Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by ChZ »

selamat malam para penghuni SM dan silent readers.... :mky_01:

ijinkan nubie membagikan review kembali... kali ini sebuah SUV dari tanah Jepang, sebuah pabrikan yang sangat khatam dengan dunia per-offroad-an dan rally, Subaru....

Image

SUV terbaru mereka, Subaru Forester 2.0 XT - CVT...
Image
========================
Prologue

setelah mod kucing janjian dengan seorang salesperson kenalannya Subie di Surabaya Motor Show 2 minggu lalu, dan setelah jadwal TD yang tidak menentu.... akhirnya kami berhasil mendapatkan mobil ini...

sebenernya kami berencana TD minggu depan, apa daya, sabtu mobil mau dibawa ke Jkt and she won't come back :big_slap:

moot kucing berencana TD besok, tapi sebuah media udah book buat besok... jadilah hari ini dadakan di WASeM beliau mengajak ane

"Bro Chris, TD Fozzy nanti jam 4 sore yak, besok mobilnya dibook sama salah satu media lokal"

"at your service sir"

Berangkatlah kami dan tidak sengaja papasan di Mayjend Sungkono... ane melihat benda berwarna hitam yang terlalu besar untuk disebut R3 padahal identik :ngacir: :ngacir: dengan plat nopol L **** FG.... it must be him... i smell cat :mky_03:

Image
yang tadinya moot kucing nyuruh ane duluan gegara doi ada urusan, akhirnya ane ngikutin moot kucing dan berenti di sebuah tempat....

dan setelah moot kucing selesai, SX-4 ane tinggalkan di tempat itu, kami meluncur ke Subie dengan ane sebagai nahkoda Kapal Induk dan Kucing sebagai Co-Driver... sambil menikmati tracklist AKB48 di kapal :cupss: yg juga ane siapkan untuk test audio di Forester....

Sesampainya di Subie HR Muhammad ane memarkirkan kapal, dan sudah nangkring.....

sebuah Subaru Forester 2.0 XT Putih... :mky_02: :mky_02:

Masuklah kami ke diler, moot kucing memanggil salesperson, ngobrol2 bentar sambil ane "menggerayangi" Fozzy display.... dan berangkatlah kami :mky_03:

================================
1. Exterior

Hmm... jujur kalo dibanding Forester gen.3 yang sangat plain dan konservatif... Forester gen.4 lebih dinamis dan banyak lekukan dramatis...


Image
Bagian depannya... sekilas mirip tampang seekor anjing bulldog yang lagi ngamuk.... :big_slap:

entah apa yg dipikirkan desainer Subie waktu mendesain bagian depannya... mungkin waktu pulang kantor doi dikejar-kejar bulldog sehingga sampe rumah yang dipikirkannya adalah "bulldog... bulldog... bulldog" dan langsung digambar di kertas...

banyak garis-garis dramatis yang diberikan desainer Subie pada mobil ini...

cukup kontroversial.... mengikuti bahasa desain produk-produk Subie sekarang...

yang cukup menyakitkan mata : aduh itu krom di foglamp... mbok ya ga usah dikasih... norak banget :big_slap:


Image
Tampak samping... hmm.. "tabrakan"... desain depan agresif, sampingnya plain. :big_slap:

meskipun ane akui bagian samping merupakan best part of this car. Nggak terlalu banyak tarikan garis norak, memberikan kesan "humble" khas produk-produk Subie.... yang sisi buruknya, sering dikira mobil Cina / Korea :big_slap:

Image
dan entah knp... ane suka spionnya :cupss:

Image
Tampak belakang... me also like so mucho.... dibanding gen.3, bentuk pantatnya lebih dinamis, lebih membulat, tapi dibantu garis-garis tegas, bentuk spoiler yang cakep, and dat twin tailpipes... kombinasi sempurna untuk pantat SUV :mky_02:

Image
plus.... Power Rear Door.... gimmick yang sangat keren :mky_02: dan foto kucing yang mendadak lewat :mky_03:

Image
Velg warna polish ukuran 18" dibalut karet bundar Bridgestone Dueler H/T 225/55/18, yang cukup proporsional (meskipun kalo ane beli, bakal ane kasih R20 concave buat ngimbangin bentuknya yg udah gagah) :big_slap:


Exterior : 7/10...
Good thing : Side-Rear look, 18inch wheels, nice headlight model, nice rearview mirror
Bad thing : tampang depan terlalu "maksa"... agresif... tapi dipadukan dengan samping-belakang jadi tabrakan. krom di foglamp, belum projector/AFS, no hood scoop (what? no hood scoop in a Subie?)

=================
2. Interior
Full black, dan aksen silver di atas glovebox.... dan MID yang bertengger di tengah...

Dash nya, ketika ane raba, it's softpad :mky_02:

Image
Setirnya dengan bentuk cukup simpel dan tombol-tombol yang sangat banyak.... :big_slap:

Image
cluster yang keren.... :big_grin:

Image
Gear lever yang mengingatkan ane dengan punya VW... sporty :mky_02: plus di belakangnya ada tombol dewa : X-Mode :mky_03: yang kalo nggak salah berfungsi sebagai HDC.... :mky_02:

Image
Head Unit... oh yeah, Harman Kar(d)on.... :mky_02: 8 speakers & 1 ampli.... soooo great :mky_02: tidak seperti pesaingnya yang berbeda 1 huruf... Kar(t)on.... :mky_03: :ngacir:

Image
Doortrimnya menyedihkan.... Plastik keras.... :big_slap:

Image
The beautiful sunroof :big_grin: buat memandang bintang bersama nonik di malam minggu

Image
Legroom baris kedua luas, ane bisa duduk bersila.... sayang tidak ada rear airvent... but who needs rear airvent in a Subie? Subaru is all about Driving Pleasure.... :mky_03:

Image
Ruang kargo yang sangat luas.... dengan tonneau cover (yang tidak akan anda temukan di Honda apapun) di bawahnya ada ban serep space-saver... dan ketika direbahkan kursi baris keduanya..........


Image
Voila!... tersedia ruang yang sangat luas... cocok untuk angkut 1 kasur.... untuk "berbuat" :ngacir:


Interior : 6/10....
Good thing : lots of cargo space, nice gear lever, roomy, sunroof, Sound system, functional
Bad thing : terkesan agak hambar.... bagian terburuk ada pada doortrim yang menyedihkan dan kombinasi warna yang buruk....

================================
3. Driving Impression

Under the Cup!
Image
sebuah Boxer Enjin berkode FA20, jantung yang sama dengan BRZ, tapi dilengkapi Turbocharger, bertenaga 240PS dan torsi 350Nm.... dipadu transmisi CVT-Lineartronic khas Subaru.... tidak sabar rasanya bercengkrama dengan "bulldog" ini....

Start enjin, dan terasa getaran yang sangat besar dan kasar.... khas boxer enjin :big_slap:

Sebelum TD dimulai, ane mencolokkan Flashdisk berisi lagu-lagu AKB48 untuk dinikmati sambil menyiksa Fozzy ke konsol tengah... yang cukup merepotkan krn nggak keliatan... dan peletakan slot USBnya agak kurang pas...

Audio ON, dan suara unyu nan cheerful para member AKB48 terdengar sangat merdu di telinga... as expected from Harman Kardon.... pun begitu dengan bassnya yang nendang begitu lagu "GIVE ME FIVE" terpilih secara acak dari playlist :mky_02:

Kami berjalan keluar diler ke jalan HR Muhammad, ke SPBU karena bensin mau habis :big_slap: dan salesperson mengisi 100rb PertaPlus...

after that we checked on MID...... RANGE : 40KM.... kucing di sebelah ane udah mengeong "ah cukup laaaa...."

kembali melanjutkan perjalanan.... jalan ramai, dan ane merasakan mobil ini sangat aneh di kecepatan rendah... it's turbo lag :big_slap: damn! dan respon begitu turbo spool up sangat mengagetkan.... jadi enjinnya sangat galau di kemacetan... nggak cocok buat driver yang belum terbiasa...

dan ane tancap gas ke sebuah jalanan rusak yang disarankan kucing di sebelah ane.... "duk...duk...duk.." bantingan Forester terasa sangat stiff... yang ane bisa membayangkan kalo dibawa jalan di jalan Kertajaya Indah yang bergelombang pasti menuai banyak protes dari penumpang belakang :big_slap:

setelah itu menuju Citraland... menguji segala sesuatu yang dijanjikan oleh brosur di mobil ini.... :mky_03: di depan UC ane tancap gas, dan sesuai dugaan ane, turbo baru spool up di 2500 RPM... and after 2500RPM, all the fun goes out :mky_02:

respons CVT pun cukup sigap, smooth, meskipun jujur feel sporty nya sangat minim.... mungkin gegara ane tidak mencoba mode sport sharp (barusan diingetin bro haristk7)

di depan UC ane hajar gaspol 120kph, lalu ngerem..... rem berasa agak "ngeloyor".... meskipun sudah dilengkapi ventilated disc depan-belakang dengan ukuran belakang lebih kecil :big_chicken:

ketemu tikungan, ane gas kencang, belokkan setir, dan..... UNDERRRRR....STEEER...... :big_slap: untungnya berkat wejangan dari bro haristk7 di WASEM dan kucing yang jadi co-driver di sebelah ane.... understeer ini mudah diatasi :mky_03:

tikungan berikutnya ane lakukan sesuai yang dianjurkan bro haristk7 di WASeM... ngerem sebelum tikungan, dan tambah gas waktu berbelok.... hinga suara roda terdengar... :mky_02: DSC memberikan sedikit "ruang" untuk driver mengeksplorasi mobil ini.... :mky_02:

setir yang otomatis tambah berat di kecepatan tinggi dengan feedback yang cukup baik memberikan ane kepercayaan diri bermanuver dengan mobil ini... di Citraland bahkan ane hampir gak perlu injek rem waktu tikungan... karena bodyroll hampir tidak terasa (bahkan hampir lupa kalo ane lagi nyetir SUV :big_slap: )

plus BOXER enjin dengan low center of gravity dan SYMMETRICAL AWD System turut berkontribusi mengurangi gejala bodyroll dan menjaga traksi mobil ini :mky_02:

hal lain yang ane suka dari mobil ini : MID nya, memberikan segala informasi mulai dari pergerakan arah ban,
Image
tekanan turbo dan tingkat throttle
Image
Jam analog
Image
Konsumsi BBM rata-rata
Image
Lagu yang lagi disetel... AKB48 :cupss: Heavy rotation! :mky_02:
Image
realtime Fuel Cons
Image

foto burem gegara ane ngefoto waktu moot kucing sedang bersenang-senang :big_slap:

selanjutnya, setelah membiarkan ane bersenang-senang dengan Fozzy, kendali pun ane alihkan ke mod kucing.... and all the hell begins.... :mky_03:

Image
wajah bahagia kucing.... :mky_03:

dan setelah sesi gila berakhir... kami kembali ke diler sambil berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing :big_slap: karena RANGE di MID menunjukkan ---... :big_slap: RANGE 40km setara Petra-PTC-Petra PP, habis dalam kurang dari 10 KM.... :big_slap:

dan moot kucing yang sepanjang perjalanan mendoktrin ane "Buang itu harrier , Buang itu harrier, Buang itu harrier, buang itu CR-V, Buang itu CR-V, buang itu CR-V.... ganti Fozzy, suruh bokap ganti Fozzy, Fozzy, fozzy fozzy..... " :big_slap:

Driving Impression : 8/10
Good thing : Torquey engine, low bodyroll, steering feedback, Good transmission, MID sangat berguna
Bad thing : UNDERSTEER!, Only 2000cc, brakes....

=========================
4. Verdict
Subaru Forester 2.0 XT... a quite surprising SUV, dengan seluruh teknologi Subaru dan Sound system yang baik, plus CVT Lineartronic yang bekerja sangat baik menyalurkan tenaga dari enjin.... dengan fungsionalitas yang cukup baik... mobil yang cocok sebagai mobil "petualang" maupun "family SUV"....

dengan mengesampingkan bantingannya yang stiff :big_slap:

Price tag : 538millions OTR Sby... 3 Dosa di Forester yang menyebabkan harganya tinggi : CBU Japan, AWD
Dosa lain Forester : 2000cc... turun kasta dibanding Forester XT Lama yang 2500cc
Worth? it depends.... pasar Forester cukup niche... nggak seperti CR-V atau CX-5 yang kejar volume penjualan... karena secara Size memang sekelas dengan CX-5 dan CR-V

Pembeli Forester adalah :
- Orang yang cari suasana baru
- Fanatik Subaru, fanatik AWD, dan suka Adventure
- Orang yang sekedar lewat dan langsung suka
- Minimal orang yang ngerti mobil, karena kalo nggak ngerti mobil akan beralih ke CR-V.... "buat apa nambah 70jeteng buat AWD dan turbo?"

Pros :
- Great engine and drivetrain
- Symmetrical AWD system
- Bantingan stiff... ane cenderung menganggap ini kelebihan karena memberikan kontribusi cukup baik pada handling
- Boxer engine... low centre of gravity
- Roomy
- Sound System
- MID informatif
- GC tinggi
- Sunroof
- Subaru
- Subaru
- Subaru

Cons :
- Kalo bawa keluarga akan protes karena bantingan stiff
- Doortrim menyedihkan
- Turbo spool up di 2500RPM.... which is harus berhadapan dengan turbo lag yg parah waktu stop and go
- 2000cc?
- Understeer
- Understeer
- Understeer
- Understeer

Contender by size : CR-V, CX-5, X-Trail, Grand Vitara, Captiva
Contender by price : CX-7 (Discontinued)

Overall Score : 7/10

====================================


Comparison :
1. Exterior :
- Forester : "tabrakan"
- CR-V : kebalik dengan Forester, bagian paling antiklimaks justru bokong...
- CX-5 : muncungnyaaaa.... mangapppp
- X-Trail T31 : Pantatnya kepanjangan....
- Suzuki GV : konservatif ala SUV tradisional...
Score : CX-5 / CR-V / Forester / GV / X-Trail

2. Interior :
- Forester : plain..... nggak terlalu menggugah... dan doortrim terkutuk itu
- CR-V : material plastiknya aduhhhh......
- CX-5 : single-toned... softpad... Desainnya cukup menggugah meskipun single-tone
- X-Trail : Softpad, meter cluster menarik, sayang desain dash kurang menarik
- Suzuki GV : C.R.A.P
Score : CX-5 / X-Trail / Forester / CR-V / GV

3. Room and Cargo
- Forester : average... cukup luas di row 2, cargo juga cukupan, lantai bagasi rendah
- CR-V : terluas... kaki selonjor masih bisa, cargo cukup besar, lantai bagasi cukup rendah
- CX-5 : sempittttt, cargo cukup besar, lantai bagasi tinggi
- X-Trail : suuuuuuuueeeeeeemmmmmmpppppiiiiiiitttt.... kemakan di cargo, lantai bagasi cukup rendah
- Suzuki GV : sempitttt.... cargo kecil
Score : CR-V / Forester / CX-5 / X-Trail / GV

4. Feature
- Forester : DSC, Power rear gate, HID Headlights, Smartkey, X-Mode, MID, Parking camera
- CR-V : VSA, HSA, i-MID(yang sangat nggak informatif), smartkey, errr..... apalagi yak? korban sunat jonpis
- CX-5 : VSC, i-STOP, HSA, Parking camera, MID, LDWS, AFS, HID Projector, DRL, smartkey, dst dst (lupa)
- X-Trail : Smartkey, HID Projector (XT), Rooflamp, MID
- Suzuki GV : Smartkey, HID Projector w/ Auto levelling, MID
Score : Forester / CX-5 / CR-V / X-Trail / GV

5. Engine & Drivetrain
- Forester : FA20T 240PS, 350Nm. Lineartronic CVT w/Paddleshift. AWD
- CR-V : K24Z7 190 PS, 225 Nm. 5-speed A/T with Grade Logic Control. FWD
- CX-5 : SKYACTIV-G 190PS, 250Nm. 6-speed SKYACTIV Gearbox. FWD
- X-Trail : QR25DE 166PS, 225 Nm. X-Tronic CVT with M-Mode. FWD
- Suzuki GV : J24B 166PS, 225 Nm. 4-Speed A/T. RWD
Score : Forester / CX-5 / CR-V / X-Trail / GV

6. Handling and Stability
- Forester : Understeer but controllable, almost zero bodyroll, good steering feedback
- CR-V : Dull, low steering feedback.
- CX-5 : Very agile and fun! lightweight but rigid chassis, low bodyroll, good steering feedback
- X-Trail : Very-Very-Dull
- Suzuki GV : Stable, low bodyroll, very good (yet very heavy) steering feedback.... :big_slap:
Score : CX-5/Forester/GV/CR-V/X-Trail

7. Sound system
- Forester : Harman Kardon 8-speakers w/Amplifier... bass nendang, vokal jernih....
- CR-V : Harman Karton
- CX-5 : BOSE.... treble cukup bagus... bass agak kurang nendang....
- X-Trail : - (lupa)
- Suzuki GV : Integrated HU with 6-CD Changer... Vokal kurang, bass nendang...
Score : Forester/CX-5/GV/CR-V

8. Price
- Forester : 538millions
- CR-V : 46X millions
- CX-5 GT : 44x millions
- X-Trail : 39x millions
- Suzuki GV : 35x millions
Score : CX-5 GT / Suzuki GV / Forester / X-Trail / CR-V
===========================

Thanks for reading.... sorry for bad photos :mky_01:
Last edited by ChZ on Wed Mar 26, 2014 15:05, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by madcat015 »

Pertamaaaaxxxxxx... :mky_02:

Nice ripiu bro ChZ... very very nice ripiu... :mky_02:

============================

Menambahkan ripiu bro Chz... :mky_01:

=======================================

Normal Driving Impression

Kabin cukup kedap... posisi mengemudi menyenangkan. Ane suka dengan bahan fabrik di kursi nya... Unit display menggunakan kulit yang bagi ane: kualitasnya cukup membingungkan untuk price tag 538jeteng. Bunyi "kriet2" cukup mengganggu kuping sensitif ane saat ane mencoba duduk di baris kedua yang nyaman...

Getaran mesin cukup terasa, kekedapan kabin baik...

Engage ke D... CVT nya menyenangkan, lebih halus dari Legacy... tidak jerky saat stop and go...

Enjin 2000cc turbo nya benar2 bikin ane ilfeel. Di atas kertas... Yes. 240PS dan 350nm @ 2400rpm. Seriously, ane merasakan enjin benar2 lemot... untuk bermacet2 ria dengan low rev, rasanya kurang tenaga...

Dengan sedikit flick di setir, display MID berubah menjadi status throttle dan turbo. Ane ingin membuktikan apa yang ane pikirkan, dan ternyata benar... Turbo mulai spool up di 2500rpm, 60% progress.

No... kurang mantab bagi ane... Dari awal, ane uda mikir ttg displacement yang 2000cc. Harga 538jeteng dan 2000cc? Memang akta lahir CBU... tapiiiii... :ungg:

Anyway, ane mencoba flat out, di atas 3000rpm... POWAAAAAHHHHHH!!!!! Dan suara enjin nya menyenangkan... This is boxer baby... Hingga redline power terjaga dengan baik dan torsi 350nm nya cukup menyenangkan meski tidak terlalu meledak2 dan dramatis...

Transmisi saat mode "(Simulated)Manual" terasa sedikit sluggish, sedikit pelan. Ane mem-flick paddleshift, dan rpm sedikit tertahan sebelum "berganti gear"... Mode D lebih menyenangkan.


Kualitas rem baik, sayangnya kurang mengigit untuk rem depan. Tetapi rem belakang... ahayyyyyyy... very good mucho gracias!


Ane mencoba menggerakkan setir, cukup enteng, tetapi begitu belok, berubah menjadi berat... Suspensi cukup stiff, lebih keras tetapi tidak seberapa reaktif dari Forester 3rd Gen... Body roll dan sway cukup minim, memberikan otak ane sedikit preview mengenai tabiat Forester 4th gen ini saat cornering...

Cornering?

Yes... High speed cornering... in style of course... :big_grin:


Ane merasa cukup percaya diri untuk melakukan tes berikutnya... SM Style... :big_grin:

====================================

Not Normal Driving Impression


DSC OFF... *yes... you know where this is going...* :big_grin:

Segera ane melesatkan mobil ini ke arah tikungan, lepas gas, banting setir ke kanan dengan kecepatan 60kpj... oh my cat... bro haristk benar... The Understeer Strikes Back! setelah New Hope bahwa mobil telah terlepas dari kutukan dewa understeer... :frm_bang_head:


Ban depan berusaha mempertahankan grip dan suara decitan terdengar begitu keras... ane lgs menginjak pedal gas untuk mengoreksi arah mobil... yang untung nya berhasil... Dibandingkan Forester generasi sebelumnya, understeer di Forester 4th gen ini sedikit lebih... baik. :off_good_job:

Dengan kecepatan masih di atas 60kpj, ane mengarahkan mobil ke bundaran, mengambil 1/4 jalur untuk belok ke kiri... Benar2 membuat ane harus mengantisipasi understeer nya, begitu ban kiri depan menyentuh pinggir jalan, ane segera menambah tenaga, counter steer, mobil menurut dan bergerak ke kanan, ban kanan depan menyentuh pinggir bundaran, dan kali ini benar2 harus flat out dan counter steer untuk menyelamatkan bokong mobil terperosok ke rumput di tengah bundaran... Raungan mesin dan dorongan torsi maksimum membuat seluruh ban berdecit dan mobil berhasil melewati bundaran dengan baik.....

Lanjut dengan tes berikutnya...

Di pojokan tempat ane tail slide dengan Grandis... ane mencoba hal yang sama... Dekati apex ke kiri... arahkan setir ke kanan sebelum masuk apex... lepas gas, segera banting setir ke kiri dengan tajam... tarik rem tangan... kaki siap di pedal gas untuk berjaga2 seandainya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan...

Reaksinya sesuai dengan apa yang ane harapkan...

Ban belakang mengunci, bokong bergeser ke arah kanan dengan decitan nyaring, ane segera counter steer ke kanan, lepas kan cengkraman kaliper rem belakang dengan dis-engage rem tangan, dan banzaiiii... gimme that turbo spool! gimme that divine powaaaaaahhhhh!!! Torsi buas segera mengalir ke 4 roda dan memberikan grip untuk kemudian muncung mobil menarik bokong mobil kembali ke jalur lurus...

Chassis benar2 rigid, minim sekali flexing yang terjadi... dan feedback setir benar2 baik... :off_good_job:

Sangat menyenangkan... tetapi, ane tetap merasakan kontrol traksi masih berusaha melawan dan memberikan bantuan ke mobil yang menderita...

Sesuai petuah bro billy dan bro haristk: Cabut sekering DSC dan ETC... ane lebih pilih cabut aki. :ngacir:

==================================

Dan tiba2, bro ChZ tertawa melihat sisa jarak tempuh mobil, dari yang sebelumnya 40km menjadi 20km dan akhirnya... nol, zero, zilch...

Hanya dalam beberapa kilometer sesi TD? Padahal baru di isi 8 liter pertamax plus? :big_slap:

Alamaaaaaaakkkkk... kami masih 5km dari diler di tengah rush hour Sby Barat yang terkenal tidak bersahabat bagi FC mobil apapun.


Sepanjang perjalanan ane komat kamit... semoga tidak macet, semoga tidak hujan, semoga tidak banjir, semoga tidak ada presiden yang berkunjung ke Surabaya, semoga tidak ada meteor jatuh di Sby Barat, semoga tidak ada gunung meletus, semoga tidak ada Kebo mogok di tengah jalan, semoga... semoga... semoga... :e-pray: :e-pray: :e-pray:

Akhirnya, begitu mencapai diler, ane bernafas lega... Subby ini berjalan dengan uap bahan bakar... dan setelah memberikan kunci ke satpam, saat mw diparkir di dalam service bay dealer, supir keluar dan membuka kap...

Mesin mampus kehabisan bahan bakar... tepat di depan pintu masuk bengkel... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

========================

Subby Forester 4th gen...

Sebuah refinement, perbaikan dari generasi sebelumnya. Interior lebih baik dengan softpad di dash dan fabrik-busa di door trim, MID sangat informatif dan keren (hal paling tidak membosankan di Forester ini), sound system Harman Kardon... pake d, bukan t..., sunroof segede gaban, power lift gate + electric folding chair untuk baris kedua (yang sintingnya, untuk kursi kiri switch folding diletakkan di sisi kiri dinding bagasi dan untuk kursi kanan switch folding diletakkan di sisi kanan dinding bagasi. Mengapa dibuat terpisah sejauh 1000 km begitu?), juga transmisi CVT yang cukup bisa mengimbangi dan memuaskan gaya mengemudi sebagian besar manusia normal...

Tetapi... :big_chicken:

Forester 4th gen kehilangan beberapa fungsi menarik dari generasi sebelumnya. Kursi belakang tidak reclining dan dashboard kehilangan jarum analog penunjuk realtime FC yang berpindah ke MID...

Plus, yang bikin ane protes berat: displacement enjin jadi 2000cc. Yang versi 2500cc NA dan 2500cc Turbo mannnnnaaaaaaaaaa? :frm_bang_head:

Dan kekurangan dari mobil ini... yang tidak ada di generasi sebelumnya adalah kap mesin yang bergetar saat manuver2 tajam dan HU sulit untuk dioperasikan. Membutuhkan otak ane dan bro ChZ untuk berpindah folder dan menyetel lagu AKB...

Sekali lagi, segala perbaikan di Forester 4th gen, bagi ane, terasa hambar... terasa tidak berarti dengan price tag 538jeteng... :ungg:

========================================

Forester 4th gen: Sebuah refinement impresif dalam beberapa hal, satu langkah yang baik dalam evolusi forester, meski demikian, dia kurang mengesankan, dan cenderung membosankan bagi ane...

Plus... 538jeteng nya benar2 membuat ane bingung dengan kebijakan pricing Motor Image. :ungg: :ungg: :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
sukribo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
Location: Surabaya

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by sukribo »

Istimewa bro Chz .... tambah mantap dan matang nih review nya :big_exellent:
And.... very enjoyable (car sadomasochism) review to read (not ride) mod MC :big_biglaugh:
Good jobs ... both of you ! :mky_02:
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by ChZ »

ahhh.... ane lupa... remnya sebelah kanan geterrr... :big_slap:

menurut moot kucing mobil ini hambar...

tapi ane jadi berpikir ulang betapa hambarnya CR-V dan Harrier dibanding Fozzy........ :big_slap:

saking doktrin ente selama ane nyetir "udah buang aja harrier, buang aja harrier, buang aja CR-V, buang aja CR-V, suruh bokap beli Fozzy"

:big_slap:

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by haristk7 »

Nice review bro chris dan om kitty, nanti kalo ada waktu ane coba buat yang versi offroad, Fozzy, one of my favorite SUV, apalagi warna Silver

interiornya so Impreza banget ya, tapi tuh MID kayaknya lebih lengkap dari punya ane, bisa nampilin playlist lagu segala..jadi penasaran kalo misalnya gantu HU apa tu MID halaman itu berfungsi gak ya..

yang paling ane demen itu moonroof segede gaban, enak bener ngeliatnya + X-Mode nya

btw...Sport Sharp ? :ngacir:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by ChZ »

@om sukribo :

thankyou om :mky_01:

ah hanya ripiu ga seberapa kok om... ini bagian dari rencana kaderisasi reviewer oleh bapak dosen kucing.... :mky_01:

@bro haris :
ahh thankyou bro harist... master of subie :mky_02: termasuk wejangan-wejangan sebelum eksekusi :mky_02:

ungg... ane sih kalopun beli nggak akan ubek-ubek audionya, buat kuping ane udah pas banget... :ungg:

entahlah mungkin orang yang audiophile akan tetep merasakan kekurangannya... kuping audiophile cukup unik... sebagus apapun sound system standar yang keluar tetep aja ada minusnya buat mereka :ungg:

setidaknya itu yang ane rasakan bergaul dengan temen yang mayoritas audiophile... sementara ane melipir aja kalo udah ngomong audio... :ungg:

MID? bisa pasang foto gak yah kaya i-MIDnya ahond? kan lumayan bs pandangin foto Yuko tiap nyetir.... :upss:

*lupa coba mode sport#*

:ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by billyd1773dz »

^^
salah satu mobil impian :D :D nice review as always hehehehe :D :D

sayang S# nya di lewat... imho karakter cvt n throttle seharunya akan berbeda, dan sekalipun di mode D akan langsung di kunci jadi stepped ratio 8speed.. no more boring scream of cvt infinite ratio... hehehe :D di mode lain saat di triptonik hanya 6speed tp ntar g sampe beres lagi abis fuel.. hehehe :D

dan mode XMODE hehehe :D rasanya bukan sekedar hdc deh hehe. :mky_01:

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by ChZ »

billyd1773dz wrote:^^
salah satu mobil impian :D :D nice review as always hehehehe :D :D

sayang S# nya di lewat... imho karakter cvt n throttle seharunya akan berbeda, dan sekalipun di mode D akan langsung di kunci jadi stepped ratio 8speed.. no more boring scream of cvt infinite ratio... hehehe :D di mode lain saat di triptonik hanya 6speed tp ntar g sampe beres lagi abis fuel.. hehehe :D

dan mode XMODE hehehe :D rasanya bukan sekedar hdc deh hehe. :mky_01:

:beer:
thank you bro Billy :mky_01:

sama... salah satu mobil impian ane... :ungg: sayang bokap masih antipati sama merek aneh-aneh... apalagi di Semarang ga ada BeRes... :ungg:

brp lama lagi bisa beli sendiri yak...... *ngeliat celengan ayam* :ungg:

ahh... iya... ane lupa nyoba mode Sport# nya... sayang sekali :big_slap: mode berkendara normal aja udah begini... gmn di sport# yak.... :ungg:

"when the turbo spools the [cencored] stops" :mky_03:

nah itu td salesnya bilang X-Mode itu apa yak... ane inget HDCnya doang.... :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by billyd1773dz »

^^
hdc hsa dan ningkatin agresifitas kontrol traksi sih bro.. bwat oprut berat hehe

klw mode sport di coba g bro? atau baru di intelegent?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by ChZ »

billyd1773dz wrote:^^
hdc hsa dan ningkatin agresifitas kontrol traksi sih bro.. bwat oprut berat hehe

klw mode sport di coba g bro? atau baru di intelegent?

:beer:
hmm sepertinya sih mode untuk oprut berat yak... patut dicoba... sayang ga ada medan yg cocok :big_slap:

baru coba mode intelligent kayanya tadi bro.... ane dan moot kucing ga ngubek aneh-aneh :ungg:

ngomong-ngomong....

https://www.youtube.com/watch?v=q6hX6tZk_u4

ane baru notice... mobil TD di video itu ternyata mobil yang sama yang kami TD tadi....

bukti : jok fabric... padahal unit aslinya jok kulit... dan mobil TD kami juga tadi fabric :big_slap:

dan ane rada samar-samar inget plat nomornya.... :mky_03: apa jangan-jangan mobil TD ini digilir seindonesia yak? makanya mau TD sulit :big_slap:

sepertinya sebentar lagi invoice tagihan ban dari MI akan mendarat di kotak pos mod kucing.... :mky_03: setelah bos MI mendapat laporan unitnya di-abuse sedemikian rupa oleh kucing... :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by axala »

Nice review bro chz :mky_03: :mky_03:

Ini mobil sesuai dengan standart dengan driving pleasurenya yg untungnya diimbangi dengan gimmick2 lainnya...electric seat depan belakang...PBD,sunroof raksasa...such a pleasure :mky_03:

buang harriel? Buang harriel :big_chicken: boleh aja...... tp ingat....buang ketempat ane ya :big_peace:
Me still love harriel forever n ever :big_smoking:

*ngomong2 acnya cepet gak ampe belakang....selama cepet....rear airvent tak dibutuhkan :ngacir: :ngacir:
Pursuit of Perfection
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by ola_comoesta »

Nice revieww bro CHz and modcattt saluutteee!!!

Setiap TD pesen ma salesnya jgn kapok ya bowkwkwkwkwkwk
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by madcat015 »

Note to my miserable self: lain kali, minta budget ke om tomket... kalo TD, bawa satu jerigen 10liter Perta+... Dari dulu kalo TD mobil antara mata fokus ke lampu fuel warning yang berpendar bagai pohon natal... dan tiba2 ane teringat Tuhan... "Tolong jangan biarkan kucing lemah ini mendorong mobil..." :ngacir:

Atau mobil mampus kehabisan bahan bakar, di parkiran diler... :big_slap:




...................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by Xous »

Keren tuh reviewnya. Hehe. Salute. *jd pengen merasakan sesi TD w/ sinyo kris n koh madcat. wkwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by ChZ »

@axala
wekekek... thankyou bro :mky_01:

buang ke tempat ente? tapi ente juga buang duit 700jeteng ke rekening bokap ane yak... :ngacir: *ogah rugi, RVnya masih kuat*

@bro ola
fufufu... kemarin modcat dan ane bersenang-senang... salesnya ikut bersenang-senang :mky_03:

saking happy nya kami bertiga sampe dicegat sama satpam di UC... untungnya kami berhasil menghindar :big_smoking: berkat manuver sakti dari kucing mafia :big_smoking:

@mod kucing
10liter? nggak kurang moot? :mky_03: kita bahkan kemaren habiskan 8 liter dalam sekejap :mky_03:

@bro xous
ahhh... lain kali ikut aja bro :mky_02: sesi TD with modcat bener-bener menyenangkan :mky_03: serasa naik roller coaster :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by madcat015 »

Tuh satpam2 pada rese' kmrn... dari pertama kali ente lewat pelan2 aja uda dipelototin. eh, giliran ane melintir2 lgs dicegat... padahal jalanan sepi kayak kuburan abis UC bubaran...

Tak bisakah mereka melihat seekor kucing yg sedang berusaha impressing the nonikzz? :ungg:

Uda gitu dicegat di tengah jalan pulak, ya ane ngerem... pasang hazard, melambat... begitu oknum2 tsb uda di samping mobil...


Flat out sambil meliuk dikit... :big_smoking: Bon voyage... cai cien... sayonara... so long, suckers! :ngacir:

Lain kali, bawa ini aja kl TD...

Image

:ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by ecco »

Naaahhhh...Mod kucing, jadi kesimpulannya enak mana Gen3 dan Gen4? kan udah TD keduanya...:D
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by billyd1773dz »

ChZ wrote:
billyd1773dz wrote:^^
hdc hsa dan ningkatin agresifitas kontrol traksi sih bro.. bwat oprut berat hehe

klw mode sport di coba g bro? atau baru di intelegent?

:beer:
hmm sepertinya sih mode untuk oprut berat yak... patut dicoba... sayang ga ada medan yg cocok :big_slap:

baru coba mode intelligent kayanya tadi bro.... ane dan moot kucing ga ngubek aneh-aneh :ungg:

ngomong-ngomong....

https://www.youtube.com/watch?v=q6hX6tZk_u4

ane baru notice... mobil TD di video itu ternyata mobil yang sama yang kami TD tadi....

bukti : jok fabric... padahal unit aslinya jok kulit... dan mobil TD kami juga tadi fabric :big_slap:

dan ane rada samar-samar inget plat nomornya.... :mky_03: apa jangan-jangan mobil TD ini digilir seindonesia yak? makanya mau TD sulit :big_slap:

sepertinya sebentar lagi invoice tagihan ban dari MI akan mendarat di kotak pos mod kucing.... :mky_03: setelah bos MI mendapat laporan unitnya di-abuse sedemikian rupa oleh kucing... :mky_03:
owh sayang yah hehehe..mode intelegent. mungkin kya td ahond di mode econ on kli ya?

nunggu user fozzy ngasih pencerahan sejauh apa bedanya intelegent sport dan s# mungkin bisa ngasih gambaran

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by ChZ »

madcat015 wrote:Tuh satpam2 pada rese' kmrn... dari pertama kali ente lewat pelan2 aja uda dipelototin. eh, giliran ane melintir2 lgs dicegat... padahal jalanan sepi kayak kuburan abis UC bubaran...

Tak bisakah mereka melihat seekor kucing yg sedang berusaha impressing the nonikzz? :ungg:

Uda gitu dicegat di tengah jalan pulak, ya ane ngerem... pasang hazard, melambat... begitu oknum2 tsb uda di samping mobil...


Flat out sambil meliuk dikit... :big_smoking: Bon voyage... cai cien... sayonara... so long, suckers! :ngacir:

Lain kali, bawa ini aja kl TD...


:ngacir:
ane kira ente kemaren mau berenti, ternyata cuma PHP-in satpam :mky_03:

ahhh... kalo bawa itu bisa-bisa 1 tangki truck habis buat kita have fun doang mod :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by madcat015 »

@bro billy: maaf bro, karena keterbatasan bahan bakar, ga berani TD mode Sport#... :ungg:

@om ecco: ane lebih ngeh sama yg 3rd gen. Displacement lebih besar, lebih analog, suspensi lebih lembut, dan low rev power lebih baik sedikit.

Untuk daily ride: 3rd gen
Untuk menggila: 4th gen

@bro ChZ: ga mungkin ane berhenti bro... ane bs disiram air... :ungg:

Jd ane putuskan... "errr... i must go..." :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
diveblues
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Tue Oct 23, 2012 9:42
Location: Jakarta

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by diveblues »

madcat015 wrote:Tuh satpam2 pada rese' kmrn... dari pertama kali ente lewat pelan2 aja uda dipelototin. eh, giliran ane melintir2 lgs dicegat... padahal jalanan sepi kayak kuburan abis UC bubaran...

Tak bisakah mereka melihat seekor kucing yg sedang berusaha impressing the nonikzz? :ungg:

Uda gitu dicegat di tengah jalan pulak, ya ane ngerem... pasang hazard, melambat... begitu oknum2 tsb uda di samping mobil...


Flat out sambil meliuk dikit... :big_smoking: Bon voyage... cai cien... sayonara... so long, suckers! :ngacir:

om medket :
Image


satpam :
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by ChZ »

ah yes...

ane lupa bandingkan impresi Fozzy dengan Kapal.... kebetulan waktu itu juga "TD" kapalnya mod kucing :ngacir:

sebagai tambahan, impresi berkendara Fozzy vs Mazda8 :mky_03:

Exterior
- Fozzy : Tabrakan antara depan dengan samping-belakang.... tapi boleh dibilang, cukup dramatis, cukup bagus kalo dibandingin gen.3
- M8 : err... as we know mirip dengan MPV merek sebelah yg harganya cuma 1/3 :ngacir: ext M8 cukup simpel, but elegant... berkat wheelbase panjang, dan PSD nya :mky_03:

Interior
- Fozzy : Plain, tapi fit and finish cukup baik, but no luxuries... :ungg:
- M8 : err... i love dat 3D speedometer... sangat keren... :mky_02: dan jelas lebih luxurious dibanding Fozzy

Ride & Comfort
- Fozzy : stiff.... :big_slap: kerasss banget...
- M8 : agak stiff, tapi IMHO, nyaman... kebantu ban std yang cukup tebal

Performance
- Fozzy : turbo lag... it took years to spool :big_slap: tapi begitu spool, all the fun goes out :mky_02:
- M8 : torsi yang sangat besar di putaran bawah.... gak heran, mod kucing 1/2 throttle di Graha, ane kudu main full throttle aja pake SX-4. untuk stop and go, M8 lebih menyenangkan... terbalik dengan Fozzy, putaran bawah M8 galak, begitu putaran tinggi asma mesinnya

Handling
- Fozzy : God of Understeeerrrrr di kecepatan tinggi :big_slap: untuk bermanuver di dalem kota, nggak terlalu berasa bawa mobil besar, surprisingly, sangat lincah, dan rigiditas suspensi, chassis, plus setir yang berat ketika belok menambah kepercayaan diri ane dalam bermanuver. Yang bikin ane pede bawa Fozzy, GCnya tinggi... jadi gak takut mentok
- M8 : Bawa M8 seperti bawa hatch....... yang panjangnya 5meter :big_slap: dan yang mengagetkan, M8 sangat lincah meskipun dengan bodinya yang gambot... ane baru brp meter dari Graha langsung terbiasa bawa M8... :mky_02: bahkan memarkirkan M8 di diler Subie yang sempit pun bukan perkara sulit... :mky_02: yang ane nggak terbiasa, GC + wheelbase nya yg panjang :big_slap: berkali-kali mentok di poldur Graha Family...

Sound system
- Fozzy : harman /kardon 8 speakers with ampli... i just love the bass and vocal... sangat nendang, cocok untuk dengerin tracklist AKB48 yang cheerful :mky_02:
- M8 : Coaxial... err... sebelum nyetir Fozzy, ane merasa sound M8 enak... tapi begitu sepulang dari Subaru, baru berasa ada yang kurang... bass di M8 cenderung lebih kalem dibanding Fozzy :big_slap: sepertinya lebih enak untuk nyetel lagu-lagu slow dan instrumental di M8...

Features
- Fozzy : HID, X-Mode, MID, Paddleshift, Electric Lift Gate, Sunroof, rear camera, Smartkey, SI-Drive
- M8 : HID + Projie, Electric lift gate, PSD, HU dewa, Smartkey, apa lg yak... mod kucing mgkn bisa membantu :ungg:

Conclusion :
Fozzy : Adventure car... lebih robust, spartan, GC tinggi, dan fitur-fitur penunjangnya.... plus AWD
M8 : Family car... a comfortable "Cruiser".... tidak heran bahkan seekor kucing pun betah berlama-lama di dalam :ngacir: ane baru ngeh kenapa mod kucing sangat menyukai mobil ini.... yang berlanjut ke ane yang juga menyukai mobil ini.... :upss:

and i like both :mky_02: so maybe CX-7 is the answer :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by ola_comoesta »

eaaaaa racuunnnnn bowkakakakaka
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by madcat015 »

@om diveblues: hehehe... i am as mad as a cat... :ngacir:

@bro ChZ: nah, ini dia yang bikin ane sepet... M8 ga ada MID... :ungg:

memang ada auto light, rain sensing wiper, triple zone-climate, seat heater, sunroof, rear cam, captain seat, power un-folding seats, dan akomodasi lebih ajib dari Fozzy karena mmg M8 kodrat nya MPV...

Tetap aja, liat MID nya Fozzy, ane berasa... "Siapapun yg desain M8, benar2 lupa pasang MID di mobil ini..." :big_slap:

Begitu liat M8 preFL, bah, urusan asma nya mesin L3-VE bisa dihilangkan. PreFL pake L3-VDT tune up, turbocharger, 270hp dan 380nm @3000rpm, AWD, 6sp AT, plus driving aid DSC dan sesuatu yang namanya MRCC, plus BOSE 6+1 dan HU Clarion serta kamera di bumper depan. Ga heran di jepun, M8 turbo dijadikan mobil slalom... :ungg:

Low rev power buas, hi rev terbantu turbo... :ungg:

Ane setuju, kompensasi terbaik kedua mobil itu: M8 dan Fozzy 4th gen adalah CX-7 GT... :ngacir:


@bro ola: kopdar berikutnya = no Mazda plezzz... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
duakabin
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Thu Mar 27, 2014 12:58

Re: Review Subaru Forester 2.0XT 2014

Post by duakabin »

oh berarti masih ada gejala turbo lag yah