(ask) CDI

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: (ask) CDI

Post by andy1800 » 20 Jul 2008, 02:12

hanx13 wrote:
andy1800 wrote:yup yup...thks bro...
itu kenapa yg tadi gw tanyakan adalah yg konvensional dulu:
andy1800 wrote:berarti, kalau CDI biasa, yg pasif gitu.... kita boleh me-replace secara "sembarangan" ya?
*sembarangan (dlm tanda kutip) = gak usah peduli derajat pengapian... krn derajat pengapian ditentukan di pickup coil/pulser itu...bukan di CDI nya.
ternyata, yg gw sebut CDI pasif atau konvensional tu, lbh umum disebut CDI analogue ya?
emm ya ya... thks...

anyway, memang semestinya yg disebut pulser adalah kesatuan antara setrip dan "penangkap" nya.
sedangkan yg gw tadi menyebut pulser, krn masih dlm kerangka pikir motor kuno, maka tadi mengacu kepada si "penangkap"nya....

then, krn itu adlh cara pandng gw yg masih keliru, maka mulai skrg (from now on), nampaknya semestinya lebih benar kalau yg kita sebut pulser: adalh si setrip yg berpasangan dg si penangkapnya itu.

gitu nggak bro ?
atau, malah si penangkap nggak terlalu penting?...bisa pake apa saja,...krn yg jauh lbh penting adalah setrip nya itu kan?
anyway, setrip itu bahannya dari apa sih, bro?...
hihihi.. pickup pulser ama pickup coil bro...
pickup pulser itu setripnya, sedangkan pickup coil pembangkit voltase trigger (sinyal input ke CDI)

ane belom jelas bgt sih, tp klo analog setau ane belom pake IC. Jd cuman SCR dkk + kapasitor yg nentuin timing pengapiannya.
makanya gak ada limiter jg.
tapi ya tetep liat2 pickup pulsernya jg, panjangnya harus sama.

hehe... ribet jg klo ngomongin soal pengapian, gak abis2...
oooh...itu istilahnya ya......hihihi..ya ya...sip...thanks again bro
iya...setripnya harus sama... atau kalau mau modif, maka kita perlu perhitungkan dulu...biar pas dg yg dikehendaki.

dan, malah itulah gunanya kita di SM ini.... bisa bikin yg ribet2 itu menjadi nggak ribet lagi.....
gitu kan bro ?......heuhehehe

lanjuttt....
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2134
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: (ask) CDI

Post by avansa » 20 Jul 2008, 09:30

untuk jangka pemakain CDI di motor dan di mobil ,berapa tahun / kilo meter cdi harus di ganti,atau tanda tanda CDI sudah molai mengalami kerusakan,tanks sebelumnya .
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Image

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Re: (ask) CDI

Post by mansetha » 21 Jul 2008, 10:44

avansa wrote:tambah referensi :
CDI ADA SYARAT
Tukar pake CDI nggak boleh asal colok. Urusannya berabe. "Perhatikan dulu jenis CDI-nya, DC (Direct Current) atau AC (Alternating Current), jalur kelistrikan beda. Jika dipaksain percuma, motor nggak bakal hidup, malahan kotak pengapian itu bisa rusak," cerita Krisna 'Kumis' Murti, mekanik HRC Loaxan di Jl. Panjang, Cidodol, Jakarta Selatan.
Ini kejadian saat doi salah pasang CDI spek DC ke pengapian langsung dari spul alias AC. Alhasil meleduk tuh otak pengapian! Jadi amannya baca dulu spesifikasi bawaan motor yang CDI bakal diincar.

Misalkan Yamaha Jupiter, Jupiter-Z, Mio, Nouvo-Z sampai Jupiter MX speknya sama-sama DC, jadi bisa dikawinkan. Pastinya CDI Jupiter 105 cc jadi inceran karena limiter terletak di rpm tinggi lebih dari 11.000.
"Kalau kepepet pakai CDI punya Mio juga sip ke Jupiter-Z, bis kok," bisik Kiswadi, bokap sekaligus mekanik Doni Tata saat final kejurnas road race 2005 di Sentul bulan lalu.
Apalagi colokannya sama alias tinggal pasang, buat di Jupiter MX yang beda tetap bisa diakalin. Kan udah dikupas MOTOR Plus di edisi 354/IV. Tapi lebih bagus lagi kalau Jupiter MX pasang CDI punya Mio.

Derajat pengapian CDI Mio dan Jupiter-Z beda sedikit. Mio api busi meletik 34 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) pada putaran atas. Sedangkan Jupiter-Z 36 derajat sebelum TMA.
Favorit CDI DC lain yaitu bawaan Suzuki Shogun lawas keluaran 1997 dengan label Shindengen. "Cocok tuh buat Honda GL Max atau Neo Tech. Kalau untuk Smash mesti ubah colokan dulu," komentar Dodo Zulianto, bos Dodo Sport Racing di Ciledug Raya, Kreo, Tangerang.
Berikutnya CDI bawaan Kawasaki Kaze 110 yang oke dikawinkan ke Honda Astrea 800, Star, Grand, Supra, Win, GL Max CDI dan GL-Pro CDI. Juga bisa masuk ke Honda Tiger asal diubah colokan, beli aja kabel bodi terus potong konektor yang diincar.

Mesin 2-tak juga bisa tukeran CDI. Macam kotak pengapian Suzuki RC100 yang klop ke RC80, RGR150, A-100 sampai TS125. Malahan bisa buat modifikasi Honda CB100 atau S90 biar nggak pakai platina lagi. Nggak mau kalah, CDI RX-King bisa dicaplok ke RX-S, RX-K sampai RX100. Sip, kan!



Motorplus edisi:No 356 / VI, 24-31 December 2005
trus membedakan CDI type DC atau AC seperti apa? thans...

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: (ask) CDI

Post by JESKONENG » 21 Jul 2008, 11:43

kayaknya udah banyak nih masukan untuk bro Galuh... apakah sudah bisa membuat sendiri rangkaian CDI untuk dipasarkan kepada kita2 ??
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43
Location: Sunter
Contact:

Re: (ask) CDI

Post by r1210g » 21 Jul 2008, 21:29

avansa wrote:untuk jangka pemakain CDI di motor dan di mobil ,berapa tahun / kilo meter cdi harus di ganti,atau tanda tanda CDI sudah molai mengalami kerusakan,tanks sebelumnya .
CDI itu kuat koq.. ga ada jangka waktu pasnya...

ya kalo rusak ga bisa idup tuh kendaraan..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2134
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: (ask) CDI

Post by avansa » 21 Jul 2008, 22:01

Iyah,,kapan bikinya spa tahu kaya Om tomy Huang bikin trus bagus trus ada perusahaan gede yang beli hak patenya,,,wuih banyak duit toh.
Image

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2134
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: (ask) CDI

Post by avansa » 21 Jul 2008, 22:08

mansetha wrote:
avansa wrote:tambah referensi :


trus membedakan CDI type DC atau AC seperti apa? thans...
ada penjelasanya suhu suhu di depan..baca lagi postingan dari depan Om..
Image

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Re: (ask) CDI

Post by mansetha » 23 Jul 2008, 10:59

avansa wrote:
mansetha wrote:
avansa wrote:tambah referensi :


trus membedakan CDI type DC atau AC seperti apa? thans...
ada penjelasanya suhu suhu di depan..baca lagi postingan dari depan Om..
kalau liat skemanya belum tuh...

sumber listrik dari spul...kemudian ke regulator/kiprok baru ke CDI...kalau lihat disitu kan CDI berjenis DC karena sudah disearahkan oleh regulator... bagaimana kalau CDI AC... apakah perlu regulator penyearah (kayaknya tidak deh)... maaf Lagi OOT...hehehe

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2134
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: (ask) CDI

Post by avansa » 24 Jul 2008, 21:31

Ada yang pernah punya pengalaman merubah sistem pengapian dari platina ke cdi pada mobil ..revew dong di sini...saya pengen tahu terutama berapa dana yang di butuhkan.
Image

User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43
Location: Sunter
Contact:

Re: (ask) CDI

Post by r1210g » 24 Jul 2008, 23:20

mansetha wrote:
avansa wrote:
mansetha wrote:
trus membedakan CDI type DC atau AC seperti apa? thans...
ada penjelasanya suhu suhu di depan..baca lagi postingan dari depan Om..
kalau liat skemanya belum tuh...

sumber listrik dari spul...kemudian ke regulator/kiprok baru ke CDI...kalau lihat disitu kan CDI berjenis DC karena sudah disearahkan oleh regulator... bagaimana kalau CDI AC... apakah perlu regulator penyearah (kayaknya tidak deh)... maaf Lagi OOT...hehehe
salah bro..
coba liat postingan saya seblumnya disitu ada perbedaan AC dan DC..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: (ask) CDI

Post by JESKONENG » 24 Jul 2008, 23:39

Kalo ngikutin pembahasan CDI disini, kayaknya para member SM bisa dech, bekerjasama mengembangkan produk CDI dengan harga bersaing, merk SM untuk dipasarkan kepada para anggota hehehe...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999

User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: 13 Feb 2007, 15:18

Re: (ask) CDI

Post by mansetha » 25 Jul 2008, 10:53

maksudnya sih skemanya...tapi ok deh..syukur2 bisa liat contohnya....

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2134
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: (ask) CDI

Post by avansa » 27 Jul 2008, 12:55

JESKONENG wrote:Kalo ngikutin pembahasan CDI disini, kayaknya para member SM bisa dech, bekerjasama mengembangkan produk CDI dengan harga bersaing, merk SM untuk dipasarkan kepada para anggota hehehe...
Siip...aku mau jadi promotornya.
Image

galuhirfan
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 16 Jul 2008, 16:49

Re: (ask) CDI

Post by galuhirfan » 06 Aug 2008, 23:09

bwat bro juskoneng
1. cdi dc menerima suply dari accu terus bagaimana cara si inverter itu dapat mengalirkan tegangan dc tersebut ke trafo yang ada di rangkain inverter karna arus dc tidak dapat mensuply trafo karena akan menyebabkan short atau trafo meleduk... apa yang di rubah oleh rangkain inverter!!!!!!!!!!!
kemarin aqu abis sidang tugas seminar t5ugas akhir dan pertanyaannya itu dari dosen "DR.lulusan german" saya ga bisa jawab dengan benar akhirnya bengong lima menit di depan audience
:e-wall:

TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3042
Joined: 29 Nov 2005, 12:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: (ask) CDI

Post by TUFF Stough » 07 Aug 2008, 09:03

Tapi sidangnya sendiri gimana? Sukses?

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: (ask) CDI

Post by JESKONENG » 07 Aug 2008, 10:07

Bukan "juskoneng" bro... tapi "jeskoneng" atau "jes" aja.... dan aku gak ngeh sama sekali tentang seluk beluk CDI.. cuma tau ada settingan pengapian dan limiter rpm.. gitu ajah... Malah skarang mau nanya nih sama para master soal CDI.. aku kan pake CDI BRT Smart Click.. yang ada tombol putar (click) untuk setting pengapian dan limiter RPM... dan ada juga socket untuk dihubungkan pada switch sehingga kita bisa misalnya set click pengapian pada 34, maka dengan switch di stang, kita bisa pilih pengapian antara 34 (untuk top gear) dan 36 (untuk akselerasi).... masalahnya.. aku merasa sangat enak di 36 untuk akselerasi, tapi kurang enak di top gear di 34... kayaknya top speed bisa lebih baik jika pengapian di 30 atau 32 drajat seblum TMA..... Pertanyaannya : adakah yang tau gimana caranya memodif sistem socket dual band BRT Smart Click sehingga bedanya bisa 4 drajat, misalnya 32 dan 36.... Skarang ini bisanya beda 2 drajat aja.....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999

Post Reply