Review: Mini Cooper S Countryman

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Review: Mini Cooper S Countryman

Post by haristk7 »

1. Pendahuluan

Lagi enak-enak jalan di mall, tiba-tiba ada yang ngajak buat liat MINI, eh ditawarin TD Countryman, karena kebetulan juga penasaran ama MINI, akhirnya ane sambut tawaran tersebut

MINI, kalo denger kalimat itu orang pasti membayangkan sesuatu yang kecil, sebagian akan berpikir kearah mobil Inggris yang mungil nan kecil. Ya, memang benar, MINI terlahir di Inggris dari British Motor Corporation, tapi sebagian orang mungkin nggak sadar ketika BMW mengambil alih Mini (dan Rover Group pada saat itu) pada tahun 1994. Yaa, untuk urusan sejarah MINI telah dibahas di thread Mr Stig kita, jadi silahkan dilihat di link ini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=19652

Kalo kita ngomongin soal MINI, kita pasti inget Mr Bean dong dengan tingkah lakunya yang konyol, kita inget MINI dia yang hijau nan mungil. Sekarang, apakah MINI sama seperti dulu ? mungil nan kecil…hmm..MINI yang gw tau sekarang itu badannya udah melar, bahkan menurut gw MINI Countryman yang gw review ini badannya termasuk panjang dan agak lebar..oke, sudah cukup pengenalannya, mari kita lihat..dari sudut pandang ane….Mini Cooper S Countryman..

Ooh ya, kebanyakan orang mungkin akan menyangka dia CBU Inggris, tidak, Countryman tidak dibuat di Inggris. Dari beberapa sumber yang ane dapat, Countryman untuk pasar Indonesia masih diproduksi di Austria, dan sebagian besar Countryman yang bertebaran di dunia, berasal dari Austria.

2. Eksterior

Image

Dari luar, sekilas tidak ada bedanya dengan MINI Cooper yang biasa kita temui di jalanan, tapi tunggu...dia lebih gemuk, ada pintu belakang, dan Ground Clearence lebih tinggi…sepertinya MINI menargetkan mobil ini untuk para pencinta MINI yang sudah berkeluarga dan senang kegiatan outdoor

Image

Apakah dengan bentuk seperti ini masih terlihat bagus ? well, buat gw sendiri, gw..cukup menyukainya, desainnya bisa dibilang timeless, ya karena menurut gw desain MINI ya itu-itu aja. Bagi sebagian mobil mungkin desain yang itu-itu saja bisa dikatakan membosankan, tapi tidak dengan MINI, ia memancarkan aura tersendiri yang cukup unik. Tapi gw mau jujur sih, desain moncong, terutama grill depannya itu rada..err..gw gak bisa nemu karakter MINI..

Image

Untuk bagian belakangnya…err..kalo boleh gw bilang, ini seperti MINI Cooper yang bodynya ditarik paksa keatas, jadi jangkung gitu belakangnya.

Image

nilai: 8/10

3. Interior

Well, karena ini MINI, ane membayangkan interior yang mini pula, kenyataannya nggak, interiornya luas ooyy, gw suka interiornya, rapih, plus dashboard dan doortrim berbahan softpad yang sayangnya finishingnya menurut gw agak kasar kalo disentuh. Yang gw suka juga, kita bisa milih warna jok kulit ama door trim sesuai selera kita. Untuk visibilty keluar bagus, pillar-pillar gak begitu menghalangi pandangan keluar, gw biasanya kurang demen ama kaca spion mobil Eropa yang rada kecil, tapi di Mini, gw gak merasa itu spion kecil + visibility ke belakang bagus :frm_tumbleft:

Image

Tapi gw masih gak demen ama Tachometer yang posisinya kadang suka ketutup ama stir, beberapa kali gw nggak bisa baca speedometer dan posisi transmisi gara-gara kehalang stir pas gw belokin itu stir.

Stirnya, well, cukup simpel menurut gw, genggamannya pas untuk tubuh gw, ada tombol Audio Controller dan Cruise Control..Cuma yang agak aneh menurut gw, Paddleshiftnya..apa gunanya ada 2 paddleshifter kalo fungsinya sebenarnya sama..tarik tuas (silahkan pilih kiri atau kanan) untuk menaikkan gigi, dan dorong tuas untuk menurunkan gigi..dari sini gw berpikir, kenapa gak dibuat konvensional saja ya seperti mobil lain pada umumnya..

pengaturan AC, foglamp, DSC..ada di bawah center console..posisinya gak enak, apalagi posisi DSC...bisa bikin buat penumpang iseng tuh..

Image

Posisi rem tangan yang…gak enak ! tangan rasanya awkward kalo mau lepas rem tangan, cara termudah adalah menaro tangan di armrest sambil menarik tuas dan melepasnya..tetep aja nggak enak. Kalo armrest yang menghalangi kita angkat…jadi aneh..well..ini kelemahan terbesar interiornya dan menjadi masalah ketika jalan macet dan driver belom terbiasa.

Image

Yang gw sukaaa sekali, Panoramic Moonroof which is very good for small car like this..bikin headroom jadi luas :mky_02:

Image

Banyak fitur yang tertanam di mobil ini, salah satu diantaranya adalah Auto Headlamp ama Rain Sensing Wiper yang sudah seharusnya standar di mobil sekelas 700jt..gw juga suka pengaturan tombol lampu dan moonroofnya, berasa ngontrol lampu di kokpit pesawat :mky_03:

Image

General score 7/10

3a. Build Quality

Untuk build quality, gw akan expect quality Eropa, sayangnya meleset…buatannya seperti rada kasar, tapi bener juga tuh apa yang dibilang om helm putih, sepertinya anda akan melupakannya begitu anda memasuki kabinnya, walaupun ane bisa bilang untuk Build Qualitynya cukup disayangkan dari mobil seharga 700an JT Rupiah. :e-naughty:

Nilai 6.25/10

3b. Entertainment System

Image

Begitu ane masuk ke mobil, ane melihat lambing Harman Kardon, oke..untuk membuktikannya ane menyetel "ACDC – Thunderstruck", "Westlife – Flying Without Wings", "SayLouLou – Julian (Chainsmoer Remix)", dan beberapa lagu lainnya..hasilnya ? SUPERB ! suaranya jernih ! i love it, telinga gw begitu dimanjakan oleh sound system yang mantap dan benar-benar menjamin pengemudinya gak akan merasa bosan di tengah kemacetan :frm_salut:

Menurut website http://www.mini.harmankardon.com/en/veh ... nical.aspx

Ada 10 speaker Harman Kardon yang udah termasuk 1 subwoofer dan 1 amplifier, this is awesome ! i love it ! rasanya ane betah banget cruising jarak jauh kalo lagu yang keluar dari speakernya jernih bener :cupss:

Image

Oke, di tengah ada…piring ? buletan gede banget, yang menunjukkan speedometer dan layar multimedia + information. Di layar ini kita bisa tau kapan harus servis, keadaan mobil, log trip, pengaturan audio, dsb..dimana pengaturannya menggunakan semacam bunderan kecil berwarna kuning di tengah center console..yang posisinya sedikit menyulitkan kalo lagi berkendara menerobos macet.

Image

Pilih music yang kita suka, dan lupakan tombol kecil di tengah itu, atur saja volume dan lagu berikutnya lewat tombol audio di stir, sistem infotainment untuk USB buat gw agak membingungkan, karena gw gak bisa nemu perintah untuk shuffle lagu dari USB gw..
Sayang gw gak bisa nelurusin semua menu yang ada karena keterbatasan waktu..hiks

Nilai: 8.75/10

3c. Storage

Image

It’s a MINI, jadi gw gak akan expect untuk tempat penyimpanan yang banyak. Sebagai Crossover, gw akan berharap tempat bagasinya kayak Nissan Juke lah, yang dimana….beda tipis, setidaknya muat 2 koper yang ukuran sedeng, lalu masih ada lemari penyimpanan dibagian bawah tray yang cukup untuk menyimpan kardus pempek dan kotak sepatu.

Image

Tempat penyimpanan untuk di kabin, bisa dibilang hanya ada door pocket dan glovebox, setidaknya 2nd row dapet seat pocket. Well, emang gak banyak, jangan harap banyak ama MINI…imho..

Nilai: 7/10

3d. Seating

Image

It’s a MINI…dan gw membayangkan kursi yang sempit…dimana gw salah…Countryman ini posisi duduknya enak, lumayan bikin gw betah, baik buat 1st dan 2nd row. Bisa dibilang posisi duduknya 2nd row lebih enak dan lebih roomy dibanding XTrail T31..apalagi kalo ditambah lagu favorit kita, mantap cuuyy..sayangnya pengaturan kursi driver masih manual..belom electric

Image

Nilai: 8/10

4. Driving Impression

Masukkan kunci ke slot, injak rem, dan tekan tombol start..cara yang unik untuk mobil yang ada push start button, mungkin sengaja kayak gitu biar orang gak lupa naro kunci dimana. Mobil ini dibekali dengan 4 ban Goodyear RFT (Run Flat Tires) dengan ukuran 225/45/R18. Klaimnya ban RFT sih mobil bisa jalan sejauh maks 60km dengan kondisi ban tertancap paku/besi/yang bikin bocor ban. Kelemahannya, gak ada ban cadangan. Makanya kan di bagian bawah tray masih ada tempat penyimpanan luas..wong ban cadangan udah lenyap..

Mobil kemudian menggelinding ke arah jalan tol terdekat, dan gw bisa cepat beradaptasi dengan respon gas si MINI, feelnya menurut gw beda dari mobil Eropa lain, lebih mendekati mobil Jepang kelas premium. Sesekali melewati jalanan rusak..dimana suspensinya enak ngeredam jalan jelek..di kecepatan rendah. Masuk tol dan segera tancap gas, oke..ini enak, tenaga dan torsinya kerasa dan seketika mobil langsung mendekati kecepatan 100km/h, good for speed freak ! Torsi puncak sebesar 240nm sudah kerasa di 1600rpm hingga 5000rpm + tenaga puncak sebesar 184hp kerasa di 5500rpm, i love it ! mobil ini good for long distance cruise, dan transmisinya dikala upshift enak banget, gak kasar.

Bagaimana dia bermanuver ? gw suka dengan stirnya yang EPS tapi gak begitu ringan, feedbacknya bagus, gw bisa tau ini mobil mau lari kemana. Sangat gesit si kecil yang satu ini..kecil-kecil cabe rawit emang dah, gw suka sekali dengan handling mobil satu ini ! sayang deket tempat test drive gak ada jalur pegunungan yang berlika-liku, i would love to eat that kind of road with MINI ! :mrgreen:

Keluar tol dan masuk ke jalan biasa, jalankan dengan kecepatan 60km/h...hmm…jalanannya rada rusak..tiba-tiba..BRUUUKK..wess nginjek lobang..tapi suspensinya kok keras amat, nggak begitu nyerap, beda perangainya kalo dibawa pelan, bantingannya rada keras, mirip kayak Juke yang biasa dulu gw pake..mungkin karena GC nya tinggi, sebagai balesan untuk handling yang wuenak, suspensi jadi keras.

Rem, bagaimana dengan rem ? Yaa ke 4 ban dilengkapi Cakram dengan 4channel ABS, EBD, dan BA..dan rasa pengeremannya, seperti di Impreza 2.0i-S yang gw pake sehari-hari, lembut tapi gigit. Nah tapi disini ada kelemahannya, untuk transmisi..sepertinya hampir tiap kali gw rem, si transmisi kayak bingung gitu mau ke gigi berapa, mau turun 1 apa 2 gigi nih, downshiftnya juga kerasa rada kasar..and i don’t like it.. :off_no:

Dengan GC yang tinggi membuat Countryman pas untuk melibas jalanan Jakarta yang kerap tergenang banjir dan lobang di sana-sini, dengan bayaran suspensi keras tentunya..

Nilai: 8.75/10

5. Safety Feature

Gak usah gw jelasin banyak-banyak ya, fitur standar Eropa dengan 6 airbags, ABS EBD BA, Stability Control, Traction Control, Child ISOFIX, RFT tires, sensor parkir yang ada display unik terlihat di MID yang di piring tiap kali mundur..bahkan di Cooper S Countryman ada Electronic Diferential Lock. Dengan fitur safety bejibun, yaa kita merasa terlindungi, aman, dan confident..tapi dengan perlengkapan safety sebanyak ini, jangan kelewat PD aja kalo nyetir..masuk parit gara-gara kelewat PD gak tanggung ya gw..i warn you already

Nilai: 9.5/10

6. Conclusion

MINI, sebuah brand inggris yang sekarang “Warga Negara” Jerman, dikenal dengan mobilnya yang mungil dan unik. Orang berpikir mungkin gak cocok untuk jalanan di Indonesia yang…lobang dimana-mana..tapi dengan adanya Countryman, crossover SUV dari MINI, pencinta MINI gak usah khawatir mobilnya nyium aspal berkali-kali.. :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Dan sekarang…apa ini mobil layak dimiliki ?

- Apakah anda fans MINI dan ada rezeki berlebih lalu ingin menambah jumlah koleksi ? silahkan saja, tapi jangan kecewa dengan desain grillnya
- Apakah anda fans MINI dan ingin memiliki MINI tapi khawatir Ground Clearence ? silahkan menimang mobil ini
- Apakah anda fans mobil Eropa dengan harapan Kualitas Interior bagus ? hmm, lebih baik anda pilih mobil merk lain deh..
- Apakah anda suka melakukan perjalanan jauh dengan banyak barang bawaan ? kalo iya, pilih SUV beneran deh, bagasinya sih bisa nampung koper, tapi gak banyak..
- Apakah anda suka bepergian hunting kuliner di kota lain ? kalo iya, MINI jadi teman yang pas untuk anda
- Apakah anda termasuk keluarga kecil (2 orang dewasa + 1 anak kecil) ? kalo iya, silahkan menimang mobil ini jika budget mencukupi, saya 80% yakin anak anda dan pasangan anda menyukai mobil ini, almost everybody love MINI !
- Apakah anda seorang speed freak dan ingin mobil kecil dengan hadling bagus serta bisa dipake light offroad ? jika iya, silahkan pilih mobil ini, GC tinggi, pengendalian maknyus, dan tenaga yang hebat, anda akan merasa puas mengemudikannya


Dari saya: MINI Cooper S Countryman “A car that either you will love it, or hate it”

Apakah saya sendiri menyukai nya ? ya, saya suka mengendarainya, fun little crossover ! saya bisa kesampingkan masalah tampang depannya yang not so MINI..tapi mungkin posisi hand brake akan sedikit mengganggu

Pros
- GC tinggi, cocok buat jalanan Jakarta dan kebanyakan Indonesia
- Bensin gak begitu boros..average 11.4km/l berhasil ane catat pas TD
- Interiornya luas untuk MINI
- Soundsystem bikin betah di mobil
- Tenaga dan Handling mantap

Cons
- Suspensi keras
- Pengoperasian Infotainment systemnya rada membingungkan, jangan lupa baca buku manual
- Transmisinya kalo kita nurunin kecepatan kerasa bingungnya pas downshift
- Posisi handbrake
- Minim tempat penyimpanan
- hmm…apa lagi ya ?

7. Score

Scorenya untuk MINI Cooper S Countryman menurut penilaian saya adalah....8.2/10

segitu aja dulu review dari nubitol bin sotoy ini..sori kalo ada kesalahan dan kalimat tidak enak :mky_01:

notes: bbrp gambar terpaksa diambil dari internet karena ntah knp hilang dari kamera..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
SilverK610i
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by SilverK610i »

No pertamex

Viva la premium

Mobil keren nih,review nya juga keren.

Btw, ane setuju soal grille nya.kayak bukan mini.

Tapi walopun begitu, sekilas liat pun orang awam juga tau klo ini adalah mobil mini.
Last edited by SilverK610i on Wed Feb 05, 2014 13:27, edited 2 times in total.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by billyd1773dz »

wowh.. mantapp :D :D

d indo countrymannya awd g sih?
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by Felixz_Yaris »

nice repiu kak... :big_grin:
wa demen sama mini, dari paceman, countryman, apalagi sama JCW :mky_02: :mky_02:
btw uda AWD kah ? denger2 uda AWD
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by axala »

nice review kak :mky_02: :mky_02: :mky_02:

akhirnya...tau juga soal MINI gendut ini... :mky_03: :mky_03:

gaada niat mau beli...to expensive for me :big_grin:
Pursuit of Perfection
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by madcat015 »

Wow.... British car lagi di SM... very nice ripiu bro haristk! :mky_02:

Mini Countryman ini, entah mengapa, bagaikan Mini on steroid... dipaksa untuk jadi off-roader... meski jujur, ada mobil rally nya juga sih... :mky_01:

Nothing beats Mini on interior cuteness and classic thing... and spine breaking suspension... :big_slap: :big_slap: :big_slap:

O iya, bijimane respon transmisi saat cruise low speed? dan saat tiba2 kita harus flat out untuk menyalip?
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
sukribo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
Location: Surabaya

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by sukribo »

Weww ... ada reviewer mantap lagi dari SM :mky_02:
Good job om haristk ... I love it ! :big_exellent:
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by artoodetoo »

Wow, very nice review :mky_02:
Gile, mobil kecil ini luas ya ternyata.
Sanrupnya .... ahooyy :big_exellent:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by haristk7 »

@ om SilverK610i : iya orang sekilas juga akan tau itu MINI, cuma grill depannya aja yang gak kayak karakter MINI

@ bro billy ama Felly : sorrryyyy...gw lupa itu FWD apa udah AWD :frm_bang_head:

@ axala : thank you, beli laaa :mky_02:

@ om kitty: respon transmisi saat cruise lowspeed malah anteng, begitu bejek full dia langsung nurunin gigi..which is menurut ane kerasa nyentak yang kurang enak..

@ om sukribo : thank you om :mky_01:

@ om droid : thank you om, sanrupnya emang ahooyy..me like it :mky_02:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by amfibi »

Nice review kak :mky_02:

Countryman ini ga bisa dibilang mini lagi... wong ukurannya gede bener... :mky_03:
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by ola_comoesta »

Nice review om haris..personally dr dlu ga terlalu suka mini yg ini..hehhe, namanya ituloh kayak..errr "clubman"


Hahahah itu leather dalemnya gimana om? Klo di indo beli mini bisa custom kayak di luar negeri gak ya, warna spion, warna detailinng lainnya
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by AD74YA »

Nice review oom Harist...

For me personally, MINI's ugliest car. Hated it to death.

Untuk transmisi yang suka bingung, bisa jadi disebabkan OBD MINI yang kadang terlalu reaktif ke gaya mengemudi.. Mobilnya berusaha terlalu keras menyesuaikan diri dengan keinginan pengemudi malah jadinya gak nyambung. Hal ini timbul terutama jika settingan berada dalam mode Sport..

Salute :frm_salut:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by ChZ »

nice review bro harist :mky_02:

tampang depannya agak aneh :big_chicken: but it's a MINI, either you love it or hate it :big_grin:

sebuah MINI yang tidak mini :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by haristk7 »

@ fibby : thank you, setuju, Countryman isn't mini for a MINI :mky_03:

@ om ola : makasih pak, leathernya ya lumayan enak buat didudukin walaupun menurut ane gak senyaman leather Mercedes. Kalo di Indo cuma bisa custom sticker, warna kursi, ama warna doortrim

@ om helm : makasih om helm, thanks untuk penjelasannya, kemaren emang mode Sport nyala sih..ane baru sadar pas di bagian akhir TD

@ ChZ : thanks bro, hehehe yeah..either you hate it or love it :big_grin:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by abrof »

nice review bro haristk7.....mini gendut bin tinggi....
MetKet

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by MetKet »

Pejwaan :D
Nice ripiu om^^
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by ChZ »

Just adding some notes

kebetulan tadi setelah TD Hyundee, ane, madcat, dan oom sukribo nglencer ke Lenmarc, SSI ke MINI (sayangnya nggak ketemu "MC" yang satu lagi :ngacir: ) dapat Countryman sebagai pelipur lara.

Exterior
Sebuah MINI yang MAXI. Ketika tadi liat CooperS F56 bersanding dengan Countryman 2013, kayak jejerin Swift sama SX4, keliatan gambot bener itu Countryman.

Ya pas lah, Swift kan juga KW-nya MINI Cooper :ngacir:

Image

Image

Image

Image

MINI on steroid, indeed.

Interior
Somehow ini baru interior sebuah MINI. Compared to the successor, F56 CooperS, interior Countryman yang berbasis CooperS R56 masih terasa sangat MINI-esque. Sangat unik dan lucu, speedometer di tengah khas MINI, dimana di F56 malah speedometernya pindah ke balik setir :frm_bang_head: di mobil biasa hal ini bagus, tapi tidak di MINI.

Makanya oom helm sebagai MINI Enthusiast sangat mencela F56 karena kehilangan uniqueness sebuah MINI.

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Mobil yang interiornya bikin ane ketawa-ketawa heran sendiri kayak orang gila, lucu banget sih nih mobil. Segala sesuatu serba unik. Sulit dioperasikan kadang, tapi justru itu seninya sebuah MINI :big_cat:

Driving impression

Image

Kunci seperti ini dimasukkan ke slot khusus, lalu baru kita pencet tombol start/stopnya. Mesin menderum, langsung ane bawa keluar.

Kesan pertama ketika nginjek pedal gasnya adalah : exactly like oom helm said, old MINIs selalu punya kecenderungan "bagian depan mobil seakan ingin melepaskan diri dari body". Dan memang benar adanya, ketika ane injak gas penuh itu moncong berisi enjin 1.6Liter Turbo begitu turbo sudah spool up beneran kayak narik seluruh bagian body dan memberikan G-Force yang sangat kuat.

Karakter seperti ini membuat Countryman bagaikan seekor bulldog yang ngamuk karena makanannya diambil. Like a little bulldog, angry, twitchy, and fast. Ketika F56 malah ride nya terasa BMW-esque dan lebih ke gokart-feel, Countryman memberikan sensasi berbeda dengan karakter sejati sebuah MINI.

Selain itu, waktu berbelok pun terasa cukup ngeri, ada perasaan "mobil seperti akan terbelah dua" seperti kata oom helm, dan itu juga benar ane rasakan. Masalahnya, hal ini malah bikin tambah fun. :mky_02:

Chassis yang terasa seperti ingin melepaskan diri ini membuat Countryman terasa very-very fun and draws a huge smile on the driver and the passengers. Bukan bikin ngeri, malah tambah fun!

Bobot steering akurat dan feedback cukup berlimpah, steering racknya terasa quick, terbukti roda mengikuti gerakan setir dengan lincah dan nyaris tanpa jeda. Semakin menegaskan bahwa mobil ini sangat fun! MINI yang MAXI, tapi feel mengemudinya sama sekali nggak terasa MAXI. Tetap terasa MINI, sangat-sangat lincah.

Bantingan cukup keras tapi ya it's a MINI, trade off dari pengendalian yang terasa lincah. Tapi nggak terasa ngocok perut kayak di Hyundai Tucson yang sebelumnya kami TD. Malah menurut standar bokong kami (ane dan madcat), Countryman ini cukup nyaman untuk daily commuter.

Price tag 800juta dengan diskon 25juta (pengajuan bisa sampe 50juta), IMO lebih baik ambil yang CooperS Cabrio R56. More unique, dan desainnya juga lebih cakep dari Countryman.

Conclusion : oom helm, you're goddamned right. This is the "real" character of a MINI
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by andrijet »

Pindahin speedometer dari tengah ke kanan di Mini F56 itu big fvcking no menurut saya.
:off_lazy:
Dan itu bonnet biasa aja lha gak usah dipanjang-panjangin kayak BMW.
F56 itu harus belajar arti kata P-R-O-P-O-R-S-I bukan ke Porsche Panamera atau Ferrari apa itu yg hatchback...
:off_good:
*grumpy
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3692
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by sandal »

Ada review duo nih :big_chicken: :big_chicken:


Btw nice review both of you :mky_02: :mky_02:
Mungkin mini countryman ini pas buat ane yg badannya yg sangat gemuk nan tinggi :ngacir: :ngacir:
Apalagi 4 door yg bagus :big_grin: :big_grin:
Tp yg F56 memang sangat hilang uniquenessnya....
Malahan ane pingin R3nya persis kaya mini cooper :ngacir: :ngacir:
Daaannnnn.... Sangat mahal harganya :big_slap: :big_slap: :big_slap: :big_slap: :big_slap:

Nunggu bekas aja deh :ngacir:
@ChZ :
Btw, itu TD Countryman NIK 2014?
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by evolution21 »

Muahallll
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by montirangin »

evolution21 wrote:Muahallll
tawar aja om :D
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by ChZ »

andrijet wrote:Pindahin speedometer dari tengah ke kanan di Mini F56 itu big fvcking no menurut saya.
:off_lazy:
Dan itu bonnet biasa aja lha gak usah dipanjang-panjangin kayak BMW.
F56 itu harus belajar arti kata P-R-O-P-O-R-S-I bukan ke Porsche Panamera atau Ferrari apa itu yg hatchback...
:off_good:
*grumpy
F56.... ngakunya sih the new original.... sejak kapan original Mini speedonya di balik setir? :shrug:

setuju oom, F56 dengan bonnet yang dipanjangin malah terkesan creepy, jadi aneh, belom lagi depannya too much bling.

di showroomnya masih ada R56 untuk display yang cabrio, dan jujur aja tampang dan proporsi R56 jauh lebih baik dibanding F56... IMO.

Porsche Panamera dan Ferarri FF ya oom? :mrgreen:
sandal wrote:Ada review duo nih :big_chicken: :big_chicken:


Btw nice review both of you :mky_02: :mky_02:
Mungkin mini countryman ini pas buat ane yg badannya yg sangat gemuk nan tinggi :ngacir: :ngacir:
Apalagi 4 door yg bagus :big_grin: :big_grin:
Tp yg F56 memang sangat hilang uniquenessnya....
Malahan ane pingin R3nya persis kaya mini cooper :ngacir: :ngacir:
Daaannnnn.... Sangat mahal harganya :big_slap: :big_slap: :big_slap: :big_slap: :big_slap:

Nunggu bekas aja deh :ngacir:
@ChZ :
Btw, itu TD Countryman NIK 2014?
yes, probably a MINI for the MAXI, and a MINI for family man. Walaupun secara harga lebih mahal dari MINI Cabrio. Kalo sama-sama mobil untuk mejeng ya MINI Cabrio jauh lebih menarik....

nope, Countryman NIK 2013.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by montirangin »

kalo harga segitu, apa ga sekalian mending scirocco ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15619
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by ChZ »

montirangin wrote:kalo harga segitu, apa ga sekalian mending scirocco ya?
di range harga 750-800juta kita dapet :

- MINI Cabrio 2013 R56 (750juta)
- MINI CooperS 2014 F56 (sayangnya R56 udah nggak ada yang CooperS biasa)
- VW Golf GTI (730juta)
- VW Scirocco R (841juta)

beda kelas sih, tapi harga segini kalo cari unique ya mending MINI Cabrio sekalian.... kalo cari performance ada Rocco R dengan nombok dikit atau New Subaru WRX STi dapet kembalian 100juta :mrgreen:

kalo SUV Crossover harga segini errr..... Audi Q3?

:ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review: Mini Cooper S Countryman

Post by montirangin »

audi q3 695jt kalo ga salah harga di jakarta. diskon ga tau dulu sih masih under 50jt. tapi ya itu..dalem liat sih bagus, tapi brand image dan reliability issuenya jadi masalah besar. so audi is off for me..