Halo SMer, saya mau membuat first impression car review dua mobil lansiran dari Renault.
Sebenarnya sekitar 2 minggu lalu saya sedang berada di Indomobil Pantai Indah Kapuk, Jakarta untuk pekerjaan sales tawarin tools teknik.
Berhubung saat tiba disana saya lihat ada mobil salah satu sales Renault (Pak Hery) yang dikenal dari WaSeM1, saya langsung kontek beliau.
Akhirnya setelah urusan pekerjaan saya sebagai seorang sales selesai menawari tools nya selesai, saya pun bertolak ke dealer Renault untuk bertemu Pak Hery. Kebetulan beliau sedang memindahkan Renault Kwid keluar dr showroom untuk dimasukan ke mobil gendong untuk dibawa ke pameran.
Namun saat Kwid tersebut sedang dikeluarkan, Pak Hery menawarkan saya untuk mencoba nya di area parkiran Indomobil PIK karena tidak bisa dicoba di luar area karena belum ada nomor polisi nya.
Well, saat saya coba Kwid ini impresinya baik untuk mobil seharga segitu. Handling nya bisa dibilang ok. Performa mesin 1.0L (68hp 91Nm) nya kurang tau, karena keterbatasan tempat TD jadi saya tidak bisa mencoba potensi seluruhnya.
Dan fitur head unit touch screen nya juga menarik, sudah ada built in GPS nya untuk mobil seharga 117,7jt dengan garansi 3 tahun atau 100.000 km (mana yg tercapai dulu).
Saat selesai TD pun saya membuka kap mesin nya. Terlihat mesin nya menari dombret walau telah diberi engine mounting yg hidrolis menurut beliau.
(foto comot dr mbah gugel karena lupa ambil).
The Duster RxZ 4x4, the value for money Rangie killer
Setelah itu beliau pun mengajak saya untuk men test drive Renault Duster nya... Yah Renault Duster milik pribadi nya...
Memang unik sales Renault yang satu ini, punya mobil sendiri mobil yg ia tawarkan ke calon customer nya dengan banderol 339.5jt dengan garansi 5 tahun atau 100.000km (mana yg tercapai lebih dulu).
Saya pun langsung mencoba Renault Duster 4x4 manual ini. Karena masih tergolong small SUV bobot nya ringan dan kombinasi gearbox immenuel (manual) 6 speed dan mesin turbodiesel intercooled 1.5 dCi (110ps dan 245Nm @ 1750rpm) nya memberikan sensasi jambakan yg yahud. Setir nya Electro Hydraulic Power Assisted cukup membuat mobil ini terasa menyenangkan untuk dikendarai dan feedback nya cukup baik. Soal BBM saat sebelum TD dilakukan MID nya tertera data 15 km/l. Namun ketika selesai TD hanya turun jadi 14.9 km/l, irit...
Karena dulu ketika kecil saya tinggal di daerah belakang Indomobil PIK, maka saya pun menanyai beliau apakah sudah tau tempat untuk light offroad di PIK? Karena beliau belum tau maka saya coba mobil nya ke daerah belakang sekolah BBS PIK.
Akhirnya ketika sampai ditempat saya pun mencoba fitur 4wd lock di Duster itu untuk turunan yang rada terjang ke lapangan bola yang diguyur hujan malam dihari sebelumnya. Sempat ada rasa khawatir Duster tersebut akan stuck di rawa-rawa basah itu. Tetapi ground clearance nya cukup.
Anyway Duster ini sudah dibekali juga ESP dan Eco Mode button.
Masalah dashboard well, jujur saja nothing special.
Overall menurut saya Renault Kwid dan Renault Duster adalah mobil yang value for money. Cocok bagi anda yg suka berpegian melalui jalan yg rusak dan banyak rintangan kecil nya.
P.S. Mohon maaf bila ada kesalahan kata atau kalimat karena ini ada lah tulisan car review pertama saya di SM.
Jika ada komentar atau masukan saya siap menerimanya
Passion for Life: Renault Kwid RxT & Renault Duster RxZ 4x4 Review
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1344
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Passion for Life: Renault Kwid RxT & Renault Duster RxZ 4x4 Review
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by arfs on Fri Nov 25, 2016 15:41, edited 1 time in total.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: Passion for Life: Renault Kwid RxT & Renault Duster RxZ 4x4 Review
nice review om.. penasaran lebih sama yg kwid sayang gak bs keluar parkiran ya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Passion for Life: Renault Kwid RxT & Renault Duster RxZ 4x4 Review
selama ini liat duster baru itungan jari di jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1207
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Passion for Life: Renault Kwid RxT & Renault Duster RxZ 4x4 Review
Nice review Om...
Btw, duster 4x4 ada yg matic gak ya?
Btw, duster 4x4 ada yg matic gak ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 916
- Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16
Re: Passion for Life: Renault Kwid RxT & Renault Duster RxZ 4x4 Review
Ada yg tau, renault ini termasuk merk yg reliabel ga sih?
Mengingat penjualan yg ga trlalu laku, berimbas ketersediaan suku cadang yg trbatas.. kalo fast moving bnyk yg ganti ya repot jg miara renault..
Mengingat penjualan yg ga trlalu laku, berimbas ketersediaan suku cadang yg trbatas.. kalo fast moving bnyk yg ganti ya repot jg miara renault..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 762
- Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30
Re: Passion for Life: Renault Kwid RxT & Renault Duster RxZ 4x4 Review
bantu jawab, kmrn liat di brosurnya renault PIK, ga ada maticnya om, manual dan diesel semua. bedanya cuma 4x2 atau 4x4.paidjho wrote:Nice review Om...
Btw, duster 4x4 ada yg matic gak ya?
---
Duster ini warranty nya 5 tahun kalo gak salah. ini mobil joknya agak tipis tapi masih empuk, fabric, interior full plastic dan gak ada menarik2nya, tapi dari harga dan fiturnya lumayan banget. ada kontrol audio di belakang setir (sama kayak Koleos yg kelas di atasnya) ada cruise control juga kalo gak salah. value for money banget sih
kalo saya kemaren mampir ke sana, fokusnya ke Koleos, desainnya cantik banget dibanding SUV sekelas 500jt.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Passion for Life: Renault Kwid RxT & Renault Duster RxZ 4x4 Review
kenapa ga ada maticnya ya.
fitur interior kwid mayan juga ya, ada HU dengan GPS, pengatur arah semburan AC, heater khas mobil CBU india
tapi lihat enjin bay nya kayak mobil tahun 90an ya kurang rapi.
kelemahan paling besar ga ada matic, roda 3 baut, dan logo tentunya
fitur interior kwid mayan juga ya, ada HU dengan GPS, pengatur arah semburan AC, heater khas mobil CBU india
tapi lihat enjin bay nya kayak mobil tahun 90an ya kurang rapi.
kelemahan paling besar ga ada matic, roda 3 baut, dan logo tentunya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Jun 17, 2013 8:30
Re: Passion for Life: Renault Kwid RxT & Renault Duster RxZ 4x4 Review
Klo mesin pasti getar, krn 3 silinder.arfs wrote:Saat selesai TD pun saya membuka kap mesin nya. Terlihat mesin nya menari dombret walau telah diberi engine mounting yg hidrolis menurut beliau.
Jangan dilihat mesinnya om, tapi lihat mobil dan bodynya apa ikut getaran mesin?
Coba taruh gelas isi air diatas kap.
Untuk mesin 3 silinder torsi lbh besar, efeknya nanti di konsumsi bahan bakar yg lebih irit.
Memang minus di getaran mesinnya. Body blm tentu getar jika mounting bagus.
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Thu Dec 16, 2010 5:44
Re: Passion for Life: Renault Kwid RxT & Renault Duster RxZ 4x4 Review
review sedikit...minggu lalu tes ke bandung....maks. 135-137 km/jam..lumaya getarannya (apa karena belum servis < 1000 km)..bensin sedikit boros...handling & pengereman biasa2..trims
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1602
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Passion for Life: Renault Kwid RxT & Renault Duster RxZ 4x4 Review
baru nyadar ternyata duster ini pake velg xtrail t31 mesin 2.0