Page 31 of 40

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Thu Mar 08, 2018 11:54
by michaelgiri93
Oruzgan wrote: Thu Mar 08, 2018 2:43 Mohon bantuan, mobil saya all new terios setiap mobil tidak dipakai 2 harian kok aki tekor dan tidak bisa distater.
aki standarnya GS 32AH20R, Hal ini apakah memang aki yang kekecilan atau memang kelistrikanya yang problem?

Waktu mobil baru 1 mingguan masalah ini saya komplain ke dealer setelah di cek disimpulkan aki bermasalah dan dilakukan penggantian tetapi kembali lagi jika weekend dirumah alamat senin pagi tekor(jika dipakai setiap hari tidak masalah).

saya berkeinginan upgrade dengan ampere yang lebih besar tetapi dengan ukuran yang sama mengingat accu bay kecil.
Coba di cek ada parasitic draw gak om?
Mungkin ada konslet atau apa gitu?
Kalau aki standar meskipun kekecilan gak masuk akal menurut saya kalau 2 hari sudah tekor.

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Thu Mar 08, 2018 14:20
by Vicvic
Ada yang pernah pakai aki merk bosch? Awet ngk gan?

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Fri Mar 09, 2018 7:23
by stealthy
hari ini aku GS MF tewas umur 1 tahun 4 bulan.....harusnya garansi 18 bulan, tapi ternyata jadwal cek 3 bulanan ada yang supir kelewat 1x....hangus lah garansi nya.....

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Fri Mar 09, 2018 7:30
by b8099ok
Lg jajal GoBattery tipe 60038 100A. Katanya bagus,... Katanya,... :ngacir:

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Fri Mar 09, 2018 8:56
by Oruzgan
kunaskun wrote: Thu Mar 08, 2018 9:32
Oruzgan wrote: Thu Mar 08, 2018 2:43 Mohon bantuan, mobil saya all new terios setiap mobil tidak dipakai 2 harian kok aki tekor dan tidak bisa distater.
aki standarnya GS 32AH20R, Hal ini apakah memang aki yang kekecilan atau memang kelistrikanya yang problem?

Waktu mobil baru 1 mingguan masalah ini saya komplain ke dealer setelah di cek disimpulkan aki bermasalah dan dilakukan penggantian tetapi kembali lagi jika weekend dirumah alamat senin pagi tekor(jika dipakai setiap hari tidak masalah).

saya berkeinginan upgrade dengan ampere yang lebih besar tetapi dengan ukuran yang sama mengingat accu bay kecil.
alternator problem?
michaelgiri93 wrote: Thu Mar 08, 2018 11:54

Coba di cek ada parasitic draw gak om?
Mungkin ada konslet atau apa gitu?
Kalau aki standar meskipun kekecilan gak masuk akal menurut saya kalau 2 hari sudah tekor.
Thanks sarannya om, sore ini panggil teknisi untuk cek kelistrikan

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Sun Nov 04, 2018 11:01
by lemonadelovers
Kemarin aki delkor 80d26l tiba2 tewas dr kode produksi bikinan maret 2016 jd umur cuma 2thnan, yg nyebelin tiba2 ga bisa starter tp indijator hijau

Akhirnya ganti aki NS cheetah d toped hrg cuma 1.025jt garansi pabrik 18bln ga pake ribet check2

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Wed Jan 09, 2019 1:15
by aipiesblue
ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?

minggu kemarin ngetrip ke semarang dari jkt. pas baliknya dari semarang sempet istirahat di RA 102 cipali. iseng aja buka kap mesin buat buang panas, pas lihat ke arah aki kok kaya ada asap tipis dari ke-6 tutup air akinya. tutupnya itu berasa panas, paksain untuk buka semuanya dan ternyata isinya dah kosong, tapi kelistrikan di mobil normal semua, distater juga masih greng, langsung nyala gak kaya aki soak yg biasanya mesti berkali-kali stater baru nyala mesinnya.

nyari air aki di pom bensin dan tukang tambal ban ternyata gak sedia, akhirnya cabut dari RA tsb dan lanjut jalan sambil berhenti di tiap RA buat nyari air aki. akhirnya ketemu juga di salah satu tukang tambal ban, langsung diisikan dan habis, padahal itu botol yg besar. air akinya bergolak macam lagi masak air.

akhirnya sampe juga dirumah tanpa ada suatu masalah yg serius, dan sampe saat ini akinya masih normal, untuk stater juga langsung greeng nyala dalam sekali kontak. saya belum ukur berapa voltase dalam keadaan mati dan nyala, gak punya alatnya.

sebelumnya pernah ngetrip juga sampe malang tapi gak ada kejadian spt ini. mungkin memang sudah saatnya buat jajan aki baru, tapi yg bikin heran sih walau dalam keadaan panas dan gak ada airnya, kelistrikan mobil gak mengalami suatu masalah apapun.

oh iya akinya sih cuma yg biasa aja, GS ASTRA bawaan mobil dari baru beli bulan oktober 2015, jadi umurnya sudah 3 tahun 3 bulan. mobil jarang dipake, hanya pas liburan sekolah anak aja baru dipake longtrip.

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Wed Jan 09, 2019 1:37
by adityabp
aipiesblue wrote: Wed Jan 09, 2019 1:15 ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?

minggu kemarin ngetrip ke semarang dari jkt. pas baliknya dari semarang sempet istirahat di RA 102 cipali. iseng aja buka kap mesin buat buang panas, pas lihat ke arah aki kok kaya ada asap tipis dari ke-6 tutup air akinya. tutupnya itu berasa panas, paksain untuk buka semuanya dan ternyata isinya dah kosong, tapi kelistrikan di mobil normal semua, distater juga masih greng, langsung nyala gak kaya aki soak yg biasanya mesti berkali-kali stater baru nyala mesinnya.

nyari air aki di pom bensin dan tukang tambal ban ternyata gak sedia, akhirnya cabut dari RA tsb dan lanjut jalan sambil berhenti di tiap RA buat nyari air aki. akhirnya ketemu juga di salah satu tukang tambal ban, langsung diisikan dan habis, padahal itu botol yg besar. air akinya bergolak macam lagi masak air.

akhirnya sampe juga dirumah tanpa ada suatu masalah yg serius, dan sampe saat ini akinya masih normal, untuk stater juga langsung greeng nyala dalam sekali kontak. saya belum ukur berapa voltase dalam keadaan mati dan nyala, gak punya alatnya.

sebelumnya pernah ngetrip juga sampe malang tapi gak ada kejadian spt ini. mungkin memang sudah saatnya buat jajan aki baru, tapi yg bikin heran sih walau dalam keadaan panas dan gak ada airnya, kelistrikan mobil gak mengalami suatu masalah apapun.

oh iya akinya sih cuma yg biasa aja, GS ASTRA bawaan mobil dari baru beli bulan oktober 2015, jadi umurnya sudah 3 tahun 3 bulan. mobil jarang dipake, hanya pas liburan sekolah anak aja baru dipake longtrip.
Aki mendidih awalnya krn overcharge.
Mending cek alternatornya dulu om apakah benar memang overcharge.

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Wed Jan 09, 2019 2:42
by aipiesblue
adityabp wrote: Wed Jan 09, 2019 1:37 Aki mendidih awalnya krn overcharge.
Mending cek alternatornya dulu om apakah benar memang overcharge.
cara ngecek alternatornya masih sehat gimana om?

apakah dengan mengecek tegangan aki ketika kondisi mesin mobil menyala?

terima kasih

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Wed Jan 09, 2019 3:45
by adityabp
aipiesblue wrote: Wed Jan 09, 2019 2:42
adityabp wrote: Wed Jan 09, 2019 1:37 Aki mendidih awalnya krn overcharge.
Mending cek alternatornya dulu om apakah benar memang overcharge.
cara ngecek alternatornya masih sehat gimana om?

apakah dengan mengecek tegangan aki ketika kondisi mesin mobil menyala?

terima kasih
Yup.
Mesin nyala lalu gas sampe 3000rpm. Cek tegangan aki ketika gas dilepas.
Kalo tegangan tiba2x naik lebih dari 14,7V walaupun sekejap (spike) itu gejalanya.
Cek juga kondisi lubang hawa tutup pengisian air aki, kalo ada serbuk putih itu juga tanda overcharge.

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Wed Jan 09, 2019 7:49
by Profith83
aipiesblue wrote: Wed Jan 09, 2019 1:15 ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?

minggu kemarin ngetrip ke semarang dari jkt. pas baliknya dari semarang sempet istirahat di RA 102 cipali. iseng aja buka kap mesin buat buang panas, pas lihat ke arah aki kok kaya ada asap tipis dari ke-6 tutup air akinya. tutupnya itu berasa panas, paksain untuk buka semuanya dan ternyata isinya dah kosong, tapi kelistrikan di mobil normal semua, distater juga masih greng, langsung nyala gak kaya aki soak yg biasanya mesti berkali-kali stater baru nyala mesinnya.

nyari air aki di pom bensin dan tukang tambal ban ternyata gak sedia, akhirnya cabut dari RA tsb dan lanjut jalan sambil berhenti di tiap RA buat nyari air aki. akhirnya ketemu juga di salah satu tukang tambal ban, langsung diisikan dan habis, padahal itu botol yg besar. air akinya bergolak macam lagi masak air.

akhirnya sampe juga dirumah tanpa ada suatu masalah yg serius, dan sampe saat ini akinya masih normal, untuk stater juga langsung greeng nyala dalam sekali kontak. saya belum ukur berapa voltase dalam keadaan mati dan nyala, gak punya alatnya.

sebelumnya pernah ngetrip juga sampe malang tapi gak ada kejadian spt ini. mungkin memang sudah saatnya buat jajan aki baru, tapi yg bikin heran sih walau dalam keadaan panas dan gak ada airnya, kelistrikan mobil gak mengalami suatu masalah apapun.

oh iya akinya sih cuma yg biasa aja, GS ASTRA bawaan mobil dari baru beli bulan oktober 2015, jadi umurnya sudah 3 tahun 3 bulan. mobil jarang dipake, hanya pas liburan sekolah anak aja baru dipake longtrip.
Saya pernah alami hal yang sama persis 100%.
Biasanya kalua mobil dipakai lagi apalagi kondisi berhenti dan AC nyala pasti nantinya mendidih lagi dan habis lagi … akan begitu terus berulang ulang.
Aki seperti itu memang pertanda aki mau rusak. Pengalaman seperti itu terjadi di Mobilio.

Akhirnya setelah berapa lama gak bisa distarter dan panggil Shop and Drive.
Termasuk bagus om bertahan 3 thn lebih.
Mobilio saya tidak pernah lewat 2 thn. Sekarang saya pakai aki kering S&D garansi 2 thn …

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Wed Jan 09, 2019 11:16
by Pugman
Pernah Pakai Aki basah Incoe bawaan mobil, saya kurang baik merawat aki cuma bertahan sekitar 8bulan, lalu ganti aki kering Delkor, yang ini tahan 3 tahun 3 bulan.
BTW kalau aki NS itu bagus ga ya? Kayanya promosi harga miring sama garansi lumayan lebih panjang?

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Wed Jan 09, 2019 11:47
by lemonadelovers
Bikin aki awet itu gampang, pakai aki basah dan tiap habis dipake buka kap mesin 1 jam supaya panas mesin kebuang, kasih selubung aki (bisa bikin dari peredam panas kap mesin) dan kasih kabel ground supaya arusnya stabil

Krna musuh batre panas dan air, pengalaman saya bisa bertahan sampe 5 tahun

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Wed Jan 09, 2019 11:48
by marmut
aipiesblue wrote: Wed Jan 09, 2019 1:15 ada yang pernah mengalami aki panas hingga airnya mendidih dan menghilang?

-

pernah.
penyebabnya dari alternator, saya lupa dari IC regulator atau dioda, jadi pengisiannya berlebih alias overcharge.

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Thu Jan 10, 2019 2:21
by Jagonyaaki
Penyebab aki menjadi panas setau sy ad 3 :
1. Alternator overcharge
Tegangan pengisian ke aki lbh dr 14,8 V. Penyebabnya regulator dinamo jebol. Bisa ic-nya ato cutt-off nya
2. Utk aki basah yg pernah air akinya d bwh garis lower level. Kl mobil d pake jauh/lama d jamin pasti panas itu aki + ngegolak dan biasanya d sertai bau telor busuk dr aki. Walupun stroomnya msh normal
3. Aki yg sudah uzur ato udah aki-aki... Aki yg sdh berumur tingkat penguapan air nya lbh besar dr aki yg masih berumur balita... D pake jalan jauh nih aki2 kemungkinan panas +ngegolak pasti ad

Musuh utama aki Panas, getaran,stabilnya ngg nya pengisian. Makanya kl pengen aki awet jauhi dr panas, harus terikat kencang, dan selalu cek benernya arus pengisian d rentang 13,7 V - 14,8 V.

Contoh aki mobil eropah yg akinya d bagasi ato d bawah jok tengah. Pasti jarang banget nambah air aki + rata2 umurnya jauh d atas mbl jepangan..

Cmiiw :big_deal:

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Thu Jan 10, 2019 2:51
by aipiesblue
Jagonyaaki wrote: Thu Jan 10, 2019 2:21 Penyebab aki menjadi panas setau sy ad 3 :
1. Alternator overcharge
Tegangan pengisian ke aki lbh dr 14,8 V. Penyebabnya regulator dinamo jebol. Bisa ic-nya ato cutt-off nya
2. Utk aki basah yg pernah air akinya d bwh garis lower level. Kl mobil d pake jauh/lama d jamin pasti panas itu aki + ngegolak dan biasanya d sertai bau telor busuk dr aki. Walupun stroomnya msh normal
3. Aki yg sudah uzur ato udah aki-aki... Aki yg sdh berumur tingkat penguapan air nya lbh besar dr aki yg masih berumur balita... D pake jalan jauh nih aki2 kemungkinan panas +ngegolak pasti ad

Musuh utama aki Panas, getaran,stabilnya ngg nya pengisian. Makanya kl pengen aki awet jauhi dr panas, harus terikat kencang, dan selalu cek benernya arus pengisian d rentang 13,7 V - 14,8 V.

Contoh aki mobil eropah yg akinya d bagasi ato d bawah jok tengah. Pasti jarang banget nambah air aki + rata2 umurnya jauh d atas mbl jepangan..

Cmiiw :big_deal:
waah, makasih banyak "mbah aki" atas ilmu yg diberikan, mencerahkan sekali, kalo ada cendol ijo mau rasanya saya kasih, tapi kan disini bukan kuskus, hehe

ketika kap mesin dibuka memang tercium aroma telor busuk dari asap yg keluar dari tutup hawa aki. mudah-mudahan bukan karna alternatornya yg rusak.

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Thu Jan 10, 2019 4:05
by adityabp
Bau telor busuk itu dari uap sulfat hasil air aki mendidih.
Saran saya, mending akinya langsung ganti dan alternatornya diservis.
Karena kalo akinya mendidih lagi dalam keadaan penuh, itu air akinya bisa luber kena pelat bodi/chassis.
Tau donk kalo air aki itu korosif.
:big_childish:

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Fri Feb 08, 2019 9:07
by Kenshiro7
Sore Om,

Ane kan kemaren baru ganti aki ke Delkor Calcium Battery 35Ah dr aki basah yg sdh berumur sekitar 3 tahun (merk & tipe nya lupa), koitnya gara2 lupa nambah air baterai, pas diisi sdh di bawah lower.
Padahal sebelum ditambah air nya masih fine aja.

Buat All New Avanza E manual 2013.

Kira2 itu aki baru Delkor perlu dicas dulu gak ya?

Baru dipakai jalan kira2 2 jam saja itu Aki Delkor.
Posisi terakhir di 12.5V dgn kondisi mesin & semua lampu mati, kontak di posisi ACC.

Thanks.

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Fri Feb 08, 2019 12:37
by MSU
Kalo googling...ada eksperimen gila masukkan paracetamol ke lubang air aki...katanya aki jadi awet...ada yg udh pernah nyoba?

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Sat Feb 09, 2019 2:01
by Jagonyaaki
Kenshiro7 wrote: Fri Feb 08, 2019 9:07 Sore Om,

Ane kan kemaren baru ganti aki ke Delkor Calcium Battery 35Ah dr aki basah yg sdh berumur sekitar 3 tahun (merk & tipe nya lupa), koitnya gara2 lupa nambah air baterai, pas diisi sdh di bawah lower.
Padahal sebelum ditambah air nya masih fine aja.

Buat All New Avanza E manual 2013.

Kira2 itu aki baru Delkor perlu dicas dulu gak ya?

Baru dipakai jalan kira2 2 jam saja itu Aki Delkor.
Posisi terakhir di 12.5V dgn kondisi mesin & semua lampu mati, kontak di posisi ACC.

Thanks.
Cb bantu jwb om... Sebenarnya aki kering bs langsung pakai. Yg terpenting kl beli aki kering minta yg kode produksinya jng lbh dr 6 bln. Biar masih "fresh"

Setelah d pakai d mbl, pengisian dr alternator sudah lbh dr ckp. Tegangan aki 12,5 v sudah normal om..

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Sat Feb 09, 2019 2:03
by Jagonyaaki
MSU wrote: Fri Feb 08, 2019 12:37 Kalo googling...ada eksperimen gila masukkan paracetamol ke lubang air aki...katanya aki jadi awet...ada yg udh pernah nyoba?
Paracetamol mah utk orng nya yg pening beli aki skrng harganya udah mahal om... Wkwkwk :wkkk:

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Sat Feb 09, 2019 3:33
by supriyadi
Jagonyaaki wrote: Sat Feb 09, 2019 2:03
MSU wrote: Fri Feb 08, 2019 12:37 Kalo googling...ada eksperimen gila masukkan paracetamol ke lubang air aki...katanya aki jadi awet...ada yg udh pernah nyoba?
Paracetamol mah utk orng nya yg pening beli aki skrng harganya udah mahal om... Wkwkwk :wkkk:
Pake bodrex Om, kalo mau cepat pake puyer :wkkk: :wkkk:

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Sat Feb 09, 2019 6:58
by iwing
januari kmrn adalah tahun ketiga pakai aki incoe basah

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Sat Feb 09, 2019 10:49
by ilhami
Di jambi sini sering banget start-stop mesin, karena tujuan dekat-dekat. Biasanya aki sirion hanya tahan 2 tahun

Re: Aki mobil yang dipakai

Posted: Tue Feb 12, 2019 5:12
by Salvanost
Salvanost wrote: Sat Oct 14, 2017 6:30 Lagi make amaron
Udah 1 tahun 2 bulan

Moga2 aja awet
October 2017 1 tahun 2 bulan
Sekarang udah feb 2019
Udah pakai amaron 2 tahun 6 bulan

Moga2 aja awet