Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
vincewonk wrote: Thu May 15, 2025 17:07
Saya jujur seneng baca statement om yg dari ev haters bisa jadinya beli ev.
Sblm saya pindah ke korea, dulu juga saya ga suka ev. Belum sampai anti sih. Tp ya berubah juga sekarang. Apalagi setelah infrastructure bagus disini, taxi pun yg unit baru2 mayoritas lari ke ev sekarang. 85% spklu disini fast charging diatas 150kw, di tol malah kebanyakan 250kw. Dan jumlahnya di rest area sudah ada yg sampai 100 per 1 rest area.
Saya inget om pernah posting mengenai camry dan trax jg. Bener2 Ga nyangka sih om beli chery hehe
Diri saya aja nggak nyangka bakal beli EV
darrelund wrote: Fri May 16, 2025 5:44
congrats mbah
klo commute sehari 70-100km sih enak pke EV, hemat nya kerasa
Thanks mbah, secara running cost sih surga banget ini pake EV
ctopher7 wrote: Fri May 16, 2025 3:51
judulnya kurang tepat, harusnya "petrolhead nekat beli EV lalu posting di SM" congrats om mobil barunya, gausa pusingin apa kata orang sbnernya ev despite smua kekurangannya, memang paling practical di jakarta
Kirain mau nulis "petrolhead beli EV lalu nekat posting di SM"
ChZ wrote: Fri May 16, 2025 6:49
iye lah biasa betot trax, 3.5Q, CM5 manual... betat betot 200 kpj lebih, sekarang berdamai dengan 150 kpj dengan mobil yang sangat un-aerodynamic
sebenernya pov gw sama sih beli EV kalo yang mahal, jatohnya malah nggak jadi pengiritan, pemborosan yang ada.
tolerance max sekarang ya 400-500 juta lah idealnya nambah dikit dari mobil yang dipake kalo emang terpaksa yah. sekarang si belum terpaksa ganti mo ganti yang sesama ICE aja sayang banget duitnya enak buat ngoprek dan diputer di bisnis soalnya current car masih enak banget
kayaknya kalo tinggal di jakarta dan sekitar memang kelebihan anti gage itu bikin banyak orang consider EV ya. termasuk menurut gw denza d9 jadi laku dibanding alphard pasti banyak faktor anti gage nya,
soalnya gw tinggal gak di kota yang ada gage, jadi irelevan mana pakenya deket deket kan sayang
Pugman wrote: Fri May 16, 2025 6:46
Mazda 8 saya yang dilimit 170 aja berasa nyebelin, apalagi cuma 150 ya.. makanya saya galau mau lepas 308.
limiter kalo speed nanggung gitu sih kadang ngeselin, kecuali lari 160 udah berat dilimit di 180 ya make sense.
masalahnya gw sama om @Jose biasa betot mobil yang 160 kph aja masih ngegas terusss. kek gimana gitu berdamai dengan mobil yang 150 kph udah mandek.
Bangcyatt, top speed mulu yg dibahas, padahal gue sengaja lebih banyak bahas instant acceleration..kata "berdamai" itu lebih menyakitkan dibanding "berkorban"
rasanya ketahan limiter itu ibarat udah PDKT sama cewek tapi di PHP
Krucilatoz wrote: Fri May 16, 2025 6:27
ni para EV hater + chinese car hater kalau bersatu mau menghujat semua kayaknya akan kalah dengan satu paragraf statement dari istrinya om. Mana seisi dunia kelihatan tambah ribut pula skrg
anyway, nice review om, terutama point of view ICE dan EV memang punya dimensi yg berbeda
saya aja langsung terdiam bingung mau counter gimana. Alur berpikir wanita memang diluar nalar pria
Jose wrote: Fri May 16, 2025 8:30
rasanya ketahan limiter itu ibarat udah PDKT sama cewek tapi di PHP
Wkwkwkwk bgitulah om
EV yg masuk radar ane skarang malah Sealion 7.
Alesannya top speed up to 215km/h. Seal sedan aja cuman 180 kan
Paling sakti emang ioniq 5N . Cuman budget buat nebusnya itu 1.2m yg bikin mikir. 1.2M ud bisa buat bayarin F87 M2Competition seken skarang mah
Ntar masih wait and see ane. Keknya bakal ada update buat Seal sedan secara di china sana ud facelift. Model lebih doyan sedannya
Civic hybrid masuk radar, tapi sarap seh minta 700 jt HPM . Harusnya 600 kecil cakep itu
Sealion agak kurang suka exteriornya, dari depan sering salah sangka kirain MG4. Seal FL mantap tuh, topspeed 240 kpj
F87 biasa malah udah ada yang buka harga 800-an. Menarik itu. Cita2 gue gak muluk2 deh, punya komposisi garasi 1 EV + 1 Sport Saloon/coupe second udah bahagia
Last edited by Jose on Fri May 16, 2025 12:39, edited 1 time in total.
Hi om, nice review nya.
Alasan milih J6 kurang lebih sama dengan om.
Yes, J6 ini sangat cocok buat daily driver apalagi untuk efisiensi cost maintenance dan bensinnya (salam dari yang tadinya 3jt sebulan, sekarang jadi 700rb sebulan).
7700km dari Januari, terasa sangat puas pakai J6 RWD, harga yang ditawarkan dengan apa yang didapat terasa sangat murah walaupun dengan segala kekurangannya (sejauh ini yang saya alami hanya software issue).
Nice review om. Mobilnya ganteng ya warna putih gini, fotonya keren jg om. Hobby foto2 kah om?
Tp surprisingly si E5 ma J6 lebih enak dibawa J6 ya? Kirain model mobil tinggi, EV, boxy gitu bakalan ga enak handlingnya. Beli moblis emang dah gausah mikirin Resale value lg, ga relevan. EV tuh dah bwat nyari duit aja sehari2, pake sampe jd rongsok. Memuaskan jiwa petrolhead ya cari lagi mbl hobi bwat weekend. EV saya dipake istri penghematannya perbulan ga sebanyak om aja tp tetep berasa signifikan bedanya. Biasa isi bensin 1,8-2 jt per bln skrng jd cuman 300-400rb (blm ditambah cashback). Pajak dr 9 jt lebih jd ga sampe 150rb
Saya masih pake ICE karena emang sampe saat ini komposisi ideal menurut saya tetep 1 ICE + 1 EV. Si ice kepake bener2 cuman bwat saya kerja doang, sisanya pas weekend bwat jalan2 aja kemana2 selalu pake EV. Kalo dlu beli ICE baru berasa sayang kalo odo nambah pas dipake, kalo pake EV saya malah seneng odonya cepet naek. Ni uda jalan mo 8 bulan odo dah 13rb
faizzz wrote: Fri May 16, 2025 11:32
mantap Om, terima kasih udah nyempetin berbagi pengalaman... Ditunggu update review penggunaan jangka lebih panjangnya nanti
sedih kali limiter 150 wkwk
nanti gampang diasepin sama pasukan pickup triple cabin
Thanks om,
Minimal sampe 150 kpj sempet ninggalin dulu, pas diatas itu baru kesusul. Klo toll nya rame mereka ga pernah bisa nyusul
whitehorse4 wrote: Fri May 16, 2025 12:13
om.. gimana cara milih istri yang paham keuangan, bisa atur cashflow, biar kami yang masih single ini tidak salah pilih pasangan hidup
Tips pilih calon isteri produktif, ciri-cirinya udah terlihat dari ketika dia Kuliah :
1. Pinter tapi masih mau bergaul, namun tidak bandel
2. Mau berkarier/berbisnis
3. Punya tujuan karier/bisnis yg jelas & jangka panjang
Pboyz97 wrote: Fri May 16, 2025 12:22
nice review & congrats buat mobil barunya. chery j6 ini memang cukup worth dari segi harganya + desainnya jg keliatan gagah menurut saya
Thank you om
Ioxis wrote: Sat May 17, 2025 0:10
Hi om, nice review nya.
Alasan milih J6 kurang lebih sama dengan om.
Yes, J6 ini sangat cocok buat daily driver apalagi untuk efisiensi cost maintenance dan bensinnya (salam dari yang tadinya 3jt sebulan, sekarang jadi 700rb sebulan).
7700km dari Januari, terasa sangat puas pakai J6 RWD, harga yang ditawarkan dengan apa yang didapat terasa sangat murah walaupun dengan segala kekurangannya (sejauh ini yang saya alami hanya software issue).
Ikut komunitas J6 EVO om?
Toss om
Nyaman, senyap, tarikan enak, bebas Gage, gak pusing mikir isi bensin & cari SPBU. Di Jakarta sih pake EV nikmat tiada tara
Iya om saya member J6-Evo, kemarin ikut gath halbil di Boja Farm
kendibocor wrote: Sat May 17, 2025 3:26
Nice review om. Mobilnya ganteng ya warna putih gini, fotonya keren jg om. Hobby foto2 kah om?
Tp surprisingly si E5 ma J6 lebih enak dibawa J6 ya? Kirain model mobil tinggi, EV, boxy gitu bakalan ga enak handlingnya. Beli moblis emang dah gausah mikirin Resale value lg, ga relevan. EV tuh dah bwat nyari duit aja sehari2, pake sampe jd rongsok. Memuaskan jiwa petrolhead ya cari lagi mbl hobi bwat weekend. EV saya dipake istri penghematannya perbulan ga sebanyak om aja tp tetep berasa signifikan bedanya. Biasa isi bensin 1,8-2 jt per bln skrng jd cuman 300-400rb (blm ditambah cashback). Pajak dr 9 jt lebih jd ga sampe 150rb
Saya masih pake ICE karena emang sampe saat ini komposisi ideal menurut saya tetep 1 ICE + 1 EV. Si ice kepake bener2 cuman bwat saya kerja doang, sisanya pas weekend bwat jalan2 aja kemana2 selalu pake EV. Kalo dlu beli ICE baru berasa sayang kalo odo nambah pas dipake, kalo pake EV saya malah seneng odonya cepet naek. Ni uda jalan mo 8 bulan odo dah 13rb
Hobby foto tapi nggak mendalami, sekedar biar foto bagus pas travel & momen2 berharga lain
J6 walaupun boxy, tapi chassisnya lebih bagus, lebih ringan dan rigid, dipake di berbagai kondisi jalan & dengan berbagai gaya nyetir apapun enak.
Klo saya memang udah jadi kebutuhan, karena rute harian pasti lewat Ganjil-Genap, plus krn mobile biaya bensin mulai membebani cash flow harian
Jose wrote: Fri May 16, 2025 11:57 Cita2 gue gak muluk2 deh, punya komposisi garasi 1 EV + 1 Sport Saloon/coupe second udah bahagia
Terima kasih review lengkapnya om. Saya ngerasa relate banget sama om, dulu saya ga kebayang bakal punya mobil cina, tapi seiring berkembangnya mobil cina jadi proper kaya sekarang dan berbagai insentif pemerintah, jadilah saya SPK Aion Y Plus Executive buat workhorse sehari2. Semoga om Jose bisa nambah ICE satu lagi buat memenuhi hasrat menyetir yang gabisa ditemuin di EV
interesting choice sih j6 meski banyak yg ga suka rangenya yg dikit. Tapi congrats buat mobil barunya om.
yeah, pajak dan bensin itu eating too much sih. EV simply best deal kalo beli mobil diatas 400jt kyknya karena nilai pajak dan konsumsi bbm meski rasanya kayak selling the souls to the electric devil hahaha.
nice review. biarpun belum berhasil meyakinkan saya buat beli EV. takut kebakar seperti BYD Seal di jakbar, apapun itu alesan/penyebabnya, faktanya 1: itu mobil berasap dan harus dipadamkan damkar.
selain itu, harga tidak masuk akal untuk sebuah mobil , apalagi buatan RRT. J6 ini sering saya liat kalau belanja di supermarket yg belakangnya sekomplek sama dealer resmi Cherry. desain nya bagus. sayang harga beli nya engga bagus (buat saya)
hackers11 wrote: Wed May 21, 2025 8:31
yeah, pajak dan bensin itu eating too much sih.
Di wakanda kan dari idup sampe modar kena pajak om. Lahiran obat2an dipajakin, mati nanti suruh bayar pajak warisan
Btt, pajak ini emang salah satu insentif yg sangat menarik sih. Pajak EV Bahkan lebih murah drpd pajak motor bebek di rumah yg umurnya dah 12 thn. Bodo amat deh dibilang menikmati subsidi yg ga tepat sasaran sama para SJW yg jgn2 sehari2 minum bbm subsidi jg
hackers11 wrote: Wed May 21, 2025 8:31
yeah, pajak dan bensin itu eating too much sih.
Di wakanda kan dari idup sampe modar kena pajak om. Lahiran obat2an dipajakin, mati nanti suruh bayar pajak warisan
Btt, pajak ini emang salah satu insentif yg sangat menarik sih. Pajak EV Bahkan lebih murah drpd pajak motor bebek di rumah yg umurnya dah 12 thn. Bodo amat deh dibilang menikmati subsidi yg ga tepat sasaran sama para SJW yg jgn2 sehari2 minum bbm subsidi jg
exactly, anyway kan cara ngehindarin pajaknya juga legal dengan beli EV.
abuse lah kalo bisa hahaha, masak kita terus yg diporotin.
Jose wrote: Thu May 15, 2025 6:53
Karena jiwa Petrolhead, saya langsung beberkan kelemahan utama dari EV yaitu "Resale Value" yang hancur. Tapi tak disangka Isteri saya bilang gini ;
“itu kalau keadaan baik-baik saja, gimana kalau mendadak terjadi kondisi buruk seperti omzet turun, resesi, company bankrupt, kena layoff/PHK, atau sakit keras yang bikin orang nggak bisa kerja dan berpenghasilan..?? Operasional ICE terlalu besar dan at some point we may lose our car karena harus dijual untuk nutupin biaya hidup & sekolah anak. Setidaknya klo pake mobil listrik, kita masih bisa maintain Cash Flow dari operasional yg murah dan punya lebih banyak emergency fund dari saving/invest atas selisih operasionalnya”
Well saya pun diem dan menerima logic-nya dia karena memang masuk akal, dan setelah saya inget-inget pengalaman gonta-ganti mobil ICE, jarang banget bisa jual dengan harga pasaran yang kita mau, apalagi bila jenisnya mobil kesukaan Petrolhead (Sedan), saya kena depresiasi 50% di Camry 3.5Q dan kena 65% di Accord CM5. Hal ini akan diperparah jika beli mobil ICE dengan skema kredit diatas 3 tahun, udahlah operasional gede, tambah cicilan, plus beban bunga yang jika ditotal sampai lunas nominalnya bisa puluhan hingga ratusan juta tergantung harga mobil dan interest rate. Intinya kalau mau ngomong resale value, beli mobilnya jangan kredit. So pengalaman boncos depresiasi/beban bunga di mobil Sedan membuat saya cukup siap menerima depresiasi EV.
wkwwk dari dulu ane penganut ngapain sih mikirin resale value, beli mobil kok mikirin buat dijual lagi
tapi ya itu dulu.. masa2 indah,
tapi ngeliat kondisi dunia kek gini, dan skrg memang saya jg ngerasain melakukan credit / ngutang diperlukan untuk mengatur cashflow dan bisnis bisa berjalan terus dengan bantuan hutang
kalimat yg di quote diatas lumayan menampar fakta well resale value it's a good thing (anggep aja bonus)
pantes aja banyak orang tetap stay di toyota ya, lagi masa2 sulit kaya sekarang yang penting survive, ada mobil untuk berjalan kapanpun siap, tanpa musingin dompet itu lebih penting
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
12punch wrote: Thu May 22, 2025 4:32
wkwwk dari dulu ane penganut ngapain sih mikirin resale value, beli mobil kok mikirin buat dijual lagi
tapi ya itu dulu.. masa2 indah,
tapi ngeliat kondisi dunia kek gini, dan skrg memang saya jg ngerasain melakukan credit / ngutang diperlukan untuk mengatur cashflow dan bisnis bisa berjalan terus dengan bantuan hutang
kalimat yg di quote diatas lumayan menampar fakta well resale value it's a good thing (anggep aja bonus)
pantes aja banyak orang tetap stay di toyota ya, lagi masa2 sulit kaya sekarang yang penting survive, ada mobil untuk berjalan kapanpun siap, tanpa musingin dompet itu lebih penting
kadang yang lebih diperlukan itu likuiditas barangnya. misal nih lagi BU, ngejual mobil yang nggak laku di pasaran itu udahlah jualnya lama, harganya nggak bisa tinggi. padahal butuh uangnya sekarang.
mungkin bukan buat biayain orang tua berobat atau bayar utang, tapi buat nambah uang dingin jaga-jaga kondisi ekonomi memburuk, atau buat nambah modal usaha aja sebenernya. atau simply : mobilnya nggak kepake dan menuhin garasi doang.
nah likuiditas tinggi sudah pasti harga jual tinggi karena diminati pasaran. kita jual mobil X di 150 juta sekarang ada yang mau ambil cash tanpa nego, dibanding jual mobil Y yang harganya kita buka di 170 juta tapi dinego abis ampe 130 juta, last minute cancel pula.
kalo masih muda dan blm cari duit sendiri ya sabodo teing sama harga jual, kalo udah ngerasain beli dan jual mobil sendiri biasanya nilai jual kembali itu kayak... idih rugi belasan-puluhan ya lumayan juga ya buat modal usaha.