Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by Bibieight »

Naaah kebetulan oom NR komentar tentang Bung Besar, dua minggu lalu nemu buku ini di Periplus :
https://www.periplus.com/p/9781847927040
Saya kebut 5 hari nonstop, soalnya menarik juga, kira2 kalo Belanda patuh sama Linggardjati dan Bung Kecil sama Oom Kacamata perannya tetep besar, Indonesia jadi kayak apa ya ?... Secara 2-2nya mereka sekolah di Nederland beneran. Terus kalo Linggardjati jalan berarti ndak ada Agresi Militer/Politionele acties 1 dan 2, militer perannya juga ndak bakal sebesar setelah 1949.... bener2 what if abis baca buku itu....
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7492
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by newrubble »

Bibieight wrote: 23 May 2024, 17:05 Naaah kebetulan oom NR komentar tentang Bung Besar, dua minggu lalu nemu buku ini di Periplus :
https://www.periplus.com/p/9781847927040
Saya kebut 5 hari nonstop, soalnya menarik juga, kira2 kalo Belanda patuh sama Linggardjati dan Bung Kecil sama Oom Kacamata perannya tetep besar, Indonesia jadi kayak apa ya ?... Secara 2-2nya mereka sekolah di Nederland beneran. Terus kalo Linggardjati jalan berarti ndak ada Agresi Militer/Politionele acties 1 dan 2, militer perannya juga ndak bakal sebesar setelah 1949.... bener2 what if abis baca buku itu....
revolusi-revolusi yg (pernah) ada blm ada 1 pun yg mampu ubah drastis publik miskin jadi publik yg sejahtera
yg tambah bikin mlorot binti mlarat ya smuanya itu
bgmn beton bisa murah di negri sendiri kalo ada tangan lorenzo zambrano di fabriek yg (katanya) terbesar di indo
nb: kalo si pembual besar itu .... prempuan aja ada 9 yg dia kibulin demi kepentingan pribadi
bumiltrans
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 19 Sep 2019, 11:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Honda Revo Fit 2012

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by bumiltrans »

newrubble wrote: 23 May 2024, 19:25
Bibieight wrote: 23 May 2024, 17:05 Naaah kebetulan oom NR komentar tentang Bung Besar, dua minggu lalu nemu buku ini di Periplus :
https://www.periplus.com/p/9781847927040
Saya kebut 5 hari nonstop, soalnya menarik juga, kira2 kalo Belanda patuh sama Linggardjati dan Bung Kecil sama Oom Kacamata perannya tetep besar, Indonesia jadi kayak apa ya ?... Secara 2-2nya mereka sekolah di Nederland beneran. Terus kalo Linggardjati jalan berarti ndak ada Agresi Militer/Politionele acties 1 dan 2, militer perannya juga ndak bakal sebesar setelah 1949.... bener2 what if abis baca buku itu....
revolusi-revolusi yg (pernah) ada blm ada 1 pun yg mampu ubah drastis publik miskin jadi publik yg sejahtera
yg tambah bikin mlorot binti mlarat ya smuanya itu
bgmn beton bisa murah di negri sendiri kalo ada tangan lorenzo zambrano di fabriek yg (katanya) terbesar di indo
nb: kalo si pembual besar itu .... prempuan aja ada 9 yg dia kibulin demi kepentingan pribadi
yang bagian NB nya menarik bangettt :mky_02:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22051
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by Turboman »

Dampak Korupsi Tol MBZ Terungkap dalam Sidang, Kekuatan Jalan Layang Berkurang hingga 6 Persen

Kekuatan dan keawetan berkurang Saksi lain, yakni Ahli Beton dan Konstruksi FX Supartono mengungkapkan bahwa penggantian material yang terjadi dalam proyek tersebut membuat kekuatan Tol MBZ berkurang sekitar 5-6 persen. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukannya, kondisi tersebut membuat tingkat kekakuan dari Tol MBZ juga menurun. Imbasnya, getaran yang terjadi di jalan layang ketika dilintasi oleh kendaraan menjadi lebih besar. “Secara jangka panjang, karena kekakuannya berkurang, getaran-getaran itu membesar. Jadi bisa mempengaruhi pada keawetan jangka panjang jembatan,” ujar Supartono. “Jadi begitu getarannya membesar, amplitudonya membesar, itu bisa mengakibatkan fatik atau kelelahan daripada struktur. Karena diayun-ayun terus, dan itu membuat umur dari struktur berkurang,” sambungnya.



https://nasional.kompas.com/read/2024/0 ... g?page=all.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15784
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by ChZ »

faizzz wrote: 23 May 2024, 11:14
Ngapain jauh2 ke eropa, Singapur aja yang deket kalo kita niat belajar dari mereka memang banyak yang bisa kita pelajari dari sistem pemerintahan mereka, bisa PP sehari juga. tapi emang sih kalo buat healing atau foto2 ga semenarik yurop, kan niat utamanya healing :big_biglaugh:
study banding bikin toll dan railway ada japan/china yg deket. MRT yah cukup liat singapur aja.

ntah study banding apaan ke yurop. kondisi geografik beda, kondisi masyarakat beda, segala-galanya beda. apanya mau di studi banding. study banding pendidikan saja cukup ke negara sebelah udah ketinggalan konoha ini.

prasaan tiap kuartal selalu dapet jatah maintenance proyek tp masih aja pake wang negara.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7492
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by newrubble »

bicara railway maupun bus, banyak operator di eropa konsesinya skrg ini di pegang MTR (hongkong)
otoritas lokal cukup subsidi ticketing
arrival time tiap 3 menit (ga tau kalo di indo tiap brapa menit)
sy heran dgn budaya studi banding dari jaman kapan sampe skrg ga ada hasil:

apa yg mo dibandingin? tingkat peradaban aja beda jauh (trmsk human quality)
kalo mo bandingin (misal: metro maupun bus rapid system) ya bandingin dgn yg civilisation level sama dgn indo (cairo - korea yg bikin dgn EU funding / capetown / pretoria )
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1487
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by AbdulHakim »

newrubble wrote: 24 May 2024, 12:47 bicara railway maupun bus, banyak operator di eropa konsesinya skrg ini di pegang MTR (hongkong)
otoritas lokal cukup subsidi ticketing
arrival time tiap 3 menit (ga tau kalo di indo tiap brapa menit)
sy heran dgn budaya studi banding dari jaman kapan sampe skrg ga ada hasil:

apa yg mo dibandingin? tingkat peradaban aja beda jauh (trmsk human quality)
kalo mo bandingin (misal: metro maupun bus rapid system) ya bandingin dgn yg civilisation level sama dgn indo (cairo - korea yg bikin dgn EU funding / capetown / pretoria )
Aktualnya khan plesir jalan-jalan ke LN yg dibiayai oleh APBN
Bapak ini kayak ga tahu aja
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15784
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by ChZ »

newrubble wrote: 24 May 2024, 12:47 apa yg mo dibandingin? tingkat peradaban aja beda jauh (trmsk human quality)
justru itu paling sering dijadikan alasan om kalau nggak efektif programnya, tinggal salahin rakyat (pdhl mereka sendiri rakyatnya)

makanya statement pejabat di media macem s4mpah isinya nyalahin rakyat lah, sensi dan baper kalo dikritik, nggak boleh ada oposan lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1742
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by darrelund »

newrubble wrote: 24 May 2024, 12:47 apa yg mo dibandingin? tingkat peradaban aja beda jauh (trmsk human quality)
apalagi klo bukan hasil poto jalan" di yurop

bandingin siapa yg pling jago potograpi, jago cari wisata, jago cari restaurant lux

kan itu :big_biglaugh:

lapor ke rakyat modal poto bediri jejeran pasang jempol
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by ilhami »

disini sering bikin desain aneh tapi fungsi malah hilang.
contoh nya LRT jakarta terlalu rendah pintunya.
Desain KRL trapesium tapi interior malah sempit
kursi KRL plastik padahal KRL bekas jepang empuk
1203L
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: 14 Mar 2018, 11:43
Location: Semarang
Daily Vehicle: Honda Beat

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by 1203L »

klo dr sejarah yg ane tau, kekuatan besar yg getol membebaskan bangsa2 terjajah dr penjajahan fisik kolonial trmasuk indonesia adalah usa yg mengklaim the first new nation in the world shg belanda cabut dr nkri trmasuk tanah papua/nieuw hollandia..motivasinya ya demi penetrasi kapitalisme global agar kapitalis mereka jg bs masuk dan mendulang profit opportunity besar..klo konoha skr ane liatnya state elites yg berideologi konservatif itu relatif detached dg basis massa pemilih yg didominasi swing voters itu..state leader dipilih krn wacana populis sama jg dg parpol pemenang dg imej partainya wong cilik..tp kebijakan dan manajemen ekonomi kyknya sami mawon..defisit fiskal yg membanggakan pertumbuhan ekonomi stabil tp kue pertumbuhan hanya dinikmati segelintir sektor/kelompok..klo ekonomi arus bwah struggle for survival dg segala cara trmasuk petty crime sekedar bs makan hidupi keluarga meski digencet kekuatan negara dan pasar disana sini..sistem sosial politik ekonomi kita skrg cenderung anarki/chaotic
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9950
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by Suryaputra »

Klo lihat video YT nya pak Ilham Habibie, terkait kasus 737-Max..
yg mana dulu posisi eksekutif tertingginya diisi oleh Kaum Teknokrat, namun akhir2 kemarin diisi oleh kaum BusinessPeople, karena sudah IPO dan ada tuntutan profit bisnis.

Jadi, Relate ke pemerintah suatu negara wakanda, Yang namanya Teknokrasi dan BusinessMan itu adalah 2 hal yg berbeda dan cenderung bertolak belakang:
- Teknokrasi itu based on POV engineering dan para expert di bidangnya
- BusinessPpl, melihat engineering itu sbg Cost :mky_04:

Klo dilihat mayoritas pemimpin di Wakanda, sebagai pengelola negara, backgroundnya memang dari business ppl.

jadi wajar tiap infrastruktur yg dibangun, menomor-2-kan engineering, dan monomor-1-kan cost-efficiency,
ini belum ditambah cost" ghoib yang membuat safety jadi nomor berikutnya :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
faizzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by faizzz »

Suryaputra wrote: 26 May 2024, 13:30 Klo lihat video YT nya pak Ilham Habibie, terkait kasus 737-Max..
yg mana dulu posisi eksekutif tertingginya diisi oleh Kaum Teknokrat, namun akhir2 kemarin diisi oleh kaum BusinessPeople, karena sudah IPO dan ada tuntutan profit bisnis.

Jadi, Relate ke pemerintah suatu negara wakanda, Yang namanya Teknokrasi dan BusinessMan itu adalah 2 hal yg berbeda dan cenderung bertolak belakang:
- Teknokrasi itu based on POV engineering dan para expert di bidangnya
- BusinessPpl, melihat engineering itu sbg Cost :mky_04:

Klo dilihat mayoritas pemimpin di Wakanda, sebagai pengelola negara, backgroundnya memang dari business ppl.

jadi wajar tiap infrastruktur yg dibangun, menomor-2-kan engineering, dan monomor-1-kan cost-efficiency,
ini belum ditambah cost" ghoib yang membuat safety jadi nomor berikutnya :big_biglaugh:
Kalaupun di pemerintahan ada middle management setingkat eselon 3 atau 2 yang basicnya sesuai dengan kompetensi pekerjaan nanti juga kehalang sama top management yang backgroundnya dari business people, kibul people atau makelar people...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9950
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by Suryaputra »

faizzz wrote: 26 May 2024, 19:39
Suryaputra wrote: 26 May 2024, 13:30 Klo lihat video YT nya pak Ilham Habibie, terkait kasus 737-Max..
yg mana dulu posisi eksekutif tertingginya diisi oleh Kaum Teknokrat, namun akhir2 kemarin diisi oleh kaum BusinessPeople, karena sudah IPO dan ada tuntutan profit bisnis.

Jadi, Relate ke pemerintah suatu negara wakanda, Yang namanya Teknokrasi dan BusinessMan itu adalah 2 hal yg berbeda dan cenderung bertolak belakang:
- Teknokrasi itu based on POV engineering dan para expert di bidangnya
- BusinessPpl, melihat engineering itu sbg Cost :mky_04:

Klo dilihat mayoritas pemimpin di Wakanda, sebagai pengelola negara, backgroundnya memang dari business ppl.

jadi wajar tiap infrastruktur yg dibangun, menomor-2-kan engineering, dan monomor-1-kan cost-efficiency,
ini belum ditambah cost" ghoib yang membuat safety jadi nomor berikutnya :big_biglaugh:
Kalaupun di pemerintahan ada middle management setingkat eselon 3 atau 2 yang basicnya sesuai dengan kompetensi pekerjaan nanti juga kehalang sama top management yang backgroundnya dari business people, kibul people atau makelar people...
Jd ingat pak habibie.
Mimpin negara cm bbrp tahun, tp impactnya luar biasa

Ya memang can't please everyone :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3528
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by kendibocor »

Itu beton downspec sebenernya fitur keselamatan biar orang lari sampe 80 kmh aja, manusianya ga bisa nurut rambu2 akhirnya dibikin fitur keselamatan yg canggih gitu :upss:

https://news.detik.com/berita/d-7352153 ... km-jam/amp
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15784
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 26 May 2024, 13:30
- Teknokrasi itu based on POV engineering dan para expert di bidangnya
- BusinessPpl, melihat engineering itu sbg Cost :mky_04:


menomor-2-kan engineering, dan monomor-1-kan cost-efficiency,
ini pan sama kayak kita di otomotif juga mbah. the main reason sy blom bisa percaya mobil2 buatan negri naga. negri naga itu mindsetnya business people banget. mass produce jual murah dan banyak.

krn invest di engineering apalagi customer experience itu mahal. kita generasi tua yg udah rasakan firsthand mobil2 hasil engineering proper jelas ngga relate dgn gen sekarang.

customer ya nggak mau tau berapa ribu jam itu mobil dirancang. wong dari luar ya kayaknya sama-sama aja lihat toyota dan wuling.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9950
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 27 May 2024, 09:37
Suryaputra wrote: 26 May 2024, 13:30
- Teknokrasi itu based on POV engineering dan para expert di bidangnya
- BusinessPpl, melihat engineering itu sbg Cost :mky_04:


menomor-2-kan engineering, dan monomor-1-kan cost-efficiency,
ini pan sama kayak kita di otomotif juga mbah. the main reason sy blom bisa percaya mobil2 buatan negri naga. negri naga itu mindsetnya business people banget. mass produce jual murah dan banyak.

krn invest di engineering apalagi customer experience itu mahal. kita generasi tua yg udah rasakan firsthand mobil2 hasil engineering proper jelas ngga relate dgn gen sekarang.

customer ya nggak mau tau berapa ribu jam itu mobil dirancang. wong dari luar ya kayaknya sama-sama aja lihat toyota dan wuling.
Nah soal otomotif, ada lg yg menarik.
Why germany dan sekitarnya "Over-engineering" bikin mobil ?

- Sebelum dan sampai masa WW2, mereka salah satu produsen utama pesawat perang
Cth: Messerschmitt + Mesin BMW, ini kasih kontribusi besar terhadap pesawat perang dunia 2

- Ketika Jerman kalah di WW2, sekutunya ngelarang mereka bikin pesawat terbang lagi

- Tenaga injinir yg ada, muter otak, dan akhirnya bikin mobil, untuk menyambung ekonomi

- "Prinsip" injinir bikin pesawat yang super complex, diterapkan ke mobil2nya

- Jadilah karakter mobil jerman punya ciri khas, dan sampai saat ini bahkan jd benchmark oleh otomotif dunia.
makanya bikin repot teknisi nya, tapi rich customernya happy, no debat soal driving experience and so on :big_biglaugh:

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15784
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 27 May 2024, 09:57 Nah soal otomotif, ada lg yg menarik.
Why germany dan sekitarnya "Over-engineering" bikin mobil ?

- Sebelum dan sampai masa WW2, mereka salah satu produsen utama pesawat perang
Cth: Messerschmitt + Mesin BMW, ini kasih kontribusi besar terhadap pesawat perang dunia 2

- Ketika Jerman kalah di WW2, sekutunya ngelarang mereka bikin pesawat terbang lagi

- Tenaga injinir yg ada, muter otak, dan akhirnya bikin mobil, untuk menyambung ekonomi

- "Prinsip" injinir bikin pesawat yang super complex, diterapkan ke mobil2nya

- Jadilah karakter mobil jerman punya ciri khas, dan sampai saat ini bahkan jd benchmark oleh otomotif dunia.
makanya bikin repot teknisi nya, tapi rich customernya happy, no debat soal driving experience and so on :big_biglaugh:

:ngacir:
makanya mbah, aktor aktor WW2 macem jerman dan nihon emang ga kaleng2 kl bikin mobil. principles bikin mesin2 tempur diterapin krn dulu perang butuh durability bagus :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4336
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by b0ku »

ChZ wrote: 27 May 2024, 10:03 makanya mbah, aktor aktor WW2 macem jerman dan nihon emang ga kaleng2 kl bikin mobil. principles bikin mesin2 tempur diterapin krn dulu perang butuh durability bagus :upss:
JANGAN lupa ameriki om terutama jeep willys sama dodge power wagon bener2x robust :mky_03:

china cuma bisa bikin tapi nyetelnya masih ngawur :big_biglaugh:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2662
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by farizfsa »

newrubble wrote: 24 May 2024, 12:47 bicara railway maupun bus, banyak operator di eropa konsesinya skrg ini di pegang MTR (hongkong)
otoritas lokal cukup subsidi ticketing
arrival time tiap 3 menit (ga tau kalo di indo tiap brapa menit)
sy heran dgn budaya studi banding dari jaman kapan sampe skrg ga ada hasil:

apa yg mo dibandingin? tingkat peradaban aja beda jauh (trmsk human quality)
kalo mo bandingin (misal: metro maupun bus rapid system) ya bandingin dgn yg civilisation level sama dgn indo (cairo - korea yg bikin dgn EU funding / capetown / pretoria )
pernah mengutarakan ini ke pemangku, ya dibalasnya sih kurang lebih "kalo bandinginnya ke negara2 yg sama level kapan kita belajar dan lebih baiknya" hahaha

untuk railway system di jakarta dan sekitarnya menurut saya sih getting better, cm kl mau lebih dr moderate dan saling connected (misal singapore) saya rasa masih jauh
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7492
Joined: 07 Dec 2012, 10:22

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by newrubble »

farizfsa wrote: 27 May 2024, 17:00
pernah mengutarakan ini ke pemangku, ya dibalasnya sih kurang lebih "kalo bandinginnya ke negara2 yg sama level kapan kita belajar dan lebih baiknya" hahaha

untuk railway system di jakarta dan sekitarnya menurut saya sih getting better, cm kl mau lebih dr moderate dan saling connected (misal singapore) saya rasa masih jauh
sy malah pernah bicara ke jonan (krn pernah sama-sama di capital market saat dia di bahana dulu thn 90an)
n dia bilang (mirip tentara-tentara omong ke sy) indo itu ratusan juta jiwa jgn bandingin sama yg isinya puluhan juta per negara
tapi dia diem n ketawa saat sy bilang uni eropa itu loose federalism isinya lbh dr lima ratusan juta org &
negri naga (yg baru start real economy 1979-1986) isinya milyar (sbg negara supermiskin) n skrg bisa kasih utang ke indo
tapi muka dia merah saat sy bilang .... republik ini ga beda dgn voc krn for profit organization meski selalu buntung tiap thn
ada beda nya profit voc setor ke member krn (sampai kini) koperasi terbesar dunia (yg pernah ada) kalo indo u gajian ambtenaren
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1742
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by darrelund »

ChZ wrote: 27 May 2024, 09:37 ini pan sama kayak kita di otomotif juga mbah. the main reason sy blom bisa percaya mobil2 buatan negri naga. negri naga itu mindsetnya business people banget. mass produce jual murah dan banyak.

krn invest di engineering apalagi customer experience itu mahal. kita generasi tua yg udah rasakan firsthand mobil2 hasil engineering proper jelas ngga relate dgn gen sekarang.

customer ya nggak mau tau berapa ribu jam itu mobil dirancang. wong dari luar ya kayaknya sama-sama aja lihat toyota dan wuling.
yg kocak tuh bilang toyota honda jadi nokia kegeser sama mocin, lah disono jg laku. malah spawn model yg aneh" :big_biglaugh:

problem mocin itu sama kyk xiaomi, salahnya dia org bikin yg murah dulu jadi ya susah mau ngangkat imejnya

makanya model lynk co, NIO, zeekr /brand yg sedikit bayak peduli engineering itu susah bgt tembus market premium yurop. krn belom gmn imejnya kebanting duluan ditambah harganya jg rada mehong. :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1742
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by darrelund »

Zaxis wrote: 22 May 2024, 09:45 Nah itu abg2 [cencored] ngebut kok di jalan tol

Ngebut yah sewa di sirkuit,malu sama mobil dong

Kalo mati sendiri sih ga apa,kurangin orang idiot
taulah itu idiot gratis tapi diborong semua

dulu ada kan yg pke odyssey sampe bikin temennya mokad, sampe skrg gada kapoknya (terutama warlok jatim jateng hrusnya tau niy kasus apa)

klo diingetin orang bilangnya "BCT"

tuh idiot dlu pernah ditantangin di sirkuit (GBT klo ga salah) lawan wrx, ga nongol batang hidungnya :big_biglaugh:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2662
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by farizfsa »

newrubble wrote: 27 May 2024, 20:29
farizfsa wrote: 27 May 2024, 17:00
pernah mengutarakan ini ke pemangku, ya dibalasnya sih kurang lebih "kalo bandinginnya ke negara2 yg sama level kapan kita belajar dan lebih baiknya" hahaha

untuk railway system di jakarta dan sekitarnya menurut saya sih getting better, cm kl mau lebih dr moderate dan saling connected (misal singapore) saya rasa masih jauh
sy malah pernah bicara ke jonan (krn pernah sama-sama di capital market saat dia di bahana dulu thn 90an)
n dia bilang (mirip tentara-tentara omong ke sy) indo itu ratusan juta jiwa jgn bandingin sama yg isinya puluhan juta per negara
tapi dia diem n ketawa saat sy bilang uni eropa itu loose federalism isinya lbh dr lima ratusan juta org &
negri naga (yg baru start real economy 1979-1986) isinya milyar (sbg negara supermiskin) n skrg bisa kasih utang ke indo
tapi muka dia merah saat sy bilang .... republik ini ga beda dgn voc krn for profit organization meski selalu buntung tiap thn
ada beda nya profit voc setor ke member krn (sampai kini) koperasi terbesar dunia (yg pernah ada) kalo indo u gajian ambtenaren
yah mungkin org dulu liat sukses dan kaya ya org2 VOC/londo. sekarang mungkin kebawa gaya org2 VOC nya namun seiring waktu tujuan uang dan benefit nya beda dgn konsep VOC :ngacir:
Jaguar XJ LWB X358 3.0 2008
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15784
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Kualitas Beton tol layang Jkt-Ckpek (MBZ) di bawah std

Post by ChZ »

darrelund wrote: 28 May 2024, 08:33
yg kocak tuh bilang toyota honda jadi nokia kegeser sama mocin, lah disono jg laku. malah spawn model yg aneh" :big_biglaugh:

problem mocin itu sama kyk xiaomi, salahnya dia org bikin yg murah dulu jadi ya susah mau ngangkat imejnya

makanya model lynk co, NIO, zeekr /brand yg sedikit bayak peduli engineering itu susah bgt tembus market premium yurop. krn belom gmn imejnya kebanting duluan ditambah harganya jg rada mehong. :big_biglaugh:
krn kalo mau bikin yg mahal dulu boncos ga ada duitnya om itu british car macem jaguar land rover skrg image nya prestis tapi merek bangkrut :big_biglaugh: benz BMW aja gak bisa jadi top 5 dunia :big_biglaugh: yang bisa volkswagen krn punya brand banyak dan pangsa pasarnya luas banget.

honda toyota diuntungin sama paling enggak american market masih cinta sama tuh 2 brand. 1-2 pasar kurang moncer tapi di market2 besar dia masih berkuasa. skrg paling saingan ya dari hyundai.

kalo dari sisi china pasti cari untung jual mobil murah jor-joran fitur tp bisa produksi jumlah banyak .... dari dulu china prinsipnya begitu. paling bentar lagi mobil2 merek batman sama buah ceri mau start mobil ada iklannya dulu...

kalo kata eksekutif2 china jualan mimpi doang ya bangkrut. walaupun eksekutif2 mereka yang akhirnya bisa beli mimpi (read = naik rolls benz BMW atau ferrari) dari hasil jualan mobil murah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post