Suzuki Fronx Short Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12971
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Sun Jul 13, 2025 10:02
MutualIsMe wrote: Sun Jul 13, 2025 1:43 Akhirnya kemakan ni produk. Bungkus 1 GL AT warna putih. Cakep sih. Kenapa varian terendah? simply buat workhorse krn mesin & transmisi sudah teruji di ertiga (keiritan & kebandelan). Fitur2 dan lain2 malah sy kesampingkan. Waktu TD pakai yg SGX, fitur2nya banyak bgt sampe bingung sendiri hehe. Impresinya valid seperti review om2 di atas: cukup kedap & empuk. Hype bgt ini mobilnya di suzuki, waktu sy proses berkas2 pembayaran salesnya sampe kelimpungan bagi waktu dgn yg mau SPK dan test drive haha mungkin bakal jd mobil laris/backbone barunya cap s
sempet kepincut GL kemaren tapi setelah dipikir kalo lego WRV yang masih umurnya 2 tahun kok sayang (mana DOHC piteknya lama2 bikin nagih) plus transmisi 4 speed suzuki ini not good in its class, mana ternyata juga masih belum keyless (bukan dealbreaker, cman yah come on kalo bawa bawan berat 2 tangan cukup repot sih), lampu masih halogen (huft) plus ada urusan rencana mau lanjut sekolah jadi pending dulu deh.......iya mbah kaianya fronx ini pilihan sensibel skrg

ditunggu reviewnya :big_comfort:
Klo soal RPM cruising, honda paling rendah rpm nya.

Ertiga 4at mirip sm xpander
100km/h @2500 rpm

Klo honda brio atau mobilio cvt
100km/h @2000 - 2100 rpm :big_grin:
+ Road noise :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1071
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Sun Jul 13, 2025 22:51
kayukayuthe5th wrote: Sun Jul 13, 2025 10:02
MutualIsMe wrote: Sun Jul 13, 2025 1:43 Akhirnya kemakan ni produk. Bungkus 1 GL AT warna putih. Cakep sih. Kenapa varian terendah? simply buat workhorse krn mesin & transmisi sudah teruji di ertiga (keiritan & kebandelan). Fitur2 dan lain2 malah sy kesampingkan. Waktu TD pakai yg SGX, fitur2nya banyak bgt sampe bingung sendiri hehe. Impresinya valid seperti review om2 di atas: cukup kedap & empuk. Hype bgt ini mobilnya di suzuki, waktu sy proses berkas2 pembayaran salesnya sampe kelimpungan bagi waktu dgn yg mau SPK dan test drive haha mungkin bakal jd mobil laris/backbone barunya cap s
sempet kepincut GL kemaren tapi setelah dipikir kalo lego WRV yang masih umurnya 2 tahun kok sayang (mana DOHC piteknya lama2 bikin nagih) plus transmisi 4 speed suzuki ini not good in its class, mana ternyata juga masih belum keyless (bukan dealbreaker, cman yah come on kalo bawa bawan berat 2 tangan cukup repot sih), lampu masih halogen (huft) plus ada urusan rencana mau lanjut sekolah jadi pending dulu deh.......iya mbah kaianya fronx ini pilihan sensibel skrg

ditunggu reviewnya :big_comfort:
Klo soal RPM cruising, honda paling rendah rpm nya.

Ertiga 4at mirip sm xpander
100km/h @2500 rpm

Klo honda brio atau mobilio cvt
100km/h @2000 - 2100 rpm :big_grin:
+ Road noise :mky_03:
yup betul yang DOHC wah high RPM bener nagih sih , deal breaker itu 4 speed auto haduh andaikan 6 speed auto wah mikir2 lagi sih.
road noise yah anggap fitur aja mbah haha :mky_04:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2655
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by darrelund »

Pboyz97 wrote: Thu Jul 10, 2025 15:30 kalo sering duduk di row 2 sih enak2 aja, tp kalo driving feel , tarikan sm handling jangan harap bisa sebagus mazda 2 sky om. sm WRV aja entah knp buat sy pribadi masih lebih enak WRV / city hatch driving feel , tarikan sm handlingnya dibanding fronx ini
nah itu, tarikan lemes dikit gpp lah

yg penting bawa nya ga pegel :big_biglaugh:
X252
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by X252 »

Kaleng wrote: Wed Jul 09, 2025 1:51 nyaman gak om kursi penumpang belakang?
Buat saya nyaman oom di belakang, tinggi 167 cm.
mr_mytplx wrote: Wed Jul 09, 2025 2:54 Di banding xl7 posisi mengemudinya enak mana om?
Ini jujur enakan Fronx sih. langsung dapet posisi nyaman walau dikit aja yang diutak atik.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1071
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

darrelund wrote: Mon Jul 14, 2025 1:58
Pboyz97 wrote: Thu Jul 10, 2025 15:30 kalo sering duduk di row 2 sih enak2 aja, tp kalo driving feel , tarikan sm handling jangan harap bisa sebagus mazda 2 sky om. sm WRV aja entah knp buat sy pribadi masih lebih enak WRV / city hatch driving feel , tarikan sm handlingnya dibanding fronx ini
nah itu, tarikan lemes dikit gpp lah

yg penting bawa nya ga pegel :big_biglaugh:
DG2 ama DG4 user tau lah ini, nyetirnya enak tapi 1-2jam aja abis itu langsung exercise haha :mky_08:
Lukayst
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Tue Nov 12, 2024 7:31
Location: Sumatra selatan
Daily Vehicle: Kijang kapsul diesel

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Lukayst »

MutualIsMe wrote: Sun Jul 13, 2025 1:43 Akhirnya kemakan ni produk. Bungkus 1 GL AT warna putih. Cakep sih. Kenapa varian terendah? simply buat workhorse krn mesin & transmisi sudah teruji di ertiga (keiritan & kebandelan). Fitur2 dan lain2 malah sy kesampingkan. Waktu TD pakai yg SGX, fitur2nya banyak bgt sampe bingung sendiri hehe. Impresinya valid seperti review om2 di atas: cukup kedap & empuk. Hype bgt ini mobilnya di suzuki, waktu sy proses berkas2 pembayaran salesnya sampe kelimpungan bagi waktu dgn yg mau SPK dan test drive haha mungkin bakal jd mobil laris/backbone barunya cap s
Suzuki pelat bodi nya mantep mas, masih cengli kasi harga vs kualitas,
Juga masih serius buat mobil (transimisi AT) 😂
User avatar
Always35
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Sun Jan 10, 2016 15:10
Daily Vehicle: NC1W

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Always35 »

Nice Review om.
Walaupun basic Fronx dari Baleno dan jejak Baleno-nya keliatan, entah kenapa Fronx seperti mobil yang berbeda. Kudos for Suzuki :big_exellent:
---From Moving Forward to Drive your Ambition---

2019 Mitsubishi Xpander Sport NC1W 4A91 M/T
Syauqi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Syauqi »

Barusan saya nonton videonya autonetmagz tentang fronx shvs & tiggo cross csh. Mereka coba test fuelcons sejauh 160km rute kombinasi & disii RON 92. Hasilnya cukup 'wow'.
Cross: 19km/l
Fronx: 12.5km/l

kemanakah angka 21+km/l yang kemarin kamu banggakan itu wahai fronx :big_bored:

kenapa hasilnya jauh amat yak sama waktu media test drive kemarin wkwk
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 876
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by timbermaniac123 »

Syauqi wrote: Sun Jul 20, 2025 2:29 Barusan saya nonton videonya autonetmagz tentang fronx shvs & tiggo cross csh. Mereka coba test fuelcons sejauh 160km rute kombinasi & disii RON 92. Hasilnya cukup 'wow'.
Cross: 19km/l
Fronx: 12.5km/l

kemanakah angka 21+km/l yang kemarin kamu banggakan itu wahai fronx :big_bored:

kenapa hasilnya jauh amat yak sama waktu media test drive kemarin wkwk
Media test mah emang gitu.

Misalkan hrv mereka tes bisa 1:15, kenyataan nya 1:8. hrv hybrid bisa 1:30, dipake realnya paling 1:16.
Zenix hybrid di tes bisa 1:24, taunya cuma 1:15.

Kalau ga review positif, besok2 bisa di blacklist ga diundang review mobil :big_slap:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12971
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Suryaputra »

timbermaniac123 wrote: Sun Jul 20, 2025 3:01
Syauqi wrote: Sun Jul 20, 2025 2:29 Barusan saya nonton videonya autonetmagz tentang fronx shvs & tiggo cross csh. Mereka coba test fuelcons sejauh 160km rute kombinasi & disii RON 92. Hasilnya cukup 'wow'.
Cross: 19km/l
Fronx: 12.5km/l

kemanakah angka 21+km/l yang kemarin kamu banggakan itu wahai fronx :big_bored:

kenapa hasilnya jauh amat yak sama waktu media test drive kemarin wkwk
Media test mah emang gitu.

Misalkan hrv mereka tes bisa 1:15, kenyataan nya 1:8. hrv hybrid bisa 1:30, dipake realnya paling 1:16.
Zenix hybrid di tes bisa 1:24, taunya cuma 1:15.

Kalau ga review positif, besok2 bisa di blacklist ga diundang review mobil :big_slap:
Beda metode test

Klo media ngetestnya rute tol; reset dr spbu dkt pintu tol,
Terus jalannya via tol.
Dgn kecepatan konstan 60-80 km/h.

Itu mah mobilio mesin l15z jadul aja bisa 1:20 koq

Klo hybrid, rute tol atau dalkot, cenderung mirip FC nya.
Ada bbrp malah lbh irit rute dalkot.

YTTA :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
MutualIsMe
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sat Jan 28, 2023 21:08
Location: Provinsi Termiskin se-Jawa

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by MutualIsMe »

Selamat siang om2, mau sumbang sedikit review Fronx GL yg udah sy pake 100km-an, kurang lebih udah ada gambaran.

Sedikit kilas balik, sy bungkus tipe GL krn simply cari workhorse yg ga rewel sebagai ganti City gm2 sy yg usianya menjelang 13thn. City ini selama sy pakai tidak ada masalah berarti, cuma servis rutin, ganti oli2, ban & aki. Terakhir tahun lalu cuma ganti packing head cover yg udah mulai getas sekalian setel klep & shock absorber 4 biji jg ganti di bulan yg sama. Cuma namanya mobil berumur, karet2an & plastik2an sudah divonis ama mekanik nyerah duluan (lower arm set, karet2 support, racksteer, engine mounting, radiator set), meskipun mesin & transmisi masih jos kering. Begitu keluar estimasi biaya peremajaan semua perkaretan, kok banyak juga hahaha, mending sy tuker tambah aja mumpung belum terlambat & bisa jadi bahan belajar owner selanjutnya haha. Overall city tdk rewel, sangat badak, tapi makin tua jd makin boros 9km/l (setel klep ga bantu). Nah! mobil penggantinya harus minimal sama badaknya dan lebih irit. Setelah dipikir2, dipilihlah fronx GL. Toh fitur2 lebih baik, 4at & k15b yg sudah teruji di Ertiga. Sy kesampingkan fitur2 macam hybrid & adas krn belum teruji reliabilitas & durabilitasnya. Denger2 ganti aki & batrenya mahal. Kebetulan jg sy masih piara BRV prest DG3 & Brio satya e DD1 cvt, sekalian sy compare, biar yg baca ada bayangan.

Sy mulai dari eksterior: Desain modern! depan belakang samping oke, cukup masuk di selera sy. Semua perlampuan OK sudah LED. Headlamp auto ada manual levelingnya, sip. Spion pas, batangnya nempel body bukan di pilar, manis. Di foto keliatan gede, aslinya lumayan compact dan tdk tinggi (ketinggian atapnya: brio>fronx>brv). Desainnya ga malu2in lah intinya. Oh iya, bahan bodynya tebel, pintunya berat! BRV terasa enteng, apalagi Brio.

Under the hood: kapnya berat! bahkan terasa lebih berat dibanding BRV. Bagian yang pertama kali sy liat adalah radiator. Fronx GL ini radiatornya ga terlalu besar, posisinya di depan transmisi, dan kipasnya cuma 1 (ukurannya lumayan gede). Nah sy gtau apakah di Ertiga/Fronx GX SGX setup radiatornya seperti ini. Di BRV, Brio & GM2, radiatornya lebih besar dengan 2 kipas (meskipun ukuran kipasnya lebih kecil daripada fronx punya). Fronx GL & Brio radiatornya bikinan T.Rad Indo sedangkan BRV & GM2 dari Denso. Tebal radiatornya menyesuaikan, BRV fronx mirip, paling tebel gm2, paling tipis brio (sy maklum lcgc). Ngelihat setup fronx GL ky gini semoga bisa seperti gm2 sy yg ga pernah overheat (cuma pernah ganti 1 motor fan yg melemah). Klo ngeliat space di mesin, fronx ini lega di bagian depannya seperti GM2, sy pikir sih aliran udara pendinginannya akan ikut baik. Klo brio mepet2 bener padet, brv masih mendingan ada jarak cukup buat udara ngalir. Posisi exhaust manifold k15b ada di depan, deket banget sm posisi fan radiator, untungnya dikasi pelindung panas, semoga tidak mempengaruhi durabilitas motor fan. Di honda sih aman, ada di belakang. Apalagi ya? :big_think:

Interior: build quality mantap!! bahan plastiknya jauh lebih solid & berkualitas dibanding brio dan bahkan brv. Dashboard ditekan2 tidak mleyot ke dalam, konsol tengah mulai dari tempat2 koin, tuas transmisi, handbrake, sampai armrest+box juga jauh lebih solid, tidak segoyang brio & brv. Sy suka bahan fabric (mirip suede?) di panel2 pintu, mengingatkan gm2 sy, halus. Bahan fabric jok juga bagus, bahannya seperti ada yg di pintu. Cuma, tidak merata, hanya di bagian2 yg bersentuhan dengan penumpang/pengemudi saja. Di bagian samping/belakang ya kasar mirip2 fabricnya brio. Klo ngomongin jenis fabric, jauh lebih juara gm2, terasa lebih tebal, lebih halus, dan lebih "mahal". Duh, masa kalah sm mobil lansiran belasan th yg lalu, dari honda pula. Headunitnya tipe GL cukup, ada tampilan MID dan surprisingly bisa wireless apple carplay! GL ga ada tweeter dan frame HU sampe ke kisi AC plastik polos, tidak semanis GX/SGX yg piano black. Speedometer oke saja tidak wah, MID digital belum full color, buat sy yg paling penting ada indikator suhu. GM2 dan Brio sy tidak ada indikator suhu, alhasil terpaksa sy pasang sendiri OBD Gauge. Legroom belakang fronx, tidak selega GM2 tapi lebih lega daripada brio, paling lega BRV (jelas). Klo kenyamanan posisi duduk di baris 2, sy cuma mengandalkan opini istri & anak: paling enak BRV bs recline, lalu GM2, fronx, terakhir brio.

Kekedapan Kabin: Fronx kedap, noise ban minim banget! tapi bukan tanpa cela, tiap di salip motor itu pasti knalpot kedengeran. Di lampu merah juga, kedengeran suara2 motor. Sy gtau kenapa, rasanya ky separo ke bawah kedap, separo ke atas ga kedap. Apa gara2 kualitas kaca? sy liat balon di pintu juga full muter. Klo Brio & BRV gmn? mendingan Fronx kemana2, yahhh tau lah honda gmn. :big_dunno:

Posisi berkendara: GL sudah tilt steering, sama seperti brio & brv, kalah dibanding gm2 yg udah ada telescopic, malu2in. Padahal SGX ada telescopicnya. Curiganya ntar dipasang buat improvement hahaha. Posisi paling berkendara buat sy paling enak ada di GM2! tapi klo bicara fronx, dia persis di antara Brio dan BRV. Brio lebih enak krn posisi lebih rendah, bisa lebih selonjor dan meskipun ga ada tilt & height adjuster, tapi buat sy mudah cari posisi yg pas. Fronx ini duduknya lebih commanding daripada brio, tidak terasa tenggelam, kap mesin terlihat, body sekeliling mudah diperkirakan, joknya lebih lebar daripada BRV jadi posisi nyetirnya lebih ga pegel. BRV posisi nyetirnya bisa mirip fronx cuma cari posisi nyetir yg enak jauh lebih susah! joknya kecil, dibikin selonjor nanggung, dibikin tegak nggantung, serba susah.

Mesin & transmisi: Fronx ini ternyata lincah, meskipun 4at tapi buat nyetir dalkot stop n go gk kedodoran, buat sruntulan masih bisa. Setirnya enteng2 hambar haha, lebih enakan Brio & BRV (lebih ada rasa & bobotnya). Tapi response "setir mbalik" lebih kuat/enak di fronx. Akselerasi klo buat dalkot stop n go lampu merah, sy suka karakter cvt nya Brio. Lebih "berasa narik" dibanding 4at nya fronx. Beda dengan BRV yg buat dalkot kok berasa lemot, BRV ini enak klo dipake cruise di tol yg ga perlu stop n go, tau2 kenceng. Klo buat dalkot boleh sy rangkum paling enak Brio, Fronx, lalu BRV. Nah klo buat luar kota, kebalik: BRV, Fronx, Brio. Ga bs sy bandingin dgn GM2 krn exhaust system & air filter tdk standard pabrik.

Suspensi: Fronx ini klo boleh sy bilang empuk, sedikittt lebih empuk dibanding BRV. Klo dibanding Brio, jauh lebih empuk Fronx. Buat nikung paling enak Brio. Beda cerita klo buat jarak jauh transjawa. Klo buat kenceng lurus macam transjawa, Fronx ada limbungnya tipis2 & sedikit ngayun, jauh lebih stabil dan bikin pede BRV. Brio? klo buat transjawa buat kenceng agak goyang2 gak jelas meskipun keras (apalagi pas disalip bus besar), gak sestabil BRV & Fronx. Kesimpulan klo buat jalan santai lewatin poldur komplek/jalan rusak: Fronx, BRV, terakhir Brio. Kalau di tol ngebut: BRV, Fronx, Brio. Ga bs sy bandingin dgn GM2 krn suspensi tdk standard pabrik.


Sekian, mohon maaf kepanjangan :big_sorry:
X252
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by X252 »

Syauqi wrote: Sun Jul 20, 2025 2:29 Barusan saya nonton videonya autonetmagz tentang fronx shvs & tiggo cross csh. Mereka coba test fuelcons sejauh 160km rute kombinasi & disii RON 92. Hasilnya cukup 'wow'.
Cross: 19km/l
Fronx: 12.5km/l

kemanakah angka 21+km/l yang kemarin kamu banggakan itu wahai fronx :big_bored:

kenapa hasilnya jauh amat yak sama waktu media test drive kemarin wkwk
Kalau segini sih gak beda jauh sama XL7 ya. Padahal bodi lebih besar. harapan saya bisa di atas 16 km/l lah
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12971
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Suryaputra »

X252 wrote: Mon Jul 21, 2025 14:04
Syauqi wrote: Sun Jul 20, 2025 2:29 Barusan saya nonton videonya autonetmagz tentang fronx shvs & tiggo cross csh. Mereka coba test fuelcons sejauh 160km rute kombinasi & disii RON 92. Hasilnya cukup 'wow'.
Cross: 19km/l
Fronx: 12.5km/l

kemanakah angka 21+km/l yang kemarin kamu banggakan itu wahai fronx :big_bored:

kenapa hasilnya jauh amat yak sama waktu media test drive kemarin wkwk
Kalau segini sih gak beda jauh sama XL7 ya. Padahal bodi lebih besar. harapan saya bisa di atas 16 km/l lah
Iya namanya jg hybrid bercanda.
mana cuma 12V lithium batre, bantu buat ngail akselerasi awal ketika stop and go aja

Sekalian aja gak usah, jd gak mikirin cost system hybrid ke depan :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
heiituaku
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Thu Mar 28, 2013 4:53

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by heiituaku »

MutualIsMe wrote: Mon Jul 21, 2025 9:38 Selamat siang om2, mau sumbang sedikit review Fronx GL yg udah sy pake 100km-an, kurang lebih udah ada gambaran.
..................
Sekian, mohon maaf kepanjangan :big_sorry:
Nice review om. btw tinggi berapa ya? review anggota keluarga gmn?
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4418
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by ginting »

Suryaputra wrote: Mon Jul 21, 2025 22:46
X252 wrote: Mon Jul 21, 2025 14:04
Syauqi wrote: Sun Jul 20, 2025 2:29 Barusan saya nonton videonya autonetmagz tentang fronx shvs & tiggo cross csh. Mereka coba test fuelcons sejauh 160km rute kombinasi & disii RON 92. Hasilnya cukup 'wow'.
Cross: 19km/l
Fronx: 12.5km/l

kemanakah angka 21+km/l yang kemarin kamu banggakan itu wahai fronx :big_bored:

kenapa hasilnya jauh amat yak sama waktu media test drive kemarin wkwk
Kalau segini sih gak beda jauh sama XL7 ya. Padahal bodi lebih besar. harapan saya bisa di atas 16 km/l lah
Iya namanya jg hybrid bercanda.
mana cuma 12V lithium batre, bantu buat ngail akselerasi awal ketika stop and go aja

Sekalian aja gak usah, jd gak mikirin cost system hybrid ke depan :big_biglaugh:
ada rupa ada harga lah oom.. :mky_07:
baterai EV spt ionic : 380 juta
baterai Hybrid (betulan) spt Camry : 40-50 juta
Baterai mild hybrid : maybe under 20 jt

gue khawatir pemilik EV saat harus ganti baterai maka akan galau.
dijual gada harganya.
kalau ganti baterai malah sudah sama dgn harga bekas mobil utuh.
kalau diganti harus jual sawah ???
hasil penghematan selama 7tahun selama ini lupa ditabung krn sdh dibuat healing healing... :big_biglaugh:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4418
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by ginting »

MutualIsMe wrote: Mon Jul 21, 2025 9:38 Selamat siang om2, mau sumbang sedikit review Fronx GL yg udah sy pake 100km-an, kurang lebih udah ada gambaran.

Sedikit kilas balik, sy bungkus tipe GL krn simply cari workhorse yg ga rewel sebagai ganti City gm2 sy yg usianya menjelang 13thn. City ini selama sy pakai tidak ada masalah berarti, cuma servis rutin, ganti oli2, ban & aki. Terakhir tahun lalu cuma ganti packing head cover yg udah mulai getas sekalian setel klep & shock absorber 4 biji jg ganti di bulan yg sama. Cuma namanya mobil berumur, karet2an & plastik2an sudah divonis ama mekanik nyerah duluan (lower arm set, karet2 support, racksteer, engine mounting, radiator set), meskipun mesin & transmisi masih jos kering. Begitu keluar estimasi biaya peremajaan semua perkaretan, kok banyak juga hahaha, mending sy tuker tambah aja mumpung belum terlambat & bisa jadi bahan belajar owner selanjutnya haha. Overall city tdk rewel, sangat badak, tapi makin tua jd makin boros 9km/l (setel klep ga bantu). Nah! mobil penggantinya harus minimal sama badaknya dan lebih irit. Setelah dipikir2, dipilihlah fronx GL. Toh fitur2 lebih baik, 4at & k15b yg sudah teruji di Ertiga. Sy kesampingkan fitur2 macam hybrid & adas krn belum teruji reliabilitas & durabilitasnya. Denger2 ganti aki & batrenya mahal. Kebetulan jg sy masih piara BRV prest DG3 & Brio satya e DD1 cvt, sekalian sy compare, biar yg baca ada bayangan.

Sy mulai dari eksterior: Desain modern! depan belakang samping oke, cukup masuk di selera sy. Semua perlampuan OK sudah LED. Headlamp auto ada manual levelingnya, sip. Spion pas, batangnya nempel body bukan di pilar, manis. Di foto keliatan gede, aslinya lumayan compact dan tdk tinggi (ketinggian atapnya: brio>fronx>brv). Desainnya ga malu2in lah intinya. Oh iya, bahan bodynya tebel, pintunya berat! BRV terasa enteng, apalagi Brio.

Under the hood: kapnya berat! bahkan terasa lebih berat dibanding BRV. Bagian yang pertama kali sy liat adalah radiator. Fronx GL ini radiatornya ga terlalu besar, posisinya di depan transmisi, dan kipasnya cuma 1 (ukurannya lumayan gede). Nah sy gtau apakah di Ertiga/Fronx GX SGX setup radiatornya seperti ini. Di BRV, Brio & GM2, radiatornya lebih besar dengan 2 kipas (meskipun ukuran kipasnya lebih kecil daripada fronx punya). Fronx GL & Brio radiatornya bikinan T.Rad Indo sedangkan BRV & GM2 dari Denso. Tebal radiatornya menyesuaikan, BRV fronx mirip, paling tebel gm2, paling tipis brio (sy maklum lcgc). Ngelihat setup fronx GL ky gini semoga bisa seperti gm2 sy yg ga pernah overheat (cuma pernah ganti 1 motor fan yg melemah). Klo ngeliat space di mesin, fronx ini lega di bagian depannya seperti GM2, sy pikir sih aliran udara pendinginannya akan ikut baik. Klo brio mepet2 bener padet, brv masih mendingan ada jarak cukup buat udara ngalir. Posisi exhaust manifold k15b ada di depan, deket banget sm posisi fan radiator, untungnya dikasi pelindung panas, semoga tidak mempengaruhi durabilitas motor fan. Di honda sih aman, ada di belakang. Apalagi ya? :big_think:

Interior: build quality mantap!! bahan plastiknya jauh lebih solid & berkualitas dibanding brio dan bahkan brv. Dashboard ditekan2 tidak mleyot ke dalam, konsol tengah mulai dari tempat2 koin, tuas transmisi, handbrake, sampai armrest+box juga jauh lebih solid, tidak segoyang brio & brv. Sy suka bahan fabric (mirip suede?) di panel2 pintu, mengingatkan gm2 sy, halus. Bahan fabric jok juga bagus, bahannya seperti ada yg di pintu. Cuma, tidak merata, hanya di bagian2 yg bersentuhan dengan penumpang/pengemudi saja. Di bagian samping/belakang ya kasar mirip2 fabricnya brio. Klo ngomongin jenis fabric, jauh lebih juara gm2, terasa lebih tebal, lebih halus, dan lebih "mahal". Duh, masa kalah sm mobil lansiran belasan th yg lalu, dari honda pula. Headunitnya tipe GL cukup, ada tampilan MID dan surprisingly bisa wireless apple carplay! GL ga ada tweeter dan frame HU sampe ke kisi AC plastik polos, tidak semanis GX/SGX yg piano black. Speedometer oke saja tidak wah, MID digital belum full color, buat sy yg paling penting ada indikator suhu. GM2 dan Brio sy tidak ada indikator suhu, alhasil terpaksa sy pasang sendiri OBD Gauge. Legroom belakang fronx, tidak selega GM2 tapi lebih lega daripada brio, paling lega BRV (jelas). Klo kenyamanan posisi duduk di baris 2, sy cuma mengandalkan opini istri & anak: paling enak BRV bs recline, lalu GM2, fronx, terakhir brio.

Kekedapan Kabin: Fronx kedap, noise ban minim banget! tapi bukan tanpa cela, tiap di salip motor itu pasti knalpot kedengeran. Di lampu merah juga, kedengeran suara2 motor. Sy gtau kenapa, rasanya ky separo ke bawah kedap, separo ke atas ga kedap. Apa gara2 kualitas kaca? sy liat balon di pintu juga full muter. Klo Brio & BRV gmn? mendingan Fronx kemana2, yahhh tau lah honda gmn. :big_dunno:

Posisi berkendara: GL sudah tilt steering, sama seperti brio & brv, kalah dibanding gm2 yg udah ada telescopic, malu2in. Padahal SGX ada telescopicnya. Curiganya ntar dipasang buat improvement hahaha. Posisi paling berkendara buat sy paling enak ada di GM2! tapi klo bicara fronx, dia persis di antara Brio dan BRV. Brio lebih enak krn posisi lebih rendah, bisa lebih selonjor dan meskipun ga ada tilt & height adjuster, tapi buat sy mudah cari posisi yg pas. Fronx ini duduknya lebih commanding daripada brio, tidak terasa tenggelam, kap mesin terlihat, body sekeliling mudah diperkirakan, joknya lebih lebar daripada BRV jadi posisi nyetirnya lebih ga pegel. BRV posisi nyetirnya bisa mirip fronx cuma cari posisi nyetir yg enak jauh lebih susah! joknya kecil, dibikin selonjor nanggung, dibikin tegak nggantung, serba susah.

Mesin & transmisi: Fronx ini ternyata lincah, meskipun 4at tapi buat nyetir dalkot stop n go gk kedodoran, buat sruntulan masih bisa. Setirnya enteng2 hambar haha, lebih enakan Brio & BRV (lebih ada rasa & bobotnya). Tapi response "setir mbalik" lebih kuat/enak di fronx. Akselerasi klo buat dalkot stop n go lampu merah, sy suka karakter cvt nya Brio. Lebih "berasa narik" dibanding 4at nya fronx. Beda dengan BRV yg buat dalkot kok berasa lemot, BRV ini enak klo dipake cruise di tol yg ga perlu stop n go, tau2 kenceng. Klo buat dalkot boleh sy rangkum paling enak Brio, Fronx, lalu BRV. Nah klo buat luar kota, kebalik: BRV, Fronx, Brio. Ga bs sy bandingin dgn GM2 krn exhaust system & air filter tdk standard pabrik.

Suspensi: Fronx ini klo boleh sy bilang empuk, sedikittt lebih empuk dibanding BRV. Klo dibanding Brio, jauh lebih empuk Fronx. Buat nikung paling enak Brio. Beda cerita klo buat jarak jauh transjawa. Klo buat kenceng lurus macam transjawa, Fronx ada limbungnya tipis2 & sedikit ngayun, jauh lebih stabil dan bikin pede BRV. Brio? klo buat transjawa buat kenceng agak goyang2 gak jelas meskipun keras (apalagi pas disalip bus besar), gak sestabil BRV & Fronx. Kesimpulan klo buat jalan santai lewatin poldur komplek/jalan rusak: Fronx, BRV, terakhir Brio. Kalau di tol ngebut: BRV, Fronx, Brio. Ga bs sy bandingin dgn GM2 krn suspensi tdk standard pabrik.


Sekian, mohon maaf kepanjangan :big_sorry:
mantaf Reviewnya.
saya juga tertarik GL krn murah dan nyaman sama aja.
soal ADAS ADAS saya gak gitu butuh krn sy PeDe dgn skill saya sendiri.
soal FC kalau saya sih patokan mobil 1500 cc adalah min 10 kmpl (dalkot) dan 12 kmpl (lukot).
gosah percaya sama buzzzer buzzer media yg bisa sampai 25 kmpl atau 44 kmpl..

kalau sengaja dibuat nyetir pelan pelan..gas diurut...AC mati maka dulu Panther juga bisa 33.8 kmpl
tapi itu mah aliran siksa diri...
Honda jazz ECo-hallenge dulu topnya adalah 61.50 kmpl
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1071
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

MutualIsMe wrote: Mon Jul 21, 2025 9:38 Selamat siang om2, mau sumbang sedikit review Fronx GL yg udah sy pake 100km-an, kurang lebih udah ada gambaran.

Sedikit kilas balik, sy bungkus tipe GL krn simply cari workhorse yg ga rewel sebagai ganti City gm2 sy yg usianya menjelang 13thn. City ini selama sy pakai tidak ada masalah berarti, cuma servis rutin, ganti oli2, ban & aki. Terakhir tahun lalu cuma ganti packing head cover yg udah mulai getas sekalian setel klep & shock absorber 4 biji jg ganti di bulan yg sama. Cuma namanya mobil berumur, karet2an & plastik2an sudah divonis ama mekanik nyerah duluan (lower arm set, karet2 support, racksteer, engine mounting, radiator set), meskipun mesin & transmisi masih jos kering. Begitu keluar estimasi biaya peremajaan semua perkaretan, kok banyak juga hahaha, mending sy tuker tambah aja mumpung belum terlambat & bisa jadi bahan belajar owner selanjutnya haha. Overall city tdk rewel, sangat badak, tapi makin tua jd makin boros 9km/l (setel klep ga bantu). Nah! mobil penggantinya harus minimal sama badaknya dan lebih irit. Setelah dipikir2, dipilihlah fronx GL. Toh fitur2 lebih baik, 4at & k15b yg sudah teruji di Ertiga. Sy kesampingkan fitur2 macam hybrid & adas krn belum teruji reliabilitas & durabilitasnya. Denger2 ganti aki & batrenya mahal. Kebetulan jg sy masih piara BRV prest DG3 & Brio satya e DD1 cvt, sekalian sy compare, biar yg baca ada bayangan.

Sy mulai dari eksterior: Desain modern! depan belakang samping oke, cukup masuk di selera sy. Semua perlampuan OK sudah LED. Headlamp auto ada manual levelingnya, sip. Spion pas, batangnya nempel body bukan di pilar, manis. Di foto keliatan gede, aslinya lumayan compact dan tdk tinggi (ketinggian atapnya: brio>fronx>brv). Desainnya ga malu2in lah intinya. Oh iya, bahan bodynya tebel, pintunya berat! BRV terasa enteng, apalagi Brio.

Under the hood: kapnya berat! bahkan terasa lebih berat dibanding BRV. Bagian yang pertama kali sy liat adalah radiator. Fronx GL ini radiatornya ga terlalu besar, posisinya di depan transmisi, dan kipasnya cuma 1 (ukurannya lumayan gede). Nah sy gtau apakah di Ertiga/Fronx GX SGX setup radiatornya seperti ini. Di BRV, Brio & GM2, radiatornya lebih besar dengan 2 kipas (meskipun ukuran kipasnya lebih kecil daripada fronx punya). Fronx GL & Brio radiatornya bikinan T.Rad Indo sedangkan BRV & GM2 dari Denso. Tebal radiatornya menyesuaikan, BRV fronx mirip, paling tebel gm2, paling tipis brio (sy maklum lcgc). Ngelihat setup fronx GL ky gini semoga bisa seperti gm2 sy yg ga pernah overheat (cuma pernah ganti 1 motor fan yg melemah). Klo ngeliat space di mesin, fronx ini lega di bagian depannya seperti GM2, sy pikir sih aliran udara pendinginannya akan ikut baik. Klo brio mepet2 bener padet, brv masih mendingan ada jarak cukup buat udara ngalir. Posisi exhaust manifold k15b ada di depan, deket banget sm posisi fan radiator, untungnya dikasi pelindung panas, semoga tidak mempengaruhi durabilitas motor fan. Di honda sih aman, ada di belakang. Apalagi ya? :big_think:

Interior: build quality mantap!! bahan plastiknya jauh lebih solid & berkualitas dibanding brio dan bahkan brv. Dashboard ditekan2 tidak mleyot ke dalam, konsol tengah mulai dari tempat2 koin, tuas transmisi, handbrake, sampai armrest+box juga jauh lebih solid, tidak segoyang brio & brv. Sy suka bahan fabric (mirip suede?) di panel2 pintu, mengingatkan gm2 sy, halus. Bahan fabric jok juga bagus, bahannya seperti ada yg di pintu. Cuma, tidak merata, hanya di bagian2 yg bersentuhan dengan penumpang/pengemudi saja. Di bagian samping/belakang ya kasar mirip2 fabricnya brio. Klo ngomongin jenis fabric, jauh lebih juara gm2, terasa lebih tebal, lebih halus, dan lebih "mahal". Duh, masa kalah sm mobil lansiran belasan th yg lalu, dari honda pula. Headunitnya tipe GL cukup, ada tampilan MID dan surprisingly bisa wireless apple carplay! GL ga ada tweeter dan frame HU sampe ke kisi AC plastik polos, tidak semanis GX/SGX yg piano black. Speedometer oke saja tidak wah, MID digital belum full color, buat sy yg paling penting ada indikator suhu. GM2 dan Brio sy tidak ada indikator suhu, alhasil terpaksa sy pasang sendiri OBD Gauge. Legroom belakang fronx, tidak selega GM2 tapi lebih lega daripada brio, paling lega BRV (jelas). Klo kenyamanan posisi duduk di baris 2, sy cuma mengandalkan opini istri & anak: paling enak BRV bs recline, lalu GM2, fronx, terakhir brio.

Kekedapan Kabin: Fronx kedap, noise ban minim banget! tapi bukan tanpa cela, tiap di salip motor itu pasti knalpot kedengeran. Di lampu merah juga, kedengeran suara2 motor. Sy gtau kenapa, rasanya ky separo ke bawah kedap, separo ke atas ga kedap. Apa gara2 kualitas kaca? sy liat balon di pintu juga full muter. Klo Brio & BRV gmn? mendingan Fronx kemana2, yahhh tau lah honda gmn. :big_dunno:

Posisi berkendara: GL sudah tilt steering, sama seperti brio & brv, kalah dibanding gm2 yg udah ada telescopic, malu2in. Padahal SGX ada telescopicnya. Curiganya ntar dipasang buat improvement hahaha. Posisi paling berkendara buat sy paling enak ada di GM2! tapi klo bicara fronx, dia persis di antara Brio dan BRV. Brio lebih enak krn posisi lebih rendah, bisa lebih selonjor dan meskipun ga ada tilt & height adjuster, tapi buat sy mudah cari posisi yg pas. Fronx ini duduknya lebih commanding daripada brio, tidak terasa tenggelam, kap mesin terlihat, body sekeliling mudah diperkirakan, joknya lebih lebar daripada BRV jadi posisi nyetirnya lebih ga pegel. BRV posisi nyetirnya bisa mirip fronx cuma cari posisi nyetir yg enak jauh lebih susah! joknya kecil, dibikin selonjor nanggung, dibikin tegak nggantung, serba susah.

Mesin & transmisi: Fronx ini ternyata lincah, meskipun 4at tapi buat nyetir dalkot stop n go gk kedodoran, buat sruntulan masih bisa. Setirnya enteng2 hambar haha, lebih enakan Brio & BRV (lebih ada rasa & bobotnya). Tapi response "setir mbalik" lebih kuat/enak di fronx. Akselerasi klo buat dalkot stop n go lampu merah, sy suka karakter cvt nya Brio. Lebih "berasa narik" dibanding 4at nya fronx. Beda dengan BRV yg buat dalkot kok berasa lemot, BRV ini enak klo dipake cruise di tol yg ga perlu stop n go, tau2 kenceng. Klo buat dalkot boleh sy rangkum paling enak Brio, Fronx, lalu BRV. Nah klo buat luar kota, kebalik: BRV, Fronx, Brio. Ga bs sy bandingin dgn GM2 krn exhaust system & air filter tdk standard pabrik.

Suspensi: Fronx ini klo boleh sy bilang empuk, sedikittt lebih empuk dibanding BRV. Klo dibanding Brio, jauh lebih empuk Fronx. Buat nikung paling enak Brio. Beda cerita klo buat jarak jauh transjawa. Klo buat kenceng lurus macam transjawa, Fronx ada limbungnya tipis2 & sedikit ngayun, jauh lebih stabil dan bikin pede BRV. Brio? klo buat transjawa buat kenceng agak goyang2 gak jelas meskipun keras (apalagi pas disalip bus besar), gak sestabil BRV & Fronx. Kesimpulan klo buat jalan santai lewatin poldur komplek/jalan rusak: Fronx, BRV, terakhir Brio. Kalau di tol ngebut: BRV, Fronx, Brio. Ga bs sy bandingin dgn GM2 krn suspensi tdk standard pabrik.


Sekian, mohon maaf kepanjangan :big_sorry:
NICE REVIEW. 4AT kedodoran banget kalo buat high RPM, kalo stop n go emang ga kerasa sih.
Fronx kalo buat jalan rusak ok juga yah hehe
Suryaputra wrote: Mon Jul 21, 2025 22:46
X252 wrote: Mon Jul 21, 2025 14:04
Syauqi wrote: Sun Jul 20, 2025 2:29 Barusan saya nonton videonya autonetmagz tentang fronx shvs & tiggo cross csh. Mereka coba test fuelcons sejauh 160km rute kombinasi & disii RON 92. Hasilnya cukup 'wow'.
Cross: 19km/l
Fronx: 12.5km/l

kemanakah angka 21+km/l yang kemarin kamu banggakan itu wahai fronx :big_bored:

kenapa hasilnya jauh amat yak sama waktu media test drive kemarin wkwk
Kalau segini sih gak beda jauh sama XL7 ya. Padahal bodi lebih besar. harapan saya bisa di atas 16 km/l lah
Iya namanya jg hybrid bercanda.
mana cuma 12V lithium batre, bantu buat ngail akselerasi awal ketika stop and go aja

Sekalian aja gak usah, jd gak mikirin cost system hybrid ke depan :big_biglaugh:
kalo mau irit minimal 48V sih dah pasti ngirit dan emisi rendah karena mandatory EU7 bisa start-stop (tapi ntar di amrik katanya per taun ini udah ga dikasi karena ga cocok buat jalan amerika, bikin jebol corvete soalnya hehe :P)
Syauqi wrote: Sun Jul 20, 2025 2:29 Barusan saya nonton videonya autonetmagz tentang fronx shvs & tiggo cross csh. Mereka coba test fuelcons sejauh 160km rute kombinasi & disii RON 92. Hasilnya cukup 'wow'.
Cross: 19km/l
Fronx: 12.5km/l

kemanakah angka 21+km/l yang kemarin kamu banggakan itu wahai fronx :big_bored:

kenapa hasilnya jauh amat yak sama waktu media test drive kemarin wkwk

yah beda metodologi, rute jalan, ama kecepatan n kelajuan.
media mah pasti dikasi rute yang udah di"aman"kan makanya relatif lancar gabanyak stop n go.
metodologi yang reset manual SPBU.
Suryaputra wrote: Sun Jul 20, 2025 6:16
timbermaniac123 wrote: Sun Jul 20, 2025 3:01
Syauqi wrote: Sun Jul 20, 2025 2:29 Barusan saya nonton videonya autonetmagz tentang fronx shvs & tiggo cross csh. Mereka coba test fuelcons sejauh 160km rute kombinasi & disii RON 92. Hasilnya cukup 'wow'.
Cross: 19km/l
Fronx: 12.5km/l

kemanakah angka 21+km/l yang kemarin kamu banggakan itu wahai fronx :big_bored:

kenapa hasilnya jauh amat yak sama waktu media test drive kemarin wkwk
Media test mah emang gitu.

Misalkan hrv mereka tes bisa 1:15, kenyataan nya 1:8. hrv hybrid bisa 1:30, dipake realnya paling 1:16.
Zenix hybrid di tes bisa 1:24, taunya cuma 1:15.

Kalau ga review positif, besok2 bisa di blacklist ga diundang review mobil :big_slap:
Beda metode test

Klo media ngetestnya rute tol; reset dr spbu dkt pintu tol,
Terus jalannya via tol.
Dgn kecepatan konstan 60-80 km/h.

Itu mah mobilio mesin l15z jadul aja bisa 1:20 koq

Klo hybrid, rute tol atau dalkot, cenderung mirip FC nya.
Ada bbrp malah lbh irit rute dalkot.

YTTA :ngacir:
nah ini YTTA aja. :big_blushing:
tambahin biasanya sih emang media test drive/review itu yah jalan udah "diatur" makanya bisa irit. mana mau mereka lewat macet2an, plus kaki mereka sekolah abis 100kmph biasanya manteng tuh 40-60 konstan wajar lah kalo jalan segitu dapet dua digit fuel cons. :big_grin:
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1071
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

ginting wrote: Tue Jul 22, 2025 3:42
Suryaputra wrote: Mon Jul 21, 2025 22:46
X252 wrote: Mon Jul 21, 2025 14:04

Kalau segini sih gak beda jauh sama XL7 ya. Padahal bodi lebih besar. harapan saya bisa di atas 16 km/l lah
Iya namanya jg hybrid bercanda.
mana cuma 12V lithium batre, bantu buat ngail akselerasi awal ketika stop and go aja

Sekalian aja gak usah, jd gak mikirin cost system hybrid ke depan :big_biglaugh:
ada rupa ada harga lah oom.. :mky_07:
baterai EV spt ionic : 380 juta
baterai Hybrid (betulan) spt Camry : 40-50 juta
Baterai mild hybrid : maybe under 20 jt

gue khawatir pemilik EV saat harus ganti baterai maka akan galau.
dijual gada harganya.
kalau ganti baterai malah sudah sama dgn harga bekas mobil utuh.
kalau diganti harus jual sawah ???
hasil penghematan selama 7tahun selama ini lupa ditabung krn sdh dibuat healing healing... :big_biglaugh:
sekitar 14 juta mbah baterai susuki MHEV
https://www.gridoto.com/read/223813605/ ... -indonesia

thats why makanya EV skrg lagi slowdown (bahkan creeping out ke hybrid_) :big_biglaugh:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12971
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Suryaputra »

ginting wrote: Tue Jul 22, 2025 3:42
Suryaputra wrote: Mon Jul 21, 2025 22:46
X252 wrote: Mon Jul 21, 2025 14:04

Kalau segini sih gak beda jauh sama XL7 ya. Padahal bodi lebih besar. harapan saya bisa di atas 16 km/l lah
Iya namanya jg hybrid bercanda.
mana cuma 12V lithium batre, bantu buat ngail akselerasi awal ketika stop and go aja

Sekalian aja gak usah, jd gak mikirin cost system hybrid ke depan :big_biglaugh:
ada rupa ada harga lah oom.. :mky_07:
baterai EV spt ionic : 380 juta
baterai Hybrid (betulan) spt Camry : 40-50 juta
Baterai mild hybrid : maybe under 20 jt

gue khawatir pemilik EV saat harus ganti baterai maka akan galau.
dijual gada harganya.
kalau ganti baterai malah sudah sama dgn harga bekas mobil utuh.
kalau diganti harus jual sawah ???
hasil penghematan selama 7tahun selama ini lupa ditabung krn sdh dibuat healing healing... :big_biglaugh:
nah ini wakakakakaka

kecuali penghematan slisih ngecharge dan ngisi BBM ditabung emas, lain cerita yaa
tp namanya manusia, kayanya gak bakal seideal itu sih

malah yg ada selisihnya buat yg lain, jd sama ajaaa :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1071
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

Suryaputra wrote: Tue Jul 22, 2025 3:54
ginting wrote: Tue Jul 22, 2025 3:42
Suryaputra wrote: Mon Jul 21, 2025 22:46

Iya namanya jg hybrid bercanda.
mana cuma 12V lithium batre, bantu buat ngail akselerasi awal ketika stop and go aja

Sekalian aja gak usah, jd gak mikirin cost system hybrid ke depan :big_biglaugh:
ada rupa ada harga lah oom.. :mky_07:
baterai EV spt ionic : 380 juta
baterai Hybrid (betulan) spt Camry : 40-50 juta
Baterai mild hybrid : maybe under 20 jt

gue khawatir pemilik EV saat harus ganti baterai maka akan galau.
dijual gada harganya.
kalau ganti baterai malah sudah sama dgn harga bekas mobil utuh.
kalau diganti harus jual sawah ???
hasil penghematan selama 7tahun selama ini lupa ditabung krn sdh dibuat healing healing... :big_biglaugh:
nah ini wakakakakaka

kecuali penghematan slisih ngecharge dan ngisi BBM ditabung emas, lain cerita yaa
tp namanya manusia, kayanya gak bakal seideal itu sih

malah yg ada selisihnya buat yg lain, jd sama ajaaa :big_biglaugh:
ditambah lagi ngisi SPKLU mayoritas dari batu-bara ama mining buat batere juga ga bikin lu jadi carbon neutral (yet)
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12971
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by Suryaputra »

kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 22, 2025 3:59
Suryaputra wrote: Tue Jul 22, 2025 3:54
ginting wrote: Tue Jul 22, 2025 3:42

ada rupa ada harga lah oom.. :mky_07:
baterai EV spt ionic : 380 juta
baterai Hybrid (betulan) spt Camry : 40-50 juta
Baterai mild hybrid : maybe under 20 jt

gue khawatir pemilik EV saat harus ganti baterai maka akan galau.
dijual gada harganya.
kalau ganti baterai malah sudah sama dgn harga bekas mobil utuh.
kalau diganti harus jual sawah ???
hasil penghematan selama 7tahun selama ini lupa ditabung krn sdh dibuat healing healing... :big_biglaugh:
nah ini wakakakakaka

kecuali penghematan slisih ngecharge dan ngisi BBM ditabung emas, lain cerita yaa
tp namanya manusia, kayanya gak bakal seideal itu sih

malah yg ada selisihnya buat yg lain, jd sama ajaaa :big_biglaugh:
ditambah lagi ngisi SPKLU mayoritas dari batu-bara ama mining buat batere juga ga bikin lu jadi carbon neutral (yet)
gpp biar kekinian
uptodate :mky_02:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vin
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri Oct 04, 2024 18:26

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by vin »

Mau ikutan ah kasih review, tapi bukan fronx melainkan saudaranya yang jadi basis fronx (Baleno).

Yang mau beli fronx GL percayalah mending ambil baleno kemana-mana, harga after diskon baleno (kalau masih ada) vs Fronx GL itu saya yakin ga akan jauh beda.

Fitur : Ada fitur yang disunat bahkan sampai type SGX sekalipun yaitu auto dimming + Lampu yang ada sunvisor (bagi saya ini deal breaker banget).

Terlepas saya belum pernah bawa fronx karena saya yakin akan mirip" aja rasanya, secara built quality saya merasa secara material itu lebih tebal baleno sedikit untuk bagian door trim walaupun tidak bisa dipungkiri seperti biasanya rakitan india fit n finishnya jauh lebih baik CKD.

Mesin : Baleno masih pakai mesin K15B 4AT, yap transmisi jadul yang mana udh terbukti ketangguhannya serta buat kondisi stop n go itu udh berasa banget bedanya kalau dicompare sama CVT. Saya juga pemakai honda jadi tau betul CVT honda gimana rasanya yang kalau buat stop n go itu ga enak seperti ada slip transmisi. Respon mesin di baleno itu enak buat yang suka nempel" mobil depan pas kondisi macet, kalau ada pertanyaan buat high speed gimana? Well saya sih baru bawa sampai kecepatan sekitar 145km/jam itupun masih berasa effortless karena berat baleno itu hanya 1 Ton lebih sedikit. So yang bilang mesin suzuki lemot + transmisi 4 AT lemot kyknya itu perlu ganti oli mesinnya karena bawaan suzuki itu emang bikin tarikan berat.

Service & After Sales : Menurut saya harga sparepart suzuki itu murah-murah compare ke mobil lain yang udh pernah saya bawa ke BERES kyk Honda atau mitsu, dimana baleno hanya free service tapi part bayar sendiri tapi no problem harganya murah untuk oli + filternya aja hanya 400rb (kurang sedikit bahkan) udh include PPN, Busi pun murah hanya 40rb untuk 1 pcs jadi total kalau ganti busi perlu 160rb itu juga udh include PPN. Minyak rem hanya 60rb, filter udara sekitar 130rb, dll.

Kesimpulannya sih mobil suzuki itu emng bukan yang gimana banget tapi dari pengalaman saya kalau buat longterm ini mobil bisa dibilang tangguh + ga banyak drama kalau ada error hehehe.
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1071
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

vin wrote: Tue Jul 22, 2025 4:32 Mau ikutan ah kasih review, tapi bukan fronx melainkan saudaranya yang jadi basis fronx (Baleno).

Yang mau beli fronx GL percayalah mending ambil baleno kemana-mana, harga after diskon baleno (kalau masih ada) vs Fronx GL itu saya yakin ga akan jauh beda.

Fitur : Ada fitur yang disunat bahkan sampai type SGX sekalipun yaitu auto dimming + Lampu yang ada sunvisor (bagi saya ini deal breaker banget).

Terlepas saya belum pernah bawa fronx karena saya yakin akan mirip" aja rasanya, secara built quality saya merasa secara material itu lebih tebal baleno sedikit untuk bagian door trim walaupun tidak bisa dipungkiri seperti biasanya rakitan india fit n finishnya jauh lebih baik CKD.

Mesin : Baleno masih pakai mesin K15B 4AT, yap transmisi jadul yang mana udh terbukti ketangguhannya serta buat kondisi stop n go itu udh berasa banget bedanya kalau dicompare sama CVT. Saya juga pemakai honda jadi tau betul CVT honda gimana rasanya yang kalau buat stop n go itu ga enak seperti ada slip transmisi. Respon mesin di baleno itu enak buat yang suka nempel" mobil depan pas kondisi macet, kalau ada pertanyaan buat high speed gimana? Well saya sih baru bawa sampai kecepatan sekitar 145km/jam itupun masih berasa effortless karena berat baleno itu hanya 1 Ton lebih sedikit. So yang bilang mesin suzuki lemot + transmisi 4 AT lemot kyknya itu perlu ganti oli mesinnya karena bawaan suzuki itu emang bikin tarikan berat.

Service & After Sales : Menurut saya harga sparepart suzuki itu murah-murah compare ke mobil lain yang udh pernah saya bawa ke BERES kyk Honda atau mitsu, dimana baleno hanya free service tapi part bayar sendiri tapi no problem harganya murah untuk oli + filternya aja hanya 400rb (kurang sedikit bahkan) udh include PPN, Busi pun murah hanya 40rb untuk 1 pcs jadi total kalau ganti busi perlu 160rb itu juga udh include PPN. Minyak rem hanya 60rb, filter udara sekitar 130rb, dll.

Kesimpulannya sih mobil suzuki itu emng bukan yang gimana banget tapi dari pengalaman saya kalau buat longterm ini mobil bisa dibilang tangguh + ga banyak drama kalau ada error hehehe.
kalo baleno sih percaya karena 4AT dipakein di hatchback centergravity lebih baik makanya lebih narik. gwa dulu juga punya k14b (swift ertiga) yang gaenag itu ertiganya untuk high speed

aftersales k14-15b ini emang gaterlalu ribet2 gimana, cman aneh filter udaranya tembus 150k/an. busi masih non-iridum SILKAR itu yang gwa suka ama suzuki hehe biar murah.
Suryaputra wrote: Tue Jul 22, 2025 4:01
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 22, 2025 3:59
Suryaputra wrote: Tue Jul 22, 2025 3:54 nah ini wakakakakaka

kecuali penghematan slisih ngecharge dan ngisi BBM ditabung emas, lain cerita yaa
tp namanya manusia, kayanya gak bakal seideal itu sih

malah yg ada selisihnya buat yg lain, jd sama ajaaa :big_biglaugh:
ditambah lagi ngisi SPKLU mayoritas dari batu-bara ama mining buat batere juga ga bikin lu jadi carbon neutral (yet)
gpp biar kekinian
uptodate :mky_02:
haha iya mbah yang penting "ngikut ombak" :mky_03:
X252
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by X252 »

Suryaputra wrote: Mon Jul 21, 2025 22:46
X252 wrote: Mon Jul 21, 2025 14:04
Syauqi wrote: Sun Jul 20, 2025 2:29 Barusan saya nonton videonya autonetmagz tentang fronx shvs & tiggo cross csh. Mereka coba test fuelcons sejauh 160km rute kombinasi & disii RON 92. Hasilnya cukup 'wow'.
Cross: 19km/l
Fronx: 12.5km/l

kemanakah angka 21+km/l yang kemarin kamu banggakan itu wahai fronx :big_bored:

kenapa hasilnya jauh amat yak sama waktu media test drive kemarin wkwk
Kalau segini sih gak beda jauh sama XL7 ya. Padahal bodi lebih besar. harapan saya bisa di atas 16 km/l lah
Iya namanya jg hybrid bercanda.
mana cuma 12V lithium batre, bantu buat ngail akselerasi awal ketika stop and go aja

Sekalian aja gak usah, jd gak mikirin cost system hybrid ke depan :big_biglaugh:
Gak ngarep hybridnya bakal signfikan hemat, tapi lebih ke K15C dan 6AT nya mungkin bikin bakal lebih irit.

Tapi mesin K14 K15 kalau buat tanjakan memang bikin boros.
vin
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Fri Oct 04, 2024 18:26

Re: Suzuki Fronx Short Test Drive

Post by vin »

kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 22, 2025 5:06
vin wrote: Tue Jul 22, 2025 4:32 Mau ikutan ah kasih review, tapi bukan fronx melainkan saudaranya yang jadi basis fronx (Baleno).

Yang mau beli fronx GL percayalah mending ambil baleno kemana-mana, harga after diskon baleno (kalau masih ada) vs Fronx GL itu saya yakin ga akan jauh beda.

Fitur : Ada fitur yang disunat bahkan sampai type SGX sekalipun yaitu auto dimming + Lampu yang ada sunvisor (bagi saya ini deal breaker banget).

Terlepas saya belum pernah bawa fronx karena saya yakin akan mirip" aja rasanya, secara built quality saya merasa secara material itu lebih tebal baleno sedikit untuk bagian door trim walaupun tidak bisa dipungkiri seperti biasanya rakitan india fit n finishnya jauh lebih baik CKD.

Mesin : Baleno masih pakai mesin K15B 4AT, yap transmisi jadul yang mana udh terbukti ketangguhannya serta buat kondisi stop n go itu udh berasa banget bedanya kalau dicompare sama CVT. Saya juga pemakai honda jadi tau betul CVT honda gimana rasanya yang kalau buat stop n go itu ga enak seperti ada slip transmisi. Respon mesin di baleno itu enak buat yang suka nempel" mobil depan pas kondisi macet, kalau ada pertanyaan buat high speed gimana? Well saya sih baru bawa sampai kecepatan sekitar 145km/jam itupun masih berasa effortless karena berat baleno itu hanya 1 Ton lebih sedikit. So yang bilang mesin suzuki lemot + transmisi 4 AT lemot kyknya itu perlu ganti oli mesinnya karena bawaan suzuki itu emang bikin tarikan berat.

Service & After Sales : Menurut saya harga sparepart suzuki itu murah-murah compare ke mobil lain yang udh pernah saya bawa ke BERES kyk Honda atau mitsu, dimana baleno hanya free service tapi part bayar sendiri tapi no problem harganya murah untuk oli + filternya aja hanya 400rb (kurang sedikit bahkan) udh include PPN, Busi pun murah hanya 40rb untuk 1 pcs jadi total kalau ganti busi perlu 160rb itu juga udh include PPN. Minyak rem hanya 60rb, filter udara sekitar 130rb, dll.

Kesimpulannya sih mobil suzuki itu emng bukan yang gimana banget tapi dari pengalaman saya kalau buat longterm ini mobil bisa dibilang tangguh + ga banyak drama kalau ada error hehehe.
kalo baleno sih percaya karena 4AT dipakein di hatchback centergravity lebih baik makanya lebih narik. gwa dulu juga punya k14b (swift ertiga) yang gaenag itu ertiganya untuk high speed

aftersales k14-15b ini emang gaterlalu ribet2 gimana, cman aneh filter udaranya tembus 150k/an. busi masih non-iridum SILKAR itu yang gwa suka ama suzuki hehe biar murah.
Suryaputra wrote: Tue Jul 22, 2025 4:01
kayukayuthe5th wrote: Tue Jul 22, 2025 3:59
ditambah lagi ngisi SPKLU mayoritas dari batu-bara ama mining buat batere juga ga bikin lu jadi carbon neutral (yet)
gpp biar kekinian
uptodate :mky_02:
haha iya mbah yang penting "ngikut ombak" :mky_03:
Tapi tranmisis 4AT di K14b lebih halus perpindahannya loh om dibanding baleno, well yang XL7 rakitan sini juga lebih halus sih gatau ini baleno pas awal" sempet beberapa kali agak jerky. Semenjak ganti oli transmisi baru halus, mungkin oli transmisi bawaan india beda spec sama disini. Kebetulan di group baleno juga beberapa ada yang merasa pas perpindahan gigi agak jerky.

Aftersales mesin K15B sih murah banget, bahkan sama brio saya aja murahan parts baleno kemana-mana.