Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
bezzarko
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: 01 Feb 2017, 22:23

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by bezzarko » 23 Sep 2019, 01:58

Paling kuat ya fwd (coba liat kereta batu bara fwd apa rwd)

ririeiman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 08 Jul 2018, 18:45
Location: pekanbaru
Daily Vehicle: Livina Xgear

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ririeiman » 05 Nov 2019, 10:03

jivos wrote:
29 Apr 2019, 12:08
klo kita asumsikan:
-spek unit fwdnrwd sama
-jarak/momentum buat ancang" pendek

kita test buat suruh naik uphill..

mana yg bs merayap naik lbh tinggi?

yg sy liatin dr bbrp vid diluaran yg sdh test perbandingan ..s rwd akan reached point yg lbh tinggi dr fwd.
- beban tarik dr dpn vs dorong blkg
- shifting beban k blkg plus batang shaft rwd yg menekan axle blkng utk tetap bs dpt grip

klo liat kondisi diatas...meski fwd dlengkapi power yg besar akan useless powernya d teruskan ke ban depan yg sdh kehilangan gripnya saat naik meryap. asumsi kondisi jalan tdk memungkinkan utk ambil ancang".
narik sama dorong ga ada bedanya om

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by evanbngdor » 05 Nov 2019, 10:24

ririeiman wrote:
05 Nov 2019, 10:03
jivos wrote:
29 Apr 2019, 12:08
klo kita asumsikan:
-spek unit fwdnrwd sama
-jarak/momentum buat ancang" pendek

kita test buat suruh naik uphill..

mana yg bs merayap naik lbh tinggi?

yg sy liatin dr bbrp vid diluaran yg sdh test perbandingan ..s rwd akan reached point yg lbh tinggi dr fwd.
- beban tarik dr dpn vs dorong blkg
- shifting beban k blkg plus batang shaft rwd yg menekan axle blkng utk tetap bs dpt grip

klo liat kondisi diatas...meski fwd dlengkapi power yg besar akan useless powernya d teruskan ke ban depan yg sdh kehilangan gripnya saat naik meryap. asumsi kondisi jalan tdk memungkinkan utk ambil ancang".
narik sama dorong ga ada bedanya om
Ya beda dong Om, yg satu ditarik yang satu didorong
:mky_03:

Kalo iseng boleh dicoba di jalan yg nanjak, lebih terasa mudah narik gerobak atau dorong gerobak. Atau kalo ngga ada gerobak ya boleh lah pake trolley belanja supermarket
:mky_04:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by evanbngdor » 05 Nov 2019, 10:26

bezzarko wrote:
23 Sep 2019, 01:58
Paling kuat ya fwd (coba liat kereta batu bara fwd apa rwd)
Om belom pernah ngeliat kereta yang pas lg nanjak lokomotifnya ngedorong dr belakang ya?
:big_smile]
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

ririeiman
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 08 Jul 2018, 18:45
Location: pekanbaru
Daily Vehicle: Livina Xgear

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ririeiman » 05 Nov 2019, 11:00

evanbngdor wrote:
05 Nov 2019, 10:24
ririeiman wrote:
05 Nov 2019, 10:03
jivos wrote:
29 Apr 2019, 12:08
klo kita asumsikan:
-spek unit fwdnrwd sama
-jarak/momentum buat ancang" pendek

kita test buat suruh naik uphill..

mana yg bs merayap naik lbh tinggi?

yg sy liatin dr bbrp vid diluaran yg sdh test perbandingan ..s rwd akan reached point yg lbh tinggi dr fwd.
- beban tarik dr dpn vs dorong blkg
- shifting beban k blkg plus batang shaft rwd yg menekan axle blkng utk tetap bs dpt grip

klo liat kondisi diatas...meski fwd dlengkapi power yg besar akan useless powernya d teruskan ke ban depan yg sdh kehilangan gripnya saat naik meryap. asumsi kondisi jalan tdk memungkinkan utk ambil ancang".
narik sama dorong ga ada bedanya om
Ya beda dong Om, yg satu ditarik yang satu didorong
:mky_03:

Kalo iseng boleh dicoba di jalan yg nanjak, lebih terasa mudah narik gerobak atau dorong gerobak. Atau kalo ngga ada gerobak ya boleh lah pake trolley belanja supermarket
:mky_04:
Energi yg dipake buat dorong dan narik sama persis . Ga akan ada bedanya . Dah hukum alam itu om

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by evanbngdor » 05 Nov 2019, 11:08

ririeiman wrote:
05 Nov 2019, 11:00
evanbngdor wrote:
05 Nov 2019, 10:24

Kalo iseng boleh dicoba di jalan yg nanjak, lebih terasa mudah narik gerobak atau dorong gerobak. Atau kalo ngga ada gerobak ya boleh lah pake trolley belanja supermarket
:mky_04:
Energi yg dipake buat dorong dan narik sama persis . Ga akan ada bedanya . Dah hukum alam itu om
Secara teori sih setuju. Hukum Fisika itu, selama massa, gaya gesek dan gravitasi sama ya pasti energi yang dibutuhkan ya sama.

Tp coba itu dipraktekin dulu aja Om. Narik gerobak sama dorong gerobak pas jalanan nanjak terasa lebih mudah mana
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

ongisnade
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: 18 Apr 2013, 18:16

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ongisnade » 05 Nov 2019, 11:20

Saya biasa angkut pasir, bata, batu, tanah pake gerobak saat menanjak gak kuat dorong tangan saya, pasti saya tarik, kadang nariknya mundur lebih kuat (tanpa ancang2), nggak tahu ini hukum apa

Bayuright
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: 28 Oct 2015, 11:48

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Bayuright » 05 Nov 2019, 11:22

evanbngdor wrote:
ririeiman wrote:
05 Nov 2019, 11:00
evanbngdor wrote:
05 Nov 2019, 10:24

Kalo iseng boleh dicoba di jalan yg nanjak, lebih terasa mudah narik gerobak atau dorong gerobak. Atau kalo ngga ada gerobak ya boleh lah pake trolley belanja supermarket
:mky_04:
Energi yg dipake buat dorong dan narik sama persis . Ga akan ada bedanya . Dah hukum alam itu om
Secara teori sih setuju. Hukum Fisika itu, selama massa, gaya gesek dan gravitasi sama ya pasti energi yang dibutuhkan ya sama.

Tp coba itu dipraktekin dulu aja Om. Narik gerobak sama dorong gerobak pas jalanan nanjak terasa lebih mudah mana
:mky_03:
Kalo menurutku
Selama gaya gesek, grafitasi dan tenaga untuk narik/dorong sama
Maka pasti sama aja

Namun kalo pas nanjak, otomatis titik berat kendaraan pasti geser mundur
Roda paling deket dengan titik berat kendaraan akan menerima tekanan kendaraan paling besar
Jd otomatis tekanan roda depan berkurang
Dan tekanan roda belakang bertambah
Gaya gesek berbanding lurus ama tekanan
Semakin besar tekanan maka semakin gede gaya gesek


Jd kalo nanjak otomatis penggerak belakang lebih enak
Last edited by Bayuright on 05 Nov 2019, 11:22, edited 1 time in total.

quyquy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 441
Joined: 08 Dec 2015, 23:08

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by quyquy » 05 Nov 2019, 11:25

ririeiman wrote:
05 Nov 2019, 11:00

Energi yg dipake buat dorong dan narik sama persis . Ga akan ada bedanya . Dah hukum alam itu om
Widiw.. udah mulai pakai hukum alam nih..

Baiklah..

Pengen tahu, point2 apa aja yg mempengaruhi gaya dorong keatas.. newbie ikutan nyimak.

nizamuddinaulia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: 18 Apr 2018, 13:45
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Outlander Sport PX AT 2012

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by nizamuddinaulia » 05 Nov 2019, 13:10

ga bisa dibandingin

Rata2 torsi mesin mobil yang diperbandingkan tidak sama
lebar ban beda
ratio transmisi sama gir differensial beda
bobot beda
Ujung2 nya power transmit to the ground pasti beda (bahkan belum mempertimbangkan faktor pindahnya center of gravity)

sedangkan untuk masalah traction saat tanjakan semua detail diatas masuk itungan rumus.
susah dong bandingin apel sama jeruk :)

mboisker
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 12 Jul 2019, 08:06
Location: Malang
Daily Vehicle: Vario 1st Gen

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by mboisker » 05 Nov 2019, 13:17

evanbngdor wrote:
05 Nov 2019, 11:08
ririeiman wrote:
05 Nov 2019, 11:00
evanbngdor wrote:
05 Nov 2019, 10:24

Kalo iseng boleh dicoba di jalan yg nanjak, lebih terasa mudah narik gerobak atau dorong gerobak. Atau kalo ngga ada gerobak ya boleh lah pake trolley belanja supermarket
:mky_04:
Energi yg dipake buat dorong dan narik sama persis . Ga akan ada bedanya . Dah hukum alam itu om
Secara teori sih setuju. Hukum Fisika itu, selama massa, gaya gesek dan gravitasi sama ya pasti energi yang dibutuhkan ya sama.

Tp coba itu dipraktekin dulu aja Om. Narik gerobak sama dorong gerobak pas jalanan nanjak terasa lebih mudah mana
:mky_03:
mungkin posisi seperti kaki, tangan, badan dan titik tumpuan juga berpengaruh pada kemudahan memindahkan beban.

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by evanbngdor » 05 Nov 2019, 13:43

Bayuright wrote:
05 Nov 2019, 11:22
Selama gaya gesek, grafitasi dan tenaga untuk narik/dorong sama
Maka pasti sama aja

Namun kalo pas nanjak, otomatis titik berat kendaraan pasti geser mundur
Roda paling deket dengan titik berat kendaraan akan menerima tekanan kendaraan paling besar
Jd otomatis tekanan roda depan berkurang
Dan tekanan roda belakang bertambah
Gaya gesek berbanding lurus ama tekanan
Semakin besar tekanan maka semakin gede gaya gesek


Jd kalo nanjak otomatis penggerak belakang lebih enak
Nah ini penjelasan mengenai teori fisika nya sistematis&jelas haha

Begitu pula sebaliknya, kalau nanjak mundur, titik berat pindah ke depan mobil. Otomatis daya tekanan roda belakang berkurang, yang bisa mengakibatkan traksi kurang
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

sukerdan02
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 20 Jul 2017, 11:19
Location: Semarang
Daily Vehicle: Trooper

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by sukerdan02 » 15 Nov 2019, 16:20

Point utamanya nanjak FWD & RWD itu emang masalah traksi.. Sebesar apapun tenaga dan torsi yang mampu dihasilkan mesin, kalau ga ada traksi ke tanah ya percuma.. Prinsip yang sama juga berlaku di offroad walaupun pake 4x4, kalau ga ada traksi ya percuma tenaga mobil..

Seandainya bobot sama, memang gaya yang dibutuhkan untuk memindahkan bakal sama, ga peduli didorong atau ditarik.. Masalahnya bisa gak menyalurkan gaya itu ke permukaan..

Kalo posisi nanjak, bobot kendaraan geser kebelakang, dan akan menekan suspensi belakang, sementara suspensi depan bobot berkurang jadi traksi juga berkurang..

gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 371
Joined: 25 Nov 2012, 23:19

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by gaspol » 15 Nov 2019, 17:33

Selama masih ada aspal, ga bakal berasa beda kok Mau fwd atau rwd :frm_shock:

Dlm kehidupan sehari2 saya yang tinggal di daerah perbukitan, mau pakai evalia, luxio, ertiga atau gnki sama sama bisa nanjak kok gada masalah [emo-have-a-nice-day] :emo-flowerforyou:

Saat jalur non aspal, pernah juga gnki saya selip saat nanjak gegara kehilangan momentum ditengah tanjakan. Padahal isi 4 org dewasa. Akhirnya mundur sampe dapat pijakan aspal..perlahan nanjak lagi..

Kalo udah jalur non aspal, ya lebih baik lihat kondisi jalannya dan sadar diri atas kemampuan nyetir & kemampuan mobilnya aja..dah ga jaman ngeributin fwd ga bisa nanjak, rwd lebih baik

ginting
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 3627
Joined: 08 Dec 2013, 23:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Contact:

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ginting » 15 Nov 2019, 19:18

evanbngdor wrote:
bezzarko wrote:
23 Sep 2019, 01:58
Paling kuat ya fwd (coba liat kereta batu bara fwd apa rwd)
Om belom pernah ngeliat kereta yang pas lg nanjak lokomotifnya ngedorong dr belakang ya?
:big_smile]
Kereta itu lokomotif di depan (single locomotive) karena antara gerbong itu ikatannya elastis.
kalau loko ditaruh di belakang utk mendorong gerbong maka gerbongnya nanti bisa bengkok bengkok (susah lurus).

kalau diseret maka itu rencengan pasti lurus

mboisker
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 12 Jul 2019, 08:06
Location: Malang
Daily Vehicle: Vario 1st Gen

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by mboisker » 16 Nov 2019, 08:12

Memang sebagai pengguna kita mestinya memahami karakter tiap kendaraan yang dibawa.

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 8984
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by ChZ » 16 Nov 2019, 10:06

Ini physics ya... dan sangat sederhana sebenernya. yang membuat kompleks adalah kondisinya di elevasi (ada sudut kemiringan).

waktu nanjak, titik berat akan otomatis pindah ke belakang gak peduli itu mobil FWD/RWD. Nah, masalah disini adalah : traksi.

Tidak peduli itu FWD atau RWD, kalo titik beratnya bergeser ya salah satu roda akan kehilangan grip. Sialnya disini FWD akan cenderung lebih selip karena roda penggerak di depan. Load mobil juga di belakang mau mobil penumpang sampe truk tronton juga sama muatannya di belakang. Makanya muncul mitos RWD lebih setrong.

Sebenernya bukan lebih setrong, karena desain mobil generik kalo ngomongin load itu lebih menguntungkan mobil RWD :mky_07: ban belakang pasti dapet traksi tambahan di mobil RWD. dalam hal ini RWD juga untung karena dapat tekanan lebih dari gaya gravitasi.

yang terjadi juga sebaliknya di mobil RWD waktu mundur di tanjakan kok. Di toko saya mobil pikap itu susah naik ke halaman toko kalo gak pake ancang-ancang krn ada tanjakannya, padahal tanjakannya gak curam. Meski itu L300 yang bermesin diesel sekalipun.

Sementara beberapa sedan tua FWD mundur ke toko sangat gampang tanpa harus ancang-ancang. ya sekali lagi, dalam kondisi ini mobil FWD justru lebih diuntungkan waktu mundur. Traksinya lebih kuat ke ban depan. Gravitasinya juga otomatis menekan ke ban depan.

Nah tapi ya susah kita cari perbandingan yang apple to apple krn di indonesia tidak ada mobil dengan penggerak FWD-RWD yang speknya sama persis.

LMPV ? Avanza vs Ertiga/Livina/Xpander ? Gak bisa, power mungkin sama, bobot dan final gearnya beda. Kita makin susah ngomong lagi kalo final gear sudah dimasukkan. Krn rata-rata mobil SUV / MPV RWD memang final gearnya lebih didesain untuk medan berat. Jadi mau cari bandingan yang apple to apple ya susah.

Lha ane dulu pake avanza 3NR 4AT 1300cc skrg ganti xpander yang 1500cc, di tanjakan yang sama lebih kuat avanza memang, tapi waktu di tol liat RPM pas jalan konstan ya terang aja kuat avanza final gearnya begini... lebih ringan avanza sekitar 100kg lagi.
"Yang musuhmu nggak akan dengerin penjelasanmu, yang cinta sama kamu nggak butuh dijelasin" - Sujiwo Tejo

User avatar
Pugman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1231
Joined: 16 Aug 2014, 11:39

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by Pugman » 16 Nov 2019, 22:12

Saya mengerti, tentu saja seorang yang tidak menyukai sesuatu berbau Fisika dan tidak paham mengenai kendaraan bisa saja menanyakan hal seperti judul thread ini.

Tapi tentu saja pertanyaan tersebut tidak dapat menahan saya untuk sekedar tersenyum.

:big_blushing:

Mungkin orang mekanik kenal istilah Static Load, Dynamic Load, traction surface area,
Bandingkannya sebenarnya juga mudah, sekarang kan teknologi camera 360 dah canggih.
Coba aja nanjak pertama maju kemudian coba nanjak mundur, udah langsung ketahuan bedanya.
Apakah saya pernah mencoba? Yes
Pakai Avanza 1.3 RWD. Tanjakan ketempat parkir cuma 5 meter tapi cukup memberi gambaran, kalau saya parkir maju, sekali jadi. Begitu mundur, butuh ancang2 dan berkali2.

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3099
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by marmut » 16 Nov 2019, 23:43

ginting wrote:
15 Nov 2019, 19:18
evanbngdor wrote:
bezzarko wrote:
23 Sep 2019, 01:58
Paling kuat ya fwd (coba liat kereta batu bara fwd apa rwd)
Om belom pernah ngeliat kereta yang pas lg nanjak lokomotifnya ngedorong dr belakang ya?
:big_smile]
Kereta itu lokomotif di depan (single locomotive) karena antara gerbong itu ikatannya elastis.
kalau loko ditaruh di belakang utk mendorong gerbong maka gerbongnya nanti bisa bengkok bengkok (susah lurus).

kalau diseret maka itu rencengan pasti lurus

ada saat tertentu loko di belakang untuk dorong. bahkan ada rangkaian yang pakai 2 loko jika gerbong sangat banyak, 1 di depan untuk narik, 1 di belakang mendorong.
ada juga rangkaian yang kedua lokonya di belakang mendorong.

masalah ikatan antar gerbong, jangan hawatir bang, roda kereta di bagian dalam itu ada penahan yang nempel ke "head"-nya rel bagian dalam. itu yang menahan rangkaian tetap di jalurnya dan nggak mungkin blengkak blengkok rencengannya.

:beer:
pipes - cigars - coffee

slapnuts
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 219
Joined: 18 Nov 2012, 19:16

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by slapnuts » 16 Nov 2019, 23:50

Yes, intinya ada pada traksi roda ketika titik berat bergeser ke belakang sehingga memungkinkan rwd (seperti) lebih superior di tanjakan. Di jalan aspal? Sama saja, di jalan non aspal mungkin rwd lebih superior.

Pun fakta di lapangan yg mengatakan Avanza lebih superior di tanjakan aspal dibanding Ertiga/Xpander/Livina salah satunya didukung gear ratio AvXen yang kasar. Ibaratnya di tanjakan yang sama gigi 2 jalan 40, Avanza sudah mendekati torsi maks 4000an rpm, LMPV FWD paling baru menyentuh 3000rpm sehingga secara teori Avanza lebih bertorsi. Makanya bagi beberapa orang awam yg mengatakan AvXen bisa nanjak pakai gigi 2, yang lain harus 1 kemungkinan belum paham konsep gear ratio. Tapi begitu masuk tol, beda cerita, LMPV FWD lebih kalem sedangkan AvXen udah teriak2 macam JAV.

User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: 05 Jan 2016, 07:58
Location: Jakarta

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by paidjho » 16 Nov 2019, 23:59

Mau di compare gmn pun, ujung2nya:

Torque on wheel + traction...

User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 582
Joined: 30 Oct 2011, 18:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by iwidiyanto » 17 Nov 2019, 02:47

truk kontainer g ada yg kalo nanjak trus kepalanya di belakang...



ya ga praktikal juga hahaha

arinugroho14
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 12 Feb 2017, 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Mazda2

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by arinugroho14 » 17 Nov 2019, 06:44

Setuju, ujung-ujungnya traksi ban

Krna saya prnah coba sendiri, nanjak di jalan gravel pakai Innova Reborn diesel. Roda belakang selip, baik maju maupun mundur. Kemiringan kira2 45derajat

User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: 18 Jun 2014, 10:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by lonely1999 » 17 Nov 2019, 07:11

paidjho wrote:Mau di compare gmn pun, ujung2nya:

Torque on wheel + traction...
Setuju banget om
Biar rwd kalo ban botak sama aja hehe...

apoge
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: 27 Nov 2015, 08:35

Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?

Post by apoge » 17 Nov 2019, 07:37

Perbandingan fwd dan rwd ini sudah lama dan basi menurut saya, sama seperti halnya monokok dan ladder frame, semua ada kelebihan dan kekurangannya gak perlu di perdebatkan, umpama saja mana yg lebih menguntungkan orang tinggi atau pendek 😂😎

Post Reply