Sekilas test drive CR V 2007

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Sekilas test drive CR V 2007

Post by Turboman »

Setelah set appointment dgn sebuah dealer HOnda di Jkt Barat, maka tadi siang sekitar jam 11.30 saya menyempatkan diri test drive CRV 2007 type 2.0 A/T

ga jauh dari lokasi showroom ada jalanan yg tidak begitu besar & kebetulan sekali kondisi jalanan tsb. sedang rusak dengan lubang lubang cukup besar di sana sini.

CR V melibas lubang lubang tsb. dengan cukup enak, lalu melewati lintasan jalan kereta, ga jauh dari lokasi tsb. tibalah di suatu kawasan kompleks perumahan yang cukup banyak polisi tidur selang bbrp ratus meter........

.......setiap mendekati polisi tidur mobil saya gas hingga kec. mencapai 40 - 45 km/jam dan si CR V melintas polisi tidur dengan mudahnya, tanpa ada jedag - jedug rubber stopper, suspension travelnya cukup lumayan rupanya.

SEcara keseluruhan suspensi mobil ini boleh dikatakan nyaman utk ukuran SUV di kelas harga 260 - 300 jt., nyaman utk penggunaan dalam kota / low - medium speed / melintas jalan yang jelek, sedang stabilitas utk kec. tinggi masih belum diketahui.

Keluar dari jalanan kecil dan memasuki jalan raya, berputar dan mengarah ke suatu fly over, sengaja saya nggak gas dalam dalam, mobil menanjak naik dengan RPM bermain antara 2200 - 3000 utk mengetahui low end Torque-nya, cukup lumayan utk sebuah mesin gasoline Normal aspirated dgn cc hanya 2000

Transmisi otomatik mobil ini bekerja secara harmonis dgn mesin & gerakan pedal gas kaki kita, dia akan segera pindah gigi kapanpun kita mau. Saat berakselerasi saya coba gas hingga 3500 RPM dan lepas dikit dia lgs upshift, begitupun saat di gas hanya hingga 2500 RPM saja, dan perpindahan giginya mulusss :D

Utk noise insulation scr keseluruhan cukup baik, hanya saja sayup2 tyre roar sedikit terdeteksi, sedang wind noise pada kec. tinggi belum diketahui.

Throttle response mesin mobil ini cukup baik, hanya saja bila di gas agak sedikit dalam masih terasa ada sedikit lag antara gerakan kaki & response mesin, sepertinya Ground Cable dibutuhkan utk mesin R20A yg sudah ber TBW ini.

Utk peredaman, utk mencapai tingkat noise insulation yg lebih baik bisa ditambahkan material peredam.

Tingkat kepakeman rem oke banget, apalagi mengingat transmisinya otomatis, injak gak perlu dalam dalam maka mobil berhenti dgn segera.


Demikian sekilas report CR V 2007
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Post by liat2aja »

bung Turboman boleh tanya Honda Jakbar nya yg mana? kebetulan saya juga di Jakbar, mau dong tes drive juga.

kebetulan bokap tertarik ama ini mobil. cuma menurut gw harganya kemahalan. lagipula pake supir yang tau sendiri ngerawat mobilnya kaya apa...
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

overall banyak yang satisfied ama crv 2007 kok....
User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Post by €lj€p€ »

blindzero wrote:overall banyak yang satisfied ama crv 2007 kok....
Iya tuh, di tabloid OTOMOTIF... komparasi SUV.... semua cewe-2 (4 bening semua) milih CRV....
kalau gue ganti crv.... mereka mau sama gue gak ya hehehehee. udah tuwir gak pantes ah.... bawa abg-abg gitu....
Dari Solo ke Oslo
Image
User avatar
relisar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
Location: Jakarta Selatan

Post by relisar »

Kok ada kata orang yg nyetir CRV 07 suspensinya lumayan keras dibanding generasi2x sebelumnya? Apa benar?
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Post by pitbull »

kata orang mana?
User avatar
relisar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
Location: Jakarta Selatan

Post by relisar »

Minggu lalu ketemu orang yg punya CRV 07 katanya suspensinya ngga enak terlalu keras dibanding pendahulunya. Gw sih belom pernah naik sih...
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

beh.... something wrong ama orang itu.....

karena suspensinya udah berubah total, dan kenyaman sangat-sangat lebih bagus dibandingkan sebelumnya

Handling juga sangat bagus untuk tipe SUV

mungkin udara di ban'nya terlalu tinggi.....
User avatar
tigor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 358
Joined: Fri Feb 24, 2006 0:24

Post by tigor »

Keras..kekerasan.
Empuk.. keempukan.
Yg jelas dua-2nya punya kelebihan kekurangan. Dan tiap brand punya khas sendiri-2, mis Honda terkenal kerasnya, Toyota-Nissan terkenal empuknya. Tergantung kita 'mau' nya apa.

@Turboman...handlingnya enak kan? Sayang anda belom TD di Tol.
My gallery... http://tig0r.multiply.com/
JAUHKAN SUUD'ZON!!

Image
User avatar
xtreme
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Mon Mar 19, 2007 3:52

Post by xtreme »

iya ya,, sayang ga cb di tol..
life is an adventure...~
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

xtreme wrote:iya ya,, sayang ga cb di tol..
Lokasi showroomnya jauh dr jalan tol.....hahahahahaha
senpei
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Thu May 31, 2007 12:31

Post by senpei »

wah spertinya suspensi nya memanjakan pemiliknya yah? Senyaman sedankah?
alvin_kiak
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 362
Joined: Tue Mar 27, 2007 10:18

Post by alvin_kiak »

Dibanding ma X-Trail lbh empuk mana tuh suspensinya bos Turboman?
User avatar
blindzero
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2391
Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
Location: Sparkling Surabaya

Post by blindzero »

temen gw pake...katanya benar benar memuaskan. Suspensinya sih kata sales'nya sama dengan Civic yang sekarang, soalnya basis CRV kan sama dengan Civic.
FortunerMan

Post by FortunerMan »

Dr dulu juga CR-V basisnya Civic http://en.wikipedia.org/wiki/Honda_CR-V... bisa aje sales Honda ngecap...
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Sekilas test drive CR V 2007

Post by uch »

Turboman wrote:Keluar dari jalanan kecil dan memasuki jalan raya, berputar dan mengarah ke suatu fly over, sengaja saya nggak gas dalam dalam, mobil menanjak naik dengan RPM bermain antara 2200 - 3000 utk mengetahui low end Torque-nya, cukup lumayan utk sebuah mesin gasoline Normal aspirated dgn cc hanya 2000
Gigi berapa ini Bos..?
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

Gak sepenuhnya basis Civic sih, cuma platform-nya aja yang sama. Honda punya 3 global platform, medium, small, dan baru-baru ini, compact. Gw gak tau istilah yang mana yang bener tapi gw tau pasti kalau medium itu Accord dan sejenisnya, platform ini dapat diidentifikasikan dengan suspensi double wishbone depan belakang. Small (kayaknya) dapat diidentifikasikan dengan suspensi mcpherson strut depan dan double wishbone belakang. Sementara compact (kayaknya) yang baru diperkenalkan dengan kehadiran Jazz/Fit, suspensi mcpherson strut depan dan torsion beam belakang... Gw mungkin terbalik antara small dan compact.

Penamaan platform ini memang membingungkan, contoh; Civic Euro hatch menggunakan suspensi mchperson strut dengan torsion beam, yang artinya dia pakai platform compact... Tapi, ukuran Civic Euro hatch jauh lebih besar dibandingkan ukuran Jazz/Fit. Sama kayak Honda Airwave aja, wheelbasenya lebih panjang sedikit dibanding Jazz/City tapi menggunakan suspensi sama.

Setau gw sih Honda dan Toyota itu jagonya cetak berbagai tipe mobil dari satu platform. Tapi gak cuma cetak mobil yang mirip-mirip, Honda/Toyota juga mampu tarik ulur platform yang tersedia untuk membuat mobil dengan berbagai ukuran.

Selanjutnya bisa dibaca disini:

http://www.classicmotorstt.net/tradition_strategy.shtml
id-grand-vitara
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sat Mar 24, 2007 4:19

Re: Sekilas test drive CR V 2007

Post by id-grand-vitara »

uch wrote:
Turboman wrote:Keluar dari jalanan kecil dan memasuki jalan raya, berputar dan mengarah ke suatu fly over, sengaja saya nggak gas dalam dalam, mobil menanjak naik dengan RPM bermain antara 2200 - 3000 utk mengetahui low end Torque-nya, cukup lumayan utk sebuah mesin gasoline Normal aspirated dgn cc hanya 2000
Gigi berapa ini Bos..?
Ndak beda jauh kok ama GV dan Xtrail 2000, max torque pada 4200 RPM, GV dan Xtrail malah di 4000 RPM, tapi belum liat chartnya sih...
User avatar
secretadmirer
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 53
Joined: Mon Apr 02, 2007 8:29
Location: Seminyak, Bali

Post by secretadmirer »

yang enah CR-V itu "base"nya kayak kodok, terutama yang depan itu. itu kalo ditaruh di air kayaknya terapung ha ha ha
User avatar
relisar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Fri Apr 06, 2007 1:37
Location: Jakarta Selatan

Post by relisar »

Ngomong2x CRV sekarang harganya berapa OTR? Dan apa sudah pakai jok kulit segala?
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Ada yg mau kasih tau gw ga platform apa?
Trus torsion beam juga...

Konsumsi bensinnya yg jaman 2004-an kata temen gw pake bisa 1:6... Bener ga sih?
Engine-nya sama ga sih ama yg sekarang?

CR-V termasuk Honda yg boros ya?
User avatar
dnz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed Jan 31, 2007 3:51

Post by dnz »

lumayan lah cr-v baru, overall puas, tp yah harga suku cadangnya yg ga nahan klo honda.
yg 2004 ntu yg 2.0cc yah?kyknya ga mungkin deh mpe 1:6
klo yg baru ,yg 2.0 ganti mesin, seri K, skarang pake seri R, mesin civic.
soal boros, tergantung yg make kali y, sejauh ini paling jelek 1:8-9 kalo macet-macet total ><
klo sehari2 yah 1:10-12 kombinasi tol & dalkot, luar kota blm coba, masi sayang; huehe...
klo yg 2.4 pake mesin accord, konsumsi bensin; no komen krn blm coba.
buat perbandingan 2.0 seri K & R:

http://asia.vtec.net/Engines/R20A/index.html
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Re: Sekilas test drive CR V 2007

Post by Handy »

Turboman wrote: Throttle response mesin mobil ini cukup baik, hanya saja bila di gas agak sedikit dalam masih terasa ada sedikit lag antara gerakan kaki & response mesin, sepertinya Ground Cable dibutuhkan utk mesin R20A yg sudah ber TBW ini.
Ground Cable itu apaan sih :lol: ?

gw pernah bawa Honda Step Wagon teman klo di lampu merah waktu start yah gitu pedal gas udah di ijak tapi respons nya telat klo di pancing dgn injak agak dalam tarikan mobil langsung terasa hentakannya. apa ini efek dari drive by wire?

dnz wrote:lumayan lah cr-v baru, overall puas, tp yah harga suku cadangnya yg ga nahan klo honda.
yg 2004 ntu yg 2.0cc yah?kyknya ga mungkin deh mpe 1:6
klo yg baru ,yg 2.0 ganti mesin, seri K, skarang pake seri R, mesin civic.
soal boros, tergantung yg make kali y, sejauh ini paling jelek 1:8-9 kalo macet-macet total ><
klo sehari2 yah 1:10-12 kombinasi tol & dalkot, luar kota blm coba, masi sayang; huehe...
klo yg 2.4 pake mesin accord, konsumsi bensin; no komen krn blm coba.
buat perbandingan 2.0 seri K & R:
klo yang 2.4 itu pure mesin accord ya? klo ngak salah cuma versi 2.4 doang yang ada connector buat iPod ya?
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
dnz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: Wed Jan 31, 2007 3:51

Post by dnz »

yg 2.4 pure accord, makanya rakitnya agak terhambat, soalnya rebutan sama accord.
yg 2.4 ada usb ga tau bs buat ipod ato nda, hrsnya si bisa. klo yg 2.0 yg bisa dvd player, tinggal beli tv.
tp gw ganti head unit aj, pake yg sony xplod yg uda ada usb, dipikir2 kalo +tv, bukan gw yg nonton.. he..
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

lha? koq udah bisa DVD diganti? Bukannya dah bagus?
Dimana tuh barangnya? 2Din ya?