Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Selamat malam nubie haturkan kehadiran para momod, suhu dan SMers sekalian...
Perkenankan nubietol paling lontong se SM ini untuk menulis ripiu mobil horror...
============================================
Pas malam2, ada yang telpon... Sang penelpon yang kebetulan teman ane cuman bilang, mobil siap di depan rumah...
Ane liat, ternyata ada penampakan mobil warna perak baru kinyis2... dari siluet samping sudah terlihat... ini Suzuki Ertiga...
Dengan perasaan campur aduk, ane keluar rumah, dan voila! ini R3 GX... dan MATIK!!! Oh yeah!
Eksterior ane ga bakal banyak komentar... Bikin krisis identitas sama mobil ane yang kw8 dengan harga lebih mahal 3x lipat yang lagi tidur dengan tenang di dalam garasi...
Begitu masuk ke kabin, aroma mobil baru menyapa ane... putar kunci dan sapuan warna oranye memenuhi seluruh panel dan instrument cluster... Ada MID segede gaban di tengah cluster... yang bahkan tidak dimiliki sodara jauh kw8 nya dari pabrikan sebelah...
MID hanya menunjukkan konsumsi bbm rata2 tanpa ada bar graph seperti SX-4... tapi sudah lebih baik... karena ada MID... dari pada ga ada seperti (lagi2) sodara jauhnya...
Material dashboard baik, enak untuk dijilat... err... maksud ane disentuh... dan tidak seheboh saingannya jika diketuk... o iya, ane suka dengan kesederhanaan instrument clusternya...
Posisi duduk cukup nyaman, bahan jok agak keras tapi ga kayak duduk di kayu... Setir cukup pas lingkarnya dengan steering switch... yang lagi2 tidak dimiliki sodara jauh nya...
Baris kedua dapat digeser maju, ane sisakan 22 cm untuk penumpang. Sayang nya, mekanisme penggeserannya agak keras.
Baris ketiga cukup sempit..., not that much to say... kualitas fabrik standar untuk seluruh jok, bekleed sangat ane sarankan demi kebersihan jok.
Putar kunci starter, mesin menderum...
Tuas transmisi ane posisikan ke D. Pergerakan tuas sangat ringan dan seamless... nyaris tanpa cela... lepas rem dan mobil menggelinding halus... kekedapan kabin standar, yang pasti lebih baik dari si Kentjang nan Irit...
Tekan pedal gas, rpm naik perlahan dan ane memperhatikan perpindahan gear cukup halus... tenaga lumayan baik dan respon torsi juga menyenangkan karena FWD. Hanya saja, tidak ada indikator gear keberapa yang digunakan... injak pedal gas lebih dalam, downshift cukup baik meski tidak segahar sodara jauhnya. Ada tombol O/D alias overdrive di samping tuas transmisi yang ane coba, rpm rada naik dikit untuk engine brake...
Setir ringan dan menyenangkan, manuver parkir berhasil ane eksekusi dengan mudah tanpa insiden apapun...
Bantingan suspensi cukup lembut, ane merasa nyaman... jika diisi penuh, keliatannya akan lebih lembut. Saat menghajar polisi tidur, hanya 2-3x pantulan lembut dari suspensi... bakal nyaman untuk perjalanan jauh... asal legroom dan jok lebih baik lagi...
HU integrated ala SX-4 membuat dash terlihat mewah tetapi elegan... kualitas suara cukup baik, juga USB ready (port nya ada di center dash bagian bawah)... dan yang bikin ane semakin miris... ada 2 biji tweeter di pojokan dashboard... Buset, sekali lagi, sodara jauhnya aja ga punya... kacau bener...
Ane coba respon rem nya... cukup baik dan sigap... sementara rem tangan cukup menggigit...
Handling cukup baik dan ane coba dengan sedikit manuver tajam... Body roll tidak selimbung kucing mabuk... Benar2 cocok untuk meliuk2 di tengah kemacetan kota...
AC cukup dingin (uda malam juga... doh...) dan berhubung ini trim tertinggi, tentu saja sudah double blower...
Kualitas pencahayaan cukup terang dan jelas meski hanya menggunakan lampu biasa non projector... tombol lampu kabut terletak di kanan dashboard, persis SX-4... untuk lampu signal, ada hal yang menarik... Tuas lampu signal hanya perlu di colek sedikit, maka lampu signal akan berkedip 3x, apabila di tekan penuh sampai bunyi klik, maka lampu signal akan berkedip terus... nice little thing yang juga ga ada di sodara jauhnya. Doh!
Power window pintu pengemudi sudah automatic, tapi hanya untuk turun, untuk menaikkan kaca harus mengangkat tombol terus... hmmm....
Ban menurut pengakuan yang punya, pake GT something, ane malas ngecek malam2...
Setelah makan malam, selesailah tugas ane men TD mobil cukup fenomenal ini... O iya, teman ane ini sudah ane racun pakai R3 KW8, ternyata dia bungkus R3 orisinil...
Bah!
Verdict:
- Mobil yang baik untuk keluarga hingga max 7 orang... kalau 6 orang, ane rate sangat baik...
- Tampilan elegan, tidak berlebihan... cuman butuh sedikit sentuhan di bagian bokong nya...
- Suspensi lembut, kekedapan kabin baik, handling menyenangkan, transmisi halus...
- HU integrated, kualitas suara baik, instrument cluster sederhana tapi fungsional...
- Respon mesin baik, hanya saja kurang galak untuk kick down nya...
- Kualitas jok perlu diperbaiki sedikit, rada keras dan warna fabrik yang cerah rentan terhadap kotoran.
- Kompartemen penyimpanan ane ga sempat cek...
*maaf ada beberapa poto yang bebal... ane rotate malah salah arah terus...*
Demikian ripiu ane..., apabila ada yang salah mohon ane dimaafkan (seperti kesalahan ane ripiu CX-5 2.5 yang ane post punya heater... padahal tidak... hehehehe), apabila ada kalimat yang menyinggung mohon ane juga dimaafkan...
Perkenankan nubietol paling lontong se SM ini untuk menulis ripiu mobil horror...
============================================
Pas malam2, ada yang telpon... Sang penelpon yang kebetulan teman ane cuman bilang, mobil siap di depan rumah...
Ane liat, ternyata ada penampakan mobil warna perak baru kinyis2... dari siluet samping sudah terlihat... ini Suzuki Ertiga...
Dengan perasaan campur aduk, ane keluar rumah, dan voila! ini R3 GX... dan MATIK!!! Oh yeah!
Eksterior ane ga bakal banyak komentar... Bikin krisis identitas sama mobil ane yang kw8 dengan harga lebih mahal 3x lipat yang lagi tidur dengan tenang di dalam garasi...
Begitu masuk ke kabin, aroma mobil baru menyapa ane... putar kunci dan sapuan warna oranye memenuhi seluruh panel dan instrument cluster... Ada MID segede gaban di tengah cluster... yang bahkan tidak dimiliki sodara jauh kw8 nya dari pabrikan sebelah...
MID hanya menunjukkan konsumsi bbm rata2 tanpa ada bar graph seperti SX-4... tapi sudah lebih baik... karena ada MID... dari pada ga ada seperti (lagi2) sodara jauhnya...
Material dashboard baik, enak untuk dijilat... err... maksud ane disentuh... dan tidak seheboh saingannya jika diketuk... o iya, ane suka dengan kesederhanaan instrument clusternya...
Posisi duduk cukup nyaman, bahan jok agak keras tapi ga kayak duduk di kayu... Setir cukup pas lingkarnya dengan steering switch... yang lagi2 tidak dimiliki sodara jauh nya...
Baris kedua dapat digeser maju, ane sisakan 22 cm untuk penumpang. Sayang nya, mekanisme penggeserannya agak keras.
Baris ketiga cukup sempit..., not that much to say... kualitas fabrik standar untuk seluruh jok, bekleed sangat ane sarankan demi kebersihan jok.
Putar kunci starter, mesin menderum...
Tuas transmisi ane posisikan ke D. Pergerakan tuas sangat ringan dan seamless... nyaris tanpa cela... lepas rem dan mobil menggelinding halus... kekedapan kabin standar, yang pasti lebih baik dari si Kentjang nan Irit...
Tekan pedal gas, rpm naik perlahan dan ane memperhatikan perpindahan gear cukup halus... tenaga lumayan baik dan respon torsi juga menyenangkan karena FWD. Hanya saja, tidak ada indikator gear keberapa yang digunakan... injak pedal gas lebih dalam, downshift cukup baik meski tidak segahar sodara jauhnya. Ada tombol O/D alias overdrive di samping tuas transmisi yang ane coba, rpm rada naik dikit untuk engine brake...
Setir ringan dan menyenangkan, manuver parkir berhasil ane eksekusi dengan mudah tanpa insiden apapun...
Bantingan suspensi cukup lembut, ane merasa nyaman... jika diisi penuh, keliatannya akan lebih lembut. Saat menghajar polisi tidur, hanya 2-3x pantulan lembut dari suspensi... bakal nyaman untuk perjalanan jauh... asal legroom dan jok lebih baik lagi...
HU integrated ala SX-4 membuat dash terlihat mewah tetapi elegan... kualitas suara cukup baik, juga USB ready (port nya ada di center dash bagian bawah)... dan yang bikin ane semakin miris... ada 2 biji tweeter di pojokan dashboard... Buset, sekali lagi, sodara jauhnya aja ga punya... kacau bener...
Ane coba respon rem nya... cukup baik dan sigap... sementara rem tangan cukup menggigit...
Handling cukup baik dan ane coba dengan sedikit manuver tajam... Body roll tidak selimbung kucing mabuk... Benar2 cocok untuk meliuk2 di tengah kemacetan kota...
AC cukup dingin (uda malam juga... doh...) dan berhubung ini trim tertinggi, tentu saja sudah double blower...
Kualitas pencahayaan cukup terang dan jelas meski hanya menggunakan lampu biasa non projector... tombol lampu kabut terletak di kanan dashboard, persis SX-4... untuk lampu signal, ada hal yang menarik... Tuas lampu signal hanya perlu di colek sedikit, maka lampu signal akan berkedip 3x, apabila di tekan penuh sampai bunyi klik, maka lampu signal akan berkedip terus... nice little thing yang juga ga ada di sodara jauhnya. Doh!
Power window pintu pengemudi sudah automatic, tapi hanya untuk turun, untuk menaikkan kaca harus mengangkat tombol terus... hmmm....
Ban menurut pengakuan yang punya, pake GT something, ane malas ngecek malam2...
Setelah makan malam, selesailah tugas ane men TD mobil cukup fenomenal ini... O iya, teman ane ini sudah ane racun pakai R3 KW8, ternyata dia bungkus R3 orisinil...
Bah!
Verdict:
- Mobil yang baik untuk keluarga hingga max 7 orang... kalau 6 orang, ane rate sangat baik...
- Tampilan elegan, tidak berlebihan... cuman butuh sedikit sentuhan di bagian bokong nya...
- Suspensi lembut, kekedapan kabin baik, handling menyenangkan, transmisi halus...
- HU integrated, kualitas suara baik, instrument cluster sederhana tapi fungsional...
- Respon mesin baik, hanya saja kurang galak untuk kick down nya...
- Kualitas jok perlu diperbaiki sedikit, rada keras dan warna fabrik yang cerah rentan terhadap kotoran.
- Kompartemen penyimpanan ane ga sempat cek...
*maaf ada beberapa poto yang bebal... ane rotate malah salah arah terus...*
Demikian ripiu ane..., apabila ada yang salah mohon ane dimaafkan (seperti kesalahan ane ripiu CX-5 2.5 yang ane post punya heater... padahal tidak... hehehehe), apabila ada kalimat yang menyinggung mohon ane juga dimaafkan...
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
ga boleh atuh r3 dikasih pertadex
btw, kayanya TS nya mau nukerin kw ke ori neh
btw, kayanya TS nya mau nukerin kw ke ori neh
"The Power of ren-Dreams"
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Hmm... antek temennya kroni Akiyo dah beralih ke Sijuki nih. Nice review!!!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
mejeng pejwan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Kloneng sapa lg neh Resele Value haissssss..
----------
Warning pertama dr ane buat TS nya. Reason: terlalu byk pk icon jedotin kpala ke tembok. Stres R3 kw 8 nya kalah fitur. La iyala brg kw, menang PSD doank..
Nice and humble FR bro...
----------
Laporan dr TKP pelosok, R3 mulai byk dipake sebagai mobdin instansi, tempo2 hari kan melulu AvXen or Ipah.
Welldone Suzuki.
----------
Warning pertama dr ane buat TS nya. Reason: terlalu byk pk icon jedotin kpala ke tembok. Stres R3 kw 8 nya kalah fitur. La iyala brg kw, menang PSD doank..
Nice and humble FR bro...
----------
Laporan dr TKP pelosok, R3 mulai byk dipake sebagai mobdin instansi, tempo2 hari kan melulu AvXen or Ipah.
Welldone Suzuki.
Das Beste oder nichts.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Mantap bro reviewnya
Jok agak keras mungkin kyk sijuki2 lain ya contohnya swift,sx4
Kalo ane malah lebih suka joknya yg agak keras gini. Kyknya nyetir jadi lebih mantap
Jok agak keras mungkin kyk sijuki2 lain ya contohnya swift,sx4
Kalo ane malah lebih suka joknya yg agak keras gini. Kyknya nyetir jadi lebih mantap
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Baca dulu ya bro madcat
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 258
- Joined: Wed Feb 27, 2013 6:03
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
interior sijuki ni mirip2 ya satu sama lain..ane pindah dr swift k r3 nyaris ga ada bedanya kecuali warna sm lobang ac..
oya nambahin aja bro madcat. cb deh buka kap mesin. di gx dah pk heat insulator tuh..xixixi...
oya nambahin aja bro madcat. cb deh buka kap mesin. di gx dah pk heat insulator tuh..xixixi...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
@jambangan:
Semakin memperkuat teori ane bhw org yg tubuhnya berbobot rata2 lbh menyukai jok yg cenderung keras, firm.
Sdgkan yg bertubuh kurus, sebaliknya.
Siapa lg mau nambah data ini?
Semakin memperkuat teori ane bhw org yg tubuhnya berbobot rata2 lbh menyukai jok yg cenderung keras, firm.
Sdgkan yg bertubuh kurus, sebaliknya.
Siapa lg mau nambah data ini?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Nubie mau matur tengkyu dulu ama reviewer, Oom madcat...
Seperti beliau sudah mengorbankan perasaan hatinya dan menabahkan hatinya utk review sodara jauhnya kapal induk.
Info lain:
- AC DB utk trim GL dan GX. Yg kebetulan hanya itu pula yg dibekali transmisi matik. Jadi, kalo matik dah pasti DB.
- Ban make GT Champiro ECO yg cukup keras. Jadi berisik, terutama kalo nginjek aspal yg rada kasar. Kadang kalo nginjek beton dgn kontur tertentu, suaranya spt pesawat mau takeoff/landing.
- Ada fitur unlock di transmisinya. Jadi, bisa parkir paralel dgn gigi netral.
- Sama spt yg manual, autolock pintu masih belum ada. Full manual.
- Spion masih manual retract. Gak ada pencetan utk ngelipat spion.
Setuju utk kenyamana ln maksimum 6 orang dewasa. Karena yg ada sandaran kepalanya cuma 6 kursi.
Bravo buat Oom madcat.
Seperti beliau sudah mengorbankan perasaan hatinya dan menabahkan hatinya utk review sodara jauhnya kapal induk.
Info lain:
- AC DB utk trim GL dan GX. Yg kebetulan hanya itu pula yg dibekali transmisi matik. Jadi, kalo matik dah pasti DB.
- Ban make GT Champiro ECO yg cukup keras. Jadi berisik, terutama kalo nginjek aspal yg rada kasar. Kadang kalo nginjek beton dgn kontur tertentu, suaranya spt pesawat mau takeoff/landing.
- Ada fitur unlock di transmisinya. Jadi, bisa parkir paralel dgn gigi netral.
- Sama spt yg manual, autolock pintu masih belum ada. Full manual.
- Spion masih manual retract. Gak ada pencetan utk ngelipat spion.
Setuju utk kenyamana ln maksimum 6 orang dewasa. Karena yg ada sandaran kepalanya cuma 6 kursi.
Bravo buat Oom madcat.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Nice review om kucing..! Review kocak tapi bernas!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
IMHO, mungkin lebih jos gandos kalo fitur kecil seperti auto turn switch gitu diganti dengan auto retractable folding mirror deh..
Bagi ane pribadi, retractable folding mirror jauuuh lebih SANGAT berguna disbanding model sein auto begitu, karena jujur ane ga melihat sama sekali kegunaan dari sein model sekali klik atau klik agak keras..
Dengan spion bisa dilipat otomatis, ini sangat memudahkan saat harus berjibaku di tengah gang sempit, atau saat macet parah dan nyamuk2 motor seliweran, lebih baik lipat spion, aman deh ngga takut somplak kelipet kedepan kalo kesamber motor.
Bagi ane pribadi, retractable folding mirror jauuuh lebih SANGAT berguna disbanding model sein auto begitu, karena jujur ane ga melihat sama sekali kegunaan dari sein model sekali klik atau klik agak keras..
Dengan spion bisa dilipat otomatis, ini sangat memudahkan saat harus berjibaku di tengah gang sempit, atau saat macet parah dan nyamuk2 motor seliweran, lebih baik lipat spion, aman deh ngga takut somplak kelipet kedepan kalo kesamber motor.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
HARGAnya beda jauh antara electric retract ama fitur 'change lane'.
Bikin electric retract itu yg standar aja dah 1 jt duitnya.
Bikin electric retract itu yg standar aja dah 1 jt duitnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Itu harga retail di bengkel variasi.an15wn wrote:HARGAnya beda jauh antara electric retract ama fitur 'change lane'.
Bikin electric retract itu yg standar aja dah 1 jt duitnya.
Istilahnya, fitur yang nyata sangat berguna sebagai mobil kota, jangan ragu melangkah kalau mau mendobrak fitur.
Semoga batch taun depan sudah diadain ya..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Masalahnya, kompetitor juga nggak pake, jadi ngapain nambah2 fitur yg ujung2nya cuma bikin mahal jualan? Entar gak kompetitif lagi, donk.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Nice review bro MadCat aseli
Keknya perlu meracuni sodara sepupu yg ingin mengganti Xenia gen 1 miliknya yg sudah hampir 5 tahun dipake
@bro VM: fitur ini kepake banget lho buat ane, soalnya ane suka meliuk2 di ring road Jogja, jadi kalo mau pindah jalur, tinggal towel sedikit itu tuas sein
Keknya perlu meracuni sodara sepupu yg ingin mengganti Xenia gen 1 miliknya yg sudah hampir 5 tahun dipake
Yeaaahhhh, ini mah di Miraz ane juga adamadcat015 wrote: Tuas lampu signal hanya perlu di colek sedikit, maka lampu signal akan berkedip 3x, apabila di tekan penuh sampai bunyi klik, maka lampu signal akan berkedip terus... nice little thing yang juga ga ada di sodara jauhnya. Doh!
@bro VM: fitur ini kepake banget lho buat ane, soalnya ane suka meliuk2 di ring road Jogja, jadi kalo mau pindah jalur, tinggal towel sedikit itu tuas sein
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 503
- Joined: Wed Aug 08, 2012 4:45
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
keren review-nya ko madcat....banyak juga fitur-nya ya
-
- SM Specialist
- Posts: 21994
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
jadi kesimuplan Plus / Minusnya apa aja ?
Plus :
-
-
-
Minus :
-
-
-
Thanks
(Nanti dapat gambar Nonik dah, gambarnya aja ya)
Plus :
-
-
-
Minus :
-
-
-
Thanks
(Nanti dapat gambar Nonik dah, gambarnya aja ya)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
oh ternyata belum ada retractable mirrornya ya..hmm
padahal emg fitur ini berguna buat ane..sering kepake kalo lewat jalan2 sempit n macet..
nice review metket mletet!!
padahal emg fitur ini berguna buat ane..sering kepake kalo lewat jalan2 sempit n macet..
nice review metket mletet!!
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Jiahh.. kena warning lagi...Nightster Guy wrote:Kloneng sapa lg neh Resele Value haissssss..
----------
Warning pertama dr ane buat TS nya. Reason: terlalu byk pk icon jedotin kpala ke tembok. Stres R3 kw 8 nya kalah fitur. La iyala brg kw, menang PSD doank..
Nice and humble FR bro...
----------
Laporan dr TKP pelosok, R3 mulai byk dipake sebagai mobdin instansi, tempo2 hari kan melulu AvXen or Ipah.
Welldone Suzuki.
Anyway, makasih komentar nya mod Enjii, om Jambangan, pak'E, dan teman2 SMers...
Menjawab pertanyaan om Turbo (demi poto nonik)
Kelebihan:
- Desain eksterior elegan..., mudah di modifikasi...
- Interior menyenangkan dengan two tone dash, benar2 desain Suzuki... (ane ga kesulitan beradaptasi dengan segala macam tombol dll...) Materialnya juga cukup baik...
- Kekedapan kabin di atas pesaing...
- Suspensi lembut
- Transmisi halus, rem cukup bersahabat (SX-4 lebih mengigit...), handling menyenangkan...
- Fitur2 nya cukup banyak seperti tombol untuk mengunci pintu, steering switch, MID, blinker 3x untuk lampu signal, tweeter 2 biji di dashboard, HU terintegrasi.
Kekurangan:
- Mesin boyo, kick down agak lambat...
- Bahan busa untuk kursi agak keras (yang ini relatif)
- Pelapis jok berwarna terang, rentan kotor... (bekleed disarankan)
- Ga ada intermittent wiper, heater kaca belakang, dan foldable mirror...
- Ban terasa cukup keras, mungkin bisa di siasati dengan ban compound lunak
- Baris ketiga cukup sempit, max 2 orang aja...
- MID harusnya memiliki bar graph untuk realtime FC ala SX-4... dan ga ada indikator posisi gear keberapa...
- Tombol central lock ada, ga ada autolock...
- Power window depan bisa auto turun tapi ga bisa auto naik.. entah ini fitur keamanan biar ga kejepit atau bijimane...
Itu aja yang sempat terpikirkan oleh ane... secara TD nya malam2, jam 20.30 an, jadi ga sempat menjelajah dan menggerayangi seluruh isi mobil (kecuali teman ane yang batangan).
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Oh ya medket, ente bilang bannya GT something, tersangkanya jelas: GT Radial
http://www.gt-tires.com/indonesia/
Setahu ane itu ban produksi dalam negeri loh. Colek me if i'm wrong
http://www.gt-tires.com/indonesia/
Setahu ane itu ban produksi dalam negeri loh. Colek me if i'm wrong
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Mohon mangap, nih... Nyubi mau koreksi dikit...
Intermitten wiper spt yg didefinikan di http://m.wisegeek.org/what-are-intermit ... wipers.htm ADA di Ertiga. Klik pertama modelnya intermitten, klik selanjutnya makin kencang. Ada 3 klik utk kecepatan wiper, termasuk yg intermitten.
CMIIW
Intermitten wiper spt yg didefinikan di http://m.wisegeek.org/what-are-intermit ... wipers.htm ADA di Ertiga. Klik pertama modelnya intermitten, klik selanjutnya makin kencang. Ada 3 klik utk kecepatan wiper, termasuk yg intermitten.
CMIIW
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Hmmm... maksud ane yg kyk di SX-4, jadi ada putaran di tuas wiper utk mengatur pulse wiper...
Nah, berhubung ane ga seberapa memperhatikan gegara uda malam, mohon maaf atas kesilapan ane...
Nah, berhubung ane ga seberapa memperhatikan gegara uda malam, mohon maaf atas kesilapan ane...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Suzuki Ertiga GX AT 2013
Mungkin maksud medket intermittent yg intervalnya bisa diatur, bukan intermittent konstanan15wn wrote:Mohon mangap, nih... Nyubi mau koreksi dikit...
Intermitten wiper spt yg didefinikan di http://m.wisegeek.org/what-are-intermit ... wipers.htm ADA di Ertiga. Klik pertama modelnya intermitten, klik selanjutnya makin kencang. Ada 3 klik utk kecepatan wiper, termasuk yg intermitten.
CMIIW
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net