2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16808
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by ChZ »

Dari semua lineup hybrid dari Honda, sebenarnya saya paling less “kesel” dengan kehadiran HR-V Hybrid. Secara jujur saya harus mengakui untuk HR-V, I have a soft spot for it being the mediocre car.

In fact, saya justru mikirnya kenapa nggak dari dulu keluarin Hybrid saja. Malah milih diduluin Yaris Cross (walaupun ya nggak berhasil juga sih, abis dodol pake DNGA based dan interior plek Avanza kan jadi mikir).

Image

Karena seriously, konsumen HR-V, itu jarang sekali beli HR-V karena performance atau karena mobilnya enthusiastic.

Mobilnya ya begitu-begitu saja. Ia hanya satu dari banyak pilihan. I know it, I used RU5 for 10 years now. Saya ngerasa mobil ini sangat dirancang berbeda dari Honda yang lain seperti Civic dan CR-V. It was intended to be the “cash grab” car. Honda’s Porsche Macan or Lambo Urus yang technically an Audi tapi its only task was : create revenue. Catch the big fish.

Ya bagaimanapun bisnis tetap harus sustain, Honda tetap harus make money.

Ini tercermin dari betapa lakunya HR-V tipe SE yang tenaganya kureng itu, dan betapa tidak lakunya HR-V tipe RS. Bacaan saya, karena segmen pembelinya merasa : no point dari nambah 100 juta buat HR-V berturbo.

Jika pembelinya berpikir seperti itu, artinya majority pembeli HR-V sebenarnya bukan segmen Honda buyer yang enthusiastic. Mereka hanya membeli HR-V karena sensibel, mudah perawatannya, well known, temen dan sodara pada pake.

Saya sendiri jarang kenal orang yang car enthusiast beli HR-V untuk di modif-modif, lebih banyak memilih Jazz.

Jadi waktu Honda merilis HR-V e:HEV, apalagi dengan adanya insentif pemerintah sehingga harganya bisa di bawah 500 juta, rasanya sah-sah saja jika dibilang ini adalah spek HR-V yang paling decent dan market-fit.

Ceritanya suatu pagi, 2 minggu setelah pameran saya dihubungi lagi oleh sales :

S : “Pak, sudah ready unit test drive HR-V E:HEV, kalau mau test drive boleh”
C : “Gas!”

Walau akhirnya telat setengah jam dari janjian karena sebelumnya sudah ada yang test drive duluan. Lalu salesnya bilang “sudah DP pak orangnya” :big_slap:

Jadi saya… memaklumi keterlambatannya. Minimal bisa jadi orang kedua yang break-in HR-V yang fresh baru 50 kilometer ini, and a full tank of gas. :big_grin:
IMG_20250629_084450.jpg
The Same HR-V We All Know and Love, with Some Tweaks

HR-V e:HEV dirilis sebagai HR-V facelift. Ubahan di faceliftnya lumayan unik. Grillnya sudah bukan trapezoidal tapi berbentuk kotak yang memberi kesan tegas. I kinda liked it.
IMG_20250629_084343.jpg
Ubahan lainnya ada pada motif lampu belakang.
IMG_20250629_084516.jpg
Sisanya, the same. Model yang saya tes adalah trim Modulo jadi ia mendapat sentuhan aerokit, dan lebih mahal 20 jutaan dari tipe e:HEV reguler.
IMG_20250629_084406.jpg
IMG-20250628-WA0029.jpg
.... Still The Same.

Interior tentu saja masih sama, hanya ketambahan fitur wireless charging, dan cluster MID yang sedikit berubah.
IMG-20250628-WA0017.jpg
IMG-20250628-WA0016.jpg
Sisanya no noticeable changes. Paling ketambahan fitur power backdoor aja.

Right Powertrain for the Right Car.

E:HEV di HR-V ini hanya pakai mesin 1.500cc Atkinson dengan 100hp saja, sedangkan motor listriknya bertenaga 131PS dan torque 250Nm. Some says 131PS ini combined output tapi nggak ada info jadi saya bingung juga. Capeknya buat review mobil hybrid itu selain harus ngapalin sistemnya juga harus ngapalin output segitu banyak.

Sebelumnya apa bedanya e:HEV Honda dengan hybrid seperti Zenix, misalnya ?

Basically mobil battery powered / Hybrid itu klasifikasinya hanya berdasarkan power electric motornya dan kapasitas baterainya. Jika kecil sekali seperti Ertiga maka namanya Mild, medium antara 1-5 kWh maka namanya HEV, kalo di atas 10 kWh namanya PHEV. gitu doang kalo dijabarin pake bahasa bayi.

Honda punya electric motor bawaannya lumayan gede, dengan di HRV 131PS, di CR-V/Accord/Civic 184PS. dan sistem Honda dan Toyota sebenarnya sekilas mirip, tapi ada perbedaan mendasar hanya karena output motornya. di Honda lebih dominan kurang lebih 70:30, Toyota lebih terkesan 50:50.



Powertrain ini membagi tenaga dalam 3 fase.

Jika konstan maka 100% yang akan dipakai adalah electric motornya. Akselerasi sedang-full throttle, dia akan menggunakan daya motor listrik dan bensin dikombinasikan. Saat cruise kecepatan tinggi, dia akan menggunakan hanya motor bensin saja. Saat kondisi cruise gini baterai akan posisi di-charge.

Image

Sebenarnya apa yang Honda coba capai dengan sistem ini ? Saya kira ini sama seperti bagaimana pendekatan Honda dengan semua powertrain yang pernah dibuat : membuat kurva selinear mungkin.

Dengan series hybrid seperti Nissan, ia hanya kuat di bawah 80 km/h, di atas itu ngempos dan boros karena harus sering charge.

Tapi karena fokusnya untuk kehematan bahan bakar, maka power yang keluar sebenarnya ya tergantung motor yang digunakan. Di CR-V diberi motor lebih besar, tenaganya jauh lebih besar, tapi di HR-V, karena mesin hanya 1.5liter sepertinya diberi motor yang lebih kecil supaya tidak draining baterainya yang hanya 1.1 kWh.

Bagi saya yang sudah pernah bawa CR-V Hybrid, kerasanya HR-V e:HEV ini nggak bisa dibilang kenceng, bahkan dibanding versi Turbo. Ya outputnya hanya 131PS, yang turbo masih lebih besar 40PS.

Untuk start-up dia seperti mobil listrik : smooth, kontan, tapi di HR-V motor bensin lebih cepat menyalanya di 40 km/h saya perhatikan motor bensin sudah dinyalakan, mungkin programmingnya dibuat supaya mesin berpikir di atas kecepatan 40-50 km/h driver akan melakukan akselerasi.

Karena sehari-hari lumayan sering pakai Nissan Kicks, maka terasanya agak seperti Kicks di bawah, figur tenaga motornya juga mirip dengan Kicks 130-an hp.

Tapi bedanya, di HR-V e:HEV begitu kurvanya drop ia dicover tenaganya oleh motor bensin, harus diakui lumayan seamless sehingga kesannya mobil juga ngga boros baterai karena selama pengetesan baterai konstan di posisi 1/4. waktu kickdown, rasanya linear, bahkan ada gimmick virtual shifting ala ala DCT kalo kita kickdown, silly but fun.

Beberapa media melakukan pengetesan 0-100 di 10 detikan which is believable, dan jauh lebih baik dibanding 1.5L SE yang lama yang 14 detik, walau tentu jangan expect akan seperti yang RS Turbo yang 7 detikan, karena memang rasanya nggak as powerful, tapi ya memang kembali saya harus sadar : pembeli HR-V nggak banyak yang pakai HR-V untuk cari top speed atau ngebut.

Selama test drive saya salah fokus dengan range yang mencapai 800 km, dan average bensin yang naik dari 11.6 ke 12.8, artinya jika saya mau niat dikit aja sebenernya memang sesuai yang diklaim pabrikan, di atas 1:25 pun mudah tercapai.

Regenerative braking bisa diatur via paddle-shift. Saya tanya regen braking malah salesnya nggak mudeng. Enaknya, saya lebih mudah terbiasa dengan sistem ini dibanding one-pedal driving Kicks yang masih nggak terbiasa saya pakenya. Ini nggak bisa sampe berhenti total (CMIIW) tapi efek engine brakenya lumayan sehingga kita tinggal nambah dikit ngerem.

Untuk ride quality dan lain-lain, masih vice-versa dengan tipe lamanya sekilas. Bantingan saya lebih suka daripada bantingan RU, lebih terasa firm dan mantep. Kekedapan ya sudah lah standar Honda (read = berisik).

A Fresh Model in the midst of Adapt or Die Situation.
IMG-20250628-WA0023.jpg
Di 2025, competition is tight. Saya harus akui itu. “Penurunan” harga HR-V sebenarnya berkat bantuan insentif pemerintah saja dan HR-V aktenya CKD juga. Bukan karena Honda tobat atau gimana, tapi ya namanya jualan harus adaptif. Kemana regulasi bergerak ia hanya bisa ngikut. Adapt or die situation.

Emission based tax terakhir bener-bener pukulan telak dan kayaknya memang jadi nail in the coffin buat mesin 1.5L Turbo yang tergolong mesin emisi tinggi, sehingga Honda harus cepat-cepat ubah lineupnya jadi Hybrid.

HR-V akan tetap jadi produk backbone andalan, dan pricing yang sekarang membuat Honda bisa “menyambung napas” selain dari jualan Brio yang tipis-tipis untungnya atau malah rugi. Ditambah ini bisa menggaet skup konsumen Yaris Cross atau bahkan konsumen baru di rentang harga segini. Sangat strategis.

Menurut saya best dealnya adalah tipe e:HEV basic. Walau menurut penuturan sales lagi - lagi : yang paling laku adalah RS HEV. Tapi saya nggak suka headroom yang terpangkas, dan beda 50juta for just sunroof and gimmicks.

Saya masih menyimpan slight hope bahwa CR-V akan kembali di CKD-kan, tapi since ini bukan brand China agak sulit berharapnya, apalagi kompetitor China hobi sekali perang harga. Baru saja Omoda E5 turun 100 juta lagi. Kan gila.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by ChZ on Mon Jun 30, 2025 4:48, edited 3 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12776
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by Suryaputra »

nice review mod

buat bantingan "feels" firm
ya karena bushing, karet, suspensi dan bagian kaki2nya juga masih baru lahir
bannya juga baru :mky_03:

beda sm RU yg dah dipakai >5thn
udah getas itu karet ban dan bushing kaki nya
apalagi suspensi beda pasti sama baru :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1030
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by zonepublic »

Ya bener,itu solusi realistis buat honda saat ini,adaptasi kemauan pasar
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16808
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 4:41 nice review mod

buat bantingan "feels" firm
ya karena bushing, karet, suspensi dan bagian kaki2nya juga masih baru lahir
bannya juga baru :mky_03:

beda sm RU yg dah dipakai >5thn
udah getas itu karet ban dan bushing kaki nya
apalagi suspensi beda pasti sama baru :big_biglaugh:
RU gw kan baru refresh total kaki-kaki juga. tetep lebih ngayun RU gimana-gimana. di RV bodyroll rasanya lebih jinak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12776
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Mon Jun 30, 2025 4:45
Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 4:41 nice review mod

buat bantingan "feels" firm
ya karena bushing, karet, suspensi dan bagian kaki2nya juga masih baru lahir
bannya juga baru :mky_03:

beda sm RU yg dah dipakai >5thn
udah getas itu karet ban dan bushing kaki nya
apalagi suspensi beda pasti sama baru :big_biglaugh:
RU gw kan baru refresh total kaki-kaki juga. tetep lebih ngayun RU gimana-gimana. di RV bodyroll rasanya lebih jinak.
Shock abs nya pk apa mod?
Ganti jg ya?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
faizzz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 425
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by faizzz »

Nice review Om, hybrid Honda lama2 jadi menarik di mata saya, karena tenaga motor listriknya ga kaleng2...
X252
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Thu May 08, 2025 23:22
Location: Balikpapan
Daily Vehicle: Suzuki XL7

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by X252 »

Nice review, jadi pingin coba test drive juga nih.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16808
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by ChZ »

faizzz wrote: Mon Jun 30, 2025 7:15 Nice review Om, hybrid Honda lama2 jadi menarik di mata saya, karena tenaga motor listriknya ga kaleng2...
dulu zaman masih pake hybrid yang di insight dan CR-Z, sebenernya Honda malah splitnya kebalik. itu motor listrik imut-imut bener bener nggak berasa di CR-Z. 20hp doang alias jadi deadweight. mungkin honda sadar kalo yang perlu di improve dari hybrid adalah power motornya bukan bergantung pada mesin bensin.

sekarang malah kebalik dominan power motornya.

tapi sistemnya harus diakui cukup smart sih. imo efisiensinya udah melampaui hybrid gen 5 toyota. untuk most cases hybrid honda akan terasa lebih irit daripada toyota.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16808
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 6:12

Shock abs nya pk apa mod?
Ganti jg ya?
ngga, shock mah masih pada perawan. gila juga dipikir2. kemarin cuma refresh urusan karet karet. oem shock absorber from new 10 yrs ago.

tapi klo dibilang waktu baru lebih firm ngga juga sih, karakter shocknya RU dari baru juga begini kok. ya pastinya lemesan dikit.

kerasa lah perbedaannya dengan RV.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12776
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Mon Jun 30, 2025 7:37
Suryaputra wrote: Mon Jun 30, 2025 6:12

Shock abs nya pk apa mod?
Ganti jg ya?
ngga, shock mah masih pada perawan. gila juga dipikir2. kemarin cuma refresh urusan karet karet. oem shock absorber from new 10 yrs ago.

tapi klo dibilang waktu baru lebih firm ngga juga sih, karakter shocknya RU dari baru juga begini kok. ya pastinya lemesan dikit.

kerasa lah perbedaannya dengan RV.
Klo gw lihat pas ngolong mobil orang :big_biglaugh:
Shock abs oem HRV RV ini pakai KYB.

Klo di sini aftermarketnya could be kyb excel-g, bs jd substitusi yg relatif lbh firm buat HRV RU.

Bbrp mobil gw dulu ganti shock aftermarket pk excel-g.
Dan tnyt emg Ngurangin mentul2 / lemez untuk kompensasi spring ratenya.
Walau ujungnya jd lbh firm emang, tp higher speed lbh mantep.

Disclemer buat HRV RU nya
Screenshot_20250630_154556.jpg
Screenshot_20250630_154552.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
gwsecretc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by gwsecretc »

Nice review mbah chz 👍🏻. Btw mbah, setiap mesin bensin turbo emisi nya tinggi ya? Atau khusus mobil honda saja kah? Sampai” harga crv civic melambung tinggi krn aturan tax by emission ini..
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1030
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by zonepublic »

gwsecretc wrote: Mon Jun 30, 2025 9:30 Nice review mbah chz 👍🏻. Btw mbah, setiap mesin bensin turbo emisi nya tinggi ya? Atau khusus mobil honda saja kah? Sampai” harga crv civic melambung tinggi krn aturan tax by emission ini..
Setahu saya njkb juga masih dihitung
gwsecretc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by gwsecretc »

zonepublic wrote: Mon Jun 30, 2025 9:40
gwsecretc wrote: Mon Jun 30, 2025 9:30 Nice review mbah chz 👍🏻. Btw mbah, setiap mesin bensin turbo emisi nya tinggi ya? Atau khusus mobil honda saja kah? Sampai” harga crv civic melambung tinggi krn aturan tax by emission ini..
Setahu saya njkb juga masih dihitung
Iya mbah, tapi crv dari gen 5 fl naik lumayan banyak sejak aturan pajak emisi ini diberlakukan, skrg gen 6 + cbu makin parah naiknya. Makanya heran aja apa mesin 1.5 t honda emisi nya sejelek itu kah sampai harga naik lumayan.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1030
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by zonepublic »

gwsecretc wrote: Mon Jun 30, 2025 12:58
zonepublic wrote: Mon Jun 30, 2025 9:40
gwsecretc wrote: Mon Jun 30, 2025 9:30 Nice review mbah chz 👍🏻. Btw mbah, setiap mesin bensin turbo emisi nya tinggi ya? Atau khusus mobil honda saja kah? Sampai” harga crv civic melambung tinggi krn aturan tax by emission ini..
Setahu saya njkb juga masih dihitung
Iya mbah, tapi crv dari gen 5 fl naik lumayan banyak sejak aturan pajak emisi ini diberlakukan, skrg gen 6 + cbu makin parah naiknya. Makanya heran aja apa mesin 1.5 t honda emisi nya sejelek itu kah sampai harga naik lumayan.
Harga sekennya cibo sama crv babi edition kan emang kuat jadi acuan njkbnya juga tinggi makannya pajaknya naik ga usah jauh2 jazz ge8 juga naik 20% kok pajak tahunannya
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by kayukayuthe5th »

ChZ wrote: Mon Jun 30, 2025 4:30 Dari semua lineup hybrid dari Honda, sebenarnya saya paling less “kesel” dengan kehadiran HR-V Hybrid. Secara jujur saya harus mengakui untuk HR-V, I have a soft spot for it being the mediocre car.

In fact, saya justru mikirnya kenapa nggak dari dulu keluarin Hybrid saja. Malah milih diduluin Yaris Cross (walaupun ya nggak berhasil juga sih, abis dodol pake DNGA based dan interior plek Avanza kan jadi mikir).

Image

Karena seriously, konsumen HR-V, itu jarang sekali beli HR-V karena performance atau karena mobilnya enthusiastic.

Mobilnya ya begitu-begitu saja. Ia hanya satu dari banyak pilihan. I know it, I used RU5 for 10 years now. Saya ngerasa mobil ini sangat dirancang berbeda dari Honda yang lain seperti Civic dan CR-V. It was intended to be the “cash grab” car. Honda’s Porsche Macan or Lambo Urus yang technically an Audi tapi its only task was : create revenue. Catch the big fish.

Ya bagaimanapun bisnis tetap harus sustain, Honda tetap harus make money.

Ini tercermin dari betapa lakunya HR-V tipe SE yang tenaganya kureng itu, dan betapa tidak lakunya HR-V tipe RS. Bacaan saya, karena segmen pembelinya merasa : no point dari nambah 100 juta buat HR-V berturbo.

Jika pembelinya berpikir seperti itu, artinya majority pembeli HR-V sebenarnya bukan segmen Honda buyer yang enthusiastic. Mereka hanya membeli HR-V karena sensibel, mudah perawatannya, well known, temen dan sodara pada pake.

Saya sendiri jarang kenal orang yang car enthusiast beli HR-V untuk di modif-modif, lebih banyak memilih Jazz.

Jadi waktu Honda merilis HR-V e:HEV, apalagi dengan adanya insentif pemerintah sehingga harganya bisa di bawah 500 juta, rasanya sah-sah saja jika dibilang ini adalah spek HR-V yang paling decent dan market-fit.

Ceritanya suatu pagi, 2 minggu setelah pameran saya dihubungi lagi oleh sales :

S : “Pak, sudah ready unit test drive HR-V E:HEV, kalau mau test drive boleh”
C : “Gas!”

Walau akhirnya telat setengah jam dari janjian karena sebelumnya sudah ada yang test drive duluan. Lalu salesnya bilang “sudah DP pak orangnya” :big_slap:

Jadi saya… memaklumi keterlambatannya. Minimal bisa jadi orang kedua yang break-in HR-V yang fresh baru 50 kilometer ini, and a full tank of gas. :big_grin:

IMG_20250629_084450.jpg

The Same HR-V We All Know and Love, with Some Tweaks

HR-V e:HEV dirilis sebagai HR-V facelift. Ubahan di faceliftnya lumayan unik. Grillnya sudah bukan trapezoidal tapi berbentuk kotak yang memberi kesan tegas. I kinda liked it.

IMG_20250629_084343.jpg

Ubahan lainnya ada pada motif lampu belakang.

IMG_20250629_084516.jpg

Sisanya, the same. Model yang saya tes adalah trim Modulo jadi ia mendapat sentuhan aerokit, dan lebih mahal 20 jutaan dari tipe e:HEV reguler.

IMG_20250629_084406.jpg

IMG-20250628-WA0029.jpg

.... Still The Same.

Interior tentu saja masih sama, hanya ketambahan fitur wireless charging, dan cluster MID yang sedikit berubah.

IMG-20250628-WA0017.jpg

IMG-20250628-WA0016.jpg

Sisanya no noticeable changes. Paling ketambahan fitur power backdoor aja.

Right Powertrain for the Right Car.

E:HEV di HR-V ini hanya pakai mesin 1.500cc Atkinson dengan 100hp saja, sedangkan motor listriknya bertenaga 131PS dan torque 250Nm. Some says 131PS ini combined output tapi nggak ada info jadi saya bingung juga. Capeknya buat review mobil hybrid itu selain harus ngapalin sistemnya juga harus ngapalin output segitu banyak.

Sebelumnya apa bedanya e:HEV Honda dengan hybrid seperti Zenix, misalnya ?

Basically mobil battery powered / Hybrid itu klasifikasinya hanya berdasarkan power electric motornya dan kapasitas baterainya. Jika kecil sekali seperti Ertiga maka namanya Mild, medium antara 1-5 kWh maka namanya HEV, kalo di atas 10 kWh namanya PHEV. gitu doang kalo dijabarin pake bahasa bayi.

Honda punya electric motor bawaannya lumayan gede, dengan di HRV 131PS, di CR-V/Accord/Civic 184PS. dan sistem Honda dan Toyota sebenarnya sekilas mirip, tapi ada perbedaan mendasar hanya karena output motornya. di Honda lebih dominan kurang lebih 70:30, Toyota lebih terkesan 50:50.



Powertrain ini membagi tenaga dalam 3 fase.

Jika konstan maka 100% yang akan dipakai adalah electric motornya. Akselerasi sedang-full throttle, dia akan menggunakan daya motor listrik dan bensin dikombinasikan. Saat cruise kecepatan tinggi, dia akan menggunakan hanya motor bensin saja. Saat kondisi cruise gini baterai akan posisi di-charge.

Image

Sebenarnya apa yang Honda coba capai dengan sistem ini ? Saya kira ini sama seperti bagaimana pendekatan Honda dengan semua powertrain yang pernah dibuat : membuat kurva selinear mungkin.

Dengan series hybrid seperti Nissan, ia hanya kuat di bawah 80 km/h, di atas itu ngempos dan boros karena harus sering charge.

Tapi karena fokusnya untuk kehematan bahan bakar, maka power yang keluar sebenarnya ya tergantung motor yang digunakan. Di CR-V diberi motor lebih besar, tenaganya jauh lebih besar, tapi di HR-V, karena mesin hanya 1.5liter sepertinya diberi motor yang lebih kecil supaya tidak draining baterainya yang hanya 1.1 kWh.

Bagi saya yang sudah pernah bawa CR-V Hybrid, kerasanya HR-V e:HEV ini nggak bisa dibilang kenceng, bahkan dibanding versi Turbo. Ya outputnya hanya 131PS, yang turbo masih lebih besar 40PS.

Untuk start-up dia seperti mobil listrik : smooth, kontan, tapi di HR-V motor bensin lebih cepat menyalanya di 40 km/h saya perhatikan motor bensin sudah dinyalakan, mungkin programmingnya dibuat supaya mesin berpikir di atas kecepatan 40-50 km/h driver akan melakukan akselerasi.

Karena sehari-hari lumayan sering pakai Nissan Kicks, maka terasanya agak seperti Kicks di bawah, figur tenaga motornya juga mirip dengan Kicks 130-an hp.

Tapi bedanya, di HR-V e:HEV begitu kurvanya drop ia dicover tenaganya oleh motor bensin, harus diakui lumayan seamless sehingga kesannya mobil juga ngga boros baterai karena selama pengetesan baterai konstan di posisi 1/4. waktu kickdown, rasanya linear, bahkan ada gimmick virtual shifting ala ala DCT kalo kita kickdown, silly but fun.

Beberapa media melakukan pengetesan 0-100 di 10 detikan which is believable, dan jauh lebih baik dibanding 1.5L SE yang lama yang 14 detik, walau tentu jangan expect akan seperti yang RS Turbo yang 7 detikan, karena memang rasanya nggak as powerful, tapi ya memang kembali saya harus sadar : pembeli HR-V nggak banyak yang pakai HR-V untuk cari top speed atau ngebut.

Selama test drive saya salah fokus dengan range yang mencapai 800 km, dan average bensin yang naik dari 11.6 ke 12.8, artinya jika saya mau niat dikit aja sebenernya memang sesuai yang diklaim pabrikan, di atas 1:25 pun mudah tercapai.

Regenerative braking bisa diatur via paddle-shift. Saya tanya regen braking malah salesnya nggak mudeng. Enaknya, saya lebih mudah terbiasa dengan sistem ini dibanding one-pedal driving Kicks yang masih nggak terbiasa saya pakenya. Ini nggak bisa sampe berhenti total (CMIIW) tapi efek engine brakenya lumayan sehingga kita tinggal nambah dikit ngerem.

Untuk ride quality dan lain-lain, masih vice-versa dengan tipe lamanya sekilas. Bantingan saya lebih suka daripada bantingan RU, lebih terasa firm dan mantep. Kekedapan ya sudah lah standar Honda (read = berisik).

A Fresh Model in the midst of Adapt or Die Situation.

IMG-20250628-WA0023.jpg

Di 2025, competition is tight. Saya harus akui itu. “Penurunan” harga HR-V sebenarnya berkat bantuan insentif pemerintah saja dan HR-V aktenya CKD juga. Bukan karena Honda tobat atau gimana, tapi ya namanya jualan harus adaptif. Kemana regulasi bergerak ia hanya bisa ngikut. Adapt or die situation.

Emission based tax terakhir bener-bener pukulan telak dan kayaknya memang jadi nail in the coffin buat mesin 1.5L Turbo yang tergolong mesin emisi tinggi, sehingga Honda harus cepat-cepat ubah lineupnya jadi Hybrid.

HR-V akan tetap jadi produk backbone andalan, dan pricing yang sekarang membuat Honda bisa “menyambung napas” selain dari jualan Brio yang tipis-tipis untungnya atau malah rugi. Ditambah ini bisa menggaet skup konsumen Yaris Cross atau bahkan konsumen baru di rentang harga segini. Sangat strategis.

Menurut saya best dealnya adalah tipe e:HEV basic. Walau menurut penuturan sales lagi - lagi : yang paling laku adalah RS HEV. Tapi saya nggak suka headroom yang terpangkas, dan beda 50juta for just sunroof and gimmicks.

Saya masih menyimpan slight hope bahwa CR-V akan kembali di CKD-kan, tapi since ini bukan brand China agak sulit berharapnya, apalagi kompetitor China hobi sekali perang harga. Baru saja Omoda E5 turun 100 juta lagi. Kan gila.
emission tax based udah berlaku kah?
harapannya semua EHEV bisa lah assembly di indo. mayan tuh jazz bisa masuk kembali. anehnya toyota pada masih CBU ampe corolla ma si kemri ini.
anyway itu karena 1.5 EHEV ini di global juga agak "panic button" karena di EU skrg udah efektif EU7 makanya mereka harus comply sehingga ganti hybirdisasi semua, makanya sistemnya masih mirip IMA cman tweak dikit2 (gabisa support parallel motor ma engine kerja bareng ala kakaknya yang 2.0 , musti gantian jadi 131hp lowend-100hp in highnend makanya reviewer EUK ini ngeluh suara sapi kalo di high end karena gada assist motor murni engine kerja sendiri) .
cman tenangm next gen EHEV v2 (daripada 2.0 nanti missed ama kapasitas engine :big_slap: ) udah didepan mata sih, dimana bisa motor assist di high end, baik divarian 1.5, 2.0 and rumored 2.5 (and v6).

NAIS REPIEW :big_exellent:
gwsecretc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Thu Feb 09, 2017 6:54

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by gwsecretc »

zonepublic wrote: Mon Jun 30, 2025 13:04 Harga sekennya cibo sama crv babi edition kan emang kuat jadi acuan njkbnya juga tinggi makannya pajaknya naik ga usah jauh2 jazz ge8 juga naik 20% kok pajak tahunannya
Hmm masuk di akal juga sih ini..
kayukayuthe5th wrote: Mon Jun 30, 2025 13:33 emission tax based udah berlaku kah?
harapannya semua EHEV bisa lah assembly di indo. mayan tuh jazz bisa masuk kembali. anehnya toyota pada masih CBU ampe corolla ma si kemri ini.
anyway itu karena 1.5 EHEV ini di global juga agak "panic button" karena di EU skrg udah efektif EU7 makanya mereka harus comply sehingga ganti hybirdisasi semua, makanya sistemnya masih mirip IMA cman tweak dikit2 (gabisa support parallel motor ma engine kerja bareng ala kakaknya yang 2.0 , musti gantian jadi 131hp lowend-100hp in highnend makanya reviewer EUK ini ngeluh suara sapi kalo di high end karena gada assist motor murni engine kerja sendiri) .
cman tenangm next gen EHEV v2 (daripada 2.0 nanti missed ama kapasitas engine :big_slap: ) udah didepan mata sih, dimana bisa motor assist di high end, baik divarian 1.5, 2.0 and rumored 2.5 (and v6).

NAIS REPIEW :big_exellent:
Sudah mbah, dari 2021 atau 2022 kemarin kalo ga salah, makanya tam lebih pede masukin mesin 1gd buat anf.

Aturan euro makin ribet ya, mungkin mau ke arah ev semua. Masih nunggu kabar mobil hidrogen gimana kelanjutannya.. kalo mobil hybrid kayaknya masih banyak ruang buat improvement..
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4994
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2KD G AT 2012 - Public Transport

Re: 2025 Honda HR-V E:HEV Modulo Package (RV) Test Drive

Post by Pboyz97 »

nice review chris

HRV hybrid ini emg fiturnya lumayan lengkap + lumayan irit bbm jg buat dalkot, walaupun exterior sm interiornya gabeda jauh sm versi sblmnya
Past:
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
'12 Avanza K3VE
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'12 GNKI 2KD