Suzuki Fronx Short Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

X252
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by X252 »

MutualIsMe wrote: Mon Jul 21, 2025 9:38 Selamat siang om2, mau sumbang sedikit review Fronx GL yg udah sy pake 100km-an, kurang lebih udah ada gambaran.

Sedikit kilas balik, sy bungkus tipe GL krn simply cari workhorse yg ga rewel sebagai ganti City gm2 sy yg usianya menjelang 13thn. City ini selama sy pakai tidak ada masalah berarti, cuma servis rutin, ganti oli2, ban & aki. Terakhir tahun lalu cuma ganti packing head cover yg udah mulai getas sekalian setel klep & shock absorber 4 biji jg ganti di bulan yg sama. Cuma namanya mobil berumur, karet2an & plastik2an sudah divonis ama mekanik nyerah duluan (lower arm set, karet2 support, racksteer, engine mounting, radiator set), meskipun mesin & transmisi masih jos kering. Begitu keluar estimasi biaya peremajaan semua perkaretan, kok banyak juga hahaha, mending sy tuker tambah aja mumpung belum terlambat & bisa jadi bahan belajar owner selanjutnya haha. Overall city tdk rewel, sangat badak, tapi makin tua jd makin boros 9km/l (setel klep ga bantu). Nah! mobil penggantinya harus minimal sama badaknya dan lebih irit. Setelah dipikir2, dipilihlah fronx GL. Toh fitur2 lebih baik, 4at & k15b yg sudah teruji di Ertiga. Sy kesampingkan fitur2 macam hybrid & adas krn belum teruji reliabilitas & durabilitasnya. Denger2 ganti aki & batrenya mahal. Kebetulan jg sy masih piara BRV prest DG3 & Brio satya e DD1 cvt, sekalian sy compare, biar yg baca ada bayangan.

Sy mulai dari eksterior: Desain modern! depan belakang samping oke, cukup masuk di selera sy. Semua perlampuan OK sudah LED. Headlamp auto ada manual levelingnya, sip. Spion pas, batangnya nempel body bukan di pilar, manis. Di foto keliatan gede, aslinya lumayan compact dan tdk tinggi (ketinggian atapnya: brio>fronx>brv). Desainnya ga malu2in lah intinya. Oh iya, bahan bodynya tebel, pintunya berat! BRV terasa enteng, apalagi Brio.

Under the hood: kapnya berat! bahkan terasa lebih berat dibanding BRV. Bagian yang pertama kali sy liat adalah radiator. Fronx GL ini radiatornya ga terlalu besar, posisinya di depan transmisi, dan kipasnya cuma 1 (ukurannya lumayan gede). Nah sy gtau apakah di Ertiga/Fronx GX SGX setup radiatornya seperti ini. Di BRV, Brio & GM2, radiatornya lebih besar dengan 2 kipas (meskipun ukuran kipasnya lebih kecil daripada fronx punya). Fronx GL & Brio radiatornya bikinan T.Rad Indo sedangkan BRV & GM2 dari Denso. Tebal radiatornya menyesuaikan, BRV fronx mirip, paling tebel gm2, paling tipis brio (sy maklum lcgc). Ngelihat setup fronx GL ky gini semoga bisa seperti gm2 sy yg ga pernah overheat (cuma pernah ganti 1 motor fan yg melemah). Klo ngeliat space di mesin, fronx ini lega di bagian depannya seperti GM2, sy pikir sih aliran udara pendinginannya akan ikut baik. Klo brio mepet2 bener padet, brv masih mendingan ada jarak cukup buat udara ngalir. Posisi exhaust manifold k15b ada di depan, deket banget sm posisi fan radiator, untungnya dikasi pelindung panas, semoga tidak mempengaruhi durabilitas motor fan. Di honda sih aman, ada di belakang. Apalagi ya? :big_think:

Interior: build quality mantap!! bahan plastiknya jauh lebih solid & berkualitas dibanding brio dan bahkan brv. Dashboard ditekan2 tidak mleyot ke dalam, konsol tengah mulai dari tempat2 koin, tuas transmisi, handbrake, sampai armrest+box juga jauh lebih solid, tidak segoyang brio & brv. Sy suka bahan fabric (mirip suede?) di panel2 pintu, mengingatkan gm2 sy, halus. Bahan fabric jok juga bagus, bahannya seperti ada yg di pintu. Cuma, tidak merata, hanya di bagian2 yg bersentuhan dengan penumpang/pengemudi saja. Di bagian samping/belakang ya kasar mirip2 fabricnya brio. Klo ngomongin jenis fabric, jauh lebih juara gm2, terasa lebih tebal, lebih halus, dan lebih "mahal". Duh, masa kalah sm mobil lansiran belasan th yg lalu, dari honda pula. Headunitnya tipe GL cukup, ada tampilan MID dan surprisingly bisa wireless apple carplay! GL ga ada tweeter dan frame HU sampe ke kisi AC plastik polos, tidak semanis GX/SGX yg piano black. Speedometer oke saja tidak wah, MID digital belum full color, buat sy yg paling penting ada indikator suhu. GM2 dan Brio sy tidak ada indikator suhu, alhasil terpaksa sy pasang sendiri OBD Gauge. Legroom belakang fronx, tidak selega GM2 tapi lebih lega daripada brio, paling lega BRV (jelas). Klo kenyamanan posisi duduk di baris 2, sy cuma mengandalkan opini istri & anak: paling enak BRV bs recline, lalu GM2, fronx, terakhir brio.

Kekedapan Kabin: Fronx kedap, noise ban minim banget! tapi bukan tanpa cela, tiap di salip motor itu pasti knalpot kedengeran. Di lampu merah juga, kedengeran suara2 motor. Sy gtau kenapa, rasanya ky separo ke bawah kedap, separo ke atas ga kedap. Apa gara2 kualitas kaca? sy liat balon di pintu juga full muter. Klo Brio & BRV gmn? mendingan Fronx kemana2, yahhh tau lah honda gmn. :big_dunno:

Posisi berkendara: GL sudah tilt steering, sama seperti brio & brv, kalah dibanding gm2 yg udah ada telescopic, malu2in. Padahal SGX ada telescopicnya. Curiganya ntar dipasang buat improvement hahaha. Posisi paling berkendara buat sy paling enak ada di GM2! tapi klo bicara fronx, dia persis di antara Brio dan BRV. Brio lebih enak krn posisi lebih rendah, bisa lebih selonjor dan meskipun ga ada tilt & height adjuster, tapi buat sy mudah cari posisi yg pas. Fronx ini duduknya lebih commanding daripada brio, tidak terasa tenggelam, kap mesin terlihat, body sekeliling mudah diperkirakan, joknya lebih lebar daripada BRV jadi posisi nyetirnya lebih ga pegel. BRV posisi nyetirnya bisa mirip fronx cuma cari posisi nyetir yg enak jauh lebih susah! joknya kecil, dibikin selonjor nanggung, dibikin tegak nggantung, serba susah.

Mesin & transmisi: Fronx ini ternyata lincah, meskipun 4at tapi buat nyetir dalkot stop n go gk kedodoran, buat sruntulan masih bisa. Setirnya enteng2 hambar haha, lebih enakan Brio & BRV (lebih ada rasa & bobotnya). Tapi response "setir mbalik" lebih kuat/enak di fronx. Akselerasi klo buat dalkot stop n go lampu merah, sy suka karakter cvt nya Brio. Lebih "berasa narik" dibanding 4at nya fronx. Beda dengan BRV yg buat dalkot kok berasa lemot, BRV ini enak klo dipake cruise di tol yg ga perlu stop n go, tau2 kenceng. Klo buat dalkot boleh sy rangkum paling enak Brio, Fronx, lalu BRV. Nah klo buat luar kota, kebalik: BRV, Fronx, Brio. Ga bs sy bandingin dgn GM2 krn exhaust system & air filter tdk standard pabrik.

Suspensi: Fronx ini klo boleh sy bilang empuk, sedikittt lebih empuk dibanding BRV. Klo dibanding Brio, jauh lebih empuk Fronx. Buat nikung paling enak Brio. Beda cerita klo buat jarak jauh transjawa. Klo buat kenceng lurus macam transjawa, Fronx ada limbungnya tipis2 & sedikit ngayun, jauh lebih stabil dan bikin pede BRV. Brio? klo buat transjawa buat kenceng agak goyang2 gak jelas meskipun keras (apalagi pas disalip bus besar), gak sestabil BRV & Fronx. Kesimpulan klo buat jalan santai lewatin poldur komplek/jalan rusak: Fronx, BRV, terakhir Brio. Kalau di tol ngebut: BRV, Fronx, Brio. Ga bs sy bandingin dgn GM2 krn suspensi tdk standard pabrik.


Sekian, mohon maaf kepanjangan :big_sorry:
Mantap reviewnya, selamat atas mobil barunya. Rata2 pada ambil yang GL 4AT yak di mari.
picker83
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Tue Sep 25, 2018 6:03
Location: jakarta
Daily Vehicle: ford fiesta

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by picker83 »

Suryaputra wrote: Mon Jul 21, 2025 22:46
X252 wrote: Mon Jul 21, 2025 14:04
Syauqi wrote: Sun Jul 20, 2025 2:29 Barusan saya nonton videonya autonetmagz tentang fronx shvs & tiggo cross csh. Mereka coba test fuelcons sejauh 160km rute kombinasi & disii RON 92. Hasilnya cukup 'wow'.
Cross: 19km/l
Fronx: 12.5km/l

kemanakah angka 21+km/l yang kemarin kamu banggakan itu wahai fronx :big_bored:

kenapa hasilnya jauh amat yak sama waktu media test drive kemarin wkwk
Kalau segini sih gak beda jauh sama XL7 ya. Padahal bodi lebih besar. harapan saya bisa di atas 16 km/l lah
Iya namanya jg hybrid bercanda.
mana cuma 12V lithium batre, bantu buat ngail akselerasi awal ketika stop and go aja

Sekalian aja gak usah, jd gak mikirin cost system hybrid ke depan :big_biglaugh:
gimmick biar masuk kategori lcev bos, ppnbm cm 3% drpd kena 15%
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12962
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Suryaputra »

picker83 wrote: Tue Jul 22, 2025 11:40
Suryaputra wrote: Mon Jul 21, 2025 22:46
X252 wrote: Mon Jul 21, 2025 14:04

Kalau segini sih gak beda jauh sama XL7 ya. Padahal bodi lebih besar. harapan saya bisa di atas 16 km/l lah
Iya namanya jg hybrid bercanda.
mana cuma 12V lithium batre, bantu buat ngail akselerasi awal ketika stop and go aja

Sekalian aja gak usah, jd gak mikirin cost system hybrid ke depan :big_biglaugh:
gimmick biar masuk kategori lcev bos, ppnbm cm 3% drpd kena 15%
Hoyaa :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1066
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

vin wrote: Tue Jul 22, 2025 6:41
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 22, 2025 5:06
vin wrote: Tue Jul 22, 2025 4:32 Mau ikutan ah kasih review, tapi bukan fronx melainkan saudaranya yang jadi basis fronx (Baleno).

Yang mau beli fronx GL percayalah mending ambil baleno kemana-mana, harga after diskon baleno (kalau masih ada) vs Fronx GL itu saya yakin ga akan jauh beda.

Fitur : Ada fitur yang disunat bahkan sampai type SGX sekalipun yaitu auto dimming + Lampu yang ada sunvisor (bagi saya ini deal breaker banget).

Terlepas saya belum pernah bawa fronx karena saya yakin akan mirip" aja rasanya, secara built quality saya merasa secara material itu lebih tebal baleno sedikit untuk bagian door trim walaupun tidak bisa dipungkiri seperti biasanya rakitan india fit n finishnya jauh lebih baik CKD.

Mesin : Baleno masih pakai mesin K15B 4AT, yap transmisi jadul yang mana udh terbukti ketangguhannya serta buat kondisi stop n go itu udh berasa banget bedanya kalau dicompare sama CVT. Saya juga pemakai honda jadi tau betul CVT honda gimana rasanya yang kalau buat stop n go itu ga enak seperti ada slip transmisi. Respon mesin di baleno itu enak buat yang suka nempel" mobil depan pas kondisi macet, kalau ada pertanyaan buat high speed gimana? Well saya sih baru bawa sampai kecepatan sekitar 145km/jam itupun masih berasa effortless karena berat baleno itu hanya 1 Ton lebih sedikit. So yang bilang mesin suzuki lemot + transmisi 4 AT lemot kyknya itu perlu ganti oli mesinnya karena bawaan suzuki itu emang bikin tarikan berat.

Service & After Sales : Menurut saya harga sparepart suzuki itu murah-murah compare ke mobil lain yang udh pernah saya bawa ke BERES kyk Honda atau mitsu, dimana baleno hanya free service tapi part bayar sendiri tapi no problem harganya murah untuk oli + filternya aja hanya 400rb (kurang sedikit bahkan) udh include PPN, Busi pun murah hanya 40rb untuk 1 pcs jadi total kalau ganti busi perlu 160rb itu juga udh include PPN. Minyak rem hanya 60rb, filter udara sekitar 130rb, dll.

Kesimpulannya sih mobil suzuki itu emng bukan yang gimana banget tapi dari pengalaman saya kalau buat longterm ini mobil bisa dibilang tangguh + ga banyak drama kalau ada error hehehe.
kalo baleno sih percaya karena 4AT dipakein di hatchback centergravity lebih baik makanya lebih narik. gwa dulu juga punya k14b (swift ertiga) yang gaenag itu ertiganya untuk high speed

aftersales k14-15b ini emang gaterlalu ribet2 gimana, cman aneh filter udaranya tembus 150k/an. busi masih non-iridum SILKAR itu yang gwa suka ama suzuki hehe biar murah.
Suryaputra wrote: Tue Jul 22, 2025 4:01

gpp biar kekinian
uptodate :mky_02:
haha iya mbah yang penting "ngikut ombak" :mky_03:
Tapi tranmisis 4AT di K14b lebih halus perpindahannya loh om dibanding baleno, well yang XL7 rakitan sini juga lebih halus sih gatau ini baleno pas awal" sempet beberapa kali agak jerky. Semenjak ganti oli transmisi baru halus, mungkin oli transmisi bawaan india beda spec sama disini. Kebetulan di group baleno juga beberapa ada yang merasa pas perpindahan gigi agak jerky.

Aftersales mesin K15B sih murah banget, bahkan sama brio saya aja murahan parts baleno kemana-mana.
kalo halusnya iya, cman kalo dibuat high rpm , bawa beban agak berat atau "nyetut" agak kagok dia. k15b cman pernah nyobain test drive duluuuuu banget. yah ok2 aja sih, apalagi mesin lebih gede pasti lebih enak n proper dimana kelemahan ertiga saat itu kadang power dibawah 100hp gaenak bawanya diisi full mentok.
cman kalo bandingin ama hatchback jelas jauh lebih enak hatchback karena yah itu tadi distribusi bobot n center gravity lebih bagus dari LSUV ato CUV.
tapi k14b dan k15b ini sebenernya enak2 aja kok gada yang gimana2 sampe pindah tangan (cman jualnya susah sih, terutama swift) :big_bored:
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 429
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by fl4b1e »

Baru test duduk sih. Sepintas di belakang mirip all new baleno. Lebih nyaman XL7 yg bisa leboh rebah kalau duduk di belakang. Tapi kalau perbandingannya di depan soh oke sih.

Paling mau nunggu kapan ADASnya turun ke XL7. Soalnya dah pakai radar, vak kayak brand jepang sebelah yang pakai kamera saja.

Masalah mesin, hmm... karena K15C dipasangvdi mobilbyang panjangnya jurang dari 4 meter ya lebih oke sih daripada K15B di xl7 yg lebih bongsor. Jadi ya kalau tarikan atas ya wajar kalau kepayahan.. :big_smoking:
X252
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by X252 »

Fronx banyak juga yang sudah pesan, nasibnya gimana ya setelah ada Rocky hybrid CBU sama Tiggo Cross CSH haha. Kalau irit iritan jelas kalah, tapi kalau yang suka desain kayaknya milih Fronx. Fitur kalah sama Tiggo cross. Apakah suzuki posisi penjualan di tengah2 lagi?
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1066
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

X252 wrote: Mon Jul 28, 2025 8:45 Fronx banyak juga yang sudah pesan, nasibnya gimana ya setelah ada Rocky hybrid CBU sama Tiggo Cross CSH haha. Kalau irit iritan jelas kalah, tapi kalau yang suka desain kayaknya milih Fronx. Fitur kalah sama Tiggo cross. Apakah suzuki posisi penjualan di tengah2 lagi?
tiggo cross who knows sih. kaianya bisa jadi rocky hybrid bisa jadi no.3 sih, tiggo cross sih agak susah yah karena mesin ACTECO ini turunan AVL (rumor agak ribet konfigurasi pelumasan2nya)
agak sulit pun kalo ditengah mana harganya rocky hybrid cukup "bagus". anehnya raize ga dimasukin hybridnya :mky_01: