Konsultasi Mobil Offroad

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

adi100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Dec 14, 2017 13:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: SupraBapak

Konsultasi Mobil Offroad

Post by adi100 »

Mau tanya, rencana mau ambil daihatsu taft kebo bensin (taft f10) dan kedepan akan dimodifikasi, seperti :

1. Ganti mesin yg lebih besar , semisal dari mesin eks feroza 1.6 + transmisi + transfercase, kira-kira, muat tidak ya diruang mesin dan tanpa merusak bodi (ngebor / bolongin bodi - chassis gitu) ?
Soalnya, mesin bawaan si taft bensin, cuman 1000cc, dan sparepartnya pun, nyarinya susah.

2. Kalau tidak salah, semua taft (seri bensin & diesel - feroza) memakai gardan yang sama, tetapi ratio final gear berbeda-beda. Kira-kira,bisa tidak ya saya pertahanin gardan oem taft f10 bensin , tapi diganti ratio FG & pasang rem cakram depan pny feroza ? Biar biaya modifnya bisa lebih murah, soalnya klo ganti gardan, semisal pake gardan eks feroza,/ toyota , nanti pengeluaran jadi lebih banyak

3. Kalau engine swap, apakah perkabelan lebih baik pake bawaan taft bensin / pake bawaan halfcut mesin ?

4. Dapat info dari temen, klo mau tembus suratnya karna engine swap, kabarnya mesin halfcut hrs ada dokumen PIB ya ?
Kira-kira , PIB itu apa ya ? Klo dr beberapa bengkel, menginfokan, daripada ribet masalah surat-surat, mending nomor mesin dipotong, trus ditempel di mesin baru / mesin baru digetok ulang nomor mesinnya , kira-kira, bagus yang mana ya ?

5. Klo untuk offroad andventure jangka lama, semisal 4 hari - 7 hari dan medan yang ditemui juga medan berat ekstrem, lebih baik pakai transmisi matik / manual ? Untuk ketahanan, mending yg mana ya ?

Tolong dong, para suhu, bantu menjawab :mky_01:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Konsultasi Mobil Offroad

Post by ginting »

adi100 wrote: Thu Jun 28, 2018 16:10 Mau tanya, rencana mau ambil daihatsu taft kebo bensin (taft f10) dan kedepan akan dimodifikasi, seperti :

1. Ganti mesin yg lebih besar , semisal dari mesin eks feroza 1.6 + transmisi + transfercase, kira-kira, muat tidak ya diruang mesin dan tanpa merusak bodi (ngebor / bolongin bodi - chassis gitu) ?
Soalnya, mesin bawaan si taft bensin, cuman 1000cc, dan sparepartnya pun, nyarinya susah.

2. Kalau tidak salah, semua taft (seri bensin & diesel - feroza) memakai gardan yang sama, tetapi ratio final gear berbeda-beda. Kira-kira,bisa tidak ya saya pertahanin gardan oem taft f10 bensin , tapi diganti ratio FG & pasang rem cakram depan pny feroza ? Biar biaya modifnya bisa lebih murah, soalnya klo ganti gardan, semisal pake gardan eks feroza,/ toyota , nanti pengeluaran jadi lebih banyak

3. Kalau engine swap, apakah perkabelan lebih baik pake bawaan taft bensin / pake bawaan halfcut mesin ?

4. Dapat info dari temen, klo mau tembus suratnya karna engine swap, kabarnya mesin halfcut hrs ada dokumen PIB ya ?
Kira-kira , PIB itu apa ya ? Klo dr beberapa bengkel, menginfokan, daripada ribet masalah surat-surat, mending nomor mesin dipotong, trus ditempel di mesin baru / mesin baru digetok ulang nomor mesinnya , kira-kira, bagus yang mana ya ?

5. Klo untuk offroad andventure jangka lama, semisal 4 hari - 7 hari dan medan yang ditemui juga medan berat ekstrem, lebih baik pakai transmisi matik / manual ? Untuk ketahanan, mending yg mana ya ?

Tolong dong, para suhu, bantu menjawab :mky_01:
mohon izin nubie sotoy jawab..

1. muat. zaman itu engine bay masih gede.
2. coba konsult dengan bengkel modilf 4x4 soal ini oom. biar gak salah langkah.
3. PIB = Pemberitahuan Import Barang, ini biasanya dimiliki oleh importir yang impor benda tsb.
coba cek ke Vrivas Motor Cinangka misalnya, apakah bsia dibantu.
4. Kalau lihat kawan2 sih pakai manual oom. mostly behitu.
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Konsultasi Mobil Offroad

Post by sammyjimun »

kenapa ga cari taft diesel (klo emang mau cari basis taft) aja skalian aja om, sepertinya lebih effortless spertinya daripada harus engine swap+tcase+gardan/FG?

OOT, klo saya sih sayang aja taft bensin (f10) d buat mainan, soalnya barangnya termasuk jarang... :big_peace:
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Konsultasi Mobil Offroad

Post by PRBS »

sammyjimun wrote: Fri Jun 29, 2018 1:13 kenapa ga cari taft diesel (klo emang mau cari basis taft) aja skalian aja om, sepertinya lebih effortless spertinya daripada harus engine swap+tcase+gardan/FG?

OOT, klo saya sih sayang aja taft bensin (f10) d buat mainan, soalnya barangnya termasuk jarang... :big_peace:
Saya juga baru ngeh kalo taft f10 itu 1000cc.. hampir masuk golongan kei-car dong ya di jepang?
VIPSERIES
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 254
Joined: Tue May 05, 2015 1:19
Location: Shangri-La Residences

Re: Konsultasi Mobil Offroad

Post by VIPSERIES »

MBP mana MBP...
Udah murtad ke Isuzu :ngacir:
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Konsultasi Mobil Offroad

Post by sammyjimun »

PRBS wrote: Fri Jun 29, 2018 1:42 Saya juga baru ngeh kalo taft f10 itu 1000cc.. hampir masuk golongan kei-car dong ya di jepang?
iya om, klo ga salah dulu saingan sama jangkrik (lj 80)
klo kei car bkn di 660 cc ya?
adi100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Dec 14, 2017 13:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: SupraBapak

Re: Konsultasi Mobil Offroad

Post by adi100 »

sammyjimun wrote: Fri Jun 29, 2018 1:13 kenapa ga cari taft diesel (klo emang mau cari basis taft) aja skalian aja om, sepertinya lebih effortless spertinya daripada harus engine swap+tcase+gardan/FG?

OOT, klo saya sih sayang aja taft bensin (f10) d buat mainan, soalnya barangnya termasuk jarang... :big_peace:
Saya lebih sreg pake mesin bensin dibanding pake diesel. Dulu pernah nyoba pny temen taft kebo diesel (f50) , dan saya merasa kurang nyaman, seperti getaran kerasa banget, suara juga berisik, asepnya terkadang ngepul gitu dan khas diesel yaitu lemot klo diajak ngebut.

Ini saya ambil taft bensin f10, dikarenakan ada tetangga saya, berencana mau ngejualnya, dan kebetulan saya ditawari. Kondisi bisa dibilang cukup bagus dan part yg menempel juga masih ori semua. Cuman yg jd kendala, kata si empunya dulu, part mesin ini yg sulit dan tidak ada padananya di keluarga daihatsu, Yang hampir mirip cuman hijet 1000cc, itu pun, part mesin gak langsung plek, mesti dimodifikasi. Soal mesin 1000cc taft bensin, mungkin tenaganya setara dgn jimny / katana. Tapi bobot lebih ringan.
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Konsultasi Mobil Offroad

Post by PRBS »

sammyjimun wrote: Fri Jun 29, 2018 5:20
PRBS wrote: Fri Jun 29, 2018 1:42 Saya juga baru ngeh kalo taft f10 itu 1000cc.. hampir masuk golongan kei-car dong ya di jepang?
iya om, klo ga salah dulu saingan sama jangkrik (lj 80)
klo kei car bkn di 660 cc ya?
Iya. Kei-car 660cc.
adi100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Thu Dec 14, 2017 13:45
Location: Semarang
Daily Vehicle: SupraBapak

Re: Konsultasi Mobil Offroad

Post by adi100 »

sammyjimun wrote: Fri Jun 29, 2018 5:20
PRBS wrote: Fri Jun 29, 2018 1:42 Saya juga baru ngeh kalo taft f10 itu 1000cc.. hampir masuk golongan kei-car dong ya di jepang?
iya om, klo ga salah dulu saingan sama jangkrik (lj 80)
klo kei car bkn di 660 cc ya?
Klo gak salah, ni taft bensin f10, diposisikan utk melawan jimny, mengingat kapasitas mesinnya dan ukuran antara f10 vs jimny jangkrik / jimny sj410, tidak terlalu jauh berbeda, kemudian lanjut ke taft seri berikutnya.
Tapi klo menurut saya, taft bensin ini, memiliki nilai plus dibanding dengan jimny jangkrik / jimny sj410, seperti :
- Gardan yg lebih kuat dibanding dgn jimny, klo gak slh jumlah spline as roda taft (asumsi saya, gardan taft semua tipe sama semua) yaitu 26 spline, gak beda jauh dengan spline hilux / cherokee.
- Dalam keadaan standar , sudah memiliki tire hanger, ini sangat penting, dikarenakan dapat memperpajang umur pintu beserta engselnya. Apalagi para pemilik mobil 4x4, biasanya mengganti dgn ban lebih besar dibanding standar, sehingga jika dicantolkan di pintu belakang, maka pintu akan cepat turun.
- FG bawaan taft bensin klo tdk salah 7:39 atau 1:5.57, itu termasuk low banget, ditambah gearbox 4 speed + mesin 1000cc
- Sama seperti jimny yg memiliki banyak pilihan final gear, gardan taft juga memiliki beragama pilihan, dari 7:39, 9:43, 10:37, 11:37