Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Post Reply
hotoriii
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 09 Jan 2020, 12:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by hotoriii »

faizzz wrote: 23 Jan 2024, 00:54
Jadi teringat kepala daerah di Wakanda yang beli mobil dinas Jeep Wrangler dengan justifikasi karena "kondisi geografis" alias jalan di daerahnya jelek :mky_03:
meanwhile masyarakat umum yg agak2 kismin dan perlu ke sawah / kebun, naiknya supra / gl pro / l300 jelek yg dikasih rantai ban ...
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: 04 Aug 2018, 12:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by noire »

Bisa jadi karena kebutuhan pasar memang sudah terpenuhi dengan apa yang ada di pasaran sekarang (mix baru dan seken) - dan value yang ditawarkan mobil baru semakin tidak worth dengan kenaikan harganya (harga naik banyak tapi improvement yang didapat tidak beda dengan katakan mobil yg dijual 10 tahun lalu, sehingga mau ganti mobil baru jatuhnya lebih ke arah peace of mind "reliability" saja.

Tinggal aspek balancing harga saja dari produsen dkk dan masuk tidaknya harga itu ke hitungan cost mereka semua hidden cost yang terjadi di value chain mereka itu. Itu MG4 saya kaget sekali bisa banting harga securam itu wkwkwk
hotoriii wrote: 23 Jan 2024, 05:47
faizzz wrote: 23 Jan 2024, 00:54
Jadi teringat kepala daerah di Wakanda yang beli mobil dinas Jeep Wrangler dengan justifikasi karena "kondisi geografis" alias jalan di daerahnya jelek :mky_03:
meanwhile masyarakat umum yg agak2 kismin dan perlu ke sawah / kebun, naiknya supra / gl pro / l300 jelek yg dikasih rantai ban ...
Lugnut memang ini om, beliin fortie g 4x4 aja udah lebih dari cukup padahal :big_slap:
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15384
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by ChZ »

Krucilatoz wrote: 22 Jan 2024, 16:09 "pendapatan per-kapita naik", iya naik karena yg konglomerat makin kaya,
tapi rakjel ya segitu-gitu aja, makanya ga kebeli itu mobil.

disclaimer, nyangkut dikit politik, karena kemarin googling nama "tom lembong", dia show data terkait penjualan motor sebagai tolok ukur batas kaum bawah dan menengah, dari tahun ke tahun trendnya menurun. Juga data pembelian barang elektronik (kulkas, tv dst) sama menurun. Menurut analisanya terlihat masyarakat umumnya memakai barang lebih lama (di-eman kl bhs jawa), sehingga menghindari beli baru, karena berkaitan kalau beli baru ya mahal / ngabisin duit. Mungkin dari situ indikator kalangan menengah sebagai volume-buyer mobil di Indo lebih milih eman mobilnya, ga mau buru-buru beli baru.

Anyway, jadi inget, ada trit frugal living juga kan ya di SM, yg intinya hindari beli mobil baru, the depreciation cost kill mid-income family wealth
nah yg menarik om tom lembong ini juga bilang kalo bener ekonomi naik tp cuma berlaku ke kalangan konglomerat 1% richest kalo ditotal sama rakjel banyak yang minus yah jadinya gak bergerak dari 5% itu.
noire wrote: 23 Jan 2024, 08:59 Bisa jadi karena kebutuhan pasar memang sudah terpenuhi dengan apa yang ada di pasaran sekarang (mix baru dan seken) - dan value yang ditawarkan mobil baru semakin tidak worth dengan kenaikan harganya (harga naik banyak tapi improvement yang didapat tidak beda dengan katakan mobil yg dijual 10 tahun lalu, sehingga mau ganti mobil baru jatuhnya lebih ke arah peace of mind "reliability" saja.

Tinggal aspek balancing harga saja dari produsen dkk dan masuk tidaknya harga itu ke hitungan cost mereka semua hidden cost yang terjadi di value chain mereka itu. Itu MG4 saya kaget sekali bisa banting harga securam itu wkwkwk
ada semacam law of diminishing return terjadi di sini om. semakin banyak dipush penjualan mobil = jalanan macet = semakin orang males beli kendaraan apalagi skrg ada taksol ojol. banyak jg orang ibukota nguli milih pake ojol krn cepet kemana2 padahal finansialnya ok beli motor atau nyicil mobil aja udah mampu.

liat anak gen Z banyak yang umur udah kepala 2 jg blom bisa nyetir. anak2 ampe gen millenial atau gen X dulu , kadang SD aja udah kemana mana bawa motor / mobil modal nekat kalo gak ketilang pulisi :ungg:

semua supply chain dan infrastruktur EV di dunia, tambang2 nikel dll mayoritas dikuasai china om. makanya mereka bisa jauh bgt harganya. :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15384
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by ChZ »

faizzz wrote: 23 Jan 2024, 00:54 Jadi teringat kepala daerah di Wakanda yang beli mobil dinas Jeep Wrangler dengan justifikasi karena "kondisi geografis" alias jalan di daerahnya jelek :mky_03:
pengadaan mobil dinas plaat merah juga kan sebenernya pemborosan tuh. katanya 5 thn udah mulai bermasalah mogok2 itu driver kaga bisa ngerawat, anggaran maintenance dikorup apa gimane. yang rakjel ngerawatnya apik bener ampe 15 thn juga masih pake mobil yang sama.

mang mobil dinas plaat merah dibawa ke mana wong cuma pindah dari kantor ke kantor jalannya mulus ga pernah kna macet soalnya dikawal. :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: 04 Aug 2018, 12:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by noire »

ChZ wrote: 23 Jan 2024, 09:35
Krucilatoz wrote: 22 Jan 2024, 16:09 "pendapatan per-kapita naik", iya naik karena yg konglomerat makin kaya,
tapi rakjel ya segitu-gitu aja, makanya ga kebeli itu mobil.

disclaimer, nyangkut dikit politik, karena kemarin googling nama "tom lembong", dia show data terkait penjualan motor sebagai tolok ukur batas kaum bawah dan menengah, dari tahun ke tahun trendnya menurun. Juga data pembelian barang elektronik (kulkas, tv dst) sama menurun. Menurut analisanya terlihat masyarakat umumnya memakai barang lebih lama (di-eman kl bhs jawa), sehingga menghindari beli baru, karena berkaitan kalau beli baru ya mahal / ngabisin duit. Mungkin dari situ indikator kalangan menengah sebagai volume-buyer mobil di Indo lebih milih eman mobilnya, ga mau buru-buru beli baru.

Anyway, jadi inget, ada trit frugal living juga kan ya di SM, yg intinya hindari beli mobil baru, the depreciation cost kill mid-income family wealth
nah yg menarik om tom lembong ini juga bilang kalo bener ekonomi naik tp cuma berlaku ke kalangan konglomerat 1% richest kalo ditotal sama rakjel banyak yang minus yah jadinya gak bergerak dari 5% itu.
noire wrote: 23 Jan 2024, 08:59 Bisa jadi karena kebutuhan pasar memang sudah terpenuhi dengan apa yang ada di pasaran sekarang (mix baru dan seken) - dan value yang ditawarkan mobil baru semakin tidak worth dengan kenaikan harganya (harga naik banyak tapi improvement yang didapat tidak beda dengan katakan mobil yg dijual 10 tahun lalu, sehingga mau ganti mobil baru jatuhnya lebih ke arah peace of mind "reliability" saja.

Tinggal aspek balancing harga saja dari produsen dkk dan masuk tidaknya harga itu ke hitungan cost mereka semua hidden cost yang terjadi di value chain mereka itu. Itu MG4 saya kaget sekali bisa banting harga securam itu wkwkwk
ada semacam law of diminishing return terjadi di sini om. semakin banyak dipush penjualan mobil = jalanan macet = semakin orang males beli kendaraan apalagi skrg ada taksol ojol. banyak jg orang ibukota nguli milih pake ojol krn cepet kemana2 padahal finansialnya ok beli motor atau nyicil mobil aja udah mampu.

liat anak gen Z banyak yang umur udah kepala 2 jg blom bisa nyetir. anak2 ampe gen millenial atau gen X dulu , kadang SD aja udah kemana mana bawa motor / mobil modal nekat kalo gak ketilang pulisi :ungg:

semua supply chain dan infrastruktur EV di dunia, tambang2 nikel dll mayoritas dikuasai china om. makanya mereka bisa jauh bgt harganya. :mky_03:
Benar ini om wkwkkw, saya tahu ada salah satu eselon 2 bank nasional swasta terbesar di indo tiap hari ke kantor naiknya busway. Kelamaan di jalan kalau pakai mobil sendiri, secara tempat tinggalnya accesible sekali ke jaringan busway dan kantor.

Mungkin perlu di observe juga pattern stagnasi ini apakah sama untuk pasar EV. so far masih meningkat, dan bisa jadi juga pasar masih wait n see jadi menunda beli mobil terutama yg ICE - jadi life cycle recent gen ICE (10 tahun kebelakang) akan ter-stretch cukup panjang.
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15384
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by ChZ »

noire wrote: 23 Jan 2024, 10:25 Benar ini om wkwkkw, saya tahu ada salah satu eselon 2 bank nasional swasta terbesar di indo tiap hari ke kantor naiknya busway. Kelamaan di jalan kalau pakai mobil sendiri, secara tempat tinggalnya accesible sekali ke jaringan busway dan kantor.

Mungkin perlu di observe juga pattern stagnasi ini apakah sama untuk pasar EV. so far masih meningkat, dan bisa jadi juga pasar masih wait n see jadi menunda beli mobil terutama yg ICE - jadi life cycle recent gen ICE (10 tahun kebelakang) akan ter-stretch cukup panjang.
kalo EV biasa yang tinggalnya di pinggiran jakarta dan rumahnya lumayan memadai utk charge om :mky_03: di daerah BSD mayan sering liat ioniq5 kayak kacang goreng. sementara itu transum belum terlalu memadai di daerah2 ini.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by lexnic »

faizzz wrote: 23 Jan 2024, 00:54
darrelund wrote: 22 Jan 2024, 18:23
pajaknya jg dimari berlapis lapis tapi gitu" aja ini negara, emg ud masalah struktural

kasarnya dimari, kita orang keluar rumah aja ud kena palak pajak tuh :big_biglaugh:

sama ya balik lagi, pemerintahan daerah jg kyk gada longterm goalnya, berubah orang berubah kepentingan

apalagi banyak tuh daerah yg jalannya kyk medan perang/ ga aspal samsek tapi mobil govt local sana bagus" kyk LC, palised etc etc :big_biglaugh:

kapan lalu oe liat tuh orang poto plat merah PNS tapi mobilna ioniq 6 :big_biglaugh:
Long term goal? Apa itu?
Selama "sponsor" pilkada masih minta jatah proyek jangan harap long term goal bisa jalan.



Jadi teringat kepala daerah di Wakanda yang beli mobil dinas Jeep Wrangler dengan justifikasi karena "kondisi geografis" alias jalan di daerahnya jelek :mky_03:
lho, ya pasti minta jatah proyek dong om. kan buat balikin modal selama kampanye. tinggal mintanya terang2an ato "secara halus". :big_biglaugh:

pejabat sini klo dapet jatah mobil dinas pasti beli yg paling bagus & paling mahal dong hahaha :big_smoking: . kan dsini salah satu tolok ukur kinerja kan serapan anggaran :big_grin: . makin banyak anggaran yg diserap justru makin bagus. buat saya ini aneh, udh gk relevan di jaman skrg. kita orang di swasta kan selalu diajarin utk pake duit seminim mngkin tapi hasilnya msti semaksimal mngkin. tapi ya mau gmana lg, wong emg dasarnya gk mau berubah.

ChZ wrote: 23 Jan 2024, 09:35
noire wrote: 23 Jan 2024, 08:59 Bisa jadi karena kebutuhan pasar memang sudah terpenuhi dengan apa yang ada di pasaran sekarang (mix baru dan seken) - dan value yang ditawarkan mobil baru semakin tidak worth dengan kenaikan harganya (harga naik banyak tapi improvement yang didapat tidak beda dengan katakan mobil yg dijual 10 tahun lalu, sehingga mau ganti mobil baru jatuhnya lebih ke arah peace of mind "reliability" saja.

Tinggal aspek balancing harga saja dari produsen dkk dan masuk tidaknya harga itu ke hitungan cost mereka semua hidden cost yang terjadi di value chain mereka itu. Itu MG4 saya kaget sekali bisa banting harga securam itu wkwkwk
ada semacam law of diminishing return terjadi di sini om. semakin banyak dipush penjualan mobil = jalanan macet = semakin orang males beli kendaraan apalagi skrg ada taksol ojol. banyak jg orang ibukota nguli milih pake ojol krn cepet kemana2 padahal finansialnya ok beli motor atau nyicil mobil aja udah mampu.

liat anak gen Z banyak yang umur udah kepala 2 jg blom bisa nyetir. anak2 ampe gen millenial atau gen X dulu , kadang SD aja udah kemana mana bawa motor / mobil modal nekat kalo gak ketilang pulisi :ungg:

semua supply chain dan infrastruktur EV di dunia, tambang2 nikel dll mayoritas dikuasai china om. makanya mereka bisa jauh bgt harganya. :mky_03:
IMO, beli kendaraan (mobil ato motor) kan pilihan masing2. klo emg mau beli ya silakan, tapi klo gk mau beli jga gpp. tapi emg bener, kyk skrg misalnya, saya paling males klo disuruh nyetir di jkt pas "rush hour". di jam2 itu, gk motor gk mobil sami mawon ngawurnya :mky_01:.

utk gen Z, mngkin emg mayoritas gk trlalu berminat sama otomotif. kemungkinan gara2 jarang terekspos sama dunia otomotif sejak kecil, lbh concern sama efek global warming, ato ya emg dasarnya gk suka aja hehehe.

ChZ wrote: 23 Jan 2024, 09:51
faizzz wrote: 23 Jan 2024, 00:54 Jadi teringat kepala daerah di Wakanda yang beli mobil dinas Jeep Wrangler dengan justifikasi karena "kondisi geografis" alias jalan di daerahnya jelek :mky_03:
pengadaan mobil dinas plaat merah juga kan sebenernya pemborosan tuh. katanya 5 thn udah mulai bermasalah mogok2 itu driver kaga bisa ngerawat, anggaran maintenance dikorup apa gimane. yang rakjel ngerawatnya apik bener ampe 15 thn juga masih pake mobil yang sama.

mang mobil dinas plaat merah dibawa ke mana wong cuma pindah dari kantor ke kantor jalannya mulus ga pernah kna macet soalnya dikawal. :big_bored:
kyk yg ane bilang mbah, salah satu tolok ukur kinerja di instansi pemerintah kan serapan anggaran :big_grin: . makin banyak anggaran yg diserap justru makin bagus. gmana caranya biar anggaran yg diserap makin banyak? ya banyakin aja beli barang baru.:big_biglaugh:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by lexnic »

ChZ wrote: 23 Jan 2024, 10:35
noire wrote: 23 Jan 2024, 10:25 Benar ini om wkwkkw, saya tahu ada salah satu eselon 2 bank nasional swasta terbesar di indo tiap hari ke kantor naiknya busway. Kelamaan di jalan kalau pakai mobil sendiri, secara tempat tinggalnya accesible sekali ke jaringan busway dan kantor.

Mungkin perlu di observe juga pattern stagnasi ini apakah sama untuk pasar EV. so far masih meningkat, dan bisa jadi juga pasar masih wait n see jadi menunda beli mobil terutama yg ICE - jadi life cycle recent gen ICE (10 tahun kebelakang) akan ter-stretch cukup panjang.
kalo EV biasa yang tinggalnya di pinggiran jakarta dan rumahnya lumayan memadai utk charge om :mky_03: di daerah BSD mayan sering liat ioniq5 kayak kacang goreng. sementara itu transum belum terlalu memadai di daerah2 ini.
saya sbenernya tertarik jga sama EV, kyknya enak buat dipake dlm kota. cuma kuatir di masa depannya, soalnya klo EV (trutama yg pake baterai) jatuhnya jdi kyk smartphone. awal2 beli kliatan canggih, tapi makin lama jdi kliatan outdated. :big_peace:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15384
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by ChZ »

lexnic wrote: 23 Jan 2024, 10:42 IMO, beli kendaraan (mobil ato motor) kan pilihan masing2. klo emg mau beli ya silakan, tapi klo gk mau beli jga gpp. tapi emg bener, kyk skrg misalnya, saya paling males klo disuruh nyetir di jkt pas "rush hour". di jam2 itu, gk motor gk mobil sami mawon ngawurnya :mky_01:.

utk gen Z, mngkin emg mayoritas gk trlalu berminat sama otomotif. kemungkinan gara2 jarang terekspos sama dunia otomotif sejak kecil, lbh concern sama efek global warming, ato ya emg dasarnya gk suka aja hehehe.


kyk yg ane bilang mbah, salah satu tolok ukur kinerja di instansi pemerintah kan serapan anggaran :big_grin: . makin banyak anggaran yg diserap justru makin bagus. gmana caranya biar anggaran yg diserap makin banyak? ya banyakin aja beli barang baru.:big_biglaugh:
nah. kalo bukan tipikal penggemar otomotif enak duduk pesen taksol / ojol lalu pake promo. udah jadi pola middle class perkotaan usia 20an masa kini.

apalagi kalo dari kecilnya udah di jakarta ngerasain gak nyamannya macet pan gen Z banyakan lahir 2000an di mana jakarta udah mulai sesak, dijamin gedenya mikir mau beli mobilpun enggak wong belipun bisanya nyicil, dibeliin babenya pun nggak dipake akhirnya dijual. kecuali dapet COP kantor baru gak nolak :mky_03:

masalahnya serapan pasar otomotif R2 / R4 terbesar ya di jabodetabek. makanya engap2an tuh market otomotif begitu jakarta udah penuh sesak.

alesan serapan anggaran biar gede supaya anggaran taun berikutnya gak dikurangin :big_biglaugh: asem bener dah. giliran APBN berdarah2 kita yang dikejer2 pajak.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15384
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by ChZ »

lexnic wrote: 23 Jan 2024, 10:46
saya sbenernya tertarik jga sama EV, kyknya enak buat dipake dlm kota. cuma kuatir di masa depannya, soalnya klo EV (trutama yg pake baterai) jatuhnya jdi kyk smartphone. awal2 beli kliatan canggih, tapi makin lama jdi kliatan outdated. :big_peace:
yg ane liat kalo EV china rasanya didesain buat skali pake buang dan tiap ganti generasi, gen yang lama bakal dibikin mati pelan pelan krn software / hardwarenya udah gak compatible :big_bored: apalagi modelan airev atau binguo gitu kayaknya pake 5 thn udah nggak sama ma model terbarunya.

di update software baru, hardwarenya yang gak kuat. kayak smartphone bener om :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by lexnic »

ChZ wrote: 23 Jan 2024, 10:47
lexnic wrote: 23 Jan 2024, 10:42 IMO, beli kendaraan (mobil ato motor) kan pilihan masing2. klo emg mau beli ya silakan, tapi klo gk mau beli jga gpp. tapi emg bener, kyk skrg misalnya, saya paling males klo disuruh nyetir di jkt pas "rush hour". di jam2 itu, gk motor gk mobil sami mawon ngawurnya :mky_01:.

utk gen Z, mngkin emg mayoritas gk trlalu berminat sama otomotif. kemungkinan gara2 jarang terekspos sama dunia otomotif sejak kecil, lbh concern sama efek global warming, ato ya emg dasarnya gk suka aja hehehe.


kyk yg ane bilang mbah, salah satu tolok ukur kinerja di instansi pemerintah kan serapan anggaran :big_grin: . makin banyak anggaran yg diserap justru makin bagus. gmana caranya biar anggaran yg diserap makin banyak? ya banyakin aja beli barang baru.:big_biglaugh:
nah. kalo bukan tipikal penggemar otomotif enak duduk pesen taksol / ojol lalu pake promo. udah jadi pola middle class perkotaan usia 20an masa kini.

apalagi kalo dari kecilnya udah di jakarta ngerasain gak nyamannya macet pan gen Z banyakan lahir 2000an di mana jakarta udah mulai sesak, dijamin gedenya mikir mau beli mobilpun enggak wong belipun bisanya nyicil, dibeliin babenya pun nggak dipake akhirnya dijual. kecuali dapet COP kantor baru gak nolak :mky_03:

masalahnya serapan pasar otomotif R2 / R4 terbesar ya di jabodetabek. makanya engap2an tuh market otomotif begitu jakarta udah penuh sesak.

alesan serapan anggaran biar gede supaya anggaran taun berikutnya gak dikurangin :big_biglaugh: asem bener dah. giliran APBN berdarah2 kita yang dikejer2 pajak.
bener mbah. klo saya perhatiin, anak2 gen Z itu lbh suka travelling, beli gadget terbaru, ato shopping. klo pun tertarik otomotif, mereka mngkin lbh tertarik sama EV karena secara tampilan kan terkesan futuristis. ICE dianggap gk bgtu menarik soalnya di mata mereka ngerawatnya ribet (ganti oli, filter2, aki, dsb).

trus harga mobil baru belakangan ini yg makin gk ngotak, jalanan makin macet, stres kena kerjaan, ya mnding duitnya dipake buat "healing" aja. :mky_01:

sbenernya di daerah2, serapan pasar otomotif jga ada. tapi mngkin gk sebesar di jabodetabek, dan produk yg laku udh pasti dri merk itu2 aja (toyodai ato H tegak). abis duit buat beli pas2an, ya udh pilihnya yg pasti2 aja (pasti laku dijual lg, pasti gampang cari spare part, pasti gampang dirawat, dll). :big_peace:

saya terus terang udh males buat komentar tentang pejabat2 dsini, lama2 pake cara thanos aja kali yah, hilangin separo populasi manusia di bumi. syukur2 manusia2 laknatnya yg kena :big_biglaugh:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by lexnic »

ChZ wrote: 23 Jan 2024, 10:50
lexnic wrote: 23 Jan 2024, 10:46
saya sbenernya tertarik jga sama EV, kyknya enak buat dipake dlm kota. cuma kuatir di masa depannya, soalnya klo EV (trutama yg pake baterai) jatuhnya jdi kyk smartphone. awal2 beli kliatan canggih, tapi makin lama jdi kliatan outdated. :big_peace:
yg ane liat kalo EV china rasanya didesain buat skali pake buang dan tiap ganti generasi, gen yang lama bakal dibikin mati pelan pelan krn software / hardwarenya udah gak compatible :big_bored: apalagi modelan airev atau binguo gitu kayaknya pake 5 thn udah nggak sama ma model terbarunya.

di update software baru, hardwarenya yang gak kuat. kayak smartphone bener om :mky_07:
nah, klo caranya bgtu brarti secara gk lngsung nambahin sampah elektronik. dan ini justru nambahin masalah buat lingkungan, soalnya sampah elektronik kan ribet. gk bisa sembarangan dibakar ato dihancurin, salah2 bisa kebakar ato mencemari lingkungan. :big_biglaugh:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 608
Joined: 04 Jul 2016, 23:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by carlzeiss »

harga kijang udh ga ngotak skrg, siarpi udh ga ngotak jg , semua mahal mahal bener skrg, nomboknya banyak
skrg org lebih ngeliat value mobilnya sih dibanding dlu, value , kemampuan , dan kondisi mobil , lebih pada rajin ke bengkel dibanding dlu saya lihat , lebih rame skrg bengkel

tp memang miris ngeliat pejabat pakai mobil yang super mewah, padahal kalau ngeliat keperluan dan urgensinya bs pakai sekelas innova , fortuner ga perlu pakai LC, LM, ES
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
lamatlancah
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 628
Joined: 14 Sep 2016, 18:20

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by lamatlancah »

makanya ane kalau ke luar negeri di hari pertama selalu kaget dan kagum karena mobilnya bagus2. engga usah ngomong kalau ke EU / US, perlu waktu lebih dari 2 hari krn shock liat mobil2nya.

kalau di indo, di jalan liat depan, samping belakang isinya kebanyakan mobil2 butut semua.
faizzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by faizzz »

ChZ wrote: 23 Jan 2024, 09:51
pengadaan mobil dinas plaat merah juga kan sebenernya pemborosan tuh. katanya 5 thn udah mulai bermasalah mogok2 itu driver kaga bisa ngerawat, anggaran maintenance dikorup apa gimane. yang rakjel ngerawatnya apik bener ampe 15 thn juga masih pake mobil yang sama.

mang mobil dinas plaat merah dibawa ke mana wong cuma pindah dari kantor ke kantor jalannya mulus ga pernah kna macet soalnya dikawal. :big_bored:
Bukan cuma pemborosan anggaran tapi pemborosan waktu juga, kita harus urus pajak tahunan, maintenance, asuransi, dll
Sedang dikaji lagi untuk kedepannya pakai sistem lease atau sewa. Ketinggalan sama Pemda sebelah, mereka sudah pakai sistem lease...
Pernah ada kasus waktu itu belum asuransi, ada pejabat kecolongan kendaraan dinas jabatan, konsekuensinya harus ganti dengan uang pribadi, nambah puyeng lagi aja kan...
Mending pake barang pribadi, Kata di meme meme tuh "It ain't much but it's an honest work"
I'll stick with my Supra X 125 :big_grin:
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: 04 Aug 2018, 12:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by noire »

lexnic wrote: 23 Jan 2024, 11:07
ChZ wrote: 23 Jan 2024, 10:50
lexnic wrote: 23 Jan 2024, 10:46
saya sbenernya tertarik jga sama EV, kyknya enak buat dipake dlm kota. cuma kuatir di masa depannya, soalnya klo EV (trutama yg pake baterai) jatuhnya jdi kyk smartphone. awal2 beli kliatan canggih, tapi makin lama jdi kliatan outdated. :big_peace:
yg ane liat kalo EV china rasanya didesain buat skali pake buang dan tiap ganti generasi, gen yang lama bakal dibikin mati pelan pelan krn software / hardwarenya udah gak compatible :big_bored: apalagi modelan airev atau binguo gitu kayaknya pake 5 thn udah nggak sama ma model terbarunya.

di update software baru, hardwarenya yang gak kuat. kayak smartphone bener om :mky_07:
nah, klo caranya bgtu brarti secara gk lngsung nambahin sampah elektronik. dan ini justru nambahin masalah buat lingkungan, soalnya sampah elektronik kan ribet. gk bisa sembarangan dibakar ato dihancurin, salah2 bisa kebakar ato mencemari lingkungan. :big_biglaugh:
Ini sepakat saya om, benernya kalau memang mau concern lingkungan ya, harusnya bikin produk yg life cyclenya lebih panjang dengan sistem modular yang upgradeable. Beberapa industri sebenarnya sudah mulai mengarah ke sini sih, misalnya C*T di special purpose vehicle/machinary dan D*LL di elektronik. Sayangnya masih banyak juga yang mindsetnya growth harus dari new product sales - otomotif dimarih juga kayaknya blm ada yg bener2 serius di aftersales servicenya - even market leader yg katanya maintenance mudah dan parts berlimpahpun secara korporat menurut saya belum fokus ke arah beginian.

Btw salut om 2wheelers nya v100 masih dipakai sampai sekarang :big_exellent: , jadi inget masa kecil
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
noire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: 04 Aug 2018, 12:05
Location: Surabaya
Daily Vehicle: CRV Prestige RM3-K24

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by noire »

lamatlancah wrote: 23 Jan 2024, 12:36 makanya ane kalau ke luar negeri di hari pertama selalu kaget dan kagum karena mobilnya bagus2. engga usah ngomong kalau ke EU / US, perlu waktu lebih dari 2 hari krn shock liat mobil2nya.

kalau di indo, di jalan liat depan, samping belakang isinya kebanyakan mobil2 butut semua.
Tergantung negaranya benernya om,
kalau ke third world country juga benernya lebih sedih lagi - tapi sedihnya not necessarily karena lebih jelek, tp kultur bisnisnya yang beli barang dipakai dan dimaintain selama mungkin.

Saya pernah ke salah satu negara kepulauan kecil di pasifik, mobilnya mix antara 80-90es dan 2000an awal - tapi lebih dari 50% masih dalam kondisi yang baik dan roadworthy meskipun km sudah tinggi sekali. Lihat trueno atau kalau pas ketemu AE86 kayak mobil umum disana
Past:
2001 Jupiter 5LM
2011 Vixion FZ150i-3C1
2014 Mirage A00-3A92
2016 Innova AN140-2GD-FTV

Current:
2015 CRV RM3-K24
2017 GSX S150

2017 Sienta NSP170R-2NR-FE
2021 Gear S125
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15384
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by ChZ »

lexnic wrote: 23 Jan 2024, 11:03 bener mbah. klo saya perhatiin, anak2 gen Z itu lbh suka travelling, beli gadget terbaru, ato shopping. klo pun tertarik otomotif, mereka mngkin lbh tertarik sama EV karena secara tampilan kan terkesan futuristis. ICE dianggap gk bgtu menarik soalnya di mata mereka ngerawatnya ribet (ganti oli, filter2, aki, dsb).

trus harga mobil baru belakangan ini yg makin gk ngotak, jalanan makin macet, stres kena kerjaan, ya mnding duitnya dipake buat "healing" aja. :mky_01:

sbenernya di daerah2, serapan pasar otomotif jga ada. tapi mngkin gk sebesar di jabodetabek, dan produk yg laku udh pasti dri merk itu2 aja (toyodai ato H tegak). abis duit buat beli pas2an, ya udh pilihnya yg pasti2 aja (pasti laku dijual lg, pasti gampang cari spare part, pasti gampang dirawat, dll). :big_peace:

saya terus terang udh males buat komentar tentang pejabat2 dsini, lama2 pake cara thanos aja kali yah, hilangin separo populasi manusia di bumi. syukur2 manusia2 laknatnya yg kena :big_biglaugh:
mangkanya EV china yang dijual di sini ngutamain bentuk lucu. pinter tuh wuling keluarin airev sama binguo yang bentuknya lucu.

di luar jabodetabek pertumbuhan mobil di atas 500 juta nggak banyak om. EV juga di kota ane dikit yang plat baru. yang suka (dan mampu) FOMO ikutin tren mobil terkini selalu di kota besar. skrg usia fleet mobil orang rata-rata nambah. biasa pake 5 thn jadi stretch ke 7-10 tahun.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by lexnic »

noire wrote: 23 Jan 2024, 13:31
lexnic wrote: 23 Jan 2024, 11:07
ChZ wrote: 23 Jan 2024, 10:50

yg ane liat kalo EV china rasanya didesain buat skali pake buang dan tiap ganti generasi, gen yang lama bakal dibikin mati pelan pelan krn software / hardwarenya udah gak compatible :big_bored: apalagi modelan airev atau binguo gitu kayaknya pake 5 thn udah nggak sama ma model terbarunya.

di update software baru, hardwarenya yang gak kuat. kayak smartphone bener om :mky_07:
nah, klo caranya bgtu brarti secara gk lngsung nambahin sampah elektronik. dan ini justru nambahin masalah buat lingkungan, soalnya sampah elektronik kan ribet. gk bisa sembarangan dibakar ato dihancurin, salah2 bisa kebakar ato mencemari lingkungan. :big_biglaugh:
Ini sepakat saya om, benernya kalau memang mau concern lingkungan ya, harusnya bikin produk yg life cyclenya lebih panjang dengan sistem modular yang upgradeable. Beberapa industri sebenarnya sudah mulai mengarah ke sini sih, misalnya C*T di special purpose vehicle/machinary dan D*LL di elektronik. Sayangnya masih banyak juga yang mindsetnya growth harus dari new product sales - otomotif dimarih juga kayaknya blm ada yg bener2 serius di aftersales servicenya - even market leader yg katanya maintenance mudah dan parts berlimpahpun secara korporat menurut saya belum fokus ke arah beginian.

Btw salut om 2wheelers nya v100 masih dipakai sampai sekarang :big_exellent: , jadi inget masa kecil
ujung2nya balik lg ke strategi bisnis tiap perusahaan. mngkin klo life cycle nya panjang, harga jualnya bisa jdi lbh mahal karena ongkos produksi yg dikeluarin jga besar. klo barang mewah mngkin msh bisa diterima, tapi klo barang biasa (apalagi barang elektronik) ujung2nya jdi gk worth it utk dibeli. jdi, kita sebagai konsumen yg msti pinter2 pilih produk.

wah si om merhatiin aja signature account saya hahaha. beberapa wktu yg lalu jga ada yg nanya di thread sebelah (viewtopic.php?p=1275141#p1275141). ini buat pake jarak deket aja, toh ngerawatnya jga relatif gampang. itung2 skalian belajar mbengkel di rmh :mky_01:

noire wrote: 23 Jan 2024, 13:38
lamatlancah wrote: 23 Jan 2024, 12:36 makanya ane kalau ke luar negeri di hari pertama selalu kaget dan kagum karena mobilnya bagus2. engga usah ngomong kalau ke EU / US, perlu waktu lebih dari 2 hari krn shock liat mobil2nya.

kalau di indo, di jalan liat depan, samping belakang isinya kebanyakan mobil2 butut semua.
Tergantung negaranya benernya om,
kalau ke third world country juga benernya lebih sedih lagi - tapi sedihnya not necessarily karena lebih jelek, tp kultur bisnisnya yang beli barang dipakai dan dimaintain selama mungkin.

Saya pernah ke salah satu negara kepulauan kecil di pasifik, mobilnya mix antara 80-90es dan 2000an awal - tapi lebih dari 50% masih dalam kondisi yang baik dan roadworthy meskipun km sudah tinggi sekali. Lihat trueno atau kalau pas ketemu AE86 kayak mobil umum disana
mslhnya dsini orang2nya gk suka merawat barang om hahaha. jdi bgtu udh kebeli, ya udh asal dipake aja tanpa mikir maintenance. syukur2 klo pakenya halus, lha klo pakenya grasak grusuk ato main hajar aja, mau dikasih sekelas panser pun jga lama2 hancur. :big_peace:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by lexnic »

ChZ wrote: 23 Jan 2024, 14:03
lexnic wrote: 23 Jan 2024, 11:03 bener mbah. klo saya perhatiin, anak2 gen Z itu lbh suka travelling, beli gadget terbaru, ato shopping. klo pun tertarik otomotif, mereka mngkin lbh tertarik sama EV karena secara tampilan kan terkesan futuristis. ICE dianggap gk bgtu menarik soalnya di mata mereka ngerawatnya ribet (ganti oli, filter2, aki, dsb).

trus harga mobil baru belakangan ini yg makin gk ngotak, jalanan makin macet, stres kena kerjaan, ya mnding duitnya dipake buat "healing" aja. :mky_01:

sbenernya di daerah2, serapan pasar otomotif jga ada. tapi mngkin gk sebesar di jabodetabek, dan produk yg laku udh pasti dri merk itu2 aja (toyodai ato H tegak). abis duit buat beli pas2an, ya udh pilihnya yg pasti2 aja (pasti laku dijual lg, pasti gampang cari spare part, pasti gampang dirawat, dll). :big_peace:

saya terus terang udh males buat komentar tentang pejabat2 dsini, lama2 pake cara thanos aja kali yah, hilangin separo populasi manusia di bumi. syukur2 manusia2 laknatnya yg kena :big_biglaugh:
mangkanya EV china yang dijual di sini ngutamain bentuk lucu. pinter tuh wuling keluarin airev sama binguo yang bentuknya lucu.

di luar jabodetabek pertumbuhan mobil di atas 500 juta nggak banyak om. EV juga di kota ane dikit yang plat baru. yang suka (dan mampu) FOMO ikutin tren mobil terkini selalu di kota besar. skrg usia fleet mobil orang rata-rata nambah. biasa pake 5 thn jadi stretch ke 7-10 tahun.
ahahaha, bener jga mbah. trus pilihan warnanya jga lbh warna warni. cmiiw, tapi blkgnya binguo klo diliat sekilas kyk vw new beetle yah..

IMO, mobil di atas 500 jt buat orang2 luar jabodetabek udh dianggap mobil mewah om. mslhnya uang buat belinya blm tentu ada. kcuali klo bener2 orang kaya, tapi itu pun mereka jga blm tentu mau beli. entah gara2 jalanan kotanya yg kurang bagus jdi rasanya "eman" pake mobil mewah di kondisi bgtu ato mereka berpikir mnding duitnya dipake buat nambahin modal usaha trus sehari2 pake mobil biasa aja. :mky_01:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 24 Sep 2021, 23:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by DLM »

ChZ wrote: 23 Jan 2024, 09:35
Krucilatoz wrote: 22 Jan 2024, 16:09 "pendapatan per-kapita naik", iya naik karena yg konglomerat makin kaya,
tapi rakjel ya segitu-gitu aja, makanya ga kebeli itu mobil.

disclaimer, nyangkut dikit politik, karena kemarin googling nama "tom lembong", dia show data terkait penjualan motor sebagai tolok ukur batas kaum bawah dan menengah, dari tahun ke tahun trendnya menurun. Juga data pembelian barang elektronik (kulkas, tv dst) sama menurun. Menurut analisanya terlihat masyarakat umumnya memakai barang lebih lama (di-eman kl bhs jawa), sehingga menghindari beli baru, karena berkaitan kalau beli baru ya mahal / ngabisin duit. Mungkin dari situ indikator kalangan menengah sebagai volume-buyer mobil di Indo lebih milih eman mobilnya, ga mau buru-buru beli baru.

Anyway, jadi inget, ada trit frugal living juga kan ya di SM, yg intinya hindari beli mobil baru, the depreciation cost kill mid-income family wealth
nah yg menarik om tom lembong ini juga bilang kalo bener ekonomi naik tp cuma berlaku ke kalangan konglomerat 1% richest kalo ditotal sama rakjel banyak yang minus yah jadinya gak bergerak dari 5% itu.
noire wrote: 23 Jan 2024, 08:59 Bisa jadi karena kebutuhan pasar memang sudah terpenuhi dengan apa yang ada di pasaran sekarang (mix baru dan seken) - dan value yang ditawarkan mobil baru semakin tidak worth dengan kenaikan harganya (harga naik banyak tapi improvement yang didapat tidak beda dengan katakan mobil yg dijual 10 tahun lalu, sehingga mau ganti mobil baru jatuhnya lebih ke arah peace of mind "reliability" saja.

Tinggal aspek balancing harga saja dari produsen dkk dan masuk tidaknya harga itu ke hitungan cost mereka semua hidden cost yang terjadi di value chain mereka itu. Itu MG4 saya kaget sekali bisa banting harga securam itu wkwkwk
ada semacam law of diminishing return terjadi di sini om. semakin banyak dipush penjualan mobil = jalanan macet = semakin orang males beli kendaraan apalagi skrg ada taksol ojol. banyak jg orang ibukota nguli milih pake ojol krn cepet kemana2 padahal finansialnya ok beli motor atau nyicil mobil aja udah mampu.

liat anak gen Z banyak yang umur udah kepala 2 jg blom bisa nyetir. anak2 ampe gen millenial atau gen X dulu , kadang SD aja udah kemana mana bawa motor / mobil modal nekat kalo gak ketilang pulisi :ungg:

semua supply chain dan infrastruktur EV di dunia, tambang2 nikel dll mayoritas dikuasai china om. makanya mereka bisa jauh bgt harganya. :mky_03:
Kalau di bawah fenomenanya di kota besar gapapa om, malah agak oke sebenarnya, karena emang di kota besar kodratnya pake transum. Ane aja ke jakarta banyaknya pake transum, besok ke jakarta lagi pake travel dari deket rumah sampai cawang lanjut TJ ke tujuan. Nah, masalahe di daerah pedesaan justru orang butuh kendaraan pribadi (mau angkutan pedesaan sebanyak apapun tetep aja di daerah rural mah repot), dan justru mereka ini yang butuh mobil karena lebih aman dan lebih terjamin dibanding motor. Mereka ini justru butuh program insentifikasi buat atleast migrasi dari motor ke mobil buat kendaraan normal (diiringi dengan peningkatan kualitas sim) sekaligus penguatan angkudes, jadi mereka kendaraan pribadinya rata-rata pake mobil tapi daily banyak yang jalan kaki/naik angkutan pedesaan/mobil kalau jaraknya agak jauh.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15384
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by ChZ »

DLM wrote: 23 Jan 2024, 14:30 Kalau di bawah fenomenanya di kota besar gapapa om, malah agak oke sebenarnya, karena emang di kota besar kodratnya pake transum. Ane aja ke jakarta banyaknya pake transum, besok ke jakarta lagi pake travel dari deket rumah sampai cawang lanjut TJ ke tujuan. Nah, masalahe di daerah pedesaan justru orang butuh kendaraan pribadi (mau angkutan pedesaan sebanyak apapun tetep aja di daerah rural mah repot), dan justru mereka ini yang butuh mobil karena lebih aman dan lebih terjamin dibanding motor. Mereka ini justru butuh program insentifikasi buat atleast migrasi dari motor ke mobil buat kendaraan normal (diiringi dengan peningkatan kualitas sim) sekaligus penguatan angkudes, jadi mereka kendaraan pribadinya rata-rata pake mobil tapi daily banyak yang jalan kaki/naik angkutan pedesaan/mobil kalau jaraknya agak jauh.
bener om, makanya dibilang kalo di jepang orang punya mobil justru orang desa. :mky_03: jpn ya macet macet juga tapi habit pake transum nya udah jalan. andai roadmap pembangunan fasilitas transum di jakarta oke mungkin bentar lagi kayak gitu.

idealnya mobil macem double cabin 4x4 buat angkut hasil bumi itu harus dapet insentif dan fokus bangun jalan - jalan desanya supaya logistik lbh efisien. bukan malah mobil citycar atau EV yang dipake orang kota.

masi ngeri liat jalan2 di luar jawa yang extreme beneran kalo mobil perkotaan dgn rasio gir alus harus dibantu warga biar lolos.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DLM
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 78
Joined: 24 Sep 2021, 23:29
Location: BUMI
Daily Vehicle: Vios G

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by DLM »

ChZ wrote: 23 Jan 2024, 14:42
DLM wrote: 23 Jan 2024, 14:30 Kalau di bawah fenomenanya di kota besar gapapa om, malah agak oke sebenarnya, karena emang di kota besar kodratnya pake transum. Ane aja ke jakarta banyaknya pake transum, besok ke jakarta lagi pake travel dari deket rumah sampai cawang lanjut TJ ke tujuan. Nah, masalahe di daerah pedesaan justru orang butuh kendaraan pribadi (mau angkutan pedesaan sebanyak apapun tetep aja di daerah rural mah repot), dan justru mereka ini yang butuh mobil karena lebih aman dan lebih terjamin dibanding motor. Mereka ini justru butuh program insentifikasi buat atleast migrasi dari motor ke mobil buat kendaraan normal (diiringi dengan peningkatan kualitas sim) sekaligus penguatan angkudes, jadi mereka kendaraan pribadinya rata-rata pake mobil tapi daily banyak yang jalan kaki/naik angkutan pedesaan/mobil kalau jaraknya agak jauh.
bener om, makanya dibilang kalo di jepang orang punya mobil justru orang desa. :mky_03: jpn ya macet macet juga tapi habit pake transum nya udah jalan. andai roadmap pembangunan fasilitas transum di jakarta oke mungkin bentar lagi kayak gitu.

idealnya mobil macem double cabin 4x4 buat angkut hasil bumi itu harus dapet insentif dan fokus bangun jalan - jalan desanya supaya logistik lbh efisien. bukan malah mobil citycar atau EV yang dipake orang kota.

masi ngeri liat jalan2 di luar jawa yang extreme beneran kalo mobil perkotaan dgn rasio gir alus harus dibantu warga biar lolos.
Harusnya market kendaraan pribadi di indo itu fokusnya di luar daerah jabodetabek, bukan malah jabodetabek wkwk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15384
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by ChZ »

DLM wrote: 23 Jan 2024, 15:08 Harusnya market kendaraan pribadi di indo itu fokusnya di luar daerah jabodetabek, bukan malah jabodetabek wkwk
sbenernya yang pinter tuh yang pegang ford sekarang om. jualan cuma ranger dan everest. fokus k kalimantan.

di kalimantan ford ranger lumayan kenceng. kalo liat di cenelnya om soni istimiwir
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9233
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Penjualan Mobil Mentok 1 Jutaan Unit, Apa Harganya Sudah Kemahalan?

Post by Suryaputra »

Lanjutkann..
Dari Rakyat, untuk Rakyat!



Coblos di 14 Februariii :big_exellent:




:ngacir:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post