INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 652
- Joined: Sat May 29, 2010 2:49
INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
Dari AUTOBILD Indonesia:
2011 Infiniti FX37
Panjang/wheelbase 4.865/2.855 mm
Lebar/tinggi 2.134/1.680 mm
Mesin/kapasitas V6/3.696 cc
Tenaga maksimum 320 dk/7.000 rpm
Torsi maksimum 360 Nm/5.200 rpm
Transmisi 7-spd auto/awd
Kapasitas tangki/bagasi/ban serep 90/410 liter/space saver
Bobot 2.012 kg
0-100 km/jam
7,12 detik
0-60 km/jam 3,43 detik
60-80 km/jam 1,53 detik*
80-100 km/jam 2,16 detik*
100-120 km/jam 2,45 detik*
Pengereman (100-0 km/jam) N/A
Konsumsi bbm tol/dalam kota 7,8/5,2 km/l
INFINITI FX37 seperti diulas di First Impressions saya adalah luxury crossover terbaru Infiniti yang sudah hadir di pasar Tanah Air. Crossover bongsor sporty ini benar2 bertolak belakang dari saingan utamanya: Lexus RX. Dimana Lexus RX memanjakan penumpang2 didalam dengan sejumlah fitur yg diperuntukkan untuk absolute luxury dan comfort, FX memanjakan penumpang dengan performa. Dengan kombinasi postur body bongsor, lebar dan rendah (untuk sebuah crossover), tampang garang seperti binatang buas dan performa mesin yg effortless, Infiniti FX sangat ingin menjadi pusat perhatian dimanapun dia berada.
Peforma FX37 tidak perlu diragukan lagi. Walau kalah dengan kakaknya FX50, namun performa FX37 sudah lebih dari cukup untuk kondisi lalu lintas dan jalan tol Jakarta. Jika kaki kanan sudah gatal, FX37 siap memberikan senyuman lebar di wajah karena akselerasi yg dirasakan sangat spontan dan effortless. Dari 'santai' ke 'setan' sangat teramat mudah dengan FX37. Raungan mesin 3700cc V6 bak singa yg mengaum memberikan sensasi tersendiri. Yang menajubkan, mobil setinggi crossover ini terasa sangat stabil di kecepatan tinggi. Dengan speed 160km/h tetap terasa mobil mantap tertanam di tanah (dengan asumsi jalan mulus tidak bergelombang). Setir yg berat sporty juga menambah kesan solid di FX37 di kecepatan tinggi. Sayangnya, kestabilan FX harus dibayar dengan suspensi keras. Di jalanan yg tidak mulus dan berlubang2, penuh poldur, bantingan nya terasa sekali namun tetap cukup nyaman, karena ini adalah merk luxury dari Nissan, sehingga kenyamanan harus tetap terjaga, walau tidak sebaik Teana.
Karena FX adalah sebuah luxury crossover, maka walau karakternya sporty, INFINITI tidak lupa memberikan sejumlah fitur yg memanjakan penumpangnya. Sebut saja jok kulit semi bucket, sensor depan belakang, lampu xenon auto levelling, pengatur suhu khusus jok depan (pengemudi & penumpang), intelligent cruise control, dual zone auto climate control, kamera mundur, hard disk 10GB untuk menyimpan musik, electric seats with memory, power liftgate, start/stop ignition button, dan sejumlah fitur2 lainnya. Tentu sebagai sebuah luxury crossover, material2 yg digunakan sangat baik. Pintu ketika ditutup memberikan kesan soliditas yg tinggi seperti panzer Jerman. Namun desain interior menurut saya FX masih kalah dibanding RX dalam segi luxury look:
Soal practicality, FX pun masih kalah dibanding rival2nya (akan diulas di bawah)
Mengenai practicality, kelihatannya Nissan menomorduakan ini demi performa dan tampang. Duduk di kursi pengemudi terasa posisi duduk yg ideal, namun duduk di jok belakang, space yg terdapat sangat terbatas tidak seperti yg terpancar di eksterior. Headroom juga terbatas, terutama di belakang karena atapnya yg melengkung kebawah seperti coupe. Lalu walau di depan terdapat dual zone automatic climate control, penumpang2 di belakang harus puas dengan air con vent yg tidak dapat diatur secara terpisah. Ini memberikan kesan bahwa FX memang dirancang untuk dikemudikan, yg duduk di belakang hanya sekedar "penumpang". Jumlah cupholder pun sangat sedikit. Saya belum cek belakang, tapi di door pocket tidak terdapat cup holder. Soal cup holder, Jazz lebih banyak!
Kemudian lokasi tombol2 juga ada beberapa yg kurang ergonomis. Tombol pelipat dan pengatur spion terlalu dibawah kanan setir untuk saya, kurang nyaman karena saya harus agak sedikit maju untuk mencapai tombol2 itu. Tombol pengatur Multi Information Display juga agak aneh lokasi2 nya menurut saya, seperti di gambar bawah ini:
Space di bagasi pun juga sangat terbatas, ngga seperti kesan lapang yg diberikan oleh eksterior nya yg bongsor:
Beberapa fitur2 praktikal yg saya suka:
- Pengatur suhu untuk kursi2 depan. Kepanasan? Setel temperatur jok ke kedinginan yg diinginkan.
- Dual zone auto climate control. Saya rasa ga perlu penjelasan lebih lanjut.
- Sensor depan dan belakang. Karena moncong FX yg sangat panjang dan lebar, fitur ini sangat penting untuk menjaga jarak.
- Spion elektrik yg secara otomatis akan mengadjust view lebih ke arah pandangan kebawah ketika kita hendak mundur. Sangat berguna ketika sedang parkir mundur di tempat yg sempit.
- Power liftgate. Buka bagasi ga perlu pakai tenaga lagi
- Bukan fitur mobil, tapi ATPM memberikan satu Meguiar's car wash kit pada saat delivery
Hal2 yg saya suka mengenai FX:
- Tenaga mesin
- Kemudi sporty
- Kestabilan di kecepatan tinggi
- The looks and sheer presence on the road. Jika RX sifatnya anggun, kalem dan elegan seperti Anne Hathaway, si FX itu seperti Megan Fox, bohay dan menarik perhatian
- Posisi duduk pengemudi yg ideal
- Kualitas material interior
- Eksklusifitas
Yg saya kurang suka:
- Visibilitas
- Interior space yg agak pas2an
- Suspensi kurang cocok untuk jalanan yg kurang mulus
- Duduk di belakang
- Practicality kurang
- Setir tetap berat walau kecepatan rendah
- Interior design kurang mewah
Kesimpulan: layaknya binatang buas, mengendarai FX37 seperti mengendarai singa yg lapar. Performa dan tampang yg garang memastikan FX menjadi pusat perhatian. Dibanding RX, FX lebih agresif dan sporty dan tidak sepraktis RX dan rival2nya yg lain, namun saya rasa tidak ada rival2nya yg bisa menyamai kombinasi antara design unik & agresif dengan performa yg garang seperti FX37. Thanks for reading
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
Pertamax perdanA dari ane
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5884
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
dites ke sentul aja pak...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 652
- Joined: Sat May 29, 2010 2:49
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
jarang ada waktu buat jauh2 ke Sentul masalahnya
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 687
- Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
mantab bro nice and honest review, fx juga termasuk di short list gw waktu kemarin cuma gak sreg sama interiornya aja kalau exterior sih menang agresif kemana2 btw suspensinya memang nggak ada selectionnya untuk soft, normal atau sport mode?
either way its an excellent car tinggal di modif mirip kayak yg s vettel edition
either way its an excellent car tinggal di modif mirip kayak yg s vettel edition
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
om... boleh request poto interior ga....? pgn poto center console and full dash board....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 104
- Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
- Location: Jakarta, Indonesia
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
Nice review bro everester!
Cuma mau confirm 1 hal: berapa angka maksimum yang tertulis pada speedometernya? Apakah 180 km/h atau lebih?
Cuma mau confirm 1 hal: berapa angka maksimum yang tertulis pada speedometernya? Apakah 180 km/h atau lebih?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
berarti klo ane mau megs wash kit nya mesti beli FX dulu gitu?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
Mantapppp..
Btw udah 3700CC masih dikategorikan crossover ya ?
Btw udah 3700CC masih dikategorikan crossover ya ?
Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
Nice review om everester, termasuk mobil yang belum banyak beredar di jalan nih.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
mesinnya sama yg dipake 370Z fairlady???
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
imho, kalo ganti pelek, akan jadi lebih buas lagi deh kayaknya....
bos, dibawah knop AC sebelah kiri, ada lambang gembok, itu tombol atau buat apaan ya?
bos, dibawah knop AC sebelah kiri, ada lambang gembok, itu tombol atau buat apaan ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
Abu2 wrote:imho, kalo ganti pelek, akan jadi lebih buas lagi deh kayaknya....
bos, dibawah knop AC sebelah kiri, ada lambang gembok, itu tombol atau buat apaan ya?
OOT
buat ngegembok hati mod abu
........................................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
oohh hatiku hanya tergembok pada tyt lc105
sini..sini...sini....
sini..sini...sini....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
ketauan bener oom fmeakd tukang gombal nya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
Bagus banget nih mobil. Saingannya IMHO SUV Mazda dan Subaru sebagai sport SUV. kalau Harrier lebih ke luxury. Tinggal apakah masih mau dipasarkan sebagai awd, atau spekdown ke FWD? Kalau interior kayaknya mewah Mazda, tapi biasanya performance Nissan jagonya.
Kalau saya tidak salah hitung, spidonya sampai 280 kpj. Ini mesin V6 godzilla ya? Wah, SUV sport Jerman bisa disalib nih.
Satu saja bos kalau boleh, itu gambar closeup velg yg ada tulisan Enkei kok ada timbal baris? Takutnya nanti quality controlnya dipertanyakan nih.
Kalau saya tidak salah hitung, spidonya sampai 280 kpj. Ini mesin V6 godzilla ya? Wah, SUV sport Jerman bisa disalib nih.
Satu saja bos kalau boleh, itu gambar closeup velg yg ada tulisan Enkei kok ada timbal baris? Takutnya nanti quality controlnya dipertanyakan nih.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1497
- Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
doq wrote:ketauan bener oom fmeakd tukang gombal nya
ssssssttt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
mantap bener ni selera bro Everester
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
asudarsono wrote:
Satu saja bos kalau boleh, itu gambar closeup velg yg ada tulisan Enkei kok ada timbal baris? Takutnya nanti quality controlnya dipertanyakan nih.
om Sudar, yg di bold, maksudnya apa ya?
ane gak ngertos....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
Itu di gambar kelima dari atas, kok ada sederetan timbal buat balans roda. Kenapa segitu banyaknya? Aku hitung sampai 8 buah.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
ya ya ya, timah balancing itu yaa......
hehe iya juga ya?
hehe iya juga ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1490
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
Satu hal yg menarik dr infiniti, performa dr mesin standarnya itu.. Mantep bgt, jangankan FX37, adenya EX35 udah keren bgt untuk bawa sendiri (cuma knapa EX35 ga keluar disini ya, apa belum>> ), knapa mobil mewah jamnya kembali ke model analog ya,, jaguar jg pake analog klo ga salah.
Etme Bulma Dünyası
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
8 mahh masi biasa om.... mau ane kasi liat gambar di velg ipah ane om ?? lebi banyak dari itu lohh...asudarsono wrote:Itu di gambar kelima dari atas, kok ada sederetan timbal buat balans roda. Kenapa segitu banyaknya? Aku hitung sampai 8 buah.
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai
Busyet, segitu banyak normal ya? Kalau di mobil klasik, langsung jatuh tuh harganya.
Pemikiran orang, jam analog memberikan kesan mewah. Apa bener jadi begitu, saya juga bertanya2
Pemikiran orang, jam analog memberikan kesan mewah. Apa bener jadi begitu, saya juga bertanya2
Ready to Race