Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ternakblog
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 904
Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by ternakblog »

Worth berarti ya yg q?
Oh iya sayang itu kursi depan ga dikasih arm rest kyk si emprit,coba dikasih arm rest di kursi depan,kursi tengah,sempurnalah ini mobil
Oh iya kmrn sudah ditawarin sales langganan td di auto2000 sby,sby sudah ada TDnya juga
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by daftar »

sayang ga ada arm rest yah, soal captain seat sih tergantung preferensi, tapi tanpa arm rest jelas jadi minus
kenapa ga dikasih arm rest mungkin karena posisi shifternya terlalu kebawah, kurang fleksibel kalo butuh pindah gear tiba2., beda kalo shift gear ada di atas.
kenapa shifter dibawah dicela? karena gara2 itu jadi ga ada arm rest :big_grin:

btw dewa juga yah toyota, suspensinya lebih empuk tapi tidak limbung jika dibandingkan dengan Freed :big_think:
Last edited by daftar on Fri Jul 22, 2016 9:11, edited 2 times in total.
:ngacir:
aratha
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Sun May 08, 2016 17:37

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by aratha »

Nice review om Aditya, akhirnya ada test jalan juga nie mobil. :big_exellent:
adityawei wrote: bagian yang dicela lagi, shifter di tengah. Kalau buat saya sih lebih enak ditengah, lebih familiar :big_peace:
emang kenapa sih shifter tengah dicela? Honestly I can't find any reason buat nyela shifter tengah.
adityawei wrote: Image
Ukuran bagasi standart, tidak ada yg istimewa. Masih bisa lah buat masuk galon 2 biji. Ada lampunya, jadi ga bisa gelap2an kalo mau ngapa2in di bagasi :big_grin:
ini di plafon atas bagasi ada lampu juga om? kalo di freed kan ada tuh.
adityawei wrote: Masuk ke jalan bergelombang + berpolisi tidur, getaran dapat diredam dengan baik oleh suspensinya, suara glodakan pun diredam dengan sangat baik, way better than freed :big_exellent: . Karakter suspensi sangat soft, pas banget buat dalem kota. Tidak terlalu empuk, tapi juga tidak keras, benar2 posisi aman buat sebuah mobil keluarga.
kalo dibanding sama GL empukan mana om? hebat ya suspensinya, lebih empuk tapi gak limbung. apa karena lebih tinggi freed?
adityawei wrote: Masuk ke jalan raya sepi lagi, mode manual, tenaga mesin cukup terasa sampai 4000an RPM, abis itu flat sebentar, terus ngempos :mky_03:
Tapi karena ini 7 speed, jadi lebih sering shifting juga ketika manual, jarang antar shift cukup pendek. Mungkin 7 speed ini lebih baik ketika dibawa mode D saja. Di mode Manual, sering downshift sendiri juga tanpa digerakin, kadang juga upshift sendiri, ga tau ini maksudnya gimana :mky_05: , pas dibawa lari 100km/h, mobil masih enak buat dikendarai, suasana audio luar masih sangat tenang, tidak limbung jika dibandingkan dengan Freed. Well done Toyota untuk peredaman + suspensinya :big_exellent:
buat saya mobil2 cvt kayaknya mending gak usah ada mode manualnya. karena tetep aja gak ada feeling kayak tiptronic nya geared AT.
ChZ wrote: Kalau matic nya Toyota sih gak usah heran oom... memang karakternya selalu kejar irit maka nya pakai rasio tinggi... Saya nyetir All New Yaris dan GNKI juga mobilnya jadi berasa lemot karena karakter matic nya selalu pilih gear tinggi.
freed juga gitu om, males bener downshift :big_slap:


NB : gimana sih caranya multiquote :big_childish:
Last edited by aratha on Fri Jul 22, 2016 9:16, edited 1 time in total.
2007 RE1 2.4 A/T
2010 GE8 RS 1.5 A/T
2012 GB3 1.5 A/T
2003 E46 318i 2.0 A/T
stiffler
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 134
Joined: Wed May 27, 2015 5:07

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by stiffler »

saya masih bingung kenapa ga ada armrest di tengah ya
canggung banget dong kalau duduk di tengah, apalagi kalau diisi 3 orang
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by maastricht889 »

Akhirnya ada review Sientong, nice review oom. Ane kemarinan udah coba duduk juga di type Vnya wkt pameran di semarang. Untuk driving position, menurut fisik ane (tinggi 170/57kg) malah kaya nyetir yaris bakpao ane, diameter stir cukup besar sama grip stirnya cukup enak (bahan leather nya tebel), kl height adjuster dinaikin maksimal bs kelihatan kap mesinnya. duduk di row 2, masih cukup bersahabat untuk ane untuk leg room tapi feel tempat duduknya mirip2 Innova lama cuma back supportnya dikurangin. Masuk ke row 2 nya langsung pijak tnp kaki mekangkang dulu, begitu juga masuk row 3 nya (ngelipet row 2 dulu). Di row 3 memang cukup terbatas untuk leg room,posisi duduknya agak tegak tapi masi lebih nyaman dari LMPV" spt avanza ertiga. Yang ane suka dari Sientong krn dia lumayan JDM style (kec center console sama minus arm rest di driver), attention to the detail yg cukup unik (dive-in 3rd row, kl 3rd row udah masuk di bawah row 2 disediain mirip penutup gitu dari bludru buat nutupin pengait kursi row 3, smart entry yg cuma pake garis2 mirip di lexus), bi-beam LED yang ane suka spt di M2 DJ. Ane kurang suka tongkat tranny nya yang kependekan (padahal yg MT cukup tinggi tongkatnya krn comot dari yaris lele dan 6 speeds), tutup laci yang atas agak koplok2 spt innova lama, door trim dg fake stitch yang disgusting (tapi mendingan daripada yaris lele punya), spatbor di ban blkg yg ga dikasih (bs pake anti karat biar agak samar kl ambil wrn terang), finishing cat di bagian2 agak dalam kurang rata (spt di sekitar ban blkg, mungkin udah di improve sama TAM), stir belum telescopic. Not bad lah untuk mobil ini, kl sekarang buat ngisi pasar nya freed yg tinggal tunggu launch di jepun Sept 2016 sama yang pengen bentuknya anti-mainstream karena ane suka design ext nya yg unik hahahhahahaha

Sekian 1st imp ane sama Sientong :mky_01:
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by daftar »

stiffler wrote:saya masih bingung kenapa ga ada armrest di tengah ya
canggung banget dong kalau duduk di tengah, apalagi kalau diisi 3 orang
karena kalo dipake bisa ngehalangin tangan buat menjangkau shift gear yang ada di tengah bawah itu gan :big_grin:
:ngacir:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by adityawei »

ChZ wrote:Wow akhirnya review Sientong... eh Sienta...

Calon mobil idaman macan ternak... mamah cantik anter anak... :big_biglaugh:

Instrument cluster nya sedikit mengingatkan sama Serena... Kalau matic nya Toyota sih gak usah heran oom... memang karakternya selalu kejar irit maka nya pakai rasio tinggi... Saya nyetir All New Yaris dan GNKI juga mobilnya jadi berasa lemot karena karakter matic nya selalu pilih gear tinggi.

Kalo dibilang baris ketiga gak muat buat salah satu mod disini.... kayak nya baris kedua sama baris pertama pun gak muat deh kalau mod yang satu itu :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:


:ngacir:
thanks mod :mky_03:
kalo mod ndut yang satu itu mah hmmm.. no comment deh, daripada di warn :ngacir:
sandal wrote:
Ryan Steele wrote:
ChZ wrote:
Kalo dibilang baris ketiga gak muat buat salah satu mod disini.... kayak nya baris kedua sama baris pertama pun gak muat deh kalau mod yang satu itu :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:


:ngacir:
Kayaknya si langsung gepeng nih mobil. Kalaupun bisa masuk, langsung patah kali sasisnya.

.................. :ngacir:
Patah sasis dan mobilnya jadi remuk gitu :big_think:

.................. :ngacir:


Anyway nice review om adityawei

Ayah saya katanya tertarik ama mobil ini, ga tau yasir bakpaonya rencananya dijual apa engga untuk ganti mobil ini :ungg:
:wkkk: :wkkk:

sama, [papa saya jg tertarik, tapi abis dibilangin ga ada arm rest tengah langsung mikir lagi :big_biglaugh:
ternakblog wrote:Worth berarti ya yg q?
Oh iya sayang itu kursi depan ga dikasih arm rest kyk si emprit,coba dikasih arm rest di kursi depan,kursi tengah,sempurnalah ini mobil
Oh iya kmrn sudah ditawarin sales langganan td di auto2000 sby,sby sudah ada TDnya juga
yg Q lumayan lah.. V aja ckup kok..
iya kalah di arm rest aja nih mobil sebenernya..
daftar wrote:sayang ga ada arm rest yah, soal captain seat sih tergantung preferensi, tapi tanpa arm rest jelas jadi minus
kenapa ga dikasih arm rest mungkin karena posisi shifternya terlalu kebawah, kurang fleksibel kalo butuh pindah gear tiba2., beda kalo shift gear ada di atas.
kenapa shifter dibawah dicela? karena gara2 itu jadi ga ada arm rest :big_grin:

btw dewa juga yah toyota, suspensinya lebih empuk tapi tidak limbung jika dibandingkan dengan Freed :big_think:
semua keluhan di arm rest.. hahaha..
suspensi sedikit lebih empuk, tapi ga limbung dibanding freed, mungkin faktor body
aratha wrote:Nice review om Aditya, akhirnya ada test jalan juga nie mobil. :big_exellent:

emang kenapa sih shifter tengah dicela? Honestly I can't find any reason buat nyela shifter tengah.
terima kasih om :big_blushing:
saya jg ga nemu alasan buat nyela sih, karena saya sendiri nyaman dengan shifter di tengah
aratha wrote: ini di plafon atas bagasi ada lampu juga om? kalo di freed kan ada tuh.
kayanya ga ada deh.. kemarin ga lihat kesitunya :big_sorry:
aratha wrote: kalo dibanding sama GL empukan mana om? hebat ya suspensinya, lebih empuk tapi gak limbung. apa karena lebih tinggi freed?
GL dah lama ga naik om jadi dah lupa feelnya gimana, ga tau jg sama GL empuk mana..
faktor body mgkn ya, sienta agak lebar di bawah, lebih rendah jg daripada freed, tapi GC sedikit lebih tinggi..
aratha wrote: buat saya mobil2 cvt kayaknya mending gak usah ada mode manualnya. karena tetep aja gak ada feeling kayak tiptronic nya geared AT.
buat gimmick 7 speed sequential sport matic tentunya :big_grin:
erwinign wrote:Akhirnya ada review Sientong, nice review oom. Ane kemarinan udah coba duduk juga di type Vnya wkt pameran di semarang. Untuk driving position, menurut fisik ane (tinggi 170/57kg) malah kaya nyetir yaris bakpao ane, diameter stir cukup besar sama grip stirnya cukup enak (bahan leather nya tebel), kl height adjuster dinaikin maksimal bs kelihatan kap mesinnya. duduk di row 2, masih cukup bersahabat untuk ane untuk leg room tapi feel tempat duduknya mirip2 Innova lama cuma back supportnya dikurangin. Masuk ke row 2 nya langsung pijak tnp kaki mekangkang dulu, begitu juga masuk row 3 nya (ngelipet row 2 dulu). Di row 3 memang cukup terbatas untuk leg room,posisi duduknya agak tegak tapi masi lebih nyaman dari LMPV" spt avanza ertiga. Yang ane suka dari Sientong krn dia lumayan JDM style (kec center console sama minus arm rest di driver), attention to the detail yg cukup unik (dive-in 3rd row, kl 3rd row udah masuk di bawah row 2 disediain mirip penutup gitu dari bludru buat nutupin pengait kursi row 3, smart entry yg cuma pake garis2 mirip di lexus), bi-beam LED yang ane suka spt di M2 DJ. Ane kurang suka tongkat tranny nya yang kependekan (padahal yg MT cukup tinggi tongkatnya krn comot dari yaris lele dan 6 speeds), tutup laci yang atas agak koplok2 spt innova lama, door trim dg fake stitch yang disgusting (tapi mendingan daripada yaris lele punya), spatbor di ban blkg yg ga dikasih (bs pake anti karat biar agak samar kl ambil wrn terang), finishing cat di bagian2 agak dalam kurang rata (spt di sekitar ban blkg, mungkin udah di improve sama TAM), stir belum telescopic. Not bad lah untuk mobil ini, kl sekarang buat ngisi pasar nya freed yg tinggal tunggu launch di jepun Sept 2016 sama yang pengen bentuknya anti-mainstream karena ane suka design ext nya yg unik hahahhahahaha

Sekian 1st imp ane sama Sientong :mky_01:
iya bener, rasanya kaya bawa hatchback :big_biglaugh:
setir belum telescopic kalo buat saya sih gak masalah, karena kebetulan posisinya udah enak..
yg jelas All new freed launch dengan harga yang pasti lebih mahal dari sientah :big_biglaugh:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by 3mul »

Sionta vs anki diesel: dikala mobil yg lebih murah punya fitur lebih banyak dari yg lebih mahal, disana saya merasa sedih. :big_childish:
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by adityawei »

Update penampakan tipe V nanti maleman deh..
Yg tipe V ternyata belom.optitron kaya yang Q

Sent from my LG-D802 using Tapatalk
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by vipere »

Hampir semua review selalu plastic yang jadi kekurangan. Penasaran mobil lain, sekelas yang direview yang gak plastik apaan ya?
Lantai di baris ketiga rata kan ama baris kedua? Berarti lumayan nyaman gak bikin kaki jadi nangkring kalo orang dewasa duduk di bais ketiga. Gak layak mpv2 lainnya termasuk gnki kaki jadi nangkring karena lantai baris ketiganya lebih tinggi.
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: RE: Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by adityawei »

vipere wrote:Hampir semua review selalu plastic yang jadi kekurangan. Penasaran mobil lain, sekelas yang direview yang gak plastik apaan ya?
Lantai di baris ketiga rata kan ama baris kedua? Berarti lumayan nyaman gak bikin kaki jadi nangkring kalo orang dewasa duduk di bais ketiga. Gak layak mpv2 lainnya termasuk gnki kaki jadi nangkring karena lantai baris ketiganya lebih tinggi.
Kayanya sih ga ada jg yg bersoftpad di harga segini..
Baris 3 ga terlalu nangkring kok duduknya, kaya di foto penampakan row 3 saya, jadi dari itu saya bilang cukup nyaman. Nggak jongkok2 kaya SUV / LMPV

Sent from my LG-D802 using Tapatalk
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
tokeknyungsep
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 11, 2016 13:57

Re: RE: Re: RE: Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by tokeknyungsep »

adityawei wrote:
vipere wrote:Hampir semua review selalu plastic yang jadi kekurangan. Penasaran mobil lain, sekelas yang direview yang gak plastik apaan ya?
Lantai di baris ketiga rata kan ama baris kedua? Berarti lumayan nyaman gak bikin kaki jadi nangkring kalo orang dewasa duduk di bais ketiga. Gak layak mpv2 lainnya termasuk gnki kaki jadi nangkring karena lantai baris ketiganya lebih tinggi.
Kayanya sih ga ada jg yg bersoftpad di harga segini..
Baris 3 ga terlalu nangkring kok duduknya, kaya di foto penampakan row 3 saya, jadi dari itu saya bilang cukup nyaman. Nggak jongkok2 kaya SUV / LMPV

Sent from my LG-D802 using Tapatalk
emangnya kalo sienta jdm sana ga pake kulit palsu mevvah gitu ya om??

Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk
tokeknyungsep
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 11, 2016 13:57

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by tokeknyungsep »

adityawei wrote:Halo om tante sekalian :mky_02: ... kali ini piyiks akan melakukan review salah satu mobil yang cukup kontroversial, yaitu *drum roll*
Toyota All New Sienta :mky_02:

Kenapa kontroversial ?
Karena dia tidak bercaptain seat, karena shifter ada di samping ala mobil biasa.
Ini menjadi pro dan kontra di masyarakat Indonesia, beberapa mengharapkan sepasang capt seat di sebuah MPV roti tawar, tapi sebagian lebih memilih akomodasi daripada capt seat. Dan jadilah pertempuran antara Negara Captain Seat dan Negara Bench Seat :mky_03:

Intro

Berawal dari chatting siang2 dengan marketing toyota, sorenya saya memutuskan datang ke dealer buat ngobrol lebih lanjut soal Calya karena ada temen yang minat ambil. Eh ternyata di parkiran ada sienta nongkrong, wicis papa saya beberapa kali bilang mobil ini cantik dari iklannya. Pas saya tanya ke marketingnya ini test drive bukan sih ? Dia jawab, coba aja koh, gapapa, tapi jangan jauh2 soalnya belum di launch resmi di solo, biar ga banyak orang tau dulu. Ok then, lets rock :big_smoking:

Eksterior

Image

Cantik, design floating roof kebalik dari ANF kelihatan cantik juga kalo dilihat langsung, model moncong agak2 kaya lele termasuk proporsional.
Headlamp untuk tipe Q dilengkapi dengan Bi Beam LED kaya di ANF VRZ, sangat langka ditemukan di mobil harga 300jt :mky_03:

Image

Dari samping mobil kelihatan proporsional ala roti tawar pada umumnya, tapi mobil ini sedikit lebih rendah daripada temen2nya. Penambahan body kit di type Q cukup melihat mobil ini sedikit lebih berisi.
Pemakaian velg model kipas dual tone terlihat cantik, senada dengan warna2 hitam di body :big_exellent:
Model lekukan2 dan garis2 hitam di body kalau dilihat dari deket oke aja sih menurut piyiks :mky_03:

Image

Dari belakang, bagian favorit saya, ada stoplamp LED line yang cantik kalo nyala, sayangnya lupa foto :big_sorry:

Image
Mesin mobil ini didukung oleh mesin yang sama dengan avanza veloz 1.5. Dual vvti 2NR-FE, 107PS di 5000rpm, torsi 140an NM kalau ga salah di 4000anrpm
Mesin ditata cukup rapi, dengan beberapa slot kosong di bagian kiri, ga tau juga itu buat apa. Ada tutup mesin dual-vvti ala toyota, cukup enak dilihat juga daripada blok mesin acak2an :mky_03:

INTERIOR

Masuk ke bagian yang cukup dicela dari mobil ini, yaitu interiornya.

Image
Design dashboard yang masih senada dengan ANF, ANKI, ANY. headunit ala toyota di tengah berdiri dengan tegak disana, dengan hardplastic di sekujur hasboard, dihias dengan jahitan palsu :mky_03:

Image
Doortrim depan masih sama, hardplastic dengan hiasan jahitan palsu, dan sedikit softpad berwarna coklat seperti pada ANKI. dengan compartment box di bagian bawah yang cukup gede buat naruh botol + snack bahkan stun gun :big_biglaugh:

Image
doortrim belakang ga bisa buat sandaran tangan, bisa sih, tapi kecil banget. Dan yang paling penting, masih hardplastic :big_dunno:

Image
Sun visor dengan kaca model geser, harusnya sih ada lampu, karena mobil ini akan banyak digunakan oleh ibu2 dan nonik2 untuk dandan :big_biglaugh:

Image
PSD bisa dimatikan, dengan beberapa kantong untuk botol dan koin, mobil ini bener2 berlimpang dengan lubang penyimpanan

Image
bagian yang dicela lagi, shifter di tengah. Kalau buat saya sih lebih enak ditengah, lebih familiar :big_peace:
AC model tombol yang masih bisa dipencet, mengaktifkan kipas AC belakang di samping kiri setir sebelah tombol VSC. *lupa foto*
Laci bagian kiri 2 tingkat *lupa foto*, di tengah juga masih ada beberapa lubang lagi. Sayangnya kenapa tidak ada glove box di tengah, harusnya dikasih buat arm rest / gimana, daripada kosong gitu di atas hand brake :big_slap:

Image
Kursi bench seat row 2 yang cukup dicela, nggak terlalu tebal, tapi ga tipis juga. Masih nyaman didudukin, bisa muat 3 orang dengan headrest tengah menyatu ke bagian kursi sebelah kiri. Metode pelipatannya 50:50 dengan sistem one-touch tumble.
Image

Image
Dengan postur saya 171cm, 82kg, leg room di row 2 masih sangat luas masih ada ruang sekitar 7-8 jari lah, dengan posisi duduk nyetir saya yang ada di tengah2, tidak mundur tidak paling maju juga. Seat row 2 posisi paling maju, tapi memang cuma selisih sedikit aja maju mundurnya. Lebih sempit dikit dari freed karena ini bench seat. Tidak ada arm rest juga, jadi agak canggung duduk di tengah.

Image
Row 3 masih bisa didudukin masih nyaman dengan catatan row 2 posisi paling maju. Bisa buat 3 orang kalau kecil2, kalau seukuran orang normal mungkin 2 orang masih nyaman. Kalau mod disini sih mungkin ada yang ga bisa masuk ke row 3 :big_biglaugh:

Image
Bentuk kursi row 3 saat dilipet, masuk ke bawah kursi row 2, cukup pintar dan sangat membantu untuk membawa barang banyak :big_okay:

Image
Ukuran bagasi standart, tidak ada yg istimewa. Masih bisa lah buat masuk galon 2 biji. Ada lampunya, jadi ga bisa gelap2an kalo mau ngapa2in di bagasi :big_grin:

DRIVING IMPRESSION

Image

Pas pertama duduk, oke ini mobil driving position ala2 hatchback biasa, tidak terasa seperti bawa roti tawar. Saya sangat mudah beradaptasi dengan mobil ini karena emang sehari2 bawa MPV gambot dan hatchback kecil dengan shifter di samping :mky_01:
Saat mesin dinyalakan, suara mesin nggak terlalu masuk, langsung terpikir peredamannya oke juga nih. Tuas transmisi saya pindah ke D, dan tidak ada jambakan sama sekali.
Masuk ke jalan raya, karakter mesin cenderung kalem, tidak ada tenaga berlebihan, nggak lemot juga. Cukup lah buat dalam kota stop and go.
Transmisi mode D sangat rajin melakukan shifting karena memang mobil ini dilengkapi 7 speed. Sekitar 2000an RPM selalu shift up. Sayangnya, mobil ini agak males untuk turun gigi, sepertinya demi keiritan bahan bakar. Untuk FC stop and go dalam kota, sekitar 1:9 - 1:10. Not bad untuk sebuah MPV roti tawar.
Masuk ke jalan bergelombang + berpolisi tidur, getaran dapat diredam dengan baik oleh suspensinya, suara glodakan pun diredam dengan sangat baik, way better than freed :big_exellent: . Karakter suspensi sangat soft, pas banget buat dalem kota. Tidak terlalu empuk, tapi juga tidak keras, benar2 posisi aman buat sebuah mobil keluarga.
Masuk ke jalan raya sepi lagi, mode manual, tenaga mesin cukup terasa sampai 4000an RPM, abis itu flat sebentar, terus ngempos :mky_03:
Tapi karena ini 7 speed, jadi lebih sering shifting juga ketika manual, jarang antar shift cukup pendek. Mungkin 7 speed ini lebih baik ketika dibawa mode D saja. Di mode Manual, sering downshift sendiri juga tanpa digerakin, kadang juga upshift sendiri, ga tau ini maksudnya gimana :mky_05: , pas dibawa lari 100km/h, mobil masih enak buat dikendarai, suasana audio luar masih sangat tenang, tidak limbung jika dibandingkan dengan Freed. Well done Toyota untuk peredaman + suspensinya :big_exellent:
Saat dibejek agak dalam, FC mencapai 1:7 - 1:9. Tapi buat santai bisa 1:11-12 yang saya dapat tadi. Dan bagusnya, biasa CVT kalau dibejek keluar suara "nguuuungg", mobil ini tidak terlalu menghasilkan suara itu di dalam kabin karena diredam dengan baik. Good job Toyota :big_exellent:
Nyetir mobil ini so so lah, not memorable, tapi semua serba pas, sangat cocok buat mobil keluarga, not for driving enthusiast :big_grin:
Puas bejek2, saya coba belok agak tajam pas masuk ke dealer, body roll cukup kerasa, tapi nggak ngayun2 banget. Dan saya sudahi sesi test drive kali ini.

Image
Rangkuman setelah mesin dimatikan.

Overall, saya puas dengan roti tawar ini, walaupun rasanya kaya bawa hatchback, tapi cukup enak kalau untuk family car :big_peace:

CONCLUSION

All New Sienta, sebuah mobil yang sangat ditunggu2, tapi saat datang dicela :mky_03:
Mobil ini sangat halus, peredaman bagus, driving position enak, bawa roti tawar rasa hatchback :mky_02:
Jadi lawan yang cukup oke lah buat freed generasi sekarang, kalau next gen sih ga tau deh :mky_03:

PROS:

- Cantik
- Peredaman :big_exellent:
- Untuk ukuran roti tawar, tidak terlalu limbung
- Banyak pilihan trim + there is manual trans option :mky_03:
- Alternatif bagus buat pemilih mobil keluarga nyaman
- Tidak terlalu overpriced
- Bisa jadi 8 seater + banyak slot penyimpanan

CONS:

- Hard plastic + jahitan palsu di sekujur tubuh
- CVT mode manual agak bodoh
- Tenaga mesin biasa aja
- No capt seat trims :big_think:
- No armrest di row 2

Buat toyota :
mungkin bisa dipikirin gimana caranya pakai dunk seat row 3, tapi row 2 bisa capt seat :big_biglaugh:

Sekian review dari piyiks, jika ada tambahan, atau mau diskusi tentang celaan kenapa nggak captain seat, kenapa shifter di bawah, monggo dimulai :big_peace:
kalo dari segi handling ,tarikan, suspensi, kedap kabin menang sientong ini ato gnki om?? ane lg pikir-pikir dulu mau lepas gnki untuk ganti ini juga.. :big_smile]
btw ,itu dasbor nya emang jelek gara" fake stitch ato quality nya yang jelek?? :ungg:
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by JukeJoken »

Numpang nanya om , tarikannya sama Freed enak mana ya ?
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: RE: Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by coklatMetalik »

adityawei wrote:
vipere wrote:Hampir semua review selalu plastic yang jadi kekurangan. Penasaran mobil lain, sekelas yang direview yang gak plastik apaan ya?
Lantai di baris ketiga rata kan ama baris kedua? Berarti lumayan nyaman gak bikin kaki jadi nangkring kalo orang dewasa duduk di bais ketiga. Gak layak mpv2 lainnya termasuk gnki kaki jadi nangkring karena lantai baris ketiganya lebih tinggi.
Kayanya sih ga ada jg yg bersoftpad di harga segini..
Baris 3 ga terlalu nangkring kok duduknya, kaya di foto penampakan row 3 saya, jadi dari itu saya bilang cukup nyaman. Nggak jongkok2 kaya SUV / LMPV

Sent from my LG-D802 using Tapatalk
Klo ane pribadi gpp pk plastik. Asal kokoh & rapih. Yg ane agak geli tuh klo plastiknya tipis, sambungan antarpanel renggang (bakal cpt rattle), trus ditambah jahit2an palsu... :off_no:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: RE: Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by adityawei »

coklatMetalik wrote: Klo ane pribadi gpp pk plastik. Asal kokoh & rapih. Yg ane agak geli tuh klo plastiknya tipis, sambungan antarpanel renggang (bakal cpt rattle), trus ditambah jahit2an palsu... :off_no:
iya, plastiknya lumayan kok build qualitynya..
not bad lah, jahitan palsunya mending lah daripada di yasir :mky_03:
JukeJoken wrote:Numpang nanya om , tarikannya sama Freed enak mana ya ?
enakan Sienta om IMHO, walaupun di atas kertas power freed lebih gede
tokeknyungsep wrote: kalo dari segi handling ,tarikan, suspensi, kedap kabin menang sientong ini ato gnki om?? ane lg pikir-pikir dulu mau lepas gnki untuk ganti ini juga.. :big_smile]
btw ,itu dasbor nya emang jelek gara" fake stitch ato quality nya yang jelek?? :ungg:
handling, suspensi, pasti GNKI kalah, beda jenis lah, GNKI ladder ini monocoque..
kedap kabin sienta lebih oke sih kalo saya..
tapi kalo tarikan harusnya sih GNKI lebih oke kalo diesel :mky_02: D4D rules :big_smoking:

gara model fake stitchnya aja, build quality lumayan sih :mky_03:
tokeknyungsep wrote: emangnya kalo sienta jdm sana ga pake kulit palsu mevvah gitu ya om??

Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk
kalo yg JDM ga tau sih..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by JukeJoken »

Wah kalau Sienta lebih enak tarikannya boleh nih. Bokap ane udah dr kmrn mau jual Freednya mau ganti Sienta tapi mau nunggu laporan soal tarikannya Sienta..
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by adityawei »

JukeJoken wrote:Wah kalau Sienta lebih enak tarikannya boleh nih. Bokap ane udah dr kmrn mau jual Freednya mau ganti Sienta tapi mau nunggu laporan soal tarikannya Sienta..
saran sih om, test drive dulu aja.. kalau unit yg saya test sih kerasa lebih enak, sedikit lebih responsif aja, ga tau untuk jalan jauh seperti apa..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Tue Feb 12, 2013 12:30

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by Chevyman »

sienta G sudah ada led stoplamp blum ya om?
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by adityawei »

Chevyman wrote:sienta G sudah ada led stoplamp blum ya om?
LED line stoplamp kayanya khusus buat Q deh.. CMIIW
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
tokeknyungsep
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Mon Jul 11, 2016 13:57

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by tokeknyungsep »

ane curiga itu velg yg tipe v dan q kok mirip ya sama punya renault captur???[GRINNING FACE WITH SMILING EYES][GRINNING FACE WITH SMILING EYES][GRINNING FACE WITH SMILING EYES]

Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk
User avatar
brintanizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 874
Joined: Wed Jul 09, 2014 8:21
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Honda CRV

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by brintanizer »

Btw ini mobil kapan dipajang di mall ya -___-
Pengen liat & masuk kedalem . Ada info nda dit ? ...

2 trit sienta balapan . Nglarisi trit e om AB ah ...


Wkwkwkwk
- apple, banana, & grape -
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 715
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by adityawei »

tokeknyungsep wrote:ane curiga itu velg yg tipe v dan q kok mirip ya sama punya renault captur???[GRINNING FACE WITH SMILING EYES][GRINNING FACE WITH SMILING EYES][GRINNING FACE WITH SMILING EYES]

Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk
beda ah, sienta palangnya agak kecilan dikit..
brintanizer wrote:Btw ini mobil kapan dipajang di mall ya -___-
Pengen liat & masuk kedalem . Ada info nda dit ? ...

2 trit sienta balapan . Nglarisi trit e om AB ah ...


Wkwkwkwk
jarene sih tanggal 25an.. mbok teko dealer e wae, iso test drive sisan.. kan cedak omahmu :big_biglaugh:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by Andrian »

adityawei wrote:
brintanizer wrote:Btw ini mobil kapan dipajang di mall ya -___-
Pengen liat & masuk kedalem . Ada info nda dit ? ...

2 trit sienta balapan . Nglarisi trit e om AB ah ...


Wkwkwkwk
jarene sih tanggal 25an.. mbok teko dealer e wae, iso test drive sisan.. kan cedak omahmu :big_biglaugh:
Iso ga iso kudu iso di test drive om brintanizer.

mapia solo moso ditolak. arep ngambang opo piye :big_bored:

:big_weee:



.......... :ngacir:
Image
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Review : Short Drive With All New Toyota Sienta Type Q

Post by psiturism »

Ninggalke jejak di trit mapia solo.. :big_blushing:

Kayanya mending nunggu prit turbo ya biar bisa dicompare lgsg sama sientong ni, klo prit skrg ya jelas kalah fitur e kecuali armrest sama captain seatnya :big_peace:

Btw nice repiu om :big_exellent:
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT