INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

everester
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: Sat May 29, 2010 2:49

INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by everester »

Image
Image

Dari AUTOBILD Indonesia:
2011 Infiniti FX37
Panjang/wheelbase 4.865/2.855 mm
Lebar/tinggi 2.134/1.680 mm
Mesin/kapasitas V6/3.696 cc
Tenaga maksimum 320 dk/7.000 rpm
Torsi maksimum 360 Nm/5.200 rpm
Transmisi 7-spd auto/awd
Kapasitas tangki/bagasi/ban serep 90/410 liter/space saver
Bobot 2.012 kg

0-100 km/jam
7,12 detik
0-60 km/jam 3,43 detik
60-80 km/jam 1,53 detik*
80-100 km/jam 2,16 detik*
100-120 km/jam 2,45 detik*
Pengereman (100-0 km/jam) N/A
Konsumsi bbm tol/dalam kota 7,8/5,2 km/l


Image
Image
Image

INFINITI FX37 seperti diulas di First Impressions saya adalah luxury crossover terbaru Infiniti yang sudah hadir di pasar Tanah Air. Crossover bongsor sporty ini benar2 bertolak belakang dari saingan utamanya: Lexus RX. Dimana Lexus RX memanjakan penumpang2 didalam dengan sejumlah fitur yg diperuntukkan untuk absolute luxury dan comfort, FX memanjakan penumpang dengan performa. Dengan kombinasi postur body bongsor, lebar dan rendah (untuk sebuah crossover), tampang garang seperti binatang buas dan performa mesin yg effortless, Infiniti FX sangat ingin menjadi pusat perhatian dimanapun dia berada.

Image

Peforma FX37 tidak perlu diragukan lagi. Walau kalah dengan kakaknya FX50, namun performa FX37 sudah lebih dari cukup untuk kondisi lalu lintas dan jalan tol Jakarta. Jika kaki kanan sudah gatal, FX37 siap memberikan senyuman lebar di wajah karena akselerasi yg dirasakan sangat spontan dan effortless. Dari 'santai' ke 'setan' sangat teramat mudah dengan FX37. Raungan mesin 3700cc V6 bak singa yg mengaum memberikan sensasi tersendiri. Yang menajubkan, mobil setinggi crossover ini terasa sangat stabil di kecepatan tinggi. Dengan speed 160km/h tetap terasa mobil mantap tertanam di tanah (dengan asumsi jalan mulus tidak bergelombang). Setir yg berat sporty juga menambah kesan solid di FX37 di kecepatan tinggi. Sayangnya, kestabilan FX harus dibayar dengan suspensi keras. Di jalanan yg tidak mulus dan berlubang2, penuh poldur, bantingan nya terasa sekali namun tetap cukup nyaman, karena ini adalah merk luxury dari Nissan, sehingga kenyamanan harus tetap terjaga, walau tidak sebaik Teana.

Image
Image
Image

Karena FX adalah sebuah luxury crossover, maka walau karakternya sporty, INFINITI tidak lupa memberikan sejumlah fitur yg memanjakan penumpangnya. Sebut saja jok kulit semi bucket, sensor depan belakang, lampu xenon auto levelling, pengatur suhu khusus jok depan (pengemudi & penumpang), intelligent cruise control, dual zone auto climate control, kamera mundur, hard disk 10GB untuk menyimpan musik, electric seats with memory, power liftgate, start/stop ignition button, dan sejumlah fitur2 lainnya. Tentu sebagai sebuah luxury crossover, material2 yg digunakan sangat baik. Pintu ketika ditutup memberikan kesan soliditas yg tinggi seperti panzer Jerman. Namun desain interior menurut saya FX masih kalah dibanding RX dalam segi luxury look:

Image

Soal practicality, FX pun masih kalah dibanding rival2nya (akan diulas di bawah)

Image
Image
Image

Mengenai practicality, kelihatannya Nissan menomorduakan ini demi performa dan tampang. Duduk di kursi pengemudi terasa posisi duduk yg ideal, namun duduk di jok belakang, space yg terdapat sangat terbatas tidak seperti yg terpancar di eksterior. Headroom juga terbatas, terutama di belakang karena atapnya yg melengkung kebawah seperti coupe. Lalu walau di depan terdapat dual zone automatic climate control, penumpang2 di belakang harus puas dengan air con vent yg tidak dapat diatur secara terpisah. Ini memberikan kesan bahwa FX memang dirancang untuk dikemudikan, yg duduk di belakang hanya sekedar "penumpang". Jumlah cupholder pun sangat sedikit. Saya belum cek belakang, tapi di door pocket tidak terdapat cup holder. Soal cup holder, Jazz lebih banyak!

Image

Kemudian lokasi tombol2 juga ada beberapa yg kurang ergonomis. Tombol pelipat dan pengatur spion terlalu dibawah kanan setir untuk saya, kurang nyaman karena saya harus agak sedikit maju untuk mencapai tombol2 itu. Tombol pengatur Multi Information Display juga agak aneh lokasi2 nya menurut saya, seperti di gambar bawah ini:

Image
Image

Space di bagasi pun juga sangat terbatas, ngga seperti kesan lapang yg diberikan oleh eksterior nya yg bongsor:

Image


Beberapa fitur2 praktikal yg saya suka:

- Pengatur suhu untuk kursi2 depan. Kepanasan? Setel temperatur jok ke kedinginan yg diinginkan.
Image

- Dual zone auto climate control. Saya rasa ga perlu penjelasan lebih lanjut.
Image

- Sensor depan dan belakang. Karena moncong FX yg sangat panjang dan lebar, fitur ini sangat penting untuk menjaga jarak.
Image

- Spion elektrik yg secara otomatis akan mengadjust view lebih ke arah pandangan kebawah ketika kita hendak mundur. Sangat berguna ketika sedang parkir mundur di tempat yg sempit.

- Power liftgate. Buka bagasi ga perlu pakai tenaga lagi :mky_04:

- Bukan fitur mobil, tapi ATPM memberikan satu Meguiar's car wash kit pada saat delivery :mky_02:

Image

Hal2 yg saya suka mengenai FX:

- Tenaga mesin
- Kemudi sporty
- Kestabilan di kecepatan tinggi
- The looks and sheer presence on the road. Jika RX sifatnya anggun, kalem dan elegan seperti Anne Hathaway, si FX itu seperti Megan Fox, bohay dan menarik perhatian :mky_04:
- Posisi duduk pengemudi yg ideal
- Kualitas material interior
- Eksklusifitas

Yg saya kurang suka:

- Visibilitas
- Interior space yg agak pas2an
- Suspensi kurang cocok untuk jalanan yg kurang mulus
- Duduk di belakang
- Practicality kurang
- Setir tetap berat walau kecepatan rendah
- Interior design kurang mewah

Kesimpulan: layaknya binatang buas, mengendarai FX37 seperti mengendarai singa yg lapar. Performa dan tampang yg garang memastikan FX menjadi pusat perhatian. Dibanding RX, FX lebih agresif dan sporty dan tidak sepraktis RX dan rival2nya yg lain, namun saya rasa tidak ada rival2nya yg bisa menyamai kombinasi antara design unik & agresif dengan performa yg garang seperti FX37. Thanks for reading :big_smoking: :big_smoking: :big_smoking:
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by evolution21 »

Pertamax perdanA dari ane
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by evolution21 »

dites ke sentul aja pak...
everester
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 652
Joined: Sat May 29, 2010 2:49

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by everester »

jarang ada waktu buat jauh2 ke Sentul masalahnya :mky_01:
Powerfully smooth V6 but boros bensin!
bushkntl
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Fri Oct 19, 2007 20:34

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by bushkntl »

mantab bro nice and honest review, fx juga termasuk di short list gw waktu kemarin cuma gak sreg sama interiornya aja kalau exterior sih menang agresif kemana2 :frm_tumbleft: btw suspensinya memang nggak ada selectionnya untuk soft, normal atau sport mode?

either way its an excellent car tinggal di modif mirip kayak yg s vettel edition :e-clap:

Image
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by ak4ng »

om... boleh request poto interior ga....? pgn poto center console and full dash board....
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
bodapa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
Location: Jakarta, Indonesia

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by bodapa »

Nice review bro everester!

Cuma mau confirm 1 hal: berapa angka maksimum yang tertulis pada speedometernya? Apakah 180 km/h atau lebih?
FortunerMan

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by FortunerMan »

M-A-N-T-A-P om everester :frm_salut:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by doq »

berarti klo ane mau megs wash kit nya mesti beli FX dulu gitu? :big_slap:
:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by MitshuToyo »

Mantapppp.. :frm_salut:
Btw udah 3700CC masih dikategorikan crossover ya ?
Lagi nginjek rem..
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by esh »

Nice review om everester, termasuk mobil yang belum banyak beredar di jalan nih. :off_good:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by ak4ng »

mesinnya sama yg dipake 370Z fairlady???
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by Abu2 »

imho, kalo ganti pelek, akan jadi lebih buas lagi deh kayaknya....

bos, dibawah knop AC sebelah kiri, ada lambang gembok, itu tombol atau buat apaan ya?
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by FMEAKD »

Abu2 wrote:imho, kalo ganti pelek, akan jadi lebih buas lagi deh kayaknya....

bos, dibawah knop AC sebelah kiri, ada lambang gembok, itu tombol atau buat apaan ya?


OOT


buat ngegembok hati mod abu



........................................ :ngacir:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by Abu2 »

oohh hatiku hanya tergembok pada tyt lc105

sini..sini...sini.... :cupss:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by doq »

ketauan bener oom fmeakd tukang gombal nya Image
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by asudarsono »

Bagus banget nih mobil. Saingannya IMHO SUV Mazda dan Subaru sebagai sport SUV. kalau Harrier lebih ke luxury. Tinggal apakah masih mau dipasarkan sebagai awd, atau spekdown ke FWD? Kalau interior kayaknya mewah Mazda, tapi biasanya performance Nissan jagonya.

Kalau saya tidak salah hitung, spidonya sampai 280 kpj. Ini mesin V6 godzilla ya? Wah, SUV sport Jerman bisa disalib nih.

Satu saja bos kalau boleh, itu gambar closeup velg yg ada tulisan Enkei kok ada timbal baris? Takutnya nanti quality controlnya dipertanyakan nih.
Ready to Race
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by FMEAKD »

doq wrote:ketauan bener oom fmeakd tukang gombal nya Image


ssssssttt :mky_01: :mky_01: :big_smoking:
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by abrof »

mantap bener ni selera bro Everester :frm_tumbright: :off_good_job:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by Abu2 »

asudarsono wrote:
Satu saja bos kalau boleh, itu gambar closeup velg yg ada tulisan Enkei kok ada timbal baris? Takutnya nanti quality controlnya dipertanyakan nih.

om Sudar, yg di bold, maksudnya apa ya?
ane gak ngertos....
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by asudarsono »

Itu di gambar kelima dari atas, kok ada sederetan timbal buat balans roda. Kenapa segitu banyaknya? Aku hitung sampai 8 buah.
Ready to Race
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by Abu2 »

ya ya ya, timah balancing itu yaa......


hehe iya juga ya? :e-think:
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1490
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by grandscenic »

Satu hal yg menarik dr infiniti, performa dr mesin standarnya itu.. Mantep bgt, jangankan FX37, adenya EX35 udah keren bgt untuk bawa sendiri :big_smoking: (cuma knapa EX35 ga keluar disini ya, apa belum>> :e-think: ), knapa mobil mewah jamnya kembali ke model analog ya,, jaguar jg pake analog klo ga salah.
Etme Bulma Dünyası
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by DOHC »

asudarsono wrote:Itu di gambar kelima dari atas, kok ada sederetan timbal buat balans roda. Kenapa segitu banyaknya? Aku hitung sampai 8 buah.
8 mahh masi biasa om.... mau ane kasi liat gambar di velg ipah ane om ?? lebi banyak dari itu lohh... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: INFINITI FX37 review setelah seminggu memakai

Post by asudarsono »

Busyet, segitu banyak normal ya? Kalau di mobil klasik, langsung jatuh tuh harganya.

Pemikiran orang, jam analog memberikan kesan mewah. Apa bener jadi begitu, saya juga bertanya2
Ready to Race