
- loid
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: 05 Aug 2022, 15:25
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Xpanther
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
oot, kalo diamatin sepertinya CNG ini di india sono lumayan populer, bahkan mobil baru rata2 sudah tersedia dengan opsi mesin CNG dan cukup banyak juga pengguna mobil yg retrofit mobil lamanya dengan tangki CNG
entah knp disini malah kek yg kurang diminati, faktor terbatasnya lokasi SPBG mungkin?
entah knp disini malah kek yg kurang diminati, faktor terbatasnya lokasi SPBG mungkin?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 314
- Joined: 09 Apr 2020, 12:09
- Location: bekasi
- Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT
Re: [Sharing] Penggunaan energi alternatif CNG yang terjangkau pada mobil ICE
Di india CNG banyak diminati karna harganya murah & walaupun SPBGnya banyak tapi gak linier dengan banyaknya jumlah kendaraan CNG disana, makanya disana antrian untuk ngisi di SPBG lebih lama karna panjang antriannya (yg dikeluhkan juga di india sana)..loid wrote: ↑09 Feb 2023, 14:06 oot, kalo diamatin sepertinya CNG ini di india sono lumayan populer, bahkan mobil baru rata2 sudah tersedia dengan opsi mesin CNG dan cukup banyak juga pengguna mobil yg retrofit mobil lamanya dengan tangki CNG
entah knp disini malah kek yg kurang diminati, faktor terbatasnya lokasi SPBG mungkin?
Disini CNG kurang diminati faktor utama adalah karna SPBGnya sedikit & invest alatnya mahal. Lebih lengkapnya saya udah pernah ulas di quora (https://id.quora.com/Mengapa-kendaraan- ... ype=answer )
Tapi sedikit2nya SPBG disini, masih bisa melayani pengisian CNG tanpa terjadinya antrian yang sangat panjang di SPBG seperti di india sana (kecuali SPBG di jkt khusus untuk ngisi bus TJ & bajaj).
Semalem saya iseng ngecek hasil sisa pembakaran di knalpot mobil, ini knalpot ujungnya ga pernah dibersihin sejak pakai bensin.. Terakhir ngecek kalau diusap pakai tisu masih tebel karbonnya, eh tapi kemarin malah jadi tipis banget kotornya padahal sampe saya puter2 usapan tisunya ngelilingin ujung dalam knalpotnya... Odometer sudah 96xxx km (pakai CNG sudah jalan 14rb km lebih)

-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 20 Replies
- 1961 Views
-
Last post by wicaksono99
-
- 159 Replies
- 7434 Views
-
Last post by ChZ
-
- 13 Replies
- 1641 Views
-
Last post by kendibocor
-
- 19 Replies
- 1347 Views
-
Last post by Dekyarov
-
- 16 Replies
- 1177 Views
-
Last post by Chr1z
-
- 71 Replies
- 2701 Views
-
Last post by Venturtle
-
- 23 Replies
- 1556 Views
-
Last post by Syauqi
-
- 96 Replies
- 7956 Views
-
Last post by Michaelktp
-
- 15 Replies
- 1120 Views
-
Last post by Chr1stm1
-
- 67 Replies
- 3274 Views
-
Last post by Michaelktp