Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: FRD, y_anjasrana, artoodetoo, b8099ok, F 272, ginting

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20294
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: 13 Jan 2021, 14:17
DOHC wrote: 11 Jan 2021, 18:53
3xuo wrote: 11 Jan 2021, 18:41


Thanks om pencerahannya, berarti sebenernya tenaga ANKI bensin uda cukupan dan konsumsi BBM juga normal-normal aja ya om. Mindset yang terbentuk soalnya klo bensin itu cape bawanya, dan BBMnya juga boros.
Memang uda terbukti banget ya berarti awetnya klo memang dirawat secara normal.

sebnernya mindset yg inofa bensin itu loyo ga salah2 amat koq om.. mmg kl dibandingin ama yg 2GD mah kalah jauh si anki bensin.. tp kl dibandingin ama rush terios expander livina, anki bensin itu ga beda jauh koq.. sama lemot nya

cuman yah mmg beda nya anki bensin skrg itu lebi irit aj dbanding inofa dulu.. dan kl mau irit justru musti ambil anki bensin metik.. krn yg manual ud perna saya coba sendiri, jatoh nya lebi boros

keawetan ?? cuman perlu modalin oli 5.5 liter aj tiap 6 bulan skali.. udah ckup koq utk bekerja spanjang hayat
Lebih tepatnya mungkin bukan boyo, cuma ngga lincah aja karena body nya gambot.

Pernah nyetir Xenia 1.0, ya itu memang tenaga kurang, cuma karena dimensi lebih compact drpd innova, jd terkesan lebih lincah dan bertenaga drpd innova.

Stuju seh, inofa body gede scara dimensi tp bukan berarti ga ad tenaga, krn mau seberat apapun, mau securam apapun, tetep bisa bisa aj, trus kl d urut nginjek gas nya, mesin nya tu ngisi terus

Nah kl mobil2 cc imut2, memang body lincah, tp kl yg saya rasain tetep di mesin ad limit nya, sperti agya misalnya, mungkin mirip sperti xenia om, lincah banget, kaya bawa boom boom car tu mobil
Tp begitu diisi 4 orang bengek banget tarikan nya, apalagi full 5 orang, itu saya perna coba d tanjakan parkiran MKG 3, musti ancang2 bablas dr jauh, yg ad shield guard bemper depan ampe pecah jadinya kehajar.. kl start pelan2 djamin ga naek itu tanjakan

D tol pun jg sama, heboh narik nya cuman pas awal doank (dan musti sendiri atau max ber 2 org).. tp gt masuk 80-100, ud deh, editansil tarikan nya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1868
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: 14 Jan 2021, 08:45
evanbngdor wrote: 13 Jan 2021, 14:17
DOHC wrote: 11 Jan 2021, 18:53

sebnernya mindset yg inofa bensin itu loyo ga salah2 amat koq om.. mmg kl dibandingin ama yg 2GD mah kalah jauh si anki bensin.. tp kl dibandingin ama rush terios expander livina, anki bensin itu ga beda jauh koq.. sama lemot nya

cuman yah mmg beda nya anki bensin skrg itu lebi irit aj dbanding inofa dulu.. dan kl mau irit justru musti ambil anki bensin metik.. krn yg manual ud perna saya coba sendiri, jatoh nya lebi boros

keawetan ?? cuman perlu modalin oli 5.5 liter aj tiap 6 bulan skali.. udah ckup koq utk bekerja spanjang hayat
Lebih tepatnya mungkin bukan boyo, cuma ngga lincah aja karena body nya gambot.

Pernah nyetir Xenia 1.0, ya itu memang tenaga kurang, cuma karena dimensi lebih compact drpd innova, jd terkesan lebih lincah dan bertenaga drpd innova.

Stuju seh, inofa body gede scara dimensi tp bukan berarti ga ad tenaga, krn mau seberat apapun, mau securam apapun, tetep bisa bisa aj, trus kl d urut nginjek gas nya, mesin nya tu ngisi terus

Nah kl mobil2 cc imut2, memang body lincah, tp kl yg saya rasain tetep di mesin ad limit nya, sperti agya misalnya, mungkin mirip sperti xenia om, lincah banget, kaya bawa boom boom car tu mobil
Tp begitu diisi 4 orang bengek banget tarikan nya, apalagi full 5 orang, itu saya perna coba d tanjakan parkiran MKG 3, musti ancang2 bablas dr jauh, yg ad shield guard bemper depan ampe pecah jadinya kehajar.. kl start pelan2 djamin ga naek itu tanjakan

D tol pun jg sama, heboh narik nya cuman pas awal doank (dan musti sendiri atau max ber 2 org).. tp gt masuk 80-100, ud deh, editansil tarikan nya..
Pernah juga naik calya matic temen, diisi ber 6 orang dewasa, di tanjakan parkiran mall artha gading, gas diinjek pol, speed mentok di 10 km/jam padahal udah matiin AC sama nahan perut
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Redboost
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: 14 Feb 2017, 19:08
Location: CGK-SRG

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by Redboost »

MSU wrote: 05 Jan 2021, 20:12 Kalo liat velg & bumper depannya seperti pake punya model generasi berikutnya ya om..
Mgkn di facelift ama owner sebelumnya..
Emblem mah penyakit anak2 body repair,kadang asal cepet2 aja nempelin, padahal kalo innova tinggal cari contekan aja di jalanan
Velg nya bukan rubahan kyknya om std nya innova V kalau bemper depan betul punya model facelift pertama
1996 Honda GL100 CDI
2006 Honda Supra X 125 NF125SD
2006 Toyota Kijang Innova G 1TR-FE M/T
2018 Toyota Kijang Innova G 1TR-FE A/T
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20294
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: 14 Jan 2021, 11:27
DOHC wrote: 14 Jan 2021, 08:45
evanbngdor wrote: 13 Jan 2021, 14:17

Lebih tepatnya mungkin bukan boyo, cuma ngga lincah aja karena body nya gambot.

Pernah nyetir Xenia 1.0, ya itu memang tenaga kurang, cuma karena dimensi lebih compact drpd innova, jd terkesan lebih lincah dan bertenaga drpd innova.

Stuju seh, inofa body gede scara dimensi tp bukan berarti ga ad tenaga, krn mau seberat apapun, mau securam apapun, tetep bisa bisa aj, trus kl d urut nginjek gas nya, mesin nya tu ngisi terus

Nah kl mobil2 cc imut2, memang body lincah, tp kl yg saya rasain tetep di mesin ad limit nya, sperti agya misalnya, mungkin mirip sperti xenia om, lincah banget, kaya bawa boom boom car tu mobil
Tp begitu diisi 4 orang bengek banget tarikan nya, apalagi full 5 orang, itu saya perna coba d tanjakan parkiran MKG 3, musti ancang2 bablas dr jauh, yg ad shield guard bemper depan ampe pecah jadinya kehajar.. kl start pelan2 djamin ga naek itu tanjakan

D tol pun jg sama, heboh narik nya cuman pas awal doank (dan musti sendiri atau max ber 2 org).. tp gt masuk 80-100, ud deh, editansil tarikan nya..
Pernah juga naik calya matic temen, diisi ber 6 orang dewasa, di tanjakan parkiran mall artha gading, gas diinjek pol, speed mentok di 10 km/jam padahal udah matiin AC sama nahan perut
:mky_03:
calya teler jg ??

nahh kl ini saya ga nyangka

fikiran saya, at least calya skuat apanja.. krn cc cuman beda seratus, tp calya lebi enteng jauhh

dl saya punya apanja 1.3 aj, mo diisi ber 6 pun, tanjakan MKG 3 yg sinting itu tetep naek2 aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ransyah1234
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: 23 Nov 2014, 12:25

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ransyah1234 »

DOHC wrote: 14 Jan 2021, 08:45 ...
Tp begitu diisi 4 orang bengek banget tarikan nya, apalagi full 5 orang, itu saya perna coba d tanjakan parkiran MKG 3, musti ancang2 bablas dr jauh, yg ad shield guard bemper depan ampe pecah jadinya kehajar.. kl start pelan2 djamin ga naek itu tanjakan
...
lho, di parkiran umbul sidomukti semarang banyak agya, curam2 banget padahal jalannya om...

atau jangan2 ada jalan lain yang proper dan saya yang salah pilih jalan... :big_biglaugh:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20294
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by DOHC »

ransyah1234 wrote: 14 Jan 2021, 17:47
DOHC wrote: 14 Jan 2021, 08:45 ...
Tp begitu diisi 4 orang bengek banget tarikan nya, apalagi full 5 orang, itu saya perna coba d tanjakan parkiran MKG 3, musti ancang2 bablas dr jauh, yg ad shield guard bemper depan ampe pecah jadinya kehajar.. kl start pelan2 djamin ga naek itu tanjakan
...
lho, di parkiran umbul sidomukti semarang banyak agya, curam2 banget padahal jalannya om...

atau jangan2 ada jalan lain yang proper dan saya yang salah pilih jalan... :big_biglaugh:
wahh saya ga perna ke daerah sana waktu di semarang om , curam banget ya ?

kl di jakarta sehh parkiran MKG 3 itu ud terkenal dr dlu paling sinting bikin nya, dl jg jd tempat ajang black campaign antara livina Vs avansa

btw lg, agya saya itu metik 1000 cc.. mungkin yg manual lebi kuat kl
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
marr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: 27 Jan 2017, 12:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Brio RS CVT
Contact:

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by marr »

Naisss ripiuuu oomm salam inofa bengsinn
Bapak emak saya fans berat innova bensin, pake innova bensin dah bbrp kali, dari GNKI 1TR 2011, ANKI 1TR 2017, lanjut ambil ANKI 1TR FL 2020. Kaga mau beli mobil diesel, ya alasannya simpel : berisik, asepnya bau sampe masuk rumah. ANKI 1TR 2017 saya udah 3 taun lebih ganti oli setahun sekali, biasa pake 0w20 q8/ptt. Bensin pertamax always, tarikan awal ngacir josss dari baru sampe sekarang masih alusss pol dan irit tentunya, FC kombinasi dalkot lukot 1:9-1:11. Ga pernah pake tune up blablablabla buang2 duit sih kalo saya

Disclaimer : saya bukan haters mobil diesel
erwinign
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2340
Joined: 19 Apr 2014, 10:45
Location: SRG

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by erwinign »

DOHC wrote: 14 Jan 2021, 18:01
ransyah1234 wrote: 14 Jan 2021, 17:47
DOHC wrote: 14 Jan 2021, 08:45 ...
Tp begitu diisi 4 orang bengek banget tarikan nya, apalagi full 5 orang, itu saya perna coba d tanjakan parkiran MKG 3, musti ancang2 bablas dr jauh, yg ad shield guard bemper depan ampe pecah jadinya kehajar.. kl start pelan2 djamin ga naek itu tanjakan
...
lho, di parkiran umbul sidomukti semarang banyak agya, curam2 banget padahal jalannya om...

atau jangan2 ada jalan lain yang proper dan saya yang salah pilih jalan... :big_biglaugh:
wahh saya ga perna ke daerah sana waktu di semarang om , curam banget ya ?

kl di jakarta sehh parkiran MKG 3 itu ud terkenal dr dlu paling sinting bikin nya, dl jg jd tempat ajang black campaign antara livina Vs avansa

btw lg, agya saya itu metik 1000 cc.. mungkin yg manual lebi kuat kl
Ini om tantangan inofa bengsin matic dr saya yg belum kejawab di semarang ya gimana waktu tanjakan ini. Tanjakan kaya gombel/arah tol tembalang aja sih penasarannya, krn 2 ruas itu cukup represent medan jalan di semarang atas. Paling ekstrim ya memang umbul sidomukti dan sekitarnya om (bandungan), ini 70% medannya nanjak semua
Don't Judge The Book By It's Cover
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1868
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: 14 Jan 2021, 17:42
evanbngdor wrote: 14 Jan 2021, 11:27
DOHC wrote: 14 Jan 2021, 08:45


Stuju seh, inofa body gede scara dimensi tp bukan berarti ga ad tenaga, krn mau seberat apapun, mau securam apapun, tetep bisa bisa aj, trus kl d urut nginjek gas nya, mesin nya tu ngisi terus

Nah kl mobil2 cc imut2, memang body lincah, tp kl yg saya rasain tetep di mesin ad limit nya, sperti agya misalnya, mungkin mirip sperti xenia om, lincah banget, kaya bawa boom boom car tu mobil
Tp begitu diisi 4 orang bengek banget tarikan nya, apalagi full 5 orang, itu saya perna coba d tanjakan parkiran MKG 3, musti ancang2 bablas dr jauh, yg ad shield guard bemper depan ampe pecah jadinya kehajar.. kl start pelan2 djamin ga naek itu tanjakan

D tol pun jg sama, heboh narik nya cuman pas awal doank (dan musti sendiri atau max ber 2 org).. tp gt masuk 80-100, ud deh, editansil tarikan nya..
Pernah juga naik calya matic temen, diisi ber 6 orang dewasa, di tanjakan parkiran mall artha gading, gas diinjek pol, speed mentok di 10 km/jam padahal udah matiin AC sama nahan perut
:mky_03:
calya teler jg ??

nahh kl ini saya ga nyangka

fikiran saya, at least calya skuat apanja.. krn cc cuman beda seratus, tp calya lebi enteng jauhh

dl saya punya apanja 1.3 aj, mo diisi ber 6 pun, tanjakan MKG 3 yg sinting itu tetep naek2 aj
Ngga teler sih, cuma ngantuk aja
:mky_04:

Mungkin secara curamnya msh lebih curam parkiran MKG 3, cuma parkiran atas artha gading itu kan selain curam, panjang dan nikung ke kiri kan Om, itu yg bikin mesin makin ngos2an.

Apanja msh oke apalagi RWD msh ada traksi lah kalo misal berenti tengah jalan pun. Untung nya pas naik calya itu ngga sampe berenti tengah jalan
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ransyah1234
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 534
Joined: 23 Nov 2014, 12:25

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ransyah1234 »

erwinign wrote: 14 Jan 2021, 23:58 Ini om tantangan inofa bengsin matic dr saya yg belum kejawab di semarang ya gimana waktu tanjakan ini. Tanjakan kaya gombel/arah tol tembalang aja sih penasarannya, krn 2 ruas itu cukup represent medan jalan di semarang atas. Paling ekstrim ya memang umbul sidomukti dan sekitarnya om (bandungan), ini 70% medannya nanjak semua
sudah terjawab, isi 6 orang + barang2 naik kok om...
pake deg2an
hahahahaa...
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20294
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by DOHC »

ransyah1234 wrote: 15 Jan 2021, 11:33
erwinign wrote: 14 Jan 2021, 23:58 Ini om tantangan inofa bengsin matic dr saya yg belum kejawab di semarang ya gimana waktu tanjakan ini. Tanjakan kaya gombel/arah tol tembalang aja sih penasarannya, krn 2 ruas itu cukup represent medan jalan di semarang atas. Paling ekstrim ya memang umbul sidomukti dan sekitarnya om (bandungan), ini 70% medannya nanjak semua
sudah terjawab, isi 6 orang + barang2 naik kok om...
pake deg2an
hahahahaa...
Justru kl nanjak2an

Saya perna coba d parkiran mkg 3, pake inofa bensin manual ama metik

Yg metik anehnya koq malah lebi bisa yah.. yang manual kl naek pelan2 pas deket ujung tanjakan kaya agak drop tenaga nya / berasa selip d transmisi.. tp d metik, naek2 aj santuy
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1868
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: 15 Jan 2021, 12:21
ransyah1234 wrote: 15 Jan 2021, 11:33
erwinign wrote: 14 Jan 2021, 23:58 Ini om tantangan inofa bengsin matic dr saya yg belum kejawab di semarang ya gimana waktu tanjakan ini. Tanjakan kaya gombel/arah tol tembalang aja sih penasarannya, krn 2 ruas itu cukup represent medan jalan di semarang atas. Paling ekstrim ya memang umbul sidomukti dan sekitarnya om (bandungan), ini 70% medannya nanjak semua
sudah terjawab, isi 6 orang + barang2 naik kok om...
pake deg2an
hahahahaa...
Justru kl nanjak2an

Saya perna coba d parkiran mkg 3, pake inofa bensin manual ama metik

Yg metik anehnya koq malah lebi bisa yah.. yang manual kl naek pelan2 pas deket ujung tanjakan kaya agak drop tenaga nya / berasa selip d transmisi.. tp d metik, naek2 aj santuy
Mungkin koplingnya udah aus kali Om, Manual justru selama gigi udah masuk dan kopling di lepas pasti ngga akan selip power nya
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10497
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ChZ »

DOHC wrote: 14 Jan 2021, 08:45


Stuju seh, inofa body gede scara dimensi tp bukan berarti ga ad tenaga, krn mau seberat apapun, mau securam apapun, tetep bisa bisa aj, trus kl d urut nginjek gas nya, mesin nya tu ngisi terus

Nah kl mobil2 cc imut2, memang body lincah, tp kl yg saya rasain tetep di mesin ad limit nya, sperti agya misalnya, mungkin mirip sperti xenia om, lincah banget, kaya bawa boom boom car tu mobil
Tp begitu diisi 4 orang bengek banget tarikan nya, apalagi full 5 orang, itu saya perna coba d tanjakan parkiran MKG 3, musti ancang2 bablas dr jauh, yg ad shield guard bemper depan ampe pecah jadinya kehajar.. kl start pelan2 djamin ga naek itu tanjakan

D tol pun jg sama, heboh narik nya cuman pas awal doank (dan musti sendiri atau max ber 2 org).. tp gt masuk 80-100, ud deh, editansil tarikan nya..
nahh ini yang ane bingung dari mesin tilu silinder NA di elsegese dan konco konconya... larinya editansil bener di kota galak lincah ketemu tol tanjakan bused melipir di jalur kiri aja lah... kalah ama yang gede gede :big_biglaugh:

dulu punya nissin maret 1.2 metik jg sama... tanjakan gombel selalu harus pake L...

inofa bensin mahh nol cepek ama ekpandir jg imbang imbang... cuma ga brasa jambaknya karakter curve si inofa bengsin ini dari bawah ampe atas lbh rata ngga editansil... jd brasanya lari ya segitu segitu aja.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20294
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by DOHC »

ChZ wrote: 15 Jan 2021, 15:19
DOHC wrote: 14 Jan 2021, 08:45


Stuju seh, inofa body gede scara dimensi tp bukan berarti ga ad tenaga, krn mau seberat apapun, mau securam apapun, tetep bisa bisa aj, trus kl d urut nginjek gas nya, mesin nya tu ngisi terus

Nah kl mobil2 cc imut2, memang body lincah, tp kl yg saya rasain tetep di mesin ad limit nya, sperti agya misalnya, mungkin mirip sperti xenia om, lincah banget, kaya bawa boom boom car tu mobil
Tp begitu diisi 4 orang bengek banget tarikan nya, apalagi full 5 orang, itu saya perna coba d tanjakan parkiran MKG 3, musti ancang2 bablas dr jauh, yg ad shield guard bemper depan ampe pecah jadinya kehajar.. kl start pelan2 djamin ga naek itu tanjakan

D tol pun jg sama, heboh narik nya cuman pas awal doank (dan musti sendiri atau max ber 2 org).. tp gt masuk 80-100, ud deh, editansil tarikan nya..
nahh ini yang ane bingung dari mesin tilu silinder NA di elsegese dan konco konconya... larinya editansil bener di kota galak lincah ketemu tol tanjakan bused melipir di jalur kiri aja lah... kalah ama yang gede gede :big_biglaugh:

dulu punya nissin maret 1.2 metik jg sama... tanjakan gombel selalu harus pake L...

inofa bensin mahh nol cepek ama ekpandir jg imbang imbang... cuma ga brasa jambaknya karakter curve si inofa bengsin ini dari bawah ampe atas lbh rata ngga editansil... jd brasanya lari ya segitu segitu aja.
sebenernya dr disain enjin jg si inofa bensin tuh bukan yg low end tork enjin mbah... lah dia square enjin gt, makanya tarikan bawah nya kalem banget.. plus didisain noken as ganda yah lengkap lah sudah, tp itu jg yg bkin doi bsa mentokin speedo (kl jalanan kosong dan nyali gede)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20294
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: 15 Jan 2021, 14:11
DOHC wrote: 15 Jan 2021, 12:21
ransyah1234 wrote: 15 Jan 2021, 11:33

sudah terjawab, isi 6 orang + barang2 naik kok om...
pake deg2an
hahahahaa...
Justru kl nanjak2an

Saya perna coba d parkiran mkg 3, pake inofa bensin manual ama metik

Yg metik anehnya koq malah lebi bisa yah.. yang manual kl naek pelan2 pas deket ujung tanjakan kaya agak drop tenaga nya / berasa selip d transmisi.. tp d metik, naek2 aj santuy
Mungkin koplingnya udah aus kali Om, Manual justru selama gigi udah masuk dan kopling di lepas pasti ngga akan selip power nya
bisa jg seh om

beban nya tralu besar pas di tanjakan curam, rawan banget plaat kupleng nya selip , belom lg kl matahari nya ud ga tralu kuat neken lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1280
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by lemonadelovers »

DOHC wrote: 14 Jan 2021, 08:45
evanbngdor wrote: 13 Jan 2021, 14:17
DOHC wrote: 11 Jan 2021, 18:53

sebnernya mindset yg inofa bensin itu loyo ga salah2 amat koq om.. mmg kl dibandingin ama yg 2GD mah kalah jauh si anki bensin.. tp kl dibandingin ama rush terios expander livina, anki bensin itu ga beda jauh koq.. sama lemot nya

cuman yah mmg beda nya anki bensin skrg itu lebi irit aj dbanding inofa dulu.. dan kl mau irit justru musti ambil anki bensin metik.. krn yg manual ud perna saya coba sendiri, jatoh nya lebi boros

keawetan ?? cuman perlu modalin oli 5.5 liter aj tiap 6 bulan skali.. udah ckup koq utk bekerja spanjang hayat
Lebih tepatnya mungkin bukan boyo, cuma ngga lincah aja karena body nya gambot.

Pernah nyetir Xenia 1.0, ya itu memang tenaga kurang, cuma karena dimensi lebih compact drpd innova, jd terkesan lebih lincah dan bertenaga drpd innova.

Stuju seh, inofa body gede scara dimensi tp bukan berarti ga ad tenaga, krn mau seberat apapun, mau securam apapun, tetep bisa bisa aj, trus kl d urut nginjek gas nya, mesin nya tu ngisi terus

Nah kl mobil2 cc imut2, memang body lincah, tp kl yg saya rasain tetep di mesin ad limit nya, sperti agya misalnya, mungkin mirip sperti xenia om, lincah banget, kaya bawa boom boom car tu mobil
Tp begitu diisi 4 orang bengek banget tarikan nya, apalagi full 5 orang, itu saya perna coba d tanjakan parkiran MKG 3, musti ancang2 bablas dr jauh, yg ad shield guard bemper depan ampe pecah jadinya kehajar.. kl start pelan2 djamin ga naek itu tanjakan

D tol pun jg sama, heboh narik nya cuman pas awal doank (dan musti sendiri atau max ber 2 org).. tp gt masuk 80-100, ud deh, editansil tarikan nya..
LcGc maklum aja om lbh mengandalkan rasio transmisi aja, liat aja d tol muatan penuh (bkn overload) lari 80-100 ud berat, maunya dilajur kanan terus ga mau minggir dgn alasan pembenar di tol maks 80 / 100 kmh
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20294
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by DOHC »

lemonadelovers wrote: 15 Jan 2021, 18:05
DOHC wrote: 14 Jan 2021, 08:45
evanbngdor wrote: 13 Jan 2021, 14:17

Lebih tepatnya mungkin bukan boyo, cuma ngga lincah aja karena body nya gambot.

Pernah nyetir Xenia 1.0, ya itu memang tenaga kurang, cuma karena dimensi lebih compact drpd innova, jd terkesan lebih lincah dan bertenaga drpd innova.

Stuju seh, inofa body gede scara dimensi tp bukan berarti ga ad tenaga, krn mau seberat apapun, mau securam apapun, tetep bisa bisa aj, trus kl d urut nginjek gas nya, mesin nya tu ngisi terus

Nah kl mobil2 cc imut2, memang body lincah, tp kl yg saya rasain tetep di mesin ad limit nya, sperti agya misalnya, mungkin mirip sperti xenia om, lincah banget, kaya bawa boom boom car tu mobil
Tp begitu diisi 4 orang bengek banget tarikan nya, apalagi full 5 orang, itu saya perna coba d tanjakan parkiran MKG 3, musti ancang2 bablas dr jauh, yg ad shield guard bemper depan ampe pecah jadinya kehajar.. kl start pelan2 djamin ga naek itu tanjakan

D tol pun jg sama, heboh narik nya cuman pas awal doank (dan musti sendiri atau max ber 2 org).. tp gt masuk 80-100, ud deh, editansil tarikan nya..
LcGc maklum aja om lbh mengandalkan rasio transmisi aja, liat aja d tol muatan penuh (bkn overload) lari 80-100 ud berat, maunya dilajur kanan terus ga mau minggir dgn alasan pembenar di tol maks 80 / 100 kmh
hampi kelupaan

ada sehh satu lcgc yg sdikit laen drpd yg laen.. duo calsig yg 1200 cc dan METIK... itu malah saya perna coba, justru enak nya pas lg lari di 60 ke atas, malah lebi berasa ngisi terus, beda ama agya 1000 cc, 60 ke atas lgs bengek

kl lcgc brio, saya ga tau yg versi 1200 gmana, tp yg 1300 jg tarikan setan itu.. salah satu city car lcgc terkenceng dan terlincah yg perna saya coba
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 10497
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by ChZ »

DOHC wrote: 15 Jan 2021, 17:59 sebenernya dr disain enjin jg si inofa bensin tuh bukan yg low end tork enjin mbah... lah dia square enjin gt, makanya tarikan bawah nya kalem banget.. plus didisain noken as ganda yah lengkap lah sudah, tp itu jg yg bkin doi bsa mentokin speedo (kl jalanan kosong dan nyali gede)
Ah yaaa 1TR karakternya square engine banget sih rataaaaa ampe atas :big_biglaugh:

Gw lebih demen mesin gini drpd yang low end nya galak macem tilu silinder dan disel... Gak enak, kurang alus. Klo manual pasti susah ngepasin ganti gigi yang bener.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
otnawsil
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 13 Nov 2016, 20:07

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by otnawsil »

Gw dukung mobil ini mjd COTYSM 2021....
Eaaaaaaa......

#spyEXCELnya berkata harganya sdh naik, mari kita jual...

Salam satu kuncir....
DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 20294
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by DOHC »

ChZ wrote: 16 Jan 2021, 08:57
DOHC wrote: 15 Jan 2021, 17:59 sebenernya dr disain enjin jg si inofa bensin tuh bukan yg low end tork enjin mbah... lah dia square enjin gt, makanya tarikan bawah nya kalem banget.. plus didisain noken as ganda yah lengkap lah sudah, tp itu jg yg bkin doi bsa mentokin speedo (kl jalanan kosong dan nyali gede)
Ah yaaa 1TR karakternya square engine banget sih rataaaaa ampe atas :big_biglaugh:

Gw lebih demen mesin gini drpd yang low end nya galak macem tilu silinder dan disel... Gak enak, kurang alus. Klo manual pasti susah ngepasin ganti gigi yang bener.
Tp ad jg koq mbah enjin2 over square yg enak, sperti L series nya ahond, bahkan D series nya aj yg utk eco purpose, jg enak
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
faridrach
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 21 Jun 2020, 04:28

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by faridrach »

3xuo wrote: 10 Jan 2021, 12:26 Suhu-suhu, biasa saya hanya jadi SR aja selama di SM dan uda banyak ilmu otomotif yang ane dapet di forum SM ini.
Dari semua post yang uda ane baca, sampe sekarang masih belum bisa ambil kesimpulan soal ANKI diesel vs bensin mana yang lebih worth soal total cost of ownership, dengan parameter ane yg seperti ini:

- Sama2 tipe V baru gress dari dealer
- Service beres rutin (pakai oli TMO 5w-30 untuk bensin atau equivalent yg buat diesel nya)
- Mobil minimal dipakai 10-12 tahun (total km minimal 180-200rb)
- BBM (minimal dexlite vs pertamax)
- Ga perlu dan ga ada rencana untuk upgrade performa (performa bukan prioritas)
- Sebagai mobil utama (kerja, family, jalan-jalan, semuanya dihajar pake innova ini)
- Lokasi di jakarta

Ane pilih service beres & BBM minimal dexlite karena nga mau ambil pusing soal beli2 filter solar, pake aditif dkk.
Dan juga uda sangat convenient dengan service TOYOTA, home service, mobile booking dan beres hanya berjarak kurleb 3km.

Mohon dibantu suhu-suhu di sini buat pencerahannya, karena sejauh ini pembahasan ANKI bensin vs diesel yg ane baca belum ada yang pas sama kriteria ane semua.
Kalau rejeki lancar semua, rencana mau minang innova ini.
Saya pakai ANKI diesel 2017 (nyetir sendiri) dan nyokap pake ANKI bensin 2018 (pakai supir). Dan lumayan sering tuker2an saling pinjem.

Paling ketara konsumsi BBMnya sih, kedua mobil itu sangat sering ke luar kota. Terakhir sama2 jalan dari Semarang ke Depok, yang diesel hanya menghabiskan setengah tangki solar, sedangkan yg bensin kalo gak isi bensin di rest area gak bisa sampe rumah :big_childish:

Soal getaran yes, jelas diesel lebih terasa. Tapi soal suara kok menurut saya sama2 aja ya, bensin itu kalo pas injek gas keluar suara khas 1TR semacam "grooooongggg!!" Sedangkan diesel krn running di rpm rendah jd ya slow2 aja suaranya

Soal cost of ownership dr sisi servis berkala:
-mobil nyokap ANKI bensin full pasrah servis di bengkel resmi, diurus oleh supir. Jadi otomatis ya setiap servis udh pasti mahal berjuta2. Wong namanya supir gak begitu paham pasti iya2 aja dijejelin barang2 gak perlu pas servis.

-mobil saya ANKI diesel ganti oli di bengkel langganan pakai oli PTT beli online, servis rutin sampai masa garansi di bengkel resmi (dan selalu nolak dimasukin part2 cleaner gak berguna, apalagi wiper fluid :big_dunno: ), di luar masa garansi di bengkel langganan.

Dengan cara servis yg seperti itu perawatan ANKI diesel saya jelas lebih murah dari yg punya nyokap.

Lihat kebutuhan om sebagai mobil utama dan pasti mobil sering jalan, saya sangat sarankan ambil yg diesel. Hampir pasti gak akan nyesel. Selisih harga diesel dan bensin emg cukup lumayan, kalau mau hemat budget ambil type G diesel sudah cukup si menurut saya.
quyquy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by quyquy »

faridrach wrote: 16 Jan 2021, 20:22
Saya pakai ANKI diesel 2017 (nyetir sendiri) dan nyokap pake ANKI bensin 2018 (pakai supir). Dan lumayan sering tuker2an saling pinjem.

Paling ketara konsumsi BBMnya sih, kedua mobil itu sangat sering ke luar kota. Terakhir sama2 jalan dari Semarang ke Depok, yang diesel hanya menghabiskan setengah tangki solar, sedangkan yg bensin kalo gak isi bensin di rest area gak bisa sampe rumah :big_childish:

Soal getaran yes, jelas diesel lebih terasa. Tapi soal suara kok menurut saya sama2 aja ya, bensin itu kalo pas injek gas keluar suara khas 1TR semacam "grooooongggg!!" Sedangkan diesel krn running di rpm rendah jd ya slow2 aja suaranya

Soal cost of ownership dr sisi servis berkala:
-mobil nyokap ANKI bensin full pasrah servis di bengkel resmi, diurus oleh supir. Jadi otomatis ya setiap servis udh pasti mahal berjuta2. Wong namanya supir gak begitu paham pasti iya2 aja dijejelin barang2 gak perlu pas servis.

-mobil saya ANKI diesel ganti oli di bengkel langganan pakai oli PTT beli online, servis rutin sampai masa garansi di bengkel resmi (dan selalu nolak dimasukin part2 cleaner gak berguna, apalagi wiper fluid :big_dunno: ), di luar masa garansi di bengkel langganan.

Dengan cara servis yg seperti itu perawatan ANKI diesel saya jelas lebih murah dari yg punya nyokap.

Lihat kebutuhan om sebagai mobil utama dan pasti mobil sering jalan, saya sangat sarankan ambil yg diesel. Hampir pasti gak akan nyesel. Selisih harga diesel dan bensin emg cukup lumayan, kalau mau hemat budget ambil type G diesel sudah cukup si menurut saya.

Nonimal rupiah urusan bahan bakar gimana Om?

Misal dipake luar kota 200km
Si bensin butuh 20liter (anggap aja 1:10). Isi pertalite keluar duit 153rb
Si diesel butuh 15,38liter (anggap aja 1:13). Isi dex keluar duit 156rb.

Pake diesel dng dex kok lama2 kerasa betul pengeluaran duit bahan bakarnya.

Karena begini Om, oke betul sih si diesel bs nenggak biosolar. Tp saya pny pengalaman pake 2GD pake biosolar lebih boros 1-2km/l dan getaran lebih kerasa. Belum lg masalah B30. Was2 filsol dan injektor. Kalo pake biosolar filsol kudu ready minimal 1 buah dan kalo jarang dipake takut ngendap.

Karena hal spt itu maka selalu pake Dex.
Apalagi saya target pakenya jangka waktu lama diatas 10 tahun. Jd miki2 kalo pake biosolar.

Nah kalo si bensin, pake pertalite doank gak was2 ini itu.
faridrach
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: 21 Jun 2020, 04:28

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by faridrach »

quyquy wrote: 17 Jan 2021, 14:20
Nonimal rupiah urusan bahan bakar gimana Om?

Misal dipake luar kota 200km
Si bensin butuh 20liter (anggap aja 1:10). Isi pertalite keluar duit 153rb
Si diesel butuh 15,38liter (anggap aja 1:13). Isi dex keluar duit 156rb.

Pake diesel dng dex kok lama2 kerasa betul pengeluaran duit bahan bakarnya.

Karena begini Om, oke betul sih si diesel bs nenggak biosolar. Tp saya pny pengalaman pake 2GD pake biosolar lebih boros 1-2km/l dan getaran lebih kerasa. Belum lg masalah B30. Was2 filsol dan injektor. Kalo pake biosolar filsol kudu ready minimal 1 buah dan kalo jarang dipake takut ngendap.

Karena hal spt itu maka selalu pake Dex.
Apalagi saya target pakenya jangka waktu lama diatas 10 tahun. Jd miki2 kalo pake biosolar.

Nah kalo si bensin, pake pertalite doank gak was2 ini itu.
ANKI saya dr awal sampai KM 43rb full pertadex, setelah itu beralih ke Bio solar sampai skrg KM 65rb, memang secara tarikan beda ya.
Alasan pindah dari dex? setelah pelajari seluk beluk mesin 2GD saya mengambil kesimpulan mesin ini aman utk konsumsi bio solar. Mulai dari type injectornya yg masih solenoid, output tenaga yg tdk superior, dan faktor2 lainnya.

Menurut saya 2GD = durability oriented engine.
Sedangkan perbandingan kompetitornya 4N15 = performance oriented engine (dgn piezzo elektrik injectornya).
Mungkin kalo saya pakai pajero akan saya minumin dex selalu.

Trivia sedikit : bahkan Hyundai Tucson diesel sejak tahun 2017 beralih injector dari piezzo ke solenoid. Dengan alasan? Kejar durabilitas. (Confirmed by product head Hyundai)

Mari kita masuk ke nominal rupiah bahan bakar:

Jarak 200km luar kota

Diesel saya rute luar kota bahkan rata2 15km/l maka butuh 13.3 liter bio solar yg berarti 69rb rupiah

Bensin rute luar kota mungkin 10km/l maka butuh 20 liter pertalite berarti 153rb rupiah

Jadi not even half ya ongkosnya om :big_exellent:
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1096
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by paidjho »

faridrach wrote:
quyquy wrote: 17 Jan 2021, 14:20
Nonimal rupiah urusan bahan bakar gimana Om?

Misal dipake luar kota 200km
Si bensin butuh 20liter (anggap aja 1:10). Isi pertalite keluar duit 153rb
Si diesel butuh 15,38liter (anggap aja 1:13). Isi dex keluar duit 156rb.

Pake diesel dng dex kok lama2 kerasa betul pengeluaran duit bahan bakarnya.

Karena begini Om, oke betul sih si diesel bs nenggak biosolar. Tp saya pny pengalaman pake 2GD pake biosolar lebih boros 1-2km/l dan getaran lebih kerasa. Belum lg masalah B30. Was2 filsol dan injektor. Kalo pake biosolar filsol kudu ready minimal 1 buah dan kalo jarang dipake takut ngendap.

Karena hal spt itu maka selalu pake Dex.
Apalagi saya target pakenya jangka waktu lama diatas 10 tahun. Jd miki2 kalo pake biosolar.

Nah kalo si bensin, pake pertalite doank gak was2 ini itu.
ANKI saya dr awal sampai KM 43rb full pertadex, setelah itu beralih ke Bio solar sampai skrg KM 65rb, memang secara tarikan beda ya.
Alasan pindah dari dex? setelah pelajari seluk beluk mesin 2GD saya mengambil kesimpulan mesin ini aman utk konsumsi bio solar. Mulai dari type injectornya yg masih solenoid, output tenaga yg tdk superior, dan faktor2 lainnya.

Menurut saya 2GD = durability oriented engine.
Sedangkan perbandingan kompetitornya 4N15 = performance oriented engine (dgn piezzo elektrik injectornya).
Mungkin kalo saya pakai pajero akan saya minumin dex selalu.

Trivia sedikit : bahkan Hyundai Tucson diesel sejak tahun 2017 beralih injector dari piezzo ke solenoid. Dengan alasan? Kejar durabilitas. (Confirmed by product head Hyundai)

Mari kita masuk ke nominal rupiah bahan bakar:

Jarak 200km luar kota

Diesel saya rute luar kota bahkan rata2 15km/l maka butuh 13.3 liter bio solar yg berarti 69rb rupiah

Bensin rute luar kota mungkin 10km/l maka butuh 20 liter pertalite berarti 153rb rupiah

Jadi not even half ya ongkosnya om :big_exellent:
Nahhh betul sekali... Setuju ama ini... Salam pemakai diesel...


But.... Coba kita keluarin excel nya.

Compare kalau setahun dipakai 5-7rb km, biaya maintenance (ganti oli, filsol, dll) ama bensin, compare ke selisih harga & resale value, mungkin 5 tahun break even.

Kalau bicara total cost ownership yaaa...
nyotsaeba
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Telor Asin - Sang Kijang Innova Tua 2005 Bensin Matic

Post by nyotsaeba »

paidjho wrote:
faridrach wrote:
quyquy wrote: 17 Jan 2021, 14:20
Nonimal rupiah urusan bahan bakar gimana Om?

Misal dipake luar kota 200km
Si bensin butuh 20liter (anggap aja 1:10). Isi pertalite keluar duit 153rb
Si diesel butuh 15,38liter (anggap aja 1:13). Isi dex keluar duit 156rb.

Pake diesel dng dex kok lama2 kerasa betul pengeluaran duit bahan bakarnya.

Karena begini Om, oke betul sih si diesel bs nenggak biosolar. Tp saya pny pengalaman pake 2GD pake biosolar lebih boros 1-2km/l dan getaran lebih kerasa. Belum lg masalah B30. Was2 filsol dan injektor. Kalo pake biosolar filsol kudu ready minimal 1 buah dan kalo jarang dipake takut ngendap.

Karena hal spt itu maka selalu pake Dex.
Apalagi saya target pakenya jangka waktu lama diatas 10 tahun. Jd miki2 kalo pake biosolar.

Nah kalo si bensin, pake pertalite doank gak was2 ini itu.
ANKI saya dr awal sampai KM 43rb full pertadex, setelah itu beralih ke Bio solar sampai skrg KM 65rb, memang secara tarikan beda ya.
Alasan pindah dari dex? setelah pelajari seluk beluk mesin 2GD saya mengambil kesimpulan mesin ini aman utk konsumsi bio solar. Mulai dari type injectornya yg masih solenoid, output tenaga yg tdk superior, dan faktor2 lainnya.

Menurut saya 2GD = durability oriented engine.
Sedangkan perbandingan kompetitornya 4N15 = performance oriented engine (dgn piezzo elektrik injectornya).
Mungkin kalo saya pakai pajero akan saya minumin dex selalu.

Trivia sedikit : bahkan Hyundai Tucson diesel sejak tahun 2017 beralih injector dari piezzo ke solenoid. Dengan alasan? Kejar durabilitas. (Confirmed by product head Hyundai)

Mari kita masuk ke nominal rupiah bahan bakar:

Jarak 200km luar kota

Diesel saya rute luar kota bahkan rata2 15km/l maka butuh 13.3 liter bio solar yg berarti 69rb rupiah

Bensin rute luar kota mungkin 10km/l maka butuh 20 liter pertalite berarti 153rb rupiah

Jadi not even half ya ongkosnya om :big_exellent:
Nahhh betul sekali... Setuju ama ini... Salam pemakai diesel...


But.... Coba kita keluarin excel nya.

Compare kalau setahun dipakai 5-7rb km, biaya maintenance (ganti oli, filsol, dll) ama bensin, compare ke selisih harga & resale value, mungkin 5 tahun break even.

Kalau bicara total cost ownership yaaa...
Real life daily use saya sebulan 1500 km.
Dulu pakek gnki biaya pertalite 1,5jtan sebulan.
Ganti anki bisol biaya bbm 750rb sebulan. Rute sama plek dari hari ke hari.

Sekarang anki saya usia 42 bulan. Udah saving 750rb x 42 = 31 jt an which is sebesar selisih harga baru anki diesel sama bensin.

Bandingin harga jual seken nya anki bensin sama diesel selisih bisa 40 jutaan, cek aja di oelex.

Di saya, Mau itungan pake apapun ga bisa ngalahin murahnya cost of ownership tu anki diesel.
Post Reply