Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

steakikan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: 26 Feb 2014, 10:43

Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by steakikan »

Sepertinya akan di tampilin di IIMS tahun ini dan sudah ada unit yg first drive. Lebih berharap yg EV masuk duluan sih tpi sepertinya yg bensin yg akan di launching duluan.
fansdiesel
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: 19 Jul 2018, 12:30

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by fansdiesel »

brand penggembira doank :big_smoking: :big_smoking:
steakikan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: 26 Feb 2014, 10:43

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by steakikan »

Harga spek paling bawah 325jt, spek tertinggi 398jt, test drive tadi di IIMS so far lumayan jg buat value for moneynya. Interionyanya termasuk solid cuma sayang aja giginya CVT bukan DCT ky Tiggo8
nrvn
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: 13 Nov 2008, 18:59

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by nrvn »

sempet tes drive ini juga di iims, tenaga ok pas dibejek mirip hrv rs, handling manteb tp belum selevel cx3, suspensi enak gak keras gak empuk, overall sangat menarik ini, fiturnya super lengkap masih under 400.
silenzo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 144
Joined: 28 May 2021, 23:02

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by silenzo »

nrvn wrote: 20 Feb 2023, 16:39 sempet tes drive ini juga di iims, tenaga ok pas dibejek mirip hrv rs, handling manteb tp belum selevel cx3, suspensi enak gak keras gak empuk, overall sangat menarik ini, fiturnya super lengkap masih under 400.
Mungkin ga sih kalau unit test drive “dikondisikan” dengan performa yang “lebih”dibandingkan aslinya?
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by XMTdeluxe »

fansdiesel wrote: 11 Feb 2023, 20:24 brand penggembira doank :big_smoking: :big_smoking:
Mantan petinggi ADM gabung kesini, ke depan kira2 bagaimana ya? Karena beliau salah satu aktor dibalik menjulangnya ADM skrg.
Mudah2an bisa menularkannya ke Chery jg, terutama dari sisi manajemen. Saya mengamati di banyak grup2 VVuling dan agak miris jg mendengar "keluhan" dari usernya sendiri terkait standar tiap bengkel resmi yg tdk sama, klaim garansi yg berbelit2, sampai analisa kerusakan yang cenderung asal-asalan dan kesannya coba2. Harapannya Chery bisa menerapkan standar yg sama seperti Astrea group di semua bengkel resminya, apalagi Chery sama spt H miring, dipegang langsung oleh Chery. Dan saya respect produk ini berani main ke harga dan kelas yg lebih premium drpd VV, menghilangkan stigma mobil cungko harus murah. Tetap lebih murah sih, tapi mereka nggak menonjolkan aspek itu.

https://www.gridoto.com/read/223652250/ ... aler-chery
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by ariswp »

Di otodriver sudah dites sama om fitra :
- driving dynamics surprisingly sangat positif dan tidak berasa brand china (rasa berkendara di antara eropa dan china)
- akselerasi 0-100km/h chery omoda lebih cepat 0.1 detik dibanding AN HRV RS turbo
- konsumsi bbm hanya sedikit lebih boros dari AN HRV RS turbo dan bisa menggunakan oktan 92 (tertulis di tutup pengisian bbm)
- konklusinya jauh jika dibandingkan dengan rasa berkendaranya merk wuling

Tapi kembali lagi, keseriusan atpm chery dan aftersalesnya yg tentunya menjadi dasar laris atau tidaknya kedepan

Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
steakikan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: 26 Feb 2014, 10:43

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by steakikan »

nrvn wrote: 20 Feb 2023, 16:39 sempet tes drive ini juga di iims, tenaga ok pas dibejek mirip hrv rs, handling manteb tp belum selevel cx3, suspensi enak gak keras gak empuk, overall sangat menarik ini, fiturnya super lengkap masih under 400.
Pas test drive jdi keinget Chevrolet Trax hehehe, gasnya termasuk ringan. Kursi depannya jg lumayan nyaman cuma kursi belakang sepertinya agak tinggi. So far buat mocin sih lumayan solid dan gk terkesan murahan.
Mazda sih handlingnya emg pakem hehehe dan karakternya hampir sama smua dri M2 smpe CX5.
XMTdeluxe wrote: 20 Feb 2023, 18:09
fansdiesel wrote: 11 Feb 2023, 20:24 brand penggembira doank :big_smoking: :big_smoking:
Mantan petinggi ADM gabung kesini, ke depan kira2 bagaimana ya? Karena beliau salah satu aktor dibalik menjulangnya ADM skrg.
Mudah2an bisa menularkannya ke Chery jg, terutama dari sisi manajemen. Saya mengamati di banyak grup2 VVuling dan agak miris jg mendengar "keluhan" dari usernya sendiri terkait standar tiap bengkel resmi yg tdk sama, klaim garansi yg berbelit2, sampai analisa kerusakan yang cenderung asal-asalan dan kesannya coba2. Harapannya Chery bisa menerapkan standar yg sama seperti Astrea group di semua bengkel resminya, apalagi Chery sama spt H miring, dipegang langsung oleh Chery. Dan saya respect produk ini berani main ke harga dan kelas yg lebih premium drpd VV, menghilangkan stigma mobil cungko harus murah. Tetap lebih murah sih, tapi mereka nggak menonjolkan aspek itu.

https://www.gridoto.com/read/223652250/ ... aler-chery
ATPM sih sepertinya susah mengalahkan yg Jepang bengkelnya tapi klo liat dri margin harga (dan harapan penjualan) moga2 ada buffer lumayan dah buat dealer/bengkel untuk survive. Mungkin lebih bagus dealernya jgn terlalu banyak tetapi rata di tiap daerah jdi tidak terlalu bersaing.
fansdiesel
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: 19 Jul 2018, 12:30

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by fansdiesel »

XMTdeluxe wrote: 20 Feb 2023, 18:09
fansdiesel wrote: 11 Feb 2023, 20:24 brand penggembira doank :big_smoking: :big_smoking:
Mantan petinggi ADM gabung kesini, ke depan kira2 bagaimana ya? Karena beliau salah satu aktor dibalik menjulangnya ADM skrg.
Mudah2an bisa menularkannya ke Chery jg, terutama dari sisi manajemen. Saya mengamati di banyak grup2 VVuling dan agak miris jg mendengar "keluhan" dari usernya sendiri terkait standar tiap bengkel resmi yg tdk sama, klaim garansi yg berbelit2, sampai analisa kerusakan yang cenderung asal-asalan dan kesannya coba2. Harapannya Chery bisa menerapkan standar yg sama seperti Astrea group di semua bengkel resminya, apalagi Chery sama spt H miring, dipegang langsung oleh Chery. Dan saya respect produk ini berani main ke harga dan kelas yg lebih premium drpd VV, menghilangkan stigma mobil cungko harus murah. Tetap lebih murah sih, tapi mereka nggak menonjolkan aspek itu.

https://www.gridoto.com/read/223652250/ ... aler-chery
wah nyayur ya beliau... abis terima pensiun di astra terima kerja lagi di chery yang dimana gajinya pasti gak murah :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1626
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by darrelund »

fansdiesel wrote: 11 Feb 2023, 20:24 brand penggembira doank :big_smoking: :big_smoking:
biar penggembira minimal niat um, mesin aja bikin ndiri.

masyarakat kremlin aja pada suka koq :big_biglaugh:
Jenson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: 22 Aug 2014, 16:41

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by Jenson »

Rasanya kalau lihat wooleng yg bengkel menjamur tp penjualannya segitu2 aja, sulit ni merek buat survive di Indo. Mungkin gameplannya kaya MG mau ambil niche market yg murah tp terlihat mahal, namun keknya ga laris jga itu mg
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4200
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by b0ku »

Jenson wrote: 21 Feb 2023, 02:00 Rasanya kalau lihat wooleng yg bengkel menjamur tp penjualannya segitu2 aja, sulit ni merek buat survive di Indo. Mungkin gameplannya kaya MG mau ambil niche market yg murah tp terlihat mahal, namun keknya ga laris jga itu mg
denger2x wuling gak kasih orang buat jual partsnya ya ud good luck aja kalo semua aftersales loe mau mamam sendiri :big_biglaugh:

itu mobil jepang kenapa orang enak pake soalnya parts ori juga betebaran dimana2x semua orang bisa jual :big_biglaugh:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2574
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by farizfsa »

Desain depan sama belakang ga nyambung ini mbl

Depan bulet2 belakang tajem2 aneh
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 808
Joined: 15 Jul 2013, 09:40

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by mobilover »

b0ku wrote: 21 Feb 2023, 09:20
Jenson wrote: 21 Feb 2023, 02:00 Rasanya kalau lihat wooleng yg bengkel menjamur tp penjualannya segitu2 aja, sulit ni merek buat survive di Indo. Mungkin gameplannya kaya MG mau ambil niche market yg murah tp terlihat mahal, namun keknya ga laris jga itu mg
denger2x wuling gak kasih orang buat jual partsnya ya ud good luck aja kalo semua aftersales loe mau mamam sendiri :big_biglaugh:

itu mobil jepang kenapa orang enak pake soalnya parts ori juga betebaran dimana2x semua orang bisa jual :big_biglaugh:
Kasih kok om. Ada beberapa member komunitas wuling yg jualan sparepart ori ambil barang dari wuling pusat. Cuma mungkin penyebarannya gak semasif brand jepang mainstream yg memang udah lama jualan di indo.
steakikan
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: 26 Feb 2014, 10:43

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by steakikan »

mobilover wrote: 21 Feb 2023, 09:37
b0ku wrote: 21 Feb 2023, 09:20
Jenson wrote: 21 Feb 2023, 02:00 Rasanya kalau lihat wooleng yg bengkel menjamur tp penjualannya segitu2 aja, sulit ni merek buat survive di Indo. Mungkin gameplannya kaya MG mau ambil niche market yg murah tp terlihat mahal, namun keknya ga laris jga itu mg
denger2x wuling gak kasih orang buat jual partsnya ya ud good luck aja kalo semua aftersales loe mau mamam sendiri :big_biglaugh:

itu mobil jepang kenapa orang enak pake soalnya parts ori juga betebaran dimana2x semua orang bisa jual :big_biglaugh:
Kasih kok om. Ada beberapa member komunitas wuling yg jualan sparepart ori ambil barang dari wuling pusat. Cuma mungkin penyebarannya gak semasif brand jepang mainstream yg memang udah lama jualan di indo.
lama2 beli partnya dari aliexpress jg nih
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15539
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by ChZ »

Jenson wrote: 21 Feb 2023, 02:00 Rasanya kalau lihat wooleng yg bengkel menjamur tp penjualannya segitu2 aja, sulit ni merek buat survive di Indo. Mungkin gameplannya kaya MG mau ambil niche market yg murah tp terlihat mahal, namun keknya ga laris jga itu mg
hmmm inilah yang bikin simalakama buat brand2 yang blm established di indo.

satu sisi mau penetrasi pasar, mau buka di luar jak/sur (jakarta/surabaya) marketnya msh konservatif.
tp kalau hanya buka di jak/sur, penetrasi jelas nggak bisa gede secara global number. itupun tetap masih >50% konservatif.

tapi market lbh bisa di maintain di dua kota ini yg sudah less conservative soal pilihan kendaraan.

atau ini ane mulai dapet teori baru apakah yang bikin sulit brand-brand baru untuk bersaing adalah pasar mobil bekas? karena di indo mobil bekas itu masih dihargai tinggi. daripada gambling dengan brand baru, mending beli brand / model yg established tapi used.

sedangkan di luar punya mobil baru jauh lebih mudah daripada mobil bekas. makanya chinese brand sampe ke benua biru sono jg diterima baik.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by grimjow »

ChZ wrote: 21 Feb 2023, 10:13
atau ini ane mulai dapet teori baru apakah yang bikin sulit brand-brand baru untuk bersaing adalah pasar mobil bekas? karena di indo mobil bekas itu masih dihargai tinggi. daripada gambling dengan brand baru, mending beli brand / model yg established tapi used.

sedangkan di luar punya mobil baru jauh lebih mudah daripada mobil bekas. makanya chinese brand sampe ke benua biru sono jg diterima baik.
Kalau saya liatnya :
1. Pasar mobil bekas masih didominasi brand2 existing Jepang. Dan mindset ini benar2 terjaga antar pedagang. Jadinya kalo brand2 non mainstream, pedagang juga mikir seribu kali mo beli bekasnya. Dan efeknya harga mobcin bekas ya drop jauh.
Kalau cuman itung fitur dan harga beli awal akan pilih mobcin. Tapi begitu di korelasi ama harga jual dan after sales nya, bakalan mikir2 lagi.

2. Mobcin masih belum se efesien mobil Jepang. Ini Omoda juga dari test drive om 177 cm masih cukup boros sih untuk mobil ukuran segitu. Walaupun ya keliatan nya lebih hemat dibanding Wuling2an.

3. Orang luar negeri banyak pake mobil ampe ganti generasi. Ini bisa kita liat dari diy2 bongkar2 dan improvement itu banyak yang mobil nya uda miles nya tinggi2 kalo di luar negeri. Saya liat review fuel additives di Amazon, cukup terkagum kagum lumayan banyak yang statement nya " saya pake ini di mobil saya uda 300.000 miles dan hasilnya ..".
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9632
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by Suryaputra »

grimjow wrote: 21 Feb 2023, 11:02
ChZ wrote: 21 Feb 2023, 10:13
atau ini ane mulai dapet teori baru apakah yang bikin sulit brand-brand baru untuk bersaing adalah pasar mobil bekas? karena di indo mobil bekas itu masih dihargai tinggi. daripada gambling dengan brand baru, mending beli brand / model yg established tapi used.

sedangkan di luar punya mobil baru jauh lebih mudah daripada mobil bekas. makanya chinese brand sampe ke benua biru sono jg diterima baik.
Kalau saya liatnya :
1. Pasar mobil bekas masih didominasi brand2 existing Jepang. Dan mindset ini benar2 terjaga antar pedagang. Jadinya kalo brand2 non mainstream, pedagang juga mikir seribu kali mo beli bekasnya. Dan efeknya harga mobcin bekas ya drop jauh.
Kalau cuman itung fitur dan harga beli awal akan pilih mobcin. Tapi begitu di korelasi ama harga jual dan after sales nya, bakalan mikir2 lagi.

2. Mobcin masih belum se efesien mobil Jepang. Ini Omoda juga dari test drive om 177 cm masih cukup boros sih untuk mobil ukuran segitu. Walaupun ya keliatan nya lebih hemat dibanding Wuling2an.

3. Orang luar negeri banyak pake mobil ampe ganti generasi. Ini bisa kita liat dari diy2 bongkar2 dan improvement itu banyak yang mobil nya uda miles nya tinggi2 kalo di luar negeri. Saya liat review fuel additives di Amazon, cukup terkagum kagum lumayan banyak yang statement nya " saya pake ini di mobil saya uda 300.000 miles dan hasilnya ..".
Nah sepakat...
ujung2nya bukan harga jual aja, tapi "Liquid" apa nggak nya juga?

gedein after sales, cabang dsb, butuh capital besar dan.. saya pikir, soal capital things, sama sekali gak masalah buat pemerintah china...

PR besar nya mob-cin adalah kerjasama dengan Bandar Mobkas; gmn caranya bisa mendrive bandar tsb, spy masa depan mobcin lbh hidup?
terjadi perputaran jual beli mobkas china.

Karena Bandar MobKas adalah salah satu Market Maker yg lbh long-term, daripada bbrp influencer :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4200
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 21 Feb 2023, 11:07

Nah sepakat...
ujung2nya bukan harga jual aja, tapi "Liquid" apa nggak nya juga?

gedein after sales, cabang dsb, butuh capital besar dan.. saya pikir, soal capital things, sama sekali gak masalah buat pemerintah china...

PR besar nya mob-cin adalah kerjasama dengan Bandar Mobkas; gmn caranya bisa mendrive bandar tsb, spy masa depan mobcin lbh hidup?
terjadi perputaran jual beli mobkas china.

Karena Bandar MobKas adalah salah satu Market Maker yg lbh long-term, daripada bbrp influencer :big_peace:
ni pengalaman aja pake merek jepang aja namanya 3 berlian urusan parts gak segampang bacot pake honda atau toyota belom trouble mobilnya kadang suka antik sendiri di banding toyota sama honda :big_biglaugh:

akhirnya biarpun buat sendiri pake buat rekomend ke orang sih saya gak berani juga kalo belajar dari pengalaman ujung2xnya recomend ke orang apalagi sodara sendiri gak jauh2x dari daihatsu toyota sama honda takut kejeblos lobang kek saya trus mereka males benerin atau ribut sama costnya :big_bored:

beli mobil baru masih baru mah enak semua, gitu mulai nyanyi sini nyanyi sana kendalanya banyak juga kalo mereknya diluar toyota honda daihatsu, mercy bmw kayak mobil saya aja akhirnya pake saringan matic kw karena orinya gak ada, kemaren juga nyari shock belakang buat mobil sodara yang pake brand sama orinya juga kosong padahal mobil banyak seliweran di jalan akhirnya pake kw merek untung barangnya lebih bagus n murah dari ori :big_bored:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9632
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: 21 Feb 2023, 11:42
Suryaputra wrote: 21 Feb 2023, 11:07

Nah sepakat...
ujung2nya bukan harga jual aja, tapi "Liquid" apa nggak nya juga?

gedein after sales, cabang dsb, butuh capital besar dan.. saya pikir, soal capital things, sama sekali gak masalah buat pemerintah china...

PR besar nya mob-cin adalah kerjasama dengan Bandar Mobkas; gmn caranya bisa mendrive bandar tsb, spy masa depan mobcin lbh hidup?
terjadi perputaran jual beli mobkas china.

Karena Bandar MobKas adalah salah satu Market Maker yg lbh long-term, daripada bbrp influencer :big_peace:
ni pengalaman aja pake merek jepang aja namanya 3 berlian urusan parts gak segampang bacot pake honda atau toyota belom trouble mobilnya kadang suka antik sendiri di banding toyota sama honda :big_biglaugh:

akhirnya biarpun buat sendiri pake buat rekomend ke orang sih saya gak berani juga kalo belajar dari pengalaman ujung2xnya recomend ke orang apalagi sodara sendiri gak jauh2x dari daihatsu toyota sama honda takut kejeblos lobang kek saya trus mereka males benerin atau ribut sama costnya :big_bored:

beli mobil baru masih baru mah enak semua, gitu mulai nyanyi sini nyanyi sana kendalanya banyak juga kalo mereknya diluar toyota honda daihatsu, mercy bmw kayak mobil saya aja akhirnya pake saringan matic kw karena orinya gak ada, kemaren juga nyari shock belakang buat mobil sodara yang pake brand sama orinya juga kosong padahal mobil banyak seliweran di jalan akhirnya pake kw merek untung barangnya lebih bagus n murah dari ori :big_bored:
T D H S M :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 579
Joined: 18 Sep 2019, 23:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by timbermaniac123 »

Bahas mobcin jadi inget mobil tetangga, MG baru beli, tapi udah tabrak depan. Itu harga jual gimana ya. Mobil jepang, ex laka aja udah susah jual.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15539
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by ChZ »

grimjow wrote: 21 Feb 2023, 11:02
Kalau saya liatnya :
1. Pasar mobil bekas masih didominasi brand2 existing Jepang. Dan mindset ini benar2 terjaga antar pedagang. Jadinya kalo brand2 non mainstream, pedagang juga mikir seribu kali mo beli bekasnya. Dan efeknya harga mobcin bekas ya drop jauh.
Kalau cuman itung fitur dan harga beli awal akan pilih mobcin. Tapi begitu di korelasi ama harga jual dan after sales nya, bakalan mikir2 lagi.

2. Mobcin masih belum se efesien mobil Jepang. Ini Omoda juga dari test drive om 177 cm masih cukup boros sih untuk mobil ukuran segitu. Walaupun ya keliatan nya lebih hemat dibanding Wuling2an.

3. Orang luar negeri banyak pake mobil ampe ganti generasi. Ini bisa kita liat dari diy2 bongkar2 dan improvement itu banyak yang mobil nya uda miles nya tinggi2 kalo di luar negeri. Saya liat review fuel additives di Amazon, cukup terkagum kagum lumayan banyak yang statement nya " saya pake ini di mobil saya uda 300.000 miles dan hasilnya ..".
wkwkwk root cause nya sepertinya di gimana masyarakat memandang mobil yg masih nota bene dianggap luxury item, ya per tahun penjualan barely nyentuh sejuta unit, di populasi penduduk yang 270 juta. bahkan nggak sampe 0.5%. dan itu peaknya di mid-season (lebaran) yang mana orang lomba-lomba beli mobil paling baru lalu beres lebaran numpukin segudang masalah cicilan gak kebayar yang bikin pusing lembaga pembiayaan :mky_07:

bahkan sebuah honda brio itu masih dianggep simbol kesuksesan anak muda yang karirnya moncer dan "self made", karena dianggep "udah bisa beli mobil sendiri" wkwkwkwk.

extreem nya untuk masyarakat bisa afford mobil (baru) pertamanya, harus udahlah dibantu insentif pemerintah (LCGC scheme), kadang dibantu cicilan yang bunga kreditnya tidak manusiawi wkwkwkwkw. unless dapet COP kantor atau privileged, sangat berat anak muda freshgrad punya mobil (baru) di sini. minimal dalam itungan under 5 tahun kerja di company yang sama dan udah di-promote baru bisa beli mobil (baru).

dan dengan entry barrier mobil baru yang makin naik, pasar mobil bekas jadi makin seksi. kan yang penting "punya mobil". dan market + masyarakat akan memberi pilihan logis yang itu lagi, itu lagi.

lalu jangan lupa namanya luxury item ya ada faktor gengsi. mau serendah apapun entry barrier mobil china, tetaplah gengsinya pakai toyota dan wuling itu beda. wkwkwkwkw. mau dikata almaz lebih mahal dari innova bekas, dibawa ke kampung tetep lbh "ngejual" innova bekas karena brand toyota lebih dikenal :mky_03:

dan terjadilah siklus yang om sebut itu :mky_03:
Last edited by ChZ on 21 Feb 2023, 14:08, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4200
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: 21 Feb 2023, 11:57
b0ku wrote: 21 Feb 2023, 11:42
Suryaputra wrote: 21 Feb 2023, 11:07

Nah sepakat...
ujung2nya bukan harga jual aja, tapi "Liquid" apa nggak nya juga?

gedein after sales, cabang dsb, butuh capital besar dan.. saya pikir, soal capital things, sama sekali gak masalah buat pemerintah china...

PR besar nya mob-cin adalah kerjasama dengan Bandar Mobkas; gmn caranya bisa mendrive bandar tsb, spy masa depan mobcin lbh hidup?
terjadi perputaran jual beli mobkas china.

Karena Bandar MobKas adalah salah satu Market Maker yg lbh long-term, daripada bbrp influencer :big_peace:
ni pengalaman aja pake merek jepang aja namanya 3 berlian urusan parts gak segampang bacot pake honda atau toyota belom trouble mobilnya kadang suka antik sendiri di banding toyota sama honda :big_biglaugh:

akhirnya biarpun buat sendiri pake buat rekomend ke orang sih saya gak berani juga kalo belajar dari pengalaman ujung2xnya recomend ke orang apalagi sodara sendiri gak jauh2x dari daihatsu toyota sama honda takut kejeblos lobang kek saya trus mereka males benerin atau ribut sama costnya :big_bored:

beli mobil baru masih baru mah enak semua, gitu mulai nyanyi sini nyanyi sana kendalanya banyak juga kalo mereknya diluar toyota honda daihatsu, mercy bmw kayak mobil saya aja akhirnya pake saringan matic kw karena orinya gak ada, kemaren juga nyari shock belakang buat mobil sodara yang pake brand sama orinya juga kosong padahal mobil banyak seliweran di jalan akhirnya pake kw merek untung barangnya lebih bagus n murah dari ori :big_bored:
T D H S M :big_biglaugh:
OH Iya lupa suzuki satu lagi diluar merek2x itu ud deh kadang susah nyari parts :big_biglaugh:

lagian kalo kayak saya beli parts barangnya gak ada tukang parts akan nanya ke atpm dan info barang bisa di pesen ini boro2x bisa di pesen gak ada euy bisa ngomongnya ud gak ada dari berapa bulan lalu belom masukin lagi kayaknya antara partsnya laris manis apa tuh atpm males nyetok banyak :big_biglaugh:
User avatar
loid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: 05 Aug 2022, 15:25
Location: Bandung
Daily Vehicle: Xpanther

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by loid »

ChZ wrote: 21 Feb 2023, 13:57
grimjow wrote: 21 Feb 2023, 11:02
Kalau saya liatnya :
1. Pasar mobil bekas masih didominasi brand2 existing Jepang. Dan mindset ini benar2 terjaga antar pedagang. Jadinya kalo brand2 non mainstream, pedagang juga mikir seribu kali mo beli bekasnya. Dan efeknya harga mobcin bekas ya drop jauh.
Kalau cuman itung fitur dan harga beli awal akan pilih mobcin. Tapi begitu di korelasi ama harga jual dan after sales nya, bakalan mikir2 lagi.

2. Mobcin masih belum se efesien mobil Jepang. Ini Omoda juga dari test drive om 177 cm masih cukup boros sih untuk mobil ukuran segitu. Walaupun ya keliatan nya lebih hemat dibanding Wuling2an.

3. Orang luar negeri banyak pake mobil ampe ganti generasi. Ini bisa kita liat dari diy2 bongkar2 dan improvement itu banyak yang mobil nya uda miles nya tinggi2 kalo di luar negeri. Saya liat review fuel additives di Amazon, cukup terkagum kagum lumayan banyak yang statement nya " saya pake ini di mobil saya uda 300.000 miles dan hasilnya ..".
wkwkwk root cause nya sepertinya di gimana masyarakat memandang mobil yg masih nota bene dianggap luxury item, ya per tahun penjualan barely nyentuh sejuta unit, di populasi penduduk yang 270 juta. bahkan nggak sampe 0.5%. dan itu peaknya di mid-season (lebaran) yang mana orang lomba-lomba beli mobil paling baru lalu beres lebaran numpukin segudang masalah cicilan gak kebayar yang bikin pusing lembaga pembiayaan :mky_07:

bahkan sebuah honda brio itu masih dianggep simbol kesuksesan anak muda yang karirnya moncer dan "self made", karena dianggep "udah bisa beli mobil sendiri" wkwkwkwk.

extreem nya untuk masyarakat bisa afford mobil (baru) pertamanya, harus udahlah dibantu insentif pemerintah (LCGC scheme), kadang dibantu cicilan yang bunga kreditnya tidak manusiawi wkwkwkwkw. unless dapet COP kantor atau privileged, sangat berat anak muda freshgrad punya mobil (baru) di sini. minimal dalam itungan under 5 tahun kerja di company yang sama dan udah di-promote baru bisa beli mobil (baru).

dan dengan entry barrier mobil baru yang makin naik, pasar mobil bekas jadi makin seksi. kan yang penting "punya mobil". dan market + masyarakat akan memberi pilihan logis yang itu lagi, itu lagi.

lalu jangan lupa namanya luxury item ya ada faktor gengsi. mau serendah apapun entry barrier mobil china, tetaplah gengsinya pakai toyota dan wuling itu beda. wkwkwkwkw. mau dikata almaz lebih mahal dari innova bekas, dibawa ke kampung tetep lbh "ngejual" innova bekas karena brand toyota lebih dikenal :mky_03:

dan terjadilah siklus yang om sebut itu :mky_03:
Berasa kek lingkaran setan ga sih wkwk
Dan gw setuju soal mobil sebagai luxury item, mungkin itu jd salah satu faktor kenapa pemilik mobil tipe tertentu cenderung bersikap arogan di jalan raya, apalagi sampe berani ngancem pengguna jalan lain
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1626
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Chery Omoda 5 (Bensin, PHEV, EV)

Post by darrelund »

loid wrote: 21 Feb 2023, 17:58
Dan gw setuju soal mobil sebagai luxury item, mungkin itu jd salah satu faktor kenapa pemilik mobil tipe tertentu cenderung bersikap arogan di jalan raya, apalagi sampe berani ngancem pengguna jalan lain
ya begimana, kenaikan gaji & harga mobil ga selaras

UMR paling naik ratusan ribu, mobil bisa puluhan juta. ya jauh :big_biglaugh:

dulu 400jt kurang. bisa dapat ribon Q, skrg dapetnya zenix G

ibaratnya skrg ente punya 418jt bisa beli zenix G. taon depan belom tentu bisa dapat karena harga naik

ga heran klo mobil itu utk mayoritas dianggap luxury item

emang entry barriernya tinggi

tapi ngeliat T & H yg local manufaktur dan harga naek terus, oe jadi mikir. "apakah worth it utk full manufaktur mobil di indo?"

di sisi lain yah mau fully import jg susah stok

syulitttt....
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post