Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bl4cks4m1dj4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Fri Apr 24, 2009 6:20

Re: RE: Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by bl4cks4m1dj4 »

ongisnade wrote:Pengalaman Service 6 bulan Pertama/10 rb km.

Minggu lalu saya service 6 bulan pertama/10 rb km di Mazda Adityawarman Surabaya. Berangkat jam 04:30 pagi sampai di beres jam 07:45, lumayan cepat dipagi hari tidak terlalu kena macet. Beres sudah buka tapi baru bagian cleaning service yang datang. Jam 08:00 petugas sdh datang, seperti biasa dikasih welcome drink. Langsung disampaikan keluhan belakangan sering bunyi ngelitik saat akselerasi. Langsung dijelasin sama teknisi harus buka dan bersihin intake manifold dan ruang bakar. Penyebab nglitik katanya ada uap oli dari crank case yang masuk ke intake manifold dan bikin kotor disitu periodically harus dibersihkan. Estimasi service selesai lewat jam 12 siang. Seperti saat service 1000 km, menikmati hidangan free soft drink dan snack dll dan sudah pasti pijat kursi gratis. Lumayan buat ngilangin pegel kaki habis nyetir 3.5 jam.

Dan seperti yang lalu, jam 12 tepat hidangan free lunch datang, langsung sikat, lumayan. Saat nungguin ngobrol sama foreman bengkel orangnya enak. Dijelasin detail kenapa bisa ngelitik dll, rupanya orangnya suka juga oprek mesin dari ganti header dll, termasuk saya tanya kenapa oli dari crank case gak ditampung di oil catch tank, rupanya dia sudah experiment di Mazda 2, tapi masalahnya system suka CE kalau jalur uap oli ke intake manifold ditutup. Kasus ngelitik katanya kebanyakan usernya wanita, karena katanya gak pernah italian tune up. Wah masuk akal juga ya karena selama ini kebanyakan dipake istri saya dan disayang-sayang gak pernah main rpm tinggi. Disaranin sesekali digeber di rpm tinggi untuk membersihkan kerak carbon.

Jam setengah dua siang service dah selesai. Overall puas pelayanan di beres ini, semua dijelasin secara teknikal. :big_exellent: Total biaya termasuk ganti oli 1 jutaan. Langsung pulang.

Saat memasuki tol pandaan yang sepi tiba saatnya untuk menggeber simerah sesuai omongan si foreman bengkel. Langsung tancap 175 km/h, main di gigi 4/5 gak pernah 6, rpm 4000-5000 an. Ternyata beda sekali dengan sebelum service, ngelitik hilang, suara mesin lebih halus even high rev. O ya penunjukan kecepatan di speedometer sama dengan di GPS. Kalau di fortuner beda lebih tinggi 5 km/h dari GPS. Jadi 175 km real. Mobil masih stabil dan rasanya jadi pede handlingnya mantap meskipun jalan tolnya cor bumpy :big_exellent:

Sampai dirumah langsung buka kap mesin dan ternyata ada perubahan significant. Biasanya ruang mesin terasa panas sekali kalau dipegang. Sekarang jauh lebih dingin, mungkin pengaruh ganti oli. Mungkin kedepanya ganti oli per 5 rb km. Sekarang sudah gak ada lagi suara ngelitik disegala kecepatan.

Demikian pengalaman service 6 bulan pertama/10 rb km.

Ada cerita seminggu sebelum service simerah dihajar motor dari sebelah kiri waktu dibawa istri jemput anak les saya lagi gak dirumah. Pintu kiri penyok, dasar motor ugal-ugalan ngebut diperempatan. Tidak ada yang cedera. Namun karena kecerobohon pengendara motor sama polisi disuruh ganti kerusakan, dia ampun ampun nangis megakui kesalahannya. Akhirnya dia bersedia ganti 1 juta, (sebetulnya saya juga kasihan dia orang gak punya), tapi sebagai pelajaran buat dia kami ambil juga duit itu. Yah memang sudah resiko di jalan.

Begini kondisi simerah setelah ditabrak, sudah masuk bengkel di Malang.
Image
Image
Bbrp kl mobil dihajar motor. Terparah 2009 di Crbon. Ditabrak motor dr blakang. Yg bawa motor gak punya sim & stnk-motor baru kredit lgsng bawa plang kampung jg.

Boro2 mnta gnti gara2 kaca belakang retak yg ada bikernya minta diongkosin plang gara2 motor wa suruh polisi kandangin di polsek setempat.

Plajaran kl ada apa2 skrg lgsng aja pake polisi biar org2 kyk gitu ngerasain susah gra2 prbuatan tolol-ceroboh mrk.

Sent from my SM-N910H using Tapatalk
kulilumpur
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Thu Jan 12, 2017 8:00

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by kulilumpur »

mobilnya cantik banget o,....lancar jaya
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by ongisnade »

Tak terasa ternyata sudah 1 tahun lebih tepatnya 1 tahun 2 bulan simerah telah menemani keluarga kami terutama istri dan 3 anak-anak kami (mereka yang sering pakai) untuk antar jemput sekolah didesa kami. Kondisi saat ini kaki-kaki masih seperti semula dan tidak ada masalah meskipun setiap hari melibas jalan desa yang lobang-lobang, kondisi kabin juga masih seperti saat baru dan belum keluar bunyi-bunyi. Untuk ban sudah pernah kena paku sekali dan alarm TPMS nya bekerja bagus mendeteksi tekanan angin yang kurang. Namun setelah kejadian itu sudah 3x alarm TPMS malfunction. Alarm berbunyi tapi tekanan ban masih normal 32 psig, begitu direset langsung normal kembali. Untuk kenyaman didalam kabin kursi depan OK, baris kedua kalau diisi 2 orang masih OK meskipun tidak bisa direbahin. Kalau diisi 3 orang yang duduk ditengah kurang nyaman dikaki.
Untuk performa mesin awalnya saya merasa power dan torsi yang kurang, transmisi juga kurang gesit saat buat nyalip atau pedal to karpet even posisi D Sport Mode, selalu telat dan sering membuat saya keringat dingin saat menyalip. Sudah pedal to karpet tapi masih bengong dan terasa kurang tenaga dan torsi padahal kendaraan dari depan sudah kian dekat. Terasa berbeda jauh dengan VNT saya meskipun hanya 4 AT tapi justru terasa lebih gesit dan bertenaga saat kickdown (sudah pasang piggy PNP meskipun merknya tidak terkenal). Maklum jalan luar kota sempit perlu power dan torsi besar dan transmisi gesit buat nyalip. Untuk salip menyalip di lukot lebih pede VNT daripada CX5. Masih beruntung ada manual mode dan paddle shift, selalu saya pakai saat dilukot. Berbeda sekali saat ditrek lurus/di jalan toll tidak ada masalah kita jaga rpm diatas 3000 rpm terasa gesit dan bertenaga.

Namun sekarang sudah berubah saya coba ganti filter udara dengan KNN ternyata efeknya luar biasa, power dan torsi bertambah kuat di rpm bawah dan ternyata transmisinya juga berubah jadi lebih gesit. Injek dikit rpm langsung naik dan shiftdown ngacir walaupun posisi D biasa bukan sport mode. Awalnya ragu mau ganti KNN karena pengalaman di All New Jazz ganti KNN malah sesak nafas dan tarikan kurang. Ternyata KNN cocok di CX5. Sekarang jadi pede buat nyalip, thanks to KNN.

Untuk konsumsi bbm test di toll Surabaya-Porong sendirian pernah dapat 19 km/liter bensin pertamax, mengemudi normal.
O ya dulu saat km 8 ribuan sempat ngelitik (kata orang karena sering ganti-ganti pertamax/pertamax plus). Setelah dibersihkan diberes sampai sekarang tidak ada bunyi ngelitik lagi. Bensin selalu pertamax tidak pernah ganti yang lain. Saat ini 1 tahun 2 bulan KM baru 17000 an karena jarang jalan jauh, terjauh sekali ke Solo.

Demikian pengalaman 1 tahun miara CX5 dikampung, overall puas apalagi anak-anak karena terasa exclusive tak ada CX5 yang lain dibeberapa kecamatan he…he..he tidak pasaran. Dan DRL alis burung hantu yang selalu menarik perhatian orang kampung. Satu lagi yang kami rasakan saat naik CX5, ternyata benar kata anak-anak terasa ngenomi, terasa lebih muda dibanding naik VNT, CRV, ataupun XTrail, meskipun sudah mendekati kepala lima he…he…he.. Yaah tidak salah dulu anak-anak dan istri menolak CRV dan Xtrail dengan alasan CX5 lebih sporty dan ngenomi / cocok untuk anak muda. Ternyata benar.

Foto setelah 1 tahun 2 bulan :
Image
Image
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by evolution21 »

Performa kurang? Bensinya ron 92?

Coba upgrade performA?
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by ongisnade »

evolution21 wrote: Sat May 06, 2017 3:37 Performa kurang? Bensinya ron 92?

Coba upgrade performA?
Setelah ganti filter KNN sudah OK bro sudah cukup meskipun RON 92. Untuk upgrade performa mesin bensin belum berani bro. Mungkin karena juga saya terbiasa bawa Fortuner VNT yang sudah upgrade jadi ya jambakan CX5 terasa kurang. Juga karena jalan lukot yang sempit dan banyak kendaraan dari depan jadi gak bisa maintain rpm >2000.
cursQ
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 680
Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by cursQ »

Emang SUV terganteng ini menurut saya .. hehee..
Jedi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Tue Feb 07, 2017 4:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CX-5

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by Jedi »

Ganti KNN segitu dahsyat Nah effeknya om?

Pernah pake KNN di mobil lain sih..ga epek based on perasaan hehe
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by ongisnade »

Jedi wrote: Sat May 06, 2017 4:44 Ganti KNN segitu dahsyat Nah effeknya om?

Pernah pake KNN di mobil lain sih..ga epek based on perasaan hehe
Ya betul bro awalnya juga ragu sebelumnya knn pasang di ANJ malah begek tarikan berat akhirnya sy lepas lagi pasang yg ori. Kalo di cx5 ternyata efeknya dahsyat rpm cepat naik trans jadi gesit saat kickdown
Change
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Oct 29, 2016 22:50

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by Change »

Mantap om berani pelihara mazda walau jauh dari beres terdekat... Kebetulan pemakai mzd2 non sky, terkadang memang tarikan utk menyalip terasa bingung transmisinya, terutama jalan biasa, kalau di toll utk menyalip nyaman sekali, di turunan pun, matiknya tidak lsg gelosor, ada efek engine break, saya rasakan pas di turunan toll cipularang. Selama ini selalu gonta ganti antara pertamax, shell super atau pert.turbo. Paling berasa di pert.turbo, tarikan bawah cukup nendang, rpm idle lebih halus. Kondisi mesin standard, blm ganti2 apapun..
Jedi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Tue Feb 07, 2017 4:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CX-5

Re: RE: Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by Jedi »

ongisnade wrote:
Jedi wrote: Sat May 06, 2017 4:44 Ganti KNN segitu dahsyat Nah effeknya om?

Pernah pake KNN di mobil lain sih..ga epek based on perasaan hehe
Ya betul bro awalnya juga ragu sebelumnya knn pasang di ANJ malah begek tarikan berat akhirnya sy lepas lagi pasang yg ori. Kalo di cx5 ternyata efeknya dahsyat rpm cepat naik trans jadi gesit saat kickdown
Mantab kalo gitu bro
Btw boleh coba isi ron 95 biar makin ngacirrr
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: RE: Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by ongisnade »

Jedi wrote: Sat May 06, 2017 5:30
ongisnade wrote:
Jedi wrote: Sat May 06, 2017 4:44 Ganti KNN segitu dahsyat Nah effeknya om?

Pernah pake KNN di mobil lain sih..ga epek based on perasaan hehe
Ya betul bro awalnya juga ragu sebelumnya knn pasang di ANJ malah begek tarikan berat akhirnya sy lepas lagi pasang yg ori. Kalo di cx5 ternyata efeknya dahsyat rpm cepat naik trans jadi gesit saat kickdown
Mantab kalo gitu bro
Btw boleh coba isi ron 95 biar makin ngacirrr
Ini sdh ngacir bro...ron 92, lagian dulu ganti-ganti ron 92-95 bikin ngelitik. Ini sudah 9 ribu km pake ron 92 terus bebas ngelitik. Kalo di toll sih tenaga mantab gampang tersalurkan 200 km/jam saya rasa akan mudah didapat. Baru berani sampai 175 km/jam gigi 4-5 mudah sekali didapat di toll semen cor pandaan yang bumpy, pedal gas msh jauh dari karpet.
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by Venturtle »

dengar2 Mazda CX-5 terbaru akan segera launching ya..
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by Venturtle »

kalo masuk sini, kira2 harga Mazda CX-5 terbaru berapa ya?
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by ongisnade »

600 jt kali bro, menurut saya exterior lebih keren dan sporty. Kalo CX-8 7 seater apa nanti jg akan diproduksi dan dibawa kesini ya ?
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by ongisnade »

Minggu lalu service berkala km 20 rb setelah pemakaian 17 bulan. Kondisi mesin masih normal. Saya minta cek kaki-kaki, semuanya per/shock dicopotin depan belakang dibersihkan dan diberikan pelumasan. Kondisi semuanya masih bagus/normal tidak ada yang cacat. Setelah dibersihkan dan diberikan pelumasan ternyata ada perubahan yang significant. Suspensi terasa lebih empuk mirip suspensi captiva. Tekanan ban saya coba naikkan dari biasanya diset beres di 32 ke 34 psig ternyata juga masih terasa empuk dan nyaman.

Hingga km 20 rb setiap hari melibas jalan desa yang hancur ternyata kaki-kaki masih kuat tanpa cacat.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by liemivan86 »

ongisnade wrote:Minggu lalu service berkala km 20 rb setelah pemakaian 17 bulan. Kondisi mesin masih normal. Saya minta cek kaki-kaki, semuanya per/shock dicopotin depan belakang dibersihkan dan diberikan pelumasan. Kondisi semuanya masih bagus/normal tidak ada yang cacat. Setelah dibersihkan dan diberikan pelumasan ternyata ada perubahan yang significant. Suspensi terasa lebih empuk mirip suspensi captiva. Tekanan ban saya coba naikkan dari biasanya diset beres di 32 ke 34 psig ternyata juga masih terasa empuk dan nyaman.

Hingga km 20 rb setiap hari melibas jalan desa yang hancur ternyata kaki-kaki masih kuat tanpa cacat.
Boleh tau total habis berapa untuk servis 20K om?

Thanks.
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by ongisnade »

liemivan86 wrote: Sun Jul 30, 2017 8:42
ongisnade wrote:Minggu lalu service berkala km 20 rb setelah pemakaian 17 bulan. Kondisi mesin masih normal. Saya minta cek kaki-kaki, semuanya per/shock dicopotin depan belakang dibersihkan dan diberikan pelumasan. Kondisi semuanya masih bagus/normal tidak ada yang cacat. Setelah dibersihkan dan diberikan pelumasan ternyata ada perubahan yang significant. Suspensi terasa lebih empuk mirip suspensi captiva. Tekanan ban saya coba naikkan dari biasanya diset beres di 32 ke 34 psig ternyata juga masih terasa empuk dan nyaman.

Hingga km 20 rb setiap hari melibas jalan desa yang hancur ternyata kaki-kaki masih kuat tanpa cacat.
Boleh tau total habis berapa untuk servis 20K om?

Biaya total 1.9 jt. Sebetulnya ini service yang 30 rb, tapi km baru 20 rb. Jasa service 1 jt + oli dll. Bongkar suspensi gratis tidak di charge.
Thanks.
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by liemivan86 »

ongisnade wrote:
liemivan86 wrote: Sun Jul 30, 2017 8:42
ongisnade wrote:Minggu lalu service berkala km 20 rb setelah pemakaian 17 bulan. Kondisi mesin masih normal. Saya minta cek kaki-kaki, semuanya per/shock dicopotin depan belakang dibersihkan dan diberikan pelumasan. Kondisi semuanya masih bagus/normal tidak ada yang cacat. Setelah dibersihkan dan diberikan pelumasan ternyata ada perubahan yang significant. Suspensi terasa lebih empuk mirip suspensi captiva. Tekanan ban saya coba naikkan dari biasanya diset beres di 32 ke 34 psig ternyata juga masih terasa empuk dan nyaman.

Hingga km 20 rb setiap hari melibas jalan desa yang hancur ternyata kaki-kaki masih kuat tanpa cacat.
Boleh tau total habis berapa untuk servis 20K om?

Biaya total 1.9 jt. Sebetulnya ini service yang 30 rb, tapi km baru 20 rb. Jasa service 1 jt + oli dll. Bongkar suspensi gratis tidak di charge.
Thanks.
Lumayan juga ya... Thanks buat infonya...

Btw, koq bisa kaki2 dibongkar total dan dibersihkan? Ngomong nya gimana ya?


*calon pemilik CX-5, Siap2 hati buat hadapi tagihan bengkel setelah servis*

[emoji16]
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by ongisnade »

liemivan86 wrote: Sun Jul 30, 2017 16:30
ongisnade wrote:
liemivan86 wrote: Sun Jul 30, 2017 8:42
Boleh tau total habis berapa untuk servis 20K om?

Biaya total 1.9 jt. Sebetulnya ini service yang 30 rb, tapi km baru 20 rb. Jasa service 1 jt + oli dll. Bongkar suspensi gratis tidak di charge.
Thanks.
Lumayan juga ya... Thanks buat infonya...

Btw, koq bisa kaki2 dibongkar total dan dibersihkan? Ngomong nya gimana ya?


*calon pemilik CX-5, Siap2 hati buat hadapi tagihan bengkel setelah servis*

[emoji16]
Saya bilang sering lewat jalan jelek coba dicek kaki-kaki. Langsung dibawa tes jalan jelek dan poldur disekitar markas tentara dibelakang adityawarman katanya masih normal dan tetap akan dicek oleh teknisi dan SA. Saya pikir visual check, ternyata dibongkar semua. Tidak usah kuatir tagihan. Jasa service sama dengan toyota. VNT saya juga segitu jasa servicenya. Sebelum service di kasih list harga oleh SA dan kita bisa diskusi item mana saja yang bisa tidak dilakukan atau ditunda dulu baru kita tanda tangan.
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by grandis_GT »

Berarti gak semahal yg di isukan orang" ya om , masih terjangkau .
ongisnade
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Thu Apr 18, 2013 11:16

Re: Pengalaman Miara Mazda CX-5 FL Touring Neng Ndeso

Post by ongisnade »

grandis_GT wrote: Mon Jul 31, 2017 0:58 Berarti gak semahal yg di isukan orang" ya om , masih terjangkau .
Ya hanya strategy marketingnya saja yang berbeda. Toyota diskon lebih kecil tapi free jasa 4 x service (4-5 jt). Mazda diskon lebih besar hingga 50-60 jt. Free jasa hanya 1x service.