Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by kunaskun »

Sorry, ga sempet foto2, jadi text only saja ya :mky_08: karena buru2 jadi hanya bisa pure drivign saja, karena salesnya pengen buru2 deal dan saya purely iseng aja test.

Exterior
Dari luar, ya coba ngulangi resep sama dengan Ignis atau Swift, jadi si Suzuki ini punya bahasa design baru yang emang bikin tampil beda banget called as Liquid Flow, dan well ini karena di India sudah dari 2015 jadi tampilan bahasa desain belum semulus Ignis atau Swift 2017. ini masih agak ada sedikit ga nyambung, macem liat Ciaz, terutama sepertiga depan.

okelah, not everyone love the bonnet, terutama bentuk grill yang rada aneh gitu, kaya tanggung kegedean atau kekecilan, tapi karena ga tau kenapa tahun ini si Suzuki Indo kesambet apaan maka Indonesia beruntung dikasi model RS-nya India, jadi itu grille rada ketolong dengan adanya faux lip spoiler yang full se-body lengkap dengan warna medium grey untuk semua warna. kalau Ignis dapet atep warna warni, baleno cukup berpuaslah dengan ini.

bagi yang nonton review Autonetmagz, rada bener juga itu reviewer bilang, kalau yang rada2 OCD (in positive way) bakalan kesel liat itu kenapa chrome lining di headlamp kaya ga nyambung dengan chrome di bonnet. well, menurut saya kayanya si sengaja :p juga kalau diperhatiin emang sepertiga depan itu kaya bentrok dengan bagian tengah. karena contrast banget kalau muterin ini mobil dari depan ke belakang. jadi overall, kalau si Ignis ini banyak yang sebel dengan belakang, ini banyak yang sebel dengan depan. my favorite part: sepertiga belakang dari samping, itu cakep, terutama adanya kaca mati kecil.

Juga itu velg, aneh banget, padahal sudah ukuran 16", karena modelnya begitu jadi kaya 15". ya kali2 tar tiba2 ganti pelek dengan model jaman now. Rear view seperti saya bilang diatas, agak mendingan daripada lihat depan, terutama adanya lip spoiler chrome yang makin menambah kesan european. yang uniknya, ini mobil ground clearance 170mm. nyaris setara dengan LMPV lainnya, tapi kalau dilihat di jalanan ga terlalu kentara, mungkin karena Indo beruntung dapet varian RS india. ada rear defogger, rear wiper, dan ada mata kucing di belakang. untung ga ada rear foglamp kalau ga bakalan ketemu baleno yang bikin kesel karena entah itu driver bloon atau ga baca manual jadi nyalain rear foglamp kemana2.

Interior
Keyless entry seperti umumnya mobil jaman now, walau masih passive tapi its ok. masuk duduk, jok semi bucket dengan kualitas bisa dibilang setara ertiga hanya agak kasar itu fabric, tapi untuk saya agak kurang di sisi lumbar support, atau bisa jadi belum dapet posisi enak. Injek rem, pencet tombol start, getaran mesin halus, dan disambut MID super keren, its full color hi-res hi-fps screen, bener2 keren, nilai jualnya nih, juga masih ada meteran temperatur mesin.

pencet2 center cluster hmmm.. tampilan si oke, material oke tapi yang ga tahan itu kok kaya Korean... kalau yang pernah coba TD Korean jaman now, ada kesan ga solid dari materialnya, its not cheapo feels, tapi flimsy lembek2, kesannya kaya ga kokoh tapi bukan material yang jelek atau perakitan dan ini berulang ke sekujur interior. malah mendingan material ignis yang cheap tapi masih ada kesan kokoh karena penggunaan plastik keras kasar ala jepang. AC sudah Auto climate control, lengkap dengan berbagai setelan arah semburan, HU yang terpasang monitor by Alpine harganya 14 juta lengkap dengan talang air, ornament list pintu, dan beberapa item lagi (saya lupa). steering wheel sudah leather, lengkap dengan tombol audio dan bluetoooth (gila mobil harga 200 juta sudah ada ginian, other japan should shame).

setel spion dengan tombol model jaman now yang nempel di trim pintu. surprisngly, itu driver window sudah full auto up and down, tapi tidak ada auto door lock, OVRM sudah fold tapi ga auto. dan lihat spion luar pas setel itu spion cembung sekali hmm.. agak puyeng juga si liatnya. IVRM sudah ada night mode, ada lampu baca, sayang tanpa ambience, suprisingly dapet room lamp. nice touch. seatbelt depan ada setelan naik turun.

setel2 bangku agak serem dengan height lever karena kaya oblak gitu, mungkin saya terlalu berat atau dari pabriknya?, dan itu setelannya bisa banget, jadi untuk yang posturnya pendek atau kecil tertolong, tapi buat saya setelan terendah masih berasa tinggi, mungkin karena model atapnya kaya chop top gitu/low slung. setel steering wheel, keulang lagi masalah sama dengan tilt-angle yang kaya kurang kebawah, untung ada teleskopik (satu2nya di kelas 200 jutaan), overall lumayanlah.

bangku belakang lega, mungkin bisa dibilang setara jazz? tapi ga terlalu tenggelam atau jongkok sayangnya karena model ke belakang atapnya menurun jadi akses kepala pas keluar masuk agak sulit dan duduk di belakang juga headroom jadi berkurang, walau shoulder and leg room lega banget.

akses bagasi sebenernya bagus, bukaan pintu bagasi tinggi, tanpa handle pula jadi rapih tampilan buritan, tapi bibir bagasi itu tingginya ada kali semeter dari lantai... resep bagus buat sakit pinggang kalau mau nurunin koper 26" atau belanjaan beras sekarung. bagasi gede pake banget, one of the biggest in its class. dan parcel tray juga bagus, kokoh.

Driving
injek rem, masukin ke D, gear stick head-nya berasa kaya ga pas di dudukannya, entah salah dimana, padahal pake modelnya ertiga dan suzuki sejak jadul, semoga ini hanya di unit TD. Disengage hand brake lever (untung ga electric, kalau ga itu other japan brand makin malu) yang naronya ketinggian banget buat saya, lepas rem, dan jalan dengan mulus.

puterin steer, enteng dan bisa balik sendiri walau agak pelan, ga kaya si ignis. jalan2 di lalin perkotaan, yg saya notice adalah ini mobil kaya naik sedan, tapi tinggi, karena view ke depan itu "pipih", samping kiri kanan juga, tapi karena seating position tinggi jadi ga berasa "tenggelam", pilar A ganggu banget buat saya, untung ga terlalu lebar dimensinya jadi masih lumayanlah. lihat ke belakang si adalah bonus karena udahlah itu spion tengah kecil, kaca belakang juga kecil akibat desainnya kaya gini, apesnya lagi itu audio biarpun ga standard tapi ga ada rear camera (PR buat ownernya).

respon gas rada ga linear dengan mesin, juga transmisi kaya ga nyambung dengan mesin, entah salah dimana, ganggu si ngga, tapi transmisi yang super halus dan smooth jadi kaya ga sigap buat sesuaikan dengan kebutuhan driver. tarikan bawah halus, dan enaknya di rpm medium ga terlalu kopong jadi enak buat di dalkot, sayangnya ya itu kadang transmisi kaya kebingungan. aneh, padahal di ertiga AT saya pernah TD ga kaya gini anehnya, mungkin memang sengaja disetel halus agar eco?.

rem-nya agak antik, gigit tapi travelnya panjang jadi nginjeknya mesti agak dalem, tapi tetap pakem. kesannya kaya nyetir mobil besar dan berat, padahal aslinya GVW hanya 860 kg = mirip Ignis.

bantingannya, empuk tapi limbung, mirip2 small sedan tapi ga stabil, jadi ini mobil kaya ga mau diem (ga separah avanza xenia yang kaya floating dan bikin mabok) kalau ketemu jalan beton yang ga rata, tapi ketutup dengan steering response yang mati rasa tapi lincah dan termasuk agak sharp. mungkin pengaruh ban atau bisa jadi dari sananya seperti itu? entahlah.

kombinasi respon gas + rem + suspensi kaya gini = resep bagus untuk santai2 dan leyeh2, apalagi itu arm rest depan dari kulit yang rada empuk jadi bikin enak buat nyender. agak aneh si buat ukuran hatchback yang identik dengan bantingan kaku + gas responsif + lincah. Sayang saya belum bisa test banyak soal manuver di kecepatan menengah atau medium.

Overall
Ini mobil seperti anti atau counter hatchback umumnya di Indo. biasa identik dengan kabin lega + jendela besar2 + seating position yg more like mpv + tarikan bawah cepat. tapi di baleno dibalik semua. Lega tapi seating n driving position agak mirip sedan walau tinggi, tarikan bawah yang datar dan halus walau tetap ngisi sampe rpm menengah, transmisi yang halus sekali dan kayanya sering bingung mau gigi berapa, ditambah dengan bantingan empuk goyang2.

Untuk pricing, ga ada lawannya. ngisi celah di harga yang pas, ketika hatchback 1200 cc lain di 200 jutaan tapi dimensi kecil, baleno kasi dimensi besar + mesin besar, ketika hatcback 1500cc lainnya harganya tinggi, baleno dengan harga dibawah dengan dimensi mirip2 dan mesin mirip2.

kalau Ignis dengan AGS yang agak aneh + steer antik, baleno perbaiki itu semua. bener2 lawan berat semua hatchback lain, minus lack of driving enthusiasm.

Tiny things:
- ada buzzer keyless entry tapi kecil banget
- sign ada lane change mode
- HID agak redup, karena pakenya model baru dengan bulb D8s, output hanya 2000 lumens.
- seperti ignis GX, tidak ada lampu kota, digantikan DRL yang akan meredup pas switch lampu kota engaged
- ban serep semi space saver + pelek kaleng, ukurannya 185 60 R15 = ukuran ban standard di beberapa negara lain atau baleno non RS yang pake pelek R15.
- ada power outlet 12v di console box tengah.
- all seat got 3 point seatbelt + headrest
- 60:40 folding rear seat
- AC dinginnya cepat, dan itu bunyi fan relatif hening sekali
jontor
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Mon Mar 14, 2016 3:49

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by jontor »

Mantap reviewnya... Emang nggak ada picturenya om... Akan lebih mantep lagi kalo.ada gambarnya...
12valves
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Feb 20, 2016 19:03

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by 12valves »

Rada bingung sm desain grillnya.. Too flat..

But life is never flat.. Andaikan lebih bergelombang.

Termasuk dudukan seat belakangnya, bikin menonjol2 empuk kan enak..hehe.. Terakhir desain velgnya feeling ngai tipikal velg yg bakal banyak ngejogrog di abang tukang velg...

But it just me
- Plastic IMM Auxillary.
- CNC machines.

Free Proffesional concultancy : 081293578630
halooo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Sat Dec 28, 2013 23:45

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by halooo »

Desain : harga : drive experience.

Apakah cukupan atau ada salah satu yg menonjol dibanding kompetitornya?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by kunaskun »

jontor wrote: Mon Oct 02, 2017 11:48 Mantap reviewnya... Emang nggak ada picturenya om... Akan lebih mantep lagi kalo.ada gambarnya...
inilah kenapa TD itu jangan sama sales yang kebelet buka SPK... :mky_02:
12valves wrote: Mon Oct 02, 2017 15:05

Termasuk dudukan seat belakangnya, bikin menonjol2 empuk kan enak..hehe.. Terakhir desain velgnya feeling ngai tipikal velg yg bakal banyak ngejogrog di abang tukang velg...

But it just me
:mky_07:
halooo wrote: Tue Oct 03, 2017 6:02 Desain : harga : drive experience.

Apakah cukupan atau ada salah satu yg menonjol dibanding kompetitornya?
saya si sebetulnya minat pol, salah satu kontender kuat diadu dengan sienta seken 2016 (ga nyambung tapi ya karena seharga kenapa ngga). tapi entahlah, musti assuring lagi, terutama interior yang korean feel itu, dan empuknya yang bikin bingung, ini yang salah ban atau suspension setup, terutama di medium to high speed.
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 473
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by dimassn25 »

Kalo nyari keunggulannya kayaknya selain dari harga sih kayaknya hampir ga ada.

Mungkin baleno cuma jadi sekedar alternatif lebih hemat dibanding saingan sekelas.

Mungkin kalo masukin mesin turbo + vsc dipasang harga sekelas jazz yaris m2 sih masih masuk akal.

Value for money bener jadi resep jitu sijuki nih. Mulai dari scross, ciaz, ignis dan baleno. Tapi yang bikin greget selain value for money ya agak kurang.

Tapi overall, well done suzuki bisa bikin merk lain jadi terlihat overpriced
saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by saridin »

nice review om, kandidat terkuat utk pengganti miras yg udah pas 3 tahun. desain bisa diterima, paling value. yg mengganjal bagi ane cuma bentuk dashboard.... sebenarnya udah hampir pasti ambil akhir tahun ini, sampe ada perumahan baru buka, yg jaraknya bisa ditempuh dg jalan kaki...
jd ya terpaksa mubilnya mengalah dulu, sapa tahu setahun kedepan ada facelift dan perbaikan2, misalnya perubahan desain dashboard ato pelek...
|ertelu gx 13||miras glx 14|
User avatar
vulvy8858
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Tue Feb 02, 2016 3:34
Location: +62-21
Daily Vehicle: K I J A N G

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by vulvy8858 »

yang pasti

diatas 100 kpj

ni mubil masi enak

sampe 140 kpj

terbang

140 kpj zigzag

mulai berasa ga napak

berasa bawa Ertiga sih

hahahahahahaha
Daily Warrior:
MAGH10 / Black / Hybrid / CVT-e / 2023
GUN140 / Black / Diesel / 6AT / 2016

two-wheeler:
KR150P-SE / White / 2012
5TL / Black / 2007
KVR / Silver / 2007
adiguna
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sun Sep 19, 2010 0:28

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by adiguna »

vulvy8858 wrote: Sat Oct 07, 2017 3:14 yang pasti

diatas 100 kpj

ni mubil masi enak

sampe 140 kpj

terbang

140 kpj zigzag

mulai berasa ga napak

berasa bawa Ertiga sih

hahahahahahaha

Lumayan lah segitu mah om...120 kpj juga udah cukup buat jalan di tol sini mah, tol jg padat mulu mau jam brp juga...
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4590
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by Pboyz97 »

Nice review om, walaupun ga ada gambarnya, memang baleno ini salah 1 hatchback yg value for money dikelasnya, walaupun desain exteriornya bukan selera semua orang
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by kunaskun »

dimassn25 wrote: Wed Oct 04, 2017 11:50 Kalo nyari keunggulannya kayaknya selain dari harga sih kayaknya hampir ga ada.

Mungkin baleno cuma jadi sekedar alternatif lebih hemat dibanding saingan sekelas.

Mungkin kalo masukin mesin turbo + vsc dipasang harga sekelas jazz yaris m2 sih masih masuk akal.

Value for money bener jadi resep jitu sijuki nih. Mulai dari scross, ciaz, ignis dan baleno. Tapi yang bikin greget selain value for money ya agak kurang.

Tapi overall, well done suzuki bisa bikin merk lain jadi terlihat overpriced
jadi macem hape xiaomi... :mky_07:
saridin wrote: Thu Oct 05, 2017 10:58 nice review om, kandidat terkuat utk pengganti miras yg udah pas 3 tahun. desain bisa diterima, paling value. yg mengganjal bagi ane cuma bentuk dashboard.... sebenarnya udah hampir pasti ambil akhir tahun ini, sampe ada perumahan baru buka, yg jaraknya bisa ditempuh dg jalan kaki...
jd ya terpaksa mubilnya mengalah dulu, sapa tahu setahun kedepan ada facelift dan perbaikan2, misalnya perubahan desain dashboard ato pelek...
soal design interior ya buat saya ga terlalu ngaruh banyak si, walau emang bukan selera saya juga, tapi feels-nya itu yang bikin rasanya ga betah.
vulvy8858 wrote: Sat Oct 07, 2017 3:14 yang pasti

diatas 100 kpj

ni mubil masi enak

sampe 140 kpj

terbang

140 kpj zigzag

mulai berasa ga napak

berasa bawa Ertiga sih

hahahahahahaha
:mky_03: :mky_03: :mky_03:
Pboyz97 wrote: Sun Oct 08, 2017 3:56 Nice review om, walaupun ga ada gambarnya, memang baleno ini salah 1 hatchback yg value for money dikelasnya, walaupun desain exteriornya bukan selera semua orang
ya exterior wise si emang kayanya hobiya suzuki belakangan, selalu bikin kontra :mky_04: suzuki swift 20118 aja masih rada "ajaib" dari segi sepertiga belakang yang ga nyambung dengan front fascia, tapi karena masih ngikutin design swift sebelum2nya jadi ga terlalu "gatel" di mata.
Timsiantara
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Feb 03, 2017 16:34

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by Timsiantara »

Waduh galau abis nih ambil baleno atau polo.. Cuma worth it ga ya beda 60juta drpd polo?
Sama bagian belakangnya terlalu nungging bgt, kalo diceperin lebih bagus kayaknya
Ane user mazda 2 skyactv dan sirion.
Rencana buat gnti sirion yg bntingan nya keras bgt. Dashboard udh bunyi2..
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by c4b13 »

kalo bandingin nya sama polo, kok kayaknya tetep enakan polo deh.. 1.2tsi plus dsg udah kombinasi yg mantab.. tapi yah hati2 dsg dry clutch rawan mudah problem kalo kena macet..
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by kunaskun »

Timsiantara wrote: Mon Oct 23, 2017 16:27 Waduh galau abis nih ambil baleno atau polo.. Cuma worth it ga ya beda 60juta drpd polo?
Sama bagian belakangnya terlalu nungging bgt, kalo diceperin lebih bagus kayaknya
Ane user mazda 2 skyactv dan sirion.
Rencana buat gnti sirion yg bntingan nya keras bgt. Dashboard udh bunyi2..
ya polo, biarpun sama2 cetakan boliwud tapi logonya beda :mky_02:
ya kalau bandingin sirion, mendingan ini kemana2. sirion itu si kaya ga pake sok.. :mky_01:
Timsiantara
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Feb 03, 2017 16:34

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by Timsiantara »

kunaskun wrote: Tue Oct 24, 2017 9:32
Timsiantara wrote: Mon Oct 23, 2017 16:27 Waduh galau abis nih ambil baleno atau polo.. Cuma worth it ga ya beda 60juta drpd polo?
Sama bagian belakangnya terlalu nungging bgt, kalo diceperin lebih bagus kayaknya
Ane user mazda 2 skyactv dan sirion.
Rencana buat gnti sirion yg bntingan nya keras bgt. Dashboard udh bunyi2..
ya polo, biarpun sama2 cetakan boliwud tapi logonya beda :mky_02:
ya kalau bandingin sirion, mendingan ini kemana2. sirion itu si kaya ga pake sok.. :mky_01:

Ia sih polo menggoda bgt. Cuma budgetnya sdkit ketinggian. Aplg skrg disc cuma bs 10jitaam kalo polo.
Wah btul bgt, sirion kalo udah kena speed trap udah kayak gerobak abis. Bensin dblang irit masih iritan mazda sky2 ane.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Short Test Drive: Suzuki Baleno AT 2017

Post by kunaskun »

Timsiantara wrote: Tue Oct 24, 2017 13:10 Ia sih polo menggoda bgt. Cuma budgetnya sdkit ketinggian. Aplg skrg disc cuma bs 10jitaam kalo polo.
Wah btul bgt, sirion kalo udah kena speed trap udah kayak gerobak abis. Bensin dblang irit masih iritan mazda sky2 ane.
polo si menggiurkan hahaha.. tapi kaya ginian si lebih worth cari sekennya?

ya sirion itu avanza versi mini.. :mky_01: