Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

New Megapro Carburator
3
43%
New megapro Fuel Injection (Fi)
3
43%
Verza (Fi)
1
14%
 
Total votes: 7

pambudi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Apr 08, 2014 13:41

Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

Post by pambudi »

Ijin ya Mod, nubie bikin Poll

Para sedulur rider
Kalo suruh milih antara NMP carbu, NMP Fi, dan Verza, sedulur2 pilih yg mana dan pertimbangannya apa?
3 motor ini kan mengusung engine yg sejenis

Mulai dari saya:
Pilih NMP Carbu (bukan karena sy punyanya ini lho ya)
alasan:
  • ada versi spoke, dan saya suka versi spoke yg relatif lebih aman melewati kubangan, ga pecah
  • torsi lebih besar, power juga
  • sistem Fi menuntut kelistrikan yg prima dan jangka ke depannya sistem Fi pasti butuh perhatian lebih, secara dia electronic
  • dari segi bobot motor, bobot lebih menandakan kualitas material yg lebih solid
  • dimensi fork belakang lebih besar dari verza
  • build quality, sy sering lihat Verza yg lebih muda dari motor sy tp lebih buluk catnya, rata2 sarung jok sudah mulai lepas pada beberapa bagian
  • ada yg klaim NMP Fi lebih irit, bisa sampai 46kpl, NMP Carbu sy 46kpl tu biasa, cuma premium + oli MPX biasa lho ya, kalo niat bisa sekitar 50kpl
  • saya ambil NMP Feb 2013 cuma 18.4jt, secara di Solo ga mungkin dapet harga segitu
Btw, sy bukan fanboy sayap merah
amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
Location: Kodya Tangerang

Re: Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

Post by amd »

kalo ane untuk mesin lebih memilih yang sudah fuel injection, karena lebih simple perawatan berkalanya (nggak perlu bongkar/pasang karbulator). yang harus dijaga adalah kelistrikannya yang harus tetap prima (voltase dan pengkabelan). untuk perawatan cukup tambahkan/campurkan additip fuel injector cleaner setiap 10rb-20rb km.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

Post by VanzMatic »

pambudi wrote:Ijin ya Mod, nubie bikin Poll

Para sedulur rider
Kalo suruh milih antara NMP carbu, NMP Fi, dan Verza, sedulur2 pilih yg mana dan pertimbangannya apa?
3 motor ini kan mengusung engine yg sejenis

Mulai dari saya:
Pilih NMP Carbu (bukan karena sy punyanya ini lho ya)
alasan:
  • ada versi spoke, dan saya suka versi spoke yg relatif lebih aman melewati kubangan, ga pecah
  • torsi lebih besar, power juga
  • sistem Fi menuntut kelistrikan yg prima dan jangka ke depannya sistem Fi pasti butuh perhatian lebih, secara dia electronic
  • dari segi bobot motor, bobot lebih menandakan kualitas material yg lebih solid
  • dimensi fork belakang lebih besar dari verza
  • build quality, sy sering lihat Verza yg lebih muda dari motor sy tp lebih buluk catnya, rata2 sarung jok sudah mulai lepas pada beberapa bagian
  • ada yg klaim NMP Fi lebih irit, bisa sampai 46kpl, NMP Carbu sy 46kpl tu biasa, cuma premium + oli MPX biasa lho ya, kalo niat bisa sekitar 50kpl
  • saya ambil NMP Feb 2013 cuma 18.4jt, secara di Solo ga mungkin dapet harga segitu
Btw, sy bukan fanboy sayap merah
Untung rugi karbu atau injeksi:
Bagi yang demen dan BISA menemukan setting karbu yang tepat, pilih karbu. Kenapa? Injeksi sudah disetting agar kadar emisi gas buang tidak separah emisi gas buang karbu. Konsekuensinya, power dan torsi ngga bisa sedahsyat karbu. DAN ini sudah diamini di negara negara yang menganut Euro4 dan 5 sekalipun. Karena itu, untuk mengakomodasi keinginan power besar, teknologi mesin yang dikembangkan agar "hambatan" dari sisi regulasi bisa diakali tanpa melanggar regulasi tersebut....

Injeksi hanya menuntut Accu dalam kondisi prima. that's it. Hanya itu. Sistem injeksi sudah diperhitungkan matang matang oleh pabrikan agar:
Aman saat jatuh atau terguling.
Aman saat dicuci secara normal.
Aman saat terjadi malfunction sekalipun.
Aman dari resiko kebakaran.

So, buat yang suka praktis praktis dan ngga neko neko, silakan pilih Injeksi.
Buat yang demen oprek oprek mesin dan eksperimen mesin, silakan pilih karbu, walaupun sekarang secara teknologi bisa oprek komputer dari mesin injeksi melalui alat OBD maupun laptop. Tapi jelas itu butuh modal lumayan lah.

Oia, masalah buluk atau engga, tergantung perawatan kok om.
Honda Grand istri saya, sejak 1996 lo. Dan body ngga buluk. Hanya body stripe sudah pelan2 pudar, rattling, dan kurang berkilau bila dibandingkan dengan yang masih baru.

Honda Revo 100 saya, ada lo yang udah bulukan. Tapi punya saya juga belum bulukan.

Mengenai velg, saya juga menganut paham pelek ruji yang lebih mudah disetel dan nggada resiko pecah. Kalaupun peang atau bengkok, asal belum melengkung, masih bisa disetel.
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
pambudi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Apr 08, 2014 13:41

Re: Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

Post by pambudi »

amd wrote:kalo ane untuk mesin lebih memilih yang sudah fuel injection, karena lebih simple perawatan berkalanya (nggak perlu bongkar/pasang karbulator). yang harus dijaga adalah kelistrikannya yang harus tetap prima (voltase dan pengkabelan). untuk perawatan cukup tambahkan/campurkan additip fuel injector cleaner setiap 10rb-20rb km.
betul om, pilihan yg pas
cuma sy termasuk yg pemalas sih...
sy aja ga peduli motor bebek sy accu nya mati.. yg penting busi masih idup
pambudi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Apr 08, 2014 13:41

Re: Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

Post by pambudi »

VanzMatic wrote: Untung rugi karbu atau injeksi:
Bagi yang demen dan BISA menemukan setting karbu yang tepat, pilih karbu. Kenapa? Injeksi sudah disetting agar kadar emisi gas buang tidak separah emisi gas buang karbu. Konsekuensinya, power dan torsi ngga bisa sedahsyat karbu. DAN ini sudah diamini di negara negara yang menganut Euro4 dan 5 sekalipun. Karena itu, untuk mengakomodasi keinginan power besar, teknologi mesin yang dikembangkan agar "hambatan" dari sisi regulasi bisa diakali tanpa melanggar regulasi tersebut....

Injeksi hanya menuntut Accu dalam kondisi prima. that's it. Hanya itu. Sistem injeksi sudah diperhitungkan matang matang oleh pabrikan agar:
Aman saat jatuh atau terguling.
Aman saat dicuci secara normal.
Aman saat terjadi malfunction sekalipun.
Aman dari resiko kebakaran.

So, buat yang suka praktis praktis dan ngga neko neko, silakan pilih Injeksi.
Buat yang demen oprek oprek mesin dan eksperimen mesin, silakan pilih karbu, walaupun sekarang secara teknologi bisa oprek komputer dari mesin injeksi melalui alat OBD maupun laptop. Tapi jelas itu butuh modal lumayan lah.

Oia, masalah buluk atau engga, tergantung perawatan kok om.
Honda Grand istri saya, sejak 1996 lo. Dan body ngga buluk. Hanya body stripe sudah pelan2 pudar, rattling, dan kurang berkilau bila dibandingkan dengan yang masih baru.

Honda Revo 100 saya, ada lo yang udah bulukan. Tapi punya saya juga belum bulukan.

Mengenai velg, saya juga menganut paham pelek ruji yang lebih mudah disetel dan nggada resiko pecah. Kalaupun peang atau bengkok, asal belum melengkung, masih bisa disetel.
:big_peace:
Kalo di pedesaan cocoknya yg mana ya om?
di sekitar sy motor biasa buat ke sawah, buat angkut rumput, jualan sayur
dan tipically orang desa, hanya ke bengkel kalo bener2 mogok
sayangnya daerah pelosok seperti di pegunungan, daerah2 pantai di kabupaten kecil (bukan Solo lho ya) jarang bengkel resmi

Sy sendiri bikin poll ini untuk melihat kenapa pabrikan mulai bergeser untuk tidak memproduksi motor yg simple dan fungsional.
Apa memang selera konsumen skg sudah hitech semua.
Padahal orang2 di sekitar simbah saya dan simbahnya anak2 yg dibutuhkan adalah motor yg:
- simple
- double rear shock
- carbu, cukup bensin ngalir, listrik ke busi ada, busi idup... kalo apes, didorong bisa hidup lagi (spt dulu sering sy lakukan saat kuliah, hehe)
pilih carbu bukan buat ngedrag kok om
- torsi segajah
- tangki bensin rata ama jok
Makanya megapro lama masih merajai di pedesaan.

Sayangnya, meski skg sudah maju, pikiran saya soal motor masih kolot
Makanya dulu bingung waktu mo ambil motor, yg memenuhi cuma si Tundie125 yg sayangnya buat bawa beban berat di pegunungan ga yakin torsinya cukup
Makanya ambil NMP carbu meski monoshock, torsinya sebenarnya masih kurang meski dijaga di 6rb-6.5rb RPM (max torsi), tapi mo beli yg 250cc eman2 duite
Duitnya pilih buat bingung2 aja, antara Panther, APV (+ tokidies) spt di thred sy lainnya, hehe

Kalo soal build quality mungkin memang sy salah, meski sy sering membandingkan NMP sy sm verza di parkiran kantor, verzanya gonta-ganti... tetapi mengapa pengamatan sy yg mungkin sj subyektif melihat secara detail build quality verza di bawah NMP (kalo setara mungkin harga menjadi tidak murah lagi ya). Verza juga ga ada tachometer, padahal sy butuh. Anyway, mba Verza (eh.. ini kan motor laki) sempat menggoda saya waktu di dealer, sebelum akhirnya memutuskan NMP.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

Post by Kaleng »

Kalau disuruh pilih mungkin akan pilih verza karena secara visual keseluruhan lebih enak dilihat terutama dibandingkan dengan bagian depan NMP.

Tetapi saat ini yang dimiliki adalah NMP Karbu CW. Beli 2nd sewaktu yang FI masih belum ada kabar kusuknya jadi sekarang pilihannya tinggal maksimalin apa yang dimiliki. Mo dijual ganti lagi yang FI rasanya sayang duitnya.

Sedikit share saja untuk maksimalin NMP karbu menurut sy yang paling ok adalah ganti coil dengan coil tiger new revo. Perbedaan sebelum dan sesudah benar2 signifikan bisa dirasakan meskipun tidak ada data dyno atau sejenisnya. Bahkan menurut sy seharusnya dari awal NMP ini menggunakan coil tiger new revo sebagai coil standard. Tenaga benar2 terasa ngisi dari rpm rendah sampai rpm 6000. Untuk lebih tinggi tdk tahu krn belum pernah motor sy mencapai RPM > 6000

Semoga sharing bisa berguna buat yg membutuhkan.
amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
Location: Kodya Tangerang

Re: Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

Post by amd »

jaman sudah maju, mau ngak mau kita harus mengikutinya. mesin dengan fuel injection lebih efisien dalam menggunakan bbm karena komputer/ecu akan memerintahkan penyemprotan bbm berdasarkan data atas sensor-2 yang ada (sensor temperatur, oksigen TPS dll.). yang perlu diperhatikan juga kebersihan saringan bensin/udara selain voltase accu. dimotor yang sudah injeksi terminal/socket kelistrikannya juga lebih baik dari yang versi karbulator.
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

Post by hariy »

vote NMP carbu. secara teknologi ga beda dg tiger '05 punya saya dulu. pengin lebih gahar, cukup setel karbu + smua sistem pengapian. lebih fun & sensasional daripada injeksi yg rumit dioprek. ga pusing kalo aki sampe soak.. :mky_08: keep riding.....
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

Post by VanzMatic »

Mungkin lebih baik go for NMP karbu aja masbro, kalo kondisinya demikian..
:big_exellent:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

Post by nugroho bagor »

VanzMatic wrote:Mungkin lebih baik go for NMP karbu aja masbro, kalo kondisinya demikian..
:big_exellent:
Hi om pie kabarre,kalo motor lebih condong ambil mesinnya aja so karbulah,body di bikin sendiri lebih sreg,model sekarang gak masuk sama sekAli
pambudi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Tue Apr 08, 2014 13:41

Re: Pilih NMP Carbu, NMP Fi, atau Verza

Post by pambudi »

nugroho bagor wrote:
VanzMatic wrote:Mungkin lebih baik go for NMP karbu aja masbro, kalo kondisinya demikian..
:big_exellent:
Hi om pie kabarre,kalo motor lebih condong ambil mesinnya aja so karbulah,body di bikin sendiri lebih sreg,model sekarang gak masuk sama sekAli
Kalo sy mikirnya mesin NMP Carbu, tampang Verza, rangka CBR, tangki bensin anti kemasukan air (tutupnya jendol ga masalah asalakan ga mudah masuk air), harga Verza
Bahkan andai dulu ada verza carbu, sy ambil tu Verza carbu yg spoke wheel

Smp detik ini kok yg vote verza masih sedikit, padahal di blog2 tu rame banget pendukung Verza ( vs NMP lho ya, jangan ditandingkan sm merek lain, nanti debat ga habis2). Berarti bener bahwa warga SM memang punya pemikiran yg menurut sy lebih detail dan analitis, yg ga mudah kemakan sama iklan.

Bagi yg mau vote lagi silakan, kalo mo kasih alasan yg simple jg gpp, misal
- Pilih NMP Carbu krn setting carbu buat balap lebih mudah
- Pilih Verza krn Fi dan harga lebih pas