[NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
triopdd
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: 14 Dec 2018, 09:52
Location: Jakarta

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by triopdd »

skylion wrote:
03 Aug 2019, 11:02
Hore! Kendaraan Listrik Bebas Ganjil Genap di Jakarta
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
https://otomotif.tempo.co/read/1231554/ ... di-jakarta

Hybrid kira2 termasuk ga ya? Kan hybrid juga bisa jadi ev biarpun cuman sementar. Ngarep Image
kalau2 mobil2 yang sudah ada versi hybrid nya, bisa gak ya varian yang non hybrid di kasih stiker+acc punya hybrid jadi gak ketauan :mky_02:
cobalah melihat dari sudut pandang yang lain

Shonen
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 486
Joined: 27 Jan 2013, 20:34

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by Shonen »

ada gage ada pembatasan kendaraan...keren juga..sepihak lagi dr dulu mbl doang..motornya mana...ga adil jg yah..pajak uda murah bisa kmn aja..yg bayar pajak gede dibates batesin..alesan supaya pengemydi mbl beralih ke angkot kenapa ga ada wacana mindahin pengendara motor naek angkot?? dulu si bisa pajak stnk aja dinaekin 2jt atau 3 jt setaon jamin pinsah semua ke angkot/trans umum lah skrg ada ojol kalo naekin stnk bakal didemo berjilid2...mungkin lebi enak pindah negara kali yee biar mahal tapi fasum terjamin...dsini ekonomi semakin dibawah semakin dibela...bayar pajak gede2 ga ada benefitnya..

S3r1
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 12 Sep 2017, 08:28
Location: Cikarang
Daily Vehicle: Jazz

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by S3r1 »

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, total ada 25 ruas jalan di Jakarta yang terkena perluasan sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap.

"Jika sebelumnya ada sembilan ruas jalan yang diterapkan ganjil genap, saat ini bertambah menjadi 25 ruas jalan," ujar Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (7/8/2019).

Syafrin menyampaikan, sistem ganjil genap juga diberlakukan pada simpang dari dan menuju gerbang tol.

"Untuk pelaksanaan di jalan koridor ganjil genap itu di dalam on/off ramp tol, pengecualian tidak diberlakukan. Jadi, pada saat kendaraan bermotor dari luar area menuju pintu tol yang ada ganjil genap, demikian tetap dikenakan. Jika sebelumnya ada pengecualian, ini dihapuskan," kata Syafrin.

Perluasan sistem ganjil genap di ruas jalan tambahan akan diuji coba mulai 12 Agustus sampai 6 September 2019.

Ganjil genap diberlakukan dari Senin sampai Jumat, kecuali hari libur, pada pukul 06.00-10.00 dan pukul 16.00-21.00 WIB.

Ruas jalan yang terkena perluasan sistem ganjil genap, yaitu:

- Jalan Pintu Besar Selatan

- Jalan Gajah Mada

- Jalan Hayam Wuruk

- Jalan Majapahit

- Jalan Sisingamangaraja

- Jalan Panglima Polim

- Jalan RS Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai dengan simpang Jalan TB Simatupang).

- Jalan Suryopranoto

- Jalan Balikpapan

- Jalan Kyai Caringin

- Jalan Tomang Raya

- Jalan Pramuka

- Jalan Salemba Raya

- Jalan Kramat Raya

- Jalan Senen Raya

- Jalan Gunung Sahari

Sistem ganjil genap juga tetap diberlakukan di ruas jalan yang semula sudah diterapkan kebijakan tersebut, yakni:

- Jalan Medan Merdeka Barat

- Jalan MH Thamrin

- Jalan Jenderal Sudirman

- Sebagian Jalan Jenderal S Parman, dari ujung simpang Jalan Tomang Raya sampai simpang Jalan KS Tubun.

- Jalan Gatot Subroto

- Jalan Jenderal MT Haryono

- Jalan HR Rasuna Said

- Jalan DI Panjaitan

- Jalan Jenderal Ahmad Yani (mulai simpang Jalan Perintis Kemerdekaan sampai dengan simpang Jalan Bekasi Timur Raya)


Sumber :
https://megapolitan.kompas.com/read/201 ... p?page=all

mastom
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 91
Joined: 11 Jan 2016, 12:09

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by mastom »

meski di rumah ada 2 mobil ganjil genap
setuju bgt diterapin ...asalkan
- tidak berlaku ke pickup2 mobil bisnis, kasian sering di tangkepin
- berlaku bt semua mobil plat merah, krn mereka yg hrsnya ngasih contoh
- busway banyakin
- trotoar lebarin, selebar2nya, tanem pohon dan buat trek sepedah

kedepan pasang ERP buat mobil dan MOTOR dilarang masuk kayak toll,
kecuali MOTOR LISTRIK dan MOBIL LISTRIK,

baru mantep, tegas, ada yg dirugikan pasti, tp yg diuntungkan jauhhhhh lbh banyak
kayak minum jamu aja, pahit tp lama2 bebal...

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3218
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by TUFF Stough »

biar gak merugikan, gimana kalo pajak kendaraan pelat B juga dipangkas setengah? :mky_03:

untuk 15jam harusnya lebih dari setengah malah.

azure
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 22 Sep 2015, 10:39

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by azure »

Pajak bayar full,tapi pake mobil nya gak bisa full.. haha.. motor serba susah,di bikin gage nanti ojol demo,tapi gak bisa dipungkiri salah satu penyumbang kemacetan ya motor juga..

Lebih baik perbanyak rute bus trans jakarta plus feeder nya.. angkutan publik nyaman,banyak koq yg mau pindah ke angkutan publik..

Msalahnya kan knp pada pake motor ataupun mobil ya krn angkutan publik nya blum pada maksimal.. ane dr rumah kalo full naik transjakarta harus pegi jm 5.45 baru nyampe kantor jam 8an,dgn catatan headway bus nya gak terlalu lama.. bawa mobil sndiri? 1 jam naik tol udah nyampe kantor.. meskipun bawa mobil cape,ya orang bela2in kena mct,gontok2an ama motor laen jg dijabanin.. :big_childish:

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2597
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2011 Toyota Rush

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by Jambangan »

azure wrote:
07 Aug 2019, 16:09
Msalahnya kan knp pada pake motor ataupun mobil ya krn angkutan publik nya blum pada maksimal.. ane dr rumah kalo full naik transjakarta harus pegi jm 5.45 baru nyampe kantor jam 8an,dgn catatan headway bus nya gak terlalu lama.. bawa mobil sndiri? 1 jam naik tol udah nyampe kantor.. meskipun bawa mobil cape,ya orang bela2in kena mct,gontok2an ama motor laen jg dijabanin.. :big_childish:
Betul2
Ini salah satu alasan ane masih bawa mobil sendiri ke kantor
Kalo naik transjakarta atau feeder busway harus berangkat jam 5
Naik bus butuh waktu sekitar 1,5 jam
Baliknya bisa 2-3 jam karena nunggu bus nya ga datang2 ditambah macet
Udah gitu berdiri pula lagi. Bayangin berdiri 3 jam. Ane pernah besoknya langsung tepar
Kalo nyetir sendiri : berangkat 1 jam pulang 1,5 jam
Jadi berangkat jam 5.45-5.50 masih kekejar nyampe kantor
Btw ane masuk jam 7.30 jadi agak mepet waktunya

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1487
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by evanbngdor »

Jambangan wrote:
07 Aug 2019, 16:40
azure wrote:
07 Aug 2019, 16:09
Msalahnya kan knp pada pake motor ataupun mobil ya krn angkutan publik nya blum pada maksimal.. ane dr rumah kalo full naik transjakarta harus pegi jm 5.45 baru nyampe kantor jam 8an,dgn catatan headway bus nya gak terlalu lama.. bawa mobil sndiri? 1 jam naik tol udah nyampe kantor.. meskipun bawa mobil cape,ya orang bela2in kena mct,gontok2an ama motor laen jg dijabanin.. :big_childish:
Betul2
Ini salah satu alasan ane masih bawa mobil sendiri ke kantor
Kalo naik transjakarta atau feeder busway harus berangkat jam 5
Naik bus butuh waktu sekitar 1,5 jam
Baliknya bisa 2-3 jam karena nunggu bus nya ga datang2 ditambah macet
Udah gitu berdiri pula lagi. Bayangin berdiri 3 jam. Ane pernah besoknya langsung tepar
Kalo nyetir sendiri : berangkat 1 jam pulang 1,5 jam
Jadi berangkat jam 5.45-5.50 masih kekejar nyampe kantor
Btw ane masuk jam 7.30 jadi agak mepet waktunya
Belum lg ngga semua lokasi kerja masyarakat itu bisa dijangkau pake angkutan umum selain ojol&taxol.

Kayak temen saya ada yg rumahnya di sentul, kantor di BSD. Naik mobil berangkat jam 6 pagi, jam 7 udah sampe. Pernah coba naik angkutan umum oper2 mulai dr ojol-bus-commuter line-ojol itu butuh waktu 2 jam lebih, dan biaya nya juga ngga lebih irit drpd naik mobil.

Akhirnya ya setiap hari naik mobil. Untungnya rute temen saya ngga kena ganjil genap, jd aman
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

azure
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 22 Sep 2015, 10:39

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by azure »

evanbngdor wrote:
07 Aug 2019, 17:08
Jambangan wrote:
07 Aug 2019, 16:40
azure wrote:
07 Aug 2019, 16:09
Msalahnya kan knp pada pake motor ataupun mobil ya krn angkutan publik nya blum pada maksimal.. ane dr rumah kalo full naik transjakarta harus pegi jm 5.45 baru nyampe kantor jam 8an,dgn catatan headway bus nya gak terlalu lama.. bawa mobil sndiri? 1 jam naik tol udah nyampe kantor.. meskipun bawa mobil cape,ya orang bela2in kena mct,gontok2an ama motor laen jg dijabanin.. :big_childish:
Betul2
Ini salah satu alasan ane masih bawa mobil sendiri ke kantor
Kalo naik transjakarta atau feeder busway harus berangkat jam 5
Naik bus butuh waktu sekitar 1,5 jam
Baliknya bisa 2-3 jam karena nunggu bus nya ga datang2 ditambah macet
Udah gitu berdiri pula lagi. Bayangin berdiri 3 jam. Ane pernah besoknya langsung tepar
Kalo nyetir sendiri : berangkat 1 jam pulang 1,5 jam
Jadi berangkat jam 5.45-5.50 masih kekejar nyampe kantor
Btw ane masuk jam 7.30 jadi agak mepet waktunya
Belum lg ngga semua lokasi kerja masyarakat itu bisa dijangkau pake angkutan umum selain ojol&taxol.

Kayak temen saya ada yg rumahnya di sentul, kantor di BSD. Naik mobil berangkat jam 6 pagi, jam 7 udah sampe. Pernah coba naik angkutan umum oper2 mulai dr ojol-bus-commuter line-ojol itu butuh waktu 2 jam lebih, dan biaya nya juga ngga lebih irit drpd naik mobil.

Akhirnya ya setiap hari naik mobil. Untungnya rute temen saya ngga kena ganjil genap, jd aman
:mky_03:
Ya om.. masalah kaya gini entah gak pernah kepikiran atau gimana ya sama pemangku jabatan.. kalau mau selesaiin masalah polusi n macet ya cuma angkutan publik.. itu solusi jangka panjang nya.. kalo gage ini IMO cuma solusi jngka pendek n mindahin macet dari yg kawasan gage ke jalur alternatif.

Ane baru tau,ternyata naik bus di singapur itu lebih enak ya daripada MRT.. bisa naik turun di halte yg deket dgn di tempat tujuan.. kalau aja di jakarta sistem bus nya sebaik singapur,ane yakin orang2 yang mau commute jg pasti pake angkutan publik.. ya kalau terlalu muluk2,60 persen sama kaya singapur jg oke lah.. haha..ini bus loh ya,bukan MRT yg butuh infra yg terlalu banyak kaya rel,pengatur sinyal,dll.. cuma bus yang di manage dengan baik,baik rute,jumlah armada maupun kebersihan dalem bus itu sendiri.

Nah kalo kerja n tinggal di sama2 daerah luar jkt agak gak biasa n bisa solve kalo bawa kendaraan sndiri.. haha.. bini juga kerja di alam sutera,ya aman,pul n pergi nebeng temen naik tol.. :mky_04:

kunaskun
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2516
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by kunaskun »

azure wrote:
07 Aug 2019, 17:42
Ya om.. masalah kaya gini entah gak pernah kepikiran atau gimana ya sama pemangku jabatan.. kalau mau selesaiin masalah polusi n macet ya cuma angkutan publik.. itu solusi jangka panjang nya.. kalo gage ini IMO cuma solusi jngka pendek n mindahin macet dari yg kawasan gage ke jalur alternatif.
ya negara berflower beginilah. kebijakan tambal sulam. udah dibilangin dari dulu, macet jakarta akan deadlock di tahun 202x sekian. sekarang kelimpungan dengan polusi, padahal terbukti pas sea games tahun lalu polusi berkurang, eh ga berani diterusin takut ga populis, sekarang baru kelimpungan lagi.
Ane baru tau,ternyata naik bus di singapur itu lebih enak ya daripada MRT.. bisa naik turun di halte yg deket dgn di tempat tujuan.. kalau aja di jakarta sistem bus nya sebaik singapur,ane yakin orang2 yang mau commute jg pasti pake angkutan publik.. ya kalau terlalu muluk2,60 persen sama kaya singapur jg oke lah.. haha..ini bus loh ya,bukan MRT yg butuh infra yg terlalu banyak kaya rel,pengatur sinyal,dll.. cuma bus yang di manage dengan baik,baik rute,jumlah armada maupun kebersihan dalem bus itu sendiri.
naik MRT di singapore total biaya bisa 2-3x lebih mahal dari bus, yg biasanya harian pake MRT itu biasanya memang butuh cepat dan mau bayar MAHAL. dan kalau rush hour, percayalah, bus singapore terutama operated by SBS Transit ga lebih nyaman banyak daripada TJ jurusan Kalideres Harmoni, karena namanya ikan asin dikemas jadi cendol dinaikin ke scania generasi terbaru teteplah rasa ikan asin :mky_01: jadi mau 100% sama dengan Singapore tetep ga nyaman. TAPI ini kalau rush hour ya, kalau jam lengang si enak. apalagi kalau trayek yang ditempuh bus dua tingkat, bawa anak kecil, duduk di atas bakal hepi banget. MRT? sama aja, pas rush hour juga cendol, tapi tetap lebih cepat jadi terbayarkan. berdiri setengah jam per trip? singaporean si udah biasa, makanya disono kalau becandaan temen saya: punya apple watch mah karena memang biasa pake iPhone bukan karena buat kesehatan (step counter, activity tracker), karena dia sendiri bilang untuk yg ga punya kendaraan pribadi ngejer angka 10 ribu langkah per hari gampang.

dan dari dulu kan udah ketahuan, TJ mah gampang sebenernya kalau mau diberesin. jalur TJ Sterilisasi saja. makin steril, makin lancar, makin cepet, makin banyak yg mau naik. ga kaya sekarang, yang naik TJ itu karena mau ngirit, yg mana masuk akal sama kaya MRT Singapore vs Bus Singapore. modal 3500 jakarta dari ujung ke ujung nyampe. kasarnya, lebih mahal naik gojek dari rumah ke halte TJ terdekat, daripada naik TJ itu sendiri. cuma balik lagi inilah negara berflower... :mky_08:

ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 552
Joined: 21 Mar 2007, 16:49

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by ZEXELGRIFONE »

evanbngdor wrote:
07 Aug 2019, 17:08
Jambangan wrote:
07 Aug 2019, 16:40
azure wrote:
07 Aug 2019, 16:09
Msalahnya kan knp pada pake motor ataupun mobil ya krn angkutan publik nya blum pada maksimal.. ane dr rumah kalo full naik transjakarta harus pegi jm 5.45 baru nyampe kantor jam 8an,dgn catatan headway bus nya gak terlalu lama.. bawa mobil sndiri? 1 jam naik tol udah nyampe kantor.. meskipun bawa mobil cape,ya orang bela2in kena mct,gontok2an ama motor laen jg dijabanin.. :big_childish:
Betul2
Ini salah satu alasan ane masih bawa mobil sendiri ke kantor
Kalo naik transjakarta atau feeder busway harus berangkat jam 5
Naik bus butuh waktu sekitar 1,5 jam
Baliknya bisa 2-3 jam karena nunggu bus nya ga datang2 ditambah macet
Udah gitu berdiri pula lagi. Bayangin berdiri 3 jam. Ane pernah besoknya langsung tepar
Kalo nyetir sendiri : berangkat 1 jam pulang 1,5 jam
Jadi berangkat jam 5.45-5.50 masih kekejar nyampe kantor
Btw ane masuk jam 7.30 jadi agak mepet waktunya
Belum lg ngga semua lokasi kerja masyarakat itu bisa dijangkau pake angkutan umum selain ojol&taxol.

Kayak temen saya ada yg rumahnya di sentul, kantor di BSD. Naik mobil berangkat jam 6 pagi, jam 7 udah sampe. Pernah coba naik angkutan umum oper2 mulai dr ojol-bus-commuter line-ojol itu butuh waktu 2 jam lebih, dan biaya nya juga ngga lebih irit drpd naik mobil.

Akhirnya ya setiap hari naik mobil. Untungnya rute temen saya ngga kena ganjil genap, jd aman
:mky_03:
Ada benarnya..

Tambahan lagi dari pengalaman.. IMHO Angkutan umum blum reliabel.
Saat hujan/banjir pada ngilang kemana.. bahkan yg personal macam taxi/ojol pun pada off semua, naek trans lama nunggunya itupun antri dan berjubel nauzubile.

Cerita dulu, pas saya nge kost di area banjir, disaat ojek dan angkot pada mau ga jalan, hanya metromini yg masih ikhlas layanin menerobos banjir.. :frm_tumbleft:

Newmember2018
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: 08 Dec 2018, 14:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ignis

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by Newmember2018 »

Kebijakan ganjil genap ini yg untung justru atpm. Karena yg tadinya punya mobil cuma 1 malah beli 1 lagi.
Kalau motor diberlakukan ganjil genap bakalan gitu juga, beli motor satu lagi tuh..

Dss
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 24 Nov 2018, 11:03
Daily Vehicle: Landcruiser

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by Dss »

Sy pernah ikut dlm rapat di salah satu kementrian di Medan merdeka barat membahas tentang kemacetan dan transportasi. Ada perwakilan bbrp atpm, singkat cerita pemerintah sendiri ga punya data konkrit yg bisa dipertanggung jawabkan berapa total jumlah roda 2 dan roda 4 yg aktif maupun non aktif yg ada disini....

Ada usulan dari salah satu deputi di kementrian tsb yg menurut sy bagus untuk mengurangi kemacetan sayangnya di respond reaktif oleh m****** dan perwakilan bbrp atpm.

Dengan kondisi ganjil genap yg kembali diberlakukan skrg negara ga mau pusing dgn kemacetan tinggal bikin kebijakan ini, toh dgn kebijakan ini pemerintah dapat tambahan pajak dari masyarakat dan kemacetan mungkin bs berkurang, tp pemerintah secara tdk langsung mendorong perilaku konsumtif masyarakat.

adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1020
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by adityabp »

Dss wrote:
07 Aug 2019, 22:11
Sy pernah ikut dlm rapat di salah satu kementrian di Medan merdeka barat membahas tentang kemacetan dan transportasi. Ada perwakilan bbrp atpm, singkat cerita pemerintah sendiri ga punya data konkrit yg bisa dipertanggung jawabkan berapa total jumlah roda 2 dan roda 4 yg aktif maupun non aktif yg ada disini....
Whatttt??? Serius om?
[emo-yesno]

Kalo data jumlah kendaraan yg lewat di lampu merah pd jam tertentu ada gak om?
:big_think:

irdna
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 276
Joined: 14 Aug 2014, 16:54

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by irdna »

seharusnya pemimpin mencari solusi yg terbaik utk smua dan solusi utk jangka panjangnya gmn kalau ini ya cmn jangka pendek, lama2 semua jalan di ibukota akan ganjil genap 24 jam
masa motor ga ada ganjil genap tp cmn mobil aja

bener2 mengecewakan ide nya

sya tinggal di tangerang kalau mau kerja daerah plaza indonesia mau lewat mana semua jalan di tutup aksesnya sama ganjil genap
peraturan skrg
keluar tol tangerang di tomang aja udah kena ganjil genap (selepas lampu merah di tol tangerang arah ke tomang udah kena ganjil genap)
mau lewat semanggi juga kena ganjil genap

mau naik angkutan umum, angkutan umum sgt ga memadai dari fasilitas, kenyamanan dan keamanan
kalau yang perempuan gmn naik angkutan umum yg ga memadai
blm lagi kalau naik taxol jg keamanannya jg masi was2
kalau naik taksi ga tau deh argonya brp

kalau ganjil genap aksesnya di luaskan sya setuju aja asal jam nya jg jgn di tambah jadi 15 jam (15 jam ini bsa di blg 1 hari full sgt ga fair)
jadi bagi kami yg pas2an dan cmn pny 1 mobil bsa berangkat pagian dan pulang lbih akhir

kalau di page sblmnya ada yg blg angkutan transportasi umum di jkt uda baik
dari segi mana ya di blg baik. dari segi keamanan kenyamanan dan fasilitas masih jauh dari kata bagus

evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1487
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by evanbngdor »

azure wrote:
07 Aug 2019, 17:42
evanbngdor wrote:
07 Aug 2019, 17:08

Belum lg ngga semua lokasi kerja masyarakat itu bisa dijangkau pake angkutan umum selain ojol&taxol.

Kayak temen saya ada yg rumahnya di sentul, kantor di BSD. Naik mobil berangkat jam 6 pagi, jam 7 udah sampe. Pernah coba naik angkutan umum oper2 mulai dr ojol-bus-commuter line-ojol itu butuh waktu 2 jam lebih, dan biaya nya juga ngga lebih irit drpd naik mobil.

Akhirnya ya setiap hari naik mobil. Untungnya rute temen saya ngga kena ganjil genap, jd aman
:mky_03:
Ya om.. masalah kaya gini entah gak pernah kepikiran atau gimana ya sama pemangku jabatan.. kalau mau selesaiin masalah polusi n macet ya cuma angkutan publik.. itu solusi jangka panjang nya.. kalo gage ini IMO cuma solusi jngka pendek n mindahin macet dari yg kawasan gage ke jalur alternatif.

Ane baru tau,ternyata naik bus di singapur itu lebih enak ya daripada MRT.. bisa naik turun di halte yg deket dgn di tempat tujuan.. kalau aja di jakarta sistem bus nya sebaik singapur,ane yakin orang2 yang mau commute jg pasti pake angkutan publik.. ya kalau terlalu muluk2,60 persen sama kaya singapur jg oke lah.. haha..ini bus loh ya,bukan MRT yg butuh infra yg terlalu banyak kaya rel,pengatur sinyal,dll.. cuma bus yang di manage dengan baik,baik rute,jumlah armada maupun kebersihan dalem bus itu sendiri.

Nah kalo kerja n tinggal di sama2 daerah luar jkt agak gak biasa n bisa solve kalo bawa kendaraan sndiri.. haha.. bini juga kerja di alam sutera,ya aman,pul n pergi nebeng temen naik tol.. :mky_04:
Di sini kalo ngga ngejar waktu boleh deh naik bus, naik commuter line yg bisa dibilang kalo jadwalnya teratur itu pasti tepat waktu tp aktualnya suka ngaret jauh kan. Apalagi bus yg masih membudayakan ngetem
:mky_01: :mky_01:

Saya terakhir kemaren Cakung naik commuter line, Menurut jadwal kalo saya berangkat jam 6.02 pagi dari Bintaro, sampe sana jam 7.07. Itu udah termasuk transit 2x. Eh aktualnya saya baru sampe cakung jam 8.20an. 2x lipat lebih dari estimasi. Ngga cuma sekali, berkali-kali naik commuter line selalu telat jauh.

Hal-hal yg kayak gitu yang bikin masyarakat males terutama bagi yg ngejar waktu. Belom lg muka lepek, badan keringetan, padahal mau langung ada meeting atau kerjaan misalnya.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3498
Joined: 03 Jul 2014, 08:13

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by sandal »

Nemu berita GaGe di LINE Today
https://news.detik.com/berita/d-4662304 ... ksi-online
Jakarta - Perluasan sistem ganjil-genap di Ibu Kota berimbas pada banyak hal, termasuk taksi daring atau online. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tengah membahas penanda bebas ganjil-genap bagi taksi online.

"Bukan hanya Pak Menhub, hari Jumat kemarin sudah bertemu dengan pengelola Grab. Saya bertemu Grab bersama dengan Pak Kepala Dinas (Perhubungan) dan sekarang ini, Dinas Perhubungan dan pengelola Grab sedang membicarakan tentang penandaan," kata Anies kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019).

Menurut Anies, setelah pembahasan itu selesai, angkutan akan mendapat tanda bebas ganjil-genap. Saat ini, pengecualian ganjil-genap hanya untuk angkutan umum dengan pelat nomor polisi (nopol) kuning.

"Supaya kendaraan-kendaraan yang bekerja sebagai angkutan, nanti memiliki tanda. Karena saat ini tidak memiliki tanda, makanya pada saat kemarin salah satu dikecualikan adalah mobil dengan pelat nomor berwarna kuning, karena memang mereka memberikan jasa transportasi," ucap Anies.

Dengan penanda itu, disebut Anies, petugas kepolisian ataupun dari Dinas Perhubungan dapat membedakan taksi online dengan mobil pribadi. Penanda itu nantinya akan dipakai petugas untuk mengidentifikasi jenis kendaraan pada saat pemberlakuan sistem ganjil-genap.

"Yang pelat hitam, belum ada tandanya, sekarang sedang disiapkan ada tanda sehingga nanti kendaraan yang memang bekerja memberikan jasa transportasi bisa dikecualikan juga," ucap Anies.

"Jadi dibicarakan untuk diberikan penandaan ya di mobilnya sehingga petugas di lapangan lebih mudah identifikasi," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ingin agar taksi online bisa beroperasi seperti halnya taksi pada umumnya. Taksi sendiri merupakan transportasi umum yang kebal dari aturan ganjil-genap.

"Kalau taksi biasa boleh, mestinya mereka boleh juga, itu yang saya sampaikan equality," kata Budi Karya di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Minggu (11/8/2019).

"Pak Yani (Direktur Angkutan Jalan) sudah mulai melakukan komunikasi, tapi belum maksimal karena memang proses itu cepat. Memang saat ini taksi online ini kan belum bertanda jadi dia tidak mendapat kekhususan," imbuh Budi Karya.
(aik/dhn)
Kalo ini inti tanggapan dari pengamat :
Pengamat Transportasi Univesitas Katolik Soegijapranata (Unika), Djoko Setijowarno mengatakan jika hal tersebut diamini bisa jadi banyak orang yang mendaftar menjadi pengemudi taksi online untuk menghindari ganjil genap.

"Bisa jadi semua pemilik mobil nantinya mendaftarkan diri ikut taksi online. Percuma daerah buat program kebijakan transportasi," tulisnya dalam keterangan resmi, seperti dikutip Senin (12/8/2019).
https://finance.detik.com/berita-ekonom ... ang-daftar

sennarose88
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 10 Dec 2017, 13:16

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by sennarose88 »

sandal wrote:
13 Aug 2019, 11:40
Nemu berita GaGe di LINE Today
https://news.detik.com/berita/d-4662304 ... ksi-online
Jakarta - Perluasan sistem ganjil-genap di Ibu Kota berimbas pada banyak hal, termasuk taksi daring atau online. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tengah membahas penanda bebas ganjil-genap bagi taksi online.
-cut-
"Bisa jadi semua pemilik mobil nantinya mendaftarkan diri ikut taksi online. Percuma daerah buat program kebijakan transportasi," tulisnya dalam keterangan resmi, seperti dikutip Senin (12/8/2019).
https://finance.detik.com/berita-ekonom ... ang-daftar
Aturan yang bakal menciptakan loophole besar :big_dunno:

Biarlah taksi online dianggap mobil pribadi, kebutuhan mereka ga perlu diakomodir. Toh mereka juga kan yang bikin polusi dan macet, apalagi mayoritas taksol suka beli bensin semurah mungkin yang bikin polusi makin parah.

c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 363
Joined: 01 Feb 2017, 10:23

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by c4b13 »

hahahahaaa, nanti mobil bmw, mercy, alpard semuanya apply jadi taksi online aja... bisa lewat rute gage dengan aman dehh, hhahahahahaaa

Tampanman
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 256
Joined: 31 Dec 2018, 19:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2 yaris

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by Tampanman »

Taksol waktu disuruh pake plat kuning ga mau alasannya karna mereka bukan angkutan umum dan hanya mobil pribadi, waktu dilarang masuk ganjil genap ngakunya mereka termasuk angkutan umum, jadi bisa masuk..

farizfsa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1229
Joined: 10 Nov 2015, 09:40

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by farizfsa »

jadi inget pas kejadian mati listrik masal beberapa minggu lalu

transportasi online pun lumpuh

jalanan lebih nyaman dan kosong

ga ada tuh taxol2 nyetir berhenti seenak jidat, pelan seenak jidat, ga ada ojol melipir ngasal di pinggir jalan

sekarang jg mau dibatesin, aplikasi mereka jg udh pinter, kalo emg arahnya kena jalur gage, ya ga bakal dapet orderan kearah sana

cuma diperpanjang sampe jam 9 lucu sih, dikira org pulang kantor beraktivitas ga mau istirahat ketemu keluarga cepet apa
BMW 520d F10 2014
Audi Q7 V6 TDI 4L 2008
Toyota Camry 2.5V XV50 2012

adhika
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: 15 Feb 2016, 22:48

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by adhika »

Berarti dishubnya sudah putus asa ya?

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3218
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by TUFF Stough »

yg lebih putus asa gabenernya sih. :big_dunno:

IGedeAmat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: 15 Mar 2017, 16:14
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Yamaha

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by IGedeAmat »

TUFF Stough wrote:
15 Aug 2019, 08:14
yg lebih putus asa gabenernya sih. :big_dunno:
gak putus asa, cuma ogah repot aja....

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4876
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: [NEWS] Ganjil-genap 15 Jam di Jakarta Diusulkan Kembali Diberlakukan

Post by kompresorz »

S3r1 wrote:
07 Aug 2019, 12:05
JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, total ada 25 ruas jalan di Jakarta yang terkena perluasan sistem pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor polisi ganjil dan genap.

"Jika sebelumnya ada sembilan ruas jalan yang diterapkan ganjil genap, saat ini bertambah menjadi 25 ruas jalan," ujar Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (7/8/2019).

Syafrin menyampaikan, sistem ganjil genap juga diberlakukan pada simpang dari dan menuju gerbang tol.

"Untuk pelaksanaan di jalan koridor ganjil genap itu di dalam on/off ramp tol, pengecualian tidak diberlakukan. Jadi, pada saat kendaraan bermotor dari luar area menuju pintu tol yang ada ganjil genap, demikian tetap dikenakan. Jika sebelumnya ada pengecualian, ini dihapuskan," kata Syafrin.

Perluasan sistem ganjil genap di ruas jalan tambahan akan diuji coba mulai 12 Agustus sampai 6 September 2019.

Ganjil genap diberlakukan dari Senin sampai Jumat, kecuali hari libur, pada pukul 06.00-10.00 dan pukul 16.00-21.00 WIB.

Ruas jalan yang terkena perluasan sistem ganjil genap, yaitu:

- Jalan Pintu Besar Selatan

- Jalan Gajah Mada

- Jalan Hayam Wuruk

- Jalan Majapahit

- Jalan Sisingamangaraja

- Jalan Panglima Polim

- Jalan RS Fatmawati (mulai simpang Jalan Ketimun 1 sampai dengan simpang Jalan TB Simatupang).

- Jalan Suryopranoto

- Jalan Balikpapan

- Jalan Kyai Caringin

- Jalan Tomang Raya

- Jalan Pramuka

- Jalan Salemba Raya

- Jalan Kramat Raya

- Jalan Senen Raya

- Jalan Gunung Sahari

Sistem ganjil genap juga tetap diberlakukan di ruas jalan yang semula sudah diterapkan kebijakan tersebut, yakni:

- Jalan Medan Merdeka Barat

- Jalan MH Thamrin

- Jalan Jenderal Sudirman

- Sebagian Jalan Jenderal S Parman, dari ujung simpang Jalan Tomang Raya sampai simpang Jalan KS Tubun.

- Jalan Gatot Subroto

- Jalan Jenderal MT Haryono

- Jalan HR Rasuna Said

- Jalan DI Panjaitan

- Jalan Jenderal Ahmad Yani (mulai simpang Jalan Perintis Kemerdekaan sampai dengan simpang Jalan Bekasi Timur Raya)


Sumber :
https://megapolitan.kompas.com/read/201 ... p?page=all
70 persen ini rute saya....mobil stok genap pula...amsionk dah.. :frm_bang_head:

beli helikopter ajalah...


:ngacir:

Post Reply