Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Modifikasi bodi mobil serta kaki-kaki mobil? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sdf
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed May 22, 2024 9:22

Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by sdf »

Halo gan,

Sy ada rencana mau repaint motuba saya karena sudah ada retak catnya, ada juga pernisnya udah tipis/botak, dan kusam.. ada juga bagian keropos tapi minor

Setelah riset online sana sini.. masih ada 1 hal yg masih mengganjel.. yaitu kerok total vs kerok pilih/siram

Dalam bayangan sy, kerok total itu lebih mantep, karena rasanya "memulai dari baru".. bener2 dari 0 (bare metal)..

Tapi ada juga yg rekomendasi untuk tidak kerok total, karena:
- lapisan antikarat terbaik itu adalah yg bawaan mobil (OEM), kalo dikerok ditotal maka akan hilang lapisan anti karatnya
- ketika dikerok total.. sebenarnya sudah mulai teroksidasi metal mobilnya

mungkin teman2 ada pendapat lain atau ada pengalaman? terima kasih atas masukanya..
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11116
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

sdf wrote: Wed May 22, 2024 9:32



- lapisan antikarat terbaik itu adalah yg bawaan mobil (OEM), kalo dikerok ditotal maka akan hilang lapisan anti karatnya
- ketika dikerok total.. sebenarnya sudah mulai teroksidasi metal mobilnya

mungkin teman2 ada pendapat lain atau ada pengalaman? terima kasih atas masukanya..



faktor utamanya bukan antikarat terbaik bawaan mbl jd hilang, tp seberapa banyak saldo di rekening anda?
krn jasa ngerok cat itu nggak murah pak, dan makan waktu.

kalopun dlm prosesnya nanti dikerok total, setelah itu di epoxy. bengkel cat beneran nggak akan main² persiapan tiap lapisannya. dan yg bener ya ngerjain semua itu di ruang tertutup steril dr debu.

saran saya, pilih bengkel cat yg tidak ngerjain di luar ruangan, punya alat proper (spray gun beneran, anti static gun, dll), painter dan kru lainnnya update dgn ilmu supaya hasil maksimal.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1488
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by AbdulHakim »

sdf wrote: Wed May 22, 2024 9:32 Halo gan,

Sy ada rencana mau repaint motuba saya karena sudah ada retak catnya, ada juga pernisnya udah tipis/botak, dan kusam.. ada juga bagian keropos tapi minor

Setelah riset online sana sini.. masih ada 1 hal yg masih mengganjel.. yaitu kerok total vs kerok pilih/siram

Dalam bayangan sy, kerok total itu lebih mantep, karena rasanya "memulai dari baru".. bener2 dari 0 (bare metal)..

Tapi ada juga yg rekomendasi untuk tidak kerok total, karena:
- lapisan antikarat terbaik itu adalah yg bawaan mobil (OEM), kalo dikerok ditotal maka akan hilang lapisan anti karatnya
- ketika dikerok total.. sebenarnya sudah mulai teroksidasi metal mobilnya

mungkin teman2 ada pendapat lain atau ada pengalaman? terima kasih atas masukanya..
motubanya apa nih om kalo boleh tau?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1546
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by MSU »

Kerok total tu cocok kalo si om hobbyist yg saldo rekening rada unlimit..dikerjakan di bengkel hobbyist jg
Memang bener antikarat mobil tu menurut sy yg terbaik krn dr bare metal lsg di treatment
Keroknya juga ribet krn sebaiknya panel dilepas dari body mobil dst
hotoriii
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Thu Jan 09, 2020 5:59
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by hotoriii »

kerok total di indonesia, kalau mobil eropa yg premium gt apa bisa sampai 3 digit ya om2 semua? sorry penasaran saja
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11116
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

hotoriii wrote: Wed May 22, 2024 14:54 kerok total di indonesia, kalau mobil eropa yg premium gt apa bisa sampai 3 digit ya om2 semua? sorry penasaran saja


setau saya jasa kerok mulai 20-25 jt tergantung kondisi.
sisanya, pakai base coat apa, pakai clear coat apa, brp layer, pakai spray gun apa, menentukan harga.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by pendoli »

hotoriii wrote: Wed May 22, 2024 14:54 kerok total di indonesia, kalau mobil eropa yg premium gt apa bisa sampai 3 digit ya om2 semua? sorry penasaran saja
temen ada si yg repaint bmw sampe 150 juta
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
sdf
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed May 22, 2024 9:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by sdf »

marmut wrote: Wed May 22, 2024 12:58
sdf wrote: Wed May 22, 2024 9:32



- lapisan antikarat terbaik itu adalah yg bawaan mobil (OEM), kalo dikerok ditotal maka akan hilang lapisan anti karatnya
- ketika dikerok total.. sebenarnya sudah mulai teroksidasi metal mobilnya

mungkin teman2 ada pendapat lain atau ada pengalaman? terima kasih atas masukanya..



faktor utamanya bukan antikarat terbaik bawaan mbl jd hilang, tp seberapa banyak saldo di rekening anda?
krn jasa ngerok cat itu nggak murah pak, dan makan waktu.

kalopun dlm prosesnya nanti dikerok total, setelah itu di epoxy. bengkel cat beneran nggak akan main² persiapan tiap lapisannya. dan yg bener ya ngerjain semua itu di ruang tertutup steril dr debu.

saran saya, pilih bengkel cat yg tidak ngerjain di luar ruangan, punya alat proper (spray gun beneran, anti static gun, dll), painter dan kru lainnnya update dgn ilmu supaya hasil maksimal.
Makasih gan atas masukanya..

Untuk harga, sy sudah tanya bbrp bengkel cat yg lumayan namanya.. karena ngejar warna aslinya, maka rencana bahan mau pakai sikk*ns/spi*s h*ck*r

Untuk siram sj start dari 15jt-an untuk kerok di 20-an

Karena startnya aja udh lumayan harganya, jd buat sy pribadi nanggung kl ga di kerok total.. tp sy concernnya adalah udah nambah2 biaya untuk kerok total.. eh 1-2 tahun kemudian muncul titik karat..

Kalau ada rekomendasi bengkel cat di jabodetabek yg ok menurut agan boleh diinfokan.. nanti sy cb tanya2 ke bengkelnya.. terima kasih
sdf
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed May 22, 2024 9:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by sdf »

AbdulHakim wrote: Wed May 22, 2024 13:34
sdf wrote: Wed May 22, 2024 9:32 Halo gan,

Sy ada rencana mau repaint motuba saya karena sudah ada retak catnya, ada juga pernisnya udah tipis/botak, dan kusam.. ada juga bagian keropos tapi minor

Setelah riset online sana sini.. masih ada 1 hal yg masih mengganjel.. yaitu kerok total vs kerok pilih/siram

Dalam bayangan sy, kerok total itu lebih mantep, karena rasanya "memulai dari baru".. bener2 dari 0 (bare metal)..

Tapi ada juga yg rekomendasi untuk tidak kerok total, karena:
- lapisan antikarat terbaik itu adalah yg bawaan mobil (OEM), kalo dikerok ditotal maka akan hilang lapisan anti karatnya
- ketika dikerok total.. sebenarnya sudah mulai teroksidasi metal mobilnya

mungkin teman2 ada pendapat lain atau ada pengalaman? terima kasih atas masukanya..
motubanya apa nih om kalo boleh tau?
E30 om…
sdf
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed May 22, 2024 9:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by sdf »

hotoriii wrote: Wed May 22, 2024 14:54 kerok total di indonesia, kalau mobil eropa yg premium gt apa bisa sampai 3 digit ya om2 semua? sorry penasaran saja
Kalo bengkel kenamaan emg ada sih segitu.. tp ada juga kok yg start di 20-an
sdf
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed May 22, 2024 9:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by sdf »

pendoli wrote: Wed May 22, 2024 16:53
hotoriii wrote: Wed May 22, 2024 14:54 kerok total di indonesia, kalau mobil eropa yg premium gt apa bisa sampai 3 digit ya om2 semua? sorry penasaran saja
temen ada si yg repaint bmw sampe 150 juta
Ini di bengkel cat yg nawarin produk coating permanen itu ya.. sy si blm sanggup om kesana hehehe
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 816
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by pradit_d »

Kalau mau ganti warna apa perlu kerok total?
:big_peace:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3536
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by kendibocor »

pendoli wrote: Wed May 22, 2024 16:53
hotoriii wrote: Wed May 22, 2024 14:54 kerok total di indonesia, kalau mobil eropa yg premium gt apa bisa sampai 3 digit ya om2 semua? sorry penasaran saja
temen ada si yg repaint bmw sampe 150 juta
Si om pembalap itu waktu itu repaint bmw tuanya sampe 3 digit jg kan kalo harga aslinya.

@om ts: motubanya rare dan collectible ga? Kalo motuba bwat workhorse harian doang dan ga rare atau collectible mah sirem aja lah. Kecuali OCD, atau motubanya punya nilai nostalgia yg tinggi ya
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11116
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

pradit_d wrote: Wed May 22, 2024 21:44 Kalau mau ganti warna apa perlu kerok total?


tergantung kondisi permukaan cat yg lama, kalo masih bagus semua tinggal dimatiin aja trus siram epoxy.
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by Asfur »

Kayaknya bener sih, kalo kerok total mesti cari bengkel yg emang mengerti dan proper ngerjainnya, soalnya kalo namanya bengkel mah mgkn bilang bisa2 aja tentu proper. Dulu pernah ngecat kap mesin accord di bengkel resmi honda, warnanya meresap terus jadi warnanya terkesan "mati", katanya ini krn kap mesin emang rasa susah, dan kemungkinan dempulnya msh basah, ane bilang dikerok total aja (soalnya udah 2x balik), trus sama bengkelnya bilang kalo kerok ngk berani om, takut ngk keburu kerjain ntr karatan, nanti saya amplas aja sampe ketemu cat dasaran, jadi cat2 diatasnya biar kebuang dan masuk cat baru. Dan akhirnya berhasil.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1546
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by MSU »

20jt tu feeling sy bukan kerok sampe ktm bare metal
Ini kerok sampe ketemu epoxy pabrik...feeling ya
Metode ngerok pun macem2...ada yg pake api las sampe pake neorever
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11116
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

sdf wrote: Wed May 22, 2024 18:44

Makasih gan atas masukanya..

Untuk harga, sy sudah tanya bbrp bengkel cat yg lumayan namanya.. karena ngejar warna aslinya, maka rencana bahan mau pakai sikk*ns/spi*s h*ck*r

Untuk siram sj start dari 15jt-an untuk kerok di 20-an

Karena startnya aja udh lumayan harganya, jd buat sy pribadi nanggung kl ga di kerok total.. tp sy concernnya adalah udah nambah2 biaya untuk kerok total.. eh 1-2 tahun kemudian muncul titik karat..

Kalau ada rekomendasi bengkel cat di jabodetabek yg ok menurut agan boleh diinfokan.. nanti sy cb tanya2 ke bengkelnya.. terima kasih


yakin mau pake sikkens atau spies?
awal pandemi, di tempat saya dulu ngerjain repaint e30 sama CJ7, keduanya minta pake spies 1 set.
waktu baru selesai spray, wow banget kilapnya. makin kesana, makin redup kaya pake cat NC.
dan ini emang ciri khas merk itu.

jd kalo ngejar kilau yg wow banget, jgn pake spies.

btw aslinya bmw bukannya pake glasurit ya?

rekomendasi bengkel, mohon maaf ga brani kasih. tp kalo mau tanya² boleh PM saya.


p.s :
hindari bengkel yg orgnya masih menganut wet sanding.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11116
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by marmut »

Asfur wrote: Thu May 23, 2024 3:12

. Dulu pernah ngecat kap mesin accord di bengkel resmi honda, warnanya meresap terus jadi warnanya terkesan "mati", katanya ini krn kap mesin emang rasa susah, dan kemungkinan dempulnya msh basah, ane bilang dikerok total aja (soalnya udah 2x balik), trus sama bengkelnya bilang kalo kerok ngk berani om, takut ngk keburu kerjain ntr karatan, nanti saya amplas aja sampe ketemu cat dasaran, jadi cat2 diatasnya biar kebuang dan masuk cat baru. Dan akhirnya berhasil.


hal yg paling sering kejadian karena ngga ikutin S.O.P.
kalo diingetin, mereka tutup telinga krn merasa sudah paling jago.
nanti pas kejadian (absorb), segala disalahin.....

:mky_03:
sdf
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed May 22, 2024 9:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by sdf »

marmut wrote: Thu May 23, 2024 4:46
sdf wrote: Wed May 22, 2024 18:44

Makasih gan atas masukanya..

Untuk harga, sy sudah tanya bbrp bengkel cat yg lumayan namanya.. karena ngejar warna aslinya, maka rencana bahan mau pakai sikk*ns/spi*s h*ck*r

Untuk siram sj start dari 15jt-an untuk kerok di 20-an

Karena startnya aja udh lumayan harganya, jd buat sy pribadi nanggung kl ga di kerok total.. tp sy concernnya adalah udah nambah2 biaya untuk kerok total.. eh 1-2 tahun kemudian muncul titik karat..

Kalau ada rekomendasi bengkel cat di jabodetabek yg ok menurut agan boleh diinfokan.. nanti sy cb tanya2 ke bengkelnya.. terima kasih


yakin mau pake sikkens atau spies?
awal pandemi, di tempat saya dulu ngerjain repaint e30 sama CJ7, keduanya minta pake spies 1 set.
waktu baru selesai spray, wow banget kilapnya. makin kesana, makin redup kaya pake cat NC.
dan ini emang ciri khas merk itu.

jd kalo ngejar kilau yg wow banget, jgn pake spies.

btw aslinya bmw bukannya pake glasurit ya?

rekomendasi bengkel, mohon maaf ga brani kasih. tp kalo mau tanya² boleh PM saya.


p.s :
hindari bengkel yg orgnya masih menganut wet sanding.
Makasih om masukanya..

Kalo e30 indo sptnya pakai glasu.. tp di luaran kl baca2 oemnya ada yg pake ppg, spies, sikkens juga.. buat sy sih selama mereka ada formulanya nge mix (bukan pake mata/feeling) campur sana sini sy sih ok2 aja..

Oh gt ya om? Kl boleh tau dulu pake SH yang apa? Yg sy baca sih SH HS Diamond 8450 dia yg paling ok (dan paling mahal)..

Kl boleh tau knp om dengan wet sanding? Apa harus yg pake dry guide coat gt kah?

Wah kebetulan pernah repaint e30 nih.. sy ijin japri yah..
sdf
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed May 22, 2024 9:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by sdf »

kendibocor wrote: Thu May 23, 2024 0:52
pendoli wrote: Wed May 22, 2024 16:53
hotoriii wrote: Wed May 22, 2024 14:54 kerok total di indonesia, kalau mobil eropa yg premium gt apa bisa sampai 3 digit ya om2 semua? sorry penasaran saja
temen ada si yg repaint bmw sampe 150 juta
Si om pembalap itu waktu itu repaint bmw tuanya sampe 3 digit jg kan kalo harga aslinya.

@om ts: motubanya rare dan collectible ga? Kalo motuba bwat workhorse harian doang dan ga rare atau collectible mah sirem aja lah. Kecuali OCD, atau motubanya punya nilai nostalgia yg tinggi ya
Ngga rare sih.. tp cuma karena startnya udh mahal makanya kepikiran knp ga sekalian aja kl bisa lebih bagus lg kl kerok total (meskipun ga full restore sampai turun mesin, interior, & karet2
sdf
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed May 22, 2024 9:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by sdf »

MSU wrote: Thu May 23, 2024 4:32 20jt tu feeling sy bukan kerok sampe ktm bare metal
Ini kerok sampe ketemu epoxy pabrik...feeling ya
Metode ngerok pun macem2...ada yg pake api las sampe pake neorever
Ini sy referensi price list dr suatu bengkel kenamaan di bogor (yg suka bikin kitcar).. untuk full sikkens start dr 15, kerok total + 3,5.. yaa plus las las dikit jd sy asumsikan aja 20

Kalo liat proses di youtubenya sih sptnya masih sistem kerok di bakar.. tp kyknya dikasih rust stopper dl sblm epoxy
sdf
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Wed May 22, 2024 9:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by sdf »

@om marmut.. sy gabisa klik profile om terus mau pm.. tulisanya “You are not authorised to view the member list or profiles.” Gmn cara pm nya ya? Jd bingung apa gabisa pake hp ya.. maaf sy agak katrok
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7495
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by newrubble »

mo di kerok total mau di guyur saja dijamin hasilnya tdk akan lbh bagus saat kluar dari lini produksi dulu
percuma pertahankan electro / asphalt coating bawaan lahir krn dari bolong maupun retak yg disebut, besi yg ada udah kalah
body ground up resto yg pernah sy tau dr bengkel langganan adalah rp 280 juta (body doang) krn bengkel itu kasih gaji painter rp 12 juta per bln
(ga usah tanya dimana, percuma). kalo yg paling aneh (di indo ya) yg pernah sy liat adalah usd 300 per sq.ft. n kalo udah bolong korosi mrk ganti / bikin panel dgn mesin pres modular yg mrk punya
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3162
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by walid_007 »

ya klo sudah karatan sih mmg repot.,
engine roaring!
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1546
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Kerok Total vs Kerok Pilih/Siram?

Post by MSU »

kalo udh yakin mau full kerok..pastiin dpt bengkel hobby om yg ga diuber2 target unit entry
biasa abis epoxy diemin dulu bbrp hari, naik dempul diemin lg bbrp hari, bahkan sampe kelar cat full body kl bisa juga diemin dl bbrp minggu spy bener2 kering sempurna
ama pastiin bahannya misal sikkens..itu benar dari cat, clear coat sampe thinner-nya sikkens...krn banyak bengkel pake thinner galonan
setelah itu semua tergantung dari manpower yg kerjain...krn ini semua-nya sebetulnya bukan tukang...tapi seniman